100 Questions & Answers: Asam Urat

100 Questions & Answers: Asam Urat

Monday

Penyakit Darah Tinggi/Hipertensi




Your Ad Here


Apakah yang dimaksud dengan darah tinggi?
Darah tinggi atau hipertensi adalah suatu penyakit dimana tekanan darah melebihi nilai normal. Penggolongan tekanan darah manusia adalah sebagai berikut:
1. Tekanan darah normal: Tekanan darah sistolik kurang dari 120 dan tekanan darah diastolik kurang dari 80.
2. Tekanan darah prehipertensi: Tekanan darah sistolik 120 - 139 atau tekanan darah diastolik 80 - 89.
3. Tekanan darah tinggi derajat 1: Tekanan darah sistolik 140 - 159 atau tekanan darah diastolik 90 - 99.
4. Tekanan darah tinggi derajat 2: Tekanan darah sistolik di atas 160 atau tekanan darah diastolik di atas 100.

Apakah gejala darah tinggi?
Orang dengan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi pada umumnya tidak bergejala. Hipertensi diketahui secara kebetulan. Biasanya pada saat berobat ke dokter untuk keluhan lain dan kemudian dilakukan pengukuran tekanan darah, barulah ketahuan bahwa menderita hipertensi. Dalam dunia kedokteran, hipertensi dikenal sebagai ‘silent killer’ oleh karena menyebabkan kematian tanpa menampakkan adanya gejala atau keluhan sebelumnya.

Apa yang akan terjadi bila darah tinggi tidak diobati?
Tekanan darah yang tinggi dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi atau penyulit antara lain pada jantung dapat menimbulkan pembesaran otot jantung (left ventricular hypertrophy), angina atau fase awal infark miokard, gagal jantung; pada otak dapat menimbulkan stroke atau serangan iskemia sementara (transient ischemic attack); pada ginjal menyebabkan penyakit ginjal menahun; penyakit pembuluh darah arteri perifer antara lain impotensi; pada mata menyebabkan retinopati yang dapat menimbulkan kebutaan.

Apa penyebab darah tinggi?
Sebagian besar pasien tidak diketahui apa penyebabnya.
Beberapa penyebab darah tinggi yang dapat diidentifikasi adalah yang disebabkan oleh henti napas pada saat tidur (sleep apnea), obat-obatan, penyakit ginjal menahun, penyakit pembuluh darah ginjal, penyakit tiroid atau paratiroid, penyakit aldosteronisme primer, penyakit pheochromocytoma, dan penyakit coarctatio aorta.

Apa saja faktor risiko terjadinya penyakit pembuluh darah jantung dan otak?
Faktor-faktor risiko penyakit jantung koroner dan stroke sama yaitu darah tinggi atau hipertensi, merokok, kegemukan, kurang aktivitas fisik, dislipidemia (kadar kolesterol LDL yang tinggi, kadar kolesterol HDL yang rendah, dan atau kadar trigliserida yang tinggi), diabetes mellitus (penyakit kencing manis atau penyakit gula), usia (di atas 55 tahun untuk pria, di atas 65 tahun untuk wanita), dan adanya riwayat keluarga menderita penyakit jantung koroner dan atau stroke pada usia muda (di bawah usia 55 tahun pada pria atau di bawah usia 65 tahun pada wanita).

Apakah harus minum obat seumur hidup?
Tujuan pengobatan darah tinggi adalah untuk mencapai tekanan darah kurang dari 140/90. Untuk pasien-pasien darah tinggi yang disertai dengan penyakit kencing manis atau penyakit ginjal menahun atau pernah dioperasi jantung maka target tekanan darah tinggi yang harus dicapai adalah kurang dari 130/80. Tujuan penurunan tekanan darah adalah untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke serta penyakit ginjal.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh pasien yaitu perubahan gaya hidup (lifestyle modification) dan obat-obatan. Bila tekanan darah dapat dikendalikan dengan lifestyle saja maka tidak perlu obat-obatan.

Karena penyebab darah tinggi sebagian besar tidak diketahui, maka pada umumnya memang sebagian besar pasien harus terus minum obat darah tinggi setiap hari sepanjang hidupnya.

Apakah minum obat darah tinggi setiap hari tidak merusak ginjal?
Bila darah tinggi tidak diobati maka justru akan menyebabkan ginjal rusak, dan ginjal yang rusak akan menyebabkan tekanan darah akan semakin bertambah tinggi.

Apa saja perubahan gaya hidup yang harus dilakukan?
Bila anda kegemukan maka dengan mengurangi berat badan, tekanan darah dapat turun. Tekanan darah sistolik dapat turun antara 5 – 20 mmHg setiap 10 kg berat badan yang berkurang.
Dengan makan paling sedikitnya 5 porsi buah-buahan dan sayur-sayuran maka tekanan darah sistolik dapat turun antara 8 – 14 mmHg.
Dengan mengurangi asupan natrium atau sodium (garam dapur) maka tekanan darah sistolik dapat turun antara 2 – 8 mmHg.
Dengan berolahraga secara teratur setiap hari maka tekanan darah sistolik dapat turun antara 4 – 9 mmHg.

88 comments:

Anonymous said...

Selamat pagi dokter,

Kalau untuk orang usia 60 tahun, berapakah tekanan darah yang normal?

Terima kasih.

dr. Suryo Wibowo said...

Selamat pagi juga,

Untuk tekanan darah yang normal berlaku ketentuan:
1. Tekanan darah sistolik di bawah 120 mmHg, dan
2. Tekanan darah diastolik di bawah 80 mmHg.

Ketentuan di atas pada orang dewasa tidak mengenal batasan umur. Dulu memang berlaku rumus tekanan darah normal kira-kira usia di tambah 100, maksudnya kalau usia 60 maka tekanan darah normalnya adalah 160. Akan tetapi sekarang tidak berlaku lagi. Jadi untuk yang berusia 60 tahun, maka tekanan darah normalnya tetap harus di bawah 120 mmHg untuk tekanan darah sistolik dan harus di bawah 80 mmHg untuk tekanan darah diastolik.

Bila masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

Rieanto said...

Pagi dok, sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk jawaban dokter tentang penyakit asma ibu saya. saat ini saya sendiri merasakan kondisi badan yang kurang fit. yang ingin saya tanyakan kenapa jika saya memakan daging baik sapi atau kambing.kepala saya seperti berat dan mata merah agak berair ? apakah gejala darah tinggi atau kolestrol karena sudah periksa ke dokter beliau bilang bukan. saat ini umur saya 33 tahun dan belum berkeluarga.

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Rieanto,

Yang saya tahu darah tinggi tidak ada gejalanya, maka dikenal sebagai silent killer. Sedangkan untuk kolesterol harus diperiksa di laboratorium.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

Rieanto said...

Pagi dok, senin minggu lalu saya memakan roti dengan isi sosis tapi tak lama berselang kepala saya pusing dan mata sedikit berair, gejala tersebut saya sering rasakan apabila memakan daging ataupun kuah dari daging tersebut. jumat saya periksa ke dokter, tekanan darah normal dan saya dianjurkan untuk periksa kolestrol,minggu saya periksa ke lab untuk mengecek kadar kolestrol dengan hsil sebagai berikut.
Cholestrol 174, Trigliserida 123, HDL cholesterol 44, LDL cholesterol 105. Menurut dokter yang memeriksa hasil tersebut baik.bahkan saya hanya diberi obat sakit kepala yang akhirnya membuat saya keracunan obat tersebut hingga mengakibatkan sesak nafas , tenggorokan seperti kaku, mata bengak,saya kembali lagi ke dokter tersebut yang akhirnya diberi obat alergi untuk menyembuhkannya.saya pengen tanyakan ada apa dengan penyakit saya,kenapa alergi pada obat padahal saya memberitahukan kepada dokter bahwa saya alergi obat yang berakhiran gin seperti antalgin.mohon maaf dok panjang sekali pertanyaannya.

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Rieanto,

Kemungkinan anda menderita alergi makanan yang terbuat dari daging tersebut. Untuk memastikannnya ada pemeriksaan yang dapat anda lakukan, di laboratorium.

Bisakah anda memberitahukan kepada saya apa nama obat sakit kepala yang diberikan oleh dokter anda itu?
Antalgin atau nama generiknya metamizole sodium, merek dagangnya banyak sekali, dan sebagian besar memang berakhiran -gin, akan tetapi tidak sedikit pula yang tidak berakhiran -gin. Contoh merek dagang yang tidak berakhiran -gin misalnya analsik, antrain, arsinal, corsanural, deparon, doloneuromin, doloscanneuron, dololicobion, froaneural, hedix, ikaneuron plus, dan masih banyak lagi.
Ada kemungkinan dokter anda lupa atau tidak tahu bahwa obat sakit kepala yang diberikannya kepada anda itu mengandung metamizole sodium. Sebaiknya bila menebus obat di apotek, anda minta tolong kepada apoteker/asisten apoteker untuk mengecek apakah obat yang anda akan tebus itu mengandung metamizole sodium/antalgin atau tidak.

Atau kemungkinan lain, dokter anda sudah memberikan obat sakit kepala yang tidak mengandung metamizole sodium/antalgin akan tetapi sekarang anda menderita alergi obat baru. Dan anda perlu tahu apa kandungan obat baru yang menyebabkan anda terserang reaksi alergi, sehingga anda dapat menghindarinya.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Rieanto said...

Pagi dok,mohon maaf saya baru bisa posting lagi setelah dapat jawaban dari dokter.Kemarin obat yang saya minum yang diberikan oleh dokter adalah.myores & renadinac 50 mg ( baca dari resep mohon maaf jika penulisannya salah ).saya juga tidak simpan obat tersebut karena langsung diambil dokter lagi.Kemudian saya dikasih obat zoline 50 mg,lameson-16 itupun hanya saya minum dua kali stelah itu tidak karena saya merasakan ada efek samping yang lain tenggorokan perih dan kuping sedikit berdengung.
mohon maaf dok dari dulu saya tidak pernah alergi untuk makan daging baik daging sapi atau kambing.saya ada alergi makanan hanya udang,jika memakan pasti akan gatal-gatal. akhirnya saya hanya melakukan pengobatan dengan banyak meminum air putih dan pijat refleksi.terima kasih banyak sudah menyempatkan diri untuk menjawab keluhan saya.semoga dokter sehat walafiat dan dalam lindungan tuhan.

Daud said...

Selamat Pagi Dokter,

Saya belajar buat blog untuk produk perlebahan dalam kaitannya dengan kesehatan.
Saya mohon izin untuk mengutip artikel dari blog pak dokter.

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Daud,

Boleh-boleh saja, sepanjang disebutkan sumber aslinya.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

siang dokter,
pacar saya uda 2 tahun berhenti mengkonsumsi narkotika
dia juga sudah mengurangi merokok
paling 1 hr kadang 2 atau 3 batang.
tp beberapa hari ini dia mimisan
dan sudah diperiksa,dokter mengatakan dia darah tinggi.
saya kurang tau gmn keadaanya
krn jarak jauh, saya dieropa
dan tidak bisa menelponnya tiap hari.
yang mau saya tanyakan dok, ada hubungannya narkotika dengan darah tinggi? dia tidak obesitas, msh berumur 24 thn. dan klu dia mimisan malah dia jd lebih emosional.
dan apakah darah tinggi disertai mimisan sudah parah dok?
mohon saran dokter apa yg hrs dilakukan selain olahraga, tidak merokok,dan mengatur pola makan
trima kasih

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Friend,

Sejauh ini saya belum membaca adanya hubungan antara narkotika dengan darah tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi saat ini kita bagi menjadi 2 derajat, yaitu derajat 1 dan derajat 2. Pada derajat 1 tekanan darah sistoliknya antara 140 dan 159 atau tekanan darah diastoliknya antara 90 dan 99. Sedangkan derajat 2 tekanan darah sistoliknya di atas 160 dan tekanan darah diastoliknya di atas 100. Berapa tekanan darah pacar anda?

Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat memecahkan pembuluh darah. Pada kasus pacar anda, pembuluh darah di hidung yang pecah, sehingga terjadi mimisan. Bila pembuluh darah di otak yang pecah maka terjadi stroke.

Yang harus dilakukan adalah minum obat darah tinggi secara teratur, dan kontrol teratur ke dokter.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

trima kasih dokter atas jawabannya
awal pacar saya periksa, sistoliknya 24O,
apa iya bisa sampai segitu dok?
tp setelah menjalani diet selama 3 minggu, sekarang sistoliknya 150
tp kadang dia masih mimisan, tetapi tidak sesering sebelumnya

terima kasih.

dr. Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Tekanan darah sistolik dapat saja mencapai 240 mmHg, bahkan saya pernah mendapatkan pasien dengan tekanan darah sistolik mencapai 250 mmHg.

Sampaikan kepada pacar anda untuk terus berobat secara teratur dan menjaga pola makan.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

pagi dokter
maaf, saya mau nanya lagi
tekanan sistolik pacar saya terakhir ini 132
dia sudah menjaga pola makan n minum obat teratur
dan suntik teratur,apa suntiknya hanya penenang dok?soalnya dia bisa setengah harian tidur setelah disuntik

kemarin dia tu pingsan
trus dicheck
dokternya menyarankan cuci darah
dengan biaya yg tidak sedikit

separah apa penyakit dia itu dokter?
jika dia melakukan cuci darah untuk pertama kali,
apa semasa hidupnya akan sering cuci darah?
atau mungkin ada penyakit lain karena mengkonsumsi narkotika dulu?
trima kasih banyak dokter atas jawabannya
mudah2an dokter selalu dalam keadaan sehat

dr. Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Saya tidak tahu pacar anda disuntik apa, tanyakan saja pada dokternya.

Cuci darah bisa saja hanya beberapa kali saja, akan tetapi bisa pula harus cuci darah terus-menerus sepanjang hayat di kandung badan, tergantung dari hasil pemeriksaan dokternya. Coba ditanyakan pada dokter yang merawatnya.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

raff punya said...

malam dokter...
saya mau tanya..bapak saya sakit gula darah dan stroke, hsl pemeriksaan kemarin darahnya 190 dan 100... dan sekarang sedang dalam menjalani pengobatan...kira2 makanan apa saja yg bagus untuk menurunkan hiper tensi itu dok???
sebelumnya terima kasih.....

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Raff,

Stroke dapat terjadi karena ada pembuluh darah di otak yang tersumbat, dapat pula terjadi karena ada pembuluh darah di otak yang pecah. Akibatnya sama, yakni daerah di sebelah ujung dari pembuluh darah yang tersumbat/pecah tadi tidak mendapat pasokan darah (nutrisi), sehingga mengalami gangguan. Nah penyakit stroke ayahanda itu disebabkan oleh penyumbatan ataukah oleh pecahnya pembuluh darah.

Faktor risiko terjadinya penyakit stroke adalah:
1. Usia > 55 tahun.
2. Jenis kelamin laki-laki.
3. Hipertensi
4. Diabetes mellitus
5. Hiperkolesterol
6. Kegemukan
7. Merokok
8. Jarang berolahraga

Nah dari ke8 faktor risiko yang saya sebutkan di atas, 2 faktor risiko pertama tidak dapat diubah; akan tetapi faktor-faktor risiko lainnya dapat diubah.

Jadi agar ayahanda tidak terkena stroke untuk ke2 kalinya, maka yang harus dilakukan adalah:
1. Mengontrol tekanan darah. Untuk tekanan darah 190/100 mmHg itu masih terlalu tinggi. Target tekanan darah adalah sekitar 130/80. Penurunan tekanan darah dilakukan bertahap sampai mencapai target. Caranya adalah dengan memodifikasi gaya hidup. Apa yang harus dilakukan? Kurangi berat badan bila ayahanda kegemukan. Olahraga teratur (bila kondisi memungkinkan). Perbanyak makan buah dan sayur, kurangi makan daging, makanan yang diasinkan, makanan yang diawetkan.
2. Mengendalikan gula darah. Target yang harus dicapai adalah kadar HbA1C < 7. Berapa kadar HbA1C ayahanda? Periksakan kadar HbA1C ke laboratorium klinik, setiap 3 bulan sekali. Bila kadar HbA1Cnya masih tinggi berarti pengendalian gula darah ayahanda masih buruk. Maka yang harus dilakukan adalah kontrol ke dokter untuk meminta nasihat mengenai diet/makanan, obat-obatan untuk gula darahnya mungkin harus ditambah, atau kalau perlu gunakan insulin.

Bagaimana dengan faktor-faktor risiko yang lain? Berapa kadar kolesterol ayahanda? Apakah ayahanda merokok? Bila ya, maka harus dihentikan kebiasaan merokoknya itu.

Dengan cara mengendalikan semua faktor-faktor risiko, maka kemungkinan terjadinya stroke yang kedua kalinya dapat dihindari.

Mengapa penting menghindari terjadinya stroke yang kedua kalinya? Karena biasanya stroke yang berulang, akibatnya lebih buruk.

Sekian dulu, bila masih ada yang ingin ditanyakan/disampaikan silahkan menulis kembali.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

raff punya said...

makasih banyak dok,,,,,,sebenarnya pagi hari tadi bapak di bawa ke rumah sakit,,,dan kali ini adalah serangan stroke yang ke 3 kalinya dok,,,waktu pertama bagian kiri dari badan bapak g bs di gerak kan,, yg kedua kalinya nyilang atas kiri bawah kanan...dan yg sekarang bawah kiri dan pipi kanannya mati rasa dok,,,untuk kemungkinan sembuhnya apa masih ada dok,,,bapak g merokok dan g begitu gemuk,,,cuman kdar gula darahnya tinggi dan umurnya diatas 55th dan mungkin jalan olahraga,,, dan sekarang makan minum g bs masuk dok,,,seperti g bisa buat nelan kalo di minumi batuk2 apa mungkin saraf ke tenggorokan bapak mati/ mungkin cmn pilek2 biasa??? untuk kemungkinan sembuhnya berapa persen dok???

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Raff,

Pada waktu saya menjawab itu saya sudah pikir, dengan tekanan darah setinggi itu dan diabetes mellitus, maka sudah hampir dapat dipastikan mengalami stroke berulang. Mengenai tidak bisa menelan, ada kemungkinan saraf ke tenggorokan terkena, tetapi untuk pastinya harus diperiksa langsung.
Demikian juga untuk kemungkinan sembuh harus dilakukan pemeriksaan langsung, coba anda tanyakan kepada dokter yang merawat ayahanda. Jangan sungkan-sungkan bertanya, sebab ada dokter yang kalau tidak ditanya yah tidak menerangkan.

Semoga ayahanda cepat sembuh.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

vitta said...

Malam dok...
Dok,saya punya temen,umur nya 23 tahun..
Tadi siang dia cek darah dan ternyata kolestrol,darah manis,semuanya rendah...
Tapi darah tinggi nya 140 dok..
Kenapa bisa begitu ya dok?
Dan berat badan nya sekitar 98kg an,beberapa hari ini dia sedang diet dan fitnes dok..
1 hari makan 1 kali aj dok...
Yg saya mau tnyakan kenapa ya dok dia bisa darah tinggi?
Apa penyebabnya?dan harus kah minum obt darah tinggi dok?
Terima kasi sebelum nya dok...

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Vitta,

Penyebab darah tinggi itu multifaktorial artinya banyak sekali penyebab yang secara sendiri ataupun bersama-sama menyebabkan darah tinggi. Penyebab itu bisa genetik (keturunan), merokok, kegemukan, kurang olahraga, banyak makan makanan yang asin, kelainan pada pembuluh darah di ginjal, stress. Selain itu beberapa faktor risiko dalam pekerjaan juga dapat menyebabkan darah tinggi, misalnya terpajan bising, stress kerja, tekanan udara panas, bahan kimia, dll.

Mengenai apakah harus minum obat darah tinggi, itu tergantung pada penilaian dokternya. Menurut saya kalau tidak ada hal-hal lain yang dapat membahayakan jiwanya, mungkin dapat diawali dengan life style modification (perubahan gaya hidup) dulu. Setelah itu dilakukan evaluasi ulang, apakah sudah turun atau belum. Bila masih tinggi, atau malah tambah tinggi, mungkin perlu minum obat.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

lizza said...

selamat sore dokter,
saya seorang obu rumah tangga asalnya tekena maag. perut kembung dan muntah-muntah. 3 minggu kemudian pas saya kontrol lagi tensinya naik 150/100. sekarang saya minum obat maag ( racikan ) dan juga captropil. 1x1 . bolehkah saya tambah dosisnya kayanya kurang berasa dokter. Terimakasih

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Lizza,

Memangnya ibu minum captopril yang berapa mg? Terus akan ibu tambah menjadi berapa dosisnya? Yang ibu maksud dengan kurang berasa itu apa?

Ibu, seorang dokter memberikan obat dan dosisnya berdasarkan banyak pertimbangan, berdasarkan penilaian klinis. Bukan seperti membuat bumbu gado-gado, kalau kurang berasa pedas tinggal ditambah cabenya, kurang berasa asin tinggal ditambah garamnya, hehehe.

Untuk mengetahui apakah jenis obat dan dosis obat yang ibu minum sudah tepat atau belum (sudah berasa atau belum) maka ibu perlu datang lagi ke dokter untuk diukur ulang tekanan darahnya. Apabila tekanan darahnya masih tetap atau turun tetapi belum mencapai target, maka benar obatnya kurang berasa.

Darah tinggi itu tidak ada gejalanya. Penyakit tekanan darah tinggi diketahui melalui pemeriksaan tekanan darah. Jadi tidak bisa, sakit kepala misalnya dijadikan patokan. Kalau sudah tidak sakit kepala berarti tekanan darahnya sudah normal. Itu salah besar. Jadi ibu perlu mengukur tekanan darah ibu lagi.

Pengobatan darah tinggi bukan cuma dengan obat-obatan saja, tetapi ibu juga harus mengurangi makan makanan yang asin (ikan asin, telur asin), perbanyak makan buah dan sayur-mayur, kurangi makan daging, olahraga ringan secara teratur, hindari stress.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

lizza said...

dear pak dokter.
Terimakasih dokter sudah mau menanggapi surat saya. keluhan saya selama darah tingg adalah kalau makan jantung suka deg-degan, badan terasa lemas dan agak mual. saya jadi bingung , itu akibat dari maag atau darah tinggi. oh iya dok, saya juga ngga bisa tidur. kalaupun tidur gelisah / sering kaget. sekarang saya dikasih obat ativan. captropil yang saya minum 25mg. dokter sembuh dari darah tinggi lama ngga sih? saya sudah seminggu nih.terimakasih dokter. Tuhan berkati.

lizza said...

doket maaaf ada yang kurang yang mau saya tanyakan. bolehkah minum susu orang darah tinggi?

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Lizza,

Kalau pertanyaannya hanya apakah lama sembuh dari darah tinggi? Maka jawabannya adalah untuk penyakit darah tinggi tidak ada kata "sembuh". Pengertian sembuh untuk penyakit darah tinggi adalah terkendalinya tekanan darah sesuai target. Berapa target tekanan darah yang harus dicapai? Target tekanan darah yang harus dicapai itu berbeda-beda dari satu pasien ke pasien lainnya, tergantung dari apakah ibu ada penyakit-penyakit lain atau tidak. Penyakit-penyakit lain seperti apa? Penyakit kencing manis, penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, dll. Bagaimana ibu bisa tahu target tekanan darah yang harus dicapai? Dengan memeriksakan diri ibu ke dokter yang menguasai hal-ihwal penyakit darah tinggi. Bagaimana cara mencapai target tekanan darah tersebut? Banyak caranya, antara lain modifikasi gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan dari dokter secara teratur.

Karena ibu juga menuliskan keluhan ibu, maka keluhan jantung berdebar-debar dan badan terasa lemas harus dilakukan pemeriksaan fisik yang teliti dan pemeriksaan penunjang berupa EKG dan foto rontgen dada. Selain itu harus dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi adakah penyakit gula (kencing manis), kolesterol, dan fungsi ginjal.

Untuk pasien dengan darah tinggi banyak sekali yang harus ditanyakan, diperiksa, dan diobati. Pengobatan darah tinggi bukan cuma masalah mencapai target tekanan darah saja. Tetapi bagaimana mengelola faktor-faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang lainnya. Tujuan pengobatan darah tinggi selain untuk mencapai target tekanan darah, maka yang lebih penting adalah untuk mencegah terjadinya kerusakan pada organ-organ tubuh ibu. Organ-organ apa saja yang bisa rusak oleh karena tekanan darah tinggi? Otak, mata, jantung, ginjal, dan semua pembuluh darah di tubuh ibu. Dengan perkataan lain, mengobati darah tinggi berarti berupaya menceegah terjadinya stroke, serangan jantung, penyakit ginjal, dll.

Saran saya adalah sesegera mungkin ibu berobat ke dokter yang menguasai hal-ihwal penyakit darah tinggi, dokter yang mau memberikan edukasi/penjelasan mengenai penyakit ini sehingga ibu dapat berobat dengan baik dan benar.

Semoga cukup jelas, apabila masih ada yang ingin ditanyakan silakan menulis kembali.

Oh ya, saya baru tahu kalau ada susu khusus untuk orang darah tinggi. Apa mereknya?

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

lizza said...

terimakasih dokter untuk penjelasannya. maksud saya tentang susu itu begini dokter. saya khan darah tinggi. jadi bolehkah minum susu? seperti milo. dancow atau lain-lainnya.

lizza said...

terimaksih dokter atas penjelasannya.
agak kaget juga membaca penjelasan dokter. oh iya dokter, yang saya maksud susu itu begini, bolehkah saya minum susu seperti milo, dancow atau yang lainnya. habis ada yang bilang jangan minum susu.

noova said...

slamt sore dokter,,,
mohon bantuannya,,,
dokter,, saya berumur 49 tahun,
tensi saya tinggi 140/100.
kepala saya terasa berat,
asam lambung saya jg meningkat,,,
sudah seminggu saya sering pusing, hoyong,, pandangan serasa berputar-putas,,,sekarang saya jg sedang terapi tangan.
apa saja makanan yg bisa saya makan,,,??
dan apa saja makanan yang harus saya hindari??

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Noova,

Tekanan darah 140/100 termasuk hipertensi grade II. Hipertensi grade II disertai dengan keluhan nyeri kepala dan pusing adalah sesuatu yang serius.

Sebaiknya anda segera berobat ke dokter.

Saya tidak tahu apa yang anda maksud dengan terapi tangan.

Yang tidak boleh dimakan adalah makanan yang asin, misalnya ikan asin, telur asin, membubuhi lauk pauk dengan garam yang berlebihan. Kurangi makan daging, terutama daging kambing. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Sekali lagi segera ke dokter!

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Whats up all, I just registered on this brilliant discussion board and desired to say hi there! Have a magnificent day!

Anonymous said...

hiya


Just saying hello while I read through the posts


hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

Nita_Nugraha said...

selamat sore dok,

Dok apa benar Renadinac 50 mg adalah obat tekanan darah tinggi.
terimakasih.

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Nita,

Renadinac bukan obat tekanan darah tinggi. Malahan jika mengkonsumsi obat ini dapat menurunkan efektivitas obat darah tinggi golongan diuretik dan beta bloker.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
mia said...

trm

darmiyani said...

selamat pagi dok....

Dok, saya berumur 23 tahun....
Waktu itu saya habis dari tensi...
dan tensi saya 140/100, trus katanya saya kemungkinan terkena penyakit gondok beracun...
yang igin saya tanyakan..
apa iya dok, tensi tinggi bisa menyabakan penyakit itu..??
sedangkan saya tidak atau tidak merasa, memilki tanda-tanda yang disebutkan..
hanya suka sakit kepala aja, tpi tdak terlalu amat sakitnya, wlpun sering...

Terima kasih

Obat dan Kesehatan said...

Kalau untuk amlodipin, apakah bisa digunakan untuk penderita penyakit jantung?

Desta's Site said...

Selamat sore pak Dokter, saya mau tanya mengapa hipertensi bisa menyebabkan nefrosklerosis dan gagal ginjal?alurnya gimana?

Anonymous said...

selamat pagi dok....

Dok, saya berumur 23 tahun, berta badan 52kg, tinggi 163....
Waktu itu saya habis dari tensi...
dan tensi saya 140/100, trus katanya saya kemungkinan terkena penyakit gondok beracun...
yang igin saya tanyakan..
apa iya dok, tensi tinggi bisa menyabakan penyakit itu..??
sedangkan saya tidak atau tidak merasa, memilki tanda-tanda yang disebutkan..
hanya suka sakit kepala aja, tpi tdak terlalu amat sakitnya, wlpun sering, tetapinya saya belum periksa lebih lanjut lagi dok...

nuniek said...

selamat sore dok,
tgl 27 desember 2011 (hari selasa kemarin) ibu saya cek darah dan hasilnya adalah:
kolesterol total : 252 mg/dl
kolesterol ldl : 153 mg/dl
kolesterol hdl : 77 mg/dl
menurut dokter yang memeriksa ibu saya, ibu saya tu kolesterolnya tinggi, lalu ibu saya diberi obat redinac 50 dan piroxicam 10 mg. nah setelah ibu saya mengkonsumsi kedua obat tersebut, ibu saya langsung merasa pusing, kepalanya berasa muter2 gitu katanya, dok...apakah itu efek samping dari kombinasi kedua obat tersebut? jadi sebaiknya gimana ya, dok, apakah ibu saya harus menghentikan meminum salah satu dari kedua obat tersebut, atau bagaimana ya, dok?saya tunggu jawabannya ya, dok. terima kasih.

Anonymous said...

Siang dokter, ibu saya berusia 57 th, beliau selalu ngeluh sakit di bagian lutut,bokong,dan mual,dan selama ini mengkonsumsi obat RENADINAC, METYLPLEDNISOLONE,FARMOTEN,.obat itu sudah bertahun-tahun di konsumsi tpi tetap msh mrasakan sakit,.tapi jika tidak minum obat itu sehari saja rasanya sakit semua.,yang ingin saya tanyakan apa ada jenis obat lain selain yang saya sebutkan diatas untuk kesembuhan ibu saya ? sebelumnya saya ucapkan terima kasih

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Darmiyani,

Hipertensi pada wanita muda perlu diselidiki lebih lanjut. Hipertensi sebagian besar tidak diketahui penyebabnya. Tetapi ada beberapa kelainan/penyakit yang dapat mengakibatkan hipertensi. Salah satunya adalah hipertiroid. Hipertiroid adalah kelainan pada kelenjar gondok dimana kelenjar gondok memproduksi hormon tiroid yang berlebihan. Salah satu akibat dari hipertiroid adalah hipertensi. Untuk memastikan apakah kelenjar gondok anda memproduksi hormon tiroid yang berlebihan atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan klinis dan juga pemeriksaan laboratorium.

Selain hipertiroid, adanya kelainan pada pembuluh darah yang menuju ke ginjal juga dapat menyebabkan hipertensi.

Saran saya anda segera kembali ke dokter anda untuk mendiskusikan/mencari tahu penyebab anda menderita darah tinggi.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Nuniek,

Redinac 50 dan piroxicam 10 mg bukan obat kolesterol.

Minum obat apapun jika menimbulkan efek samping apapun maka sebaiknya dihentikan.

Keluhan yang dialami bisa disebabkan oleh efek samping obat, tetapi bisa pula disebabkan oleh penyakit lain.

Anjuran saya: kembali ke dokter yang meresepkan obat dan ceritakan keluhan yang dialami oleh ibu anda setelah meminum obat tersebut. Nanti dokter anda yang memutuskan obat apakah yang menyebabkan keluhan tersebut. Dan menilai apakah keluhan tersebut disebabkan oleh efek samping obat atau oleh adanya penyakit lain yang muncul berbarengan.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear friend,

Mengonsumsi obat RENADINAC dan METHYLPREDNISOLONE selama bertahun-tahun? Wah berbahaya sekali. Apakah obat-obatan tersebut dibeli dengan resep dokter? Sebaiknya dibeli dengan resep dokter, karena dengan begitu dokter melakukan pengawasan terhadap kemungkinan timbulnya efek samping yang berbahaya.


Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Maaf dokter,.berbahaya nya seperti apa jika RENADINAC dan METHILPLEDNISOLONE dikonsumsi secara terus menerus. Ya obat itu atas resep dokter yang memeriksa ibu saya. Jadi dok, yang ada ibu saya seperti kecanduaan dengan obat itu, karena kalau tidak minum sehari saja seluruh badan sakit semua. Menurut dokter ibu saya seharus nya minum obat apa supaya tidak ketergantungan dengan jenis obat yang saya sebutkan di atas ? sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Anonymous said...

Dear dokter,

Nama saya Retno, ingin bertanya tentang penyakit darah tinggi Ibu saya usia 49 th, TD 160/110 tinggi badan 153 cm berat badan 62 kg. Sudah 2 tahunan atas resep dokter beliau konsumsi catrofil 25gr sehari 2x pagi dan sore. Jika tidak minum menurut beliau akan timbul sakit kepala.

Yang ingin saya tanyakan apakah ada efek negatif bila konsumsi obat tersebut bertahun2?

Sebaiknya apa yang harus kami lakukan?

Terima kasih dan salam.

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Friend,

Mengenai efek samping obat renadinac dan methylprednisolone dapat disearch di internet dengan key word methylprednisolone side effect. Pemakaian obat jangka panjang sebaiknya diberikan atas petunjuk dokter, dan yakinkan bahwa dokter memantau efek samping yang mungkin terjadi serta sudah diperhitungkan antara manfaat dan risiko efek samping.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Friend,

Mengenai efek samping obat renadinac dan methylprednisolone dapat disearch di internet dengan key word methylprednisolone side effect. Pemakaian obat jangka panjang sebaiknya diberikan atas petunjuk dokter, dan yakinkan bahwa dokter memantau efek samping yang mungkin terjadi serta sudah diperhitungkan antara manfaat dan risiko efek samping.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Retno,

Tekanan darah tinggi ibu anda sudah termasuk kelompok hipertensi derajat 2. Dengan minum captopril 2 x 25 mg pagi dan sore, apakah tekanan darahnya tetap 160/110? Kalau ya, maka dosis obatnya kurang tepat atau perlu ditambah dengan obat darah tinggi golongan lain. Sebaiknya ibu anda diajak berobat ke dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

sore dok, saya wanita tinggi 159cm berat 67 kg, akhir akhir ini saya serig mengalami rasa sakit hebat seperti tertusuk di telapak kaki, itu tanda sakit apa ya dok??rasanya hilang muncul,terima kasih

Anonymous said...

pagi dok,sya wanita usia 35th,BB 38,TB 153.Saya sdah 16thn menderita lupus,wktu prtama divonis lupus hasil tes drah sya untuk rematik artritisnya(RA) negatif,tp thun kmarin sya di tes drah lgi RA nya jd positif,apakah ada hubungannya antra lupus dengn RA?terimakasih.

Eko - Yogya said...

Assalamualaikum...
Pak dokter, apakah daun singkong dan bayam adalah dapat menaikkan tekanan darah ? jika ya apakah berarti penderita tekanan darah tinggi tidak boleh mengkonsumsi daun singkong dan bayam tersebut ?
Terimaksih banyak atas jawabannya, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat kesehatan kepada Bapak.

eko.

Anonymous said...

Hallo dokter,
saya sedang hamil 9 minggu anak ketiga, tekanan darah saya 155/90, padahal biasanya saya 110/80 walaupun saat hamil anak pertama dan kedua, dan saya dikasih obat Vastigo 2x1,asabium utk malam saja,ranitidin 2x1, apakah itu termasuk obat untuk darah tinggi dan amankah buat utk saya yg sedang hamil? apakah saya termasuk preeklamsia?

Anonymous said...

Idiosyncratic aeon, a construction sect turned up to start edifice a forebears on the use up lot.

The [url=http://blogs.hoy.es/tudess/2012/11/28/south-african-simultaneously-married-to-four-women/]2ef7o9wt[/url] [url=http://kamachu.000space.com/msu.html]528016[/url] 175015 8gg6v2cb 262506 sprouts relations's 5-year-old daughter as expected took an involvement business in all the

jolly-boat in clover on next door and dog-tired much of each heyday observing the workers.

Anonymous said...

ttzlrruts wgdooffwp enyttrjmu [url=http://www.discount-uggboots.info]ugg boots sale[/url] zsywbousq gfkucaxeb hjxjjivds sginicnzb hsqauupxw [url=http://www.discount-uggboots.info]ugg boots sale[/url] uczxxqtfc iyxuzbrxl kuyeokpbg on [url=http://www.discount-uggboots.info]www.discount-uggboots.info[/url] klhppiell nuashshlt wvpkyywkb ofbakgjxt
[url=http://discountuggbootsoutletscheapsaleonline.webstarts.com]ugg boots discount[/url] hvrnflwti ibdlejajs kokqhvsyv [url=http://discountuggbootsoutletscheapsaleonline.webstarts.com]discount ugg boots[/url] bmwdeujmp evmusrlyd ppxxegqqi ipjfggfop gadexjwjp on [url=http://discountuggbootsoutletscheapsaleonline.webstarts.com]discountuggbootsoutletscheapsaleonline.webstarts.com[/url] zuuegisat juirracmp ttojzspcz xjmacydpj
Related articles:
http://nehslove.com/vb3//newreply.php?do=newreply&noquote=1&p=260453
http://sinaves.com.ar/contacto/comentarios/http:%2f%2fdiscountuggbootsoutletscheapsaleonline.webstarts.com
http://versatek.org/css//index.php?t=1

Anonymous said...

When you consider the meaning of the saying like, with terms of an intimate romance with one other, however as a emotion that is definitely engendered once you have miltchmonkey a much better romance yourself also : or even for a a sense larger unity with your loved ones or perhaps the human race : then it turns into far more extraordinary that everyone is looking for to have is usually adore.

Anonymous said...

top [url=http://www.c-online-casino.co.uk/]casino games[/url] hinder the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]online casino[/url] unshackled no consign hand-out at the leading [url=http://www.baywatchcasino.com/]baywatchcasino
[/url].

Anonymous said...


[url=http://www.pakcerscheapjersey.com/packers-by-player-henry-jordan-jersey-c-1_46.html][b]Henry Jordan Jersey[/b][/url]
[url=http://www.pakcerscheapjersey.com/packers-by-player-james-jones-jersey-c-1_49.html][b]James Jones Jersey[/b][/url]
[url=http://www.pakcerscheapjersey.com/packers-by-player-tom-crabtree-jersey-c-1_79.html][b]Tom Crabtree Jersey[/b][/url]

John Jefri Tompodung said...

Salam. Dok tensi saya pernah capai 140/100 konsumsi captopril 12.5 mg sehari 2x setelah minum badan malah terasa lemas kira minum bari 2 tablet ditensi lagi 100/60. Karna tensi drop sy hentikan obat. Sy penderita maag kronis. Setiap maag sy kambuh pasti tensi sy naik sekitar 140/90 sy coba minum obat maag omeprazole tanpa kombinasi captopril. Kalau maag agak baikanbtensi sy turun 130/90. Yg buat sy bingung pd saat sy tensi posisi duduk 130/90 Kalau tidur 115/70. Apa memang ada perbedaan jauh antara posisi duduk dgn tidur. Akhir2 ini tensi sy diastolnya selalu 90 sedangkan sistol kisaran 120 sampai 135
Umur sy 37 thn berat 80 kg

Anonymous said...

simply stopping by to say hi

Anonymous said...

We [url=http://www.casinobonus.gd]no deposit casino bonus[/url] be suffering with a ample library of utterly freed casino games championing you to play privilege here in your browser. Whether you pine for to training a provisions encounter strategy or scarcely sample elsewhere a insufficient modern slots before playing on the side of legitimate in dough, we be undergoing you covered. These are the exacting uniform games that you can treat cavalierly at true online casinos and you can part of them all in requital for free.

Anonymous said...

Hello. And Bye. Thank you very much.

surya said...

Pagi Dokter,

Saya umur 28 dengan tb dan bb 172 / 68, kemarin saya pusing2 dan tensi saya 155/85. Saya tidak punya riwayat hipertensi sebelumnya. Bagaimana supaya tensi saya normal kembali. Terima kasih

Anonymous said...

Selamat malam Dokter...
Nama saya : Hasanudin
Umur : 34 Tahun
Tumit kaki kanan saya sudah hampir 1 bulan terasa sakit, apalagi sebangun tidur dan atau setiap kali akan menginjakkan kaki kalau lama duduk.
Mohon kiranya Dokter memberikan cara untuk saya lakukan supaya sembuh.
Terimakasih Dokter

eva nurarofah said...

salam kenal dok, saya eva , usia saya 19 tahun,berat badan saya 49 kg saya sering mengalami sakit pada bagian tumit saya,terkadang terasa nyeri , begitupun saat saya bangun tdur,,tapi rasa sakit ini tidak saya alami setiap hari, apa penyebabnya ya dok ? dan bagaimana solusinya dok ? terima kasih dokter :)

Anonymous said...

Hello therе, You have ԁone a fantаѕtic job.
I'll definitely digg it and personally recommend to my friends. I am sure they'll
be benefitеd frоm this web site.

Also visit my websіte :: universal life insurance

Yose said...

Yth. Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Nama saya Yose Rizal Triarto, saya pria, 28 tahun, golongan darah A, dengan berat badan 85kg dan tinggi badan 185cm. Saya seorang sales dengan orientasi kerja di kantor dan di lapangan.

Pada Kamis malam minggu lalu saya ikut futsal selama 1 jam. Saat itu memang saya merasakan keletihan yang luar biasa karena saya termasuk orang yang jarang berolahraga. Pada hari Sabtu dan Minggu saya merasakan pusing dan linu pada badan saya. Berhubung weekend saya libur saya istirahat saja. Ketika Senin dan Selasa saya masuk kerja saya merasakan kepala dan leher bagian belakang agak nyeri dan pusing-pusing. Selasa malam saya cek dengan alat tekanan darah di salah satu stand di Atrium Senen, Jakarta Pusat, saya mendapati nilai 130/85 an untuk rata-rata dua kali pemeriksaan.

Walau mungkin hasil tidak terlalu valid karena pengambilan data hanya di satu tempat & berjarak hanya mungkin 1-2 jam an bedanya, saya merasa perlu bertanya kepada dokter, adakah hubungannya antara keletihan yang berlebihan dengan tekanan darah tinggi?

Keluarga bapak dan ibu memang memiliki darah tinggi.

Saya akhirnya mengkonsumsi obat Captopril sejak Senin dan Selasa malam, 1x sebelum tidur. Hari ini sudah agak baikan kondisi saya. Pusing masih ada sedikit. Tapi nyeri leher belakang sudah jauh berkurang.

Pertanyaan saya berikutnya, amankah mengkonsumsi obat macam Captopril dan Simvastatin (untuk kolesterol) 1x sehari sebelum tidur malam, untuk saya dengan data-data di atas?

Terima kasih banyak dokter. Saya menunggu jawaban dokter. Salam.

Anonymous said...

Dok saya punya darah tinggi 190/100 usia saya baru 22 tahun tinggi 165 cm berat badan 58 kg, gimana cra mengobatinya dok?? terus berapa lama bisa kembali normal lagi darahnya ? saya darh tinggi akibat pernah mengalami gejala ginjal, tapi sekrang sudah sembuh. Apakah ini karena gaya hidup saya yang sering begadang dan merokok ?

Anonymous said...

Malam dok ,saya ingin bertanya , mama saya terkena hipertensi ,tp tdk ingin hidup ketergantungan dengan obat hipertensi sehingga beliau memilih mengurangi asupan garam,dan merubah pola hidip ny saja . Tetapi apakah dengan tidak meminum obat itu berbahaya dok?

Anonymous said...

siang dok,saya ley. usia saya 25. sering mengalami sakit kepala, pusing dan keletihan saat sedang ada tekanan. namun sejauh ini belum pernah memeriksakan tekanan darah. keluarga saya punya riwayat hipertensi. yang mau saya tanyakan, apakah ada kemungkinan saya menderita hipertensi di usia saya? lantas apakah suatu saat bisa mengakibatkan kematian mendadak di usia di bawah 35 tahun? apakah ada kasus demikian yang pernah terjadi? harap penjelasaannya yaa dok, :)

Wulan Xaveria Nightray said...

Malam, dok....
saya seorang mahasiswi berusia 21 thun dengan tinggi 150 m dan berat 50 kg, punya riwayat hipertensi dalam keluarga saya... akhir2 ini saya merasa pusing seperti berputar-putar, bahkan terjadi rutin tiap hari selama 5 hari ini dok, kadang saya mengalami keringat dingin saat kepala saya terasa pusing sekali... setelah di tensi, ternyata saya mengalami hipertensi dengan tensi 140/100... kira-kira dok apa tidak apa di usia muda mengalami hipertensi?? apa kiat agar saya bisa menurunkan tekanan darah tinggi dok???

makasih sebelumnya dok.

Anonymous said...

Ass, dok sya usia 19 dan tinggi badan 170cm, dgn berat 55kg, yg ingin sy tanyakan, sy sering pusing, keringat dingin, stelah sya tensi ternyata 140/90, kira" mkanan apa yg bisa menurunkan n menstabilkan kembali tekanan darah sy dok? N apakah sy boleh minum susu sperti dancow. Milo dsb, trmksh dok

eka setianingsih said...

Edar dokter, saya usia 29 tahun dengan tekanan darah 140/100. Tetapi, ketika saya terjangkit virus Rubella brp Minggu yg lalu tekanan darah saya malah rendah menjadi 90/80. Padahal,dahulu normalnya saya itu 100/90 dok. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya tergolong kpd tekanan darah tinggi Grace 2?.
Lalu, brp hari ini saya sering merasakan sesak di dala ketika menghela nafas, dan satu hari dada sebelah kiri sesak hingga menusuk ke punggung. Apakah ini gejala dari jantung koroner? Mengingat mama saya penderita tekanan darah tinggi, kolesterol dan jantung.
Obat apakah yg harus saya minum ya dok.
Terima kasih. Mohon maaf banyak sekali pertanyaan saya.
Regards,
Eka

Anonymous said...

pagi dokter istri saya mengalami keluhan sakit kepala setelah di bawa ke dokter spesialis pnyakit dalam tensi nya 190 dok,setelah di cek darah ternyata hb nya rendah gimana solusi nya dok

Anonymous said...

Dok sy umur 30 thun sy divonis dokter hipertensi . Tensi sy 150/100 sejak sy sakit berat bdan sy trun tinggal 40 kg. Sy sdh berobat kedokter tp tdk ada perubahan apa yg hrs sy lakukan dokter

Imelda Yulianti said...

Dok saya mau tanya, obat-obat hipertensi sebaiknya kan diminum pagi hari tapi kebanyakan diresepkan diminum pada malam hari misalkan Amlodipine. menurut dokter apakah pengobatan tersebut sudah benar?

yani said...

Dear Dokter..sy Wanita usia 35 th..3 minggu belakangan sy sering sakit Kepala dan pegal tengkuk..sy cek tensi bbrp kali..pernah 144/98..sy kaget biasanya tensi sy 130 an / 80 an..trus sy lgsg minum amlodipin 5mg krn sy teringat almh Ibu sy yg meninggal krn penyumbatan pembuluh darah di otak dan wktu di ICU tensinya sampai 200 lebih.padahal biasanya ga pernah segitu..jika diukur paling 135-140 dan diastole nya jg 80 an..trus Dokter menyarankan ssy minum analsik saja krn mgkn tensi sy naik krn stress..mmg kmdn bbrp kali diukur lagi sistolenya 130 an tapi diastolenya kok tetap cenderung tinggi ya Dok antara 85-94..apa penyebab diastolenya tinggi??tks Dok..

yani said...

Dear Dokter..sy Wanita usia 35 th..3 minggu belakangan sy sering sakit Kepala dan pegal tengkuk..sy cek tensi bbrp kali..pernah 144/98..sy kaget biasanya tensi sy 130 an / 80 an..trus sy lgsg minum amlodipin 5mg krn sy teringat almh Ibu sy yg meninggal krn penyumbatan pembuluh darah di otak dan wktu di ICU tensinya sampai 200 lebih.padahal biasanya ga pernah segitu..jika diukur paling 135-140 dan diastole nya jg 80 an..trus Dokter menyarankan ssy minum analsik saja krn mgkn tensi sy naik krn stress..mmg kmdn bbrp kali diukur lagi sistolenya 130 an tapi diastolenya kok tetap cenderung tinggi ya Dok antara 85-94..apa penyebab diastolenya tinggi??tks Dok..

Anonymous said...

Siang dok, mau tanya obat amlodipine Ĩtΰ benar obat tekanan darah tinggi?

fransiska hutahaean said...

selamat siang dokter,,,,
dok,aku mau nanya nih,,,
sering terjadi sistol nya normal sedangkan diastol nya rendah ato tinggi,,
ato sebaliknya dok,sistol nya rendah sedangkan diastolnya normal ato tinggi,,
ituh kenapa bisa yah dok?
apa diastol ma sistolnya gak harus sama?

yesy sutrisno said...

selamat siang dokter suryo,,,
sya yesy sutrisno dari solo,,,
mengenai tekanan darah tinggi ada beberapa tanggapan bahwa jika HT tidak boleh di suntik apapun itu nanti akan berakibat stoke,,, apakah benar demikian? mohon penjelasannya,, dan apakah berbahaya pada wanita yg ingin KB suntik tp memiliki HT ? trimakasih,,, :)

yesy sutrisno said...
This comment has been removed by the author.
Hepi said...

Terimakasih untuk imformasinya dok,
dok saya Hepi mau tanya ibuk saya sakit hipertensi kadang-kadang sampai 170, dan kadang-kadang turun drastis. Umur ibuk saya 45, ibuk saya juga sakit nyeri leher bagian belakang dan kepala bagian kanan. dok kalau itu kenapa y........

Anonymous said...

pa dokter , ayah saya sedang mengalami hipertensi, sudah ke dokter namun 4 hari tidak ada perubahan. ayah saya juga susah makan. makan juga dengan nasi bubur saja dan paling makan juga 3 sendok. saya hawatir ayah saya tidak mendapat gizi. usia ayah saya 53 tahun da kemarin tensinya 190 dok. makanan apa yang harus dimakan ayah saya dokter...

faruda said...

Dok... suami saya sejak 2 hari ini mengaku nyeri di kepala yang amat nyeri eeperti kesetrum... kmrn ke dokter tensi darah 140/80 disuruh cek up dan diberi obat analsik tapi kok nyeri tdk berkurang ya dok..? Kita br bisa cek ke dokter lagi hari senin

Ben said...

Dear Dokter,

terima kasih atas sharing informasi mengenai hipertensi.
Papa saya usia 65 tahun dan tekanan darahnya mencapai 175/85.
Oleh dokter diberikan obat paten amlodipine 10 mg / versartan 160 mg. Karena harganya yang sangat mahal, apakah boleh dikonsumsi secara terpisah dengan membeli obat generik amlodipine 10 mg dan versartan 160 mg? apakah efeknya akan sama dok?

terima kasih

ratihfujiastutihar said...

Dokter, mohon infonya. Ibu saya umur 58 tahun memiliki histori penyakit hipertensi. Baru2 ini beliau check ke RS katanya kena penyakit gondok beracun (hipertiroid jika tdk salah), mohon penjelasannya bagaimana penanganan yg baik untuk penyakit tsb dok????

About Me

My Photo
Konsultan masalah kesehatan, keselamatan dan lingkunga kerja.