100 Questions & Answers: Asam Urat

100 Questions & Answers: Asam Urat

Wednesday

Demam


Demam adalah suatu bagian penting dari mekanisme pertahanan tubuh melawan infeksi. Kebanyakan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada manusia hidup subur pada suhu 37 derajat C. Meningkatnya suhu tubuh beberapa derajat dapat membantu tubuh melawan infeksi. Demam akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk membuat lebih banyak sel darah putih, membuat lebih banyak antibodi dan membuat lebih banyak zat-zat lain untuk melawan infeksi.

Suhu tubuh normal bervariasi tergantung masing-masing orang, usia dan aktivitas. Rata-rata suhu tubuh normal adalah 37 derajat C.
Suhu tubuh kita biasanya paling tinggi pada sore hari. Suhu tubuh dapat meningkat disebabkan oleh aktivitas fisik, emosi yang kuat, makan, berpakaian tebal, obat-obatan, suhu kamar yang panas, dan kelembaban yang tinggi. Ini terutama pada anak-anak.
Suhu tubuh orang dewasa kurang bervariasi. Tetapi pada seorang wanita siklus menstruasi dapat meningkatkan suhu tubuh satu derajat atau lebih.

Apa yang terjadi pada tubuh kita pada saat demam?

Yang mengatur suhu tubuh kita adalah hipotalamus yang terletak di otak. Hipotalamus ini berperan sebagai thermostat. Thermostat adalah alat untuk menyetel suhu seperti yang terdapat pada AC. Hipotalamus kita mengetahui berapa suhu tubuh kita yang seharusnya dan akan mengirim pesan ke tubuh kita untuk menjaga suhu tersebut tetap stabil.

Pada saat kuman masuk ke tubuh dan membuat kita sakit, mereka seringkali menyebabkan beberapa zat kimiawi tertentu beredar dalam darah kita dan mencapai hipotalamus. Pada saat hipotalamus tahu bahwa ada kuman, maka secara otomatis akan mengeset thermostat tubuh kita lebih tinggi. Misalnya suhu tubuh kita harusnya 37 derajat C, thermostat akan berkata bahwa karena ada kuman maka suhu tubuh kita harusnya 38,9 derajat C.

Kenapa hipotalamus memberitahu tubuh kita untuk mengubah ke suhu tubuh yang lebih tinggi? Ternyata dengan suhu tubuh yang lebih tinggi adalah cara tubuh kita berperang melawan kuman dan membuat tubuh kita menjadi tempat yang tidak nyaman bagi kuman.
Setelah hipotalamus mengeset suhu baru untuk tubuh kita, maka tubuh kita akan bereaksi dan mulai melakukan pemanasan. Jadi setelah hipotalamus mengeset pada suhu 38,9 derajat C misalnya, maka suhu tubuh kita yang tadinya 37 derajat C, oleh tubuh kita akan dinaikkan menjadi 38,9 derajat C. Pada saat tubuh menuju ke suhu baru kita akan merasa menggigil. Kita dapat pula merasa sangat dingin meskipun ruangan tidak dingin dan bahkan meskipun kita sudah memakai baju tebal dan selimut. Jika tubuh sudah mencapai suhu barunya, katakanlah 38,9 derajat C maka kita tidak akan merasa dingin lagi.

Setelah penyebab yang menimbulkan demam lenyap, maka hipotalamus akan mengeset semuanya kembali seperti sediakala. Pada saat obat untuk radang tenggorokan kita sudah mulai bekerja misalnya, maka suhu tubuh kita akan mulai turun dan kembali ke normal. Kita akan merasa hangat dan perlu melepaskan panas yang berlebihan yang masih ada di tubuh. Kita akan berkeringat dan ingin memakai pakairan yang lebih tipis.

Demam bukan suatu penyakit. Jauh dari sebagai musuh, demam adalah suatu bagian penting dari pertahanan tubuh kita melawan infeksi. Banyak bayi dan anak-anak menjadi demam tinggi oleh penyakit-penyakit virus ringan. Jadi demam memberitahukan kepada kita bahwa suatu peperangan mungkin sedang terjadi di dalam tubuh kita, demam berperang untuk kita, bukan untuk melawan kita.

Banyak bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada manusia hidup subur pada suhu 37 derajat C. Meningkatkan suhu tubuh beberapa derajat dapat membantu tubuh memenangkan pertempuran melawan bakteri dan virus tadi. Selain itu demam akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk membuat lebih banyak sel darah putih, antibodi dan zat-zat lain untuk melawan infeksi.

Fever Phobia
Banyak orangtua takut bahwa demam akan menyebabkan kerusakan otak. Kerusakan otak dari demam umumnya tidak akan terjadi kecuali demam melebihi 42 derajat C. Kebanyakan orangtua juga takut bahwa demam yang tidak diobati akan semakin tinggi dan semakin tinggi. Demam yang tidak diobati yang disebabkan oleh infeksi jarang yang melebihi 40,6 derajat C kecuali anak tersebut diberikan pakaian yang berlebihan atau terjebak dalam suatu tempat yang panas. Thermostat di otak akan menghentikan demam agar tidak melebihi 41,1 derajat C.

Beberapa orangtua takut bahwa demam akan menyebabkan kejang. Bagi kebanyakan anak-anak, demam tidak menyebabkan kejang. Tetapi kejang demam memang dapat terjadi pada beberapa anak. Sekali seorang anak diketahui pernah menderita kejang demam sederhana maka kita harus mencegah agar anak tersebut jangan sampai demam tinggi. Pada umumnya kejang demam sederhana hanya berlangsung singkat tanpa efek jangka panjang.

Meskipun infeksi adalah penyebab umum dari demam, akan tetapi demam mempunyai daftar penyebab lain yang cukup panjang, termasuk racun, kanker, dan penyakit-penyakit autoimun.

Heatstroke atau hyperthermia tidak sama dengan demam, oleh karena peningkatan suhu tubuh yang terjadi bukan disebabkan hipotalamus menaikkan set pointnya. Ini dapat terjadi akibat berolahraga terlalu lelah tanpa minum yang cukup atau terpapar dengan lingkungan yang panas, dan bisa juga disebabkan oleh beberapa obat-obatan tertentu. Hyperthermia dapat membahayakan jiwa.

Demam yang tidak dapat dijelaskan yang berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu disebut dokter sebagai FUO (fever of undetermined origin). Kebanyakan disebabkan oleh suatu infeksi yang tersembunyi.


Penyebab Umum

  • Infeksi virus dan bakteri;
  • Flu dan masuk angin;
  • Radang tenggorokan;
  • Infeksi telinga
  • Diare disebabkan bakterial atau diare disebabkan virus.
  • Bronkitis akut, Infeksi saluran kencing
  • Infeksi saluran pernafasan atas (seperti amandel, radang faring atau radang laring)
  • Obat-obatan tertentu
  • Kadang-kadang disebabkan oleh masalah-masalah yang lebih serius seperti pneumonia, radang usus buntu, TBC, dan radang selaput otak.
  • Demam dapat terjadi pada bayi yang diberi baju berlebihan pada musim panas atau pada lingkungan yang panas.
  • Penyebab-penyebab lain: penyakit rheumatoid, penyakit otoimun, Juvenile rheumatoid arthritis, Lupus erythematosus, Periarteritis nodosa, infeksi HIV dan AIDS, Inflammatory bowel disease, Regional enteritis, Ulcerative colitis, Kanker, Leukemia, Neuroblastoma, penyakit Hodgkin, Non-Hodgkin's lymphoma

Perawatan Rumah
Jika demam ringan dan tidak ada masalah-masalah lain yang timbul, tidak diperlukan obat-obatan. Minum cairan yang banyak dan istirahat. Jika seorang anak masih dapat bermain dan nyaman, minum cairan yang banyak dan dapat tidur maka obat-obatan tidak diperlukan.

Ambil langkah-langkah untuk menurunkan demam jika kita atau anak kita merasa tidak nyaman, muntah, dehidrasi, atau sulit tidur. Tujuannya adalah menurunkan, bukan menghilangkan demam.

Waktu mencoba mengurangi demam:

  • Jangan membungkus orang yang menderita demam.
    Singkirkan baju atau selimut yang berlebihan. Lingkungan sebaiknya sejuk nyaman. Contoh, satu lapis baju tipis dan satu selimut tipis untuk tidur. Jika ruangan panas, nyalakan AC atau kipas angin.
  • Mandi atau menyeka tubuh dengan air hangat kuku dapat membantu mendinginkan seseorang dengan demam. Ini efektif terutama setelah diberikan obat penurun panas kalau tidak suhu tubuh akan kembali naik.
  • Jangan mandi dengan air dingin atau kompres dengan alkohol. Ini akan mendinginkan kulit tetapi seringkali membuat situasi menjadi lebih buruk karena menyebabkan menggigil yang mana dapat meningkatkan suhu dalam tubuh.
  • Minum cairan lebih banyak. Minum cairan dingin kalau bisa.

Beberapa petunjuk untuk minum obat:

  • Acetaminophen (paracetamol) dan ibuprofen dapat mengurangi demam pada anak dan dewasa. Beberapa merek dagang acetaminophen: Panadol, Tempra, Sanmol, Praxion, dll. Beberapa merek dagang ibuprofen: Proris, Rhelafen, Bufect, dll.
    Minum acetaminophen setiap 4 – 6 jam. Obat ini bekerja cepat dengan cara menurunkan thermostat otak. Minum ibuprofen setiap 6 – 8 jam. Seperti aspirin, ibuprofen membantu melawan peradangan pada sumber demam. Kadang-kadang dokter menganjurkan anda untuk menggunakan kedua macam obat ini bergantian. Sebenarnya hal ini belum didukung data mengenai keamanan dan keefektifannya. Ibuprofen tidak boleh dipakai untuk bayi denga usia kurang dari 6 bulan.
  • Aspirin sangat efektif untuk mengobati demam pada orang dewasa. JANGAN memberikan aspirin pada anak-anak.
  • Obat-obatan penurun panas tersedia dalam konsentrasi yang berbeda-beda, jadi selalu perhatikan instruksi pada kemasan.
  • Jangan berikan obat-obatan apapun untuk menurunkan demam pada bayi berusia 3 bulan ke bawah tanpa petunjuk dokter.

Jika seseorang terkena panas karena kelelahan atau heat stroke, keluarkan orang tersebut dari sumber panas, Seka dengan dengan air hangat kuku. Tempatkan kantong es di ketiak, dibelakang leher dan di lipat paha. Berikan cairan jika orang itu sadar. Cari pertolongan medis.

Hubungi segera dokter anda jika:

  • Bayi berusia kurang dari 90 hari dengan suhu rektal lebih dari 37.9°C. Pada bayi usia muda ini mereka akan mudah menjadi sakit parah dalam waktu sangat cepat.
  • Bayi berusia 3 – 6 bulan dengan demam lebih dari 38.3°C.
  • Bayi berusia 6 – 12 bulan dengan demam lebih dari 39.4°C.
  • Anak berusia kurang dari 2 tahun dengan demam lebih dari 24 – 48 jam.
  • Demam yang berlangsung lebih dari 48 – 72 jam pada anak yang lebih tua dan pada orang dewasa.
  • Demam tinggi (lebih dari 40.5°C) pada usia berapapun juga.
  • Terdapat gejala-gejala lain yang mengkhawatirkan. Contoh: gelisah, kesadaran menurun, tampak sakit berat, kesulitan bernafas, kaku kuduk, tidak dapat menggerakan lengan atau tungkai, kejang pertama kali, timbul bintik-bintik atau bercak ungu kemerahan-merahan (perdarahan bawah kulit), demam disertai muntah terus-menerus, diare, sulit/nyeri pada saat menelan ludah atau minum, sangat rewel (misalnya menangis terus-menerus bila disentuh atau dipindahkan), terdapat tanda-tanda dehidrasi (mulut sangat kering, tidak buang air kecil lebih dari 6 jam, dll).
  • Mempunyai penyakit kronik yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh.

Apa yang mungkin akan dilakukan oleh dokter anda?

  • Dokter anda akan melakukan pemeriksaan fisik, meliputi pemeriksaan kulit, mata, telinga, hidung, tenggorokan, leher, dada dan perut untuk mencari penyebab demam.
  • Dokter anda mungkin akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti:
    Kapan mulai timbul demam? Sudah berapa lama demam berlangsung? Apakah demam timbulnya mendadak? Obat-obatan apa saja yang sudah diberikan untuk menurunkan demam?
    Apakah demam diselingi menggigil? Apakah demam naik turun?
    Apakah demam terjadi dalam waktu 4 sampai 6 jam setelah terpapar dengan sesuatu yang membuat anda alergi?
    Apakah ada gejala-gejala lain yang menyertai demam? Adakah batuk pilek? Adakah nyeri pada waktu menelan? Adalah muntah? Adakah diare? Adakah nyeri pada waktu buang air kecil? Bagaimana nafsu makan anak? Apakah tidur terganggu? Apakah mendengkur lebih dari biasanya?

Pengobatan tergantung pada berapa lama demam berlangsung dan penyebab dari demam serta gejala-gejala lain yang menyertai demam.

Pemeriksaan laboratorium yang mungkin diminta dokter anda:

  • Pemeriksaan darah rutin dan hitung jenis
  • Pemeriksaan urin
  • Foto rontgen

191 comments:

anna said...

terima kasih dok, posting ini bermanfaat sekali. sebulan yll putri saya (1,5) th kejang demam. Sempat diobservasi sehari semalam. Nah, sejak itu kalau dia panas, saya & suami paranoid.
Dok, mengapa dokter selalu memberi antibiotik walau anak saya tidak batuk pilek? terimakasih...

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Anna,

Syukurlah kalau postingan saya ini bermanfaat.

Kejang demam yang dialami oleh putri anda tampaknya kejang demam sederhana.

Pada anak-anak tertentu, bila suhu tubuh melebihi 38,5 derajat Celcius maka akan terjadi kejang, dan disebut sebagai kejang demam sederhana. Ada beberapa kriteria seorang pasien disebut mengalami kejang demam sederhana, antara lain: umur pertama kali kejang harus di atas 6 bulan, kejang didahului oleh demam tinggi, tidak ada defisit neurologi setelah demam, dll.

Salah satu penyebab demam adalah infeksi. Infeksi bisa disebabkan oleh virus dan atau bakteri. Infeksi oleh bakteri memerlukan pemberian antibiotika.

Bila dokter anak anda memberikan antibiotika, coba tanyakan alasannya mengapa dia meresepkan antibiotika.
Atau setelah dokter memeriksa anak anda dan sebelum menuliskan resep ada baiknya anda bertanya apa sakit anak anda, apa perlu antibiotika atau tidak, ungkapkan kekhawatiran anda, jangan sungkan.

Semoga bermanfaat.

Salam
Dr. Suryo Wibowo, MKK

ratna hermawati said...

halo...
saya ratna, dokter juga, tapi lagi buntu pikiran nih. mau discuss sedikit, boleh ya..
anak saya sudah tiga hari ini demam, suhunya bervariasi antara 38,4 s/d 38,8 drajat celcius. demamnya muncul malam hari, biasanya berlangsung sekitar satu jam, trus turun sendiri. dia juga tidak tampak sakit, masih ketawa2 gitu. saya cek DL dan IgM dengue-nya (k/ di internet saya baca IgM positif hari ke-2 s/d 7), hasilnya normal semua.
hari ketiga dia demam, 39 derajat celcius. demamnya berlangsung semalaman dan sempat muntah. dia nggak mau minum obat jadi saya kompres dan dikasi banyak cairan aja. besok paginya demam turun sendiri.
pertanyaan saya, kira2 apa penyebab demamnya? teman saya bilang mungkin dehidrasi. bisakah? padahal produksi urine-nya banyak dan dia juga minum banyak cairan.
BTK.

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Ratna,

Salam sejawat. Coba periksa ulang darah lengkap dan urine lengkap (di Prodia atau Biomedika). Bagaimana dengan kemungkinan thyphoid fever? Infeksi saluran kemih sering juga menjadi penyebab demam.

Semoga membantu.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

Setelah saya baca postingan bapa sangat bermanfaat sekali. Dan saya mau bertanya mengenai obat penurun panas bufect ( Sanbe ). pertama kali anak saya memakai bufect ketika sakit tampek, dari saat itu anak saya tidak bisa diberi obat yang lain ketika demam. dan saat ini anak saya sedang demam karena giginya akan tumbuh, pernah demamnya mencapai 40.5 C, saya langsung kasih bufect dan demamnya lansung turun, tapi demamnya naik lagi pada pagi harinya dan saya terus kasih bufect, sampai habis 1 botol/100 mg ( selama 1 minggu )yang jadi pertanyaan saya adalah
1. apakah tidak apa-apa terus menerus menggunakan bufect ?
2. apa yang menyebabkan ketergantungan bufect, sehingga saat panas obat merek lain sudah tidak bisa menurunkan demam /
3. saat ini anak saya demam karena tumbuh gigi graham, apakah tidak apa2 dikasih bufect terus menerus, dikarenakan demamnya yang naik turun terus. karena saya khawatir akan ada efect sampingnya ?

atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Ibu,

Saya senang apabila postingan saya bermanfaat bagi ibu.

Sakit tampek disebabkan oleh virus dan penyakit yang disebabkan oleh virus ini pada umumnya dapat sembuh sendiri (self limited diseases).

Demam karena gigi tumbuh biasanya tidak begitu tinggi dan biasanya berlangsung singkat (paling 1 sampai 2 hari) saja. Saya khawatir demam selama 1 minggu itu disebabkan oleh hal lain, sebaiknya ibu segera membawa anak ibu ke dokter untuk diperiksa dengan teliti apakah yang menyebabkan demamnya itu.

Pemakaian obat tersebut secara terus-menerus tentu saja akan menimbulkan efek samping. Efek samping yang paling sering dijumpai pada pemakaian ibuprofen adalah luka pada lambung/usus.

Ibuprofen tidak menyebabkan ketergantungan (bukan narkoba lho bu!). Demam bisa disebabkan oleh infeksi. Infeksi dapat disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Tentu saja selain obat demam, mungkin anak ibu memerlukan obat lain, antibiotika misalnya.

Ibu mengatakan, "sehingga saat panas obat merek lain sudah tidak bisa menurunkan demam". Pernyataan ibu ini tidak betul. Buktinya dengan ibuprofen juga sampai habis 1 botol demam yang diderita anak ibu tidak turun juga. Jadi sekali lagi saya ingatkan bahwa demam pada anak bisa disebabkan oleh infeksi. Infeksi ada yang berbahaya. Oleh sebab itu bila diberi obat penurun panas selama 1 - 2 hari demam tidak hilang, sebaiknya anak ibu segera dibawa ke dokter agar tidak terlambat!

Perlu ibu ketahui bahwa sampai saat ini obat pilihan (drug of choice) untuk mengatasi demam pada anak-anak adalah parasetamol, bukan ibuprofen.

Obat agar bermanfaat dan tidak mengundang efek samping yang berbahaya harus tepat diagnosisnya, tepat obatnya, tepat dosisnya, tepat cara pemberiannya, tepat lama pemberiannya.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

DeeC said...

halo

terimakasih atas jawabannya
tetapi saya masih ada pertanyaan mohon pencerahan

1. apakah luka lambung atau usus bisa dideteksi sendiri sebelum di periksa kedokter ? apakah ciri cirinya ?

2. sudah satu minggu ini anak saya panas karena setelah dilihat banyak gigi grahamnya yang akan tumbuh, dan ketika panas tinggi saya beri ibuprofen karena di beri parasetamol panas nya tidak turun. memang setelah 2 hari panasnya turun tetapi setalah 2 hari panasnya naik lagi karena ada giginya yang mau tumbuh lagi tetapi saat ini saya tidak memberi anak saya obat karena anak saya sudah habis satu botol dan ketika saya tidak memberi anak saya ibu profen panas anak saya karena gigi ini sama seperti ketika di beri obat, panasnya naik turun. yang menjadi pertanyaan saya apakah tidak apa - apa anak saya tidak di beri obat untuk menurunkan panas ?

3. dan biasanya pada saat panas setiap anak akan turun nafsu makannya, anak saya walaupun sedang panas tetap ceria dan makan pun masih banyak sama seperti biasanya. apakan panas yang anak saya alami betul karena akan tumbuh gigi?

atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

ella1

Anonymous said...

dokter saya punya beberapa pertanyaan,,
pertma,apa bedanya demam akibat infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri
kedua,bagaimana manifestasi klinis akibat infeksi bakteri dan virus secara umum
ketiga,kenapa dbd pada pemaparan kedua dampaknya lebih parah daripada pemaparan pertama

dr. Suryo Wibowo said...

Dear friends,

Apakah kalau anak demam perlu diberi obat penurun demam? Jawabannya tergantung seberapa tinggi demamnya, apakah ada riwayat kejang demam, dll.

Demam ringan karena tumbuh gigi, apalagi bila si anak masih mau bermain, makan dan minum seperti biasa, rasanya tidak perlu diberikan obat penurun panas.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Friend,

Sebenarnya rada susah menebak dari demam saja, apakah demam itu disebabkan oleh infeksi virus atau demam itu disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya untuk membedakan infeksi virus atau bakteri, selain demam, tentu saja harus ditanyakan/dilihat/dinilai tanda-tanda infeksi lainnya, umur anak, dll, untuk dapat menyimpulkan infeksi yang diderita itu disebabkan oleh virus atau oleh bakteri.

Demam berdarah dengue pada pemaparan kedua dampaknya lebih parah dari pada pemaparan pertama adalah karena pada saat pemaparan pertama tubuh kita berkenalan dan mulai belajar membentuk antibodi terhadap virus dengue tersebut. Pada saat pemaparan kedua, fase perkenalan dan belajar sudah tidak diperlukan, tubuh dengan cepat menghasilkan antibodi dengan kadar yang tinggi, maka terjadilah suatu reaksi antigen antibodi yang hebat, yang berakibat pada dampak yang lebih parah.

Semoga bermanfaat.
Salam
Dr. Suryo Wibowo

Welli Wilyanto said...

Dok, menarik untuk membedakan mana yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Sebab penting bagi kita,
minimal kalu karena virus kita udah tau, bisa menolak bila di kasih antibiotik.

Karna, tiap demam anak saya pasti dikasih antibiotik. Mau tanya dokter...sungkan...takut tersinggung...

Kadang pilek... kita gak tau karena virus apa bakteri... ama dokter tembak langsung antibiotik....nah lo.....

Pilek kan saya susah menentukan karena virus atau bakteri....

Mohon pencerahan yang lebih detil Dok....

Mokaseh....

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Welli Wilyanto,

Bila pilek disebabkan oleh virus maka biasanya pileknya encer, bening seperti air, dan biasanya dapat sembuh sendiri dalam waktu 7 - 14 hari. Bila pileknya kental, berwarna kuning kehijauan mungkin disebabkan oleh bakteri. Dan bila setelah 7 - 14 hari tidak sembuh juga maka perlu diberikan antibiotika.

Mengenai perlu tidaknya pemakaian antibiotika dapat anda diskusikan dengan dokter anda, jangan ragu atau sungkan mengungkapkan kekhawatiran anda.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

dedy said...

makasih informasi tentang demam yang sangat berharga dan mencerahkan ini. Semoga dokter tetap sehat dan bahagia

Welli Wilyanto said...

Dear Dr. Suryo,

saya itu benar-benar bingung dengan demam.

Ini kejadian yang saya alami sekarang,

Anak saya yang kecil umur 15 bulan sakit panas. Pertama, saya biarkan dua hari dulu, pikir bisa sembuh. Cuma saya kasih parasetamol.

Hari ketiga tidak juga membaik, saya bawa ke dokter. Bilangnya radang tenggorokan. Dikasih CEFAT.

Saya tanya, mungkin nggak malaria, karena ditempat kami endemik malaria.

Ah.... nggak lah....

Saya periksa ke Lab, habis itu. Positif Malaria tipe Jungle Fever.

Dikasih obat Malaria.

Sudah. Besoknya masih panas.
Saya bawa lagi ke DSA kemaren. Ini artinya hari empat.

Ah, ini malaria udah sembuh. Tinggal radangnya belum. CEFAT akhirnya diganti yang lebih poten dengan CEFIXIM.

Habis minum Cefixim sekali, luar biasa..... panas langsung hilang.
Hebat nih poten.

Tapi herannya, anak saya masih aja lemes.

Saya datengi lagi dokternya. Dok, gimana nih, kok lemes bangeetss.

Nah, itu karena gak mau makan kali katanya. Mending in patient di rumah sakit.

Saya bilang nanti aja deh.

Ada kemungkinan DBD nggak? Ya, adalah katanya.....

Akhirnya saya periksa darah lengkap.

Trombositnya dibawah normal dari 150 yaitu 128.

Ya, saya tunggu besoknya, tes darah lagi 127. Dan kondisi anak lemas.

Akhirnya saya suruh mondok.

Tapi dilihat dari obatnya, kok yang di kasih Klorokuin, nah ini kan masih berhubungan dengan malaria.

Bingung aku. Lha, kemaren kan aku masukin dalam rangka trombosit menurun takutnya DBD.

Malah mau dikasih antibiotik Bioxon, tapi ketika ditest ternyata alergi. Hebatnya lagi RS yang tempet pertama aku masukin ngechargenya Bioxon dua kali lipat dari harga pasaran di angka 255 ribu, padahal di apotek luar cuma cepek-an. Wha....... udah obat ga dipake bayarnya mahal lagi.

Dua hari dikasih Klorokuin 100 mg dan hari ketiga keluar.

Sehat.

Nah,
jadi kita sebagai orang tua harus bersikap bagaimana kalau anak demam?

Karena diagnosisnya tidak tepat.

Hari pertama panas: cuma kasih parasetamol dulu?
Hari kedua masih panas: masih kasih parasetamol?
Hari ketiga bawa ke dokter: suruh minum antibiotik.
Hari keempat masih panas: ganti antibiotik
Hari kelima panas: kasih obat malaria.

Nah bingung kita kan.

Kadang susah bagi kita membedakan:
malaria, tipes, chikungunya, deman berdarah atau cuma infeksi virus yang bisa sembuh sendiri. (Kalaupun virus dan bisa "self limited" sampai kapan kita bertahan membiarkan anak kita panas badan?)

Terima kasih, dok.

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Welly Wilyanto,

Untuk mendiagnosis dengan tepat dan benar seorang dokter biasanya harus melakukan anamnesa (wawancara/tanya jawab), kemudian melakukan pemeriksaan fisik pasien dengan cara dilihat (inspeksi), diraba (palpasi), diketok (perkusi), dan bila perlu akan dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para dokter di Indonesia adalah pada tahapan anamnesa. Seringkali mereka tidak mau mendengarkan apa yang dikatakan oleh pasien/orang tua pasien. Mereka menganggap diri mereka pintar sedangkan pasien tidak tahu apa-apa. Ini salah besar. Akibatnya diagnosis yang tepat tidak tercapai.

Kesalahan lain yang sering dilakukan dokter adalah tidak memeriksa fisik pasiennya dengan benar. Saya sering mendengar keluhan dari pasien-pasien saya, bahwa mereka berobat di dokter anu dokter anu tidak diperiksa, langsung dikasih resep! Ini yang menyebabkan sering salah diagnosis.

Kesalahan lain adalah dalam menginterpretasikan hasil laboratorium. Hasil laboratorium harus dicocokkan dengan anamnesa dan pemeriksaan fisik.

Untuk mendiagnosis demam berdarah dengue maka yang harus diperiksa adalah: Dengue blot test IgG dan dengue blot test IgM.
Untuk memantau perjalanan penyakit demam berdarah yang harus diperiksa adalah: trombosit dan hematokrit. Pada demam berdarah kadar trombosit biasanya turun dan kadar hematokrit biasanya naik. Bila trombosit turun di bawah 100 ribu maka indikasi untuk dirawat.

Pada malaria, kadar trombosit juga akan turun. Jadi kadar trombosit turun bukan monopoli demam berdarah dengue. Seharusnya ini dijelaskan pada orang tua, sehingga orang tua tidak khawatir. Dan bila ragu-ragu apakah trombosit yang turun ini disebabkan oleh malaria atau oleh demam berdarah dengue, maka lakukan pemeriksaan dengue blot test IgG dan IgM. Dengan pemberian obat antimalaria, biasanya kadar trombosit akan kembali normal dalam waktu 1 minggu. Dan trombositopenia karena malaria biasanya tidak mengakibatan perdarahan aktif seperti pada demam berdarah dengue.

Saran saya agar Bapak mencari dokter yang mau mendengarkan keluhan bapak, mau memeriksa dengan teliti dan mau menerangkan apa yang ditanyakan oleh pasiennya.


Sekian dulu
Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Welli Wilyanto said...

Dok,
terima kasih telah membantu.

Mau tanya lagi nih dok.....

Misalnya,

oleh dokter dikasih CEFAT....atawa mungkin dikasih Thiamycin......
kita pikir kenapa gak kita coba dulu pake Amoxicilin dulu.......
Boleh gak itu Dok....
bila boleh berapa lama pengamatan....maksud saya misalnya kita tunggu perkembangan dua hari.... kalau tidak ada perubahan baru kita pake Thiamycin......

Kedua,
kapan seorang anak itu bisa resisten terhadap suatu antibiotik.....
berapa lama.....

saya tu perasaan tiap kali kasih antibiotik pasti saya pastikan untuk diminum habis sama anak....tapi nyatanya kemaren yang si kecil...pas dikasih CEFAT udah gak mempam..... harus pake CEFIXIM......gimana terus tu dok....padahal dulu baru sekali aja dikasih CEFAT.....

Ma kasih ya dok.....

Efendi said...

Dok, saya mau tanya apa kelebihan parasethamol dibandingkan dengan ibuprofen, sehingga menjadi drug of choice para dokter. terima kasih atas jawabannya.

Efendi said...

Dok, saya mau tanya apa kelebihan parasethamol dibandingkan dengan ibuprofen, sehingga menjadi drug of choice para dokter. terima kasih atas jawabannya.

anthy said...

posting ini sangat bermanfaat sekali. saya mau tanya Dok, anak saya (14 bln) hari ke 6 setelah imunisasi timbul demam yang gak sembuh2 sekarang sudah memasuki hari ke 4, sudah di bawa ke dokter sama DSA nya dikasi tempra , trimoxsul dan interzin bila terjadi kemerahan pada kulit. saya amati anak saya masih aktif tapi minum susunya kurang mungkin karena tenggorokannya saya liat merah. saya khawatir sekali mengenai demam anak saya, kalo memang demam karena imunisasi mengapa demam ini lebih dari 4 hari biasanya hanya 1-2 hari saja.
terimaksih dok mohon pencerahan

anthy said...

maaf saya lupa menyebutkan anak saya demam setelah imunisasi campak

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Anthy,

Demam yang timbul 6 hari setelah imunisasi biasanya tidak berkaitan dengan imunisasinya itu. Imunisasi yang biasanya menimbulkan demam adalah imunisasi DPT (Diptheri Pertusis dan Tetanus).

Karena demam sudah memasuki hari ke 4 sebaiknya diperiksa darahnya, apakah ada kemungkinan infeksi virus (demam dengue/demam berdarah dengue) atau tidak. Coba kontrol ulang ke DSA nya.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

dok, bagaimana dengan demam reumatik???
apa perbedaannya dengan demam biasa????

Anonymous said...

dok, terima atas posting artikel demam ini. Jum'at sore, anak saya (8th) tib atiba mengalami demam 39 C, namun membaca postingan dokter, saya coba tenang dan menjalankan tips yang di sampaikan dalam artikel ini (tidak membungkus anak dengan pakaian/selimut tebal, ac di nyalakan, kompres dengan air hangat, minum air yang banyak, makan dengan sayur berkuah, bahkan anak saya tetap mandi dengan air suam suam kuku (menurut anak saya, setelah mandi, rasanya nyaman)). Alhamdulillah, minggu pagi, anak saya sudah tidak demam. Dan sepanjang demam tersebut, tidak mengalami kejang. Dan sore ini anak saya sudah kembali segar :) tanpa perlu ke dokter.

rainy said...

dok, mohon sarannya. Anak saya 4 th 7 bl. tgl 16/5 demam 38.1 disertai batuk berdahak dan pilek (anak ada riwayat alergi, diberikan bisolvon dan triaminic, jika ada sesak diberi ventolin). Diberi Panadol turun. Ttp sampai hari selasa masih demam, jika efek obat sdh hilang. Jd saya bawa ke dsa yg bukan dr keluarga. diberi dumin dan obat kejang tp tdk saya tebus krn tdk ada riwayat kejang, juga puyer kombinasi obat batuk pilek (mucopect, bisolvon, bricasma, dexa, aerius) dan isprinol plus erysanbe jika masih panas. tgl 21/5 isprinol dan erysanbe diberikan krn masih panas. Tgl 23/5 terakhir minum obat di atas (habis). Masih batuk dan ada pilek lagi. Tgl 24/4 pagi mulai demam lagi 37,6, diberikan proris, anak ngantuk dan lemas. Sore panas jadi 38,8. kadang2 kaki terasa sakit.

Menurut dokter sebaiknya apa yang harus saya lakukan sebelum ke dsa langganan kami. Apakah perlu melakukan pemeriksaan darah? Btk

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Rainy,

Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah dan urin rutin dulu. Tetapi mungkin ada pemeriksaan darah lain yang perlu dilakukan, dan tentu saja itu dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Daripada diambil darah dua kali, mungkin sebaiknya ke dokter dulu, baru di ambil darah, baru ke dokter lagi.


Salam,
Dr. Suryo Wibowo

dr. Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Saya senang bila ternyata postingan saya mengenai demam ini banyak membantu para ibu yang mempunyai anak balita.

Memang sebenarnya banyak kasus demam pada anak yang tidak perlu minum obat, tetapi tentu saja kita tetap perlu waspada akan tanda-tanda bahaya (red flag sign). Apa saja tanda-tanda bahaya pada deman? Ada beberapa, antara lain bila demam disertai dengan sesak napas, demam disertai kejang, demam disertai diare, dan sebagainya.

Salam,

Dr. Suryo Wibowo

rainy said...

Terima kasih dok. Krn masih hangat, maka sore ini saya akan bawa anak sy ke dokter sj sesuai saran Anda.

veronica said...

Terimakasih dok atas postingannya sangat membantu kami para ibu...

tanti said...

dok mau tanya.
anak saya 2 bln 25 hr sakit demam. awalnya (17-08-09)krn batuk berdahak diberi parasetamol dan puyer untuk batuk (lupa namanya). stelah 3 hr sembuh. lalu 3 hr kemudian (23-08-09) kembung dan demam, diberi puyer untuk kembung dan demam tetap parasetamol. 2 hari kemudian (25-08-09) kembung udah sembuh tp demamnya masih ada sampai 2 hr berikutnya. suhu tubuh saat ini kalo siang sekitar 38oC kalo malam 37,5oC. Mohon sarannya dok.
terima kasih

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Tanti,

Berarti anak anda sudah demam sejak tanggal 23 Agustus 2009 sampai dengan hari ini, tanggal 27 Agustus 2009, berarti sudah demam selama 5 hari.

Sebaiknya anak ibu segera dibawa ke dokter untuk diperiksa, minta dokter untuk memeriksa apakah ada tanda-tanda infeksi atau tidak, dan tanyakan pula pada dokter apakah perlu untuk pemeriksaan darah atau tidak (sebaiknya sih diperiksa darahnya).

Demikian saran saya.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Anonymous said...

Siang Dok,
saya ibu indri di batam.terimakasih skali saya menemukan postingan dokter yg sgt bermanfaat.
Kebetulan anak saya 16 bulan demam sampai 39.6 mulai selasa sore , tp kalo siang n sore lincah n sehat, malem demam n rewel.ada batuk berdahak n muntah tp sedikit,pas demam saya kasi sanmol sembuh n kambuh lg demam malemnya saya kasi baby cough karna ada batuknya.
mnrt dokter apa perlu saya bawa ke dsa-nya? karna dia ada riwayat alergi n radang tenggorokan, tp saya skrg mau mengurangi antibiotiknya karna kalo dibawa k dsa-nya pasti dikasih antibiotik.kalo sy bertanya k dsa-nya pasti tdk ada jwbn walopun sbnrnya dsa-nya terkenal bagus dlm hal pengobatan ttp kekurangannya kt kurang dikasi pencerahan.
Terima kasih atas jawabannya, saya sangat membutuhkan jawabnnya

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Ibu Indri,

Biasanya selama anak terlihat lincah dan sehat berarti tidak ada sesuatu yang membahayakan.

Tanda/gejala yang berbahaya adalah:
* napas cepat
* anak tidak bisa minum/menyusu.
* terdapat tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam.

Batuk pilek disertai demam sering ditemukan. Biasanya disebabkan infeksi virus yang sembuh sendiri (dalam waktu 14 hari semua gejala akan menghilang). Kalau memang oleh infeksi virus maka tidak perlu pemberian antibiotika.

Berikan saja obat penurun panas parasetamol (atau Sanmol) bila suhu tubuhnya tinggi dan anak merasa tidak nyaman karena demam tersebut.

Berikan minum air putih lebih sering.

Bersihkan sekret/lendir hidung anak dengan lap basah yang dipelintir menyerupai sumbu sebelum memberi makan.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Tely said...

Trimakasih dok atas adanya blog ini dan amat membantu sekali, dok kemarin anak saya pagi2 bangun tidur secara tidak sengaja terpegang saya dan ternyata tubuhnya panas sekali setelah saya ukur panasnya 37,8 kemudian saya beri proris langsung turun jadi 36.9. setelah itu selama 1 hari penuh saya pantau panasnya tidak naik2 lg jd saya tidak memberikan proris lagi maksudnya hanya sekali saja pas pagi harinya. kemudian pada malam harinya jam 11an sebelum tidur panasnya naik lagi jadi 38. saya jadi bingung kenapa hanya pada saat anak saya tidur baru panas ya? tolong dok penjelasannya. trimakasih. salam Christy

Anonymous said...

Dok, saya mutia (17 th). Sy lg demam dok,kira2 sudah 36 jam lamanya. Demam di sertai pilek yg encer dan batuk berdahak. Saat mau demam menggigil. Sy cb minum mixagrip dan bodrex migra krn ada paracetamolnya. Tapi demam tak kunjung reda. Nafsu makan menurun dan badan lemas. Tapi saya minum banyak,buang air pun sering. 3 jam lg saya harus kuliah. Jadi baiknya gimana ya dok?

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Ibu Tely,

Berapa usia anak anda? Tinggi dan berat badan?

Bila demam saja, maka berikan air minum lebih banyak, dan bila demam tidak kunjung mereda, coba periksakan anak ibu ke dokter terdekat.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Mutia,

Tampaknya anda terserang common cold. Kalau bisa untuk mengatasi demamnya minum paracetamol saja (panadol, misalnya). Istirahat yang cukup.

Dan bila demam masih terus berlanjut setelah 3 hari, maka periksakan diri anda ke dokter terdekat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Tely said...

anak putri saya berumur 3tahun 7bulan beratnya 18kg. kalau dikasih proris langsung turun panasnya, yg saya kuatirkan apakah ada penyakit yg lebih parah dibelakang gejala ini, karena kalau malam dan pagi kamar saya menggunakan Ac jadi aneh kalau hanya malam dan pagi saja anak saya demamnya. contohnya hari ini sampai siang ini anak saya panasnya normal tidak naik2 tapi nanti malam saya jd takut kalau anak saya demam lg. tlng dok sakit apa anak saya yah / atau alergi ACkah? saya benar2 bingung. trms

Anonymous said...

Dok, msh dg mutia. Apa pendapat dokter soal metode pengobatan tradisional kerik/kerok. Apakah benar ada khasiatnya? Atau hanya sugesti saja?

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Christy,

Sudah berapa lama anak ibu tidur dengan menggunakan AC? Bagaimana dengan waktu tidur siang, apakah juga menggunakan AC?
Apakah putri anda tetap aktif, tidak ada tanda dan gejala lainnya selain demam pada malam hari? Sudah berapa hari/berapa lama hal ini berlangsung?

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Mutia,

Yang pernah saya baca adalah bahwa tindakan kerik/kerok itu akan melebarkan pembuluh darah, sehingga bila demam maka panas akan keluar (melalui pemindahan panas dengan cara radiasi, konveksi, dan konduksi) ke lingkungan secara lebih baik. Selain itu rasa nyeri yang timbul pada tindakan kerik/kerok itu akan mengalihkan rasa nyeri kepala, sehingga nyeri kepala mereda. Tetapi yang menjadi pertanyaan bagaimana dengan kesehatan kulit, bila tindakan kerik/kerok menggunakan alat yang tidak bersih dan dilakukan sampai timbul bercak-bercak perdarahan pada kulit?

Sekian.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

Sy mutia. Ibu saya sudah bertahun-tahun menggunakan teknik kerik/kerok. Alat yg digunakan biasanya uang logam,tp uang itu khusus untuk mengerok,tdak pernah diganti. Terkadang timbul luka dikulit karna terlalu kencang dalam mengerok. Apa akan menimbulkan efek yg buruk dok?

Nanang said...

dok infonya bagus banget :).. Saya mau minta izin untuk copy artikelnya di blog saya boleh? Makasih sebelumnya. Alamat blog saya http://artikel-kesehatan-kita.blogspot.com

ardila said...

dok, saya mahasiswi kedoktern tahu pertama, sedang belajar tentang demam. saya mau tanya dok, sebenarnya perbedaan antara hipertermia dengan demam selain naiknya set poin itu apa dok? karena ada yang bilang, klo demam itu termasuk hipertermia.
terma kasih dokter..

d.e.s.i m.a.h.d.i said...

Dok,

Apakah AB Cefat aman bg ibu menyusui?

Terima kasih
Desi

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Desi,

Cefat mengandung cefadroksil. Yang ibu tanyakan apakah aman bagi wanita menyusui mungkin maksudnya apakah antibiotika tersebut tidak mempunyai pengaruh terhadap bayi yang sedang disusui? Jika memang pertanyaannya itu, maka jawabannya tidak.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Yuyun said...

Dok, mau nanya..
Anak saya umur 11 bln, berat 10 kg. Sudah 3 hari ini panas sekitar 37,5 - 38,5. Setiap mencapai 38, saya kasih proris, dan panasnya turun tapi hanya 5 - 6 jam, setelah itu naik lagi. Kata dokter disini radang tenggorokan, sudah minum puyer antibiotik. tapi kok panasnya tidak hilang yah dok.. apa ada gejala penyakit lainnya? Terima kasih dok...

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Yuyun,

Ada 2 kemungkinan:
1. Memang ada penyakit lain, atau
2. Antibiotikanya tidak cocok/kumannya sudah kebal/tidak mempan dengan antibiotika tersebut.

Anjuran saya segera kembali ke dokter semula untuk difollow-up lebih lanjut, mungkin perlu diperiksa darah dan air seninya di laboratorium.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Yuyun said...

Dear Dokter,

Dok, saya sudah periksakan ke lab, karena dikhawatirkan DBD, tapi ternyata DBD-nya negatif.
Namun hasil Lab-nya kok banyak yang tidak dalam batas normal :
LED 1 jam : 22 (normal : 0-15)
Eritrosit balita : 4,92 (3,5 - 4)
Leukosit anak : 3900 (6000 - 13000)
Batang : 0 (2 - 6)
Segmen : 20 (50 - 70)
Limfosit : 72 (20 - 40)
Trombosit : 150000 (150000 - 450000)

Widal :
f.typhi o : 1/640
f.paratyphi OA : 1/160
f.paratyphi OB : 1/160
f.typhi H : 1/320
f.paratyphi HA :1/320

Dari hasil lab ini, apa benar dok anak saya kena tifus? Selama ini karena dia masih bayi, makanan semua masih di-tim dan dimasak di rumah, tapi memang sudah memakai bumbu sepreti garam, merica, kunyit, kecap dll, apa karena bumbu masak tersebut yah dok? Apa harus minum antibiotik?
Setelah ini, makannya harus bagaimana dok..?

Dok, terima kasih sekali yah atas perhatian dan jawabannya...

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Yuyun,

Kita biasanya mempertimbangkan adanya demam tifoid jika anak demam dan mempunyai salah satu dari tanda berikut ini: diare atau konstipasi (sulit buang air besar), muntah, nyeri perut, sakit kepala atau batuk, terutama jika demam telah berlangsung selama 7 hari atau lebih dan diagnosis lain sudah disisihkan.

Pada pemeriksaan, gambaran diagnosis kunci adalah:
1. Demam lebih dari tujuh hari
2. Terlihat jelas sakit dan kondisi serius tanpa sebab yang jelas
3. Nyeri perut, kembung, mual, muntah, diare, konstipasi
4. Delirium
5. Hepatosplenomegali
6. Pada demam tifoid berat dapat dijumpai penurunan kesadaran, kejang, dan ikterus (kulit kuning, termasuk bagian putih mata juga kuning).
7. Dapat timbul dengan tanda yang tidak tipikal/tidak khas, terutama pada bayi muda sebagai penyakit demam akut dengan disertai syok dan hipotermi.

Bagaimana keadaan anak anda? Apakah masih aktif, mau bermain? Bagaimana dengan makan? Apakah nafsu makannya menurun? Apakah ada muntah? Bagaimana buang air besarnya? Bagus seperti biasa, atau ada diare?

Mengenai pemeriksaan penunjang/laboratorium darah biasanya dijumpai leukopeni, aneosinofilia, limfositosis relatif, trombositopenia (pada demam tifoid berat).

Hasil laboratorium darah anak anda menunjukkan adanya leukopenia (leukosit 3900 => kurang dari nilai rujukan yang 6000 - 13000), selain itu juga dijumpai limfositosis relatif (nilai limfosit 72 harusnya 20 - 40), sedangkan trombosit masih dalam batas normal meskipun pas-pasan.

Mengenai serologi Widal harus diinterpretasikan dengan hati-hati. Coba widalnya diulang empat hari kemudian. Jika ada kenaikan titer berarti memang tifoid fever.

Untuk obat demam sebaiknya diberikan golongan parasetamol (seperti panadol, tempra, sanmol, dumin, dll).

Rasanya bukan dari bumbu atau dari makanan, tetapi bisa pula dari air atau dari peralatan makan yang dicuci dengan air yang tercemar. Sebaiknya peralatan makan dan minum diseduh air panas dulu ketika akan digunakan.

Kalau memang tifoid harus minum antibiotika.

Teruslah kontrol ke dokter anda. Semoga bayi anda lekas sembuh.

Semoga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan anda.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Yuyun said...

Dok, terima kasih banyak atas penjelasannya..cukup membuat saya tenang sampai bisa ketemu DSA-nya besok,karena hari minggu tidak ada DSA yg praktek. Syukurnya, anak saya masih aktif, tidak terlihat seperti anak sakit. Nafsu makan memang agak menurun tapi masih mau makan, tidak diare dan muntah. Demamnya pun sudah hiilang, hanya hasil lab-nya tadi yang buat saya khawatir.
Sekali lagi terima kasih Dok... :)

thyia said...

dok, bagaimana perjalanan plasmodium (falcivarum,vivak, ovale dan malariae)dapat menimbulkan gejala demam dan menggigil?

edo said...

dokter.
anak saya 5 Tahun kelihatan sedikit lemas dari biasanya. ada juga panas tapi tidak tinggi cuma berkisar 37 - 38 Derajat sudah 3 harian. sekarang sih 36 derajat. Kemaren saya bawa ke dokter disuruh test darah dengan hasil sbb :

Hb: 9,9
Hematokrit 31,0
leukosit 8.900
Trombosit 274.000

Widal
Typhi-o : 1/329
Paratyphi AO : -/Neg
Paratyphi BO : -/Neg
Paratyphi CO : -/Neg
Typhi H : -/Neg
Paratyphi AH : -/Neg
Paratyphi BH : -/Neg
Paratyphi CH : 1/320

Mohon infonya kira-kira kondisi anak saya seperti apa dan sakit apa. Karena waktu perawat Call Dokter yang sudah pulang, Anak saya dianjurkan untuk Rawat inap.
Tapi saya belum brsedia. dokter cuma bilang kalau berubah pikiran silakan dirawat inap.
Kalo kondisi anak saya sekarang sih masih lumayan lincah walau tidak selincah biasanya

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Edo,

Yang menjadi pertanyaan adalah pada suhu tubuh sekarang 36 derajat itu karena minum obat penurun panas atau tidak. Bila saat ini suhu tubuhnya sudah 36 derajat dan anak tidak minum obat panas, berarti panasnya sudah mereda, berarti anak sudah sembuh.

Dari hasil darah yang tampak mencolok adalah kadar Hb yang rendah, menunjukkan bahwa anak bapak menderita anemia. Bagaimana dengan tinggi badan dan berat badan anak anda, apakah sesuai dengan usianya? (Dapat dilihat pada kartu KMS (kartu menuju sehat)).

Sedangkan mengenai hasil test Widal harus diinterpretasikan dengan hati-hati.

Mengenai apakah perlu atau tidak untuk dirawat di rumah sakit bagi penderita demam typhoid tergantung pada kondisi klinis anak. Sepanjang anak masih lumayan lincah, mau makan dan minum, serta sudah tidak demam rasanya tidak akan menjadi masalah apabila tidak dirawat.

Sekian dulu, semoga bermanfaat. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan silahkan hubungi saya.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

edo said...

Terima aksih atas infonya Dok.

saya tidak memberikan obat penurun panas Dok. yang diberikan semacam kapsul dan sirup antibiotik yang baru di minum tiga kali.

Kalo tinggi dan berat nya normal dok.

Alhamdullillah kalo makan dan minumnya masih mau, meski tidak sebanyak biasanya.

Regards

Yuli said...

Dear Dok, anak saya 4 bulan, 2 hari yang lalu bab 6-7 kali per hari ada sedikit cairan dan ampas yang berbentuk biji-bijian dan ada sedikit garis-garis merah sperti darah kemudian dikasih dsa obat trimoxsul. Besoknya saya bawa bab nya u/ diperiksa di lab ternyata hasilnya tidak ada lendir,parasit, jamur dan darah (hasilnya negatif semua)jadi apakah obat trimoxsul ini perlu dilanjutkan dan apakah obat ini ada efek samping u/ bayi saya? Thks u/ jawabannya Dok.
Yuli

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Ibu Yuli,

Diare pada bayi kebanyakan disebabkan oleh virus, oleh karena itu tidak memerlukan pemberian antibiotika. Sebaiknya obat trimoxulnya dihentikan saja.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Yuli said...

Terima kasih Dok atas jawabannya. Dok, obat Trimoxsulnya boleh langsung dihentikan pemberiannya atau ada dosis minimal yang harus diminum karena pesan dari apotiknya harus antibiotik harus dihabiskan? Thks.

Anonymous said...

dok, adik saya (15th) sering sekali demam.. sekitar 3 minggu lalu dy sempat demam dan sudah saya bawa k dokter.. tp skrg, dy demam lg.. dr posting yg ada, sy membaca beberapa kondisi yg mengkhawatirkan yg ada pd adik saya, seperti bibir yg kering serta rasa nyeri pd saat menelan ludah.. untuk info, adik saya demam 38,3 derajat.. dr kondisi yg ada pd adik saya, apakah hal ini bs menjadi serius?

Wina said...

Dear Dok,
Anak saya berusia 4 bulan dan di mulutnya ada beberapa sariawan dan di lidahnya ada putih-putih, setelah diperiksa oleh dsa ternyata yang putih-putih itu adalah jamur. oleh dsa diberikan obat opicef dan nymiko apakah kedua obat tsb aman untuk bayi? Terima kasih.

dr. Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Demam disertai nyeri pada saat menelan ludah biasanya mengarah ke radang tenggorokan. Sebaiknya segera berobat ke dokter. Untuk menjaga agar tidak mudah sakit, maka harus banyak minum air putih (minimal setiap 1 jam 1/2 gelas air putih), istirahat yang cukup, makan makanan bergizi seimbang, dan teratur berolahraga.


Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Wina,

Jamur tidak dapat diobati dengan antibiotika, jamur harus diobati dengan obat anti jamur. Dari kedua macam obat yang diberikan oleh dsa anak anda, maka yang obat anti jamur adalah nymiko sedangkan opicef adalah antibiotika.

Pemakaian antibiotika dalam waktu lama dapat mengganggu keseimbangan flora mulut sehingga justru jamur akan tumbuh berlebihan. Jadi kalau tidak ada indikasi maka sebaiknya jangan diberikan antibiotika.

Untuk tindakan pencegahan maka setiap habis memberi asi atau susu berikanlah sedikit air putih matang. Dan setiap pagi usaplah lidah dan mulut dengan kain bersih halus yang sudah dibasahi dengan air teh pekat.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Wina said...

Terima kasih atas infonya Dok.

Anonymous said...

Terima Kasih atas infonya

Anonymous said...

Dear Dr. Suryo

Saya candra,hari jumat lalu saya mulai demam,3 hour berikutnya senin saya cek darah baru dinyatakan gejala typus. Namun pada hari rabu panas saya sdh hilang karena minum obat cacing kapsul vermin.tetapi sejak rabu sampai jumat ini saya selalu merasa sekujur tubuh saya kedinginan yg luar biasa.suhu saya antara 35.5-36.6
Apakah hal tersebut normal terjadi dlm masa penyembuhan.aTau karena apa?trima kasih byak atas infonya dok

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Candra,

Apakah anda masih mengonsumsi obat penurun panas? Jika ya, maka ini dapat menyebabkan suhu tubuh turun seperti yang anda alami. Jika anda hanya mengonsumsi kapsul cacing saja, maka saya tidak tahu apakah kapsul cacing dapat menurunkan suhu tubuh. Jika demikian tentu sebaiknya anda hentikan mengonsumi kapsul cacing tersebut. Tetapi ada baiknya anda kontrol lagi ke dokter untuk memastikan apakah anda sudah sembuh dari thyphus atau belum.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

bundakian said...

sore dok,,sy mau tny nih,,,anak sy usia 9 bl mulai demam tgl 15 jan 2010 jam 10 mlm,krn hidung nya bunyi grok2 seperti ada dahak yg ga bisa keluar...demam nya 39 klo mlm bisa 40 sy ksh yg obat sup buat di dubur...tp hny berlangsung 4 jam stlh itu demam lg,,tp anak nya mau mkn,minum susu,minum air putih...dan msh keliatan ceria..hr minggu nya sy bawa ke dokter tp tetap panas nya tdk turun jg,,akhirnya hr senin pg sy bawa ke DSA yg biasa nanganin anak sy di ksh antibiotik tp bdn nya msh anget2 jg,,,katanya klo msh panas bsk nya hrs cek lab...yg mau sy tny kan demam yg di derita anak sy itu knp yach..??? trs bagai mana cara nya buat nurunin panas nya krn anak sy tdk mau di kompres ...terima kasih

Anonymous said...

dear dr. Suryo...

Sebelumnya terima kasih atas artikelnya,sangat bermanfaat sekali,...

Dok,kondisi adik saya (25 thn/laki2) saat ini memprihatinkan.fisik lemah,sangat kurus,tulang dada terlihat jelas,jika minum obat berbentuk pil,pil tsb terlihat jelas didada nya.setelah diperiksa,dokter bilang adik saya sakit paru2,luka pd lambung dan thypus...kemudian dirawat selama 1 minggu,hasilnya paru2 dan lambung sudah pulih dan fisiknya sudah sehat,dan adik saya diperbolehkan pulang....3 hari dirawat dirmh (obat dr dokter sdh abis) suhu badannya naik turun,badan panas mulai jam 5 sore hingga jam 6 pagi...klo malam sering batuk berdahak dan radang pd tenggorokan....saat ini adik saya minum obat cacing vermint dan sirup sari kurma,tiap hari makan nasi lembek+sayuran....dok,apa penyakit adik saya??jika gejala thypus bagaimana penangananya??

Terima kasih

Lisa

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Bundakian,

Mohon maaf bila jawaban ini sangat terlambat. Mudah-mudahan anak anda sudah sembuh dari demamnya.

Sebaiknya selama anak anda masih bisa makan dan minum serta tidak ada muntah terus-menerus, sebaiknya berikan obat yang diminum saja, jangan berikan obat yang suppositoria buat di dubur.

Selama penyebab demam masih ada, misalnya infeksi saluran pernafasan atas atau infeksi telinga atau infeksi saluran kemih atau demam berdarah dengue, dll, maka demam masih akan terus ada. Obat turun panas, baik yang diminum ataupun yang supp hanya bersifat sementara saja meredakan panasnya. Selama infeksinya masih ada, demam akan terjadi lagi setelah efek obat habis.

Kalau anak tidak mau dikompres ya jangan dipaksa. Kompres hanya dilakukan setelah anak diberikan obat penurun panas. Jadi jangan hanya mengandalkan kompres saja tanpa diberikan obat turun panas terlebih dahulu.

Sekian.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Lisa,

Wah kalau sampai tulang dada terlihat jelas memang kurus sekali, tapi berapa sih tinggi badan dan berat badannya? Apakah ada penurunan berat badan yang drastis dibandingkan sebelum sakit. Apakah adik anda sudah di rontgen paru-parunya? Bagaimana hasil rontgennya? Apakah sudah diperiksakan dahaknya di laboratorium? Apakah sudah pernah diperiksa darahnya? Banyak sekali keterangan yang saya perlukan, jadi mohon maaf saya tidak dapat menjawab pertanyaan mengenai apa penyakit adik anda.

Untuk penanganan penyakit typhus, maka pertama-tama harus dipastikan dulu diagnosisnya. Demam pada sore/malam hari bukan monopoli penyakit typhus. Setelah diagnosis dipastikan, maka diberikan antibiotika yang sesuai untuk pengobatan penyakit typhus selama 7 sampai 10 hari.

Sekian dulu, semoga membantu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

cakrawala21 said...

minta izin untuk posting ke blog komunitas kami bapak. terima kasih atas informasinya. sangat membantu dan membuat kami benar benar paham atas masalah ini. salam

Anonymous said...

dear dr.Suryo,

Thanks atas quick respon nya,maaf jika telat balas comment dokter.

Dok,berikut ini data yg saya punya:
-diagnosa wkt masuk=demam hyphoid
-diagnosa akhir=tb.paru
-penemuan fisik:
Ap:batuk,sesak,panas,nyeri dada
Dp:vesc/vesc Rh +/+ wh -/-
-Hasil lab:
Hb:10,3
Leu:12100
Hr:499000
Pcu:32
Usdal:-
Bta:3x-1-1-1-
-Kondisi saat keluar rumah sakit:
Tb:R450 H300 Z1000 E750
Vsipar 1x300

-obat yg diminum
Cefhalox I
Dexan II
Kanitidin II
NB Ind I
Ceftriaxon 1gr
Lameson inj 125
Rifampian 450
Inh 300
Pza 500
Etaniovrol 500
Polycrit susp I
Curvit emulsion I (mohon maaf jika ada salah penulisan).

Kondisi adik saya saat ini badannya lemah,panas dan batuk berdahak pada malam hari.
Mohon penjelasan detail dari dokter,apa penyakit adik saya?tindakan medis apa yg harus dilakukan.

Thanks,
Lisa

dr. Suryo Wibowo said...

Dear Lisa,

Jelas sekali tampak ada komunikasi yang tidak nyambung antara dokter dengan pasien. Sampai saat ini, kalau dibaca dari email anda, tampaknya anda dan adik anda masih meyakini bahwa penyakit yang diderita oleh adik anda itu adalah typhus, terbukti antara lain dengan diberikannya obat cacing.

Sebenarnya penyakit yang diderita adik anda adalah TBC paru. Dan untuk TBC paru maka adik anda mendapatkan obat:
Rifampicin dosis 450 mg yang harus diminum 1 kali sehari, sebaiknya 1 jam sebelum makan, pada pagi hari. Dan setelah minum obat ini maka warna air kencing akan kemerah-merahan.
Isoniazid dosis 300 mg yang juga harus diminum sehari sekali.
Pyrazinamid dosis 2 x 500 mg.
Ethambutol dosis 750 mg.

Obat TBC yang diberikan sudah tepat dan benar. Dan obat TBC ini harus diminum terus selama minimal 6 bulan. Sebenarnya ada 2 fase pengobatan TBC, yakni fase intensif dan fase intermitten. Pada fase intensif, obat harus diminum setiap hari, sedangkan pada fase intermitten, obat diminum selang sehari, maksudnya sehari minum obat, sehari tidak minum.
Lamanya fase intensif adalah 2 atau 3 bulan. Sedangkan lamanya fase intermitten adalah 4 bulan.

Pada penderita TBC yang parah, biasanya setelah obat diminum selama 4 minggu baru akan terlihat jelas perbaikan kondisi fisiknya.

Jadi jelas tindakan medis yang harus dilakukan adalah terus meminum obat TBCnya, dan perlu ditambah dengan vitamin, serta makan makanan yang bergizi tinggi. Selain itu konsultasi secara teratur ke dokter untuk memantau apakah ada timbul efek samping akibat pengobatan TBC.

TBC jika diobati dengan benar dapat sembuh, jadi berobatlah dengan tekun dan sabar.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Dear dr.Suryo....

Terima kasih banyak dok atas cepatnya respon dari dokter.Penjelasan yang dokter berikan detail sekali dan mudah untuk dipahami,hal ini tidak saya dapatkan waktu di RS.Saran dari dokter sangat berguna bagi saya dan keluarga untuk proses penyembuhan adik saya...

Terima kasih byk dok,semoga sukses selalu.
-lisa-

Anonymous said...

pak saya tedi,anak saya umur 3 bulan suadh panas 5 hari,turun berast badan 1 kg,tidak mau asi,sudah ke dokter 3 kali tapi belum tahu penyakintnya,mohon bantuannya.

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Pak Tedi,

Wah, dalam 5 hari sakit, sudah 3 kali ke dokter? Tampaknya bapak sangat khawatir sekali ya dengan keadaan anaknya. Apakah ke dokter yang sama atau ke dokter yang berlainan?
Sebaiknya sih ke dokter yang sama, karena kalau pergi ke dokter yang lain lagi, maka proses mendiagnosis penyakitnya akan dimulai dari awal lagi. Sebaliknya kalau ke dokter yang sama, maka dokter tersebut akan berpikir, tindak lanjut apa yang diperlukan dalam rangka mendiagnosis penyakit anak Bapak.

Saya tidak dapat membantu banyak, karena tidak memeriksa sendiri anak Bapak. Tapi sebaiknya anak Bapak segera diperiksakan darah dan air seninya di laboratorium. Sebaiknya Bapak segera membawa lagi anak Bapak ke dokter yang sama dan beritahu dokter, bahwa setelah minum obat yang diresepkan oleh dokter tetapi anak masih belum sembuh.

Sekian dulu yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan silahkan.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

albert said...

Dear dr Suryo,

Posting dr Suryo sangat bermanfaat bagi saya.

Saya yansen (38 th)mau bertanya ttg demam saya yang menurut saya tidak turun-turun juga tetapi tidak naik/tidak tinggi sampai saat ini.

Sejak saya ke dokter umum dekat rumah tgl 6 Maret 2011 lalu, dokter tsb mengecek demam saya yakni : 37 derajat C tapi perasaan saya di dalam tubuh normal tetapi kayaknya di kulit terasa hangat (seperti suam-suam kuku)

Memang saya ke dokter tsb karena radang tenggorakan, flu dan batuk.
Dokter itu memberikan obat : caviplex, molacort 0.75, lodecon dan obat antibiotik (saya lupa).
Saat ini saya tidak ada gejala pusing, tidak mual, tidak bintik-bintik kulit, tidak nyeri pada persendian dan juga nafsu makan tetap normal.

Yang saya ingin tanyakan pada dokter adalah :
1. mengapa demam saya belum turun juga ya dok dan
2. berbahaya ngga dok
3. apakah saya kena tipes,tiphus atau DBD ngga dok
4. obat yang di kasi dokter itu apakah sudah tepat?
5. apa yang harus saya lakukan dok

mohon bantuan penjelasannya dok..

terima kasih

salam
yansen



Kata dokter itu

Anonymous said...

Ridwan said...
dok, saya mau bertanya, kenapa anak yg kejang demam suka berulang-ulang terjadinya?apakah faktor genetik juga berpengaruh pada penyakit ini?terimakasih..

zidik said...

selamat malam dok..
postingan dokter sangat membantu...
karena saya sekarang juga terserang demam..

kurang lebih sudah 1 minggu..
awalnya demam di sertai pusing dan sendi - sendi pegal - pegal..
namun skrg pusing sudah hilang dan nyeri sudah berkurang..
bahkan terkadang tidak terasa..

yang saya tanyakan apakah demam saya dapat sembuh sendiri atau di tangulangi dengan apa??

dan kemungkinan disebabkan oleh apakah demam saya..

terima kasih banyak sebelumnya.,.

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Yansen,

Mohon maaf jika jawaban saya ini terlambat.

Saya jadi rada bingung nih dengan demam yang anda alami. Menurut pemeriksaan yang obyektif demam itu diukur dengan alat ukur yang namanya termometer badan. Kalau suhu 37 derajat Celcius, maka itu termasuk normal. Kalau menurut anda, anda demam, maka sebaiknya diukur berapa suhunya. Kalau untuk memastikan terkena tipes atau DBD sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah. Mengenai apakah obat tersebut sudah tepat, maka tergantung pada diagnosis dokter.
Jadi yang harus anda lakukan adalah, pada saat anda merasa demam, lakukan pengukuran suhu tubuh dengan termometer badan. Bila memakai termometer badan air raksa, maka kepitlah ditengah ketiak selama 3 menit, baru dibaca hasilnya. Cek darah di laboratorium.

Sekian.
Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Ridwan,

Kejang demam suka berulang-ulang? Namanya saja kejang demam pak Ridwan. Sifat kejang ini adalah bila demam melebihi 38,5 derajat Celcius maka anak akan kejang. Oleh karena itu untuk mencegah kejang demam berulang-ulang, maka begitu suhu tubuh anak sudah 38 derajat Celcius segera lakukan segala daya upaya untuk mencegah suhu tubuh naik lebih tinggi lagi. Bila upaya yang dilakukan berhasil, maka anak tidak akan kejang.

Upaya apa saja yang dapat dilakukan? Beri segera anak obat penurun panas dalam dosis yang tepat dengan selang waktu pemberian yang tepat. Setelah diberikan obat penurun panas, maka sambil menunggu efek obat, dapat dilakukan pengompresan pada anak untuk membantu suhu tubuh turun. Jangan beri anak pakaian tebal berlapis. Bila anak merasa kedinginan, selimuti anak dengan selimut yang tipis.
Bila memang anak sering kejang demam, maka mintalah persediaan obat kejang pada dokter.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Zidik,

Tampaknya penyakit demam yang anda derita disebabkan oleh virus. Penyakit yang disebabkan oleh virus biasanya bersifat self limited disease, artinya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya dengan berlalunya waktu. Yang harus dilakukan adalah beristirahat yang cukup, minum air putih yang banyak, makan makanan bergizi.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

dimz_pragise said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

selamat sore dok...
umur saya 20 thn...
saya punya keluhan badan terasa panas tapi tidak demam suhu saya ukur dengan termometer sekitar 36,9-37,2'C diukur pada ketiak,udah sekitar 2 mingguan dok, lalu tensi saya rendah dok 100/70 saya merasa lemas,,,telapak kaki saya dingin dan tangan kadang berkeringat,,,keluhan ini saya rasa memberat pada siang hari dan malam malah terasa enakan...

hasil test darah kemarin...
Hb=15,1
Eritro=5,4juta
HCT=45,4%
MCV=84,1
MCH=28,0
MCHC=33,3
RDW=13,8
Trombosit= 219.000
Limfosit=18%
mono=7
neu=75
eos dan baso = -
LED jam 1= 17
LED jam 2= 46

tes widal semua negatif...

kira-kira saya knp yaa dok???trims sebelumnya

Anonymous said...

Dokter,saya Enny....
anak saya sejak berumur 3 tahun sering demam dan makin lama makin sering dengan demam tinggi sampai 42 drjt celcius,sekarang 5 tahun dan terakhir menjalani operasi pengangkatan adenoid yg infeksi berat karena menutupi saluran pernafasan dan sesak tgl 12 Januari 2011.
setelah pengangkatan adenoid diperiksa di lab dan ditemukan hasil yg tidak bagus dan disarankan periksa ke bagian kanker.
kemudian anak saya disarankan cek darah dan jika hasilnya tidak bagus harus cek sumsum.
Ternyata hasil cek darah mengatakan anak saya normal
Yang jadi pertanyaan saya adalah anak saya sampai sekarang selalu demam dan kadang sebulan 2x dengan demam selalu lebih dari seminggu, apakah ini normal dokter? ataukah saya harus periksa ke dokter bagian dalam?
terima kasih atas perhatian dokter

dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk said...

Dear Enny,

Sebaiknya anak anda diperiksakan ke dokter spesialis anak. Dan kalau bisa dokter spesialis anak konsultan hematologi.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Sari said...

Dok, saya ingin tanya.
3 hari lalu, saya menderita demam tinggi, sakit kepala, batuk, pilek. Saat saya periksa ke dokter, saya disuruh tes darah. Hasilnya: - typhi-H: positif 1/80
- Paratyphi C H: positif 1/80

Hari ini, demam & sakit kepala saya mulai hilang, tetapi batuk & pilek masih ada. Kadang2, di bagian tubuh saya yg kiri tepatnya dibawah tulang rusuk, juga sakit.

Pertanyaan saya, apakah saya masih menderita tipus?
Dan bagaimana cara mengatasinya?

Anonymous said...

Malam dokter,

Saya liza, anaknya berumur 14bln. Dari hari kamis malem minggu lalu (1Sept)badannya tiba2 panas 38derajat sblmnya sempet muntah. Dr kamis itu sampai kemarin malem panasnya naik turun, sekitar 37,5 sampai 38,8. Siang suhunya sumeng2 saja, malem yg lumayan tinggi tp hanya sampai 38,8. Kondisi ini sdh 5hari, td pagi rencananya mau ambil darah tp suhu badannya sdh normal. Tp td sore kembali sumeng sampai jam 8malem. Dan barusan saya cek (jam 9malem) suhu nya 35,5derajat. Walaupun sdh tdk panas dan suhu nya sdh turun namun bibirnya sangat merah sekali dan ada sedikit bdarah. Anak saya tdk ada batuk pilek, tdk ada diare n muntah jg cuma 1kali. Saya pikir awalnya krn tumbuh gigi, tp gigi sdh keluar masih naik turun panasnya.

Yg ingin saya tanyakan, mengapa bibir anak saya sangat merah seperti memakai pemerah bibir walaupun panasnya sdh turun. Apakah normal seperti itu?

Terimakasih dokter.

maria said...

Selamat malam Dok,
Anak saya laki berumur 6 tahun, sudah menderita pilek dari umur 4 tahun, menurut pendapat beberapa dokter karena alergi(tapi saya belum tahu karena alergi apa). Hampir 1.5 th ini sering disertai batuk. Lalu saya disarankan oleh dokter spesialis anak untuk menggunakan obat AERIUS SYRUP 60ML. Apakah obat ini cukup aman untuk dikonsumsi setiap hari(karena menurut dokter harus setiap hari untuk alergi-nya)? Thx>

brewox28 said...

Malam Dok,
Anak saya berumur 2,5 tahun..sudah dua hari badannya panas, awalnya sih cuma 38 dejarat C. Hari kedua panasnya mencapai 40 C tapi mulainya pada sore sampai malam hari, kaki terasa dingin dan dia menggigil. sudah diberikan paracetamol anak yang juga biasanya saya berikan ketika dia panas, tetapi panasanya naik turun, sore-malam panasnya naik...pagi turun lagi...mohon penjelasannya agar anak saya kembali riang..terimakasih dokter,

Anonymous said...

sore dok,jika demam di sertai muntah selama tiga hari penyebab nya apa dok

Anonymous said...

wahhh,,terima kasih banyak dok,,postinganya sangat bermanfaat sekali..ini sangat membantu saya menyelsaikan learning objective tutorial saya,,bahasa yg sangat mudah untuk di pahami.. :))

Erlingga Anugerah said...

dok posting ini bermanfaat sekali,sdh dua minggu nabil demamnya naik turun,dibawah telinga leher bengkak,dihari keempat nabilsy bawa ke spesialis anak nabil kena sakit gondongan yg disebabkan virus.skrg obat sdh hbs tp nabil blm sembuh jg.nabil jg batuk kdg sesak nafas,kdg muntah yg banyak dahak lendir.nabil jg sering ngupil mencongkel tahi hidungnya dok.dan sering minta kakinya sipijat.td malam sampai hari ini dr sermalam nabil demam lg mengggigil tp telapak kaki dan tangannya dingin.nabil jg sering ngeluh perutnya sakit dan kepalanya sakit,skrg nabil nggak mau minum,makan dan rewel tidur sering mengigau.hari ini dokter spesialis nabil nggak buka.rencana bsk br sy bawa tp sy saat ini khawatir sekali dgn kondisi nabil sebenarnya sakit apa ya dok.oya sy baru thu dok tetangga sy tempat nabil biasa main punya riwayat kelenjer tiroid rubella dan maningitis.anak tetangga sdh dua orang meninggal krn maningitis.sy khawatir apa nabil tertular ya dok?oya usia nabil skrg 2tahun 8 bln seminggu yg lalu beratnya 17kg nabil punya riwayat alergi.mohon pencerahannya dokter.....

Erlingga Anugerah said...

dok penyakit gondongan itu apa mmg lama sembuhnya dok?

rusyda mom said...

Dok, mau tanya,
anak saya (13 bulan) sudah seminggu batuk pilek, pileknya cair dan bening. selama seminggu itu panasnya naik turun, sempat panas 39,7 sehari, 2 hari berikutnya benar2 tidak demam, lalu demam lagi, turun lagi, demam lagi walopun suhunya tidak tinggi.
Dia masih ASI jadi saya gempur dengan ASI dan air putih sebanyak2nya. Masih mau makan sambil dibujuk-bujuk.

Kira2 penyebab lain apa ya dok yg menyebabkan demam seperti itu? apa memang karena batuk pileknya saja? Terimakasih jawabannya.

Andro said...

Dok,saya Andro 21thn..

Saya biasa aktif dpn komputer bisa 4-10jam sehari..akhir" ini saya merasa posisi duduk saya tidak pas sehgingga saya sering merasakan leher kaku,kadang sampai sakit kepala dan tangan terasa pegal.tapi kalau saya sudah merasakan seperti itu saya lgsg istirahat,mempercepat waktu tidur,melakukan pemijatan sendiri pada leher.dan esok harinya sudah normal kembali dgn dibantu pemanasan di pagi hari..
Tapi sudah 2 hari ini saya merasakan itu lagi,dan sekarang saya sedang merasakan demam,sampai sulit untuk tidur. Yang sy rasakan sekarang yaitu kaku pada leher bagian belakang hingga pundak,pegal di pergelangan tangan,sakit kepala,demam+kedinginan,dan satu yg menurut saya menghawatirkan,ada benjolan kecil dibawah rahang kanan saya yang kalo saya pencet terasa nyeri sedikit hingga belakang telinga kanan.
Pertanyaan saya:
Apakah yg menyebabkan saya demam saat ini?? Apa karna kecapek'an / krna faktor lain?
Apakah benjolan kecil yg saya ceritakan tadi? Apakah itu termasuk cedera karena saya kalau pegal suka meregangkan leher kekanan+kiri / karena faktor lain/atau mempunyai arti lain??
Apa pengobatan yg alami untuk meredakan penyakit saya? (Terapi atau lainnya mungkin)
Terima kasih dok..
Mohon responnya..

Anonymous said...

Terima kasih dokter

fitry said...

terima kasih postingannya dok,sangat membantu saya.saya fitry 19 tahun mahasiswa salah satu pts di yogyakarta.nah saya ingi bertanya dok,apa perbedaan antara demam dan hipertermi ?dan bagaimana dengan gejala dan penanganannya ?terima kasih sekali lagi dok

ignatius said...
This comment has been removed by the author.
ignatius said...
This comment has been removed by the author.
ignatius said...

dokter saya punya pertanyaan saya berumur 19 th,di vonis dokter saya terkena paratifus lalu di beri antibiotik,setelah sembuh saya kembali ke dokter tersebut utk cek apa sudah sembuh, lalu saya di beri isprinol,setelah 1 hari makan obat kepala saya pusing dan panas tubuh kembali naik,namun setelah saya hentikan makan obatnya panasnya hilang dan sedikit oening di kepala.
pertanyaan saya apa saya salah obat ya dokter?
apa tifus nya kambuh lagi? terimakasih

rios said...

trma ksh dok ats infox , brkt info ini z bs smbuh lg dik ...

Anonymous said...

Dok, anak sy (17 bulan) sejak hr Jumat pilek, batuk dan demam bahkan s/39,7 C, Selasa sudah dibawa ke dokter di rumah sakit krn kejang2, diberi Proris dan juga resep puyer (campuran obat batuk, pilek dan antibiotik), krn bdsrk cek darah Leukositnya 13,000 dan Hematokritnya 33, kata dokter ISPA. puyer dikasi, krn sblmnya sy sdh coba Ceterizine dan Mucos serta Paratusin tetapi tidak sembuh juga. skrg (Kamis) batuk dan Pilek reda, tetapi anak sy msh demam bhkn s/40,1 C dan hny terjadi jam 11 siang sj. dia masih lincah, main, byk mkn dan mnm. kira2 apakah demamnya bisa berhenti dan kapan sembuhnya ya dok?krn kasihan klo pas demam dia pasti merengek, kdg mengigil.

Anonymous said...

mksih bt infox dok.skrg ank sy lg demam.umurx 13bln.dmamx sdh brlangsung 1mggu.sdh sy bwa ke puskesmas wkt dmam hr ke3,kata suster cm btuk flu biasa n dksih obt puyer.sy priksakan malariax,hasilx negatif.tp knp smpai skrg msh naik turun terus pnasx.apa mungkin sktx hny krn btuk flu.krn ank sy skrg jg lg tumbuh gigi dan tumbuh bisul2 besar dkepala.tp ank sy msh aktif main n mkanx jg lumayan.
sblmx 3minggu yg lalu ank sy br keluar opname di rmh skt.krn pnas tinggi smpai sesak nafasx.awl sakitx cm pnas tinggi n flu tp tb2 suarax jd serak dan sesak nafas.dugaan awal dokter umum adalah asma.pdhl dlm keluarga kami tdk ad riwayat asma aplg TBC.wkt ditangani dsax ank sy diinhalasi smpai 6x dlm wkt 4hr.krn ad byk lendir ditenggorokan.katax ank sy skt radang tenggorokan dan hsl pmeriksaan darah ank sy terkena malaria tropika+2.pdhl hr yg sm sy priksakan darahx drmh skt lain n hasil malariax negatif.bln sblmx jg negatif(krn ank sy bln it dmam n btuk flu jg).mmgx bs y dok dlm hr yg sm hsil pmeriksaan darahx berbeda??slma 6hr diopname 5hr demamx msh naik turun.hr ke 6 sdh membaik dan boleh plg.2hr drmh tb2 sy yg skt demam n menggigil.hsl pmeriksaan sy kena malaria jg.krn ank sy msh minum asi akhrx ikut demam jg.bsokx anak sy dsuruh opname lg drmh skt.dpriksa oleh dokter spesialis ank yg sama lg.slma 5hr pnasx msh naik turun.pnasx smpe 40drajat.hsl pmeriksaan darah msh malaria tropika+1.dsax ngasih obat suntikan dan obat minumx byk bnget.ank sy dronsen br tau kondisi paru2x tp tdk bs dbaca oleh dokter.tp dugaan dokter ank sy kena TBC.sy jd bingung dok.hr ke5 ank sy drmh skt bukanya mkin sehat tp mkin lemas n pucat.bdanx brkeringat trus dan dingin skali.sy nekat bw ank sy plg dan smpai drmh dy mulai sehat slma 2mggu.mggu brikut skt lg yg flu btuk,tumbuh gigi n bisul itu.obat suntik yg dksih dsax namax taxegram cefotaxime dan timact gentamycin.itu obat apa dok?efekx gmn bt tubuh?krn slama dksh obat2 it ank sy jd menggigil klo dmam dan diare.sbnarx ank sy tdk btuk.cm nafasx agk bunyi.n krn inhalasi jdx btuk sesekali.tp dokter ngotot blg ank sy btuk.pdhl btukx cm 1 atw 2x.sy bnar2 bingung dok.sy mw kdokter ank bsok tp sy msh mw nyari yg bner2 pas n bgus.krn dokter ank yg merawat anak sy sblmx adalah dokter ank yg plg terkenal dkota sy.slma ank sy skt kluarga sy drmh 4org jg skt malaria tersiana.n sy prhatikan ciri pnyakit ank dan kluarga sy mirip skali.tp knp hsil pmeriksaan darahx berbeda.mf agk pnjang ceritax.mksh sblmx y dokter bt bntuanx.salam sy,-lia-

Unknown said...

Pgi dok, sya mau nanya udah 1 minggu lebih ini suhu badan saya naik turun dok.. Pagi-pagi merasa segeran menjelang sore menggigil kedinginan dan badan saya terasa panas.. Saya udah coba minum obat proris efeknya memang menurunkan panas tapi setelah beberapa jam kembali menggigil dan panas tinggi lagi.. Apa penyebabnya ya dok? Mhon bantuannya dok.. Mkasih

Anonymous said...

Blog ini bermanfaat sekali. Apalagi dapat tanggapan langsung dr dokter.
Saya mau ikut bertanya..

Hari Rabu putri saya (4,5 bulan) demam. Kamis dan Jum'at sudah turun, tapi dia batuk dan pilek. Sabtu demam lagi, saya ukur kalau di ketiak 37,5 kalau di bawah lidahnya 38,5. Saya tidak minumkan penurun panas, tapi saya beri sari kurma yang dicampur air putih. Tidurnya di AC, karena khwatir kedinginan saya selimuti.

Tengah malam kepalanya dingin sekali (anyep). Sepertinya dia keringat dingin. Sampe pagi masih dingin.

Kenapa ya dok?

Nina-Balikpapan

ermitaputri said...

blog yang sangat bermanfaat dok :D

Anonymous said...

dok, anak saya baru berumur 47 hari..Baru2 ini anak saya susah sekali tiap mau kentut, mengejan sampai mukanya merah padam, kadang sampai nangis, kalau akhirnya kentut baru dia lega. Tapi kalau dia pup sama sekali tidak ada masalah, lancar saja. Td siang waktu dia pup saya liat ada cacing d pupnya, mungkinkah anak saya cacingan? Apa itu penyebab dia susah kentut? Bagaimana mengatasinya?

Reny said...

Siang Dok, saya Reny ibunda Almira umur 2 thn 15 hari...
Sudah 4 hr ini anak saya demam naik turun terus, memang disertai batuk dan pilek dok. Klo naik suhu badannya baru sy kasih obat penurun panas Buffect (ibuprofen), klo turun tidak sy beri lg dok. Anaknya maunya tidur terus makan pun hanya kalau dijak kelilng naik sepeda baru dihabiskan buburnya, setelah dirmh pasti hanya sedikit yg masuk. Yang jadi pertanyaan sy perlukah sy ke dokter mengingat panasnya naik turun terus hampir 4 hr? Tolong ya dok dikasih solusi harus bagaimana..

Renata said...

Postingan ini sangat bermanfaat. saya ingin tanya, bayi saya 8 bulan kemarin sempat demam 3 hari dan sekarang sudah turun. tapi diare masih berlangsung kadang-kadang. ketika diare diberi lacto b dan pedialith, dna ketika demam kaena mncapai 39,2 derajat, kami beri tempra bayi dengan periode wkatu 7-8 jam tapi itu juga tidak tentu. dalam 3 hari itu, kami hanya 3 kali drop saja.
saya cek darah dan fesesnya, lekosit di darah tidak ada, tapi di feses ada. selebihnya angka agak aneh karena virus. menurut konsultasi ke dokter by sms, itu semua infeksi virus ringan. tapi malam kemarin timbul bercak merah di wajahnya, kami takut itu campak. dibawa ke UGD dan diberikan antibiotik Sporetik, Imboost dan puyer Curvit & Combazyn. saya agak ragu karena bayi diberi antibiotik untuk infeksi virus. dokter jaga hanya bilang bahwa AB itu diberikan untuk membangun daya tahan tubuh tehadap serangan dari luar karena sekarang lagi rentan. apakah seluruh resep itu tepat ya? saya ragu karena bayi saya masih 8 bulan dengan berat 9kg.

terima kasih ya Dok.

Anonymous said...

Mlm dok nama saya Ajeng wulandari. Anak saya umur 3 th (perempuan). Sdh 2 hr ini panas anak sy semakin meningkat. Dari 37 celcius hingga 38,8 celcius dan disertai batuk riak sehingga suara nya pun sampai habis.. Mohon pencerahan nya dok. Terima kasih

Anonymous said...

Asslm,
nama saya ira, usia 19 jalan 20, dokter, saya pernah terkena penyakit benjolan di dagu bawah sebelah kanan, kata dokter disini itu sakit kelenjar,
yang mau saya tanyakan, kenapa semenjak sakit kelenjar itu saya sangat mudah terserang penyakit, badan juga terasa cepat lelah, kalau fokus menghitung, kepala bagian kanan sakit banget, itu kenapa dokter ?

Anonymous said...

Dik apakah anak umur satu setengah tahun yg mengalami demam, aman untuk meminum vermint?kl iya bagaimana dosisnya?

Anonymous said...

selamat pagi dokter,

dengan Ayu disini dok, saxa mau bertnya dok.
udah 2 hri ini suami saya demam nya naik tUrun. kemudian ketika demam sudah turun panas lg dibahan dada dok. kira2 sakit apa ya dok. terima kasih dok.

mhn djawab ya dokter.

Anonymous said...

selamat pagi dokter,

dengan Ayu disini dok, saxa mau bertnya dok.
udah 2 hri ini suami saya demam nya naik tUrun. kemudian ketika demam sudah turun panas lg dibahan dada dok. kira2 sakit apa ya dok. terima kasih dok.

mhn djawab ya dokter.

Anonymous said...

selamat pagi dokter,

dengan Ayu disini dok, saxa mau bertnya dok.
udah 2 hri ini suami saya demam nya naik tUrun. kemudian ketika demam sudah turun panas lg dibagian dada dok. kira2 sakit apa ya dok. terima kasih dok.

mhn djawab ya dokter.

Hanum Nasiha Thalib said...

selamat siang dok,,

mau nanya jika seseorang wanita berusia 19 thn,demam trjadi pada malam hari kaki dan telapak tangan dingin, dan pagi harinya menghilang setelah di beri obat parasetamol(panadol), namun diikuti dengan radang tenggorokan yang tidak mereda, flu tdk mereda,kepala pusing seperti dipukul terutama pada daerah os frontalis,dens incisivus medialis inferior masih terasa ngilu,
tidak ada bintik merah pada kulit, terasa nyeri pada persendian.
yang jadi pertanyaan kira-kira sakit apa ya dok?

mohon jawabannya. terimakasih:)

KATAKAN SAJA said...

salam dokter Suryo, saya fitrianto, pria, 27 th. mohon bantuan diberikan penjelasan. dalam 3 bulan terakir ini kondisi kesehatan saya sangat labil, dan slama bulan puasa ini saya sudah beberapa kali sakit, dan 4 dokter yang saya kunjungi memliki diagnosa yg berbeda. tapi untuk dokter yg terakir menyarankan saya uji TORCH dan ternyata saya positif tokso, Rubella dan CMV-nya, karena anti toksoplasma IgG, Anti Rubella IgG, dan Anti CMV IgG melbihi ambang batas diatas 10 kali. sekarang kondisi saya sering menggigil tp beberapa saat kemudian badan terasa hangat dan berkeringat seperti siklus harian. terimakasih dokter

Anonymous said...

pagi doc,,,terimakasih postingnya sangat bermanfaat bagi saya. saya mau konsul sekaligus cerita nich doc.mohon sarannya ya doc?saya wanita umur 22 tahun. 4x saya mengalami demam tinggi, tetapi naik turun. dan 3x mengalami menggigil. perut juga mual2 doc, makan nggak bisa enak.kemudian sy bawa ke bidan. obatnya saya minum 2x dan alhamdulillah sembuh meskipun belum begitu fit sehingga obatnya masih saya teruskan. Tapi pagi ini perut saya agak mual stlh minum obat doc. apa saran atau masukkan untuk saya doc? terimakasih banyak doc

Anonymous said...

pagi doc, salam kenal dari saya "menar",,terimakasih postingnya sangat bermanfaat bagi saya. saya mau konsul sekaligus cerita nich doc.mohon sarannya ya doc?saya wanita umur 22 tahun. 4x saya mengalami demam tinggi, tetapi naik turun. dan 3x mengalami menggigil. perut juga mual2 doc, makan nggak bisa enak.kemudian sy bawa ke bidan. obatnya saya minum 2x dan alhamdulillah sembuh meskipun belum begitu fit sehingga obatnya masih saya teruskan. Tapi pagi ini perut saya agak mual stlh minum obat doc. apa saran atau masukkan untuk saya doc? terimakasih banyak doc

Anonymous said...

dokter, sy dikasih tugas rumah.. jadi mau bertanya sama dokter rata-rata suhu badan mnusia selama 24 jam.. terima kasih dokter..

wiwin setyo utomo said...

dok saya mau tanya. anak saya berumur 2,5tahun. ketika dia demam seringnya dia minta air minum. apakah sebaiknya saya kasih atau tidak? trus cairan apa yang dokter maksud untuk diberikan pada anak yang demam? trimakasih

Anonymous said...

Alhamdulilah saya temukan blog dokter ini, sangat bermanfaat. Oh iya dok anka saya 6bln sudah satu minggu ini demam tp hanya malam hari saja dan menjelang pagi demamnya turun sampai sore hari, masih mau minum susu, makan dan aktif sperti biasa. memang sudah sekitar hampir 2 minggu batuk berdahak dan flu. saya sudah bawa ke bidan dan dikasih obat batuk pilek dan penurun panas berupa puyer dan sirup. Yang mau saya tanyakan kenapa ya dok anak saya demamnya hanya di malam hari saja? apakah ini salah satu gelaja typhus. Terimakasih sebelumnya.
Salam, Linda

Anonymous said...

artikelnya sangat bermanfaat sekali dok. dokter, anak saya berusia 6,5 bulan BB 6,5 kg, TB normal. sudah 5 hari demam...berawal setelah imunisasi DaPT (yg ga bikin panas), dua hari demamnya ngga ilang padahal sudah saya kasih sanmol drop. hari ketiga panasnya mencapai 38,9, DSA mendiagnosa anak saya terkena faringitis. 3 hari saya berikan obat obatan resep dokter terdiri dari Sanmol Drop, puyer yg terdiri dari: Cefixim 3, Methyl 8 m 4, Cabilein 8, Valbah 3 (maaf jika salah menyebutkan resep agak sulit membacanya), serta Isprinol Syrup, demamnya turun, saya hentikan pemberian obat suhu tubuhnya naik lagi (37,2), anak jadi sulit makan, namun ASI dan minum air putihnya kuat,aktif, dapat tidur namun mudah terbangun. kira2 demamnya karena apa yah dok? virus atau bakteri? ada indikasi kena DB ngga yah? terimakasih sebelumnya dokter.


Salam
-Leni-

Anonymous said...

saya mau nanya dok, anak saya usia 1 tahun 2 minggu....dan skrg demam, demam nya udah memasuki hari ke 3....dan hampir sempat kejang suhu 39,6 & dibawa kerumah sakit & dikasih obat Dumin yg dimasukan kedalam anus, suhu badan nya turun jd 38. Anak saya juga sempat diinfus, dan dirawat 1 hari di RS & pulang kerumah....anak saya juga batuk dan ada gejala TB jg saat ini anak saya menjalani pengobatan TB selama 6 bln & skrg obat TB nya pun udah putus selama 2 hari ( pengobatan baru jalan 1,5 bln ) & terpaksa dilakukan pengobatan dr awal lagi. Yg mau saya tanyakan apakah gejala demam anak saya apa disebabkan oleh TB tsb....skrg pun anak saya sdg tumbuh gigi....& oya dok tempat saya tinggal RSUD nya tidak lengkap peralatan tmsk labor nya pun gak ada....tks....mohon pencerahannya.

Murhana said...

Dok, saya mau bertanya...anak saya demam sudah 8hari, sebelumnya dinyatakan Demam berdarah dan sudah melalui fase kritis, tetapi sampai saat ini anak sama masih demam (terkadang disertai dengan menggigil) dan demamnya terjadi dalam jarak kurang lebih 5-6 jam disertai dengan diare, dan diare yang di keluarkan berbentuk seperti ampas.
Menurut pemeriksaan kadar hb anak saya dibawah normal (9), apakah ini bisa terjadi karena setiap hari diambil darahnya untuk di test...dan apa yang harus saya lakukan dok

Anonymous said...

pagi dok, anak saya 1,5 bulan masih menyusu.nafas anak saya bunyi srok-srok (pilek tanpa batuk), saya pikir akan sembuh sendiri. sampai 2 minggu baru saya bwa ke dokter, dikasih obat ambroxol 0,2 ml 3x shari. sudah minum obat 25 hari tp pilek blum smbuh juga (obat sdh mau habis). skrg malah saya ikutan flu. mrtua nyusruh saya minum mixagrip, katanya agar si kecil smbuh krn obt mixgip jugamasuk ke asi. mohon sarannya apa yg sbaiknya sy lakukan agar bayi saya smbuh dok.sbnrnya saya jg ga tega liat bayi saya minum obat. trimakasih sblumnya


salam
olif

Anonymous said...

Ikut share juga ya dok.hampir sama dgn kondisi anak dokter ratna. Demam muncul menjelang malam hari (abis maghrib) dan itu sdhberlangsung dr selasa malam sampek malam tadi msh demam. Demam berlangsung semalaman. Pagi hari demam turun sendiri.Sdh cek darah analisa Bukan DBD atao tipus. Demam disertai batuk dok, gmn ya dok?sebenarnya yg terjadi pd anak sy masih wajar. Sbg ibu sy lama2 juga cemas dok?gmn sebaiknya yg hrs sy lakukan dok?ths

ea said...

Dok, sy mau tanya, anak sy 2thn 9 bln pana

Anonymous said...

Dok, anak sy 2 thn 9 bln, panas mulai kmrn malam.. td pagi 37,6 sore 38,8 dikasi tempra jam 8 mlm, jam 11 mlm masi 38,8 td sy bw ke dr dikasi penurun panas yg disubb anus tapi sudah 2 jam blom jg turun panasnya... sebaiknya gimana ya dok? Anaknya aktif, tapi ga mau makan, minumnya juga sedikit...

The Great Danton said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

tita said...

Aslm,,,
dok, saya mau tanyaa,
pada pasien DBD bisa terjadi penurunan kesadaran, mengapa demikian dok???? terima kasih,

Anonymous said...

Selamat malam dokter dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk.

Saya pria 35th. saya ingin melamar di sebuah perusahaan makanan, perusahaan tsb mensyaratkan agar saya melakukan test widal dengan hasil minimal negatif 1/80. dan berikut hasil check up widal saya yg pertama:
Thypi O :Pos 1/160 Negatif
Thypi H :Pos 1/160 Negatif
Parathypi A-O :Negatif
Parathypi A-H :Negatif
Parathypi B-O :Pos 1/320 Negatif
Parathypi B-H :Negatif
Parathypi C-O :Pos 1/160 Negatif
Parathypi C-H :Negatif

kemudian oleh dokter saya diberi obat antibiotik seperti paracetamol,antasida doen dan thiampenicol untuk 1 minggu. Kemudian saya check up lagi dan berikut hasilnya:
Thypi O :Pos 1/80 Negatif
Thypi H :Pos 1/160 Negatif
Parathypi A-O :Negatif
Parathypi A-H :Negatif
Parathypi B-O :Pos 1/160 Negatif
Parathypi B-H :Pos 1/160 Negatif
Parathypi C-O :Pos 1/160 Negatif
Parathypi C-H :Pos 1/160 Negatif

Yg menjadi pertanyaan saya, apakah faktor utama dari naiknya hasil test widal saya yg semula negatif menjadi positif?? dan mohon solusinya obat apakah yg sebaiknya saya minum agar widal saya minimal 1/80??

Terimakasih

Anonymous said...

lia

malam dok
sy mau tanya anak sya berkeringat tapi hampir sluruh tubuhnya dingin padahal ia bru diberi obat dr bidan stelah 3hr demam tp saat" tertentu saja. demamnya hilang tapi kok malah berkeringat dengan badannya dingin. yang saya tanyakan ap yg trjadi
pd anak saya dok ??
trima kasih dok

Anonymous said...

halo dok,

Saya mau tanya, anak saya 6 th sekitar 2 minggu lalu demam tinggi naik turun plus mual2, tetapi masih aktif siangnya hingga masuk demam hari ke 5, dokter menyarankan test darah u cek dbd dan tifoid, hasil semua adalah negatif. dokter bilang jika masih demam lebih dari 7 hari maka cek darah lagi, tetapi hari ke 7 demam sudah hilang dan anak saya dinyatakan sembuh dengan diagnosa ISPA.

selang 10 hari kemudian, anak saya mengalami demam yang sama, hari ke 4 batuk kronik, hilang nafsu makan walau tidak lemas tapi sering mengeluh kelelahan. hari ini hari ke 5 dan masih demam, dokter,menyarankan untuk periksa lagi. mungkin sebaiknya test darah dulu lagi ya dok sebelum ke dokternya?

jika memang nanti hasilnya negatif untuk dbd dan tifoid, sebenarnya anak saya kenapa dok koq demam lama berulang begitu?

mohon masukannya.

thanks,
Erlin

Anonymous said...

Dokter,
Saya Arfi Alfarius,
Anak saya cowok umur 6 bulan nanti tanggal 6 november.
Beberapa hari terakhir tidurnya malam sering kebangun trus nangis, terus disusui (ASI). Nah kemaren sore badannya mulai panas 39.1 trus dikompres sempat turun sampai 38.2 trus 36.8 kemudian subuh naik lagi dan nangis terus sampai pagi. perkiraan awal karena mau tumbuh gigi mungkin karena gusinya bengkak dan sering mengeluarkan liur. Nangis terus, tadi malam sih masih mau di susui, tadi pagi sampai sekarang udah ga mau lagi disusui, dan nangis terus.
ditangan kanan ada bintik2 terkumpul disekelilingnya merah sekitar 2 cm begitu juga kaki kirinya.
1. Apakah ini memang tanda-tanda gigi mau tumbuh dan berapa lama dia akan merasa kesakitan
2. Bagaimana kalau dia sudah tidak mau nyusu? apa yg harus dilakukan
3. Kira-kira bintik2 merah itu apa ya dok?

janeeta utomosmwr said...

dok, saya kiki 25 tahun.
anak saya sering x demam dok, emg dy gak asi jd imunnya kurang baik,
yg saya mau tanyakan lebih baik bawa anak ke dokter anak ato dokter umum? knp? tq

Anonymous said...

Yth. Dokter

Saya mau menanyakan apakah sari kurma for kids itu boleh diberikan setiap hari utk daya tahan tubuh anak? Bagaiman aturan pemberian baik sari kurma atau madu yang baik untuk anak balita?

Terima kasih & Salam

Lin2

Anonymous said...

selamat malam dok
aku tyaa..

dok aku mo tanya kl anak yg pakai susu formula itu air kencingnya kuning ga dok?
sampai tdk hilang kalau dah dicuci juga dok.
nafsu makannya pun jelek dok.
malah setiap malam slalu nangis ga pernah tidur.
trus sekarang2 kalau minum susu atau minum air selalu tersendak.
apa mungkin ada gangguan di tenggorokannya dok?
mohon bantuannya..
trims

Anonymous said...

selamat malam dok
aku tyaa..

dok aku mo tanya kl anak yg pakai susu formula itu air kencingnya kuning ga dok?
sampai tdk hilang kalau dah dicuci juga dok.
nafsu makannya pun jelek dok.
malah setiap malam slalu nangis ga pernah tidur.
trus sekarang2 kalau minum susu atau minum air selalu tersendak.
apa mungkin ada gangguan di tenggorokannya dok?
mohon bantuannya..
trims

Asman Puti said...

dok, apakah benar kalau bayi umur 9 bln kena gejala tyhpus itu ga blm minum susu? kl susu hypoallergenic boleh gak?

Anonymous said...

dok anak saya kemaren imunisasi campak disekolah... setelah itu sorenya agak demam... namun turun setelah minum obat.. namun dipagi hari timbul kembali demam dan akhirnya disuruh pulang dari sekolah... apakah campak menyebabkan demam dok...?
terimakasih...

Roef Efindro said...

Asslm.
Dokter,saya mau tanya,
Saya sudah 4 hari demam,dan demamnya saya naik turun,
Dan saya sebelum demam,lagi batuk flu,,jdi saya mnum obat dextral sbgai obat batuk pilek dan ibuprofin sebagai penurun panas demam dan menghilangkan sakit kepala,
Kemarin siang saya merasa enak badan sekali,tak terasa sakit apapun,,tapi saya mandi pkai air bisa (bisa dikategorikan dingin),
Dan tadi jam 11,saya merasa fi lagi,,dan tiba2 sore ini panas badan saya naik lagi,,sait kepla juga dan nyeri di kepala bagian kiri jika batuk,
Apa penyakit saya ini dokter?
apa demam biasa?
Saya takutnya terkena DBD atau MALARIA . .
Makasih dokter .
Mohon Bantuannya . .
Wsslam.

Anonymous said...

assalamualaikum dok , suami sy stroke pecah pembuluh darah di otak kanan , kiri lemat tp alhamdulillah bisa berjalan walau tidak sempurna . pernah suatu hari dia demam tinggi disertai batuk demam sampai 40 derajat C , siang harinya dia kejang kejang setelah paginya meminum obat batuk sirup , apa kejangnya karena obat itu? langsung kita bawa ke UGD . setelah kejadian itu sy takut dan cemas jika suami demem , seperti sekarang demam 38<9 derajat C apakah aman jika sy beri parasetamol dok , terima kasih

Anonymous said...

Selamat pagi dok....
Dok, anak sya ( 6thn) mulai demam hri minggu sore sampai hri ini jumat blm juga sembuh.demam nya tiap sore setelah jam 17 hingga bangun tidur pagi, seluruh badan terasa pegal2 dan batuk.kalau pagi hingga sore anak sya sehat2 saja. sya sudah bwa anak sya ke dokter hari selasa malam dan dokter tsb bilang TIPES.Lalu anak sya di kasih obat Cefixiem, ibuprofen dan ambroxol. Setelah minum obat itu sluruh badan anak sya bentol2 merah, yg buat sya bingung itu terjadi saat anak demam ( mulai sore).Tapi kalau minum obat pagi2 tidak ada bentol2 merah.apa yg harus sya lakukan ya dok?terima kasih
_Nay_

Anonymous said...

slmat pagi pak dokter...
Anak saya usia 25 hari,sdh 5 hari ini suhunya agak panas stlh di ukur suhunya 37,5-38,0,dari lahir dia mmg bersuhu agak tinggi tp awalnya sy gak kawatir tp stlh d ukur trnyata suhunya sprti yg sy sebutkan td,sdh d bw kdokter di kasi puyer + antibiotik+sanmol,tp karna dia sprti tercekik klo minum obat akhirnya sy cuma kasi sanmol sj,dari suhu 38,4 jadi kisaran 37,5-38,0 dlm sehari sy kasi 2x sanmolnya ini sudah 3 hr,tp panasnya g bisa 37,5.
Dia gak rewel cuma klo minum susu dia sprti trsumbat hidungnya tp klo tdk sdng minum susu dia normal sj.
*Sampai brp lama boleh mnggunakan sanmol u bayi pak?
*Apakah ada bayi/dewasa yg suhu tubuh nya diatas rata2 org normal?klo ada apakah mgk anak sy jg termasuk bersuhu tinggi?
*apakah suhu tubuh anak sy mngkawatirkan dan bisa kejang pak?

Trim's atas waktu nya pak,mudah2an bapak berkenan mmbalas pesan sy,sy sdh stress pak..

Anonymous said...

Dear Dr.Suryo,

Suami saya ada benjolan di belakang telinga kanan, semula kecil dan hanya satu namun setelah 3 bulan benjolannya semakin membesar dan bertambah menjadi beberapa benjolan.Hasil test menunjukkan adanya kanker limfoma.
Kami sudah coba berobat herbal dan akupunktur, juga ke RS. Sekarang ini suami sedang menjalani serangkaian test yang harus dilakukan sebelum dijalankan biopsi jaringan, untuk selanjutnya dilakukan kemoterapi.

Akhir2 ini suami saya mengalami demam hampir setiap hari. Saya tidak berani memberikan obat demam dalam dosis besar karena sebelumnya suami saya menderita lever (selama ini obat demamnya pakai novalgin. Kondisi tubuh lemah, suka pusing (cenderung sempoyongan). Makan minum masih bisa, tapi susah untuk makan nasi. Akhirnya saya siasati dengan memperbanyak makan buah dan sayur sebagai gantinya nasi, terkadang bubur (bubur nasi, kacang, beras, kentang dll). Saya juga menghindari makanan berlemak, berpengawet, berpewarna,ayam broiler dan daging hewan berkaki 4.

Mohon info, dok..makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk penderita limfoma..?
Berapa lama manusia dapat bertahan dengan kondisi demam yang dialami setiap hari..?

Terimakasih, dok
Eka Zahra

Joysari said...

Dok, saya mau tanya.berdasarkan hasil tes darah dan urin, saya positif infeksi saluran kemih. Namun dokter tidak meberikan saya obat demam karena saya tidak bisa minum paracetamol (tubuh saya pernah biru sewaktu meminum obat itu). Demam saya itu selalu muncul dimulai makan siang sampai malam (38'c - 39,5'c.) dan paginya segar lagi. Dokter juga tidak memberikan ibuprofen karena bila saya meminumnya saya sangat mual sekali. Dokter memberikan saya antibiotik intuk infeksi saya. Yang ingin saya tanyakan dok, apakah ada obat penurun panas yang tidak mengandung paracetamol dan ibuprofen?sebab bila panasnya datang, kepala saya juga sakit. Mohon dokter bersedia menjawab. Terima kasih

Frenky said...

Dok..saya mau nanya...stiap pagi stlh bngn tidur saya mengeluarkan dahak yg berwarna hitam...tapi setelah saya minum air putih...dahak tsbut tidak ada lagi...
Saya perokok yg lumayan aktif....
Mohon bantuannya dok

khristian said...

Frenky said...

Dok..saya mau nanya...stiap pagi stlh bngn tidur saya mengeluarkan dahak yg berwarna hitam...tapi setelah saya minum air putih...dahak tsbut tidak ada lagi...
Saya perokok yg lumayan aktif....
Mohon bantuannya dok
----------------------------------
dari semua yang koment dan bertanya cuma satu ini yang buat saya ketawa,...woi frengky lu berhentilah merokok...wakakakakakak...GITU AJA KOK REPOT !!!!!!!!!!

Anonymous said...

You should take part in a contest for one of the
best sites on the internet. I will recommend this site!

My page vertical leap exercises

Anonymous said...

My brother suggested I would possibly like this website.
He was entirely right. This put up actually made my day.
You cann't imagine simply how much time I had spent for this information! Thank you!

Here is my site; Brianiacgear.com

Anonymous said...

Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it.
Look advanced to more added agreeable from you! By the way, how could we
communicate?

Here is my weblog - vertical jump workouts

Anonymous said...

This is very interesting, You're a very skilled blogger. I have joined your feed and look forward to seeking more of your excellent post. Also, I've
shared your web site in my social networks!

Have a look at my weblog socialengineexpress.com

Anonymous said...

Very soon this site will be famous among all blogging and site-building users, due to it's fastidious articles

My site :: www.aboriginaljobseeker.com

Anonymous said...

Howdy! Would you mind if I share your blog with my facebook group?
There's a lot of folks that I think would really appreciate your content. Please let me know. Many thanks

my blog post - workouts to improve vertical

Anonymous said...

Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it.
Look advanced to more added agreeable from you! By the way, how can we communicate?


Look at my weblog - exercises to jump higher exercises to improve vertical exercises to improve vertical jump exercises to improve vertical leap exercises to increase vertical exercises to increase vertical jump exercises to increase vertical leap exercises for vertical exercises for vertical jump exercises for vertical leap workouts to jump higher workouts to improve vertical workouts to improve vertical jump workouts to improve vertical leap workouts to increase vertical workouts to increase vertical jump workouts to increase vertical leap workouts for vertical workouts for vertical jump workouts for vertical leap vertical jump exercises vertical leap exercises vertical jump workouts vertical leap workouts

Anonymous said...

Oh my goodness! Impressive article dude! Many thanks, However I
am going through problems with your RSS. I don't know the reason why I am unable to subscribe to it. Is there anybody else getting the same RSS problems? Anyone that knows the answer can you kindly respond? Thanks!!

My weblog Vertical jump Exercises

Anonymous said...

Having read this I believed it was extremely informative. I appreciate you finding the time
and effort to put this short article together.
I once again find myself spending a lot of time both reading
and posting comments. But so what, it was still worth it!


Have a look at my website - Big rig accident attorney

Anonymous said...

Good way of describing, and good piece of writing to
get facts regarding my presentation topic, which i am going to convey in school.


My website vacation Movie

Anonymous said...

Hello to every single one, it's actually a nice for me to pay a visit this web site, it includes useful Information.

Here is my web page; exercises to jump higher exercises to improve vertical exercises to improve vertical jump exercises to improve vertical leap exercises to increase vertical exercises to increase vertical jump exercises to increase vertical leap exercises for vertical exercises for vertical jump exercises for vertical leap workouts to jump higher workouts to improve vertical workouts to improve vertical jump workouts to improve vertical leap workouts to increase vertical workouts to increase vertical jump workouts to increase vertical leap workouts for vertical workouts for vertical jump workouts for vertical leap vertical jump exercises vertical leap exercises vertical jump workouts vertical leap workouts

Anonymous said...

Appreciate this post. Let me try it out.

Feel free to visit my web site ... Aimbizbuilder.com

Anonymous said...

I'd like to find out more? I'd want to find out more details.


My web-site http://inforaise.net/

Anonymous said...

I'd like to find out more? I'd want to find out more details.


my web site :: exercises for vertical

Anonymous said...

Everything is very open with a really clear explanation of the issues.
It was definitely informative. Your website is extremely helpful.
Many thanks for sharing!

Feel free to surf to my blog post; exercises to increase vertical leap

Bunda Alkha said...

Dok, klo suhu anaknya sudah normal apa langsung di stop pemberian obat panas nya atau diberikan selama 1 hari lg. Anak sy dikasih dsa nya brufen utk penurun panas nya. Terima kasih.

Anonymous said...

Greetings! Quick question that's completely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My blog looks weird when viewing from my iphone4. I'm trying to find a theme or plugin that might be
able to resolve this problem. If you have any recommendations,
please share. Thank you!

Feel free to visit my site - flamingo hotel

Anonymous said...

Hi, just wanted to tell you, I loved this post. It was helpful.
Keep on posting!

Feel free to visit my weblog :: workouts to jump higher

Adilla Najwaa said...

Siang Dok,,

Sy ingin bertanya,bbrp hari yll anak sy umur 1th 7bln muntah2 tidak disertai BAB dan tidak disertai demam, sudah diberi obat oleh dokter namun masih muntah (sampai muntah kuning), kemudian saya putuskan utk rawat inap krn tidak ada lg asupan makanan yg bisa masuk (air putih juga dimuntahkan). Hasil check lab normal namun tes feces dinyatakan bakteri (+), ragi (+) dan pseudohypha(+), dokter tidak memberikan diagnosa, stlh opname 3hari sy minta rawat jalan dengan tambahan obat Lyprolac, Nymiko dan obat antibiotik (saya lupa merknya), yg ingin saya tanyakan apakah penyebab muntahnya dok, stlh opname suhu tubuhnya juga naik dan setelah rawat jalan BAB nya sprti air kental (bukan diare) dan skrg sudah tidak muntah namun masih BAB nya sprti air kental. Terima kasih

Adilla Najwaa said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Selamat siang dok.. Saya Ayu (Wanita,21tahun,52 kg,168cm) saya sering sekali dokter terkena demam disertai radang tenggorokan. Bisa terkena 1-2 bulan sekali terkadang lebih. Yang ingin saya tanyakan:

1.) Mengapa saya sering terkena demam dan radang jaraknya pun hanya 1-2 bulan walaupun terkadang lebih.
2.)"jadwal" saya sakit pun relatif sama dok kisaran 11-18. Mendekati menstruasi di tanggal 20an
3.)Apakah bisa jadi karena resisten antibiotik? Karena tiap ke dokter selalu diberikan antibiotik,dan selalu saya habiskan dok,walaupun kdg suka lupa,tetapi selalu dihabiskan.Saya jadi takut dan bingung

Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih dok.

Anonymous said...

Pagii...
Dok, anak sy usia 2,5 trkna tipes, sbaiknya diberi obat ap yg aman?? soalnya sering kambuh,, apkah makan coklat jg bsa bkin kambuh??? Kalau minyak ikan yg bagus untuk dikonsumsi anak 2th apa ya dokk??


Anonymous said...

Slmt pg dokter, dok anak sy 13 bulan, demam tinggi sejak kamis mlm smpe dngn kamis ini, demam naik setiap 3 jam setelah mnm penurun pns, sanmol, dan selalu 39an, saat ini anak sy opname, setelah bbrpa cek darah+feses, ditemukan bakteri di saluran cernanya, tp sbnrnya tdk terlalu mengkhawatirkan, yg bikin bingung, knapa demamnya tdk kunjung turun jg, kmren dokter sempat mmberikan antibiotik minum, tdk turun jg, lalu diganti dng antibiotik suntik, Bioxon klo tdk salah baca, lalu obat2an yg diminum lacto-B, squesh/seperti gel klo dicampur air, turun panas farnadol lwt infus, bioxon baru 3x suntik, kira2 bgmna mnrt pndpt dokter, apakah sdh benar yg dsa berikan utk anak sy, trmksh

Terapi Demam said...

Cara mengatasi kejang anak, step dan stuip dengan mudah aman, praktis dan murah.
Kejang bayi, balita dan buah hati Anda harus diatasi sedini mungkin.
Gelang bayi yang berguna untuk mencegah step dan kejang perlu Anda coba miliki.
Klik GelangStep.Com atau Klik
TerapiDemam.Com untuk gelang ukuran dewasa.

Anonymous said...

Dokter yg baik,
Saya ny. Anna, 42 th. Selalu demam apabila sy terlalu lelah. Berbahayakah? Dulu intensitasnya tak sesering akhir2 ini. SGOT SGPT sy pernah 135. Tp kmd angkanya normal setelah sy konsumsi obat. HbSAg negatif. Demam akan sembuh setelah sy minum parasetamol dan tidur. Tp ini sudah 3 hari, tidak juga turun. Pdhlsy sdh minum obat dan istirahat. BB sy 59 kg, Tinggi 150 cm. Tekanan darah normal

Anonymous said...

Dokter yg baik,
Saya ny. Anna, 42 th. Selalu demam apabila sy terlalu lelah. Berbahayakah? Dulu intensitasnya tak sesering akhir2 ini. SGOT SGPT sy pernah 135. Tp kmd angkanya normal setelah sy konsumsi obat. HbSAg negatif. Demam akan sembuh setelah sy minum parasetamol dan tidur. Tp ini sudah 3 hari, tidak juga turun. Pdhlsy sdh minum obat dan istirahat. BB sy 59 kg, Tinggi 150 cm. Tekanan darah normal. Trm ksh bantuannya dokter

Anonymous said...

Dear dr.suryo...

dok baby ku sekrng lagi demam suhu nya naik turn antara 34-36.
yg menjadi pertnyaan saya, baby ku kalo tidur sll pke ac, apakah tidak apa2 dok, disuhu 23 dok,
mhon pencrhan nya dok.. terimaksih dok

cara menaikkan trombosit said...

demam memang bikin khawatir... trm kasih dok artikelnya

in in said...

Dokter anak saya usia 5 bulan 2 minggu. Sudah hampir 1 minggu demam akhirnya saya bawa ke dsa. Dokter memberikan obat panas, batuk pilek dan antibiotik opicef. Saya hanya menebus obat panas dan batuk pilek racikannya tapi tetap demam. Akhirnya saya menebus antibiotik opicef untuk anak saya. Tetapi setelah minum antibiotik tsb anak saya menjadi rewel (menangis terus menerus dan tidak bisa tidur) dan obat baru diberikan 2 kali saja (takaran 1/2 sendok (2,5ml) untuk diminum 2 x sehari). Kenapa ya dok justru anak saya malah jadi rewel? apa antibiotiknya harus dihentikan?
Terimakasih dokter.
Salam, Dari In In

Anonymous said...

Salam kenak dok , saya april , saya mau tanya...cerita berawal dr pada saat saya makan kacang pada malam hari , lalu tenggorokan saya terasa gatal , saya batukan , makin gatal dan seperti penuh dengan lendir , saya keluarkan ternyata lendir bercampur darah...sebelumnya saya tidak batuk , sehari kemudian saya sdg tertidur , skitar jam 5 pagi saya merasa gatal di tenggorkan dan sprti penuh dg lendir , saya kluarkan ternyata darah lagi dok, lalu seperri ada yg menyumbat jg di hidung , stlh saya kluarkan ternyata darah jg , jmlhnya memang tidak banyak tp sy sangat takut dok...saya tdk mengalami sesak dan kondisi sblmnya sehat , tdk sdg sakit batuk...
Jd batuk darahnya trjdi tiba2...sy jg tdk berkeringat dimalam hari dan tdk demam...tinggi badan saya 155 dan berat badan 40kg....apa yg sebenarnya terjadi pada saya dok , dan apa yg harus sy lakukan ? Mohon sarannya , terimakasih....

Siska Shintadewi said...

Dear dr. Suryo
Luar biasa postingan dan responnya sangat membantu dan mengedukasi masyarakat dg pengetahuan dasar kesehatan yg dokter sharing. Terimakasih banyak dokter. Semoga dokter selalu sehat dan berlimpah keberkahan. Salam :-)

Anonymous said...

Salam kenal dok, saya mau tnya. Bayi saya umur 11bulan lebih demam sudah seminggu, suhu tbuh 38-39c, ada batuk dan pilek, sudah 3x bolak balik ke SPA tp demamnya tidak turun2. Anak saya gelisah, sering sekali menangis, oleh SPA di cek darah, hasilnya hanya WBC yg tidak normal, 15000. Kata SpA radang tenggorokan, diberi fixiphar, praxion, puyer,recustein. Tp sudah 2 hr minum fixiphar dll, kondisinya masih sama, demamnya tidak pernah turun dibwah 37c. Saya sudah bingung mau bgaimana, karna dikompres dan banyak minum pun sudah, tp tetap saja demam. Mohon penjelasannnya dok, terima kasih.

Anonymous said...

Salam kenal dok,saya mau tanya.kakak saya ini panasnya naik turun terus........udah priksa ke dokter masih juga gak ada perubahan....mpe 3 hari.suhu badan sampai detik ini 38,1 c.ini sebaiknya gimana dok.umur kakak saya 28 th

Anonymous said...

Maaf dok,barusan saya belum perkenalkan diri td,nama saya ridho dok,dan yg aq tanyakan itu td kakakku yg berudia 28 th

kalyana tantri said...

Dok, mohon ijin untuk copas artikel ini.
Banyak teman saya yang rata-rata ibu muda. Nah saya rasa artikel ini sangat mereka butuhkan, Dok..

kalyana tantri said...

Dok, mohon ijin untuk copas artikel ini.
Banyak teman saya yang rata-rata ibu muda. Nah saya rasa artikel ini sangat mereka butuhkan, Dok..

kalyana tantri said...

Dok, mohon ijin untuk copas artikel ini.
Banyak teman saya yang rata-rata ibu muda. Nah saya rasa artikel ini sangat mereka butuhkan, Dok..

kalyana tantri said...

Dok, mohon ijin untuk copas artikel ini.
Banyak teman saya yang rata-rata ibu muda. Nah saya rasa artikel ini sangat mereka butuhkan, Dok..

kalyana tantri said...

Dok, mohon ijin untuk copas artikel ini.
Banyak teman saya yang rata-rata ibu muda. Nah saya rasa artikel ini sangat mereka butuhkan, Dok..

anonghost said...

si Welli Wilyanto said macam kampana, nanya trus, kyk lu bisa aja.

R. Ahmad Anugrah Mulia said...

Anak saya 34 bulan saat ini sedang sakit saya raba badanny panas kmd saya ukur suhunya 38,6 kmd langsung saya kasih proris, 1 jam kmd saya ukur suhu badannya 38,7 kmd saya minta anak saya untuk istirahat supaya suhu badannya kembali normal, apakah 4 jam kmd perlu saya ukur suhu badannya?apakah itu termasuk demam ringan?anak saya sekarang lagi pilek, saya harus gimana?

Salsabila Maajid said...

sore dok...perkenalkan nama saya Risma (44 thn)..sy sudah 3 hari demam dan pusing..td pg sy cek darah..untuk memastikan penyakit sy..ternyata LED sy tinggi dok sekitar 37 ( dari batas maks 20)..saya juga pernah kena tipes..tp setelah sy cek ternyata negatip..menurut dr apa yang terjadi dengan tubuh saya..terima kasih

About Me

My Photo
Konsultan masalah kesehatan, keselamatan dan lingkunga kerja.