100 Questions & Answers: Asam Urat

100 Questions & Answers: Asam Urat

Wednesday

Asam Urat

Pendahuluan

Di masyarakat kini beredar mitos bahwa ngilu sendi berarti asam urat. Pengertian ini perlu diluruskan karena tidak semua keluhan dari nyeri sendi disebabkan oleh asam urat. Pengertian yang salah ini diperparah oleh iklan jamu/obat tradisional.

Penyakit rematik banyak jenisnya. Tidak semua keluhan nyeri sendi atau sendi yang bengkak itu berarti asam urat. Untuk memastikannya perlu pemeriksaan laboratorium.

Sebenarnya yang dimaksud dengan asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein), yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) atau pun hewan (daging, jeroan, ikan sarden).

Jadi asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih. Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap metabolisme normal dihasilkan asam urat. Sedangkan pemicunya adalah makanan dan senyawa lain yang banyak mengandung purin. Sebetulnya, tubuh menyediakan 85 persen senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Ini berarti bahwa kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15 persen.

Sayangnya, fakta ini masih belum diketahui secara luas oleh masyarakat. Akibatnya banyak orang suka menyamaratakan semua makanan. Orang menyantap apa saja yang dia inginkan, tanpa mempertimbangkan kandungan di dalamnya. Makanan sumber dari produk hewani biasanya mengandung purin sangat tinggi.Produk makanan mengandung purin tinggi kurang baik bagi orang-orang tertentu, yang punya bakat mengalami gangguan asam urat. Jika mengonsumsi makanan ini tanpa perhitungan, jumlah purin dalam tubuhnya dapat melewati ambang batas normal.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat adalah alkohol, ikan hearing, telur, dan jeroan. Ikan hearing atau sejenisnya (sarden), dan jeroan merupakan sumber senyawa sangat potensial. Yang tergolong jeroan bukan saja usus melainkan semua bagian lain yang terdapat dalam perut hewan --seperti hati, jantung, babat, dan limfa.

KONSUMSI jeroan memperberat kerja enzim hipoksantin untuk mengolah purin. Akibatnya banyak sisa asam urat di dalam darahnya, yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi sehingga menimbulkan rasa sangat sakit. Jeroan memang merupakan salah satu hidangan menggiurkan, di antaranya soto babat, sambal hati, sate jantung, dan kerupuk limfa. Tetapi salah satu dampaknya, jika tubuh kelebihan senyawa purin maka si empunya diri mengalami sakit pada persendian.

Penyebab
Penyakit asam urat digolongkan menjadi penyakit gout primer dan penyakit gout sekunder.

Pada penyakit gout primer, 99 persen penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetic dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat atau bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh.

Penyakit gout sekunder disebabkan antara lain karena meningkatnya produksi asam urat karena nutrisi, yaitu mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa basa organic yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi akan menyebabkan asam urat juga ikut meninggi.

Setiap orang dapat terkena penyakit asam urat. Karena itu, kita perlu mewaspadai gejala-gejalanya.

Penyakit radang sendi akibat peningkatan kadar asam urat darah disebut dengan artritis gout atau artritis pirai. Artritis gout yang akut disebabkan oleh reaksi radang jaringan terhadap pembentukan kristal urat. Pada sebagian besar kasus gout riwayat penyakit dan gambaran klinis bersifat khusus, sehingga kadang-kadang diagnosis dapat langsung ditegakkan.
Seseorang dikatakan menderita asam urat (gout) jika kondisinya memenuhi beberapa syarat dan biasanya perjalanan penyakitnya klasik sekali, seperti mempunyai gejala yang khas penyakit gout, mempunyai perjalanan penyakit yang khas penyakit gout, ditemukan asam urat dalam kadar tinggi dalam darahnya, dan hasil pemeriksaan mikroskopik dari cairan sendi atau tofus (benjolan asam urat) ditemukan kristal asam urat yang berbentuk jarum.

Lebih banyak pria

Umumnya yang terserang asam urat adalah para pria, sedangkan pada perempuan persentasenya kecil dan baru muncul setelah menopause.

Kadar asam urat kaum pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Pada wanita, peningkatan itu dimulai sejak masa menopause.

Mengapa asam urat cenderung dialami pria? Ini karena perempuan mempunyai hormon estrogen yang ikut membantu pembuangan asam urat lewat urine. Sementara pada pria, asam uratnya cenderung lebih tinggi daripada perempuan karena tidak memiliki hormon estrogen tersbut.

Jadi selama seorang perempuan mempunyai hormon estrogen, maka pembuangan asam uratnya ikut terkontrol. Ketika sudah tidak mempunyai estrogen, seperti saat menopause, barulah perempuan terkena asam urat.

Kalau peningkatan asam urat ini melewati ambang batas yang bisa ditolerir, persoalan akan timbul pertama pada ginjal, sendi, dan saluran kemih

Kadar Normal

Pemeriksaan asam urat di laboratorium dilakukan dengan dua cara, Enzimatik dan Teknik Biasa. Kadar asam urat normal menurut tes Enzimatik maksimum 7 mg/dl. Sedangkan pada Teknik Biasa, nilai normalnya maksimum 8 mg/dl. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan kadar asam urat melampaui standar normal itu, penderita dimungkinkan mengalami hiperurisemia.

Kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat diatas normal disebut hiperurisemia.

Perjalanan penyakit yang klasik biasanya dimulai dengan suatu serangan atau seseorang memiliki riwayat pernah cek asam uratnya tinggi di atas 7 mg/dl, dan makin lama makin tinggi.

Jika demikian, kemungkinannya untuk menjadi penyakit gout itu makin besar. Biasanya 25% orang yang asam uratnya tinggi akan menjadi penyakit gout. Bila kadar asam urat tinggi tapi tidak ada gejala serangan sendi ini disebut stadium awal. Pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejalanya, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun.

Gambaran Klinis

Artritis gout muncul sebagai serangan keradangan sendi yang timbul berulang-ulang.

Gejala khas dari serangan artritis gout adalah serangan akut biasanya bersifat monoartikular (menyerang satu sendi saja) dengan gejala pembengkakan, kemerahan, nyeri hebat, panas dan gangguan gerak dari sendi yang terserang yang terjadi mendadak (akut) yang mencapai puncaknya kurang dari 24 jam. Lokasi yang paling sering pada serangan pertama adalah sendi pangkal ibu jari kaki. Hampir pada semua kasus, lokasi artritis terutama pada sendi perifer dan jarang pada sendi sentral.

Serangan yang terjadi mendadak maksudnya tiba-tiba. Karena itu bisa saja terjadi, siang hari sampai menjelang tidur tidak ada keluhan, tetapi pada tengah malam penderita mendadak terbangun karena rasa sakit yang amat sangat. Kalau serangan ini datang, penderita akan merasakan sangat kesakitan walau tubuhnya hanya terkena selimut atau bahkan hembusan angin.

Perjalanan penyakit gout sangat khas dan mempunyai 3 tahapan. Tahap pertama disebut tahap artritis gout akut. Pada tahap ini penderita akan mengalami serangan artritis yang khas dan serangan tersebut akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 5 – 7 hari. Karena cepat menghilang, maka sering penderita menduga kakinya keseleo atau kena infeksi sehingga tidak menduga terkena penyakit gout dan tidak melakukan pemeriksaan lanjutan.

Bahkan, dokter yang mengobati kadang-kadang tidak menduga penderita terserang penyakit gout. Karena serangan pertama kali ini singkat waktunya dan sembuh sendiri, sering penderita berobat ke tukang urut dan waktu sembuh menyangka hal itu disebabkan hasil urutan/pijatan. Padahal, tanpa diobati atau diurut pun serangan pertama kali ini akan hilang sendiri.

Setelah serangan pertama, penderita akan masuk pada gout interkritikal. Pada keadaan ini penderita dalam keadaan sehat selama jangka waktu tertentu. Jangka waktu antara seseorang dan orang lainnya berbeda. Ada yang hanya satu tahun, ada pula yang sampai 10 tahun, tetapi rata-rata berkisar 1 – 2 tahun. Panjangnya jangka waktu tahap ini menyebabkan seseorang lupa bahwa ia pernah menderita serangan artritis gout atau menyangka serangan pertama kali dahulu tak ada hubungannya dengan penyakit gout.

Tahap kedua disebut sebagai tahap artritis gout akut intermiten. Setelah melewati masa gout interkritikal selama bertahun-tahun tanpa gejala, penderita akan memasuki tahap ini, ditandai dengan serangan artritis yang khas. Selanjutnya penderita akan sering mendapat serangan (kambuh) yang jarak antara serangan yang satu dan serangan berikutnya makin lama makin rapat dan lama, serangan makin lama makin panjang, serta jumlah sendi yang terserang makin banyak.

Tahap ketiga disebut sebagai tahap artritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus. Tofus ini berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur yang merupakan deposit dari kristal monosodium urat. Tofus ini akan mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang di sekitarnya. Tofus pada kaki bila ukurannya besar dan banyak akan mengakibatkan penderita tidak dapat menggunakan sepatu lagi.

Faktor Risiko

Faktor risiko yang menyebabkan orang terserang penyakit asam urat adalah pola makan, kegemukan, dan suku bangsa.

Di dunia, suku bangsa yang paling tinggi prevalensinya pada orang Maori di Australia. Prevalensi orang Maori terserang penyakit asam urat tinggi sekali, sedangkan di Indonesia prevalensi tertinggi pada penduduk pantai dan yang paling tinggi di daerah Manado-Minahasa karena kebiasaan atau pola makan ikan dan mengonsumsi alkohol.

Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine itu ikut berkurang sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah. Konsumsi ikan laut yang tinggi juga mengakibatkan asam urat.

Asupan yang masuk ke tubuh juga memengaruhi kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin yang tinggi akan diubah menjadi asam urat. Purin yang tinggi terutama terdapat dalam jeroan, sea food: udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri.

KALAU menurut hasil pemeriksaan laboratorium kadar asam urat terlalu tinggi, kita perlu memperhatikan masalah makanan. Makanan dan minuman yang selalu dikonsumsi apakah merupakan pemicu asam urat. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit. Maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
Yang paling penting untuk diketahui adalah kalau asam urat tinggi dalam darah, tanpa kita sadari akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal, karena saringannya akan tersumbat. Tersumbatnya saringan ginjal akan berdampak munculnya batu ginjal, atau akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Asam urat pun merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner. Diduga kristal asam urat akan merusak endotel (lapisan bagian dalam pembuluh darah) koroner. Karena itu, siapapun yang kadar asam uratnya tinggi harus berupaya untuk menurunkannya agar kerusakan tidak merembet ke organ-organ tubuh yang lain.

Penatalaksanaan
Penatalaksanaan artritis gout:
  • Meredakan radang sendi (dengan obat-obatan dan istirahat sendi yang terkena).
  • Pengaturan asam urat tubuh (dengan pengaturan diet dan obat-obatan).

Tujuan utama pengobatan artritis gout adalah:

  • Mengobati serangan akut secara baik dan benar
  • Mencegah serangan ulangan artritis gout akut
  • Mencegah kelainan sendi yang berat akibat penimbunan kristal urat
  • Mencegah komplikasi yang dapat terjadi akibat peningkatan asam urat pada jantung, ginjal dan pembuluh darah.
  • Mencegah pembentukan batu pada saluran kemih.

Makin cepat seseorang mendapat pengobatan sejak serangan akut, makin cepat pula penyembuhannya.
Pengobatan dapat diberikan obat anti inflamasi nonsteroid (antirematik) dan obat penurun kadar asam urat (obat yang mempercepat/meningkatkan pengeluaran asam urat lewat kemih (probenecid) atau obat yang menurunkan produksi asam urat (allopurinol)).

Pengaturan diet
Selain jeroan, makanan kaya protein dan lemak merupakan sumber purin. Padahal walau tinggi kolesterol dan purin, makanan tersebut sangat berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak pada usia pertumbuhan. Kolesterol penting bagi prekusor vitamin D, bahan pembentuk otak, jaringan saraf, hormon steroid, garam-garaman empendu dan membran sel.Orang yang kesehatannya baik hendaknya tidak makan berlebihan. Sedangkan bagi yang telah menderita gangguan asam urat, sebaiknya membatasi diri terhadap hal-hal yang bisa memperburuk keadaan. Misalnya, membatasi makanan tinggi purin dan memilih yang rendah purin.

Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin:

  • Golongan A: Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, lain-lain jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.

  • Golongan B: Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.

  • Golongan C: Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.

Pengaturan diet sebaiknya segera dilakukan bila kadar asam urat melebihi 7 mg/dl dengan tidak mengonsumsi bahan makanan golongan A dan membatasi diri untuk mengonsmsi bahan makanan golongan B. Juga membatasi diri mengonsumsi lemak serta disarankan untuk banyak minum air putih. Apabila dengan pengaturan diet masih terdapat gejala-gejala peninggian asam urat darah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Hal yang juga perlu diperhatikan, jangan bekerja terlalu berat, cepat tanggap dan rutin memeriksakan diri ke dokter. Karena sekali menderita, biasanya gangguan asam urat akan terus berlanjut.

BAGI YANG AKAN BERTANYA MENGENAI ASAM URAT
Kalau bisa sertakan data-data:
  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Tinggi badan
  • Berat badan
  • Kadar asam urat dengan nilai rujukan/nilai normal dari laboratorium pemeriksa
  • Sudah berapa lama menderita gout atau hiperurisemia
  • Obat-obatan yang dikonsumsi baik untuk mengatasi gout/asam urat maupun untuk penyakit lain yang diderita dan juga dosis masing-masing obat serta berapa kali sehari obat tersebut diminum.
  • Kondisi kesehatan lainnya.
Forum ini bukan untuk menggantikan peranan dokter, kami hanya mencoba menjelaskan permasalahan yang ada, oleh karena itu tidak ada hubungan dokter pasien dengan adanya tanya jawab di forum ini. Anda tetap harus berkonsultasi/mengunjungi dokter keluarga anda.

Tidak semua pertanyaan dapat langsung dijawab pada hari yang sama.

Terima kasih atas perhatian semuanya.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

667 comments:

«Oldest   ‹Older   601 – 667 of 667
rien yuniawati said...

hallo dokter Suryo Wibowo,,

salam kenal,, saya Rien Yuniawati... suami saya Samsul Arifin menderita asam urat dgn nilai 9.. usia nya baru 25tahun, dengan tinggi badan 180 dan berat 105kg...

suami saya sudah berobat kedokter, kemudian diberikan resep allupurinol.. namun lama kelamaan,secara tidak disadari,, muncul alergi pada kulitnya.. awalnya berair kemudian mengering dan menghitam pada titik2 di seluruh tubuh.. kemudian beliau berobat ke spesialis kulit.. dan berdasrkan analisa hasil tanya jawab suami saya dinyatakan fix drug eruption trhadap obat allupurinol...

kemudian suami saya berobat ke spesialis penyakit dalam utk mengobati asam uratnya.. tetapi dokter trsebut bilang bahwa tidak ada obat asam urat slain allupurinol.. apakah benar bgtu? dokter tersebut lbh menyarankan suami saya untuk diet..
akan tetapi,, rasanya diet tidak menjadikan solusi... karena suami saya masih sering kambuh asam uratnya...
yang ingin saya tanyakan lagi, apakah ada obat slain allupurinol..??
terimakasih dok untk waktunya...

stip77 said...

Sore pak dokter, kaki saya bengkak, dan sulit utk berjalan, saya pikir asam urat saya tinggi, memang dahulu pernah seperti ini dan tinggi, saya coba cek di lab, ternyata asam urat saya 5.9.. knp bisa seperti ini ya? Terimakasib.

Renny said...

Selamat mlm dok. Saya renny dari palembang.
Sebenarnya saya tidak akan bertanya mengenai kondisi kesehatan saya (asam urat) krn saya tidak mengeluh nyeri sendi atau keluhan kesehatan lainnya. Namun yang akan saya tanyakan berkaitan dengan asam urat. Pernah saya baca dari artikel penelitian jepang menyatakan bahwa melinjo dapat menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL oleh aktivitas agonis PPAR dengan cara menghambat reabsorbsi asam urat di tubulus renal . Sebenarnya saya bingung dengan hal tsb. Bukankah asam urat memang direabsorbsi di tubulus proksimal kemudian di ekskresi oleh tubulus distal. Mohon penjelasannya dok, terima kasih.

Unknown said...

Mlam dok..

Perkenalkan nama sya yusuf umur 25th..

Sudah 1 bulan lbih ini nyeri di persendian saya tidak kunjung hilang, pdahal pas cek darah nilai asam urat saya 7, kata dokter saya itu cuma gejala asam urat saja, tpi nyeri nya tidak hilang2.. saya krja di gudang plywood, saya supir dan sekalian bantu bongkar muat juga.. apa kah berpengaruh dok sakit nyeri yg saya alami dgn pekerjaan saya.. tolong info nya ya dok..

SDNKAUMANSATUMALANG said...

Dok nama saya wahyu usia 31 dan bb 72 dan tb 165 cm setiap malam saya merasakan sakit di kaki saya saya sudah ke dokter ternyata asam urat saya 11,1 oleh dokter saya diberi obat recolfar,cataflam dan allupurinol sebulan saya sembuh ternyata sekarang kambuh lagi....bagaimana sebaiknya dokter.....terima kasih....


SDNKAUMANSATUMALANG said...

Saya wahyu dokter usia 31 tahun bb72 tb165cm setiap malam kaki saya sakit saya sudah ke dokter disarankan ke lab tetnyata asam urat saya 11,1 saya diberi obat oleh dokter yaitu recolfar,cataflam dan allupurinol sebulan saya sembuh kemudian saya kambuh lagi saya sudah berusaha menghindari majanan jerohan dan makanan yg mengandung purin tinggi.....seharusnya saya bagaimana dokter?

Artikel kesehatan terbaru said...

makasih artikelnya admin,,,bermanfaat bagi banyak orang dan mudah di pahami,,di klik jugaArtikel kesehatan terbaru

Unknown said...

Selamat malam dok

Saya harli, umur 43 th, tinggi 175 cm, bb 90 kg, pekerjan pengawas lapangan proyek, saya pernah test asam urat di lab:8,4 mg, dan saya jg divonis mengidap masalah jantung pernah alami pembengkakan jantung, pertanyaan saya:
1. Saat ini asam urat saya sdg kambuh, begitu jg dgn jantung saya, saya jd agak takut kalo minum obat keduanya, obat asam urat: voltadex 50 mg, dexamethasone 0,75 mg, allopurinol 300 mg, obat jantung: candesartan 8mg, aldactone 50mg, digoxine 0,25 mg, apa aman bila diminum dalam 1 hari dlm waktu berbeda?
2. Saya jg ada maag sehingga kalo minum obat anti nyeri asam uratnya terasa perih, saya minum stomyacin 240 mg, saya jd takut dgn kond ginjal yg slalu dibebani obat2 tsb dok
3. Saat ini, boleh dibilang saya tdk pernah merasakan sehat dok, kalo gak asam urat kambuh, maag juga, disusul jantung, kalo saya coba test di lab kira2 pemeriksaan apa yg cocok sbg bhn referensi diagnosa dokter kedepan?
4.adakah korelasi sakit asam urat dgn jantung dok?, th 2012 saya pernah masuk ugd rs jantung dgn diagnosa pembengkakan jantung, th.2014 kumat tp cukup berobat jln, dan saat itu saya merasakan serangan asam urat yg hebat di jempol kaki kanan sampai tdk bisa jalan, th ini sekaligus 3 penyakit kambuh dok, saya disarankan sama dr internist agar ke dr jantung dulu, menurut dokter?
5. Terimakasih atas perkenan jawaban yg dokter akan berikan.

andy said...

Terimakasih informasinya dok tentang asam urat.

jadi sekarang saya harus berhati-hati lagi dalam memilih makanan.

Rey said...

Dokter Suryo ysh,
Saya rey,usia menjelang 40,tinggi 178/91,sebulan yll cek up dgn hasil gula 400,total cholesterol 200,trigliserida 500,asam urat 9,tensi 140/100.hasil yg mengenaskan ya dok ? �� oleh dokter sy diresepkan valsartan,zyloric 300,glimepiride,gemfibrozil,semua nya sehari sekali + glutrop 2x sehari.olahraga renang baru saya lakukan kembali bersamaan dengan pengobatan seminggu 5x.untuk diet Sudah saya lakukan sejak 4th yll dok,krn kedua org tua saya meninggal dgn semua faktor resiko jantung seperti hasil lab saya.saya mkan berat hny pd wkt siang,selebihnya saya konsumsi jus,buah & sayuran jg shake.tp sy mmg malas ber olah raga dok.BB sy sblm nya 108.masalah yg saya hadapi saat ini dok,sdh 2 mg sy tdk bisa jln krn asam urat kambuh.3hr ini obat" an semua di hentikan,sy hny konsumsi cataflam 50,4x sehari,setelah nyeri hilang hr ini baru minum zyloric 300,2x sehari.bagaimana konsumsi obat yg benar dok ? Sy sdh 3x ganti dokter,krn sy sdh terkena asam urat sejak usia 25th an.dan obat nya kurang lebih sama.apa allopurinol hrs di minum dlm jangka wkt lama ?atau pd saat kambuh saja ?
Rasanya ingin,kl ada kesempatan ke jkt,sy lgs bisa berkonsultasi dengan dokter,semoga..
Terimakasih byk dok,semoga ilmu dokter yg sangat membantu kami,mendapatkan pahala yg berlimpah.salam..

Unknown said...

Dok. Saya mau tanya, bpk saya merasakan nyeri sendi sejak 4 thn terakhir, dan sudah 2 bulan terakhir beliau merasakan nyeri yang hebat, dan sampai susah untuk berjalan, setelah di periksakan asam uratnya normal, hanya 5 mg/dl. Tapi kenapa ketika untuk berjalan kaki terutama di betis terasa sangat sakit ya. Mohon sarannya. Terimakasih

Unknown said...

Dok. Saya mau tanya, bpk saya merasakan nyeri sendi sejak 4 thn terakhir, dan sudah 2 bulan terakhir beliau merasakan nyeri yang hebat, dan sampai susah untuk berjalan, setelah di periksakan asam uratnya normal, hanya 5 mg/dl. Tapi kenapa ketika untuk berjalan kaki terutama di betis terasa sangat sakit ya. Mohon sarannya. Terimakasih

raka said...

selamat malam dokter

to the point aja,sy raka umur 26 tahun,tinggi 167, bb 98 kg, dalam 4 bulan terakhir ini bb sy berkembang pesat yg dari 48kg, walaupun awal.y berat sy dulu juga emank over weight, tp sy diet ketat hingga turun 48kg tp skrg krna sering strees jd pola makan gak di jaga lg hingga jd 98kg. 3 hari kemarin sy bangun tidur dan pergelangan kaki sy terasa ngilu, tp gak begitu berat hingga sy beraktivitas seperti sblum.y, tp pas pulang kaki sy sangat sakit bahkan berjalan pun sangat susah, fyi ini bukan pertama kali sy merasakan ini, beberapa bulan yg lalu juga sy dapat ini, apakah sy terkena asam urat ? ato cmn salah penempatan kaki pas tidur krna pd mlm sebelum kaki sy sakit, sy tidur terlentang dan kaki sy lewat batas tmpat tidur sehigga menggantung, oia sblum sakit ini, beberapa hri yg lalu yg sering bgt konsumsi softdrink (coca cola) tolong penjelasan.y dok ? apakah sy bisa konsumsi obat pereda rasa sakit tanpa resep dokter ?

Anonymous said...

Pagi dok..
Saya dita.. Saya mau konsultasi ttg asam urat suami saya dok..
Suami saya usia 38 tinggi 180 bb 80
Kebetulan suami saya memang asam uratnya tinggi.. Diangka 7 pd saat terakhir cek dok..dan sudah lama sejak terakhir pengecekan..skitar bulan Mei 2016 kmrn suami saya kambuh asam uratnya sampai aga bengkak kemerahan pada kaki..dan suami sy mengkonsumsi obat F*****N 20 mg yg mengandung piroxicam..sdh lama sejak terakhir kambuh kira2 3 thn yg lalu..kmrn pd saat kambuh sekitar 2 mgg s.d kempes..
Pada bulan puasa skrng alhamdulillah makanan mulai di kontrol lagi tetapi pegal2 di kaki bekas kmrn bengkak masi terasa jd suami saya bingung apa asam uratnya kambuh lagi..padahal sudah menghindari makanan berpurin tinggi kecuali telur..telur masi mengkonsumsi krn butuh asupan protein..
Menurut dokter tindakan apa yang harus kita lakukan.. Selain mwnjaga pola makan.. Dan sebenarnya makanan apa saja yg aman utk suami saya..dan obat apa yg aman dkonsumsi jika kambuh ringan..
Terimakasih banyak Dok ats kesempatan utk sharing konsultasinya..saya mengharapkan sekali pendapay dan saran dari Dokter sebelum sy ke RS..thx a lot

Unknown said...

Dok,saya ibu menyusui umur 23 thn, saya sering sekali mengalami kesemutan, nyeri sendi bahkan kalo cuaca sedang dingin badan saya sering sekali pegal+ linu, setelah saya cek darah kadar asam urat saya 8,8 dan dokter mengatakan kadar asam urat saya melebihi batas , dokter memberi penanganan dengan memberikan obat allopurinol dengan dosis sehari 2 x, yg ingin saya tanyakan apakah obat tsb akan berdampak buruk ke air asi , saya di berikan dokter stok untuk 1 bln, tp saya tdk berani minum obat tsb secara trs menerus, krn saya takut obat tsb mempengaruhi asi dan yg saya lakukan skg hanya minum lemon di pagi hari + minum redoxon,dok apakah lemon + vitamin c dosis 1000 mg akan mengurangi kadar asam urat,krn saya pernah baca artikel tsb , mohon di jawab ya dok, saya butuh sekali jawaban dari dokter

eric sugeha said...

Dok saya mau tanya asam usrat saya baru diperiksa mencapai 11 kinindi lutut saya terjadi bengkak saya menderita sakit ini sudah 8 tahun da obat yang sering saya minum sekrng adalah meloxin sama recolfar pertam dokter ngasih saya ostelox tapinudah gak mempan. Apakah masih ada obat yang bisa saya minum? Meloxin kayanya uda gak ada perubahan

Unknown said...

Salam kenal Dok Nama sy Charles, 59 th,TB160 Cm,BB57 kg.Satu bulan lalu ginjal sy kurang enak sy ke dr dilakukan pemeriksaan Lab pemeriksaan darah dan urine ternyata hasilnya Hb 15,6, Leucocyt 8100,BSR/LED 6,Trombocyte 233, Erytrocyte 5,0, Hematokrit 48,8, Eosinopil 4, Basopil 0,Neotropil batang 2, Neotrophli segmen 52,Limfocyte 33 dan Monocyte 9 sedangkah test urin PH 6, BJ 1.030, Protein, Glucose, Urobilin Birubilin semua negative, Leucocyte 0-2/Lp, Erytrocyte 0-1/Lp, Epitel Sel 0-3/Lp, Gula darah Ad rendum 84 mg/%, Ureum 48 mg/%, Creatinin serum 2,3 mg/% dan uric Acid 10,0 mg/%.saya diberi obat Allopurinol 300 mg 1x1/hari selama sebulan dan Becarbonat 3x2/hari selama satu bulan, setalah saya makan selama 2 minggu sya cek dgn mempergunakan alat digital hasil uric acid dibawah 4 maka obat tersebut saya hentikan. Pertanyaan saya 1.Apakah saya sudah dapat dikatakan mengalami gangguan ginjal ? 2.Apajah keadaan kreatin dan urem tsb sdh menghawatirkan ?.3 Apakah dengan turunnya urin acid otomatis kreatini dan ureum turun ?.4.kalau tidak apa yg bisa menormalkan kreatin dan ureum,mohon jawabannya terimakasih Dok atas jawabannya

Prita said...

Salam dr suryo,

Hi dok. Saya anggie. Saya butuh masukan dokter sehuhungan dengan penyakit asam urat papa saya. Beliau saat ini berumur 63 tahun. Beliau saat ini seperti mengalami serangan rutin dr asam urat jadi intervalnya saat ini semakin pendek, setiap 2 minggu sekali pasti sakit walaupun beliau sudah diet makanan yg menjadi pantangan penderita asam urat. Nah yg menjadi masalah beliau ini alergi terhadap allupurinol, jadi setiap mengkonsumsi obat itu langsung seluruh tubuhnya muncul luka seperti koreng. Jd selama ini yg bisa beliau minum hanyalah recolvar dan viostin.
Kami sekeluarga bingung bagaimana menanganinya karena semakin hari sakitnya semakin sering datang. Mohon infonya dok dan kalau bisa dimana tempat praktek dokter agar bisa kami temui utk konsultasi langsung.

Terima kasih banyak pak dokter. Responnya sangat kami tunggu.

Unknown said...

Dok, pada perempuan kan kadar asam urat dipengaruhi hormon estrogen, membantu dalam ekskresi asam urat, sehingga kadar asam urat masih normal sebelum menopause, bagaimana mekanisme hormon estrogen yang meningkatkan ekskresi asam urat tsb dok ? terima kasih

Anonymous said...

Malam dok.
Saya rika. Umur saya 26 tahun. Sudah hampir 6 bulan ini saya sakit pinggang, lutut serta perut sbelah kanan. Saya sudah beberapa kali periksa tapi dokter mengatakan saya infeksi saluran kemih. Sudah beberapa kali berobat juha hanya di berikan obat penghilang rasa sakit tp sakit yg saya derita tidak.berkurang sedikitpun
Akhirnya saya googling dok tntg diagnosa yg saya alami. Dan saya fikir saya trkena asam urat. Stelah saya coba cek k lab asam urat saya 5,7. Saya mencoba minum allopurinol. Stelah minum obat tsb saya jadi sering buang air kecil dan perut sbelah kanan saya jd tidak bgtu sakit..
Menurut dokter. Apa yg harus saya lakukan?
Apakah saya lanjutkan minum allopurinol?
Saya minum 2 kali sehari dg dosis nya yg 100 mg..
Saya bingung dok dengan masalah sakit saya. Sedangkan sudah bbrapa kali berobat tidak ada perubahan.
Terimakasih dok.

Salam
Rika

Unknown said...

Dear dr. Suryo Wibowo
Perkenalkan saya Santi usia 26 th tb.150cm bb.45 kg...

Dok, terdapat benjolan pada telapak tangan kanan saya pas di pangkal jempol sudah 10 hari sampai hari ini dan belum kempes malah warnanya yg tadinya merah berubah menjadi membiru 4 hari yg lalu saya bawa ke klinik dan katanya itu karena asam urat (hasil tes 4,6 masih dalam batas normal) mengingat beberapa hari ini mengkonsumsi daging kambing dan sapi dr Idul Adha. Obat yg saya dapatkan dr klinik sudah hampir habis tinggal 1x minum lagi dan bengkak belum kunjung mengecil... apakah benar saya terkena asam urat dan tindakan apa yg harus saya ambil terhadap bengkak di telapak tangan saya tersebut dok?

Terima kasih
Salam
Santi

Unknown said...

jangan khawatir ini di solusinya cara menurunkan darah tinggi

Anonymous said...

Selamat pagi dok, nama saya sasa.
Saya perempuan berusia 19 tahun dengan tinggi 155cm berat 57kg. Saat setelah lebaran kemarin asam urat saya 6,9 dan kolestrol saya 246
Lalu dokter saya memberikan obat simvastin 10 mg dan allupurinol 100mg.ibu saya juga memberikan ramuan tradisional seperti air jahe dan kayu manis serta air daun salam.
2 minggu kemudian kadar kolestrol dan asam urat saya sudah turun menjadi normal (saya lupa pastinya berapa)

Namun seminggu lalu saya merasa nyeri lagi pada persendian pergelangan kaki saya dan ditambah persendian ibu jari kaki saya. Lalu saya periksa lagi ternyata kadar asam urat saya 8,1 (cukup tinggi untuk seusia saya)

Pertanyaan saya adalah
1. Apakah asam urat ini berbahaya dengan tingginya yang mencapai angka 8 ini?
2. Jika saya minum obat allupurinol lg apakah akan berefek ketergantungan?
3. Pengobatan apa yang paling pas untuk saya? (Diet atau dll dll nya)

Moho jika ada saran untuk saya dok

Terimakasih dok

Anonymous said...

Dear dr Suryo
Saya andy umur 29th tinggi 170 BB 78kg, saya suka makan jeroan ayam,kulit dan daging berlemak serta sayabtidak suka makan sayur. Telapak kaki saya bengkak dan samar2 kebiruan sehingga saya sakit jika berjalan dan kadang tidak bisa berjalan..
Gejala itu sering muncul antara 2-4 bulan n sembuh antara 3-12 hari.
Apakah itu asam urat?
Terus terang saya takut utk medchek krn phobia sama jarum suntik.
Saya biasanya tidak minum obat apa pun krn tidak tau penyebabnya apa, skrng sakit di telapak kaki saya kumat sehingga saya membaca artikel tentang asam urat kemudian saya ke apotik dan diberi obat zyloric 100 allopurinol.
Saya membaca postingan pak dokter ke ibu anna " jika allopurinol bisa memperparah jika pada fase akut gout dan menyarankan minum ostelox terlebih dahulu"
Yang saya mau tanyakan
1. Apakah langkah saya meminum allopurinol benar saat bengkak (sampai saya tidak bisa berjalan)
2. Jika saya positif asam urat, apakah saya bisa sembuh jika tidak mengkonsumsi makanan tinggi purin (jeroan,daging berlemak)
3. Apakah jika saya ke dokter pasti akan di cek darah?

Terimakasih
Salam

Andy
(Palembang)

Ega pramana said...

Dok saya mau tanya, besok saya ada tes medical tapi asam urat saya tinggi 9,6 obat apa ya dok yg bisa menurunkan asam urat saya tapi tidak mempengaruhi tes medical

Anonymous said...

hi dr Suryo,sy christiana Sutati,67 th,bbrp hari yl memeriksakan asam urat sy 8,4 mg/dl,padahal selama ini 5-6mg/dl dan dikelingking sy muncul tofus,dan stlh konsumsi allupurinol 1x100mg perhari selama 4 hr tofus mengecil,pertanyaan sy berapa lama sy hrs mengkonsumsi allupurinol dan apakah dosisnya sudah benar?bls ya dok,tq

Agen Jamkho Jogja said...

terima kasih info kesehatannya dok

Anonymous said...

Siang DOk, saya nurul berumur 21 tahun. kemarin saya baru cek kadar asam urat. dan ternyata hasil tesnya "LO", sebenarnya apa yang dimaksud dari hasil "Lo" it dan saya merasa selama ini saya kurang mengkonsumsi kacang-kacangan, dan makanan lainnya yang bisa menyababkan asam urat.
terima kasih Dok,

Unknown said...

Met pagi dok,

Saya mau tnya ttg sakit sy ini.. sudah 2 minggu lutut kaki kanan sy sait yeri sekali jika dijalankan.. setelah seminggu skit tsb sy dtg ke dokter umum.. mengeluhkan sakit yg sy derita..katanya saya skt pengapuran tulang pdhl umur saya bru 30thn dan sy seorang wanita.. dokter tsb memberikan suntikan di lutut kanan sy. Lalu dia memberikan obat velcox 5pcs. Memang setelah minum obat tsb rasa nyeri hilang..tp muncul kembali jika tdk minum obat tsb. Jdnya sy jalan agak pincang..kaki saya tdk bs diluruskan

Thanks,

Santi

Unknown said...

Met pagi dok,

Saya mau tnya ttg sakit sy ini.. sudah 2 minggu lutut kaki kanan sy sait yeri sekali jika dijalankan.. setelah seminggu skit tsb sy dtg ke dokter umum.. mengeluhkan sakit yg sy derita..katanya saya skt pengapuran tulang pdhl umur saya bru 30thn dan sy seorang wanita.. dokter tsb memberikan suntikan di lutut kanan sy. Lalu dia memberikan obat velcox 5pcs. Memang setelah minum obat tsb rasa nyeri hilang..tp muncul kembali jika tdk minum obat tsb. Jdnya sy jalan agak pincang..kaki saya tdk bs diluruskan

Thanks,

Santi

Unknown said...

Met pagi dok,

Saya santi umur 30thn. Sudah 2minggu lutut kaki kanan saya sakit nyeri sekali jika dipake jalan. Sy sudah diperiksakan ke dokter umum.. lalu lutut kanan saya disuntik untuk menghilangkan sakit dan diberi obat velcox 5pcs, katanya sy mengalami pengapuran. Dan sy blm periksa darah.tp setelah obat tsb abis.. lutut saya masih nyeri sekali.

Thanks
Santi

Anonymous said...

Dok, saya Bunyan

Saya umur 24 tahun. Kamis tanggal 1 des, saya cek asam urat di lab dan hasilnya 7.6, dan saya harus melakukan medical check up untuk seleksi masuk BUMN.
Pertanyaannya, jika saya minum allopurinol, apakah akan terdeteksi saat medcheck? (Medcheck lengkap). Karena kalau terdeteksi otomatis gagal, jika tidak minum, khawatir tidak turun.
Saya hanya ada waktu 2 hari menjelang tes lab. Bagaimana agar tidak terdeteksi? Terimakasih.

andika @dailystory said...

Maaf dok, kenapa allopurinol/obat penurun asam urat diberikan setelah nyeri hilang ? Apa yg menjadi masalah jika diberikan bersamaan dgn obat penurun nyeri/radangya ? Mohon jawabanya dok. Terima kasih

andika @dailystory said...

Maaf dok, kenapa allopurinol/obat penurun asam urat diberikan setelah nyeri hilang ? Apa yg menjadi masalah jika diberikan bersamaan dgn obat penurun nyeri/radangya ? Mohon jawabanya dok. Terima kasih

andika @dailystory said...

Selamat pagi Dok,kenapa alopurinol/obat penurun asam urat tidak bisa di minum kalau masih dalam kondisi nyeri/radang. Apa akibatnya jika alopurinol diminum bersamaan dengan obat radang/nyeri ?

mencari tahu said...

terima kasih informasinya dok

Unknown said...

Halo dr Suryo...Saya Ira 37th...auami aaya 38th bbrp tahun ini memang punya kadar asam urat yg melebihi batas normal..selama ini on and off kemunculannya....Disarankan oleh dokter kami untuk olahraga rutin dan menurunkan berat badan...jaga makan juga..sudah dilakukan dan berhasil turun 5kg menjadi 80kg, tinggi 170cm...olahraga tennis meja dilakukan rutin di kantor...makan jg sudah dijaga...rutin minum air putih banyak..tapi hasilnya ttp saja kambuh nya on and off lg, dok....Kira2 apa penyebab nya ya? Apa bisa jg karena trygliserid tinggi? Sempat ada dugaan autoimun Rhematoid Arthritis RA, dok...
Kami tunggu penjelasannya, dok...terima kasih



Unknown said...

selamat siang, salam kenal dok,, ibu sy umur 55th sdh 1th belakang ini menderita sakit pertamanya dlu dibagian tumit d telapak sakit, spt linu tp sakit sekali, dibuat jalan sakit, semakin kesini sakitnya menjalar kekaki hingga kepinggang,, dan skrg sakitnya udh dikaki dua2nya,, dicek kadar asam uratnya normal 6 koma,, yg sy tanyakan,, apakah sy hrs cek ulang kelaborat atau sy hrs ke dr spesialis,, jk ke dokter spesialis maka dokter spesialis apa ya dok,, krn sy cari referensi dokter spesialis yg menangani sakit spt itu kok gak ada,, mohon pencerahannya dok,, terimakasih,,

Anonymous said...

Dokter, sebelumnya saya mau cerita. Seminggu yg lalu gusi saya infeksi, jadi saya ke drg dan diberi bbrp macam obat. Setelah mengkonsumsi obat itu, saya merasa tangan kiri saya kebas dan lemas. Besoknya saya menemui drg yg sama, menurut drg nya kemungkinan saya alergi dg salah satu obat (Metronidazole). Setelah di stop, rasa lemasnya sdh hilang tapi kebasnya masih terasa bahkan tangan kanan dan kaki kanan saya terasa kebas, kesemutan. Akhirnya saya di rujuk ke dr umum, berhub saya di klinik. Oleh dr umum, tangan kanan dan kiri saya di lihat reaksinya dlm menerima rangsangan sentuhan, menurut beliau tdk ada mslah. Akhirnya saya disuruh cek kadar kolesterol dan asam urat menggunakan alat cek digital. Hasilnya kolesterol 269 dan asam urat 25. Menurut dr umum, itu pnyebab dari keluhan saya selama ini, jadi bukan krn efek obat. Tapi sdh 10 harian ini saya jarang makan krn gusi saya yg infeksi dok. Apa mungkin hasil cek kolesterol dan asam urat itu bisa diterima kalau saya sndiri jarang makan 10 harian terakhir dok? Atau mungkin hasil itu berkaitan dg obat yg saya konsumsi? Terima kasih sebelumnya dok

Unknown said...

Minum zyloric kok tambah nyeri ya dok? Asamnurat 7,5...laki2 38 th. Tp klo minum anti nyeri ga sakit. Gmn cara nurunin asam urat sy. Mksh

Pamairtelindo Group said...

Dear Dr. Suryo
Dok saya kena serangan gout sudah saya periksakan ke dokter internis, waktu itu saya di kasih allopurinol 300 mg sehari 2 kali dan colcichine sehari 4 kali, termyata sakit ga reda saya berobat lagi di tambahin colcichine sejam sekali dan meloxicam sehari sekali tetapi saya diare dok langsung saya hentikan, trus baru 2 hari ini saya minum allopurinol sekali tapi langsung sakit saya minumin meloxicam 15 mg langsung reda hilang tapi kalau efek obat hilang sakit lagi saya minum meloxicam 15 mg sehari sekali boleh ga dok kalau saya minum 2 kali meloxicam 15 mg ya di karenakan saya minumnya pagi setiap jam 09.00 tapi malam sakit lagi dok oh ya dok saya laki laki usia 37 berat badan 98 kg tinggi 172 cm pertama saya perika dokter hasil lab asam irat saya 8,1
Mohon pencerahan supaya radang goutnya bisa hilang dok apakah meloxicam hanya meredakan nyeri aja atau bisa menyembuhkan radang goutnya ya dok
Terma kasih

Anonymous said...

Salam
Dokter saya berusia 42 tahun, berat badan 70, tinggi badan 170...saya sudah pernah operasi urs sebanyak dua kali utk penghancuran batu di ginjal kanan dan kiri bergantian...
Hasil analisa waktu itu besar batu kurang dari satu centimeter...
Pada operasi urs pertama, dokter yg melakukan operasi menyatakan batu hilang(hancur) saat dijepit oleh alat yg dimasukan melalui saluran kencing saya...
Pada operasi urs yg kedua.. Batu ditemukan dalam ginjal dan dihancurkan walaupun besarnya kurang dr satu centimeter...
Saat ini saya mengalami sakit kembali pada bagian perut sebelah kiri...
Lalu saya berobat ke klinik...
Dokter menyatakan ada kolik...
Dan menyarankan saya utk berobat ke rumah sakit apabila sakit masih berlanjut setelah mengkonsumsi yg diberikan oleh dia..
Adapun obat yg diberikan oleh dokter tsb adalah:
- gastrucid suspensi (obat cair dlm kemasan botol 60ml)
- hufadine 150 mg ranitidine hcl (kaplet salut selaput)
-scopma plus. (kaplet dgn kandungan hyoscinebutylbromide 10mg, dan paracetamol 500 mg)

Pertanyaan saya utk dokter Suryo Wibowo yang terhormat adalah..
1. Apakah saya terserang penyakit batu ureter
2. Apa langkah terbaik yang harus saya tempuh saat ini, mengingat saya belum pernah cek kadar asam urat, kadar gula dsb dlm darah secara sengaja.. Adapun saya pernah cek darah sebelum pengoperasian urs waktu awal tahun 2016 silam... Dokter saat itu tdk menjabarkan hasil lab waktu itu..
Oh iya dokter, saat itu saya masuk rumah sakit melalui UGD krn kondisi sakit bagian perut..
Trimakasih utk semuanya dokter
Salam..

Unknown said...

Asslmkm...
Dok,sya mau tanya. Sndi dijmpol kaki sbelah kiri sya mengalami bngkak dan sakit. Smpai buat jlan sja susah. Kmudian sya coba cek asam urat tp hasilnya Low.apakah itu gjala awal asam urat atau apa y dok.skarang klo mkan yg agak asin atau gram ska terasa lg skitnya.mksh dok...

Unknown said...

Halo Dr. Suryo nama saya Reza umur 22 perempuan tb 155cm bb 42kg. Pertama kali saya ngerasain sakit ini tahun 2012 terus seminggu setelah itu sakitnya hilang, dan dtg lagi di tahun 2016 selama 3 hari paling lama. Selama beberapa tahun itu saya ngerasain sakitnya 4 atau lima kali pak tapi ga pernah lama, terus pertengahan april 2017 kemaren kaki saya sakit lagi terus saya bawa urut dan membaik dalam beberapa jam saja, besoknya sakit banget lagi terus saya bawa ke specialis syaraf tapi saya kurang puas dengan jawaban dan pelayanan dokternya yg memeriksa saya hanya sebentar saja padahal bayar sudah lmyan mahal dia bilang kalo saya tidak terkena asam urat dan saya di Kasih obat untuk seminggu, setelah 3 hari minum obat kaki saya sehat dan normal lagi dokter selama 2 hari setelah itu pas saya bangun tidur kaki saya sakit banget kaya pertama dokter malahan sakitnya bertambah, kalo lagi parah sakitnya saya sampe demam tinggi dan menggigil dokter terus saya berobat lagi dan tes darah juga ternyata hasilnya 60 mg itu normal apa ngga ya dok? Kaki saya itu bengkak di betis sampe ke kaki dok, kalo lg parah banget bengkaknya gede bgt dan wrnanya memerah dok. Menurut dokter itu sakit apa ya? Makasih sebelumnya ya dokter. :)

Anonymous said...

Selamat malam dok, saya syahrizal umur 24 tahun dan saya di diagnosa di lab terkena asam urat dengan nilai 9,2 dok dan terdapat bengkak di kaki tepat nya di jempol. Saya mau nanya dok perlukah saya ke dokter spesialis ? Karna saya udh merasakan sakit ini kurang lebih 2 minggu dan saya udh minum obat asam urat dan anti nyeri sendi. Dan bengkak ini makin keliatan dok..

Miss lummom said...

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seorang dokter medis yang mengagumkan atas nama Dr Collins Raphael yang telah membuat keluarga saya dan saya bangga atas kepercayaan dan urgensi, dia membeli salah satu ginjal saya untuk pasiennya dengan jumlah uang yang luar biasa dalam dolar, saya menemukan Alamat email di internet sebagai doctorcollins3@gmail.com yang diterbitkan oleh salah satu Michel dan Lopez berterima kasih padanya dan mengatakan kepada dunia tentang bagaimana dia melakukan penyelamatan finansial mereka sebagai hasil dari membeli ginjal mereka tanpa tekanan, saya segera menerapkannya melalui email dan saya Dengan semua perhatian yang saya butuhkan oleh Dokter dalam waktu kurang dari seminggu, saya memenuhi semua persyaratan, dan setengah uang saya seperti mimpi saat memasuki rekening bank saya sebelum transplantasi, saya mendorong Anda untuk menghubungi Dr.Collins via; Doctorcollins3@gmail.com untuk kedahsyatan finansial Anda untuk datang melalui seperti saya beberapa bulan yang lalu. Saya berjanji untuk melakukan ini ketika saya akhirnya skala melalui.
Doctorcollins3@gmail.com
Saya chanchai Chakrii.
Dari Indonasia

Unknown said...

Dokter salam kenal.
Nama saya ikhwan wahyudi. Usia 32 th. Berat badan 54. Tinggi 165.
Hasil cek darah.
Gula darah acak 90 md/dl
UA 5.2 MGR/dl
Cokesterol 140
Kata dokter di tempat saya periksa saya dinyatakan normal.

Tapi dok. Setiap saya selesai makan daging atau sea food. Labgsung terasa nyeri pada jari tangan. Atau lutut. Atau jari kaki.
Kira2 sakit yg saya derita apa dok. Trus pengobatanya apa ?

Selama ini saya mengkonsumsi simvastatin jika terasa sakit.

Trims atas perhatianny dok.

Unknown said...

Dok saya anita, 19thn
Sudah setahun lebih nih saya terkena kristal asam urat, untuk lab nya hanya menujukan saya ada kristal asam urat, tp tidak ada tulisan untuk kadarnya. Karena saya sudah datang ke 2 dokter tapi dokter ortopedi, dan saya kurang yakin, krna pasti deh sesudah obat habis sakit kembali, saya juga pernah disedot cairan dilutut yg sakit asam urat itu dok dan suka kaku, nyeri dan hangat. Saya ingin bertanya dok, saya ke dokter spesialis mana yg harus saya datangi? Tolong rekmendasinya ya dok dokter yg terbaik dijakarta.

Andre said...

Dear Dokter Suryo,

Saya Andre, usia 32 tahun. Tinggi 172 cm, berat 80 kg.
Saya mau tanya, waktu dulu saya tidak pernah ada keluhan asam urat, tapi setelah usia 27 tahun, saya baru makan toge beberapa lembar saja, atau kembang kol, asam urat saya bisa melonjak sampai tidak terbaca (terbaca high saja karena tingginya). Saya mengkonsumsi allopurinol, dan dalam beberapa hari sudah normal kembai (dibawah 7).
Yang saya mau tanyakan:
1. Apakah kadar asam urat itu semestinya di angka 0?
2. Mengapa saya sangat sensitif terhadap makanan yg mengandung asam urat, apakah karena ada kelainan ginjal?
3. Saya makan dendeng & kacang2an yg semestinya lebih tinggi purinnya, tapi malah tdk terlalu merasakan naiknya asam urat, tp jika makan toge/kembang kol sedikit saja sudah melonjak jauh. Apakah sensitifitas setiap orang berbeda-beda terhadap makanan? Atau jangan2 jenis purin sebenarnya bisa dibedakan lagi, apakah seseorang sensitif terhadap purin jenis yg mana.

Mohon pencerahannya. Terima kasih ya dok.

Eza-87 said...

Dear dr. Suryo

Perkenalkan saya Eza (30 tahun, BB 85 kg, TB 159 cm).
tangan kanan saya sudah 2 bulan ini sering kesemutan dan pegal terutama pada jari tengah dan seminggu terakhir ini muncul benjolan kecil di tulang telapak tangan sekitar 1 cm di bawah jari tengah tersebut. Dan terasa sakit (sebelum ada benjolan ini tidak pernah terasa sakit, hanya kesemutan saja). @ bulan sebelumnya saya pernah cek kadar asam urat dan hasilnya 6.1 (batas atas normal 6.3).
Yang ingin saya tanyakan, apakah benjolan ini karena asam urat dok?
Kira-kira bisa disembuhkan gak ya?

Terima ksih sebelumnya dok.

Salam,

Eza

ani said...

selamat malam dok,
nama saya ani, saya ingin mengkonsultasikan keluhan asam urat yg diderita suami saya yang berusia 36 tahun dengan tinggi badan 172cm dan berat badan 80kg. suami saya sudah hampir 5bln ini sering kesakitan karena keluhan asam urat, terakhir cek kadar asam urat 16.5 pdhl sudah melakukan diet makanan yg mengandung purin. sampai tdk berani mengkonsumsi sayur2an sama sekali, karena jika sudah kambuh sampai tak bisa berjalan karena kaki tidak bisa ditekuk(sakitnya berpindah biasanya di pergelangan kaki, akhir2 ini pindah ke paha dekat lutut). berbagai macam obat kimia dan jg herbal sudah dicoba, tp hasilnya masih tidak maksimal dan cenderung hanya meredakan rasa sakit. Dan saat ini suami sedang mencoba mengkonsumsi ramuan teratai salju dengan gula aren.
pertanyaan saya, langkah apakah yang harus kami lakukan untuk menetralkan dan mencegah meningkatnya kadar purin suami saya

demikian dok, mohon pencerahannya, atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih sebelumnya

regards,
ani

deccy said...

Hai dok,

Saya wanita berusia 26 th, tinggi badan 155cm dan berat badan saya 52 kg.
2 minggu yang lalu saya merasakan sakit disekujur tubuh, lalu saya cek ke dokter ternyata asam urat saya 8,8 dan kolesterol saya 223, angka yang sangat tinggi untuk seumuran saya.
apakah asam urat saya ini terjadi karena saya kekurangan kalsium? karena saya telah menyusui anak selama 3 tahun.
Dan persendian pangkal paha, lutut dan jempol kaki kiri sering berbunyi "klik" saat saya berpindah posisi (misal dari jongkok terus berdiri), apakah ini pengaruh asam urat tinggi atau kurang kalsium?
saya kurang nyaman dengan kondisi ini..

apakah ada solusi dok?
saya juga sudah berusaha diet tidak memakan makanan tinggi purin.

Terimakasih

Best rgrds
Deccy

Unknown said...

Dear Dr. Suryo,

Nama saya Yayang, umur 22 tahun, tinggi 153cm dan berat 58kg. Pola hidup saya terbilang cukup buruk (sering mengkonsumsi junk food, jarang olahraga, sering begadang).

Semenjak tiga hari yang lalu tangan kiri saya sakit sekali dengan pusat sakit pada siku dan pergelangan tangan. Setelah saya periksakan ke lab, asam urat saya 5,9 mg/dl dan kolesterol 221. Petugas lab menyarankan saya untuk mengkonsumsi Konilife Urafit dan O369 untuk menurunkan asam urat dan kolesterol (saya belum cek ke dokter). Perubahan yang saya rasakan kurang signifikan, tangan kiri saya masih sakit, terutama telapak tangan bila di gerakkan terlalu sering (dan malam hari rasa ngilunya menjadi). Apakah menurut dokter saya teruskan saja mengkonsumsi obat tersebut dok? Atau saya harus mengkonsumsi obat penghilang nyeri terlebih dahulu?

Obat apa yang sebaiknya saya konsumsi? Bisakah saya membeli obat penghilang nyeri tanpa resep dokter?

Anonymous said...

Malam Dok,

Saya mau bertanya tentang kondisi ayah saya, umur 79 tahun, hasil test asam uratnya 7.2,
ayah saya mengalami nyeri dari paha ke betis dan jari jari kaki kesemutan tapi tidak terjadi pembengkakan sendi,, yang saya mau tanyakan, apakah dengan kondisi ayah saya yang seperti ini bisa diobati dengan terapi tusuk jarum Dok?

Devcam said...

Selamat pagi Dokter..
Saya Devi umur 35th
Gula darah 250mg
Chol 197
Asamurat _lo_
Saya sering merasa
-haus
-sering pipis biarpun jarang minum
-pundak,punggung,pinggang,tulang belakang ,betis pegel2
-tulang2 n jari2 tangan n jari kaki nyeri
Saya vegetarian...
Dokter saya kenapa dan saya harus bagaimana...
Trimakasih DOKTER....
��☺

Siska said...

Dear Dr.Suryo

Perkenalkan saya siska..saya ingin menanyakan kondisi papa saya saat ini.Papa saya berusia 61 thn, memiliki riwayat asam urat dan hypertensi. Kurang lebih awal mula terdeteksi asam urat itu sekitar 9thn yg lalu, awal mula ketika ada peradangan asam urat tersebut beliau sampai tidak bisa berjalan sekitar 2 minggu. Setelah itu selalu kambuh tp dengan wkt yg tidak lama peradangan sudah reda. Dan sudah hampir 1 tahun belakangan ini peradangan tersebut sudah tidak kambuh lagi, tapi sejak 1 bulan ini peradangan tersebut kembali kambuh di pergelangan kaki papa saya. Awalnya papa ke dokter umum yang biasa menangani sakit beliau tapi sdh hampir 2 minggu peradangan tersebut tidak kunjung reda juga bahkan tambah parah sampai tdk bisa berjalan akhirnya papa kami bawa ke IGD tapi dokter di sana hanya menyarankan ke poly internis saja, tensi nya wkt itu normal di cek darah dalam keadaan tidak puasa asam urat tinggi, ginjal normal tp tidak di lakukan test urine. Ketika periksa di poly internis obat yg awal di berikan oleh dr.umum saya bawa utk di perlihatkan, hasilnya ternyata ada obat asam urat (saya lupa namanya)tdk boleh di minum krn gout sedang menyerang jd hanya di anjurkan obat pereda nyeri dan peradangan saja(utk peradangan obatnya recolfar yg lain saya lupa) jg obat lambung krn menurut dokternya obat nyeri dan peradangan terlalu keras sehingga perlu di berikan obat lambung utk menjaga kondisinya. Setelah itu dokter menyarankan utk kembali lagi setelah obat habis krn hanya di berikan resep utk 3 hari. Hari berikutnya kami datang kembali sesuai yang dokter sarankan, di pemeriksaan saat itu dokter menyarankan utk di cek darah dan ginjal (spt yg sdh saya sebutkan sebelumnya) lalu dokter memberikan resep obat yg sama spt pertama kali kami datang periksa dan menyarankan datang kembali utk menjelaskan hasil test darah krn hasilnya tdk bisa langsung keluar. Setelah 4 hari kami datang lagi dan kali ini kondisi papa saya sdh agak membaik, utk ke tiga kalinya dokter memberikan resep yang sama dan utk jangka waktu lumayan lama,cuma kali ini di tambahkan obat asam urat saya lupa jg namanya. Tapi sdh hampir 2 minggu ini papa mengkonsumsi obat2an tersebut jg dengan diet rendah purin gol A, peradangan di pergelangan kaki papa saya tidak kunjung reda, papa saya masih merasakan nyeri apalagi pada saat berjalan. Utk informasi papa saya juga sudah banyak minum mungkin lebih dari 3 lt per hari, banyak makan buah dan sayur yang rendah purin.
Untuk hal ini mohon dokter berikan nasihat atau saran apa yang harus di lakukan lagi supaya peradangan di pergelangan kaki papa saya bisa hilang, karena berat badan papa saya makin berkurang mungkin karena banyak makan yang pantang ini itu, saat ini berat papa saya 59kg dan tinggi 164cm.
Mohon pencerahannya.

Terima kasih dok..

Salam,
Siska

Anonymous said...

selamat siang dok.
nama saya ryan.
saya ingin bertanya mengenai penyakit ibu saya. ibu saya mengalami sakit nyeri pada kedua kakinya, sampe kadang gak bisa tidur setiap hari. saya ajak periksa ke dokter penyakit dalam katanya pengaruh nyeri pada tulangnya akibat DMnya tinggi -+ 250 dan tensinya 180. dan dokternya hanya memberikan obat untuk menurunkan DM dan Tensinya, tapi nyeri tulang masih tetap terasa. akhirnya saya bawa ke dokter ortopedi, katanya tulangnya masih bagus dan hanya dikasi obat aja, tapi masih aja merasakan nyeri tulang. pertanyaan saya dok. apakah DM dan hipertensi ada hubungannya dengan nyeri tulang? kedua, apakah nyeri tulangnya akibat asam urat?. dan mohon dokter memberikan resep obat untuk mengurangi sementara nyeri tulang ibu saya. dan untuk nyeri tulang sebaiknya saya bawa ibu saya ke dokter spesialis apa?
mohon info dan bantuannya.

terima kasih dok.

Erna said...

Slamat Malam dr Suryo,suami sy usia 42 th,sdh hampir 12 th kadar asam urat nya tinggi serta dokter menginfokan sdh ada gangguan fungsi ginjal,terakhir asam urat 9,3,kreatinin 1,66,elfg 50,urea 21,2 ureum 45,glukosa puasa 106,glukosa 2 jam 145,sethn yg lalu suami sy hampir satu bln terserang rasa nyeri di sendi yg sangat hebat,dan selama ini selalu mengkonsumsi allupurinol 100 mg,dan setiap kami konsul ke dokter mmg pengobatan hanya allupurinol dan dokter menyarankan konsumsi medixon 4 mg hanya saat sakit nyeri tdk tertahan dlm waktu yg singkat saja,yg ingin sy tanyakan 1.Bgm cara menjaga kondisi suami sy? 2.Dokter spesialis apa yg bisa kami konsul utk penanganan selanjutnya?krn saat ini dgn kondisi asam urat tinggi namun suami sy tdk merasakan nyeri sama skali
3.Apa saja jenis makanan diet rendah purin yg bisa dikonsumsi suami sy yg juga mengalami penurunan fungsi ginjal lrn dr beberapa artikel yg sy baca ada jenis makanan yg bertentangan antar baik utk penderita asam urat namun tdk boleh utk gangguan ginjal spt kentang,pisang,nanas
Terimakasih sebelum dan sesudahnya atas perhatian dokter Suryo




Erna said...

Selamat malam dr Suryo,suami sy penderita asam urat dan gangguan fungsi ginjal sdh hampir12 th,berat badan 80 kg dan tinggi 182 cm,dari hasil.lab terakhir:
Eosinofil 0,7
Limfosit 24,7
Glukosa puasa 106
Glukosa 2 jam 145
Kolesterol LDL 143
Urea N 21,2
Ureum 45
Kreatinin 1,66
elFG 50
Asam urat 9,3
Setahun yg lalu suami sy merasakan nyeri di sendi matakaki yg sangat hebat hampir satu bln tdk bekerja,dan saat kami konsul ke dokter internist nephrologist dokter hanya memberikan allupurinol 100 mg utk dikonsumsi sehari sekali,serta medixon 4 mg yg hanya boleh dikonsumsi saat nyeri dan dlm waktu yg singkat saja
Yang ingin saya tanyakan dokter :
1.Bagaimana cara menjaga kondisi suami sy agar asam urat dan kondisi ginjal tdk makin menurun?
2.Ke dokter spesialis apakah kami harus berkonsultasi? Krn dgn kondisi asam urat 9,3 justru suami sy tdk mengalami keluhan apa apa
2.Bagaimana pola konsumsi makanan diet rendah purin suami sy yg baik?krn dr beberapa artikel yg pernah sy baca ada beberapa jenis makanan yg baik dikonsumsi utk penderita asam urat tinggi namun justru tdk baik utk penderita gangguan fungsi ginjal
Terimakasih sebelum dan sesudah nya dokter,sy tunggu balasannya

tito albi said...

Dr.
saya tito
umur 27th
BB 100 (6 Maret 2018)
tinggi 170

Hasil Test (6 Maret 2018)
Asam Urat= 7.5
GFR=70,1
Kreatin = 0.94
ureum=23
Kolesterol = 208
Trigeserid =225
BMI = 34,1 (sangat over)


riwayat kehidupan sy dulu ,jarang minum, suka makan daging kambing,santen, daging sapi.
saya sudah ke Dr.S.pnyk dalam. saya kok takut banget masa gfr saya cuman 70,1, malah dokter santai aja nanggepin itu GFR (katanya itungannya bisa salah yg penting kreatin & ureum normal. kemudian dikasih allopurinol 300 dan vistatin 10 (obat baru minum 3x) dan disuruh diet dan banyak minum air putih

setelah saya merubah pola hidup selama 3 minggu
1. banyak minum 2,5-3L air
2. diet renddah protein banyak sayur
3. berolahraga 5x seminggu

hasilnya tes kontrol kemarin
1. asam urat 6.8
2. kolesterol 192
3. BB turun 5kg jadi 95kg

pertanyaan saya
apakah dengan kondisi ini saya bisa terus hidup sehat dokter?? apa masih ada harapan untuk saya sehat? terutama ginjal saya , apa ga apa2???



tito albi said...

Dr.
saya tito
umur 27th
BB 100 (6 Maret 2018)
tinggi 170

Hasil Test (6 Maret 2018)
Asam Urat= 7.5
GFR=70,1
Kreatin = 0.94
ureum=23
Kolesterol = 208
Trigeserid =225
BMI = 34,1 (sangat over)


riwayat kehidupan sy dulu ,jarang minum, suka makan daging kambing,santen, daging sapi.
saya sudah ke Dr.S.pnyk dalam. saya kok takut banget masa gfr saya cuman 70,1, malah dokter santai aja nanggepin itu GFR (katanya itungannya bisa salah yg penting kreatin & ureum normal. kemudian dikasih allopurinol 300 dan vistatin 10 (obat baru minum 3x) dan disuruh diet dan banyak minum air putih

setelah saya merubah pola hidup selama 3 minggu
1. banyak minum 2,5-3L air
2. diet renddah protein banyak sayur
3. berolahraga 5x seminggu

hasilnya tes kontrol kemarin
1. asam urat 6.8
2. kolesterol 192
3. BB turun 5kg jadi 95kg

pertanyaan saya
apakah dengan kondisi ini saya bisa terus hidup sehat dokter?? apa masih ada harapan untuk saya sehat? terutama ginjal saya , apa ga apa2???

Unknown said...

Dok sy mau tanya , sudah 3 bulan ini ayah saya umur 64 tahun menderita asam urat dan memang ada penurunan fungsi ginjal dikarenakan prostat, tetapi prostat sudah dioperasi, sudah beberapa kali ayah sy bolak balik masuk RS diberi obat asam urat dan obat nyeri, setiap obat diminum sembuh, tetapi ketika obat sudah habis, nyeri hebat itu kembali lagi sehingga harus masuk RS kembali , padahal ayah saya sudah mnjalankan diet rendah purin, jadi menirut dokter apa yg harus kami keluarga lakukan dok? Krna selalu berulang ketika obat habis

Unknown said...

Dok sy mau tanya , sudah 3 bulan ini ayah saya umur 64 tahun menderita asam urat dan memang ada penurunan fungsi ginjal dikarenakan prostat, tetapi prostat sudah dioperasi, sudah beberapa kali ayah sy bolak balik masuk RS diberi obat asam urat dan obat nyeri, setiap obat diminum sembuh, tetapi ketika obat sudah habis, nyeri hebat itu kembali lagi sehingga harus masuk RS kembali , padahal ayah saya sudah mnjalankan diet rendah purin, jadi menirut dokter apa yg harus kami keluarga lakukan dok? Krna selalu berulang ketika obat habis

Unknown said...

Sore dok.... Ayah saya sering sakitnyeri dan bengkak di kaki dan tangan nyeri hebat, tp tidak pernah mau berobat, beli sendiri obat diapotek voltadex dan fermi1, Klo misal periksa ke dokter apa y dok

Lindu said...

Perkenalkan dok saya Lindu Siregar umur 54 thn berat badan 78kg tinggi 168 cm. Sudah lebih dari 1 bulan ini penyakit asam urat saya tidak sembuh. Di bagian kaki, mulai dari jari telunjuk kaki sampai ke tumit. Cek terakhir 7,5 dok asam uratnya. Saya sudah ke dokter penyakit dalam dan diberi obat meloxicam, allopurinol, tramadol 37,5 mg. Saya terakhir ke dokter penyakit dalam tgl 30 juli 2018. Kritenin saya 1,3 menurut dokter normalnya 1,2. Maka kemudian obat diganti dgn paracetamol 500 mg dan allopurinol 100 mg. Tapi sampe saya menulis ini (3 agustus 2018) kaki saya belum normal dan masih ada pembengkakan di kaki. Saya sudah menghindari makanan dan minuman yg dilarang untuk asam urat. Menurut dokter apa yg harus saya lakukan? Mohon saranya dok. Terimakasih untuk waktu dan masukannya.

Anonymous said...

Permisi dokter, Nama saya Gisa, saya mau konsul mengenai suami saya berusia 29 tahun kira2 seminggu yg lalu pertama kalix menderita nyeri ibu jari kaki, awalnya karena dikira nyeri keseleo lalu dipijat tpi kemudian nyeri tidak berkurang dan bengkak, pergilah ke dokter di tes asam urat pake alat portable no puasa 9.2, di kasi obat beberapa hari, bengkak & nyeri sembuh, selang 2 hari kambuh lagi dok, rencana kami mau ke dokter spesialis untuk tes lebih akurat & melakukan pengobatan, pertanyaan saya dok
1. Dari hasil baca2 artikel ini, diet makanan tidak memberikan efek signifikan, solusinya minum obat di bawah pengawasan dokter, lalu jika asam urat sudah normal, apa kabarnya dgn kristal yg di persendian yg menyebabkan nyeri apakan dia akan sembuh sendirinya? Klw tidak lalu apakah harus d keluarkan dgn cara bgmna dok? Karena klw tidak d keluarkan apakah akan menimbulkan nyeri berulang?
2. Apakah jika kadar asam urat sudah normal bisa di katakan sembuh? Atau apa tolok ukurnya asam urat itu dikatakan sembuh? Atau apa bisa asam urat itu sembuh total? Maaf bila pertanyaa saya terlalu banyak, sebelumnya sy ucapkan terimakasih dokter & semoga di jawab...

Samdaulay said...

Maaf dok, saya Sam penderita asam urat sudah lebih 10 tahun yg lalu, saat ini kaki saya sudah bengkak persis seperti gambar yang ada di tulisan bapak diatas, yang mau saya tanyakan adalah bisakah bengkak akibat asam urat ini di operasi? atau kalau operasi tidak bisa dilakukan, peengobatan apa yang harus saya jalankan agar bengkaknya bisa berkurang atau hilang, terima kasih dokter

«Oldest ‹Older   601 – 667 of 667   Newer› Newest»

About Me

My photo
Konsultan masalah kesehatan, keselamatan kerja, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat sekitar industri.