100 Questions & Answers: Asam Urat

100 Questions & Answers: Asam Urat

Monday

Penyakit Darah Tinggi/Hipertensi




Your Ad Here


Apakah yang dimaksud dengan darah tinggi?
Darah tinggi atau hipertensi adalah suatu penyakit dimana tekanan darah melebihi nilai normal. Penggolongan tekanan darah manusia adalah sebagai berikut:
1. Tekanan darah normal: Tekanan darah sistolik kurang dari 120 dan tekanan darah diastolik kurang dari 80.
2. Tekanan darah prehipertensi: Tekanan darah sistolik 120 - 139 atau tekanan darah diastolik 80 - 89.
3. Tekanan darah tinggi derajat 1: Tekanan darah sistolik 140 - 159 atau tekanan darah diastolik 90 - 99.
4. Tekanan darah tinggi derajat 2: Tekanan darah sistolik di atas 160 atau tekanan darah diastolik di atas 100.

Apakah gejala darah tinggi?
Orang dengan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi pada umumnya tidak bergejala. Hipertensi diketahui secara kebetulan. Biasanya pada saat berobat ke dokter untuk keluhan lain dan kemudian dilakukan pengukuran tekanan darah, barulah ketahuan bahwa menderita hipertensi. Dalam dunia kedokteran, hipertensi dikenal sebagai ‘silent killer’ oleh karena menyebabkan kematian tanpa menampakkan adanya gejala atau keluhan sebelumnya.

Apa yang akan terjadi bila darah tinggi tidak diobati?
Tekanan darah yang tinggi dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi atau penyulit antara lain pada jantung dapat menimbulkan pembesaran otot jantung (left ventricular hypertrophy), angina atau fase awal infark miokard, gagal jantung; pada otak dapat menimbulkan stroke atau serangan iskemia sementara (transient ischemic attack); pada ginjal menyebabkan penyakit ginjal menahun; penyakit pembuluh darah arteri perifer antara lain impotensi; pada mata menyebabkan retinopati yang dapat menimbulkan kebutaan.

Apa penyebab darah tinggi?
Sebagian besar pasien tidak diketahui apa penyebabnya.
Beberapa penyebab darah tinggi yang dapat diidentifikasi adalah yang disebabkan oleh henti napas pada saat tidur (sleep apnea), obat-obatan, penyakit ginjal menahun, penyakit pembuluh darah ginjal, penyakit tiroid atau paratiroid, penyakit aldosteronisme primer, penyakit pheochromocytoma, dan penyakit coarctatio aorta.

Apa saja faktor risiko terjadinya penyakit pembuluh darah jantung dan otak?
Faktor-faktor risiko penyakit jantung koroner dan stroke sama yaitu darah tinggi atau hipertensi, merokok, kegemukan, kurang aktivitas fisik, dislipidemia (kadar kolesterol LDL yang tinggi, kadar kolesterol HDL yang rendah, dan atau kadar trigliserida yang tinggi), diabetes mellitus (penyakit kencing manis atau penyakit gula), usia (di atas 55 tahun untuk pria, di atas 65 tahun untuk wanita), dan adanya riwayat keluarga menderita penyakit jantung koroner dan atau stroke pada usia muda (di bawah usia 55 tahun pada pria atau di bawah usia 65 tahun pada wanita).

Apakah harus minum obat seumur hidup?
Tujuan pengobatan darah tinggi adalah untuk mencapai tekanan darah kurang dari 140/90. Untuk pasien-pasien darah tinggi yang disertai dengan penyakit kencing manis atau penyakit ginjal menahun atau pernah dioperasi jantung maka target tekanan darah tinggi yang harus dicapai adalah kurang dari 130/80. Tujuan penurunan tekanan darah adalah untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke serta penyakit ginjal.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh pasien yaitu perubahan gaya hidup (lifestyle modification) dan obat-obatan. Bila tekanan darah dapat dikendalikan dengan lifestyle saja maka tidak perlu obat-obatan.

Karena penyebab darah tinggi sebagian besar tidak diketahui, maka pada umumnya memang sebagian besar pasien harus terus minum obat darah tinggi setiap hari sepanjang hidupnya.

Apakah minum obat darah tinggi setiap hari tidak merusak ginjal?
Bila darah tinggi tidak diobati maka justru akan menyebabkan ginjal rusak, dan ginjal yang rusak akan menyebabkan tekanan darah akan semakin bertambah tinggi.

Apa saja perubahan gaya hidup yang harus dilakukan?
Bila anda kegemukan maka dengan mengurangi berat badan, tekanan darah dapat turun. Tekanan darah sistolik dapat turun antara 5 – 20 mmHg setiap 10 kg berat badan yang berkurang.
Dengan makan paling sedikitnya 5 porsi buah-buahan dan sayur-sayuran maka tekanan darah sistolik dapat turun antara 8 – 14 mmHg.
Dengan mengurangi asupan natrium atau sodium (garam dapur) maka tekanan darah sistolik dapat turun antara 2 – 8 mmHg.
Dengan berolahraga secara teratur setiap hari maka tekanan darah sistolik dapat turun antara 4 – 9 mmHg.

170 comments:

Anonymous said...

Selamat pagi dokter,

Kalau untuk orang usia 60 tahun, berapakah tekanan darah yang normal?

Terima kasih.

Suryo Wibowo said...

Selamat pagi juga,

Untuk tekanan darah yang normal berlaku ketentuan:
1. Tekanan darah sistolik di bawah 120 mmHg, dan
2. Tekanan darah diastolik di bawah 80 mmHg.

Ketentuan di atas pada orang dewasa tidak mengenal batasan umur. Dulu memang berlaku rumus tekanan darah normal kira-kira usia di tambah 100, maksudnya kalau usia 60 maka tekanan darah normalnya adalah 160. Akan tetapi sekarang tidak berlaku lagi. Jadi untuk yang berusia 60 tahun, maka tekanan darah normalnya tetap harus di bawah 120 mmHg untuk tekanan darah sistolik dan harus di bawah 80 mmHg untuk tekanan darah diastolik.

Bila masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

Rieanto said...

Pagi dok, sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk jawaban dokter tentang penyakit asma ibu saya. saat ini saya sendiri merasakan kondisi badan yang kurang fit. yang ingin saya tanyakan kenapa jika saya memakan daging baik sapi atau kambing.kepala saya seperti berat dan mata merah agak berair ? apakah gejala darah tinggi atau kolestrol karena sudah periksa ke dokter beliau bilang bukan. saat ini umur saya 33 tahun dan belum berkeluarga.

Suryo Wibowo said...

Dear Rieanto,

Yang saya tahu darah tinggi tidak ada gejalanya, maka dikenal sebagai silent killer. Sedangkan untuk kolesterol harus diperiksa di laboratorium.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

Rieanto said...

Pagi dok, senin minggu lalu saya memakan roti dengan isi sosis tapi tak lama berselang kepala saya pusing dan mata sedikit berair, gejala tersebut saya sering rasakan apabila memakan daging ataupun kuah dari daging tersebut. jumat saya periksa ke dokter, tekanan darah normal dan saya dianjurkan untuk periksa kolestrol,minggu saya periksa ke lab untuk mengecek kadar kolestrol dengan hsil sebagai berikut.
Cholestrol 174, Trigliserida 123, HDL cholesterol 44, LDL cholesterol 105. Menurut dokter yang memeriksa hasil tersebut baik.bahkan saya hanya diberi obat sakit kepala yang akhirnya membuat saya keracunan obat tersebut hingga mengakibatkan sesak nafas , tenggorokan seperti kaku, mata bengak,saya kembali lagi ke dokter tersebut yang akhirnya diberi obat alergi untuk menyembuhkannya.saya pengen tanyakan ada apa dengan penyakit saya,kenapa alergi pada obat padahal saya memberitahukan kepada dokter bahwa saya alergi obat yang berakhiran gin seperti antalgin.mohon maaf dok panjang sekali pertanyaannya.

Suryo Wibowo said...

Dear Rieanto,

Kemungkinan anda menderita alergi makanan yang terbuat dari daging tersebut. Untuk memastikannnya ada pemeriksaan yang dapat anda lakukan, di laboratorium.

Bisakah anda memberitahukan kepada saya apa nama obat sakit kepala yang diberikan oleh dokter anda itu?
Antalgin atau nama generiknya metamizole sodium, merek dagangnya banyak sekali, dan sebagian besar memang berakhiran -gin, akan tetapi tidak sedikit pula yang tidak berakhiran -gin. Contoh merek dagang yang tidak berakhiran -gin misalnya analsik, antrain, arsinal, corsanural, deparon, doloneuromin, doloscanneuron, dololicobion, froaneural, hedix, ikaneuron plus, dan masih banyak lagi.
Ada kemungkinan dokter anda lupa atau tidak tahu bahwa obat sakit kepala yang diberikannya kepada anda itu mengandung metamizole sodium. Sebaiknya bila menebus obat di apotek, anda minta tolong kepada apoteker/asisten apoteker untuk mengecek apakah obat yang anda akan tebus itu mengandung metamizole sodium/antalgin atau tidak.

Atau kemungkinan lain, dokter anda sudah memberikan obat sakit kepala yang tidak mengandung metamizole sodium/antalgin akan tetapi sekarang anda menderita alergi obat baru. Dan anda perlu tahu apa kandungan obat baru yang menyebabkan anda terserang reaksi alergi, sehingga anda dapat menghindarinya.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Rieanto said...

Pagi dok,mohon maaf saya baru bisa posting lagi setelah dapat jawaban dari dokter.Kemarin obat yang saya minum yang diberikan oleh dokter adalah.myores & renadinac 50 mg ( baca dari resep mohon maaf jika penulisannya salah ).saya juga tidak simpan obat tersebut karena langsung diambil dokter lagi.Kemudian saya dikasih obat zoline 50 mg,lameson-16 itupun hanya saya minum dua kali stelah itu tidak karena saya merasakan ada efek samping yang lain tenggorokan perih dan kuping sedikit berdengung.
mohon maaf dok dari dulu saya tidak pernah alergi untuk makan daging baik daging sapi atau kambing.saya ada alergi makanan hanya udang,jika memakan pasti akan gatal-gatal. akhirnya saya hanya melakukan pengobatan dengan banyak meminum air putih dan pijat refleksi.terima kasih banyak sudah menyempatkan diri untuk menjawab keluhan saya.semoga dokter sehat walafiat dan dalam lindungan tuhan.

Anonymous said...

Selamat Pagi Dokter,

Saya belajar buat blog untuk produk perlebahan dalam kaitannya dengan kesehatan.
Saya mohon izin untuk mengutip artikel dari blog pak dokter.

Suryo Wibowo said...

Dear Daud,

Boleh-boleh saja, sepanjang disebutkan sumber aslinya.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

siang dokter,
pacar saya uda 2 tahun berhenti mengkonsumsi narkotika
dia juga sudah mengurangi merokok
paling 1 hr kadang 2 atau 3 batang.
tp beberapa hari ini dia mimisan
dan sudah diperiksa,dokter mengatakan dia darah tinggi.
saya kurang tau gmn keadaanya
krn jarak jauh, saya dieropa
dan tidak bisa menelponnya tiap hari.
yang mau saya tanyakan dok, ada hubungannya narkotika dengan darah tinggi? dia tidak obesitas, msh berumur 24 thn. dan klu dia mimisan malah dia jd lebih emosional.
dan apakah darah tinggi disertai mimisan sudah parah dok?
mohon saran dokter apa yg hrs dilakukan selain olahraga, tidak merokok,dan mengatur pola makan
trima kasih

Suryo Wibowo said...

Dear Friend,

Sejauh ini saya belum membaca adanya hubungan antara narkotika dengan darah tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi saat ini kita bagi menjadi 2 derajat, yaitu derajat 1 dan derajat 2. Pada derajat 1 tekanan darah sistoliknya antara 140 dan 159 atau tekanan darah diastoliknya antara 90 dan 99. Sedangkan derajat 2 tekanan darah sistoliknya di atas 160 dan tekanan darah diastoliknya di atas 100. Berapa tekanan darah pacar anda?

Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat memecahkan pembuluh darah. Pada kasus pacar anda, pembuluh darah di hidung yang pecah, sehingga terjadi mimisan. Bila pembuluh darah di otak yang pecah maka terjadi stroke.

Yang harus dilakukan adalah minum obat darah tinggi secara teratur, dan kontrol teratur ke dokter.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

trima kasih dokter atas jawabannya
awal pacar saya periksa, sistoliknya 24O,
apa iya bisa sampai segitu dok?
tp setelah menjalani diet selama 3 minggu, sekarang sistoliknya 150
tp kadang dia masih mimisan, tetapi tidak sesering sebelumnya

terima kasih.

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Tekanan darah sistolik dapat saja mencapai 240 mmHg, bahkan saya pernah mendapatkan pasien dengan tekanan darah sistolik mencapai 250 mmHg.

Sampaikan kepada pacar anda untuk terus berobat secara teratur dan menjaga pola makan.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

pagi dokter
maaf, saya mau nanya lagi
tekanan sistolik pacar saya terakhir ini 132
dia sudah menjaga pola makan n minum obat teratur
dan suntik teratur,apa suntiknya hanya penenang dok?soalnya dia bisa setengah harian tidur setelah disuntik

kemarin dia tu pingsan
trus dicheck
dokternya menyarankan cuci darah
dengan biaya yg tidak sedikit

separah apa penyakit dia itu dokter?
jika dia melakukan cuci darah untuk pertama kali,
apa semasa hidupnya akan sering cuci darah?
atau mungkin ada penyakit lain karena mengkonsumsi narkotika dulu?
trima kasih banyak dokter atas jawabannya
mudah2an dokter selalu dalam keadaan sehat

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Saya tidak tahu pacar anda disuntik apa, tanyakan saja pada dokternya.

Cuci darah bisa saja hanya beberapa kali saja, akan tetapi bisa pula harus cuci darah terus-menerus sepanjang hayat di kandung badan, tergantung dari hasil pemeriksaan dokternya. Coba ditanyakan pada dokter yang merawatnya.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

raff punya said...

malam dokter...
saya mau tanya..bapak saya sakit gula darah dan stroke, hsl pemeriksaan kemarin darahnya 190 dan 100... dan sekarang sedang dalam menjalani pengobatan...kira2 makanan apa saja yg bagus untuk menurunkan hiper tensi itu dok???
sebelumnya terima kasih.....

Suryo Wibowo said...

Dear Raff,

Stroke dapat terjadi karena ada pembuluh darah di otak yang tersumbat, dapat pula terjadi karena ada pembuluh darah di otak yang pecah. Akibatnya sama, yakni daerah di sebelah ujung dari pembuluh darah yang tersumbat/pecah tadi tidak mendapat pasokan darah (nutrisi), sehingga mengalami gangguan. Nah penyakit stroke ayahanda itu disebabkan oleh penyumbatan ataukah oleh pecahnya pembuluh darah.

Faktor risiko terjadinya penyakit stroke adalah:
1. Usia > 55 tahun.
2. Jenis kelamin laki-laki.
3. Hipertensi
4. Diabetes mellitus
5. Hiperkolesterol
6. Kegemukan
7. Merokok
8. Jarang berolahraga

Nah dari ke8 faktor risiko yang saya sebutkan di atas, 2 faktor risiko pertama tidak dapat diubah; akan tetapi faktor-faktor risiko lainnya dapat diubah.

Jadi agar ayahanda tidak terkena stroke untuk ke2 kalinya, maka yang harus dilakukan adalah:
1. Mengontrol tekanan darah. Untuk tekanan darah 190/100 mmHg itu masih terlalu tinggi. Target tekanan darah adalah sekitar 130/80. Penurunan tekanan darah dilakukan bertahap sampai mencapai target. Caranya adalah dengan memodifikasi gaya hidup. Apa yang harus dilakukan? Kurangi berat badan bila ayahanda kegemukan. Olahraga teratur (bila kondisi memungkinkan). Perbanyak makan buah dan sayur, kurangi makan daging, makanan yang diasinkan, makanan yang diawetkan.
2. Mengendalikan gula darah. Target yang harus dicapai adalah kadar HbA1C < 7. Berapa kadar HbA1C ayahanda? Periksakan kadar HbA1C ke laboratorium klinik, setiap 3 bulan sekali. Bila kadar HbA1Cnya masih tinggi berarti pengendalian gula darah ayahanda masih buruk. Maka yang harus dilakukan adalah kontrol ke dokter untuk meminta nasihat mengenai diet/makanan, obat-obatan untuk gula darahnya mungkin harus ditambah, atau kalau perlu gunakan insulin.

Bagaimana dengan faktor-faktor risiko yang lain? Berapa kadar kolesterol ayahanda? Apakah ayahanda merokok? Bila ya, maka harus dihentikan kebiasaan merokoknya itu.

Dengan cara mengendalikan semua faktor-faktor risiko, maka kemungkinan terjadinya stroke yang kedua kalinya dapat dihindari.

Mengapa penting menghindari terjadinya stroke yang kedua kalinya? Karena biasanya stroke yang berulang, akibatnya lebih buruk.

Sekian dulu, bila masih ada yang ingin ditanyakan/disampaikan silahkan menulis kembali.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

raff punya said...

makasih banyak dok,,,,,,sebenarnya pagi hari tadi bapak di bawa ke rumah sakit,,,dan kali ini adalah serangan stroke yang ke 3 kalinya dok,,,waktu pertama bagian kiri dari badan bapak g bs di gerak kan,, yg kedua kalinya nyilang atas kiri bawah kanan...dan yg sekarang bawah kiri dan pipi kanannya mati rasa dok,,,untuk kemungkinan sembuhnya apa masih ada dok,,,bapak g merokok dan g begitu gemuk,,,cuman kdar gula darahnya tinggi dan umurnya diatas 55th dan mungkin jalan olahraga,,, dan sekarang makan minum g bs masuk dok,,,seperti g bisa buat nelan kalo di minumi batuk2 apa mungkin saraf ke tenggorokan bapak mati/ mungkin cmn pilek2 biasa??? untuk kemungkinan sembuhnya berapa persen dok???

Suryo Wibowo said...

Dear Raff,

Pada waktu saya menjawab itu saya sudah pikir, dengan tekanan darah setinggi itu dan diabetes mellitus, maka sudah hampir dapat dipastikan mengalami stroke berulang. Mengenai tidak bisa menelan, ada kemungkinan saraf ke tenggorokan terkena, tetapi untuk pastinya harus diperiksa langsung.
Demikian juga untuk kemungkinan sembuh harus dilakukan pemeriksaan langsung, coba anda tanyakan kepada dokter yang merawat ayahanda. Jangan sungkan-sungkan bertanya, sebab ada dokter yang kalau tidak ditanya yah tidak menerangkan.

Semoga ayahanda cepat sembuh.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Unknown said...

Malam dok...
Dok,saya punya temen,umur nya 23 tahun..
Tadi siang dia cek darah dan ternyata kolestrol,darah manis,semuanya rendah...
Tapi darah tinggi nya 140 dok..
Kenapa bisa begitu ya dok?
Dan berat badan nya sekitar 98kg an,beberapa hari ini dia sedang diet dan fitnes dok..
1 hari makan 1 kali aj dok...
Yg saya mau tnyakan kenapa ya dok dia bisa darah tinggi?
Apa penyebabnya?dan harus kah minum obt darah tinggi dok?
Terima kasi sebelum nya dok...

Suryo Wibowo said...

Dear Vitta,

Penyebab darah tinggi itu multifaktorial artinya banyak sekali penyebab yang secara sendiri ataupun bersama-sama menyebabkan darah tinggi. Penyebab itu bisa genetik (keturunan), merokok, kegemukan, kurang olahraga, banyak makan makanan yang asin, kelainan pada pembuluh darah di ginjal, stress. Selain itu beberapa faktor risiko dalam pekerjaan juga dapat menyebabkan darah tinggi, misalnya terpajan bising, stress kerja, tekanan udara panas, bahan kimia, dll.

Mengenai apakah harus minum obat darah tinggi, itu tergantung pada penilaian dokternya. Menurut saya kalau tidak ada hal-hal lain yang dapat membahayakan jiwanya, mungkin dapat diawali dengan life style modification (perubahan gaya hidup) dulu. Setelah itu dilakukan evaluasi ulang, apakah sudah turun atau belum. Bila masih tinggi, atau malah tambah tinggi, mungkin perlu minum obat.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Unknown said...

selamat sore dokter,
saya seorang obu rumah tangga asalnya tekena maag. perut kembung dan muntah-muntah. 3 minggu kemudian pas saya kontrol lagi tensinya naik 150/100. sekarang saya minum obat maag ( racikan ) dan juga captropil. 1x1 . bolehkah saya tambah dosisnya kayanya kurang berasa dokter. Terimakasih

Suryo Wibowo said...

Dear Lizza,

Memangnya ibu minum captopril yang berapa mg? Terus akan ibu tambah menjadi berapa dosisnya? Yang ibu maksud dengan kurang berasa itu apa?

Ibu, seorang dokter memberikan obat dan dosisnya berdasarkan banyak pertimbangan, berdasarkan penilaian klinis. Bukan seperti membuat bumbu gado-gado, kalau kurang berasa pedas tinggal ditambah cabenya, kurang berasa asin tinggal ditambah garamnya, hehehe.

Untuk mengetahui apakah jenis obat dan dosis obat yang ibu minum sudah tepat atau belum (sudah berasa atau belum) maka ibu perlu datang lagi ke dokter untuk diukur ulang tekanan darahnya. Apabila tekanan darahnya masih tetap atau turun tetapi belum mencapai target, maka benar obatnya kurang berasa.

Darah tinggi itu tidak ada gejalanya. Penyakit tekanan darah tinggi diketahui melalui pemeriksaan tekanan darah. Jadi tidak bisa, sakit kepala misalnya dijadikan patokan. Kalau sudah tidak sakit kepala berarti tekanan darahnya sudah normal. Itu salah besar. Jadi ibu perlu mengukur tekanan darah ibu lagi.

Pengobatan darah tinggi bukan cuma dengan obat-obatan saja, tetapi ibu juga harus mengurangi makan makanan yang asin (ikan asin, telur asin), perbanyak makan buah dan sayur-mayur, kurangi makan daging, olahraga ringan secara teratur, hindari stress.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Unknown said...

dear pak dokter.
Terimakasih dokter sudah mau menanggapi surat saya. keluhan saya selama darah tingg adalah kalau makan jantung suka deg-degan, badan terasa lemas dan agak mual. saya jadi bingung , itu akibat dari maag atau darah tinggi. oh iya dok, saya juga ngga bisa tidur. kalaupun tidur gelisah / sering kaget. sekarang saya dikasih obat ativan. captropil yang saya minum 25mg. dokter sembuh dari darah tinggi lama ngga sih? saya sudah seminggu nih.terimakasih dokter. Tuhan berkati.

Unknown said...

doket maaaf ada yang kurang yang mau saya tanyakan. bolehkah minum susu orang darah tinggi?

Suryo Wibowo said...

Dear Lizza,

Kalau pertanyaannya hanya apakah lama sembuh dari darah tinggi? Maka jawabannya adalah untuk penyakit darah tinggi tidak ada kata "sembuh". Pengertian sembuh untuk penyakit darah tinggi adalah terkendalinya tekanan darah sesuai target. Berapa target tekanan darah yang harus dicapai? Target tekanan darah yang harus dicapai itu berbeda-beda dari satu pasien ke pasien lainnya, tergantung dari apakah ibu ada penyakit-penyakit lain atau tidak. Penyakit-penyakit lain seperti apa? Penyakit kencing manis, penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, dll. Bagaimana ibu bisa tahu target tekanan darah yang harus dicapai? Dengan memeriksakan diri ibu ke dokter yang menguasai hal-ihwal penyakit darah tinggi. Bagaimana cara mencapai target tekanan darah tersebut? Banyak caranya, antara lain modifikasi gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan dari dokter secara teratur.

Karena ibu juga menuliskan keluhan ibu, maka keluhan jantung berdebar-debar dan badan terasa lemas harus dilakukan pemeriksaan fisik yang teliti dan pemeriksaan penunjang berupa EKG dan foto rontgen dada. Selain itu harus dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi adakah penyakit gula (kencing manis), kolesterol, dan fungsi ginjal.

Untuk pasien dengan darah tinggi banyak sekali yang harus ditanyakan, diperiksa, dan diobati. Pengobatan darah tinggi bukan cuma masalah mencapai target tekanan darah saja. Tetapi bagaimana mengelola faktor-faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang lainnya. Tujuan pengobatan darah tinggi selain untuk mencapai target tekanan darah, maka yang lebih penting adalah untuk mencegah terjadinya kerusakan pada organ-organ tubuh ibu. Organ-organ apa saja yang bisa rusak oleh karena tekanan darah tinggi? Otak, mata, jantung, ginjal, dan semua pembuluh darah di tubuh ibu. Dengan perkataan lain, mengobati darah tinggi berarti berupaya menceegah terjadinya stroke, serangan jantung, penyakit ginjal, dll.

Saran saya adalah sesegera mungkin ibu berobat ke dokter yang menguasai hal-ihwal penyakit darah tinggi, dokter yang mau memberikan edukasi/penjelasan mengenai penyakit ini sehingga ibu dapat berobat dengan baik dan benar.

Semoga cukup jelas, apabila masih ada yang ingin ditanyakan silakan menulis kembali.

Oh ya, saya baru tahu kalau ada susu khusus untuk orang darah tinggi. Apa mereknya?

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Unknown said...

terimakasih dokter untuk penjelasannya. maksud saya tentang susu itu begini dokter. saya khan darah tinggi. jadi bolehkah minum susu? seperti milo. dancow atau lain-lainnya.

Unknown said...

terimaksih dokter atas penjelasannya.
agak kaget juga membaca penjelasan dokter. oh iya dokter, yang saya maksud susu itu begini, bolehkah saya minum susu seperti milo, dancow atau yang lainnya. habis ada yang bilang jangan minum susu.

theresia lidya noova said...

slamt sore dokter,,,
mohon bantuannya,,,
dokter,, saya berumur 49 tahun,
tensi saya tinggi 140/100.
kepala saya terasa berat,
asam lambung saya jg meningkat,,,
sudah seminggu saya sering pusing, hoyong,, pandangan serasa berputar-putas,,,sekarang saya jg sedang terapi tangan.
apa saja makanan yg bisa saya makan,,,??
dan apa saja makanan yang harus saya hindari??

Suryo Wibowo said...

Dear Noova,

Tekanan darah 140/100 termasuk hipertensi grade II. Hipertensi grade II disertai dengan keluhan nyeri kepala dan pusing adalah sesuatu yang serius.

Sebaiknya anda segera berobat ke dokter.

Saya tidak tahu apa yang anda maksud dengan terapi tangan.

Yang tidak boleh dimakan adalah makanan yang asin, misalnya ikan asin, telur asin, membubuhi lauk pauk dengan garam yang berlebihan. Kurangi makan daging, terutama daging kambing. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Sekali lagi segera ke dokter!

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Whats up all, I just registered on this brilliant discussion board and desired to say hi there! Have a magnificent day!

Anonymous said...

hiya


Just saying hello while I read through the posts


hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

Nita_Nugraha said...

selamat sore dok,

Dok apa benar Renadinac 50 mg adalah obat tekanan darah tinggi.
terimakasih.

Suryo Wibowo said...

Dear Nita,

Renadinac bukan obat tekanan darah tinggi. Malahan jika mengkonsumsi obat ini dapat menurunkan efektivitas obat darah tinggi golongan diuretik dan beta bloker.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
mia said...

trm

darmiyani said...

selamat pagi dok....

Dok, saya berumur 23 tahun....
Waktu itu saya habis dari tensi...
dan tensi saya 140/100, trus katanya saya kemungkinan terkena penyakit gondok beracun...
yang igin saya tanyakan..
apa iya dok, tensi tinggi bisa menyabakan penyakit itu..??
sedangkan saya tidak atau tidak merasa, memilki tanda-tanda yang disebutkan..
hanya suka sakit kepala aja, tpi tdak terlalu amat sakitnya, wlpun sering...

Terima kasih

Obat dan Kesehatan said...

Kalau untuk amlodipin, apakah bisa digunakan untuk penderita penyakit jantung?

Desta's Site said...

Selamat sore pak Dokter, saya mau tanya mengapa hipertensi bisa menyebabkan nefrosklerosis dan gagal ginjal?alurnya gimana?

Anonymous said...

selamat pagi dok....

Dok, saya berumur 23 tahun, berta badan 52kg, tinggi 163....
Waktu itu saya habis dari tensi...
dan tensi saya 140/100, trus katanya saya kemungkinan terkena penyakit gondok beracun...
yang igin saya tanyakan..
apa iya dok, tensi tinggi bisa menyabakan penyakit itu..??
sedangkan saya tidak atau tidak merasa, memilki tanda-tanda yang disebutkan..
hanya suka sakit kepala aja, tpi tdak terlalu amat sakitnya, wlpun sering, tetapinya saya belum periksa lebih lanjut lagi dok...

nuniek said...

selamat sore dok,
tgl 27 desember 2011 (hari selasa kemarin) ibu saya cek darah dan hasilnya adalah:
kolesterol total : 252 mg/dl
kolesterol ldl : 153 mg/dl
kolesterol hdl : 77 mg/dl
menurut dokter yang memeriksa ibu saya, ibu saya tu kolesterolnya tinggi, lalu ibu saya diberi obat redinac 50 dan piroxicam 10 mg. nah setelah ibu saya mengkonsumsi kedua obat tersebut, ibu saya langsung merasa pusing, kepalanya berasa muter2 gitu katanya, dok...apakah itu efek samping dari kombinasi kedua obat tersebut? jadi sebaiknya gimana ya, dok, apakah ibu saya harus menghentikan meminum salah satu dari kedua obat tersebut, atau bagaimana ya, dok?saya tunggu jawabannya ya, dok. terima kasih.

Anonymous said...

Siang dokter, ibu saya berusia 57 th, beliau selalu ngeluh sakit di bagian lutut,bokong,dan mual,dan selama ini mengkonsumsi obat RENADINAC, METYLPLEDNISOLONE,FARMOTEN,.obat itu sudah bertahun-tahun di konsumsi tpi tetap msh mrasakan sakit,.tapi jika tidak minum obat itu sehari saja rasanya sakit semua.,yang ingin saya tanyakan apa ada jenis obat lain selain yang saya sebutkan diatas untuk kesembuhan ibu saya ? sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Suryo Wibowo said...

Dear Darmiyani,

Hipertensi pada wanita muda perlu diselidiki lebih lanjut. Hipertensi sebagian besar tidak diketahui penyebabnya. Tetapi ada beberapa kelainan/penyakit yang dapat mengakibatkan hipertensi. Salah satunya adalah hipertiroid. Hipertiroid adalah kelainan pada kelenjar gondok dimana kelenjar gondok memproduksi hormon tiroid yang berlebihan. Salah satu akibat dari hipertiroid adalah hipertensi. Untuk memastikan apakah kelenjar gondok anda memproduksi hormon tiroid yang berlebihan atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan klinis dan juga pemeriksaan laboratorium.

Selain hipertiroid, adanya kelainan pada pembuluh darah yang menuju ke ginjal juga dapat menyebabkan hipertensi.

Saran saya anda segera kembali ke dokter anda untuk mendiskusikan/mencari tahu penyebab anda menderita darah tinggi.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Nuniek,

Redinac 50 dan piroxicam 10 mg bukan obat kolesterol.

Minum obat apapun jika menimbulkan efek samping apapun maka sebaiknya dihentikan.

Keluhan yang dialami bisa disebabkan oleh efek samping obat, tetapi bisa pula disebabkan oleh penyakit lain.

Anjuran saya: kembali ke dokter yang meresepkan obat dan ceritakan keluhan yang dialami oleh ibu anda setelah meminum obat tersebut. Nanti dokter anda yang memutuskan obat apakah yang menyebabkan keluhan tersebut. Dan menilai apakah keluhan tersebut disebabkan oleh efek samping obat atau oleh adanya penyakit lain yang muncul berbarengan.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Mengonsumsi obat RENADINAC dan METHYLPREDNISOLONE selama bertahun-tahun? Wah berbahaya sekali. Apakah obat-obatan tersebut dibeli dengan resep dokter? Sebaiknya dibeli dengan resep dokter, karena dengan begitu dokter melakukan pengawasan terhadap kemungkinan timbulnya efek samping yang berbahaya.


Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Maaf dokter,.berbahaya nya seperti apa jika RENADINAC dan METHILPLEDNISOLONE dikonsumsi secara terus menerus. Ya obat itu atas resep dokter yang memeriksa ibu saya. Jadi dok, yang ada ibu saya seperti kecanduaan dengan obat itu, karena kalau tidak minum sehari saja seluruh badan sakit semua. Menurut dokter ibu saya seharus nya minum obat apa supaya tidak ketergantungan dengan jenis obat yang saya sebutkan di atas ? sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Anonymous said...

Dear dokter,

Nama saya Retno, ingin bertanya tentang penyakit darah tinggi Ibu saya usia 49 th, TD 160/110 tinggi badan 153 cm berat badan 62 kg. Sudah 2 tahunan atas resep dokter beliau konsumsi catrofil 25gr sehari 2x pagi dan sore. Jika tidak minum menurut beliau akan timbul sakit kepala.

Yang ingin saya tanyakan apakah ada efek negatif bila konsumsi obat tersebut bertahun2?

Sebaiknya apa yang harus kami lakukan?

Terima kasih dan salam.

Suryo Wibowo said...

Dear Friend,

Mengenai efek samping obat renadinac dan methylprednisolone dapat disearch di internet dengan key word methylprednisolone side effect. Pemakaian obat jangka panjang sebaiknya diberikan atas petunjuk dokter, dan yakinkan bahwa dokter memantau efek samping yang mungkin terjadi serta sudah diperhitungkan antara manfaat dan risiko efek samping.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Friend,

Mengenai efek samping obat renadinac dan methylprednisolone dapat disearch di internet dengan key word methylprednisolone side effect. Pemakaian obat jangka panjang sebaiknya diberikan atas petunjuk dokter, dan yakinkan bahwa dokter memantau efek samping yang mungkin terjadi serta sudah diperhitungkan antara manfaat dan risiko efek samping.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Retno,

Tekanan darah tinggi ibu anda sudah termasuk kelompok hipertensi derajat 2. Dengan minum captopril 2 x 25 mg pagi dan sore, apakah tekanan darahnya tetap 160/110? Kalau ya, maka dosis obatnya kurang tepat atau perlu ditambah dengan obat darah tinggi golongan lain. Sebaiknya ibu anda diajak berobat ke dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

sore dok, saya wanita tinggi 159cm berat 67 kg, akhir akhir ini saya serig mengalami rasa sakit hebat seperti tertusuk di telapak kaki, itu tanda sakit apa ya dok??rasanya hilang muncul,terima kasih

Anonymous said...

pagi dok,sya wanita usia 35th,BB 38,TB 153.Saya sdah 16thn menderita lupus,wktu prtama divonis lupus hasil tes drah sya untuk rematik artritisnya(RA) negatif,tp thun kmarin sya di tes drah lgi RA nya jd positif,apakah ada hubungannya antra lupus dengn RA?terimakasih.

Eko - Yogya said...

Assalamualaikum...
Pak dokter, apakah daun singkong dan bayam adalah dapat menaikkan tekanan darah ? jika ya apakah berarti penderita tekanan darah tinggi tidak boleh mengkonsumsi daun singkong dan bayam tersebut ?
Terimaksih banyak atas jawabannya, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat kesehatan kepada Bapak.

eko.

Anonymous said...

Hallo dokter,
saya sedang hamil 9 minggu anak ketiga, tekanan darah saya 155/90, padahal biasanya saya 110/80 walaupun saat hamil anak pertama dan kedua, dan saya dikasih obat Vastigo 2x1,asabium utk malam saja,ranitidin 2x1, apakah itu termasuk obat untuk darah tinggi dan amankah buat utk saya yg sedang hamil? apakah saya termasuk preeklamsia?

Anonymous said...

Idiosyncratic aeon, a construction sect turned up to start edifice a forebears on the use up lot.

The [url=http://blogs.hoy.es/tudess/2012/11/28/south-african-simultaneously-married-to-four-women/]2ef7o9wt[/url] [url=http://kamachu.000space.com/msu.html]528016[/url] 175015 8gg6v2cb 262506 sprouts relations's 5-year-old daughter as expected took an involvement business in all the

jolly-boat in clover on next door and dog-tired much of each heyday observing the workers.

Anonymous said...

When you consider the meaning of the saying like, with terms of an intimate romance with one other, however as a emotion that is definitely engendered once you have miltchmonkey a much better romance yourself also : or even for a a sense larger unity with your loved ones or perhaps the human race : then it turns into far more extraordinary that everyone is looking for to have is usually adore.

Anonymous said...

top [url=http://www.c-online-casino.co.uk/]casino games[/url] hinder the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]online casino[/url] unshackled no consign hand-out at the leading [url=http://www.baywatchcasino.com/]baywatchcasino
[/url].

Anonymous said...


[url=http://www.pakcerscheapjersey.com/packers-by-player-henry-jordan-jersey-c-1_46.html][b]Henry Jordan Jersey[/b][/url]
[url=http://www.pakcerscheapjersey.com/packers-by-player-james-jones-jersey-c-1_49.html][b]James Jones Jersey[/b][/url]
[url=http://www.pakcerscheapjersey.com/packers-by-player-tom-crabtree-jersey-c-1_79.html][b]Tom Crabtree Jersey[/b][/url]

John Jefri Tompodung said...

Salam. Dok tensi saya pernah capai 140/100 konsumsi captopril 12.5 mg sehari 2x setelah minum badan malah terasa lemas kira minum bari 2 tablet ditensi lagi 100/60. Karna tensi drop sy hentikan obat. Sy penderita maag kronis. Setiap maag sy kambuh pasti tensi sy naik sekitar 140/90 sy coba minum obat maag omeprazole tanpa kombinasi captopril. Kalau maag agak baikanbtensi sy turun 130/90. Yg buat sy bingung pd saat sy tensi posisi duduk 130/90 Kalau tidur 115/70. Apa memang ada perbedaan jauh antara posisi duduk dgn tidur. Akhir2 ini tensi sy diastolnya selalu 90 sedangkan sistol kisaran 120 sampai 135
Umur sy 37 thn berat 80 kg

Anonymous said...

simply stopping by to say hi

Anonymous said...

We [url=http://www.casinobonus.gd]no deposit casino bonus[/url] be suffering with a ample library of utterly freed casino games championing you to play privilege here in your browser. Whether you pine for to training a provisions encounter strategy or scarcely sample elsewhere a insufficient modern slots before playing on the side of legitimate in dough, we be undergoing you covered. These are the exacting uniform games that you can treat cavalierly at true online casinos and you can part of them all in requital for free.

Anonymous said...

Hello. And Bye. Thank you very much.

surya said...

Pagi Dokter,

Saya umur 28 dengan tb dan bb 172 / 68, kemarin saya pusing2 dan tensi saya 155/85. Saya tidak punya riwayat hipertensi sebelumnya. Bagaimana supaya tensi saya normal kembali. Terima kasih

Anonymous said...

Selamat malam Dokter...
Nama saya : Hasanudin
Umur : 34 Tahun
Tumit kaki kanan saya sudah hampir 1 bulan terasa sakit, apalagi sebangun tidur dan atau setiap kali akan menginjakkan kaki kalau lama duduk.
Mohon kiranya Dokter memberikan cara untuk saya lakukan supaya sembuh.
Terimakasih Dokter

Unknown said...

salam kenal dok, saya eva , usia saya 19 tahun,berat badan saya 49 kg saya sering mengalami sakit pada bagian tumit saya,terkadang terasa nyeri , begitupun saat saya bangun tdur,,tapi rasa sakit ini tidak saya alami setiap hari, apa penyebabnya ya dok ? dan bagaimana solusinya dok ? terima kasih dokter :)

Anonymous said...

Hello therе, You have ԁone a fantаѕtic job.
I'll definitely digg it and personally recommend to my friends. I am sure they'll
be benefitеd frоm this web site.

Also visit my websіte :: universal life insurance

Yose Rizal Triarto said...

Yth. Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Nama saya Yose Rizal Triarto, saya pria, 28 tahun, golongan darah A, dengan berat badan 85kg dan tinggi badan 185cm. Saya seorang sales dengan orientasi kerja di kantor dan di lapangan.

Pada Kamis malam minggu lalu saya ikut futsal selama 1 jam. Saat itu memang saya merasakan keletihan yang luar biasa karena saya termasuk orang yang jarang berolahraga. Pada hari Sabtu dan Minggu saya merasakan pusing dan linu pada badan saya. Berhubung weekend saya libur saya istirahat saja. Ketika Senin dan Selasa saya masuk kerja saya merasakan kepala dan leher bagian belakang agak nyeri dan pusing-pusing. Selasa malam saya cek dengan alat tekanan darah di salah satu stand di Atrium Senen, Jakarta Pusat, saya mendapati nilai 130/85 an untuk rata-rata dua kali pemeriksaan.

Walau mungkin hasil tidak terlalu valid karena pengambilan data hanya di satu tempat & berjarak hanya mungkin 1-2 jam an bedanya, saya merasa perlu bertanya kepada dokter, adakah hubungannya antara keletihan yang berlebihan dengan tekanan darah tinggi?

Keluarga bapak dan ibu memang memiliki darah tinggi.

Saya akhirnya mengkonsumsi obat Captopril sejak Senin dan Selasa malam, 1x sebelum tidur. Hari ini sudah agak baikan kondisi saya. Pusing masih ada sedikit. Tapi nyeri leher belakang sudah jauh berkurang.

Pertanyaan saya berikutnya, amankah mengkonsumsi obat macam Captopril dan Simvastatin (untuk kolesterol) 1x sehari sebelum tidur malam, untuk saya dengan data-data di atas?

Terima kasih banyak dokter. Saya menunggu jawaban dokter. Salam.

Anonymous said...

Dok saya punya darah tinggi 190/100 usia saya baru 22 tahun tinggi 165 cm berat badan 58 kg, gimana cra mengobatinya dok?? terus berapa lama bisa kembali normal lagi darahnya ? saya darh tinggi akibat pernah mengalami gejala ginjal, tapi sekrang sudah sembuh. Apakah ini karena gaya hidup saya yang sering begadang dan merokok ?

Anonymous said...

Malam dok ,saya ingin bertanya , mama saya terkena hipertensi ,tp tdk ingin hidup ketergantungan dengan obat hipertensi sehingga beliau memilih mengurangi asupan garam,dan merubah pola hidip ny saja . Tetapi apakah dengan tidak meminum obat itu berbahaya dok?

Anonymous said...

siang dok,saya ley. usia saya 25. sering mengalami sakit kepala, pusing dan keletihan saat sedang ada tekanan. namun sejauh ini belum pernah memeriksakan tekanan darah. keluarga saya punya riwayat hipertensi. yang mau saya tanyakan, apakah ada kemungkinan saya menderita hipertensi di usia saya? lantas apakah suatu saat bisa mengakibatkan kematian mendadak di usia di bawah 35 tahun? apakah ada kasus demikian yang pernah terjadi? harap penjelasaannya yaa dok, :)

Unknown said...

Malam, dok....
saya seorang mahasiswi berusia 21 thun dengan tinggi 150 m dan berat 50 kg, punya riwayat hipertensi dalam keluarga saya... akhir2 ini saya merasa pusing seperti berputar-putar, bahkan terjadi rutin tiap hari selama 5 hari ini dok, kadang saya mengalami keringat dingin saat kepala saya terasa pusing sekali... setelah di tensi, ternyata saya mengalami hipertensi dengan tensi 140/100... kira-kira dok apa tidak apa di usia muda mengalami hipertensi?? apa kiat agar saya bisa menurunkan tekanan darah tinggi dok???

makasih sebelumnya dok.

Anonymous said...

Ass, dok sya usia 19 dan tinggi badan 170cm, dgn berat 55kg, yg ingin sy tanyakan, sy sering pusing, keringat dingin, stelah sya tensi ternyata 140/90, kira" mkanan apa yg bisa menurunkan n menstabilkan kembali tekanan darah sy dok? N apakah sy boleh minum susu sperti dancow. Milo dsb, trmksh dok

Unknown said...

Edar dokter, saya usia 29 tahun dengan tekanan darah 140/100. Tetapi, ketika saya terjangkit virus Rubella brp Minggu yg lalu tekanan darah saya malah rendah menjadi 90/80. Padahal,dahulu normalnya saya itu 100/90 dok. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya tergolong kpd tekanan darah tinggi Grace 2?.
Lalu, brp hari ini saya sering merasakan sesak di dala ketika menghela nafas, dan satu hari dada sebelah kiri sesak hingga menusuk ke punggung. Apakah ini gejala dari jantung koroner? Mengingat mama saya penderita tekanan darah tinggi, kolesterol dan jantung.
Obat apakah yg harus saya minum ya dok.
Terima kasih. Mohon maaf banyak sekali pertanyaan saya.
Regards,
Eka

Anonymous said...

pagi dokter istri saya mengalami keluhan sakit kepala setelah di bawa ke dokter spesialis pnyakit dalam tensi nya 190 dok,setelah di cek darah ternyata hb nya rendah gimana solusi nya dok

Anonymous said...

Dok sy umur 30 thun sy divonis dokter hipertensi . Tensi sy 150/100 sejak sy sakit berat bdan sy trun tinggal 40 kg. Sy sdh berobat kedokter tp tdk ada perubahan apa yg hrs sy lakukan dokter

Unknown said...

Dok saya mau tanya, obat-obat hipertensi sebaiknya kan diminum pagi hari tapi kebanyakan diresepkan diminum pada malam hari misalkan Amlodipine. menurut dokter apakah pengobatan tersebut sudah benar?

yani said...

Dear Dokter..sy Wanita usia 35 th..3 minggu belakangan sy sering sakit Kepala dan pegal tengkuk..sy cek tensi bbrp kali..pernah 144/98..sy kaget biasanya tensi sy 130 an / 80 an..trus sy lgsg minum amlodipin 5mg krn sy teringat almh Ibu sy yg meninggal krn penyumbatan pembuluh darah di otak dan wktu di ICU tensinya sampai 200 lebih.padahal biasanya ga pernah segitu..jika diukur paling 135-140 dan diastole nya jg 80 an..trus Dokter menyarankan ssy minum analsik saja krn mgkn tensi sy naik krn stress..mmg kmdn bbrp kali diukur lagi sistolenya 130 an tapi diastolenya kok tetap cenderung tinggi ya Dok antara 85-94..apa penyebab diastolenya tinggi??tks Dok..

yani said...

Dear Dokter..sy Wanita usia 35 th..3 minggu belakangan sy sering sakit Kepala dan pegal tengkuk..sy cek tensi bbrp kali..pernah 144/98..sy kaget biasanya tensi sy 130 an / 80 an..trus sy lgsg minum amlodipin 5mg krn sy teringat almh Ibu sy yg meninggal krn penyumbatan pembuluh darah di otak dan wktu di ICU tensinya sampai 200 lebih.padahal biasanya ga pernah segitu..jika diukur paling 135-140 dan diastole nya jg 80 an..trus Dokter menyarankan ssy minum analsik saja krn mgkn tensi sy naik krn stress..mmg kmdn bbrp kali diukur lagi sistolenya 130 an tapi diastolenya kok tetap cenderung tinggi ya Dok antara 85-94..apa penyebab diastolenya tinggi??tks Dok..

Anonymous said...

Siang dok, mau tanya obat amlodipine Ĩtΰ benar obat tekanan darah tinggi?

Unknown said...

selamat siang dokter,,,,
dok,aku mau nanya nih,,,
sering terjadi sistol nya normal sedangkan diastol nya rendah ato tinggi,,
ato sebaliknya dok,sistol nya rendah sedangkan diastolnya normal ato tinggi,,
ituh kenapa bisa yah dok?
apa diastol ma sistolnya gak harus sama?

Unknown said...

selamat siang dokter suryo,,,
sya yesy sutrisno dari solo,,,
mengenai tekanan darah tinggi ada beberapa tanggapan bahwa jika HT tidak boleh di suntik apapun itu nanti akan berakibat stoke,,, apakah benar demikian? mohon penjelasannya,, dan apakah berbahaya pada wanita yg ingin KB suntik tp memiliki HT ? trimakasih,,, :)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Hepi said...

Terimakasih untuk imformasinya dok,
dok saya Hepi mau tanya ibuk saya sakit hipertensi kadang-kadang sampai 170, dan kadang-kadang turun drastis. Umur ibuk saya 45, ibuk saya juga sakit nyeri leher bagian belakang dan kepala bagian kanan. dok kalau itu kenapa y........

Anonymous said...

pa dokter , ayah saya sedang mengalami hipertensi, sudah ke dokter namun 4 hari tidak ada perubahan. ayah saya juga susah makan. makan juga dengan nasi bubur saja dan paling makan juga 3 sendok. saya hawatir ayah saya tidak mendapat gizi. usia ayah saya 53 tahun da kemarin tensinya 190 dok. makanan apa yang harus dimakan ayah saya dokter...

faruda said...

Dok... suami saya sejak 2 hari ini mengaku nyeri di kepala yang amat nyeri eeperti kesetrum... kmrn ke dokter tensi darah 140/80 disuruh cek up dan diberi obat analsik tapi kok nyeri tdk berkurang ya dok..? Kita br bisa cek ke dokter lagi hari senin

Ben said...

Dear Dokter,

terima kasih atas sharing informasi mengenai hipertensi.
Papa saya usia 65 tahun dan tekanan darahnya mencapai 175/85.
Oleh dokter diberikan obat paten amlodipine 10 mg / versartan 160 mg. Karena harganya yang sangat mahal, apakah boleh dikonsumsi secara terpisah dengan membeli obat generik amlodipine 10 mg dan versartan 160 mg? apakah efeknya akan sama dok?

terima kasih

Anonymous said...

Dokter, mohon infonya. Ibu saya umur 58 tahun memiliki histori penyakit hipertensi. Baru2 ini beliau check ke RS katanya kena penyakit gondok beracun (hipertiroid jika tdk salah), mohon penjelasannya bagaimana penanganan yg baik untuk penyakit tsb dok????

mica said...

Selamat pagi dok,
Dok, kalau melakukan cek tekanan darah lebih sekali dlam wktu beberapa jam apakah akan mempengaruhi hasil nya dok?

Anonymous said...

armaturesore dok.... saya dewie ... bpk saya menderita kolesterol ... tapi belakangan ini tangannya sebelah kanannya sakit tidak bisa digerakkan .... padahal tes tekanan darah sama kolesterol udah normal... ituu kenapa ya dok.. apa ada hubungannya dengan kolesterol ???

terima kasih dok

Asep Sjafrudin said...

salam dokter,

saya (usia 38th)adalah mantan penderita stroke (sejak agustus 2012, saya menjalani cuti selama 5 bulan)), tapi kini saya sudah kembali bekerja. Tinggal bicara saja yang masih berat.
Berapa lamakah biasanya penderita stroke sembu seperti sedia kala?

Unknown said...

Siang dokter,
Sya memiliki ketrunan hipertensi dari ibu saya, terakhir kali tensi darah saya naik itu 180/100 apakah di saat normal saya bisa bermain futsal dok? Thanks

Anonymous said...

Malam dok,saya punya teman berumur kira2 15 tahunan. Ketika dia periksa tensi darah ke dokter hanya 25an. Apakah itu termaksud tensi yg sangat rendah? Bagaimana mengatasiny? Dan sering terjadi lewat pendarahan lewat alat kelaminnya. Mohon bantuannya dok. Terimakasih

Unknown said...

Malam dok,saya ibu rumah tangga dengan usia 31 tahun.Awal tahun 2013 saya diopname karna tensi 150/100.Sampai dengan sekarang alhamdulillah tensi udah 130/82,tp saya sering pusing berputar,oyong dan sering deg-degan.Saya pernah EKG dan hasilnya normal.sekarang BB saya 74 kg,TB 160 cm dengan kadar gula yang sering rendah setiap bulannya (saya sering cek kadar gula,kolesterol,asam urat dan tensi tiap bulan).Mohon informasi tentang keluhan saya ini,dok.Terima kasih.

Unknown said...

Salam dokter .
Ibu saya 65 tahun penderita darah tinggi, terakir cek darah 148/83. Setelah konsumsi Captropril selama 3 hari sakit kepala sudah hilang. Tapi kondisi badan ibu lemas sekali. Yang saya mau tanyakan vitamin Dan susu apa yang cocok untuk ibu saya? Karena Ibu saya penderita maag.
Trima kasih dokter...semoga dokter selalu sehat Dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin

Anak Singkong said...

terimakasih Dokter

Unknown said...

Selamat malam dok. Saya amitia. Tante saya berusia sekitar 48 tahun 1bulan yang lalu sempat terkena stroke ringan tpi tekanan darah masih normal. Skrg sudah sdikit membaik tpi tekanan darahnya 160/20. Bagaimana mengatasinya agar tekanan diastol kembali normal.
Terima kasih dokter suryo.

riskaqueen said...

Selamat pagi dok, saya riska, ayah saya menderita hipertensi dengan tekanan darah diatas 140/80 mmHg. Mengkonsumsi amlodipine 5 mg.. setelah 1 minggu TD menjadi 140/80 mmHg, apakah amlodipine aman digunakan setiap hari untuk kontrol TD dok?trimakasih

Anonymous said...

Sore dok,

Dok.. Saya Dicky, laki2 usia 27 th, bb:80kg tensi darah saya antara 140/90 s.d 150/90 pernah seketika tensi saya 200/90. Saya mengalami darah tinggi ini sudah hampir 5th. Dalam rentang waktu tersebut saya tidak pernah minum obat darah tinggi. Dan sekarang saya merasakan mudah capek, pusing, dan gampang cemas.
Pernah suatu ketika saya tes darah dan kolesterol total saya 245, saat itu tensi saya 160/90. Sy berusaha menurunkan kolesterol saya dan berhasil (dlm waktu rentang 1 bulan kolesterol saya 165). Tetapi tensi saya masih tinggi 150/90.
Apa yang harus sy lakukan dok..? Apakah saya harus melakukan medical checkup untuk melihat kondisi tubuh saya, atau saya harus meminum obat darah tinggi? Mohon bantuanya dok.. TErima kasih banyak

Unknown said...

slmt pagi dok ,terima kasih sebelum nya sudah share info ,dok ibu saya satt ini umur 42 th,tekanan darah ibu saya 190/70 itu gimana dok ,selama ini ibu saya tidak mengalami /merasakan apa2.hanya sering kesemutan di tangan sama kadang kala sakit di leher belakang,aktifitas setiap hari nya bekerja dok,bekerja mulai jam 8 pagi sampe jam 4 sore kadang sampe jam8 malem continue dok,itu gimana apa normal apa gimana dok,sudah pernah mencoba obat alami tpi tetap dok,tolong dok ,apa yg harus sya lakukan ,?mohon bantuan nya dok..terima kasih sebelmu nya

Unknown said...

selamat malam dok.?dok saya mau tanya kalau untuk usia 19 tahun seorang wanita masih mimisan itu noral atau tidak dok?

Unknown said...

Dok saya wanita usia 23thn BB 65kg..kmrin saat saya cek tekanan darah.saya 170/90...saya kaget sekali bgmn mgkn wanita semuda saya dpt hipertensi dok?? Apa mgkn saya pny penyakit lain yg menyebabkan hipertensi?? Oh ya dok saya jg pny genetik hipertensi dari ibu saya. ..mksh dok sebelumnya, mhn bantuannya dok

Unknown said...

Selamat sore Dok..saya penderita hipertensi...140/80. Pada cuaca sangat panas sekarang ini tekanan darah bisa naik menjadi 150/80 arau 160/100. Padahal saya terus meminum obat dan tidak makan yang asin dan berlemak. Terimakasih.

Assob said...

Pagi dok..
Saya mau nanya nih.. kemaren saya habis tes kesehatan untuk taruna.. nah karena saya agak nervous tensi saya 130/80 apakah itu masih masuk normal atau tinggi dok ? kalo normal itu batasnya dari berapa sampai berapa dok ?

Terima kasih

Rosmini K said...

Anak saya berumur 19 thn tensinya selalu tinggi 150/90 bgmn caranya supaya tensinya normal dok.
Apa yg hrs diperiksa di laboratorium.
Krn seumur ini tdk bolah minum obat darah tinggi apa betul dok.
Terimakasih

Unknown said...

Malam dokter
Tekanan darah saya 145/90 cholesterol 212 gula darah 144 asam urat 9.0 yang saya rasakan sekarang ini pusing kepala terputar putar dok..jadi saya hanya komsumsi obat simvastating 5 mg gimana ini dok solusinya supaya Insya Allah aku bisasehat dok

Unknown said...

Umur saya 45 tahun

Just Hind said...

Sore dok
saya mau tanya..bapak saya tekan darahnya tadi pagi 190
Sudah dikasih intervast 5mg
seharian tidur terus. Harus dikasih apa lagi dok?

Ndutt.. :) said...

selamat sore dok..
saya mau tanya nih dok,, usia saya 23 tahun untuk tensi saya 150/90..
setelah saya konsultasi saya disarankan untuk meminum obat Captopril 12,5 mg 2x 1 hari..
untuk jeda makan obat tersebut berapa lama yah dok??

terimakasih sebelumnya dok

Anonymous said...

Pagi dok. Saya mau tanya. Bapak saya kan punya pemyakit darah tinggi.Udah bertahun tahun ko gak sembuh sembuh ya dok. Mohon solusi nya dok. Terima kasih

Anonymous said...

selamat malam Dok..
saya mau bertanya, kenapa pada pasien hipertensi dengan penyerta DM memiliki goal terapi yang lebih rendah (<130/80) daripada pasien hipertensi tanpa penyerta (<140/90) ?

HerryC said...

dok, kalo punya riwayat strok ringan dan hipertensi, boleh ga sih fitness?? apa pengaruhnya??

HerryC said...

dok, kalo punya riwayat strok ringan dan hipertensi, boleh ga sih fitness?? apa pengaruhnya??

Unknown said...

Selamat siang dok. Saya mau bertanya dok
Usia saya 25th dok.
Nah sekarang saya sedang mengikuti tes dok saat ditensi tekanan darah saya 140/80 dok apakah itu untuk lelaki seumuran saya normal atau gimana dok?
Karena secara pola hidup sehat sudah saya tekunin selama 1th lebih dok
Setiap saya mengikuti tes tekanan darah saya 140/80
Tetapi dokter jika saya tidak mengikuti tes hanya kontrol rutin dilab tekanan darah saya 120/80
Penyebab tensi saya bisa naik setiap kali saya tes apa ya dok penyebabnya
Karena tensi tersebut hanya tinggi disaat saya mengikuti tes kesehatan saja diwaktu normal tensi saya 120/80
Tolong saran dan jawabannya ya dokter terimkasih

Unknown said...

Mlm dok saya mau tanya dok kalau hipertensi teknan darahnya 150/90 umur sya 26 tahun dok. Boleh tidak dok saya konsymsi obat alergi makanan. Seperti ctm atau obat dr resep dokter. Saya takut kalau sya minum obat alergi teknan darah sya makin tambah naik dok. Trimksh dok atas info nya sebelum dan sesudahnya.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Siang dok, saya mau tanya kalau tensi darah 150/100 umur saya masih 17 tahun dok. Gimana caranya buat nurunin tensi darah nya biar ga tinggi terus yah? Trimaksh dok

Unknown said...

Siang dok, saya mau tanya kalau tensi darah 150/100 umur saya masih 17 tahun dok. Gimana caranya buat nurunin tensi darah nya biar ga tinggi terus yah? Trimaksh dok

Unknown said...

Mlam dok..saya mau tanya kepala saya seeing bgt sakit hampir setiap hari tapi hanya sebelah kiri aja.
Kemaren udh kdokter trus di kasi obat stlh obat nya habis sakit lagi..
Apkah itu sakit yang membahayakn dok??mksih dok

Ridho said...

Malam dok.. Saya mau tanyak.. Ortu saya baru keluar dr rs.. Dignosanya tekanan darah tinggi.. Magh.. Gula tinggi.. Tapi sudah dilakukan pemeriksaan usg dan darah lengkap semuanya dah mulai normal.. Yg mau saya tanyakkan kenapa ya sudah seminggu ini ibu saya masih saja lemah.. Tidak bisa melakukan apapun.. Sampai duduk juga tidak bisa..
Mohon pencerahannya dok.. Trimakasih sebelumnya ya dok

Anonymous said...

Siang dok.umur sy 35 tahun bb saya 57kg.tensi darah saya 145.dosis untuk obat captopril 25 ideal nya berapa ?sy jarang olah raga.perokok.kopi 2 kali sehari...sebelumnya terima kasih banyak

Unknown said...

Dokter aku biasanya tekanan darah saya 130/85.setiap 3bln saya rutin donor.pas aku cek darah saya bisa naik sampai 160/90 solusinya gimana

Agen Jamkho di Jogja said...

terima kasih informasinya dok

Unknown said...

Malam dokter saya usia 52 thn tinggi 162cm berat 65 kg tekanan datrah saya klo pagi 120/80 tapi klo siang sampe jam 8 malam bisa 150/80 saya sdhminum amlodipin 5mg 4 bln terakhir nanti malam jam9 turun lagi kenapa dok?

Unknown said...

Pagi dok, nenek saya (73 thn) sudah lama mengalami HT, kemarin TD nya sampe 180/100. Tiap bulan kontrol dikasih captropil 12,5 mg. Dan tiap bulan mengosumsi obat. TD nya pun paling rendah cuma sampe 150/90. Gimana ya dok cara terbaiknya, soalnya saya tinggal nya berjauhan sm nenek saya, saya takut resiko penyakit yg lain nya muncul. Mohon pencerahan nya ya dok. Trimakasi

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Dok.umur saya 32 tensi tinggi.sekarang saya makan obat micardis 80 mg apakah bisa untuk seumuran saya ini.trims

Unknown said...

Dok.umur saya 32 tensi tinggi.sekarang saya makan obat micardis 80 mg apakah bisa untuk seumuran saya ini.trims

Unknown said...

Selamat Pagi Dr. Suryo Wibowo..
Saya mau menanyakan tentang kondisi Papa saya yg sedang stroke.
Kondisi Papa saya pembuluh darah pecah.
Dan sekarang sedang melakukan pemulihan.
Tetapi dengan adanya Natrium Elektrolit dalam tubuh Papa saya berkurang..
Hanya 126..
Kami sedang mengejar Natrium naik dengan mengurangi asupan air putih dan menambahkan garam disetiap pemberian diet.
Yg menjadi masalahnya, Papa sudah stroke dan ada darah tinggi.
Tetapi masi rutin minum obat Amlodipine.
Akan tetapi dengan adanya pemberian garam dapur untuk mengejar Natrium dalam tubuh naik. Dan kondisi Papa saya yg ada darah tinggi.
Sebaiknya kami melakukan pengukuran tensi darah berapa kali dalam sehari dan berapa lama waktunya melakukan pengecekan ulang?
Kondisi Papa saya menggunakan NGT dan Trakeostomi.
Dan tindakan apa lagi yang saya harus perbuat Dok?
Kira" sering melakukan pengecekan tekanan darah tinggi apa bisa menyebabkan pembuluh darah pecah lagi..?
Sebaiknya dengan kondisi begitu, maksimal penerimaan air putih untuk tubuh dalam sehari berapa liter..?
Soalnya serba salah..
Akan fatal jika kekurangan atau kelebihan Natrium

Unknown said...

Selamat Pagi Dr. Suryo Wibowo..
Saya mau menanyakan tentang kondisi Papa saya yg sedang stroke.
Kondisi Papa saya pembuluh darah pecah.
Dan sekarang sedang melakukan pemulihan.
Tetapi dengan adanya Natrium Elektrolit dalam tubuh Papa saya berkurang..
Hanya 126..
Kami sedang mengejar Natrium naik dengan mengurangi asupan air putih dan menambahkan garam disetiap pemberian diet.
Yg menjadi masalahnya, Papa sudah stroke dan ada darah tinggi.
Tetapi masi rutin minum obat Amlodipine.
Akan tetapi dengan adanya pemberian garam dapur untuk mengejar Natrium dalam tubuh naik. Dan kondisi Papa saya yg ada darah tinggi.
Sebaiknya kami melakukan pengukuran tensi darah berapa kali dalam sehari dan berapa lama waktunya melakukan pengecekan ulang?
Kondisi Papa saya menggunakan NGT dan Trakeostomi.
Dan tindakan apa lagi yang saya harus perbuat Dok?
Kira" sering melakukan pengecekan tekanan darah tinggi apa bisa menyebabkan pembuluh darah pecah lagi..?
Sebaiknya dengan kondisi begitu, maksimal penerimaan air putih untuk tubuh dalam sehari berapa liter..?
Soalnya serba salah..
Akan fatal jika kekurangan atau kelebihan Natrium

Unknown said...

Selamat Pagi Dr. Suryo Wibowo..
Saya mau menanyakan tentang kondisi Papa saya yg sedang stroke.
Kondisi Papa saya pembuluh darah pecah.
Dan sekarang sedang melakukan pemulihan.
Tetapi dengan adanya Natrium Elektrolit dalam tubuh Papa saya berkurang..
Hanya 126..
Kami sedang mengejar Natrium naik dengan mengurangi asupan air putih dan menambahkan garam disetiap pemberian diet.
Yg menjadi masalahnya, Papa sudah stroke dan ada darah tinggi.
Tetapi masi rutin minum obat Amlodipine.
Akan tetapi dengan adanya pemberian garam dapur untuk mengejar Natrium dalam tubuh naik. Dan kondisi Papa saya yg ada darah tinggi.
Sebaiknya kami melakukan pengukuran tensi darah berapa kali dalam sehari dan berapa lama waktunya melakukan pengecekan ulang?
Kondisi Papa saya menggunakan NGT dan Trakeostomi.
Dan tindakan apa lagi yang saya harus perbuat Dok?
Kira" sering melakukan pengecekan tekanan darah tinggi apa bisa menyebabkan pembuluh darah pecah lagi..?
Sebaiknya dengan kondisi begitu, maksimal penerimaan air putih untuk tubuh dalam sehari berapa liter..?
Soalnya serba salah..
Akan fatal jika kekurangan atau kelebihan Natrium

Unknown said...

selamat siang dok,

bapak saya tadi matanya merah dan berair, setelah di cek ke dokter ternyata tensinya 170/90 apa ada hubungannya ya dok? dan apa yg harus saya lakukan untuk menurunkan tensi dan menjaga kesehatan bapak saya.

terimakasih banyak atas perhatiannya dok,

Salam

Unknown said...

jangan khawatir ini di solusinya cara menurunkan darah tinggi

Rere said...

Selamat malam dokter, hari ini ibu saya dirawat d rs kata dokter krn tekanan darahnya tinggi hingga 200, tapi salah satu mata ibu saya mengecil.. apakah itu ada hubungannya dengan darah tinggi dok..?? Dan apa makanan yang harus dimakan ibu saya supaya tekanan darahnya turun dokter... terima kasih sebelumnya atas jawaban dokter..

Unknown said...

Dok..mau tanya sebenarnya pada penderita darah tinggi itu boleh tidak di suntik, misalkan dia berobat ke dokter minta di suntik karna pegel2 tp dia punya riwayat darah tinggi...
Terimakash sebelumnya..

Unknown said...

Malam dok...
Suami saya 2 thn yg lalu pernah sakit diare berkepanjangan. Berobat ke dokter umum tak kunjung sembuh. Kemudian saya ke dokter spesialis dalam, oleh dokternya dikatakan tensinya 160/90.. Saya lupa dikasih obat apa. Setelah sehari minum, semalaman gak bs tidur dan kenjang, lidah dan mulutnya kaku cenderung 'mencos'ke kiri.. Saya bawa ke RS, dokternya gak nemuin apa pykitmya.. Saya ditanya punya riwayat seperti ini sblmnya, saya jwb tdk, apa py riwayat tetanus, saya jwb tidak..
Akirnya kami plg RS stlh diperbolehkan plg tnp tw apa itu pykitnya...
Ini hari suami saya merasakan pusing sekali setelah ditensi tensinya 160/90 lg.. Saya kawatir terjadi kejang lg maka saya lgsg bwa ke RS. Sekarang tensinya turun 130/90 stlh dr rumah minum obat captopril (penurun tensi). Yang ingin saya tanyakan apakah suami saya menderita hipertensi pdhl usianya br 30 thn, lalu mengapa dia (suami) msh merasakan pusing ketika tensinya sudah turun 130/90 dok?

Unknown said...

selamat pagi dok saya anak umur nya jalan 22 saya sering merasakan pusing dan sakit kepala berat badan saya 80KG . pada saat di periksa saya agak cemas dan jantung saya berdebar. apakah gejala kecemasan dapat memicu darah tinggi dok terima kasih

Asepsulahari said...

Selamat sore dr. Suryo Wibowo.
Saya Asep 41 thn, saat ini saya masih minum amlodipine 5 mg. Kurang lebih sudah sebulan lebih. Kemarin hari senin saya konsultasi ke dokter spesialis penyalit dalam (sebelumnya ke dokter umum) saat itu obat saya tinggal 1 butir saat di cek tensi darah saya 120 - 40.kemudian saya diberi lagi amlodioine 5 mg generik dan obat propranolol 10 mg.. Yg jadi keluhan saya saat ini nafas agak sesak dan detak jantung lambat... Apakah saya harus hentikan minum propranolol... Mohon bantuannya dok.. Terima kasih

Anonymous said...

Dear Bapak Dr. Suryo Wibowo,

Perkenalkan nama saya Benny umur 40 tahun.
Saya membaca artikel bapak tentang penyakit darah tinggi/hipertensi. Disini mohon izin ada beberapa pertanyaan saya yang memerlukan bantuan Dokter untuk konsultasi.

Saya sudah mengalami sakit kepala belakang dan leher belakang sekitar 4 hari. Di hari kedua saya ada makan 1 butir obat sakit kepala paramex tapi tidak kunjung reda sakit kepala saya. Di hari kelima saya berkunjung ke dokter dan saya sampaikan keluhan yang saya alami. Kemudian saya diperiksa tensi darah ternyata normal 120. Kata dokter saya tidak mungkin terkena kolesterol karena tensi darah saya bagus normal. Kemudian dokter memeriksa perut saya dan dikatakan asam lambung saya naik dan bisa menyebabkan sakit kepala dan leher belakang. Saya lalu diberi obat Farsifen 400mg, Calcifar dan Nilatika 10mg.

Pertanyaan saya :
1. Apakah seseorang yang tensi darah normal memang tidak mungkin bisa terkena penyakit kolesterol atau asam urat?
2. Apakah asam lambung memang bisa menyebabkan sakit kepala dan leher belakang?
3. Apakah saya perlu memeriksa kadar kolesterol dan asam urat saya lagi di laboratorium karena Dokter yang saya kunjungi bilang tidak usah dan dijamin saya tidak terkena kolesterol sementara saya mengalami sakit kepala yang tidak seperti biasanya.

Saya tidak pernah menderita sakit kepala dengan kepala dan leher bagian belakang terasa nyeri sakit begitu tetapi tidak sampai kaku. Baru kali ini saya mengalaminya Dok.

Atas bantuannya untuk menjawab pertanyaan saya, saya ucapkan terima kasih banyak.

Kindest Regards,

Benny.

tegarwongbali said...

Yth. dr. Suryo Wibowo.

Bapak Dokter yth, sy tensi tinggi, menurut dokter sudah termasuk hipertensi, yaitu pali max tensi saya 160/90, .... seiring waktu dokter memberi obat hansavas, pasa saya 5mm, tensi normal saya biasanya 130/80, tubuh rasa baikan jika tensi 130/80, namun saya dokter menyarankan untuk selalu minum obat tersebut, saya jadi kepikiran ada kecemasan bahwa obat tersebut dapat meracuni saya, sejarah saya tensi karena saya sering cemas berlebihan, saya juga kadang minum obat Falmadral 10 mm, intinya dengan derita sakit saya ini, kecemasan akan lebih sering muncul, saya pingin melepas obat terserbut, tapi justru tambah cemas, rasa takut tensi saya naik lagi, saya memang menderi kecemasan yang berlebihan seperti phsicomatika(itu menurut istilah saya), dan akhir2 ini saya nyeri dibagian tulang pinggul dan tulang bokong, kira-kira menurut analisa dokter apa ya?, sebelumnya terima kasih dokter, memang sebelumnya ada gelaja prostat menurut dokter tapi tidak pasti, karena kecing saya lancar2 saja atas jawabannya terima kasih, terima kasih, terima kasih

tireselo said...

Pagi dok.
Suami say,umur 51 tahun.
Tensinya terakhir 180-/120,ia juga tengah mengalami penyakit batu ginjal.
Berdasarkan resep dokter saya berikan Captopril 1 tablet.
Dia sebenarnya menolak untuk minum obat ini,dia takut jangan sampai Captopril membuat tensinya turun tak terkendali.Seandainya hal ini terjadi,apa yang harus kami lakukan,dok?
Terima kasih

someone said...

suami sy umur 38 th tensi 150/110, selama ini mnm amlpodipin 10mg, bolehkah sewaktu tensi tinggi amplodipn minum sehr 2x pagi-mlm? tks

Anonymous said...

Saya berumur 24 tahun, tensi saya sering kali mencapai 140/100. kira-kira tindakan apa yang perlu saya lakukan ya dok?

Anonymous said...

Minum amlpodipin 5 mg boleh diminum 2 tablet kalau tensinya tinggi , terima kasih dok...

Unknown said...

Selamat Malam Dok.
Usia sy 42 thn BB 65KG TB 170 CMn..Sy didiagnosa hipertensi sejak 7 bln dan sempat dirawat inap krn tensi mencapai 180/110..Sekarang sy rutin cekup dan diberi obat Micardis 80mg dan bisoprolol..3 hr lalu saat cekup lg oleh dokter ditambahkan lg dgn obat Captopril 25mg krn tensi sy msh 160/90. Apakah dgn konsumsi 3 obat hipertensi dlm sehari tdk ada efek sampingnya? Tks

Unknown said...

pagi dok , saya mau tanya
apakah penderita hipertensi derajat 1 boleh tidak mengkonsumsi obat ?

Unknown said...

Permisi dokk... saya remaja usia 16 tahun, sangat aktif dalam berolahraga setiap hari dan tidak merokok tapi tekanan darah saya 140/100. Apakah pola makan menyebabkan tekanan darah tinggi dok? Sebelum saya mengukur tensi darah saya makan rendang dan nasi padang . Bagaimana itu dokter? Apakah dapar disembuhkan?

Unknown said...

Assalamualaikum dok..
Dok ibu saya terkena gejala stroke, kemarin tensi darahnya tinggi tapi skrh sdah normal 120/80 tapi kenapa gejala strokeny blm sembuh yaa????

Unknown said...

Selamat malam dok, ayah saya punya hipertensi dari beberapa th sebelumnya dan selama itu ayah saya konsumsi catropil 25mg. 3minggu lalu ayah saya kena vertigo masuk rs, tekanan darah masih naik turun kemudian pulang dengan resep dokter saraf yaitu amlopidine, mertigo dan dehydrinat. Selama pulang tekanan darahnya masih sering antara 150/100 - 180/120 dan cek kolesterol total minggu pertama 227, minggu kedua 232 dan untuk gula dan ua nya normal. Hingga 1 minggu kemudian kontrol diberi resep sama tp tiap hari tekanan darah nya tetap antara 150/100-170/110. Selama itu ayah sy terapi olahraga jalan kaki rutin, buah buahan pir, buah naga dan jus labu siam campur nanas dan jeruk nipis juga omepros untuk menurunkan kolesterol tapi sampai sekarang belum kunjung normal tekanan darah dan kolesterol nya. Yang saya tanyakan dok, kira2 terapi yang bagaimana ya yg bs ayah sy lakukan untuk cepat menormalkan kondisinya? Apakah boleh konsumsi obat tersebut disertai terapi buah2an seperti itu dok? Mohon jawaban nya ya dok terimakasih

Unknown said...

Nenek saya darahnya 200 dok

Unknown said...

Siang dokter.
Dok nenek saya darahnya 220
Stlah satu bulan darahnya turun jd 200
Dan efek dari itu tangan nrnek saya yg kanan susah di gerakin dan jg ngomong nya g bgitu lancar lagi ktanya aga
Susah,
Dan slama pngobatan ini dan itu g membIk" gimana ya dok?
Saya sayang bngt ma nenek saya dok
Mohon infonya dok

May said...

Selamat siang dokter,
maaf dok saya mau tanya.nama saya yudi, umur 47 th. sudah hampir sebulan ini saya mengerita badan lemas sebalah kiri dan sudah opname selama 5 hari di RS, saat ini saya menjalani terapi dalam proses penyembuhan, tapi kemarin saya cek tekanan darah dan ternyata tekanandarah saya naik lagi ke 140/90 dan saya diberi obat captopril 25 dan saya konsumsi sekali sahari satu tablet, yang saya tanyakan "apakah aman saya mengkonsumsi captopril itu? dan sampai kapan saya harus minum obat itu?
Saya mohon jawaban dan saran yang terbaik dari dokter.
terima kasih banyak
-yudi

Unknown said...

siang dok..
bolehkah penderita hipertensi pasca melahirkan mengkonsumsi jenis umbi2an seperti ubi ungu atau ubi kayu / singkong dll?

Thx.
Simarmata

Unknown said...

selamat siang dok..
saya ingin bertanya terkait pengobatan hipertensi, karena saat ini saya sedang dalam tahap menyusun proposal penelitian terkait kepatuhan pasien hipertensi dalam menjalani modifikasi gaya hidup yang dianjurkan.
Dok, apakah benar pasien hipertensi esensial disarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah setiap 2 minggu sekali? jika benar, apa alasannya dok?

terimakasih dok, jawaban dokter nantinya akan menjadi pertimbangan saya dalam menentukan kriteria inklusi subyek penelitian.

Unknown said...

Selamat malam dok, hari tadi saya kerja tapi tiba2 kepala saya pusing terus ga beberapa lama saya pingsan dok, terus saya kontrol ke dokter kata dokternya saya darah tinggi 150/100 padahal umur saya masih muda dok 20tahun, apakah saya terancam stroke? Dan apakah ini akibat pola tidur saya gabaik soalnya saya pulang kerja jam 11 malam itu juga bisa lebih jam 12 malam dan setelah itu saya suka makan tengah malem dok terus saya besoknya lagi kerja pagi jadi saya kira2 tidur kurang lebih cuman 6jam. Terimakasih dok

Unknown said...

Selamat pagi dok. Ibu saya punya darah tinggi usianya 45th. pada suatu saat ketika tekanan darahnya normal 120 kenapa masih terasa pusing dok. Terimakasih

Unknown said...

Dok umur sy 48 sy akhir2 seringngantuk setelah di tensi tekanan darah sy 150/80 apakah termasuk tekanan darah tinggi

Unknown said...

Saya juga 19 tahun dan hipertensi bu :(

Unknown said...

malam dok. ibu saya darah tinggi. dikasih obat amlodipine. boleh kah diminum bersamaan dengan obat sakit kepala? terimakasih dok

Unknown said...

Malam dok,,, apakah masih aman jika wanita usia 62 bertekanan darah 190/100...tolong pencerahannya dok.. Terima kasih.

Unknown said...

Paling gagal ginjal bro..

Unknown said...

Itu mah kurang tidur..

Unknown said...

mf sebelumnya sekiranya dokter bisa menjawab pertanyaan saya...

1 minggu yg lalu kaka saya meninggal dia umur 35 tahun pas sebelum meninggal dia di priksa tensinya 190

Kejadian sangat begitu singkat
Setelah beberapa jam dia muntah muntah dan pingsan tak sadarkan diri berapa jam kemudian meninggal... Kluarga sangatlah syok di umur 35 tahun...

Dok apakah tensi 190 untuk umur 35 tahun bisa merusak syaraf/atau pembuluh darah yg mengakibatkan kaka sy tak tertolong... Mohon sekiranya dokter bersedia menjawabnya.
Trimakasih

Unknown said...

mf sebelumnya sekiranya dokter bisa menjawab pertanyaan saya...

1 minggu yg lalu kaka saya meninggal dia umur 35 tahun pas sebelum meninggal dia di priksa tensinya 190

Kejadian sangat begitu singkat
Setelah beberapa jam dia muntah muntah dan pingsan tak sadarkan diri berapa jam kemudian meninggal... Kluarga sangatlah syok di umur 35 tahun...

Dok apakah tensi 190 untuk umur 35 tahun bisa merusak syaraf/atau pembuluh darah yg mengakibatkan kaka sy tak tertolong... Mohon sekiranya dokter bersedia menjawabnya.
Trimakasih

Unknown said...

the articles that are nice and very interesting I like to read the articles you make
bandar togel

Unknown said...

Dokter kalau punya penyakit hipertensi baiknya konsultasi ke dokter apabya? Janting, syaraf atau apa. Terimakasih sebelumnya.

Unknown said...

Siang dok
Tekanan darah saya 130/100
Itu normal atau hipertensi?

Unknown said...

Malam dokter
Nama saya wahyu umur 21 tahun
Saya menderita hipertensi selama 2 tahun
Tekanan darah saya pernah mencapai 170/100 diberi obat candesartan + amlodhipin tapi masih saja naik turun dok bahkan bertahan 150
Tekanan saya turun ketika di opname
Tapi naik kembali ketika dirumah dok
Apakah penyebabnya utama dok
Sehingga di usia saya yg muda mengidap hipertensi??

Anonymous said...

Dok ..sy mau tanya tekanan darah 189/89 sdh tinggi, sy sdh 2 mgg berhenti minum obat tensi. Apakah kalo naik lagi harus minum obat yg sama kembali? dan berapa lama harus minum obat tensinya.

Terima kasih.

Unknown said...

Dokter saya mau tanya. Ibu saya mengidap hipertensi 240/130. Apakah diwajibkan opname? Beliau masih bisa beraktifitas selayaknya biasanya. Namum sedikit pusing. Dan tetap minum obat hipertensi dari dokter. Bagaimana solusinya dok?

Hendri said...

Siang dok.. saya mau nanya, tekanan darah mama saya 170/90, padahal sudah minum obat Norvask 5 mg, betablock 50 mg 2 x 1/2, dan ramipril 5 mg tiap pagi hari.. kenapa masih tinggi ya dok?
padahal makannya sudah dijaga. Mohon Penjelasannya. Terima kasih

About Me

My photo
Konsultan masalah kesehatan, keselamatan kerja, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat sekitar industri.