100 Questions & Answers: Asam Urat

100 Questions & Answers: Asam Urat

Sunday

Plantar Fasciitis atau Nyeri Tumit

  • Pendahuluan
    Apakah anda pernah mengalami nyeri di tumit pada saat baru bangun tidur di pagi hari? Atau apakah tumit anda terasa sakit setelah lari-lari atau bermain tenis?
    Pada umumnya, nyeri tumit disebabkan oleh peradangan dari plantar fascia – suatu jaringan disepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki kita. Keadaan ini disebut plantar fasciitis.
    Plantar fasciitis menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar yang biasanya bertambah buruk pada pagi hari karena fascia mengencang (berkontraksi) sepanjang malam. Segera setelah kita berjalan-jalan beberapa saat, nyeri yang disebabkan oleh plantar fasciitis ini biasanya berkurang, tetapi mungkin akan terasa nyeri kembali setelah berdiri beberapa lama atau setelah bangun dari posisi duduk.
    Pada kebanyakan kasus, nyeri dari plantar fasciitis ini akan menghilang dengan sendirinya tanpa pembedahan atau pengobatan invasif lainnya. Dan anda dapat mengambil beberapa langkah untuk mencegah terjadinya lagi plantar fasciitis.

    Gejala
    Plantar fasciitis biasanya timbul secara bertahap, tetapi dapat juga datang dengan tiba-tiba dan langsung nyeri hebat. Dan meskipun dapat mengenai kedua kaki, akan tetapi lebih sering hanya pada satu kaki saja. Perhatikan adanya:
    · Nyeri tajam di bagian dalam telapak kaki di daerah tumit, yang dapat terasa seperti ditusuk pisau pada telapak kaki.
    · Nyeri tumit yang cenderung bertambah buruk pada beberapa langkah pertama setelah bangun tidur, pada saat naik tangga atau pada saat jinjit (berdiri pada ujung-ujung jari).
    · Nyeri tumit yang timbul setelah berdiri lama atau setelah duduk lama kemudian bangkit dan berjalan maka timbul nyeri tumit.
    · Nyeri tumit yang timbul setelah berolahraga, tetapi tidak timbul pada saat sedang berolahraga.
    · Pembengkakan ringan di tumit.

    Penyebab
    Dalam keadaan normal, plantar fascia kita bekerja seperti sebuah serabut-serabut penyerap kejutan (shock-absorbing bowstring), menyangga lengkung dalam kaki kita. Tetapi, jika tegangan pada serabut-serabut tersebut terlalu besar, maka dapat terjadi beberapa robekan kecil di serabut-serabut tersebut. Bila ini terjadi berulang-ulang maka fascia akan menjadi teriritasi atau meradang. Penyebab plantar fasciitis dapat diakibatkan:
    · Aktivitas fisik yang berlebihan. Plantar fasciitis umum dijumpai pada pelari-pelari jarak jauh. Jogging, berjalan atau naik tangga juga dapat menyebabkan stress yang terlalu banyak pada tulang tumit kita dan jaringan lunak yang terikat di sana.
    · Arthritis. Beberapa tipe arthritis dapat menyebabkan peradangan pada tendon dari telapak kaki, yang dapat menyebabkan plantar fasciitis.
    · Diabetes. Meskipun tidak diketahui mekanismenya, akan tetapi plantar fasciitis terjadi lebih sering pada orang dengan diabetes.
    · Mekanik kaki yang abnormal. Lengkung telapak kaki yang datar atau terlalu melengkung atau pola berjalan yang abnormal dapat mengakibatkan distribusi berat badan kita tidak seimbang diterima oleh kedua kaki, dan menyebabkan stress tambahan paa plantar fascia.
    · Sepatu yang tidak cocok. Sepatu yang solnya tipis, longgal atau tidak ada dukungan untuk lengkung kaki atau tidak ada kemampuan untuk menyerap hentakan tidak melindungi kaki kita. Jika anda secara teratur memakai sepatu dengan tumit tinggi maka tendon Achilles – yakni tendon yang melekat pada tumit kita – dapat berkontraksi/tegang dan memendek, menyebabkan strain pada jaringan di sekitar tumit.
    Faktor-faktor Risiko
    Risiko anda mendapatkan plantar fasciitis meningkat jika anda:
    § Aktif dalam olahraga. Aktifitas yang menempatkan sejumlah stress pada tulang tumit anda dan jaringan yang melekat di sekitar tumit adalah yang paling sering menyebabkan plantar fasciitis. Ini antara lain berlari, dansa balet, dan aerobik.
    § Kaki datar atau mempunyai lengkung tinggi. Orang-orang dengan kaki datar mempunyai penyerapan kejutan yang kurang, yang mana hal ini meningkatkan peregangan dan tegangan pada plantar fascia. Orang-orang dengan lengkung kaki yang tinggi mempunyai jaringan plantar yang lebih ketat, yang juga menyebabkan penyerapan kejutan yang kurang.
    § Usia paro baya atau lebih tua. Nyeri tumit cenderung lebih umum dijumpai oleh karena penuaan menyebabkan lengkung kaki mulai mendatar, menimbulkan stress pada plantar fascia.
    § Berat badan berlebih. Berjalan-jalan dengan berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan jaringan lemak di bawah tulang tumit dan menyebabkan nyeri tumit. Orang-orang yang naik berat badannya dengan cepat dapat menderita plantar fasciitis, tetapi tidak selalu.
    § Kehamilan. Berat badan yang bertambah dan pembengkakan yang dialami pada saat hamil dapat menyebabkan ligamen (jaringan pengikat) pada tubuh termasuk di kaki – untuk mengendur. Ini dapat menyebabkan permasalahan mekanikal dan peradangan.
    § Pekerjaan. Orang-orang dengan pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan banyak berjalan atau berdiri pada permukaan yang keras, termasuk pekerja pabrik, guru, dan pelayan restoran, dapat merusak plantar fascia mereka.
    § Mengenakan sepatu dengan support lengkung kaki yang kurang atau alas sepatu yang kaku.

    Kapan harus ke dokter
    § Jika anda mengalami nyeri lutut, anda dapat mencoba beberapa cara pengobatan sendiri, seperti melakukan peregangan dan mengubah aktivitas anda. Jika tidak ada banyak kemajuan setelah beberapa minggu, kunjungi dokter keluarga anda.
    § Carilah pertolongan lebih cepat jika nyeri yang anda alami memburuk meskipun sudah melakukan peregangan dan mengubah aktivitas anda. Jika anda juga mempunyai diabetes atau keadaan lain yang mnyebabkan peredaran darah yang buruk, anda harus ke dokter untuk dilakukan penilaian dini perubahan-perubahan yang terjadi di kaki anda.


    Tes dan diagnosis
    · Dokter akan menanyakan mengenai keluhan yang anda derita dan mencari titik-titik nyeri/kaku di kaki anda. Ini dapat membantu untuk menyingkirkan penyebab-penyebab lain nyeri lutut, seperti tendinitis, arthritis, iritasi saraf atau adanya suatu kista. Dokter mungkin juga menyuruh anda melakukan pemeriksaan Rontgen atau MRI untuk menyakinkan bahwa anda tidak mengalami fraktur tekanan.
    · Kadang-kadang, hasil rontgen menunjukkan adanya tonjolan tulang baru (spur) dari tulang tumit. Pada masa lampau, tonjolan tulang sering kali dituding sebagai penyebab nyeri lutut dan dibuang dengan pembedahan, tetapi sekarang diketahui bahwa tonjolan tulang tidak menyebabkan nyeri. Pembedahan untuk membuang spur sangat jarang dilakukan.

    Komplikasi
    · Mengabaikan plantar fasciitis dapat menyebabkan keadaan menahun yang mengganggu aktivitas rutin anda. Anda juga dapat mengalami masalah-masalah di kaki, lutut, paha atau punggung oleh karena plantar fasciitis akan mengubah cara anda berjalan.
    Pencegahan
    Anda dapat melakukan beberapa langkah sederhana untuk mencegah nyeri yang lebih lanjut:
    § Menjaga berat badan sehat ideal. Ini akan meminimalkan stress pada plantar fascia anda.
    § Memilih sepatu yang ergonomis. Hindari sepatu dengan tumit yang terlalu rendah. Belilah sepatu dengan tumit rendah sampai sedang, mempunyai dukungan lengkung kaki yang baik dan dapat menyerap kejutan/hentakan dengan baik. Jangan bertelanjang kaki, terutama pada permukaan yang keras.
    § Jangan menggunakan sepatu atletik yang sudah rusak. Gantilah sepatu atletik lama anda bila sudah tidak pas lagi dengan kaki anda. Jika anda seorang pelari, belilah sepatu baru stelah digunakan kurang lebih 400 miles.
    § Mulailah aktivitas olahraga secara perlahan. Pemanasan ssebelum memulai aktivitas atletik atau olahraga apapun, dan mulailah suatu program latihan baru secara perlahan-lahan.
    § Lakukan peregangan pada saat bangun tidur. Sebelum anda turun dari tempat tidur di pagi hari, regangkan otot-otot betis, lengkung kaki dan tendon Achilles dengan cara menyentuh ujung kaki anda dan secara perlahan-lahan melipat kaki anda. Ini dapat menolong untuk membalikkan kekencangan dari plantar fascia yang terjadi sepanjang malam.

    Gaya hidup dan pertolongan di rumah

    Dengan mengikuti tip di bawah ini, anda mungkin dapat melenyapkan nyeri tumit tanpa pengobatan lebih lanjut.
    § Kompres es/dingin. Kompres es batu yang dibungkus dengan kain di daerah nyeri selama 15 sampai 20 menit, tiga atau 4 kali sehari atau setelah aktivitas. Atau anda bisa coba urut es. Bekukan sebotol air dan urutkan di atas daerah yang nyeri sekitar 5 sampai tujuh menit. Urut es teratur dapat menolong untuk mengurangi nyeri dan peradangan.
    § Istirahatkan kaki anda. Istirahatkan kaki anda untuk beberapa hari pada saat nyeri parah.
    § Kurangi jarak lari anda.
    § Lakukan olah raga yang tanpa atau rendah hentakan. Gantilah dengan berenang atau bersepeda bila selama ini anda melakukan olahraga berjalan, lari atau jogging. Anda dapat kembali ke aktivitas rutin anda bila nyeri tumit secara perlahan-lahan membaik atau lenyap.
    § Gunakan sepatu yang ergonomis.
    § Lakukan peregangan lengkung kaki anda.

140 comments:

Anonymous said...

Salam kenal dok,
Nama saya Yadi, umur 30th, berat badan 70kg, tinggi 163cm. Saya tidak pernah bermasalah dengan tekanan darah. Terakhir cek darah, kolesterol saja yang tinggi, dan kalo tidak salah ingat SGPT lewat sedikit dari batas normal (saya lupa tepatnya).

Jika habis lari atau bermain tenis meja tumit saya sakit. Biasanya setelah 1 minggu sakitnya hilang. Ini saya alami sejak sekitar 3-4tahun lalu setelah waktu itu bermain tenis meja sampai kelelahan. Sejak itulah tumit saya suka sakit kalo sehabis dipake lari (walaupun cm 1 putaran lap. bola)/ sehabis main tenis meja.

Jika benar penyakit saya ini adalah seperti yang dokter tulis disini (Plantar Fasciitis). Apakah penyakit ini bisa sembuh? Bagaimana caranya? Terimakasih...

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Yadi,

Penyakit ini bisa sembuh sendiri, caranya dengan mengistirahatkan kaki anda dan memakai sepatu yang sesuai.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

keluargawasisso said...

dear dokter,

saya mengalami nyeri ini sejak kehamilan anak kedua sampai denan skrg sdh sekitar 5 blnan, padahal anak sy sdh lahir dan berat sdh turun normal.
ketika hamil anak pertama saya mengalami nyeri serupa tapi hilang setelah melahirkan.
Yang saya tanyakan apakah yang saya alami adalah plantar fascitis, kalau ya apakah memang bisa dialami sampai berbulan2, bagaimanakan penanganannya.

Many thanks
indah

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Indah,

Untuk memastikannya anda harus diperiksa dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

dear dr. Suryo Wibowo,
salam kenal dok,
Saya Najmi, 36th, BB69kg, TB164, tinggal di Semarang. Dari foto MRI saya didiagnosa menderita HNP/ Ischialgia akibat Trauma jatuh dari pohon waktu usia 12th dan sekarang sakitnya sudah menyebar sampai Tumit bawah, Oleh dr.Sp.S saya disuruh operasi pengeprasan bantalan tulang belakang.

Yang ingin saya tanyakan:

- Adakah metode pengobatan lain selain melalui operasi.
- Jika saya melakukan operasi apakah keluhan saya bisa sembuh?
- Kalo saya tidak segera melakukan operasi, apakah akibatnya selain sakit tumit bawah?

terimakasih,
- Najmi -

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Najmi,

Anda mengalami nyeri di daerah punggung yang rasa nyerinya menjalar sampai ke tumit bawah. Sudah berapa lama nyeri ini anda alami? Sedari usia 12 tahun kah? Atau baru beberapa minggu terakhir ini saja?

HNP adalah singkatan dari Hernia Nukleus Pulposus, maksudnya begini, tulang belakang kita terdiri dari ruas-ruas tulang. Di antara ruas-ruas tulang terdapat bantalan yang disebut nukleus pulposus. Nah oleh karena sesuatu hal, jika nukleus pulposus ini keluar dari tempatnya, maka disebut hernia nukleus pulposus.

Metode pengobatan lain selain operasi ada.

Mengenai apakah setelah melakukan operasi keluhan anda bisa sembuh, itu harus ditanyakan pada dokter bedah yang merawat anda.

Mengenai perlu segera atau tidaknya dioperasi tergantung pada penilaian dokter ahli bedah. Biasanya tidak perlu dilakukan operasi secara mendadak. Anda dapat mencoba dulu dengan minum obat-obatan penghilang nyeri, ditraksi (oleh bagian fisioterapi), tidur di alas yang keras.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Nenny purwanti said...

Salam kenal Dok, Saya Nenny purwanti, umur 37 tahun, berat badan 49 kg, tinggi badan 155 cm. Pekerjaan saya sebagai guru mengharuskan saya untuk berdiri cukup lama. Selain mengajar, saya juga melatih PMR dan membina Pramuka yang mengharuskan saya untuk mengikuti siswa dalam berbagai kegiatan. 6 tahun yang lalu saya pernah tidak bisa jalan & sempat terjatuh ketika turun dari gunung Penanggungan karena ditengah jalan, saya bersila cukup lama. Sejak itu kaki kiri saya selalu bermasalah.
3 bulan yang lalu, saya merasa tumit sebelah kiri saya sakit kalau dibuat bediri atau menggantung. Kaki kiri terasa kaku terutama setelah bangun tidur. Kalau dipijat rasa sakit sedikit berkurang. Saya sudah ke dokter dan di beri obat anti nyeri + tablet yang ada glucosamine. Terakhir cek laburat (8 Juni 2009)Trygliseride 116, Cholesterol tot 147,4, as. urat 2,44.
Apakah saya kena Plantar Fasciitis?
Bagaimana cara penyembuhannya? Bolehkan dipijat?
Terima kasih ya Dok ....

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Nenny,

Saya pikir anda tidak terkena plantar fasciitis, tetapi mungkin permasalahan lain. Untuk itu sebaiknya anda konsultasi langsung dengan dokter. Sedangkan mengenai cara penyembuhannya yah tergantung diagnosisnya. Pijat tidak boleh dengan tekanan yang terlalu keras.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

edo said...

Dok,

tumit kaki kanan saya mempunya gejala seperti Plantar Fasciitis seperti dalam uraian artikel dokter. Saya sudah merasakannya selama beberapa tahun ini dan sangat mengganggu, apalagi sehabis bangun tidur.

Hasil lab terakhir saya minggu lalu asam urat 8.8

Untuk Plantar Fascitiis, apakah ada obat yang bisa dikonsumsi bebas atau harus dilakukan pemeriksaan khusus oleh dokter dulu untuk dilihat tingkat sakitnya.

Untuk Asam urat sudah 3 hari ini saya konsumsi obat Allopurinol.

mohon masukannya

edo said...

tambahan pertanyaan lagi dok,

kalo untuk sakit tumit saya itu sebaiknya konsul ke dokter spesialis apa yaa ?

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Edo,

Apakah benar anda menderita plantar fasciitis harus diperiksa lebih dahulu oleh dokter.

Asam urat 8,8 termasuk tinggi, ada baiknya setelah minum obat selama 1 bulan diulang lagi pemeriksaannya.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Dok,saya 3 minggu yg lalu sakit pada pinggang saya sampai tidak bisa jalan atau begerak,namun setelah MRI ternyata hanya cedera otot.dan saya sudah terapi selama seminggu.sekarang sakit pinggangnya sudah lebih baik hanya saja sekarang telapak kaki sebelah kanan bengkak dan terasa sakit kalau berjalan.kaki sebelah kiri ada pembengkakan di belakang tumit.apakah ini karena pengaruh sakit pinggang dok?atau karena hal yang lain.terima kasih

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Friend,

Berapa usia anda? Berapa tinggi dan berat badan anda? Apa pekerjaan anda. Hal-hal ini akan berpengaruh terhadap terjadinya nyeri punggung bawah karena cedera otot.

Bengkak pada telapak kaki tidak berhubungan dengan cedera otot di punggung. Akan tetapi obat-obatan apakah yang anda konsumsi? Ini mungkin dapat menimbulkan efek samping.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

halo dok,saya putri,26th,BB 60kg,tinggi 157,sedang hamil 4 bln。tumit kaki kiri saya sudah 2hari ini sakit,bahkan saat disentuh permukaan kulit tumitnya pun sudah nyeri。pekerjaan saya marketing,dan saya memang sering naik turun tangga untuk bertemu klien ataupun dkantor。saya sudah kompres es tapi belum berkurang juga。kenapa ya?terimakasih dok。。

dr. Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Sakit pinggang ada banyak macamnya. Tetapi jika memang sakit pinggang yang anda alami itu hanya disebabkan oleh masalah cedera otot maka itu adalah simple low back pain (atau nyeri punggung bawah yang sederhana). Biasanya simple LBP tidak menyebabkan masalah pada bagian tungkai dan kaki.

Saya pikir ada masalah lain pada permasalahan yang anda alami. Sebaiknya anda segera ke dokter lagi.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Putri,

Selamat ya atas kehamilannya. Pada wanita hamil terjadi perubahan hormonal, dan juga tentu saja penambahan berat badan. Penambahan berat badan akan lebih membebani tungkai dan kaki, apalagi pekerjaan anda mengharuskan anda banyak berjalan dan naik turun tangga.

Saran saya, anda coba menggunakan sepatu yang lebih longgar dengan alas sepatu yang empuk sekali. Dan untuk membantu mengatasi nyerinya selain dengan kompres dingin, dapat anda coba dengan cream penghilang nyeri yang dijual bebas di apotek.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

salam kenal dok...
saya wiwin umur 34th sejak SLTP saya selalu merasakan nyeri ditelapak kaki dan terkdang rasa panas, apalagi dipagi hari apakah saya terkena plantara fasciitis saya sudah bebrapa kali priksa kedokter dan juga tes lab tapi tidak pernah dapat hasil yang jelas, apa penyakit saya dari hasil lab semua normal.
bagaimana mengatasi rasa nyeri dan terbakar pada saat kambuh ya dok? karena benar2 sangat menganggu.
trimakasih

Anonymous said...

salam kenal dok, ....
nama saya Dhani, 25 tahun, berat badan 65 th. sehari-hari saya bekerja di jasa pengetikan sehingga hampir hampir seharian saya duduk di depan komputer.

satu minggu yang lalu, badan saya terasa panas dan menggigil, kepala agak pusing, tulang kaki terasa ngilu, telapak kaki nyeri dan otot tulang kaki klo di tekan terasa sakit terus saya periksakan ke dokter dan kata pak dokter saya hanya terkena flu biasa dan di beri obat seperti vibramox, renadine, brochifar, danasone.

alhamdulillah setelah itu badan saya sudah terasa enak, tapi nyeri di telapak kaki saya masih terasa dan saat ini rasanya sangat nyeri di sertai jari2 kaki agak bengkak.

sebenarnya saya ini sakit apa dok, dan apa yang harus saya lakukan...?
terima kasih...

Anonymous said...

aslm,slm kenal dok,
saya tria,umur 22 thn,BB 60 kg dan tinggi 157 cm,sdh hmpir 2 mggu kedua jempol kaki saya terasa kebas(mati rasa/kesemutan)tidak hilang2, awalnya sy pikir dkrnakan saya tdk biasa memakai sepatu high heel,akhrnya saya cek kdar asam urat saya hasilnya 13,6 mg/dl dan sdh saya cek 2 kali. saya kaget skali karena keluhan yg saya rasakan hnya rasa kesemutan dikedua jempol kaki,soalnya org tua saya kdar asam uratx hnya 9mg/dl sja sdh merasa nyeri luar biasa klw dibawa berjalan, mhon pnjelasan dan sarannya,,trims

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Wiwin,

Rasa nyeri dan terbakar pada telapak kaki biasanya disebabkan oleh masalah pada persarafan.

Coba anda konsultasikan dengan dokter saraf.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Dhani,

Jari-jari kaki agak bengkak disertai nyeri? Hmm anda harus mengunjungi dokter, saya tidak mempunyai gambaran penyakit apa yang anda derita kalau tidak memeriksa langsung.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Tria,

Kadar asam urat tinggi tidak mesti harus langsung disertai nyeri. Sebaliknya pula, nyeri pada jempol kaki belum tentu disebabkan oleh asam urat yang tinggi.

Tingginya kadar asam urat anda agaknya disebabkan oleh faktor genetik, mengingat kedua orang tua anda menderita peninggian kadar asam urat pula yang disertai gout.

Sebaiknya anda segera menurunkan kadar asam urat anda sesegera mungkin agar tidak timbul komplikasi di kemudian hari.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

MMS said...

Salam Kenal dok, Nama Saya Merlin Sinaga, Umur 28 Th, Berat Badan 76 Kg, tinggi 167, saya tidak bermasalah dengan asam urat. Sudah lebih 4 bln ini saya sering merasakah nyeri telapak kaki yang makin lama makin terasa nyeri..memang saya melakukan aktivitas latihan futsal 2 x seminggu..nyeri yang saya rasakan akan terasa saat bangun tidur atau dari duduk yang lama mau berdiri..jadi saya mohon dok tolong solusinya dan resep obat yang dapat saya konsumsi untuk mengurangi atau menyembuhkan nyeri ini tanpa harus meninggalkan latihan futsal..

Anonymous said...

malam dok,nama saya endah,usia saya 47th,sdh lama bgt saya menderita nyeri tumit sampai tertatih tatih kalau berjalan,saya sdh berobat kemana-mana dari dr bedah tulang sam pai bedah syaraf saya datangi tapi nihil hasilnya. mohon petunjuknya utk kesembuhan saya. oh ya saya juga sdh sering mengompres juga minuim pereda nyeri tapi gak ilang2 juga sakitnya. tolong dok saya mesti berobat kemana lagi. makasih

Anonymous said...

salam kenal dok,
nama saya retno, ini bukan saya yang ingin konsultasi melainkan ibunda saya, beliau menderita plantar fascitis, yang ingin saya tanyakan apakah selain dengan mengatur aktivitas dan melakukan peregangan, adakah obat untuk mengurangi rasa nyerinya atau mungkin terapi yang digunakan yang mungkin dapat menyembuhkan nyeri tersebut ?
makasih dok....

Anonymous said...

Salam kenal dok,
Nama saya Arif Wibawa, umur 32th, berat 60kg tinggi 159cm,saya seorang pengajar.
Dalam 3 minggu terakhir ini tumit kaki kanan saya terasa seperti tertusuk atau seperti habis menginjak batu lancip, terlebih lagi ketika bangun dari tidur atau habis duduk dalam waktu yang cukup lama dan kemudian menapakkan kaki, ketika agak lama rasa sakit tersebut sedikit mereda dan tidak hilang sepenuhnya. Dalam waktu 2 hari terakhir ini tumit kaki kiri juga mulai menunjukkan gejala yang sama.
Apakah saya sedang mengalami Plantar Fasciitis?
Apabila demikian, apa yang dapat saya lakukan?
Jika harus dipastikan dahulu ke dokter, saya harus ke dokter spesialis apa ya Dok? bagaimana dengan dokter umum?
Apakah bisa/boleh diterapi dengan pengobatan akupresure?
Terima kasih Dok...

tri said...

salam kenal Dok,
saya juga mengalami nyeri tumit kaki kiri. sudah saya periksakan ke dokter spesialis syaraf. kata dokter saya menderita fasiitis plantaris. tumit kiri yg sakit diberi suntikan dan hasilnya nyeri bisa hilang. tapi 2 bulan kemudian nyeri tersebut datang lagi. apakah dengan memberikan suntikan bisa menyembuhkan ataukah hanya menghilangkan rasa sakit? apakah ada efek sampingnya? untuk kompres dingin sebaiknya dilakukan berapa kali dan kapan waktu yang paling baik (mengingat saya adalah karyawan).
terimakasih Dok..

gao said...

salam dok,
nama saya edith, mau menanyakan apakah nyeri tumit bisa disembuhkan dengan akupuntur atau tidah?
Terima kasih

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Merlin Sinaga,

Dengan berat badan 76 kg dan tinggi 167 cm, maka anda termasuk gemuk. Dengan beban tubuh gemuk dan latihan futsal maka akan semakin membebani persendian pada kaki, lutut dan paha. Sebaiknya anda mengurangi berat badan anda dulu dengan melakukan olahraga yang tidak membebani sendi, misalnya bersepeda atau berenang. Setelah berat badan anda turun sekitar 10 kg, maka anda dapat mencoba berlatih futsal lagi. Pilih sepatu untuk futsal yang empuk.

Sekian dulu.
Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Endah,

Wah sulit saya menjawab pertanyaan Ibu, saya harus memeriksa dulu Bu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Retno,

Obat untuk menghilangkan nyeri tentu saja ada, tetapi harus dengan resep dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Arif Wibawa,

Untuk dapat mengetahui apakah anda menderita plantar fasciitis tentu harus dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu pak Arif, oleh karena itu saya tidak dapat menjawab pertanyaan Bapak. Kalau benar plantar fasciitis maka sebaiknya tidak diterapi dengan akupressure.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Tri,

Agaknya suntikan yang diberikan hanya menghilangkan rasa sakit. Mengenai efek samping saya tidak dapat menjawab karena tidak tahu obat apa yang disuntikkan oleh dokter anda. Untuk kompres dingin dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari, dan setiap kalinya sekitar 20 atau 30 menit.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Edith,

Tergantung nyeri tumitnya. Akupunktur dapat membantu mengurangi nyeri.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

rahma said...

salam kenal dok, nama saya rahma, umur 31 tahun, sekarang saya kuliah lagi.. saya sering mengalami nyeri kaki dan kram kaki tiba2, apalagi kalo lama duduk, kadang terasa kesemutan juga.
kira-kira penyebabnya apa ya dok? dan bagaimana mengobatinya?
terima kasih

said bashay said...

Salam kenal dok,
Saya john, umur 56 tahun, berat badan 79 kg, tinggi badan 178 cm..

dok kenapa yaw,, setiap q duduk lama-lama di kursi kaki kananku bengkak, kalau buat jalan terasa nyeri,, gimana solusinya..

makasih

Anonymous said...

Salam kenal dok....

Nama saya Hasan, 45 tahun dari Aceh.
Saya sudah baca artikel ini dan tanya jawab diatas, dan itu sudah menjawab semua pertanyaan saya ttg nyeri tumit ini. Makasih banyak atas artikel nya dok.... Semoga dengan membantu org lain dengan cara spt ini (saya doakan ) dokter makin sukses...
Terima kasih.....

jodi said...

salam kenal dok,
saya jodi,saya merasa nyeri/sakit pada bahu sebelah kiri saya,awalnya saya pernah jatu dari motor kira enam bulan yang lalu,rasa sakitnya itu terasa apabila saya menggaruk ke punggung dengan tangan kiri atau tidur dalam posisi miring ke kiri ,yang mau saya tanyakan apa yang saya alami ini yang di sebut saraf ke jepit,sebap pada bagian bahu kiri saya ini sama sekali tidak terkena benturan pada saat saya jatuh dan di rongen tidak menunjukkan adanya tulang yg retak dan sebagainya...mintak tolong solusinya dok

APRESIASIKU said...

salam kenal dok, sy mau tanya nih dok, sy udah lama kena radang sendi bahkan sudah masuk pada tahap topus pada jari dan kaki, umur sy 41th, berat 85kg, kerja sebagai IT, obat yg sy minum licovel dan licodexon sudah hampir 3 thn, sy merasa sakit sy sudah semakin parah, mau berobat tp dana tidak mencukupi, sy mohon dokter menolong sy, trimakasih ya dok.
salam hangat,
josian

Anonymous said...

Dokter yg baik,
Saya Ny. Ndari, wanita umur 42 tahun, TB 159, BB 60 kg, pengajar, mengalami keluhan persis spt yg dokter tulis. Bentuk tubuh saya: tulang belakang bagian pinggang melengkung ke depan dan pantat menonjol. Apakah kondisi ini sebagai penyebab keluhan tsb, selain BB berlebih dan hobi saya melakukan aerobik dan berjalan? Apakah keluhan saya bisa disembuhkan? Saya sudah ke dokter, tetapi obat yg diberikan dokter membuat perut saya perih, kembung dan susah BAB sehingga saya tidak meneruskan minum obat. Apa yang harus saya lakukan? saya sangat terganggu dengan keluhan ini. Terimakasih atas sarannya.

thika said...

Salam kenal dok.
Saya tika 29tn.asam urat 4.2 diabet 140.tumit saya terasa panas dan bengkak seperti ditusuk jarum setelah berdiri seharian...dan langsung meriang ga bisa jalan apakah ini karena asam urat atau planta faciitis?
Kalu konsultasi ke dokter apa dok..obat apa untuk meringankan rasa sakitnya? Terima kasih dok.

Anonymous said...

Salam Kenal Dok
nama saya Tony berumur 57th berat badan 85kg, kegiatan saya sudah 2th ini mengikuti HHH ( Hash House Herrir) yaitu olah raga jalan/lari nik turun gungng, pd ahir2 ini Tumit Kiri saya terasa sakit terutama kalau bangun tidur pagi.
Mohon saran penyembuhannya dok.
Terima kasih.

Anonymous said...

Selamat Malam Dokter,
Salam kenal

Nama saya prima(wanita) umur 25th,berat badan 59kg,tinggi 160cm. Tumit saya terasa sakit sudah 3bulan ini dok. Rasa sakit itu saya rasakan 1bulan setelah menggunakan sepatu baru, karena saya pikir karena sepatunya maka saya mengganti sepatu saya. Tetapi tumit saya tetap sakit. dankalau untuk berjalan lama rasanya sakit sekali. Akhirnya Saya cek darah asam urat saya 3,8, tekanan darah sedang, kolestroh masih dibawah batasnya.

Apa saya terkena sakit plantar fasciitis dokter? bagaimana caranya ya dokter supaya bisa sembuh?

Terimakasih Dok,..

Anonymous said...

halo dokter nama saya deny, umur 16th, saya punya keluhan yang sama dengan yang dokter terangkan, tumit saya terasa nyeri setelah berlari, mungkin itu terjadi karena saya tdk melakukan pemanasan terlebih dahulu, tapi saat itu malah saya paksakan untuk berlari walau terasa sakit, saran dokter apa yang harus saya lakukan agar nyeri cepat sembuh?, terima kasih.

Anonymous said...

Selamat pagi dok.
Nama Saya Ricky, umur 27 thn, berat badan 80 kg. kondisi kesehatan saya semua normal (tidak ada keluhan kesehatan samasekali), kecuali tumit kiri saya, sakit ini mulai saya alami sekitar 2 bulan yang lalu sampai sekarang, saya yakin sakit ini adalah plantar faciitis karena berat badan saya naik drastis bbrp bulan ini dari 70kg-80kg. sepatu saya yang sempit saat berolahraga, dan memaksakan tetap berolah raga walau sakit. nyeri saya rasakan sama spt yang dokter sampaikan diatas, spt bangun tidur, dll. pertanyaan saya:
1. apakah glucosamine dapat mengobati sakitnya?
2. apakah glucosamine dapat memicu diabetes?
Atas perhatian dokter saya ucapkan terima kasih.

jessy said...

Salam kenal Dok,

saya mau tanyak dokk sayapunya masalah pada saat bangun tidur dan setelah duduk lama dan mau berdiri tumit kaki saya kanan sakit , kenapa yach dok tapi dengan sendirinya sakitnya akan hilang sendiri, apa yang harus saya lakukan dan kalau periksa ke sspesialis apa? terima kasihhhh

jessy said...

Siang dokk, salam kenal yachhh dok saya jessy umur 36 thn mengalami setiap bangun tidur tumit saya sakit tetapi dengan sendirinya hilang penyakit apa ini dan obat apa yang akan saya komsumsi

alexander felix taufan parera said...

makasih, pak Dok.. akhirnya saya mengerti sakit yang saya derita hampir sebulan ini. Hmm, Thanks So Much, Pak dok..saya jadi tahu kalo memang sakit ini merupakan sebuah Penyakit, bukan Sembarang sakit biasa, sehingga saya bisa lebih Peduli dgn konmdisi tubuh say. terus terang, saya orang yang maniak Olahraga, sehari, bisa Jogging pagi, Futsal siang, Basket sore, dan Renang di malam hari.ckckc..

Anonymous said...

salam kenal dok.
saya berlin, 22th, berat 70kg, tinggi 170cm. saya bermasalah dengan jempol kaki kanan saya, belakangan ini separuh jempol saya bagian luar bila disentuh dan di elus serasa seperti menyentuh kaki yang kesemutan. padahal kondisi kaki sedang tidak kesemutan.saya bekerja di restoran yg berdiri terus selama 9jam dan memakai sepatu pantofel agak runcing.. kira2 apa penyebabnya dan cara menyembuhkannya dok?? mohon bantuannya . trima kasih banyak dok.. shalom

David said...

dear dr. Suryo,

sebetulnya saya tidak pernah mengeluhkan nyeri pada tumit. baru ketika saya ngobrol dng seorang sahabat, jk nyeri tersebut mungkin saja bahaya. akhirnya saya coba cari tahu. saya pribadi nyeri ketika berdiri terlalu lama/berjalan2 dlm durasi yg cukup lama. hal tst membuat sy utk berjalan agak jinjit. bahkan terkadang ketika sy berjalan, jari kelingking kaki sy seperti "tertarik". kira2 kenapa ya dok? bagaimana pencegahannya? terimakasih

Emping Melinjo said...

harus banyak minum air putih..

Anonymous said...

nana saya nana, umur 28 tahun berat badan 50 Kg, tgl 1 November saya tes asam urat dengan alat digital hasilnya 13.5 dan kolestrol 200. apakah saya ini dah terkena asam urat parah dok, memang kaki kiri saya sering pegal-pegal dan linu-linu. Dan sekarang lagi diet makanan tinggi purin tapi kok masih sering pegal di kaki kari. Kaki kanan ga do?
kira-kira solusinya gimana ya do? terima kasih.

vivi widija said...

Dear : dr. Suryo wibowo

Saya menderita plantar fasciitis sudah 4 thn
Awal pertama sakit tumit saya ada beberapa kali disuntik, tapi lama kelamaan suntikan tersebut
Sudah tidak ada reaksinya, menurut dr. Ortopedi saya, suntikan tidak boleh terlalu berlebihan, karena bisa merusak jaringan saraf,

Belum lama ini di ke 2 tumit dan pinggiran telapak
Kaki saya mengalami nyeri hebat.
Dan oleh dr.ot saya kembali disuntik tapi kali
Ini di pinggir telapak kaki.

Adapun suntikan tersebut mengandung :
Trilac
Lidocain hcl
Needle no. 23 g.
Apakah suntikan tersebut sifatnya sementara?
Dan rasa nyeri tersebut akan terus berulang dr.?
Apakah plantar fasciitis bisa sembuh dr.?
Usia saya 40 thn, brt bdn 70kg.
Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih dr.

Salam: vivi ( tangerang )

Jafar said...

Salam bahagia dok,
Nama saya Jafar umur 38 th tb 165 cm bb 80 km pada th 2000 waktu saya bekerja di Jeddah Arab Saudi saya pernah sakit di tumit dan sekitar telapak kaki sakitnya luar biasa sampai sampai gak bisa jalan kalau bangun tidur baru reda setelah di pijat pijat secara lembut waktu itu saya periksa ke doktor dan doktor minta di test kolestrol dan asam urat dan hasilnya volume keduanya diatas normal dan kemudian di beri resep obat setelah beberapa bulan saya cek lagi dan sudah agak normal namun nyerinya tetap saja gak ada kemajuan setelah saya agak putus asa saya pulang ke Indonesia sesampainya di kampung ada orang yang menyarankan coba periksa ke doktor orthopedi di Tasikmalaya setelah di periksa dan di rongsen doktor di sana gak ngasih tau apa penyakitnya cuman dia menyuntik saya di tempat yang paling sakit dan memberi obat 4 tablet yang seperti karet harga satunya 75,000 dan obat penghilang rasa sakit tradosik alhamdulillah sakitku langsung sembuh total sekarang setelah 11 tahun dari itu sakitku kambuh lagi saya kembali ke apotek tempat doktor yang dulu eh doktornya sudah gak ada pertanyaan saya jenis apakah penyakit saya ini ? saya sering dengar tentang pengapuran, apakah saya kena pengapuran ? dan apa obat atau cara yang paling cocok untuk penyakit saya ? terima kasih.. wassalam Jafar dari pesisir Ciamis selatan.

Anonymous said...

dear dokter
saya Diman,laki-laki,umur saya 35 tahun,tinggi 175 cm,berat badan 56 kg,sudah beberapa hari ini saya mulai sadar merasakan sakit tumit kiri saya,terasa jika bangun pagi,dan jika berdiri lama,apakah itu namanya yang seperti dijelaskan dokter tentang Fasciitis ? kalau memang benar apakah ini berbahaya ? bagai mana cara mengatasinya ? ..sebagai info tambahan..beberapa minggu ini saya sering pake sepatu beralas tipis dan sering berolahraga pagi menggunakan sendal jepit.
terima kasih sebelumnya dok ..

SOHDI DALAM BAHASA DAN SASTRA said...

Dear to Dr.
Kenalkan nama saya sohdi umur 29 th, TA 163 cm, BB 70 kg.
Maaf pak, setiap olahraga voly . Setiap lompat untuk smash bola tumit kaki kiri sy langsung nyeri, kaki sy melengkung agak tingi. Yang saya tanyakan, apakah saya mengidap gejala diabetes atau hanya stres karena olahraga.

SOHDI DALAM BAHASA DAN SASTRA said...

Dear to Dr.
Kenalkan nama saya sohdi umur 29 th, TA 163 cm, BB 70 kg.
Maaf pak, setiap olahraga voly . Setiap lompat untuk smash bola tumit kaki kiri sy langsung nyeri, kaki sy melengkung agak tingi. Yang saya tanyakan, apakah saya mengidap gejala diabetes atau hanya stres karena olahraga.

SOHDI DALAM BAHASA DAN SASTRA said...

Dear to Dr.
Kenalkan nama saya sohdi umur 29 th, TA 163 cm, BB 70 kg.
Maaf pak, setiap olahraga voly . Setiap lompat untuk smash bola tumit kaki kiri sy langsung nyeri, kaki sy melengkung agak tingi. Yang saya tanyakan, apakah saya mengidap gejala diabetes atau hanya stres karena olahraga.

Han said...

Selamat Siang Dokter,
Saya Handoko, 38 th, TB/BB: 170 cm / 64 kg.
Saya rutin olah raga basket & bulutangkis setiap hari senin.
Sudah kurang lebih 3 minggu ini, saya merasakan nyeri di telapak kaki kiri (sekitar tengah telapak ke arah tumit) terutama pd saat bangun tidur di pagi hari. Setelah itu tidak terasa nyeri begitu juga pd saat saya olah raga.
Hal-hal yang saya lakukan:
1. Sementara berhenti basket & bulutangkis, diganti dengan berenang.
2. Saya coba oles dengan voltaren (sudah 4 hari), akan tetapi sekarang justru lebih terasa nyerinya.
3. Pada malam hari saya juga coba kompres dengan es (sudah 2 hari).
Pertanyaan:
1. Apakah ini yang disebut Plantar Fasciitis?
2. Apakah bisa sembuh sendiri? butuh berapa lama?
3. Apakah perlu tindakan operasi? atau cukup melalui obat-obatan?

Terima kasih atas jawabannya.

sagala said...

Kalau ibu jari tangan kanan terasa di sayat kenapa ya dok

Anonymous said...

Dear Dr.Suryo Wibowo,
Saya rita berusia 46 tahun, dengan tinggi 158 cm dan berat 65 kg, saya merasakan sakit di telapak kaki saya, apabila berjalan ataupun sdg tdk melakukan aktifitas, apa yang sebenrnya sedang terjadi itu ya Dokter Suryo? Saya merasa khawatir karena nya. Tks

senja.kp said...

selamat siang dok,
saya senja, umur 27 tahun tinggi 170 berat 75
saya senang dengan futsal, jadi kejadiannya sekitar 1 bulan lebih 2 minggu,rasa sakit ini dimulai pada saat saya main futsal dan sampe sekrang memang sudah aga berkurang rasa sakitnya..

yang mau saya tanyakan dok..:
1. sepatu yg sesuai itu seperti apa ? (krna sepatu yg saya gunakan saat ini memang sepatu futsal)
2. kalau saya masih merasakan sakit padahal sudah melakukan tips yg dokter berikan, saya harus pergi kedokter spesialis apa?

jujur saja dok. saya jadi sedikit takut klo kambuh lagi...

terimakasih sudah membaca keluhan saya, mohon balasannya..


hormat saya
-senja

Juwita said...

siang dok. mohon infonya ...
umur saya 20thn... akhir-akhir ne saya sering mengalami kesemutan pada begian kaki kiri saya.. dan sering nyeri(nyut nyut)dtelapak kaki saya dsekitar jari manis kaki saya yg seprti ad ganjal dtlapak kaki kiri saya .. . dan juga bagian lutut kiri saya. .. qra2 gejala ap yg saya alami saya tkut dgn ketidak tahuan saya jadi semakin parah... mohon saran dan pengobatannya ya dok . ..terima kasih

Juwita said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Salam kenal dokter, nama saya bani syah. Umur 30thn. Tinggi badan 172 berat badan 62. Gol darah ab.
Pemeriksaan tggl 9-1-2012
Gd puasa : 79
Gd 2 jam pp:105
Urea :19
Kreatinin :1.22* (lbh 0.2 dari nilai normal
Hasil pengujian urine lainnya normal kecuali protein : positif (pada waktu cek pertama positif 1, cek kedua tdk dilampirkan positif berapa)
Pemeriksaan 20-02-2012
Kolestrol : 164
Tg : 88
Asam urat : 6.1
(Cek stlh puasa dr mlm sampe pagi)
Yang saya keluhkan saya sering buang air kecil, sering dlm jmlh yg banyak dan mdh kesemutan.
Usg 1 : kata dokter umum terdapat kristal di ginjal.
Usg 2 : dr. Urologi menyatakan ada batu di ureter . Setelah 2 mggu di beri obat. Saya pindah ke dokter bedah kmdian di ronsen hasilnya ada batu di kandung kemih. Kmdian di kasi obat anti biotik dan nephrolit dan di sinar 5x. Stlh satu bulan di ronsen ulang ternyata msh ada batunya di kandung kemih.
Yg saya mau tanyakan dokter :
1. Apakah kandungan protein dlm urine saya menandakan penurunan fungsi ginjal?
2. Apa protein dan kreatinin 1.22 di sebabkan krn ada batu dlm ureter ato kandung kemih saya, dan ketika batu itu hilang apa bisa mnjd negatif dan normal kmbli?
3. Kadar asam urat saya apa bs di bilang normal dan apa yg hrs saya lakukan dok?
Terimakasih.

muslimin said...

DOK,IBU SAYA MENGALAMI SAKIT DI BAGIAN TUMIT SUDAH 1 TAHUN LEBIH,TIAP HARI IBU SAYA SELALU KESULUTAN BERJALAN. PADAHAL DAH DI OBATI TAPI LUM ADA HASIL. CIRI-CIRINYA SAMA PERSIS DENGAN GEJALA Plantar Fasciitis YANG DOKTER UTARAKAN DI ATAS. BAGAIMANA CARA MENYEMBUHKAN PENYAKIT IBI SAYA DOK? APA SAYA HARUS KE DOKTER SPESIALIS ATAU APA?

Juwita said...

salam kenal dok ..
Nama Saya Juwita, umur 20thun,
mohon bantuannya y dok... saya sering mengalami kesemutan pada begian kaki kiri saya.. dan sering nyeri(nyut nyut)dtelapak kaki saya dsekitar jari manis kaki saya yg seprti ad ganjal dtlapak kaki kiri saya .. . dan nyerinya sampai bagian lutut kiri saya. .. qra2 gejala ap yg saya alami saya tkut dgn ketidak tahuan saya jadi semakin parah... mohon saran dan pengobatannya ya dok . ..terima kasih

syafrionaldi said...

salam kenal dok... nama saya syafrionaldi., umur 23 thun., kenapa tumit kaki saya terasa kebas dan induk jari saya kadang-kadang kebas juga dok?... tapi cuma kaki yang sblh knan saja dok?? terkadang tapak nya terasa sakit kalau berjalan dok??? apa penyakit ini akan berefek patal dok???? mohon bantuan nya dok...

SONE SHIDAE said...

Salam kenal pak dokter,

Nama saya Norman, mau tanya kalau untuk diabetes yang sudah diderita lebih tiga puluh tahun, apakah plantar fasciitis cendereung mengalami peningkatan dan bagaimana cara mengobati dan pencegahannya?, (karena nhyerinya tak tertahankan dan kaki sampai seperti orang keram (tersentak-sentak))

T.Djaka Scorpio said...

Nama Saya T.Djaman Umur 65 Thn BB 75 Kg,Olahraga Jalan Pagi, Beberapa Waktu Lalu Saya Mengalami Sakit di Tumit Kiri, Telah berobat Ke dokter umum tidaka ada HasiLnya nihil,Kemudian Saya Ke Spesialis Di rongent dan periksa darah, saya didiagnosis menderita Plantar Fasciitis, kemudian diberi pengobatan dengan minum Natrium Deklofenak dan disuntik di tumit kaki Tapi tidak ada kemajuan. Setelah membaca Buku Penyembuhan Reumatik Secara Trasionial, Saya Mencoba Mengkonsumsi Cuka Apel 2 sendok Teh+Madu 2-3 Sendok Teh, Mula2 1x Sehari Sekarang 2xsehari, Alhamdulillah Sakit Ditumit Saya Hilang Berangsur-angsur. Yang ingin Saya Tanyakan apakah ada Effek sampingnya mengkonsumsi Cuka Apel dalam Jangka Waktu Lama? Mohon Pencerahan Dari Dokter. Terima Kasih.

Anonymous said...

dear doctor..
Saya jennie. Saya ingin bertanya seputar plantar facilitis ini. Mama saya sering mengeluh bahwa tumit beliau sering sakit. Sakitnya biasanya terjadi paling parah pada saat bangun pagi dan setelah duduk lalu berdiri. Beliau berumur 46 tahun. Berat badannya 62kilogram. Tinggi badan 158cm. Pekerjaan sehari-hari: ibu rumah tangga. Beliau sangat jarang berjalan jauh. Apalagi melakukan olahraga. Beliau telah meminum berbagai jenis obat untuk mengurangi rasa sakit serta menjalani pola makan vegetarian. Selain cara mengompres dengan air dingin, adakah obat-obatan herbal /pengobatan tradisional yang sederhana yang bisa menyembuhkan beliau? Ataupun untuk sekedar meminimalisir sakit yang di derita beliau? Mohon petunjuk dari dokter :-).terima kasih

Anonymous said...

Dear Doctor...
Saya Riri, umur 27 tahun, perempuan. saya seorang karyawati perusahaan swasta.
Dok, kaki saya selalu bengkak dr betis sampe telapak kaki...kadang berasa pegel dan berat, saya sudah beberapa kali ke Dokter Umum tapi tak pernah sembuh, sy selalu d kasih obat buang air kecil terus, tapi tak ad hasilnya.
yang mau saya tanyakan, itu sakit apa? dan harus berobat kemana, Dokter Spesialis apa?
Sebelumnya makasi atas perhatiannya Doctor..

Batik&Souvenir IVY said...

Selamat pagi, dokter Suryo Wibowo, MKK, SpOk
Nama saya Evi, 41 th, berat 55 kg tinggi 163 cm, sudah 2 bulan ini saya mengalami sakit, seperti deskripsi dokter, saya pertama ke dokter umum diberi resep diazepam, renadinac 50 dan neurodex. sakit lumayam hilang selama mengkonsumsi obat, tapi obat habis terasa sakit lagi, kemudian saya berobat ke spesialis syaraf diberi obat campuran, methilprednisolone, ranitidin dan neurobion pink, selama minum obat agak terasa baikan, tetapi begitu obat habis, terasa sakit kembali. Ini terjadi pada tumit kaki kanan saya, dok.. Sebelumnya selama saya berjalan saya memakai bantalan busa untuk menopang kaki, tapi karena sudah merasa agak baik, saya lepas dan saya pijit bagian yang terasa sakit, hal ini malah menyebabkan rasa nyeri yang menyengat datang kembali. Apa yang harus saya lakukan ya dokter? mohon bantuannya dan terimakasih banyak...Salam...

Lukman Nurhakim said...

salam kenal dok,
nama saya Lukman, umur 17 tahun..

dok, dulu sebelum sakit saya rajin dan senang berolahraga, tapi pada bulan januari 2012 saya jatuh sakit..

yaitu : kaki kanan tidak bisa di gerakan, dan di bagian tubuh bagian kiri dari pinggang sampai kaki kiri saya mengalami mati rasa dok,

tapi saat ini kaki kanan saya sudah bisa di gerakan, kecuali bagian kiri tubuh saya yang mati rasa..

mohon solusinya ya pa dokter, terimakasih
:)

Catatan Ibu said...

mohon ijin ngelink dok. trimakasih

Anonymous said...

dok, saya Endang wanita usia 50 th tinggi badan 160 cm berat 55 kg menderita sakit tumit kaki kanan sejak maret 2011. sudah berkonsultsi dg dokter dan di rontgen dan dinyatakan bahwa terkena plantar fasciitis. telah diberi obat minum antibiotik dan analgesik. setiap kalo minum obat sakitnya hilang tapi kalo obatnya sudah habis sakitnya muncul lagi.
saya juga sudah mencoba pengobatan akupuntur dan hasilnya belum ada kemajuan penyembuhan.
bagaimana penyembuhannya dok? apakah bisa sembuh? terimakasih

Anonymous said...

dr Suryo,

Setiap bangun tidur saya selalu merasakan sakit di telapak kaki. Saya sudah pernah rontgen kaki, dan menurut dokter telapak kaki saya mulai semi flat karena berat badan dan dulunya suka olahraga yang menghentak sebelumnya (basket & bulutangkis).Apakah ini termasuk plantar fasciitis?apakah efektif pengobatan dengan akupunktur? Dan apakah ada hubungannya antara plantar fasciitis ini dengan kelainan vascular?terima kasih dok…

Anonymous said...

Selamat sore dokter, nama saya Jetty, kondisi ibu saya seperti yang tersebut di atas plantar fasciitis, setiap pagi bangun tidur tumitnya terasa nyeri dan sakit. Setelah berjalan memang agak kurang, tetapi sakitnya masih ada. Pernah dirontgen, di bagian tumit seperti ada sedikit tulang yg mirip tanduk, tetapi kata dokter yg bersangkutan itu tidak masalah. Usia ibu saya 50 tahun dengan berat badan 60an. Apakah harus dengan suntik atau ada pengobatan lainnya?
Terima kasih.

Anonymous said...

selamat pagi dok.....
nama saya fitri,saya mempunyai keluhan sakit nyeri pada kaki kiri tepatnya di telapak kaki sama betis apalagi buat berjalan, sampai tertatih2 sakit ini mulai timbul saat hamil dok, tapi sekarang sudah melahirkan kurang lebih 3 bulan berjalan sakit ini timbul lagi dok,tapi sekarang ganti di kaki kanan.bagaimana penyembuhannya dok?terima kasih sebelumnya...

jonny in action said...

salam kenal dok, nama saya jonny umur 31th tinggi 170 cm berat 84kg saya juga merasakan nyeri tumit sehabis bangun pagi namun setelah membaca artikel dokter saya jadi mengerti namun selai itu saya juga sering merasakan pegal2 di lipatan kaki belakan lutut dan kadang disertai nyeri pinggang dan punggung
apakah penyebab nya karena saya sering duduk atau ada penyebab lain?
mohon petunjuknya dok terima kasih

Anonymous said...

dear dokter..
slam knal
sya ria usia sya 20 brat bdan sya 55.tinggi 155
sya sdang hmil 2blan dan sdah sbulAn terakhir ni tubuh bgian kiri sya sperti tdak dpat terkontrol
bahkan skrang kaki kiri sya trasa nyeri dan kaku. sehingga sulit untuk brjlan..tngan bgian kiri sya slalu grak" sndri..kdang ujung jri tngan atau kaki sya ska nyeri bnget dok..
bicara sdah mulai tdak lncar.
sering pusing..leher terasa pegal..bhkan sya sring mrah atau kesal yg brlbihan...apa ada hubungan x dngan saraf dok..
minta srannya dokk..
apa obat yg pling bgus dok..??
terima ksih

Anonymous said...

salam kenal pak dokter ...

nama saya revy, saya mempunyai orang tua yang bernama ZAM-ZAMI UMAR, berat badan 100Kg, tinngi 180cm.
ayah saya penderita diabetes milletus dokk
dan keluhannya ialah ayah saya mengalami rasa nyeri di pantat dan pi betis dan di paha dokk
dan tiap malam saya harus memukuli panta,betis dan bahanya dokk
jadi dokk yang mau saya tanyakan ada gak obat yang bisa menghilangkan rasa nyeri di pantat,paha dan betisnya dokk ?

catatan : dok ayah saya sudah kena ginjalnya dan kata dokter (setelah di check) alhasil dokter membilang jangan terlalu banyak minum obat sebab obat tersebut akan mengendapa di ginjal ....

nohon solusi dokk
saya perlu kali solusi yang cerdas dokk
semoga ada solusi yang cerdas dari dokter.Amin

Anonymous said...

salam,
saya anang umur 31th tinggi badan 160cm berat badan 50kg.
pak dokter suryo, saya punya masalah nyeri telapak kaki kiri di bagian depan tepat di bawah sendi jari kelingking. dan akan terasa semakin nyeri pada saat bangun tidur, namun akan segera hilang setelah saya buat jalan sebentar. saat siang hari kadang2 nyeri tersebut muncul kembali tapi setelah saya lakukan peregangan akan segera membaik kembali.

yang saya tanyakan, apakah nyeri yang saya rasakan ini termasuk plantar fasciitis?

catatan: saya tidak pernah melakukan olah raga, bukan perokok, sering makan dengan lauk telur dan sayur bayam, sehari-hari saya lebih sering jongkok dan duduk karena kerjaan saya adalah montir.

tolong dijawab ya dok, terima kasih, salam.

Zain1991 said...

pak dokter saya mau tanya nie:( kaki saya tiba2 yang jempol seperti kesemutan..itu kenapa ya pak dokter Help:(

Miodo said...

saya mau tanya pak dokter, yang saya rasakan setiap bangun pagi2 tumit saya sakit disertai otot yang berada di tumit menegang kencang,menyebabkan rasa nyeri pada saat berjalan.. sehingga saya sering harus melakukan pemanasan untuk meregangkannya.. ini bersamaan dengan rasa nyeri di seluruh telapak kaki saya... rasanya sakit sekali bila ditekan... apakah ini "Plantar Fasciitis atau Nyeri Tumit"..??? sebaiknya saya konsultasi ke dokter spesialis apayah untuk masalah ini..??

Eko Baranuken said...

Dok...kaki tumit sampai telapak kaki saya sakit wktu saya umur..15thn skarang sya umurnya 33thn..kadang nyeri kalo kecpean kalo tersenggol kaki sakit mnta ampun,,,ini trmasuk saya sakit apa dok...trmz

sweetezcape said...

Pak Dokter..
Saya suka sekali bermain sepak bola. Pernah saat futsal, jempol saya menendang tumit teman. Setelah itu terasa sakit sekali. Setalah bermain dan lama kemudian, sakit itu tidak hilang. Posisinya berada persis pada tulang sendi jempol kanan. Rasa nyeri pada tumit kanan saya juga tidak hilang setelah saya bermain di lapangan bertekstur keras. Mohon keterangannya untuk penangan agar segera sembuh.
Terimakasih..

Dian Ariani said...

Dok,,
saya sudah 2 tahun terakhir mengalami penyakit sperti yg dokter jelaskan.namun saya masih mengalami kebingungan.sejak saya sakit nyah udah brapa penyakit yg dituduhkan ke saya.dokter A mengatakan saya rematik, dokter B mengatakan saya asam urat.namun ketiks periksa darah hasilnya non reaktif. kemudian baru lah dokter C mengatakan saya terkena fasialitis plantaris. namun saya coba lagi ke dokter lain.kata nya bukan fasialitis plantaris.jujur saya jadi bingung dok. jadi bagaimana y solusi ny? hingga saat ini kaki saya masih sakit n bingng obatnya apa.

yudha diratmajha said...

Salam dok..
Aku yudha asal makassar umur 24 tahun.
Aku mau nanya dok...
Lengan aki tiba" ngilu, aku kira dmam tulang tpi setahu aku klo dmam tulang g bengkak dok...
Ini udah 2 hari dan cmam lengan sbelah kanan ajha yg ngili dan bemgkak...
Kira" apa ya dok..?
Mhon banyuan.y

yudha diratmajha said...

Salam dok..
Aku yudha asal makassar umur 24 tahun.
Aku mau nanya dok...
Lengan aki tiba" ngilu, aku kira dmam tulang tpi setahu aku klo dmam tulang g bengkak dok...
Ini udah 2 hari dan cmam lengan sbelah kanan ajha yg ngili dan bemgkak...
Kira" apa ya dok..?
Mhon banyuan.y

yudha diratmajha said...

Salam dok..
Aku yudha asal makassar umur 24 tahun.
Aku mau nanya dok...
Lengan aki tiba" ngilu, aku kira dmam tulang tpi setahu aku klo dmam tulang g bengkak dok...
Ini udah 2 hari dan cmam lengan sbelah kanan ajha yg ngili dan bemgkak...
Kira" apa ya dok..?
Mhon banyuan.y

yudha diratmajha said...

Salam dok..
Aku yudha asal makassar umur 24 tahun.
Aku mau nanya dok...
Lengan aki tiba" ngilu, aku kira dmam tulang tpi setahu aku klo dmam tulang g bengkak dok...
Ini udah 2 hari dan cmam lengan sbelah kanan ajha yg ngili dan bemgkak...
Kira" apa ya dok..?
Mhon banyuan.y

Anonymous said...

salam kenal pak dokter
dok, saya kareen umur 22 tahun
dok, saya punya masalah di daerah ankle kaki kanan saya, waktu bulan april saya mengalami cedera seperti keseleo karena terjatuh, setelah di pijat tukang urut memang bengkaknya berkurang tetapi ketika saya berjalan cukup lama, ankle kaki kanan saya terasa sangat ngilu, kira" kenapa bisa terjadi seperti itu?
mohon bantuannya ya dok . . .
Terima kasih

christian wahyu said...

dok, perkenalkan nama saya christian, umur 30 tahun, tinggi 168cm, berat badan 84 kg.. saya guru, saya mengalami sakit di tumit sejak saya salah memakai sepatu yang solnya sudah rusak. mulai saat itu jika berdiri terlalu lama, atau berlari, saya merasa kesakitan. pada waktu bangun tidur, atau duduk terlalu lama, kemudian berdiri terasa sakit sekali. apakah saya terkena Planta Fasciitis?Bagaimana penyembuhannya?

Anonymous said...

Dok, nama saya Susan. saya berusia 35th TB/BB 150/56. Saya sering mengalami gejala sakit tumit sebelah kiri bagian dalam pada saat bangun tidur ataupun duduk yang lama dikantor. Saya sangat berterima kasih atas penjelasan dokter mengenai cara pencegahannya, saya akan memulai cara pengobatan awal sendiri dgn stretch, diet dan memilih sepatu/sendal yang baik. adapun yg ingin saya tanyakan adalah tempat praktek dokter dirumah sakit mana ya? mohon petunjuk.

Palupi said...

Dear dokter
saya seorang wanita 36 th dok.akhir2 ini sering merasakan nyeri pada tumit kanan,sseperti yang dokter paparkan sepertinya saya mengalami plantar fasciitis.mungkin karena dlm seminggu terakhir ini saya begitu 'ngotot' menurunkan berat badan dengan jogging dan aerobik dok.
Yang ingin saya tanyakan:olahraga apa yg cocok buat saya tanpa hrs merasakan kesakitan seperti plantar fasciitis tsb?
Atas jwban dokter saya ucapkan terima kasih

Anonymous said...

saya wanita berusia 46 th, saya menderita penyakit di kaki terutama setelah duduk bersila atau setelah tidur telapak kaki saya terasa sakit dan susuah untuk berjalan. hal ini sydah terjadi selama satu bulan, bagaiman cara mengobatinya? terima kasih

Anonymous said...

Pagi dok....nama sy tiyus setelah ay membaca artikel dokter sy jd pengen konsul. Dok asam urat sy 18,8 sy udah periksa k dokter dan sy dksh obat purinol yg harus d minum 2*1 dan sy harus terapi tiap 1minggu harus terapi k dokter dan cek darah tiap 1mnggu yg sy tanyakan apakah sy bisa jalan lg normal dok,soalnya sy susah untuk berjalan mksh dok.

Anonymous said...

pagi dok..

saya vina, umur 26 tahun. saya mengalami nyeri pada lutut setiap selesai lari dan hilang jika istirahat. tetapi muncul kembali ketika saya lari.

bagaimana cara menyembuhkannya dok? karena saya harus lari 2 x seminggu.
terimakasih dok

Jus said...

Malam dok

Nama Saya Justin Saya aktiv Olah raga selama 4 thn terakhir. Saya lari sekitar 40km seminggu. 3 bulan yg lalu saya mengalami sakit di tumit menurut artikel dokter kalau pagi hari sakit sekali apa lagi yg kiri. Saya udah coba direndam air es Dan di pijit pelan2 blom ada kemajuan. Sekarang Saya Sudah 1 minggu berhenti lari beralih ke sepeda dulu. Terasa agak membaik tapi masih sakit. Saya mau Tanya brp lama ini bisa sembuh? Apakah Saya bisa lari lagi? Jika Saya balut dgn isolasi bisakah ini membantu?

Terima kasih

Evie Yenie said...

Nama sy evie berat badan 48kg tiggi 155.tumit kiri sy sakit kl ditekan.penyebebny apa y dok.mksh

dirman_bamen@yahoo.com said...

slamat pagi Dr.

ni aku mau konsul tentang nyeri yg ada di tumit kakiku sebelah kanan,

tandanya pertama-tama sakit dan berwana kuning dan seakan2 ada sejenis duri jadi setia nginjak tanah sakit, dan lama2 tempat yg kayak ada durinya itu melebar,

sekarang sudah nyampe 8 tempat.

trimakasih sebelumnya Dr.













Anonymous said...

sore dok, sya ani. jenis kelmin wanita. usia 22 thun, brat bdan 45 kg dn tinggi bdan 154 cm. Kaki sya 2 minggu lalu bengkak bgian pergelangan kaki sampai mata kaki kanan kiri. Kemudian ada seperti memar2 gtu dok, klo dipegang sakit. sya sudah berobat ke mantri dan bidan. Pas di cek kdar asam sya hanya 4,6 dok. Kan 4,6 termasuk normal ya dok? Tpi knapa say dikasih obat asam urat, kta mreka sya terkena gejala asam urat dok. Obatnya sudah sya minum dan sudah habis. Dan semua pantangan makanan sudah sya hindari. Memg bengkaknya sudh hilang, tetapi sakitnya belum hilang2 dok. apalgi kalau kena air dingin dok. rasa sakit dan ngilunya dateng lagi....
kira2 sya sakit apa ya dok? Trimksih sebelumnya dok.

vira said...

Dok, saya sepertinya mengalami plantar fasciitis. Perkenalkan saya vira usia baru 20tahun. Sakit mulai terasa sehabis olahraga. Dibagian tumit kanan yg jika dibawa menapak dengan telanjang kaki sangat sakit. Selama sakit saya masih bisa olahraga. Seperti lari masih kuat sampai 6km dan fitness. Apakah akan sembuh dengan sendirinya? Atau harus kedokter? Terimakasih dok

our li'l fam said...

Sharing Ttg plantar fascitis, saya mengalaminya ketika kehamilan anak pertama dan kedua, yg parah wkt anak kedua.. Waktu itu memang kenaikan berat badan berlebih.. Sakitnya stay sampai setelah melahirkan cukup lama.. Hasil googling menyarankan utk mengurangi aktivitas berlebih dan mngurangi berat badan, juga mengganti alas kaki yg sesuai .. Akhirnya saya lakukan, alhamdulillah akhirnya sembuh dgn sendirinya.. Saran utk meredakan ketika sakit, telapak kaki dikompres es batu.

Gino Sastro said...

Dokter yang budiman, saya Toegino umur 59 th Berat badan 85 Kg, Tinggi badan 175 sya mengalami sakit tumit/tungkai pada waktu bangun tidur terasa sakit, tapi setelah bergerak lambat laun sakit akan menghilang, sakit apakah itu dok ? dan obatnya apa ? terima kasih atas jawabannya

Gino Sastro said...

Dokter yang budiman, saya Toegino umur 59 th Berat badan 85 Kg, Tinggi badan 175 saya mengalami sakit paha kanan di dekat lutut sakitnya terasa seperti orang jawa bilang wedangen panas seperti kena cabai, tapai kadang sembuh kadang kumat apa yang menyebabkan seperti itu,terima kasih atas jawabannyaDokter yang budiman,

Gino Sastro said...

Dokter yang budiman, saya Toegino umur 59 th Berat badan 85 Kg, Tinggi badan 175 sya mengalami sakit tumit/tungkai pada waktu bangun tidur terasa sakit, tapi setelah bergerak lambat laun sakit akan menghilang, sakit apakah itu dok ? dan obatnya apa ? terima kasih atas jawabannya

risma said...

dear dokter

nama saya risma, dan diagnosa dokter mengatakan bahwa saya menderita plantar fasciitis, selama ini saya hanya diberi obat anti inflamasi saja, apakah memang itu satu satunya cara penyembuhannya, ataukah ada terapi yang harus saya lakukan, dan kemana saya harus melakukan terapi itu, karena selama ini dokter saya tidak pernah menyarankan, terima kasih

Bernadetha Kusuma said...

salam kenal dok,
nama saya Ririn, umur 42 th, berat badan 58 kg, tinggi 153 cm. Sudah sekitar 2 minggguan saya mengalami sakit di bagian tumit dan suka kaku dan nyeri nyeri di betis.
saya sudah rontgen dan ternyata di kaki kiri saya terdapat penumbuhan tulang. sedangkan di kaki kanan saya terdapat penebalan
Saya sudah melakukan fisioterapi kaki kiri sudah 4 kali sedagkan kaki kanan 2 kali
tapi sekarang rasa nyeri itu lebih terasa di kaki kanan menjalar ke betis padahal penumbuhan tulangnya terdapat di kaki kiri.

Apakah sousinya? apa harus di operasi dok? terimakasih

Syafi Rachman said...

salam kenal dok,
nama saya Syafi Rachman,umur 37thn,berat badan 90kg,tinggi 165cm.udh beberapa minggu ini,saya klo berjalan apalagi klo jalanannya agak keatas n ada tangga,lutut saya tiba2 sakit..ada apa dengan lutut saya ini ya dok???pdhl tekanan darah saya 120/80..makasih sebelumnya

Anonymous said...

Dr. Suryo yth

Nama Saya firman,umur 47 tahun, berat badan 72 Kg dan tinggi 165cm saya menderita asam urat saya 10,00 saya menderita ini sdh cukup lama sekitar kurang lebih 10 tahun dan sejak saya menderita asam urat saya sangat selektitif dalam makanan semua pantangan saya sdh hindari tapi tetap juga trasa sakit dan bengkak,setiap persendian kaki saya sakit/bengkak dokter saya hanya menganjurkan minum obat flamar 50mg dan prednison, yang sya tanyakan fungsi obat yang saya komsumsi tersebut apak dok? dan obat apa yang dapat menurunkan asam urat saya trimakasih atas jawabannya

Harven Didi said...

Salam Kenal doter nama saya DIDI umur 29 thn.berat badan 57 kg tinggi 167,saya mengalami nyeri di tumit pertama kali habis olag raga futsal,4-5 bulan yg lalu saya lansung berhenti olahraga,berharap nyeri di tumit sembuh,setelah waktu berjalan nyerinya terasa ketika bangun tidur,tapi setelah beraktifitas lagi perlahan hilang,besoknya timbul lgi begitulah dokter,dan kemaren saya olah raga futsal lagi dan nyerinya semakin terasa ,dan berjalanpun harus pelan2. Jika benar penyakit saya ini adalah seperti yang dokter tulis disini (Plantar Fasciitis). Apakah penyakit ini bisa sembuh? Bagaimana caranya? Terimakasih.

may leonita said...

salam kenal.
saya ibu Mardiyah umur44thn,saya mengalami plantar facitis sinsistra saya belum lama ini mesudah menjalani operasi pengangkatan spur pada tumit saya.saya ingin bertanya,apakah sewaktu-waktu akan timbul kembali spur itu pada tumit saya.mohon jawabanya.terimakasih.

may leonita said...

salam kenal dok.
saya ibu mardiyah 44thn,saya menderita penyakit plantar facitis sinistra.saya sudah menajalani pengangkatan spur belum lama ini di bagian tumit kaki kiri.yang ingin saya tanyakan apakah sewaktu-waktu spur itu akan timbul kembali di kaki saya?
saya tunggu jawabannnya.
terima kasih :)

Anonymous said...

dear dr suryo wibowo

dok nama saya yusuf umur saya 21 tahun berat badan 53kg,
sudah 3minggu ini saya mengalami nyeri di bawah mata kaki sampai belakang jari kelingking& jari manis kaki,ada benjolan kecil di bawah mata kaki.
setiap bangun tidur rasa nyeri lebih terasa,di sertai demam dan terasa menggigil.
saya memang sering berjalan kaki.
apakah saya terkena plantar fascitis?

atas jawabannya saya uicapkan terimakasih

salam

Andreas The Fighter said...

Salam kenal dokter, saya Rita, 58 kg, 153cm, umur 46 tahun. saya kadangkala merasakan nyeri di bagian tumit kaki kanan setelah berdiri terlalu lama dan bangun tidur.

Jd, bagaimana penatalaksanaannya utk mencegah dan mengobatinya dok?

Trima kasih

Andreas The Fighter said...

Salam kenal dokter, saya Rita, 58 kg, 153cm, umur 46 tahun. saya kadangkala merasakan nyeri di bagian tumit kaki kanan setelah berdiri terlalu lama dan bangun tidur.

Jd, bagaimana penatalaksanaannya utk mencegah dan mengobatinya dok?

Trima kasih

Andreas The Fighter said...

salam kenal dokter,
nama saya Darmawati, 46th, 58 kg, 153 cm, saya merasakn nyeri di bagian tumit saat bangun pagidan saat berdiri terlalu lama. saya tidak ada riwayat penyakit DM, Hipertensi, Dan Osteoarthritis..
jdi, bagaimana cara mencegah dan mengobatinya dokter?

Trimakasih

iyaalieya said...

salam dok,nma sya iya umur 29thn BB 52kg TB 160,sudh 2bln ni sya skit pnggang apa lg klo wat brdiri lma mkin trasa skit y di tmbh lg krj sya yg brdiri,sya ad jmpa dok pakar dan diagnosis dok sya skit LUMBAR PID,dan dah 2mnngu ni tumit sya pun skit klo wat brdiri lma,mnum obat n di injec pun sdah tp tak ok jg
prtanyaan nya brapa lma ya dok pnyembuhan nya,

joko warts said...

Saya nyeri di pinggang bawah,pantat ,kaki seperti kesemutan.udah kedokter tpi lum sembuh.kencingnya lancar,kaki tdk bengkak.asam urat 0.6 obatnya apa dok

Max Noor Alam said...

Dear Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk.

salam kenal dokter, nama saya Max Noor Alam, umur 29th, berat 72kg, tinggi 168cm,obat yg pernah diminum kolkatriol calcitriol. begini dokter, 2,5th yg lalu saya mengalami clavicle fracture, terakhir melakukan rontgen kondisi tulangnya sudah sempurna dengan plate & screw installed properly, saya memang berencana untuk melepasnya 6bln lagi.
yang ingin saya tanyakan
1. dengan kondisi sekarang, plate & screw yg masih menempel apakah berpengaruh terhadap aktivitas saya sehari2 dan juga pekerjaan saya sebagai quality engineer yg tugasnya mengecheck kualitas suatu product hanya mengecheck saja dok. bukan mengangkatnya, ya kalau mengangkat mungkin kurang dari 0,5kg dan itupun tidak terus-menerus.
2. sebenarnya dengan kondisi sekarang, apakah tulang saya berfungsi dengan normal secara medis? (kalau saya yg merasakan sendiri sampai sekarang tidak ada keluhan dan masalah dok.)
3. hal2 apa saya yg boleh dan tidak boleh saya lakukan terkait aktivitas sehari2.

terima kasih sebelumnya atas jawaban dokter, semoga diskusi ini akan bermanfaat juga untuk orang lain.

salam.

Max Noor Alam

Verry Viciouz said...

Dear Dokter

Nama saya Verry,umur 22th,berat badan 60kg,tinggi 165cm.
Akhir" ini saya sering mengalami nyeri pada tumit kaki sebelah kiri saya ketika saya bangun tidur dok..

Kegiatan sehari" saya,saya cuma sebagai operator warnet,udah 3 tahun ini saya kerja malam terus dari jam 10 malam sampai 10 pagi.
Kalau sudah main game,saya bisa duduk berjam" di depan komputer dok.

Kalau boleh saya minta solusi gimana biar tumit saya ga sakit lg saat bangun tidur dok..
Terima Kasih

Anonymous said...

salam kenal dok,
nama saya fransiska
usia saya 23 thun saya mahasiswa
saya dulu sering menggunakan high heels dong dan saya juga sempat melukan gerakan2 yoga sendiri. dan skrg jempot kaki saya sebalh kanan mati rasa dok kalo duduk kelamaan punggu saya panas dan semutan saya udh cek k dokter tulang dan saraf katanya dsruh olahraga saja. dan saya merasa menyebar dok ke pinggang sakit..

bagaimana caranya dok supaya kembali seperti semula? Terima kasih

Anonymous said...

selamat malam dok.. dok, apakah plantar fasciitis bisa di berikan terapi menggunakan shortwave diathermy?

Anonymous said...

Siang dok, saya mau tanya, berapa minggu ini tumit atau telapak kaki saya ini terasa sangat sakit sekali kalau dibuat berjalan bahkan ketika tulangnya disentuh itu jg terasa sakit.Apa ini disebabkan peradangan yg Dokter jelaskan atau ada penyebab lainnya seperti asam urat?

stephanie said...

Selamat Malam dok, saya stephanie 21 tinggi 165 berat 60kg.

Saya ingin bertanya, betis kanan saya lebih besar dibandingkan betis kiri saya dan semakin lama semakin membesar. Saya harus cari dokter apa ya? apakah ada spesialis dokter otot atau sejenisnya?

Terima kasih

david very said...

Yang Terhormat
Dr. Suryo

Tolong bantu ibu saya dok.
Saya Joko Supriyatna. Ibu saya bernama Siti Khalimah usia 41 thn. Ibu saya bekerja sebagai pedagang kue keliling. Selama 5 bulan ini, ibu saya merasakan nyeri pada bagian tumit kaki kanannya. Bahkan sekarang nyerinya ini membuat dadanya sesak, sampai pinggangnya juga merasakan sakit. Sekarang ibu saya terbaring di tempat tidur, badannya panas. karena menahan rasa sakit.

Tolong dok, kami tinggal di daerah Tangerang. Tolong informasikan ke rumah sakit mana yang harus saya tuju. Perawatan apa yang harus saya lakukan. Berapa biaya yang harus saya keluarkan?. karena kami ini dari golongan ekonomi lemah.

Terimakasi, sekiranya Bapak bisa membantu.

Ling Yohana said...

Selamat pagi dok,

beberapa hari lalu saya mengalami nyeri di telapak kaki kanan di bagian kanan nya. dan di atas mata kaki juga ada sedikit ngilu dan saya merasa ada otot / urat yang kalau di pegang nongol.
sebelumnya saya hanya melakukan aktivitas duduk dan berjalan saja, memang dengan intensitas yang berbeda dari biasanya.

kira2 itu kenapa ya dok?
Thanks

julana pingkan said...


Selamat sore pak dokter...saya seorang ibu 47thn tinggi 162cm berat badan 63kg. tumit kanan saya sakit setiap kali bangun tidur pagi dan duduk lama...tahun lalu masih agak jarang2 timbul tapi tahun ini sdh setiap hari dok...memang stlh melangkah bbrp kali pasti sdh kembali spt semula...hanya saja semakin sakit dan setiap hari skrg dok...trmksh.

Luciana Melvina said...

Dear dokter,
Mama saya mengalami nyeri tumit sebelah kiri jika teralu banyak berdiri. Sakitnya menjalar ke lutut dan paha. Menurut saya ini mirip dengan penjelasan dokter di atas.
Bagaimana cara mengatasinya ? Thanks

sari said...

salam kenal dokter,
Nama saya sari, umur 35th, BB 60kg, TB 158cm. saya perna ddiagnosa LBP.. klo pas kambuh sering nyeri disekitar pinggang n pantat tengah kiri. Hasil rongent menunjukkan salah satu bantalan tulang belakang tipis.untuk menhilangkan nyeri saya selalu ke fisioterapi.
Riwayat pada umur 22th perna jatuh dari motor 2x n tdk perna ada keluhan. tapi pada umur 26th perna kecetit dipinggang n itu awal mula dari LBP saya.
Sekarang udah ampir 2 bln tumit kiri saya nyeri. rasanya kayak lebam didalam lg dicubit. terutama klo bangun tidur, berdiri lama, posisi kaki menggantung n berdiri setelah duduk. lab terbaru asam urat 2,88, kolesterol 188, Gula darah acak 107.
apakah penyakit saya seperti yang dokter tulis disini (plantar fascitis) atau ada hubungannya dengan riwayat penyakit dahulu. apakah penyakit ini bisa ssembuh? bagaimana caranya? terimakasih....

Wahab Musyafa said...

Nama saya Deni Umur saya 21 tahun tinggi 168 , bb 59 . saya suka olahraga beladiri entah kenapa saat malam telapak kaki saya terasa sakit buat berjalan dan setelah baca artikel dari dokter sepertinya saya terkena Plantar fasciitis , pertanyaan saya bagaimana mencegah agar pada setelah saya latihan tidak terjadi nyeri Plantar fasciitis lagi ya dok , kebetulan kaki saya bentuknya agak datar lebar ?

Eva L Saputri said...

nama saya eva, dok saya mau tanya, ibu saya memepunyai riwayat darah tinggi, dan beberapa tahun terakhir ini, ibu saya mengalami pembengkakan di telapak kaki dan kalo dipegang sakit dan nyeri sekali,kemarin di kaki kanan sekarang diakaki kiri sudah diperiksakan ke dokter umum, cuman dikasih obat nyeri, setelah minum obat itu memang sembuh tapi selang beberapa bulan kambuh lagi, itu kenapa ya dok?

terimksh

mita tami said...

Selamat malam dok saya seorang wanita nama saya tami umur 26 tinggi 165 berat 58 pekerjaan d perbankan bagian analis yg bekerja di lapangan dengan debu dan polusi dan jg bekerja d dlm kantor. Hasil mcu kmrin gula darah 2 jam setelah makan 150 kolesterol 204 asam urat 6.5. Saya sangat suka makanan laut dok, saya juga sayur dan buah. Saya juga merasakan linu d kaki. Apakah hasil mcu saya mengkhwatirkan dok. ?Saya sudah ke doktee katanya saya ga usah minum obat cukup jaga pola makan. Dan sebelum tes tsb saya begadang donk apakah itu berpengaaruh trhdp hasil mcu saya.kira kira brp persen dok.trims dok

kholishoh attahliyah said...

asslmkm wr. wr
dok, saya wanita berumur 21 tahun. sejak SD sering merasa telapak kaki bagian tengah seperti tertusuk dalam atau teriris ketika berjinjit. nyeri kaki saya kemudian bertambah parah. sekitar 1thn yang lalu dokter menyatakan saya menderita plantar fasciitis. sekarang nyeri itu sampai ke betis lutut dan paha. saya tidak bisa menyangga tubuh saya dengan tegak sehingga postur tubuh menjadi bungkuk dan cara berjalan berubah (menyeret kaki). selain itu saya bermasalah dengan tempurung lutut yang tidak stabil dan sering bergeser ketika bangun dari posisi berjongkok.
yang saya tanyakan apakah keluhan yang saya alami penyebab utamanya adalah plantar fasciitis dan apakah berdampak pada kelumpuhan?

terima kasih atas jawaban yang diberikan

kholishoh

Usmanij Fredy said...

salam kenal dok, sy Fredy, pria usia 33 tahun, minggu lalu tiba-tiba jari tengah tangan kanan saya terkilir, informasi yg sy tau sy terkena trigger finger, hingga sekarang jari tengah saya belum normal kembali, jika digerakkan terasa nyeri dan selalu bersinggunan dengan jari manis, mohon solusinya dok, thx sblmx

zhu hendri said...

salam kenal dok, saya Hendri umur 28tahun, berat badan 85kg dan tinggi badan 174cm, saya sering mengalami sakit pada tumit kaki kanan dan kiri setiap bangun pagi,dan sakit nya hanya beberapa langkah aja tiap pagi saya bangun sampai saat ini, tetapi tidak sakit kalo berdiri setelah dr duduk sebentar maupun lama.. sakit di tumit saya ini akan lebih sakit kalo saya habis olahraga malam hari nya (futsal), apakah penyakit ini sama seperti yg dokter jelaskan di artikel dokter ya? dan bagaimana cara penyembuhan yg baik? apakah harus ke dokter ato bisa penyembuhan sendiri dan dgn metode apa?


NB penyakit ini saya alami baru dalam 1tahun belakangan ini

terima kasih dok

Anonymous said...

dear dokter. dok untuk usia 14 tahun berapa kenormalan darah nya?

RISKY FEBRIANTO said...

pagi dok,
saya risky 24 tahun, berat badan 85kg, tinggi 161cm. akhir-akhir ini saya mengalami nyeri di bagian tulang bokong sebelah kanan sampai ke lutut. apakah itu plantar fasciitis dok? atau lainnya? dan mohon solusinya untuk mengatasi nyeri tersebut.

terima kasih banyak dok,
salam.

About Me

My Photo
Konsultan masalah kesehatan, keselamatan dan lingkunga kerja.