100 Questions & Answers: Asam Urat

100 Questions & Answers: Asam Urat

Wednesday

Asam Urat

Pendahuluan

Di masyarakat kini beredar mitos bahwa ngilu sendi berarti asam urat. Pengertian ini perlu diluruskan karena tidak semua keluhan dari nyeri sendi disebabkan oleh asam urat. Pengertian yang salah ini diperparah oleh iklan jamu/obat tradisional.

Penyakit rematik banyak jenisnya. Tidak semua keluhan nyeri sendi atau sendi yang bengkak itu berarti asam urat. Untuk memastikannya perlu pemeriksaan laboratorium.

Sebenarnya yang dimaksud dengan asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein), yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) atau pun hewan (daging, jeroan, ikan sarden).

Jadi asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih. Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap metabolisme normal dihasilkan asam urat. Sedangkan pemicunya adalah makanan dan senyawa lain yang banyak mengandung purin. Sebetulnya, tubuh menyediakan 85 persen senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Ini berarti bahwa kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15 persen.

Sayangnya, fakta ini masih belum diketahui secara luas oleh masyarakat. Akibatnya banyak orang suka menyamaratakan semua makanan. Orang menyantap apa saja yang dia inginkan, tanpa mempertimbangkan kandungan di dalamnya. Makanan sumber dari produk hewani biasanya mengandung purin sangat tinggi.Produk makanan mengandung purin tinggi kurang baik bagi orang-orang tertentu, yang punya bakat mengalami gangguan asam urat. Jika mengonsumsi makanan ini tanpa perhitungan, jumlah purin dalam tubuhnya dapat melewati ambang batas normal.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat adalah alkohol, ikan hearing, telur, dan jeroan. Ikan hearing atau sejenisnya (sarden), dan jeroan merupakan sumber senyawa sangat potensial. Yang tergolong jeroan bukan saja usus melainkan semua bagian lain yang terdapat dalam perut hewan --seperti hati, jantung, babat, dan limfa.

KONSUMSI jeroan memperberat kerja enzim hipoksantin untuk mengolah purin. Akibatnya banyak sisa asam urat di dalam darahnya, yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi sehingga menimbulkan rasa sangat sakit. Jeroan memang merupakan salah satu hidangan menggiurkan, di antaranya soto babat, sambal hati, sate jantung, dan kerupuk limfa. Tetapi salah satu dampaknya, jika tubuh kelebihan senyawa purin maka si empunya diri mengalami sakit pada persendian.

Penyebab
Penyakit asam urat digolongkan menjadi penyakit gout primer dan penyakit gout sekunder.

Pada penyakit gout primer, 99 persen penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetic dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat atau bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh.

Penyakit gout sekunder disebabkan antara lain karena meningkatnya produksi asam urat karena nutrisi, yaitu mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa basa organic yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi akan menyebabkan asam urat juga ikut meninggi.

Setiap orang dapat terkena penyakit asam urat. Karena itu, kita perlu mewaspadai gejala-gejalanya.

Penyakit radang sendi akibat peningkatan kadar asam urat darah disebut dengan artritis gout atau artritis pirai. Artritis gout yang akut disebabkan oleh reaksi radang jaringan terhadap pembentukan kristal urat. Pada sebagian besar kasus gout riwayat penyakit dan gambaran klinis bersifat khusus, sehingga kadang-kadang diagnosis dapat langsung ditegakkan.
Seseorang dikatakan menderita asam urat (gout) jika kondisinya memenuhi beberapa syarat dan biasanya perjalanan penyakitnya klasik sekali, seperti mempunyai gejala yang khas penyakit gout, mempunyai perjalanan penyakit yang khas penyakit gout, ditemukan asam urat dalam kadar tinggi dalam darahnya, dan hasil pemeriksaan mikroskopik dari cairan sendi atau tofus (benjolan asam urat) ditemukan kristal asam urat yang berbentuk jarum.

Lebih banyak pria

Umumnya yang terserang asam urat adalah para pria, sedangkan pada perempuan persentasenya kecil dan baru muncul setelah menopause.

Kadar asam urat kaum pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Pada wanita, peningkatan itu dimulai sejak masa menopause.

Mengapa asam urat cenderung dialami pria? Ini karena perempuan mempunyai hormon estrogen yang ikut membantu pembuangan asam urat lewat urine. Sementara pada pria, asam uratnya cenderung lebih tinggi daripada perempuan karena tidak memiliki hormon estrogen tersbut.

Jadi selama seorang perempuan mempunyai hormon estrogen, maka pembuangan asam uratnya ikut terkontrol. Ketika sudah tidak mempunyai estrogen, seperti saat menopause, barulah perempuan terkena asam urat.

Kalau peningkatan asam urat ini melewati ambang batas yang bisa ditolerir, persoalan akan timbul pertama pada ginjal, sendi, dan saluran kemih

Kadar Normal

Pemeriksaan asam urat di laboratorium dilakukan dengan dua cara, Enzimatik dan Teknik Biasa. Kadar asam urat normal menurut tes Enzimatik maksimum 7 mg/dl. Sedangkan pada Teknik Biasa, nilai normalnya maksimum 8 mg/dl. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan kadar asam urat melampaui standar normal itu, penderita dimungkinkan mengalami hiperurisemia.

Kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat diatas normal disebut hiperurisemia.

Perjalanan penyakit yang klasik biasanya dimulai dengan suatu serangan atau seseorang memiliki riwayat pernah cek asam uratnya tinggi di atas 7 mg/dl, dan makin lama makin tinggi.

Jika demikian, kemungkinannya untuk menjadi penyakit gout itu makin besar. Biasanya 25% orang yang asam uratnya tinggi akan menjadi penyakit gout. Bila kadar asam urat tinggi tapi tidak ada gejala serangan sendi ini disebut stadium awal. Pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejalanya, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun.

Gambaran Klinis

Artritis gout muncul sebagai serangan keradangan sendi yang timbul berulang-ulang.

Gejala khas dari serangan artritis gout adalah serangan akut biasanya bersifat monoartikular (menyerang satu sendi saja) dengan gejala pembengkakan, kemerahan, nyeri hebat, panas dan gangguan gerak dari sendi yang terserang yang terjadi mendadak (akut) yang mencapai puncaknya kurang dari 24 jam. Lokasi yang paling sering pada serangan pertama adalah sendi pangkal ibu jari kaki. Hampir pada semua kasus, lokasi artritis terutama pada sendi perifer dan jarang pada sendi sentral.

Serangan yang terjadi mendadak maksudnya tiba-tiba. Karena itu bisa saja terjadi, siang hari sampai menjelang tidur tidak ada keluhan, tetapi pada tengah malam penderita mendadak terbangun karena rasa sakit yang amat sangat. Kalau serangan ini datang, penderita akan merasakan sangat kesakitan walau tubuhnya hanya terkena selimut atau bahkan hembusan angin.

Perjalanan penyakit gout sangat khas dan mempunyai 3 tahapan. Tahap pertama disebut tahap artritis gout akut. Pada tahap ini penderita akan mengalami serangan artritis yang khas dan serangan tersebut akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 5 – 7 hari. Karena cepat menghilang, maka sering penderita menduga kakinya keseleo atau kena infeksi sehingga tidak menduga terkena penyakit gout dan tidak melakukan pemeriksaan lanjutan.

Bahkan, dokter yang mengobati kadang-kadang tidak menduga penderita terserang penyakit gout. Karena serangan pertama kali ini singkat waktunya dan sembuh sendiri, sering penderita berobat ke tukang urut dan waktu sembuh menyangka hal itu disebabkan hasil urutan/pijatan. Padahal, tanpa diobati atau diurut pun serangan pertama kali ini akan hilang sendiri.

Setelah serangan pertama, penderita akan masuk pada gout interkritikal. Pada keadaan ini penderita dalam keadaan sehat selama jangka waktu tertentu. Jangka waktu antara seseorang dan orang lainnya berbeda. Ada yang hanya satu tahun, ada pula yang sampai 10 tahun, tetapi rata-rata berkisar 1 – 2 tahun. Panjangnya jangka waktu tahap ini menyebabkan seseorang lupa bahwa ia pernah menderita serangan artritis gout atau menyangka serangan pertama kali dahulu tak ada hubungannya dengan penyakit gout.

Tahap kedua disebut sebagai tahap artritis gout akut intermiten. Setelah melewati masa gout interkritikal selama bertahun-tahun tanpa gejala, penderita akan memasuki tahap ini, ditandai dengan serangan artritis yang khas. Selanjutnya penderita akan sering mendapat serangan (kambuh) yang jarak antara serangan yang satu dan serangan berikutnya makin lama makin rapat dan lama, serangan makin lama makin panjang, serta jumlah sendi yang terserang makin banyak.

Tahap ketiga disebut sebagai tahap artritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus. Tofus ini berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur yang merupakan deposit dari kristal monosodium urat. Tofus ini akan mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang di sekitarnya. Tofus pada kaki bila ukurannya besar dan banyak akan mengakibatkan penderita tidak dapat menggunakan sepatu lagi.

Faktor Risiko

Faktor risiko yang menyebabkan orang terserang penyakit asam urat adalah pola makan, kegemukan, dan suku bangsa.

Di dunia, suku bangsa yang paling tinggi prevalensinya pada orang Maori di Australia. Prevalensi orang Maori terserang penyakit asam urat tinggi sekali, sedangkan di Indonesia prevalensi tertinggi pada penduduk pantai dan yang paling tinggi di daerah Manado-Minahasa karena kebiasaan atau pola makan ikan dan mengonsumsi alkohol.

Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine itu ikut berkurang sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah. Konsumsi ikan laut yang tinggi juga mengakibatkan asam urat.

Asupan yang masuk ke tubuh juga memengaruhi kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin yang tinggi akan diubah menjadi asam urat. Purin yang tinggi terutama terdapat dalam jeroan, sea food: udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri.

KALAU menurut hasil pemeriksaan laboratorium kadar asam urat terlalu tinggi, kita perlu memperhatikan masalah makanan. Makanan dan minuman yang selalu dikonsumsi apakah merupakan pemicu asam urat. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit. Maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
Yang paling penting untuk diketahui adalah kalau asam urat tinggi dalam darah, tanpa kita sadari akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal, karena saringannya akan tersumbat. Tersumbatnya saringan ginjal akan berdampak munculnya batu ginjal, atau akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Asam urat pun merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner. Diduga kristal asam urat akan merusak endotel (lapisan bagian dalam pembuluh darah) koroner. Karena itu, siapapun yang kadar asam uratnya tinggi harus berupaya untuk menurunkannya agar kerusakan tidak merembet ke organ-organ tubuh yang lain.

Penatalaksanaan
Penatalaksanaan artritis gout:
  • Meredakan radang sendi (dengan obat-obatan dan istirahat sendi yang terkena).
  • Pengaturan asam urat tubuh (dengan pengaturan diet dan obat-obatan).

Tujuan utama pengobatan artritis gout adalah:

  • Mengobati serangan akut secara baik dan benar
  • Mencegah serangan ulangan artritis gout akut
  • Mencegah kelainan sendi yang berat akibat penimbunan kristal urat
  • Mencegah komplikasi yang dapat terjadi akibat peningkatan asam urat pada jantung, ginjal dan pembuluh darah.
  • Mencegah pembentukan batu pada saluran kemih.

Makin cepat seseorang mendapat pengobatan sejak serangan akut, makin cepat pula penyembuhannya.
Pengobatan dapat diberikan obat anti inflamasi nonsteroid (antirematik) dan obat penurun kadar asam urat (obat yang mempercepat/meningkatkan pengeluaran asam urat lewat kemih (probenecid) atau obat yang menurunkan produksi asam urat (allopurinol)).

Pengaturan diet
Selain jeroan, makanan kaya protein dan lemak merupakan sumber purin. Padahal walau tinggi kolesterol dan purin, makanan tersebut sangat berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak pada usia pertumbuhan. Kolesterol penting bagi prekusor vitamin D, bahan pembentuk otak, jaringan saraf, hormon steroid, garam-garaman empendu dan membran sel.Orang yang kesehatannya baik hendaknya tidak makan berlebihan. Sedangkan bagi yang telah menderita gangguan asam urat, sebaiknya membatasi diri terhadap hal-hal yang bisa memperburuk keadaan. Misalnya, membatasi makanan tinggi purin dan memilih yang rendah purin.

Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin:

  • Golongan A: Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, lain-lain jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.

  • Golongan B: Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.

  • Golongan C: Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.

Pengaturan diet sebaiknya segera dilakukan bila kadar asam urat melebihi 7 mg/dl dengan tidak mengonsumsi bahan makanan golongan A dan membatasi diri untuk mengonsmsi bahan makanan golongan B. Juga membatasi diri mengonsumsi lemak serta disarankan untuk banyak minum air putih. Apabila dengan pengaturan diet masih terdapat gejala-gejala peninggian asam urat darah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Hal yang juga perlu diperhatikan, jangan bekerja terlalu berat, cepat tanggap dan rutin memeriksakan diri ke dokter. Karena sekali menderita, biasanya gangguan asam urat akan terus berlanjut.

BAGI YANG AKAN BERTANYA MENGENAI ASAM URAT
Kalau bisa sertakan data-data:
  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Tinggi badan
  • Berat badan
  • Kadar asam urat dengan nilai rujukan/nilai normal dari laboratorium pemeriksa
  • Sudah berapa lama menderita gout atau hiperurisemia
  • Obat-obatan yang dikonsumsi baik untuk mengatasi gout/asam urat maupun untuk penyakit lain yang diderita dan juga dosis masing-masing obat serta berapa kali sehari obat tersebut diminum.
  • Kondisi kesehatan lainnya.
Forum ini bukan untuk menggantikan peranan dokter, kami hanya mencoba menjelaskan permasalahan yang ada, oleh karena itu tidak ada hubungan dokter pasien dengan adanya tanya jawab di forum ini. Anda tetap harus berkonsultasi/mengunjungi dokter keluarga anda.

Tidak semua pertanyaan dapat langsung dijawab pada hari yang sama.

Terima kasih atas perhatian semuanya.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

667 comments:

«Oldest   ‹Older   401 – 600 of 667   Newer›   Newest»
Anonymous said...

Assalamu alaikum wr wb. Nama saya Shakira, umur 49 taun, tinggi 155 berat 49 kg. 6 bulan lalu saya merasakan sakit pada lutut kanan terutama ketika duduk saat menjalankan shalat, waktu itu saya langsung periksa ke dokter, dokter bilang penyakit saya artritis kemudian saya diberi obat langsung sembuh tapi kambuh lagi beberapa hari kemudian, dari saat itu saya tidak ke dokter lagi tapi saya tiap hari minum susu kedelai karena saya liat d internet banyak sekali manfaatnya dan memang saya rasakan bahkan sakit pada lutut sayapun membaik.Masalahnya sekarang saya merasakan lagi sakit di tangan kanan dan di sendi jari kedua tangan saya dan bahkan di seluruh badan saya terasa pegal-pegal serta cepat sekali lelah. Sudah seminggu saya mengkonsumsi herbal Tenlung Gamat Emas, sekarang saya juga mengkonsumsi Habbatussauda tapi belum terasa hasilnya, apakah sebaiknya saya ke dokter lagi periksa atau ke laboratorium ? atau habisin dulu herbalnya karena saya tadinya ingin pengobatan herbal saja.Ciri-ciri yang saya rasakan sepertinya gejala asam urat dok,mohon saran dari dokter. Terimakasih semoga Allah membalas kebaikan dokter dengan pahala yang berlipat, amiin .......

Tommy W said...

Dr. Suryo Wibowo ysh, salam kenal.
terima kasih sebelumnya sudah membaca komen saya ini, Saya tadi pagi baru ngecek kadar asam urat saya dan hasilnya benar-benar diluar dari kadar normal (memang sebelumnya saya sudah mengetahui selama bbrp tahun ini saya sudah memiliki kadar asam urat yang tinggi, dan memang kebetulan kemarin pun saya makan makanan yang mengandung asam urat tinggi seperti udang, dll)

Info saya saat ini:
Jenis Kelamin : Laki-laki
Usia : 28
Tinggi Badan : 177
Berat Badan : 67
Kadar Asam urat : 11,6
Gout : rasanya tidak ada (tapi terkadang ada nyeri pinggang sedikit di sebelah kanan, tapi itupun sangat jarang)

Yang saya ingin tanya dok, selama ini sih saya tidak mengalami rasa nyeri atau sakit yang sampai berarti, apakah kira2 ada kelainan? dan apakah memungkinkan suatu saat begitu terjadi nyeri langsung menjurus ke stadium yang parah?

Terima kasih Atas Perhatiannya

Hendra said...

Selamat Siang
Saya Hendra, Pria Usia 35 th, Kerja sekarang PNS dg kerja banyak di kantor, duduk menulis, sekali-kali keluar itupun untuk duduk bicara dan menulis.
Saya baca artikel dok dan hampir semua tanya jawabnya, trims mencerahkan semoga smkin mnmbh ilmunya.
Namun sampai saat ini saya blm melakukan check darah sebagaimana saran dok yg paling utama. Mungkin sekitar bulan depan saya baru akan check.
Begini dok, sejak usia remaja sy sering merasa sakit di lutut tanpa sebab yg jelas, tapi kemudian sekitar usia 20-29 berubah tumit sy sering tiba2 sakit tanpa sebab. Meski bisa jalan tp sy sering tdk bis main bola hobi sy. Saat itu alasan mudah sering kena air saat dingin, malam hari.
Usia 30-an setlh menikah pertama kali mendapat serangan sakit hebat di bawah mata kaki, sprti keseleo tp terus menerus. Saat itu mulai ada terkaan awal ini asam urat. Saat itu minum jamu, sempet diurut meski sy sendiri krg setuju krn merasa bkn keseleo. Besoknya mendingan bisa jalan lagi. (Menurut dokter walau tanpa obat pun sbnarnya bs sembuh).
Terasa lg setahun kemudian tp tdk terlalu sakit, artinya masih bs dipake jln. Setlh itu sering ngilu di tmpat itu dg sedikit bengkak.
Tahun 2010 saat usia 34 th kembali mendapat serangan sakit hebat dan sempat ke dokter, disuntik di tempat yg sakit, kemudian diberi obat (sayang tidak sy perhatikan nama2nya). Yang ini lmyan lama untuk kmbli bs jalan normal, sekitar 3-4 hari. Setlah itu sering sakit tp sedikit.
Th 2011 bulan mei serangan kembali datang walau tidak sesakit yg 2010 tp cukup untuk membuat sulit berjalan dan berdiri berlangsung sekitar 2 minggu dg kadar menurun. Dan sampai sekarang sering kambuh dg sakit bervariasi.
Dari cerita saya ini apakah bisa disimpulkan saya kena asam urat?
Kemudian jika sy check ke RS at Lab, check apa saja yg hrs sy minta?
Demikian, terima kasih atas jawaban dan informasinya.

zahri elwah said...

Nama saya Sarial, umur 46 th penderita Asam Urat dan Batu Ginjal. Pertama sekali terdeteksi 13 th yang lalu, asam urat di atas normal dan terjadi pembentukan sedimen di ginjal dan Kandung Kemih. Atas saran dokter sy diet ketat dan terapi allupurinol. Disamping itu sy minum rebusan keji beling, kumis kucing, sambiloto dan lempuyang (resep Prof. Hembing). Setelah lk 1 bln sedimen luruh dan asam urat normal kembali.
Tepat pada saat puasa ramadhan tgl 1, setelah jam 11 siang bgn perut bawah sebelah kanan terasa sakit, selama 2 hari masih bisa ditahan namun hari ketiga tidak tertahankan lagi dan setelah makan dan minum sakitnya ilang. Sorenya ke dokter SpPD dan hasil USG dinyatakan ada batu Ginjal sebelah kanan lk 1,8 cm dan ada pembengkakan. Pemeriksaan lanjut, Asam Urat 9,7 yg lainnya OK. Sy menunggu ops yang kata dokternya masih bisa di tembak laser. Mohon pendapat Dr Suryo tentang batu ginjal dan asam urat tsb serta upaya menurunkan asam urat dan pencegahan pembentukan batu ginjal pada masa yad. Terima kasih.

Johnny said...

Hallo Dok..

Asam urat hasil tes cek darah, 8.5
skrg sy mengalami sakit/nyeri tulang punggung bawah skitar pinggang..

yg sy mau tanyakan apakah ini karena asam urat atau saya salah posisi duduk ?
krn rasa nyeri nya sudah berlangsung 2 minggu, sempat agak reda sakitnya, tapi kmrn sy main tenis, skrg sakitnya terasa makin parah ..

bagaimana cara nyembuhin nya ?
oh ya ikan kakap banyak mengandung purin tidak ?

Terima Kasih Dok..

Anonymous said...

malam dok,
saya cuma mau tanya , bagaimana cara menurunkan asam urat ? asam urat saya 10,0 sedangkan saya masih berumur 17 tahun , laki-laki tinggi 185cm dan bb 95 kg ?
saya sudah meminum zyluric 100 secara rutin

terima kasih

jarod said...
This comment has been removed by the author.
jarod said...

Dear Dr. Suryo ysh,

Mau sharing saja dok..
Pada 8 agustus lalu saya periksa ke dokter karena muka bengkak disebelah kanan. Oleh dokter divonis terkena stroke sindrome. Lalu untuk memastikan dilakukan check up menyeluruh.

hasilnya sbb :
1. Cek urin : semua normal kecuali keton urin dengan hasil positif 2
2. cek kolesterol : semua normal kecuali LDL cholesterol diangka 114 H
3. Cek Trombosit : Disimpulkan hiperagregasi
4. Cek Hematologi : hemoglobin 16,1 H; RDW 15,2H; eosinofil : 7H (normal 3); Creatinin 1,3
5. cek asam urat : 8,2H
6. cek MRI otak : parenkim otak baik, tidak tampak innfark, tidak tampak obstruktif-hidrocephalus, batang otak baik, sinusitus ringan maxillaris kiri. Intinya hasil pemeriksaan MRI otak normal.

obat yang saya minum selama 10 hari adalah CPG 75 gr;zyloric tablet 300mg; neurotam 3gr; brainact injection 250gr; simvastatin 20gr;

setelah opname 3 hari muka bengkak berangsur hilang dan lalu saya jalani:

1. diet ketat hanya makan nasi tempe dan tahu sampai tanggal 24.
2. olahraga jalan kaki dan sepeda tiap pagi selama 1/2 jam

Kemudian pada tanggal tersebut (24 agustus) saya cek asam urat tetapi angkanya tetap di angka 8,2.

pertanyaan saya dok.

1. Kenapa asam urat saya tetap tinggi ya padahal sudah jalani diet ketat ?

2. Apa penyebab muka bengkak saat diperiksa pertama. Kebetulan dokternya hanya menjawab mukanya tidak bengkak kok sehingga tidak menjelaskan ?

3. Apakah benar saya terkena stroke sindrome dengan melihat hasil lab ini ?

Sebelum dan sesudahnya terimakasih atas perhatian dokter.


terimakasih

salam

Jarod
jenis kelamin : laki2
pekerjaan : engiener
tinggi badan : 175
berat badan : 69kg

Anonymous said...

Dokter Suryo, saya Arum 15 tahun tinggi 158 berat badan 40kg. Saya mau tanya, 3 bulan yang lalu sendi lutut dan betis sebelah kiri saya terasa sakit. Sampai sekarang pun juga masih. Awalnya hanya nyeri biasa dan kambuhnya juga jarang. Kalau tengah malam pasti terasa sakit luar biasa. Dan kalau kecapekan juga tambah sakit. Tapi sekarang ini belum saya periksakan ke dokter. Apa ini gejala terkena asam urat dok? Mohon dijawab. Terima kasih. 158 berat badan 40kg. Saya mau tanya, 3 bulan yang lalu sendi lutut dan betis sebelah kiri saya terasa sakit. Sampai sekarang pun juga masih. Awalnya hanya nyeri biasa dan kambuhnya juga jarang. Kalau tengah malam pasti terasa sakit luar biasa. Dan kalau kecapekan juga tambah sakit. Tapi sekarang ini belum saya periksakan ke dokter. Apa ini gejala terkena asam urat dok? Mohon dijawab. Terima kasih.

Novia Mardha said...

dokter yang baik, sy mau tanya ayah saya diresepkan oleh dokter untuk konsumsi zyloric 300 mg. untuk informasi kadar Uric Acid ayah adalah 616. tinggi badan 170cm dan berat 80kg. Nah yang ingin saya tanyakan adalah:

1. saat konsumsi zyloric 300 mg kaki ayah saya sempat bengkak dan demam, namun sewaktu konsumsi dihentikan gejala tersebut hilang. Apa benar dosis tersebut tidak sesuai? atau harus diganti dengan obat lainnya? krn sebelumnya mengkonsumsi 100 mg dan tidak ada efek samping.

2. dari hasil tes juga diketahui ada batu ginjal dan batu empedu,untuk saat ini sedang mengkonsumsi ural. Menurut dokter apa obat yang paling ampuh untuk meluruhkan batu karena terus terang saya khawatir sekali kalau sampai gagal ginjal. terimakasih.

prihmardoyo said...

dr suryowibowo yth
saya, pak prih 60 th . . sejak umur 25 tahunan punya keluhan sakit pinggang terutama sebelah kiri. . sdh berobat ke bbrp dokter termasuk tusuk jarum tak bisa sembuh jg. . . memang pernah kira2 15 th yll dan 5 th yll mengeluarkan batu lewat urin ttpi stlh itu juga blm sembuh. stlh seumur ini setiap bangun pagi memang terasa pegal2 dan cepat capek. . . o iya dok saya jg penyandang diabetesi sdh 11 th tapi cukup terkendali. . . mohon pencerahan. . . terimakasih

prihmardoyo said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Dok, saya pria berumur 21th tinggi 171 berat 95, saya akan melakukan tes kesehatan untuk keperluan mencari. karena takut tdk lolos,maka saya memutuskan untuk cek lab sendiri. dan hasilnya asam urat saya tinggi 9,2 dan kolesterol LDL saya 100.
saat ini yg saya lakukan, adalah minum obat allupurinol, minum air putih,joging tiap pagi, dan diet makanan rendah purin dan kolesterol.
Menurut dokter, hal apa yg bs dilakukan untuk menormalkan kadar asam urat saya dan kolesterol dg waktu yg instan, (1minggu)?
terima kasih dok atas perhatiannya.

eva said...

Salam Dokter

Saya Eva usia 35th seorang ibu dengan satu anak .Berat saya 56 kg dan tinggi 162.
Akhir2 ini saya sering terkena serangan nyeri dan kesemutan pada tumit kaki jari2 kaki juga pergelangan tangan . tapi tidak terlihat pembengkakan atau merah . riwat keluarga sangan kuat dengan penyakit asam urat ini . Saya perhatikan sehabis makan makanan yg mengandung purin seperti doker jelas kan sebelumnya serangan itu mulai datangan lagi .Pertanyaan saya jenis makanan apa yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar purin ini kata orang awan Labu siam dan kopi dapat membantu , benarkah itu ?

Terima Kasih

Nick said...

dr. Suryo yth....bapak saya (usia 73 thn) bbrp minggu yll melakukan tes laboratorium dan angka LDL, Asam urat, Urea N (BUN) dan Kreatinin menunjukkan peningkatan. LDL = 187 mg/dL, Asam urat = 7.2 mg/dL, Urea N = 29 mg/dL, Kreatinin = 1.62 mg/dL. Bapak mengalami pembengkakan pada kaki dan pipi. Dokter yg memeriksa memberikan Furosemide 40 mg utk pembengkakan dan simvastatin utk lipitor. Tekanan darah awalnya diatas 150,tp skrg berkisar diantara 120 - 140 / 80 - 90. Pertanyaannya adalah....bagaimana kondisi bapak saya? Apakah beliau terkena gagal ginjal? Bagaimana pengobatannya? Sebagai informasi tambahan, bapak juga mengidap maag yg sering kambuh. Mohon penjelasan dr. Suryo...Terima Kasih

fany said...

Fany said....

dlm waktu dekat ini tangan sy sering ngilu bahkan blm baek benar sampe skrg, sy kmren dah minum prouric tp gak kurang jg, klu malam tangan kiri sering kebas dan terasa sakit n ngilu banget, kyknya itu asam urat dok, gmn ngobatinnya y dok,? sy blm periksa ke dokter sih dok,sebaiknya sy ke dokter apa y dok ? mohon info dok,thanks before

fany said...

fany said.....

sy beberapa waktu dekat ini mengalami ngilu-ngilu pada kedua tangan sy, terutama yg kiri, kmren sy udah minum prouric tapi blm baek jg, bahkan klu malam tangan kiri sy sudah kebas dan ngilu banget,stlh baca artikel dokter sy pikir sy asam urat, gmn cara ngobatinya y dok, sy belum periksa ke dokter, sebaiknya sy konsul ke dokter apa y dok? mohon bantuannya, thanks before dok

djojo said...

Dear Dr. Suryo W
Saya pria 63 tahun sering mengalami kaki bengkak, selama hampir 10 tahun yang lalu. Dua bulan lalu di engkel mata kaki kanan nyeri dan tidak diobati sembuh sendiri selama dua minggu. Tapi kemudian sakitnya pindah ke kaki kiri sekitar jempol kiri juga tidak saya obati, sekarang pindah lagi sekitar jari manis/ jari kelingking sampai hampir mata kaki. Pagi saya periksa kadar asam urat ternyata 12,6, ureum-nya 46 dan kreatinin 1,6. Saya tahun lalu dirawat di Mitra Bekasi selama 20 hari karena pendarahan lambung dan oleh dokter penyakit dalam dilarang untuk obat pereda nyeri ( saya dulu sering minum piroxicam). Mohon penjelasan dokter Surya bagaimana menurunkan/ mengobati peyakit asam urat ini. Terima kasih atan bantuan dan penjelasannya.

Suryo Wibowo said...

Dear Andi,

Puricemia itu isinya allopurinol. Hanya beda dosis, puricemia itu 1 tablet 300 mg, sedangkan allopurinol 1 tablet 100 mg, dan anda dapat allopurinol 3 kali sehari berarti 3 x 100 mg = 300 mg.

Kadar asam urat dalam darah yang tinggi bila tidak diturunkan, cepat atau lambat akan menimbulkan komplikasi (penyulit) berupa peradangan sendi asam urat (gout/pirai), tophus, dan batu pada saluran kemih.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Fahrul,

Kalau dari lokasi keluhan anda serta sifat timbulnya nyeri maka kemungkinan yang anda alami itu bukan serangan gout. Mengenai apakah Jintan Hitam dan chlorphyl cair dapat mencegah/menyembuhkan sakit yang anda alami saya kurang begitu mendalami hal tersebut.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Albert,

Anda dapat mencoba untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah anda dengan memperbanyak minum air putih (tiap 1 jam, ½ sampai 1 gelas) dan periksa lagi kadar asam uratnya sebulan kemudian.

Mengenai apakah allopurinol 100 mg/hari akan ditingkatkan lagi atau tidak, harus dikonsultasikan dengan dokter anda.

Olahraga yang baik tentu perlu disesuaikan dengan usia dan kondisi fisik saat ini. Untuk itu perlu dikonsultasikan dengan dokter. Obat untuk menurunkan asam urat kan sedang anda konsumsi?

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Jiaz,

Kalau dilihat dari tinggi badan dan berat badan, maka suami anda menderita kegemukan (obesitas). Pada orang yang obese memang sering ditemukan masalah pada persendian lutut. Saya tidak dapat menjawab pertanyaan anda karena kondisinya harus diperiksa langsung. Coba kunjungi dokter terdekat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Gusti Astrawan,

Masalah kesehatan yang ada pada diri anda adalah:
1. Kegemukan.
2. Darah tinggi.
3. Kadar asam urat tinggi.

Semua hal tersebut dapat saling berhubungan. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui fungsi ginjal secara lebih lengkap.

Diet yang harus anda jalani adalah: kurangi makan daging, perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran, kurangi makan makanan yang asin (seperti ikan asin, telor asin, terasi, makanan yang diawetkan/makanan kalengan).

Olahraga untuk sementara jangan dulu, mengingat tekanan darah anda yang tinggi dan kaki sedang sakit. Setelah tekanan darah dapat turun ke 130/80 maka barulah anda dapat mulai berolahraga. Jenis olahraga yang sesuai mungkin berenang dan bersepeda.

Obat yang disarankan jika kambuh lagi, harus dikonsultasikan dengan dokter anda.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Nisa,

Saya tidak dapat menilai apakah diagnosis dokter anda sudah tepat atau belum karena saya tidak memeriksa anda, sedangkan dokter anda memeriksa anda, sudah tentu diagnosis yang lebih tepat adalah yang berasal dari dokter yang memeriksa anda.

Mengenai apakah anda perlu cek darah dan rontgen tergantung dari diagnosis kerja yang dibuat setelah dilakukan pemeriksaan klinis.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Itouchyou,

Pada prinsipnya diet untuk penderita asam urat terutama yang berasal dari hewani, sedangkan yang nabati dapat dikonsumsi sepanjang tidak berlebihan.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Priambodo,

Melihat kadar asam urat anda hanya 7 maka pembengkakan kaki kiri anda ini kemungkinan bukan disebabkan oleh asam urat. Anda mesti memeriksakan diri ke dokter, untuk pertama kali anda dapat mengunjungi dokter umum/dokter keluarga anda.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Deasy,

Untuk menegakkan diagnosis, maka pemeriksaan sebaiknya yang di laboratorium klinik. Anda dapat mencoba dengan mengkonsumsi air putih lebih banyak dulu. Apabila tidak turun juga barulah anda ke dokter untuk dievaluasi apakah perlu mengkonsumsi obat atau tidak.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Ade,

Menurut saya anda tidak terkena radang sendi asam urat (gout/pirai). Jika memang terkena asam urat, maka yang harus anda lakukan adalah konsultasi dengan dokter. Mengenai obat herbal saya tidak mendalami. Ati, ampela dan usus ayam bukan pemicu asam urat, tetapi makanan yang kadar purinnya relatif tinggi.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Josian,

Penyakit anda itu bukannya sudah akut, tetapi sudah kronik. Coba usahakan menurunkan berat badan anda. Untuk menurunkan kadar asam urat anda dapat meminta dokter anda meresepkan obat generik allopurinol.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Dechy_alor,

Agar asam urat kembali normal, tentu saja obat penurun asam urat perlu diminum secara teratur. Apabila dengan dosis tersebut masih belum turun maka konsultasikan kembali dengan dokter yang merawat dan tanyakan apakah perlu dosis obat ditingkatkan. Obat yang diberikan pada ibu anda ada yang berfungsi menurunkan asam urat, ada yang berfungsi meredakan nyeri.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Agustina,

Beberapa penelitian menemukan bahwa diet ketat rendah purin hanya menurunkan sedikit saja kadar asam urat dalam darah. Bila ingin diet maka sebaiknya makanan tinggi purin yang berasal dari hewani yang dihindari, sedangkan yang berasal dari nabati dapat tetap dikonsumsi. Meskipun pasien diet rendah purin serangan tetap dapat terjadi.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Harry,

Penurunan berat badan yang drastis dengan diet radikal dapat menjadi sumber purin endogen tersedia dalam jumlah yang berlimpah dengan akibat kadar asam urat dalam darah tinggi. Dan bisa juga kemungkinan lain yaitu bahwa anda memang sudah mengalami peninggian kadar asam urat dalam darah dalam waktu yang lama sehingga muncul komplikasi berupa batu di saluran kemih. Mana yang paling mungkin dari dua kemungkinan itu?

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Shakira,

Sebaiknya anda segera ke dokter lagi.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Tommy W,

Wah kadar asam uratnya tinggi sekali. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan fungsi ginjal dan USG ginjal/rontgen BNO IVP untuk melihat struktur ginjal dan apakah ada batu di ginjal.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Hendra,

Dari cerita anda, belum dapat disimpulkan apakah anda menderita asam urat atau tidak. Anda harus ke dokter dulu baru ke laboratorium, begitu urutannya yang benar, hehehe.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Sarial,

Memang salah satu komplikasi dari asam urat yang tidak diturunkan sampai normal adalah pembentukan batu di saluran kemih. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah rasanya sudah cukup banyak dibahas pada tanya jawab sebelum ini. Untuk pencegahan pembentukan batu, maka kadar asam urat harus normal, perbanyak minum air putih, lakukan banyak aktivitas fisik.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Johnny,

Sakit punggung bawah bisa disebabkan oleh ada batu di saluran kemih bisa pula disebabkan oleh salah posisi duduk. Untuk membedakannya harus dilakukan pemeriksaan klinis.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Friend,

Baru umur 17 tahun dan kadar asam uratnya 10,0? Kalau sudah minum zyloric 100 mg secara rutin tetapi masih tinggi, berarti dosisnya kurang. Coba konsultasikan lagi dengan dokter anda.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Jarod,

Ini salah satu bukti bahwa diet ketat tidak menurunkan asam urat dalam darah. Peninggian asam urat dalam darah secara garis besar dapat dibedakan menjadi tiga penyebab yaitu produksi asam urat meningkat, pembuangan asam urat lewat ginjal berkurang, atau kombinasi dari kedua hal tersebut di atas.

Saya tidak tahu penyebab muka bengkak yang anda alami karena saya tidak memeriksanya.
Saya tidak tahu apakah anda terkena stroke sindrome.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Arum,

Kemungkinan bukan disebabkan radang sendi asam urat, tetapi untuk memastikannya anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear via-fikri,

Kaki bengkak dan demam sewaktu konsumsi zyloric 300 mg sedangkan sewaktu konsumsi 100 mg tidak ada efek samping, mungkin kebetulan saja. Tapi untuk pastinya coba anda konsultasi lagi dengan dokter yang merawat ayah anda.
Obat yang ampuh untuk meluruhkan batu? Tergantung ukuran batu. Batu yang terlalu besar rasanya sulit untuk diluruhkan dengan obat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Pak Prihmardoyo,

Diabetes dapat menyebabkan masalah pada otot. Batu ginjal juga dapat menimbulkan keluhan pegal-pegal.

Mengenai cepat capek itu mungkin dari diabetesnya. Yang penting adalah diabetesnya harus terkontrol. Salah satu kriteria terkontrol adalah bila kadar HbA1Cnya sekitar 7.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Eva,

Apakah anda sudah memeriksakan diri ke dokter dan apakah anda sudah mengecek di laboratorium berapa kadar asam urat anda?
Menurut dugaan saya, keluhan yang anda alami tidak berhubungan dengan asam urat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Nick,

Untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang tidak cukup hanya dari angka-angka laboratorium saja. Harus diperiksa terlebih dahulu secara klinis.
Untuk mengetahui apakah terkena gagal ginjal maka harus diketahui GFR (glomerular filtration rate)nya.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Fany,

Kata siapa itu asam urat? Pasti bukan kata dokter ya. Sebaiknya anda ke dokter umum dulu atau ke dokter keluarga.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Pak Djojo,

Bengkak pada kaki dapat disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi jantung, kekurangan vitamin B1, dan lain-lain. Kalau dilihat data yang diberikan maka fungsi ginjal Bapak sudah ada gangguan, tetapi untuk pastinya ada pemeriksaan lain yang harus dilakukan. Piroxicam berbahaya karena dapat menyebabkan pendarahan lambung dan juga tidak dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Obat ini hanya untuk menghilangkan nyeri saja.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Muhammad Ramadhan said...

dok nama saya ramadhan ...
kebetulan saya seorang mahasiswa,sebelumnya saya membaca bahwa yg di singgung-singgung adalah masalah purin,akan tetapi di dalam metabolisme protein kan ada purin dan pirimidin,nahh yg saya ingin tanyakan apakah ada sangkut pautnya pirimidin ini dengan asam urat?berikut fungsi purin dan pirimidin tersebut??
makasih dok

Anonymous said...

dok nama saya ramadhan ...
kebetulan saya seorang mahasiswa,sebelumnya saya membaca bahwa yg di singgung-singgung adalah masalah purin,akan tetapi di dalam metabolisme protein kan ada purin dan pirimidin,nahh yg saya ingin tanyakan apakah ada sangkut pautnya pirimidin ini dengan asam urat?berikut fungsi purin dan pirimidin tersebut??
makasih dok

Bekatul said...

Bekatul sangat kaya akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6 dan B15 ) dan dietary fiber yang insya Allah dapat mengobati asam urat. Monggo mampir ke blog kami Bekatul

kamal faruq said...

salam kenal dok, saya kamal mahasiswa kedokteran unja jambi, sy mw tnya, penilitian terbaru tntng pola makan atau makanan yang bisa mengurangi kadar asam urat udah ada g dok.?
terimakasih

Raras said...

sore dok, saya seorang mahasiswa analis kesehatan, saya ingin bertanya adakah hubungan latihan fisik berlebih dengan kenaikan kadar asam urat? sya membaca di salah satu buku bahwa asam urat bisa meningkat pada orang dengan aktivitas fisik berlebih, apakah dokter tau bagaimana mekanismenya?
terimakasih sebelumnya..

Anonymous said...

Dr.Suryo ysh,
perkenalkan nama saya Ajung, umur 32 tahun, tinggi 168cm, berat badan 71kg, pekerjaan sehari2 kantoran, tapi sering naik turun tangga utk sekedar BAK atau BAB..hehehehe..sejak 2 tahun terakhir saya jarang olahraga, hanya sesekali bersepeda itu juga seminggu sekali..
saya sudah mulai menderita asam urat sejak sekitar tahun 2005..dan sampai sekarang mungkin seingat saya pernah kambuh sekitar 8 kali..namun kali ini yang paling lama sudah hampir 2 bulan sakitnya kambuh hilang tapi tidak benar2 hilang...pemeriksaan terakhir saya asam urat saya ada di 11.4...
obat penghilang sakit yang sudah pernah saya pakai adalah voltaren, flamar50 dan intidrol, sedangkan saat ini saya minum obar zyrolic10mg dan celery seed (suplemen herbal synplus yang dijual di apotik modern)..saya menggunakan salep voltaren utk dioleskan ke tempat yang sakit..
yang mau saya tanyakan :
1.mengapa sakit saya kambuh lagi dan kali ini sangat lama (hampir 2 bln) padahal saya sudah jaga makan (tidak konsumsi makanan yg mengandung purin tinggi)dan mulai mengurangi porsi makan saya.
2.apa yang harus dilakukan utk bisa menyembuhkan asam urat sampai benar2 tidak akan kambuh lagi?
3.obat2an yang saya konsumsi saat ini (kalau sakit saya minum flamar50 dan intidrol bersamaan dan paginya saya juga minum zyrolic bersamaan dgn celedy seed tadi)apakah berbahaya dan memberikan efek samping ke bagian tubuh yang lain?
4.jika berbahaya obat2an apakah yang bisa membantu saya dok? dan bagaimana aturan konsumsinya?
5.apakah air rebusan daun salam bisa menyembuhkan asam urat?

Demikian dok, terima kasih atas waktunya dan konsultasinya..jika berkenan dok apakah jawaban saya jg bisa diemailkan ke saya di lk_jung79@yahoo.com...karena senin besok sy hrs keluar kota selama seminggu dan tidak bisa akses internet selain email saya...

salam,
Ajung

Ronald Basten said...

dengan adanya blog ini saya merasa mengerti apa itu asam urat (atritis). salam kenal dokter

Ronald Basten said...

terimakasih atas ilmunya

Ilham Kevianto said...

saya laki-laki usia saya 18 tahun. pertama kali kena asam urat ketika saya 16 tahun. berat badan saya sekitar 90kg, tergolong obesitas untuk tinggi badan saya yang 170cm. pada waktu itu, kadar asam urat saya 9. setelah proses pengobatan, dengan obat anti inflamasi, dan allopurinol, sembuh, dan tidak kambuh lagi. sampai saya berusia 18 tahun sekarang, kembali kambuh, dan setelah dicek, kadarnya menjadi 12. kembali dilakukan pengobatan yang sama, kemudian sembuh kembali. namun beberapa hari kemudian, terjadi serangan lagi. diberikan pengobatan, sembuh kembali, beberapa hari lagi serangan lagi. begitu terus selama sebulan ini dok. mohon bantuannya dok. saya ingin sembuh dan bisa menjalani hidup remaja saya dengan normal dok. terimakasih.

Ronald Basten said...

dokter saya ingin bertanya apa hubungan gangguan rematik dengan sistem imun?? GBU

Anonymous said...

Yth, dr Suryo Wibowo
Saya perempuan 38th, TB 148cm, BB 45kg.
Cerita dulu nih dokt. Tgl 15 Okt 2011 saya di diagnosis syndrome pneumotorax, di tangani dg slank di punggung (pleure),tes mantoux negatif, hr k3 boleh pulang dg suspect TB paru dg obat paru tentunya Rifamisin, parazinaid, inh. Tgl 26 Nov 2011 sy kontrol karena sendi2 sy bengkak dan sakit (lutut, mata kaki) di rujuk ke dr Sp PD kemudian cek ke lab ternyata kadar asam urat sy 9,4 (SGOT/SGPT 6,7/6,5 klo tidak salah ) yang saya ingat betul yg asam urat.Akhirnya sy di beri obat allupurinol 300mg 3x1,meloxicam 1x1. untuk 2 minggu ke depan dan cek lab lg. Kata dr SpPD mungkin asam urat saya akibat obat TB. Yang ingin saya ketahui Adakah pengaruh obat TB dengan asam urat? kenapa tiba2 asam urat saya tinggi sekali? padaha saya tidak makan emping, tidak makan jeroan, kacang-kacangn. trima kasih dok atas bantuannya. komputernya

Anonymous said...

Selamat malam dokter,saya via, wanita 29 thn, pekerjaan sales.
Sudah 2,5 bulan saya konsumsi rimstar 3butir setiap pagi,dan 2 bulan lebih konsumsi prednison 3 kali sehari (saat ini prednison sdh dihentikan), karena saya mengalami efusi pleura akibat virus tbc pada lapisan pleura shg sakit bila menarik napas panjang. Setelah 1 bulan konsumsi obat saya merasakan pegel pada kedua betis yg tdk hilang setelah dipijat. Rasanya sakit bila duduk di atas kedua betis, kaki jg agak goyang bila bangun dari posisi duduk. Apakah ini merupakan asam urat?apakah asam urat menurun karena org tua saya keduanya asam urat,atau ada hubungannya dgn konsumsi obat-obatan anti tbc yg saya konsumsi,tes apa yg perlu saya lakukan?terima kasih dokter. .

Anonymous said...

Assalamualaikum dokter.
Nama sy Keiyran Zein.
usia 30 thn.
Jenis kelamin Laki-laki
Domisili Aceh
Sy punyai kakek usia 97thn, pada 1 thn terakhir ini beliau terkena sakit asam urat akut hasil lab), sering mengeluh nyeri pada sendi lutut ke bawah dan adapun bengkak pada lutut dan tumit, sehingga mengalami susah pada jalannya. sudah 7 kali kami opname di rmah sakit, dari obat yg di berikan dokter rmh sakit hanya terlihat berkurang nyerinya dan msh sering kambuh. kakek sy tdk terkena penyakit lain sakit cuma asam urat hasil pemeriksaan lab. namun pada 2bulan terakhir ini pada lutut, betis, tumisnya melai menimbulkan gatal-gatal (akut), bentuk gatal2 merah2, kecil2 tp banyak, ini mengakibat bengkak mulii lutut sampai ujung jari kaki dan sakit sangat, nyeri bila di sentuk.
Dari jelas sy di atas mohon dari Dokter meberi penjelasan dan sulosi tuk pengobatan.
terima kasih sebelum dan lepasnya.

Anonymous said...

Assalamualaikum dokter.
Nama sy Keiyran Zein.
usia 30 thn.
Jenis kelamin Laki-laki
Domisili Aceh
Sy punyai kakek usia 97thn, pada 1 thn terakhir ini beliau terkena sakit asam urat akut hasil lab), sering mengeluh nyeri pada sendi lutut ke bawah dan adapun bengkak pada lutut dan tumit, sehingga mengalami susah pada jalannya. sudah 7 kali kami opname di rmah sakit, dari obat yg di berikan dokter rmh sakit hanya terlihat berkurang nyerinya dan msh sering kambuh. kakek sy tdk terkena penyakit lain sakit cuma asam urat hasil pemeriksaan lab. namun pada 2bulan terakhir ini pada lutut, betis, tumisnya melai menimbulkan gatal-gatal (akut), bentuk gatal2 merah2, kecil2 tp banyak, ini mengakibat bengkak mulii lutut sampai ujung jari kaki dan sakit sangat, nyeri bila di sentuk.
Dari jelas sy di atas mohon dari Dokter meberi penjelasan dan sulosi tuk pengobatan.
terima kasih sebelum dan lepasnya.

Keiyran Zein said...

Assalamualaikum dokter.
Nama sy Keiyran Zein.
usia 30 thn.
Jenis kelamin Laki-laki
Domisili Aceh
Sy punyai kakek usia 97thn, pada 1 thn terakhir ini beliau terkena sakit asam urat akut hasil lab), sering mengeluh nyeri pada sendi lutut ke bawah dan adapun bengkak pada lutut dan tumit, sehingga mengalami susah pada jalannya. sudah 7 kali kami opname di rmah sakit, dari obat yg di berikan dokter rmh sakit hanya terlihat berkurang nyerinya dan msh sering kambuh. kakek sy tdk terkena penyakit lain sakit cuma asam urat hasil pemeriksaan lab. namun pada 2bulan terakhir ini pada lutut, betis, tumisnya melai menimbulkan gatal-gatal (akut), bentuk gatal2 merah2, kecil2 tp banyak, ini mengakibat bengkak mulii lutut sampai ujung jari kaki dan sakit sangat, nyeri bila di sentuk.
Dari jelas sy di atas mohon dari Dokter meberi penjelasan dan sulosi tuk pengobatan.
terima kasih sebelum dan lepasnya.

RAJAWALIPRIMA Advertising + Creativity Workshop said...

dr. Suryo yang baik,

Saya seorang Pria berusia 41 tahun. Tinggi 165cm, dengan berat 82kg. Gol darah A. Saya baru melakukan cek darah kemarin, 12/12/11. Hasil menunjukkan angka Asam Urat 7.50 (Normal 3-7). Sekitar setahun yang lalu saya pernah cek, saya lupa berapa, tetapi angka sedikit lebih tinggi dari batas normal.

Hingga saat ini tidak ada gejala apapun yang saya alami, dan saya tidak mengkonsumsi obat apapun untuk mengatasinya.

Saya mengalami hipertensi dengan nilai tinggi rata-rata 140/100. Minum Farnormin 5mg 1x/hari atas anjuran dokter - sudah berjalan 6 tahun+. Belakangan sudah 130/90, saya konsumsi 1/2 dosis dari anjuran dokter, sudah sekitar 1 tahun+. Saya juga lakukan olahraga kardio, fitnes dan renang secara teratur.

Kolesterol Total saya ada di angka 190 (Normal <200).

Dokter Suryo yang baik, mohon pencerahannya atas kondisi saya ini.

Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan banyak terimakasih. Sukses selalu n GBU...

Anonymous said...

sore Dok :)
Saya adlh seorg mhasiswi yg sdang mnyusun krya tlis ilmiah ttg asam urat..
Yg sya ingin tyakn adlh apa sja mcam2 mtode yg dgunakan dlm pmriksaan as.urat??
Sblumnya anda hnya mnulis metode enzimatik & teknik biasa..
Bisakah anda mnjlaskan kpda sya apa2 sja mcam2 dri metode tsb??
Jawabn dr anda akan sngat membantu sya dok..
Terima kasih..

Anonymous said...

Dok, saya laki2 (usia 20 thn) tinggi badan saya 182cm berat badan saya 125kg.. kadar uric acid dr lab menunjukan 8,94 dari nilai normal 3,4 - 7,0. baru sekitar setengah tahun ini saya merasakan keluhan gejala asam urat yaitu nyeri di telapak kaki dan paha saya setelah beraktifitas cukup berat seperti berolah raga atau bekerja di dapur.. obat yang saya konsumsi akhir2 ini adalah lipanthyl supra160 dan allopurinol 300. kadar trigliserida saya 459 dari kadar normal 0-200; DM<150. HDL saya 32,1 dari kadar normal 40. apakah saya termasuk golongan asam urat akut dok.. lalu diet dan olah raga sperti apa yanga harus saya lakukan agar kondisi tubuh saya kembali normal dok?

Beyond Belief said...

dok, saya mau bertanya..

nama saya bagus, usia 21thun, tnggi 178cm berat 92KG..
asam urat saya 9, saya puasa sebelum cek ke laboratorium..

yg mau saya tanyakan, olahraga yg harus saya lakukan apa saja??
dan makanan yg sebaiknya saya makan apa??
karena byknya pantangan saya binggung harus apa..
perlukah saya berdiet??
diet yg seperti apa??

mohon sekali bantuannya..
terima kasih..

Arief charing sentre said...

pak nanya apa obat untuk penyakit asam urat

Arief charing sentre said...

pak nanya apaobat untuk penyakit assam urat

Anonymous said...

Dr Suryo Wibisono,
Sya penderita diabetes tp skrg asam urat juga sudah tinggi dr cek kemarin hasilnya 16.8,
makanya tiap mlm tidak bisa tidur nyenak dok,
umur saya 49 thn tinggi badan 165cm..
mohon diberikan solusi dan pencerahan..
terima kasih

Anonymous said...

selmat malam dok,,
nama saya afra, saya mau bertanya:
beberapa minggu yang lalu teman saya mengeluhkan sakit asam urat, setelah bebrapa lama rasa nyeri disendi hilang, akan tetapi setelah diperiksa laboratorium menunjukkan kadar asam urat sangat tinggi, dan kadar glukosa juga sangat tinggi.
Informasi apa yang dapat dokter berikan, mengenai segala yang dialami teman saya tersebut?

Obat apa yag anda sarankan melihat aspek interaksi obat-obat / obat-peyakit penderita..
terima kasih

Anonymous said...

Yth. Dr. Suryo Wibowo, MKK, SPOK

Mohon bantuan memberikan penjelasan tentang permasalahan saya. Saya Novian, laki-laki usia 27th, tinggi 175cm dan berat 88kg. Beberapa waktu lalu saya menjalani test medical check up, ternyata asam urat saya dinyatakan tinggi, padahal saya tidak suka makan jeroan dan merasa tidak mengalami gejala-gejala asam urat yang seperti dokter jelasin. Apa mungkin berat badan saya berpengaruh? dan saya akui memang saya jarang minum air putih. Yang saya ingin tanyakan, apa saya bisa menurunkan asam urat saya ke batas normal? kalau bisa apa yang harus saya lakukan dan butuh berapa lama saya bisa menurunkan asam urat saya ke batas normal? Mohon bantuannya...
Terima kasih.

budi prakoso said...

Salam kenal, saya Budi Prakoso, usia 38 tahun 166cm / 46Kg. Saya tertaik dengan penjelasan Dokter. Apakah bisa saya mendapatkan alamat praktek dokter? Dalam email ini jika berkenan saya juga sekaligus ingin berkonsultas.

1. Dua minggu lalu saya sempat ke rumah sakit akibat raya nyeri yang amat kuat di pingang saya, dibarengi dengan diare. Kemudian saya diberi obat yang disuntikan dalam tangan kiri saya. Menurut dokter obat itu untuk memghilangkan rasa nyeri.

2. Minggu berikutnya saya kontrol lagi ke dokter umum. (Karena waktu itu saya tidak tau akan ke spesialis apa). Setelah berkonsultasi, saya diminta untuk periksa radiologi (rontgen) khusus, yakni puasa dengan dengan makan bubur nasi dan kecap saja. Namun sebelum rontgen saya juga diminta untuk cek darah (ureum dan kreatinin). Karena jika hasil tes darah menunjukan sesuatu, maka rontgen harus ditunda dulu (katanya menunggu sampai kadarnya normal dulu). Hasil lab menunjukan ureum saya mencapai 13ml lebih rendah dai rujukan yakni 20-40ml. Sementara kreatinin saya mencapai 0,6, berada dalam posisi normal karena rujukan dalam hasil lab batas normal adalah 0.5 - 1.5. (Sample diambil watu saya tidak puasa)

Pertanyaannya, apa penjelasan dari hasil lab tersebut Dok? Apa dampaknya kalau ureum saya malah cenderung lebih rendah. Karena saya coba mencari tau diberbagai literatur contoh kasus umumnya ureum dengan kadar tinggi. Lalu apa yang harus saya lakukan ?

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya saya juga memang sering menderita sakit pinggang sejak beberapa tahun lalu (kurang minum), namun, jika saya mengkonsumsi air putih dengan cukup, biasanya tidak sakit lagi (tapi kalau saya lupa minum air putih, suka sering sakit lagi Dok), apakah saya menderita penyakit ginjal dok?

Mohon penjelasannya Dok. Terimakasih

salam kenal Budi Prakoso

Note : kalau berkenan bisakah dishare alamat praktek Dokter Surya? . Trims.

Reni Andra said...

dok, sy reni 29 thn pegawai administrasi. tb 153 bb 57. td pagi di kantor sy ad pemeriksaan gula darah dan asam urat dgn cara mengambil darah di ujung jari tanpa puasa dan langsung d baca sm alat. sy kaget, asam urat saya 10,9. gula darah 113. padahal bulan sept tahun kmrn 2011 sy medical chek up dgn mengambil sample darah d vena lengan,dgn puasa 8 jam, asam urat sy hanya 4,3. ko bisa y dok dalam 5 buln ini naik bgt? tiap tahun sy rutin med chek dan tdk punya riwayat asam urat ato gula drah tinggi.perlu dokter ketahui sy masih menyusui bayi 9 bulan. dan menu sy tiap hr, sayuran hijau, bayam/kangkung, tahu/ tempe, daging / ikan. kadang konsumsi susu uht atau kedelai. sy pun tdk mengalami keluhan pegal d sendi. tp kadang suka ad pegal di betis, mungkn krn kelamaan duduk. mohon dok saran nya. apa yg hrs sy lakukan. trma kasih sebelumny.

Anonymous said...

DOk, apakah kadar asam urat tinggi memicu naiknya frekuensi buang air kecil dan rasa nyeri di pinggang? terima kasih

kaka said...

Dok..
Asam urat saya tinggi (8.1) di tes waktu puasa sekalian tes kolesterol, LDL saya tinggi, HDl saya rendah banget(sekitar 41)....terapi apa yang harus saya lakukan
saya : kaka, M, 24th..

Anonymous said...

Dear Dr. Suryo,
Dari penjelasan asam urat dan makanan yang harus dihindari, mohon info makanan apa yang disarankan agar bisa mengurangi tingginya kadar asam dlm tubuh,
atau jenis makanan yg bebas tidak mengandung purin.
Terimakasih,
dwi cahyo

Anonymous said...

mengapa pemeriksaan asam urat sebaiknya 3-4 jam sesudah makan dok? terimakasih

pambukoajiwahyu.blogspot.com said...

Malam Dok .. saya wahyu aji .. saya ingin bertanya .. cara pencegahan untuk penyakit asam urat itu apa ya ?? dan makanan-makanan yang harus dihindari untuk para penderita asam urat .. Trimakasih dok ,, :)

yadi ayah kembar said...

Salam kenal. Saya yadi, saya perawat di puskesmas, ada pasen yang datang, perempuan usia 23 th sedang hamil 28 minggu, diamerasa nyeri pada sendikaki sampai saat jalan nyeri..setelah diperiksa ternyata kadar asam urat 9 mg/dl. Sebetulnya apa penyebab nya dan pengobatan apa yang palingaman, karena kebetulan istri sy serang bidan

annie tragy or annie said...

Dear Dr. Suryo Wibowo,
nama saya ani tapi yang mempunyai keluhan tentang persendian itu ibu saya.
nama ibu saya yani, umurnya 50 thn, tinggi bdan nya : 158.
3 minggu terakir ini dia mengeleuh sakit tumit lalu dia memutuskan untuk pergi ke tukang pjit dan alhasil keadaanya masih seperti biasa. katanya ini penyakitnya namanya urat kejepit, apa benar itu ??bisa anda jelaskan tentang penyakit tersebut???
terimakasih pak

Anonymous said...

Siang Dok,
Saya Julius , umur 39 thn Dok kl. 2 bulan yang lalu jari tangan saya selalu kaku jika bangun tidur dan dada kiri saya suka nyeri serasa seperti habis di pukul dan karena takut jantung saya cek ke dr Jantung setelah diperiksa n treadmill kata drnya saya tidak menderita jantung dan disuruh periksa darah (puasa) ternyata hasilnya asam urat saya 9,5 dan total kolestrol 225 lalau saya diberui obat Lipitor 20 mg (diminum 1/2 tablet) dan Allupurinoll (generik) 10 mg (diminum 2 tablet) semuanya 1x sehari sampai 3 bulan , yang ingin saya tanyakan Dok saat ini kok sendi 2x saya malah suka nyeri yah (baik di jari kaki,tangan , lengan) dan jari tangan saya tetap kaku pas bangun tidur ? apakah asam urat saya tidak turun malah tambah parah yah ? apa benar obat generik yang saya minum khasiatnya kalah dgn yang patent (Zylorix) harganya beda 10 x lipat dok ,saat ini juga saya sdh kontrol makan dan stop makanan purin tinggi berat badan saya pun sdh mulai turun akibat diet makan (tinggi saya 167 cm berat skrg 78 kg dari 82 kg ) bagaimana cara agar asam urat ini tidak tambah parah yah ? terima kasih.

Anonymous said...

Selamat siang dok, saya Arum, wanita, usia 25 dan belum menikah. Sebelum ini saya nggak pernah bermasalah dengan hasil tes kesehatan dan nggak minum obat2an yang rutin. Tapi, 2 hari yang lalu hasil tes darah sewaktu (tanpa puasa) menunjukkan kalau kadar asam urat saya 5,4. Belum melebihi kadar normal juga sih, tapi sejak beberapa hari sebelum tes saya memang sering merasa sakit punggung dan persendian, terutama siku, pergelangan tangan dan kaki, betis, dan dengkul, malah pernah sampai nggak bisa bangun dari tempat tidur.
Pertanyaan saya, apakah itu bisa disebut penyakit asam urat?
Sebagai info, saya penderita darah rendah (tekanan darah normal 100/70) dan berat badan berlebih (165/75). Saat ini saya sedang berusaha menurunkan berat badan dengan diet (hanya makan siang, pagi dan malam minum susu low fat) dan olahraga (fitness 2x seminggu). Apakah itu berpengaruh pada meningkatnya kadar asam urat saya?
Untuk makanan, yang sering saya konsumsi adalah daging sapi (agar tidak terlalu pusing ketika tekanan darah saya rendah), telur, dan seafood. Jika memang saya terkena asam urat dan harus pantang daging sapi dan seafood, lantas makanan apa yang harus saya konsumsi ketika tekanan darah saya rendah dok?
Terima kasih.

Grosir Ikan Beku said...

Informasi yang bermanfaat Dok. Mohon ijin untuk saya masukkan ke blog saya (www.naraherbal.blogspot.com), dimana info ini membantu pemahaman banyak orang mengenai asam urat yang menjadi target terapi produk anti asam urat kami (Serbuk Celup Daun Kepel Plus Pegagan)

Terima kasih.

Nara Herbal Indonesia
-Serbuk Celup Daun Kepel dan Daun Sirsak

hennysusanty said...

slmt mlm dok,nama saya Henny (22 thn, karywan swasta). Sebenarnya yang terkena penyakit asam urat adalah ayah saya (53 thn). Ayah saya terkena asam urat sdah dlm jangka waktu yg sangat lama (10 thn lebih),sehingga saat ini sdh trbentuk kristal/tofus pd bbrapa sendi jari kaki dan tangan.Ayah saya sdh melakukan pengobatan berkali-kali baik ke dokter,pengobatan tradisional, dan hampir semua jenis obat dan pengobatan dilakukan. tapi sampai saat ini, terkadang beliau sering mengeluh karena sakit. saya mohon dok, saran dr dokter, dan bagaimana cara menyembuhkan ayah saya yang sdh smpai pd tahap ini.terima kasih

aconghebat said...

saya mau tanya apakah kacang panjang,rebung,kluwek, masih bisa dimakan oleh penderita asam urat?makanan golongan c jenisnya apasaja?

Anonymous said...

Dok saya mau tanya...

saya laki-laki berusia 30 tahun dengan berat saat ini 92 kg, tinggi 168 kg (termasuk obesitas, tapi ini sudah berkurang dari 102 kg).

Sabtu tanggal 14 Juli kemarin saya melakukan test pengukuran asam urat di PRJ dengan menggunakan alat test elektronik yang sedang dijajakan. dan saya kaget sekali mengetahui bahwa kadar asam urat saya 9,1

Saya tidak memiliki keluhan mengenai nyeri-nyeri di persendian. dan sebulan belakangan saya sedang program diet dengan rutin berolahraga di gym dan berat badan saya sudah turun sekitar 9kg.

pertanyaan nya dok:
1. Apakah alat ukur asam urat tersebut valid
2. Apakah asam urat harus disertai nyeri-nyeri di bagian tangan dan kaki
3. Apakah ada pengaruhnya piola diet dan fitness yang saya jalani dengan tingginya kadar asam urat saya

terima kasih sebelumnya tas jawabanya dok.

arie....

Wendy said...

Dear Doktet Suryo,

Perkenalkan, saya Wendy, jenis kelamin Laki2, usia 26 Tahun, 191cm, 96kg.
Kalau bisa sertakan data-data:

Sekitar awal Januari-Februari 2012, saya berinisiatif melakukan medical check up komplit (dengan puasa makan 10 jam sebelumnya) dan dari hasil tersebut saya mendapati asam urat saya di tingkat 10,3 lalu mendapat masukan dari dokter di lab tersebut untuk diet golongan makanan yang seperti ada di artikel Dokter di atas dan juga minum air putih yang banyak.

Namun, 2 bulan kemudian setelah saya melakukan saran dokter lab di atas, saya memeriksakan kembali (Puasa 10 jam juga) dan hasilnya makin tinggi, yaitu 10,8 dan dari sana saya mulai mengkonsumsi Allupurinol 100mg, dimana di saat yang bersamaan saya mencoba produk K*-water yang menurut ahli produk tersebut, dapat menurunkan kadar asam urat juga.

Saya kemudian memeriksakan kembali 2 minggu kemudian dan mendapati asam urat saya naik kembali menjadi 11,1 (Juga puasa 10 jam). Dari sini saya sudah pasrah dan hanya mengikuti pola hidup sedikit mengurangi makanan yang mengandung purin, banyak minum air.

Namun, 2 minggu lalu saya melihat adanya pemeriksaan asam urat di apotik dan saya iseng-iseng kembali mengecek, dengan alat digital (mungkin Dokter lebih paham) dan hasilnya 12,0 (OMG) dan tentunya karena dadakan saya tidak puasa sama sekali. Dan setelah itu saya mengkonsumsi kembali Allupurinol 300MG


Yang saya ingin tanyakan:
1. Dengan kadar asam urat setinggi ini, saya belum pernah mengalami nyeri di persendian (Puji Tuhan tentunya), apakah bengkak yang biasa terjadi, karena faktor lamanya waktu menderita asam urat yang tinggi atau faktor tingginya asam urat yang ada di tubuh saya?
2. Test dengan alat digital di apotik tersebut apakah menurut Dokter cukup absah hasilnya? (karena promosi dari apoteker disana 99% absah) :D
3. Apakah ada efek samping dari obat Allupurinol yang saya konsumsi apabila saya teruskan dalam jangka waktu panjang? karena saya memang ingin menurunkan kadar asam urat, dan tentu saja lebih cepat lebih baik. Karena sudah banyak korban di sekitar saya dan mereka sudah share ke saya mengenai pengalaman mereka (tentunya menakutkan)
4. Harga Allupurinol Generik vs Paten adalah 1 banding 10, dan selama ini saya mengkomsumsi yang paten (1 butir bisa membeli 1 strip yang Generik..hehehe), yang saya ingin tanyakan bisakah saya switch ke Generik (untuk point 4 ini, jawaban saya tidak keberatan apabila dikirim ke wendy.djohan@gmail.com)
5. Jadi sebelum check up, tidak perlu puasa sama sekali ya Dok?

Terima kasih dan mohon masukan dari Dokter.

Salam,
Wendy

Obat Asam Urat said...

Buku ini pantas kita miliki untuk menjaga kesehatan tubuh kita...

Anonymous said...

Dear Dr. Suryo.
Perkenalkan nama saya eko,
umur 28, berat 68, tinggi 167.
2 minggu lalu sendi jempol saya bengkak. setelah priksa lab ternyata asam urat saya 8.6 dan kolesterol 270. setelah diet 9 hari, konsumsi nutrive benecole 2 kali sehari dan banyak minum air putih + belimbing + bawang putih, akhirnya asam urat saya turun 6.8 dan kolesterol 207.
menurut dokter, apakah serangan kedua (pembengkakan pada kaki) dapat terjadi pada saat kadar asam urat saya sudah normal?
trimakasih dok.

Anonymous said...

nama : shohibul adhkar
tinggi : 183
berat : 73 an
asam urat : 8,2 mg dari hasil chek skitar 2 bulan yg lalu.
umur : 23

dari gejala yg tertulis disini kok banyak yg kurang cocok sama gy saya rasa. disini saya sering merasakan seperi kebas atau keram yg berlebihan ketika kaki itu diluruskan entah dalam keadaan berdiri, jalan juga lari dll.

keluhan yg paling terasa ketika jalan dan kaki dibikin lurus, dalam 4 menit jalan santai dari sandi lutut ke bawah terasa hangat dan berujung mati rasa di jari jari kaki. dan klimaksnya di menit ke 5 keatas rasanya dari dengkul ke bawah terasa mati rasa.

biasanya waktu itu saya langsung duduk atau streaching dengan cium lutut atau jongkok. sehingga terasa darah mengalir kembali baru kembali berjalan dan normal lagi, namun itu sampai menit menit berikutnya berulang kembali gejalanya.

dan gejala makin cepat dirasa bahkan ke menit menit awal berjalan ketika jalan itu sambil membawa beban. dan ketika itu rasa pegal dan berat sekali melangkah. dan pinggang pun jadi seperti linu.

untuk radang dan nyeri yg di tahapan satu saya blum ngerasa atau mungkin saya gak tau.

untuk konsumsi sampai sekarang masih dalam tahap normal. gak terlalu berlebihan.

dan untuk obat belum satupun yg saya konsumsi.

mohon infonya untuk gejala yg saya rasa tadi apakah itu termasuk gout yg dimaksud.

putri said...

dokter,, saya mau bertanya?
ibu saya bulan puas kemarin asam uratnya kambuh
tapi anehnya kenapa bisa bengkak ampe keseluruh tubuh
sebenarnya itu faktor dari penyakit asam uratnya atau ada faktor lain? terima kasih dok

Anonymous said...

Dok,apakah gejala asam urat bisa dirasakan di lutut??? Ibu saya bengkak sdkit di lutut kiri,agak hangat.suatu hari dia jalan agak menahan sakit di lutut kri,mungkin krn dia paksa jalan,lalu meklepet shg dia harus digendong ke RS trdekat.saat dirontgen,dikatakan normal tp di bawah lutut tp diluat tulangnya(terpisah dr tulang) ada bntukan putih bulat ukuran 0.1cm 3 buah.dktr blg asam urat,saat itu as uratnya 8.skrg as uratnya 5 sdh bs berjalan tp naik tangga 5 anak tangga saja sdh tdk sanggup krn msh ngilu.bgmn mnrut dktr?trmksh banyak

Anonymous said...

Salam Kenal Dr. Suryo wibowo...
Salya sudah 2x ini merasakan nyeri sendiyang luar biasa pada ibu jari kaki kanan saya. yang pertama sekitar 2 tahun yang lalu 2010 november. dan saya sempat periksa kedokter dan katanya asam urat. tablet dan obat pengurang rasa nyeri pun diberikan. setelah kurang lebih 1 minggu sakit dan nyeri itu hilang ,samapi sekarang saya merakan nyeri yng sama ditempat yang sama pula. Umur saya 29 thn. saya sudah tidak makan daging selama hampir 2 thn atau lebih populernya saya vegetarian. Nah yang terakhir saya memutuskan lagsung keapotik untuk membeli puricemia 300mg. dan sudah saya minum dari kemarin. yng ingin saya tanyakan berapa lama saya harus mengkonsumsi obat tersebut dan apakah saya kemudian ada kemgkinan untuk kambuh lagi setelah mengalami penyembuhan..

Thanks Dok
Salam


Wisne Subagia-Lombok.

bunda azka said...

Makasih atas info tentang asam uratnya dok...


sangat informatif :)

Anonymous said...

saya Mardi usia 34thn 80kg 178cm kadar asamurat 9.7.
bagaimana pendapat dokter tentang glukosamin chondroitin MSM apakah bisa sya konsumsi sebagai suplemen memelihara kesehatan sendi?

Anonymous said...

dok
nama saya sulthon,saya mahasiswa kedokteran UNAIR, walaupun saya mahasiswa FK, saya tidak bisa berbuat apa2 pada ayah saya yang menderita asam urat. ayah saya usia 52 tahun, punya sakit asam urat sejak kurang lebih 5 tahun yang lalu, tes lab terakhir kadar asam urat nya sekitar 11 mg/dl, selama beberapa tahun ini selalu mengalami serangan akut yang semakin lama jarak waktu kambuhnya makin sering, yang mana mula2 setahun 2 kali, sekarang sebulan sekali. padahal selama ini, ayah saya sudah menjalani diet sangat ketat makanan yang mengandung purin.lalu yang saya tanyakan adalah
1. Apakah diet purin benar benar tidak berguna untuk menurunkan kadar purin?
2. Apakah olahraga yang terforsir yang menghasilkan asam laktat justru mengurangi pengeluaran asam urat?
3. Apakah yang harus dilakukan untuk menyembuhkan atau paling tidak agar tidak komplikasi ke ginjal maupun jantung,
trims dok

baginda said...

Nama saya Robert usia 48 thn tinggi 163 cm berat 68 kg, sy cek asam urat di lab A tgl 8 sept 12 hasilnya 9,1 lalu sy minum zyloric 600mg selama 2 minggu lalu saya cek lg di lab yg lain (lab B) hasilnya 3.2 ,dan sy berhenti minum obat tetapi kemarin tgl 4 sy merasa linu2 dan bengkak , lalu hari senin tgl 8 sy cek lg di lab A hasilnya 8,4.Mengapa hasilnya tiba2 bisa cepat naik? sy sdh diet menjaga makanan ,hasil cek cholesterol,bun kreatin dll normal. Sebaiknya klu minum obat zyloric berapa lama?Apakah klu cek UA harus puasa atau tidak? tks

farid said...

ass wr wb, mau nanya dok apa bekam mempengaruhi tensi ya soalya 3 minggu lalu dan sebelumnya tensi saya 120/80 alias normal kemudian setelahnya sy tensi ulang sampai skrng 160/90 dan dokterpun mevonis hipertensi dan d sarankan minum obat seumur hidup...menurut dokter apa ini aneh atau tidak..

farid said...

perkenalkan nama saya farid wajdi umur 32 tahun 7 bulan tinggi 170 berat 75 kg. riwayat penyakit tahun 2011 bulan 0kt di opname di rmh sakit hasil dokter tensi 120/80 normal, GERD dengan gejala sesak nafas/nafas terasa berat, kreatinin 1,2 agak tinggi, fatty liver,kolesterol dan trigliserida tinggi lupa nilainya,awal 2012 leher/tungkak saya tegang dan ngilu/sakit pada saat naik buss mungkin salah urat tpi masalahnya sampai hari ini ngilu itu belum hilang. dan pada tgl 25 okt saya melakukan terapi kesehatan yaitu dgn BEKAM sebelumnya ditensi 120/80 kemudian keesokan harinya sy melakukan tensi wah jadi 160/90 jadi naik dok dan saya lakukan berulang sampai 2 minggu rangenya nilai tensi tsb Dinamis kadang 135/90,140/90,160/100 dan dokter jga perlu ketahui bahwa selama ini sst saya tidur badan terasa kebas kayak mengalami strok (walaupun belum pernah) tangan kram kemudian tengah malam tiba2 terbangun karena gelisah....tlng jawabannya dok dari riwayat penyakit saya. apakah itu sdh hipertensi atau hanya sekunder saja pengaruh tingginya kreatinin 1,5 dan asam urat 9 pemeriksaan terbaru 10 okt 2012..terimakasih dok.

Unknown said...

Dok, saya pria usia 33 tahun.
kemarin baru mendapat hasil lab ternyata asam urat saya tingi 10.2 mg/dl

walaupun saya tidak pernah meraskan sakit sendi. yang ada adalah nyeri dan agak bengkak di trisep tangan kiri.

apakah nyeri di trisep tsb bisa dikarenakan tingginya asam urat ini?
dan obat apa yang harus saya konsumsi untuk menormalkan asam urat saya.
Kebetulan saya juga suka makan sayuran, sayuran apa yang harus saya diet atas penyakit ini.

terima kasih atas jawabannya Dr. Suryo

Anonymous said...

Dr. suryo ysh, salam kenal sebelumnya...
Nama saya aji. saya penderita asam urat mulai dari saya kecil, sampai sekarang saya sudah berumur 21 thn. saya sudah sangat sering mengalami pembengkakan pada sendi-sendi. dan semua pengobatan, mulai tradisional sampai dokter sudah saya lakukan. yang saya ingin tanyakan, apakah benar asam urat itu tidak boleh dipijat? dan yang kedua, saya juga mengkonsumsi obat penurun asam urat, apakah efek dari obat tersebut jika dikonsumsi terus-menerus? karena jika tidak mengkonsumsi obat tersebut bengkak- bengkak pada sendi saya kambuh lagi dok?

terima kasih

Unknown said...

Dok, saya mau tanya, apakah ada intensitas kaku sendi? yang dapat tergolongkan kaku sendi ringan, sedang, berat ? jika ada, apa saja ya dok? terimakasih.

Unknown said...

assalamualikum.. dokter, saya mau tanya. apakah ada intensitas kaku sendi ya dok ? untuk penggolongan kaku sendi ringan, sedang, berat ? jika ada apa dokter ? terimakasih.

Nugroho.SA said...

Dear Dr. Suryo
Saya pria umu 41 thn. tinggi/berat 173/78, pengidap hipertensi (140/90). dari hasil uji tes darah puasa didapat hasil sebb berikut:
kolesterol 169, trigliserid 89, LDL 106, HDL 43, urea nitrogen 14.3, creatinin 1.39, asam urat 9.6
sebagai info tambahan saya skrg minum obat penurun darah tinggi (amlodipine) dan asam urat (allupurinol). INFO LAINNYA : Hemoglobin 16.5 16.5, Hematokrit 47%.
pertanyaan saya : apakah ada kemungkinan ada masalah pada ginjal saya akibat hipertensi dan asam urat saya?

makasih atas jawabannya
hormat saya: Nugroho

Nugroho.SA said...

Dear Dr. Suryo
saya nugroho, 41th, 173/77.
tekanan darah : 140/90
dari tes darah saya setelah puasa 8 jam sebagai berikut:
hemoglobin 16.5%
Hematokrit 47*
- lemak total 169
- triglisewrida 89
- HDL 43
- LDL 106
- bun/urea nitrogen 14.3
- creatinin 1.39
- asam urat 9.6
Dokter menyurun saya minum secara rutin obat hipertensi dan uasam urat. saya ada riwayat (keturunan) datah tinggi dan asam urat. sekarang saya rutin minum obat penurun tensi (amlodipline) dan penurun asam urat (allupurinol).
pertanyaan saya: apakah ada penurunan fungsi ginjal saya akibat penyakit yang saya derita. apakah darah saya terlalu kental?

linternagallery said...

tetty..
maaf dok,bole sy bertanya??
kaki ibu sy saat ini sdg bengkak di bagian lutut dan di atas tlpk jari" nya..
sblmnya kami sdh mengetahui bahwa ibu kami terkena asam urat.
bagaimana y dok cara mengobatinya?
karena ibu sy tidak pernah mau klo di ajak ke dokter,dan hanya mengkonsumsi obat"an dari CHINA..
mohon bantuannya y dok..
trm kasih..

linternagallery said...

tetty..
siang dok..sy boleh bertanya??
saat ini kaki ibu sy sdg mengalami pembengkakan pada bagian lutut dan juga di atas tlp kaki dkt jari jg di bagian bawah telapak kaki nya..
sblm nya kami memang sudah mengetahui bahwa ibu kami sudah menderita asam urat,tetapi ibu kami selalu menolak untuk berobat ke dokter,dan hanya mengkonsumsi obat" china saja dok..
mohon bantuannya dok,bagaimana cara mengobatinya??
trm kasih dok..

Anonymous said...

siang dok..
saya mau tanya,...anak saya laki2 umur 1 tahun 2 bulan berat badan 8.5 kg,...menderita CP..dan kalau kencing keluar endapan dan kristal,..menurut dokter harus di sunat,setelah di sunat kalau kencing masih keluar endapan,setelah di cek urine hasilnya sbb:

leuksoit 2-4
eritrosit 0-1
silender negatif
sel epitel gepeng (1+)
kristal (-)Negatif
bakteria (-)Negatif
berat jenis 1.010
pH 5.5
protein (-)Negatif
Glukosa (-)Negatif
Keton (-)Negatif
Darah Samar/HB (-)Negatif
Bilirubin (-)Negatif
Urobilinogen 0.2
Nitrit (-)
Leukosit Esterase (-)Negatif

Dan Hadil test darah

Asam Urat 8.5 mg/dl

gimana dok?...makan dan minumnya juga susah,sekarang minum Susu Formula,..sudah 4 bulan tidak minum ASI,Penyebabnya apa Dok

Anonymous said...

salam hormat
bapak saya sdah 4th,skarng berumur 60th sdh susah bwt berjalan terkena neuralgia post herpes apakah ada hubungannya dengan asam urat?
apakah ada obat/ramuan yang ampuh untuk mengobati?
atas jawabanya terima kasih
dweeka di jogjakarta

Ferry said...
This comment has been removed by the author.
Ferry said...

Sy berusia 22 th (Pria). Tiba" saja lutut sy terasa nyeri sekali padahal sy merasa tidak terbentur dengan benda keras atau keseleo. Banyak yang bilang kalau ini asam urat. Karena memang, sebelumnya sy pernah terkena asam urat tetapi dibagian ibu jari kaki, bukan di lutut. Apakah lutut bisa terserang juga Dok? Terima kasih banyak..

Anonymous said...

Halo Dok, nama saya vian umur saya 31thn jenis kelamin laki2. saya mengalami nyeri sendi di kaki semenjak 2 minggu yll lalu saya berobat ke dr SPD dsuruh tes lab dan hslnya asam urat saya 8,3. saya dikasih alopurinoll untuk sebulan diminum 1x sehari tapi sudah seminggu sktnya msh, kdg ilang lalu tiba2 dtg lg dengan nyeri yg luar biasa sampe2 saya ga bisa jln. Bisa ga ya kalau saya minta disuntik gitu karena sktnya sangat menyiksa sekali. padahal saya sdh mnjaga makanan saya. Apa asam urat memang lama sembuhnya?
Makasih

Anonymous said...

Halo Dok, nama saya vian umur saya 31thn jenis kelamin laki2. saya mengalami nyeri sendi di kaki semenjak 2 minggu yll lalu saya berobat ke dr SPD dsuruh tes lab dan hslnya asam urat saya 8,3. saya dikasih alopurinoll untuk sebulan diminum 1x sehari tapi sudah seminggu sktnya msh, kdg ilang lalu tiba2 dtg lg dengan nyeri yg luar biasa sampe2 saya ga bisa jln. Bisa ga ya kalau saya minta disuntik gitu karena sktnya sangat menyiksa sekali. padahal saya sdh mnjaga makanan saya. Apa asam urat memang lama sembuhnya?
Makasih

Anonymous said...

dok.saya pria barusia 30thn saya penderita asam urat,diatas dakter menulis sayuran dan buahan 2 diantara makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat yang mau saya tanyakan :buah apa sajakah dan sayuran apa sajakah selain yang diatas yang dilarang bagi penderita asam urat?sebelumnya terima kasih atas jawabannya.

yudi_tris@yahoo.com said...

DATA HASIL LAB :
~ HEMATOLOGI LENGKAP YANG TINGGI
1. LAJU DARAH ENDAP 13
2. NEOTROLI SEGMEN 72
~ LEMAK
1. TOAL KOLESTROL 219
2. LDL KOLESTROL DIREK 136
~ FUNGSI GINJAL
1. ASAM URAT 6.5
berat badan 75 kg
tinggi 165 cm

bagaimana pola makan saya setiap harinya.
terim kasih

Anonymous said...

YTH TS, dr Suryo Wibowo MKK, Sp OK
Selamat pagi dok,saya dr Ricky,25 thn, TB 175cm BB 71kg memiliki asimtomatik hiperuricemia dgn kadar asam urat 8,5,padahal saya sangat jarang memakan makanan golongan A, kebiasaan: tidak merokok, tidak peminum alkohol, sering minum air.TD saya 100/60 biasanya, ayah memang pengidap asam urat dan sudah bergejala.
Dari pandangan dr sendiri,apakah saya perlu menurunkan kadar as urat dengan probenecid atau allopurinol? Apakah jamu2-an seperti batugin dll memang ada evidence based nya untuk menurunkan asam urat?
Dan jika saya memiliki pasien dengan serangan akut,menurut teori,kita memang tidak boleh memberi obat pirai dahulu ya dok,cukup dengan NSAID (dengan kolkisin sebagai DOC. Terima kasih banyak dok atas advisnya,

salam TS

dr Ricky

Kikih said...

Dr. Suryo Wibowo ysh,
terima kasih sebelumnya ., Saya ingin menayakan tentang cara pengobatan asam urat kronis yg di derita ayah saya

Info ayah saya
Usia : 70
Tinggi Badan : 160cm
Berat Badan : 76
Kadar Asam urat : 12.3
Sudah banyak tofus di beberapa sendi

Yang saya ingin tanya dok, caranya bagaimana untuk menghilangkan tofus yg sudah banyak dan sangat menyakitkan yg di derita ayah .
Sebagai informasi ,ayah saya sudah di by pass jantung 12 th lalu.dan sampai saat ini masih men komsumsi obat obat jantung.

Sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terima kasih


Salam
Kikih

Anonymous said...

Dok saya mau tanya,suami saya asam urat nya,12 tsakit nya di sendi lutut dan di bahu sblahkanan,itu radang sendi apa ya

Anonymous said...

Salam dok

Umur saya 27 tahun tinggi 176 berat 50 kg. Minggu kemarin kaki saya bengkak di telapak kaki, hari pertama hanya bengkak kecil kemudian dua hari berikutnya sudah tambah membesar tetapi kemudian kempes sendiri.atas saran istri, saya coba cek lab dengn puasa hasilnya Ureumnya 17, creatinin 0,83 dan asam urat 3.5. apakah saya terkena asam urat? apakah bila sudah kempes bengkaknya tingkat asam urat juga menurun?

Terima kasih atas pencerahannya dok
Ardi

Anonymous said...

dokter saya mau tanya ..
cara pemeriksaan asam urat itu ada tiga salah satunya pemeriksaa laboratorium, yang duanya apa ya dok.
terimakasih ..

Anonymous said...

dr. Suryo,

Saya Aditya, pria, umur 34 th, berat 63 kg, tinggi 160 cm, tekanan darah 120/80. Hasil cek darah 5 bulan yg lalu hampir semua indikator normal, yg tinggi hanya kadar asam urat sekitar 8,8. Yang menjadi pertanyaan:

1. Apakah normal kalau saya tidak pernah merasa nyeri sendi walaupun kadar asam urat saya tinggi?

2. Apakah saya harus minum obat untuk menurunkan kadar asam urat tersebut? Atau cukup dengan menjaga pola makan? Atau bagaimana cara lain untuk menurunkan kada asam urat tsb?


Mohon saran dari dr. Suryo, terima kasih.

Anonymous said...

What's up, of course this article is in fact good and I have learned lot of things from it about blogging. thanks.
Feel free to surf my site ; planetside 2 cheats

Anonymous said...

What's up, of course this article is in fact good and I have learned lot of things from it about blogging. thanks.
My web site - planetside 2 cheats

Anonymous said...

There arе many available Sensuаl Massage in theiг own сoncluѕions, due to thеir unconconѕcious and dеfіnаtely unreciprocatеd fantasieѕ.


My homepage :: tantra london

Anonymous said...

Τhеre are manу аvaіlablе Sensual Massage
іn thеіr oωn cοnclusions, due tο
theіr uncοnconsсiοuѕ
anԁ definаtеlу unrеciрrocatеԁ fantаsies.


my web-site ... tantra london
Also see my site: erotic massage London

Anonymous said...

Dear dr. Suryo,
Saya Rene, Perempuan, 32tahun, 165cm/57kg.

sekitar 3-4mgg yg lalu saya mengalami pusing yang ON-OFF sekitar seminggu.
Pusingnya bukan vertigo, lebih seperti duduk di kapal bergoyang. Rasa ini saya alami beberapa detik saja tiap kali, namun berkelanjutan beberapa hari sehingga mbuat saya kuatir.
Lalu saya ke dokter, hanya diberikan obat pusing dgn kecurigaan saya hamil.
Tes kehamilan (2x saya lakukan) negatif.
setelah minum obat pusing sehari, saya berhenti minum karena obatnya mbuat saya ngantuk sekali padahal saya harus bekerja.

beberapa hari kemudian, di pagi hari..saya mengalami kesemutan di sekujur lengan kiri selama kurang lebih 1menit.
hari itu saya periksa ke klinik terdekat dengan mesin digital,
asam urat 11, kolesterol 180an

saya belum pernah cek asam urat sebelumnya, tapi kolesterol total saya sejak 4-5tahun yll memang di angka 200.

Lalu oleh dokter klinik saya diberi allopurinol 2x100mg per hari (u/3 minggu),
ascardia 1x80mg per hari (u/seminggu)

dua hari setelah minum obat2an di atas, saya ke prodia (puasa 12 jam, tetap minum air putih) dan hasil tes darah saya:
asam urat: 1.6
agregasi trombosit: hypoaggregation

PErtanyaan saya:
1. Apakah minum allopurinol 2 hari bisa menurunkan asam urat sedemikian cepat?
Jika demikian, knp saya harus minum 3 minggu?

2. Apakah benar diagnosa bhw saya menderita asam urat? mengingat kadarnya turun drastis hanya dalam 2 hari.
Saya sempat hentikan allopurinol satu hari, namun ketika merasa sedikit pusing, akhirnya saya gunakan total seminggu.

2. Sesuai saran teman2, saya menghentikan ascardia begitu melihat hasil kekentalan darah saya.
Tapi dokter klinik sempat singgung, saya pusing karena darah saya kental.

3. Apakah ada pemeriksaan lain yang sebaiknya saya lakukan?
Beberapa rekan menganjurkan MRI bagian kepala, ada yang yang menganjurkan Chiropractic.
Apakah menurut dokter perlu?

Fyi, sekarang ini saya tidak merasakan pusing yang spt bergoyang lagi, juga tidak pernah mengalami kesemutan spt yg saya sebutkan di atas. Tapi sering merasa pegal-pegal di sekitar leher-pundak saja, yang menurut teman lain, merupakan tanda asam urat saya tinggi..

Thanks buat respon dokter.

Anonymous said...

DOk... Perkenalkan nama Saya Ronal, usia 34 Tahun. Tingg 170 berat 100kg, saya kelebihan berart badan. 3 minggu terakhir ini saya mengalami keadaan kurang nyaman dengan Kaki saya, dan kalau lama berdiri atau duduk pasti nyeri dan juga timbul merah2 di kaki saya. Dan menurut saya itu Asam urat. Setelah menggunakan pengecekan menggunakan alat test, Gula saya Normal, Kolesterol 230 dan Asam Urat 13,5. Saya harus bagaimana dok agar kaki saya Normal lagi dan Asam urat saya terobati. Saya juga mendengar, kalau kaki dalam tidak boleh dalam kondisi dingin karena membuat Kristal2 asam urat semakin membuat nyeri. Nah selama pengobatan, saya juga tidak disarankan melakukan olah raga karena bisa menimbulkan gout lagi. Terima kasih dok atas pencerahannya.

Unknown said...

dok, saya perempuan, 29 th, berat badan 67 kg dan tinggi 161cm, saya sama sekali tidak pernah mengkonsumsi makanan laut atau jeroan, tapi saya hobi sekali makan tempe, telur dan sayur2an..akhir2 ini badan saya terasa lebah nyeri dan gampang lelah setelah bekerja (saya seorang staff PNS yang lebih banyak bekerja dibelakang komputer), selain itu saya memiliki riwayat infeksi saluran kencing..setelah saya cek ternyata kadar asam urat saya 9,9. Pertanyaan saya, apakah saya juga harus pantang mengkonsumsi tempe dok? apakah daun salam bisa menurunkan kadar asam urat? terima kasih atas info dan sarannya..Tuhan memberkati.

Unknown said...

Malem dok...
Nama saya achmad,umur 20 tahun,tinggi 166, berat badan 52 kg
Asam urat 10.7, bagaimana caranya supaya normal?
Minta sarannya dok
Terimaa kasih

Anonymous said...

These refinancing options have introduced way for resources for people coming from all walks of life [url=http://www.dyjku.co.uk/]http://www.fasttemporarycarinsurance.co.uk/[/url] short term car insurance uk Moreover, you may improve your credited amount per your needs, however to do so, it's important to repay financial loan in time http://www.dyjku.co.uk/

Anonymous said...

Hmm it looks like your blog ate my first comment
(it was extremely long) so I guess I'll just sum it up what I had written and say, I'm thoroughly
enjoying your blog. I as well am an aspiring blog blogger but I'm still new to everything. Do you have any recommendations for beginner blog writers? I'd definitely appreciate it.


My blog post - Authentic Sidney Crosby Jersey

Anonymous said...

malam dok saya zenny,saya mau nanya.susu kedelai itukan bahan bakunya dari kacang kedelai,boleh gak sih penderita asam urat mengkonsumsi susu kedelai?apakah masih tinggi kandungan purin dalam susu kedelai?Terima kasih dokter.

Setya said...

Dr. Suryo Yth,

Saya pria berumur 40th, tb 175cm, bb 82Kg.

Hasil lab saya 4 bln yl adalah sbb:
Asam urat : 6.7
Gula darah tdk puasa : 117
Kolesterol total : 216
Trigliserida : 245
HDL : 37
LDL : 140

Bbrp hari yl saya tes lagi dan hasilnya adalah sbb:

Asam urat : 7.9
Gula darah tdk puasa : 83
Kolesterol total : 209
Trigliserida : 219
HDL : 35
LDL : 148

Saya berolahraga renang 1-2 minggu sekali selama kurang lebih 1,5 jam non-stop. Suka makan buah2an dan sayur. Tidak pantang makanan tapi juga tidak berlebihan. Tiap pagi saya sarapan kopi + Quaker Oats + Corn Flakes u/ mengurangi kolesterolnya.

Mohon saran dr dokter u/ diet-nya.

Terima Kasih Sebelumnya.

Setya

Unknown said...

SALAM KENAL DOK SAYA MAU TANYA APAKAH BETUL AIR KELAPA MUDA MENYEBABKAN ASAM URAT TERIMA KASIH

Anonymous said...

Dear Pak Dokter,

Perkenalkan, saya Tri, usia 40, 162 cm , 62 kg. Hasil pemeriksaan kadar asam urat saya adalah 11.6, dan kaki nyeri sekali dan susah sekali dipakai jalan atau sekedar berdiri.

Saya oleh dokter diberi obat asam urat (dan obat maag) seperti yang dokter sebutkan di artikel, namun setelah mengkonsumsi 1 hari, perut langsung kram melilit2 sakit sekali mulai jam 8 malam sampai jam 8 pagi. Apakah itu karena efek samping dari obat tersebut atau bagaimana, dok.

Terima kasih atas penjelasanya.

Unknown said...

Dok, saya pria umur 25tahun . TB 175cm BB 78kg.
Setahun saya merasakan nyeri di dada sebelah kiri, setelah cek ke dokter spesialis penyakit dalam. didiagnosa jantung. Dan 3bulan lalu merasakan nyeri dipinggang + perut setelah dicek kembali ke dokter ternyata ada 3batu diginjal disebelah kiri
( Kmrn sempat keluar 1batu saat buang air kecil ). Jujur sampai kaget si dokter umur 25 udah nimbun banyak penyakit. Hehe
Kemarin juga sempat kambuh lagi nyeri disendi yg kadang nyeri di lutut dan ditangan dari jari tangan , siku sampai pundak walau cuma dioles minyak angin bisa sembuh semalam ( cuma nyeri tanpa pembengkakan ) . Ini nyeri sendi yg saya rasakan sudah 2tahun yg lalu walau kadang kambuh nya mempunyai jarak yg agak lama bisa berbulan2 tp nyeri bisa sembuh hanya semalam.
Seperti yg diuraikan dokter diatas nyeri biasa datang saat tengah malam dan sembuh bisa sehari, oiya pola makan saya juga buruk, paling suka mengkonsumsi jeroan, telur + alkohol.

Yg mau saya tanyakan ,

*apakah mungkin nyeri sendi yg sudah saya derita selama 2tahun tanpa periksa ke dokter dan dgn pola hidup yg saya jalani menimbulkan efek batu ginjal yg saya derita 3bulan yg lalu ?
*Apakah perlu cek darah di laborat ?
*Apa saja yg perlu dicek dilaborat ?
*Apakah nyeri tsb adalah asam urat ?

Menurut hemat saya, pola makan jeroan telur + alkohol memicu asam urat 2tahun yg lalu dan terjadi pengendapan yg menghasilkan batu didalam ginjal.

qtink said...

dear dokter, saya mau tanya betis kaki kiri saya sakit dari th 2007 s.d skrg apakh itu asam urat atau rematik bila sakitnya ada dibetis kaki. mohon penjelasannya
thanks

Anonymous said...

selamat pagi dokter... saya Eva... mohon maaf mengganggu sebelumnya, ada yang ingin saya tanyakan,
Kurang lebih 2 bulan terakhir, Ibu saya (Ny. Nur), dengan usia 45 tahun, tinggi : 150 cm, bb: 50 kg, didiagnosis menderita penyakit asam urat... sudah berobat ke dua dokter yang berbeda dengan resep yang berbeda namun tidak diminta untuk tes lab sehingga kadar purin nya belum diketahui. Untuk beberapa waktu, bengkak menghilang namun terasa nyeri.
Selama hampir seminggu terakhir, ibu saya mengeluhkan adanya pembengkakan di tumit kaki kanan yang menyebabkan beliau merasa sakit untuk berjalan.Tiga hari terakhir ini, ibu saya mengkonsumsi obat dengan rincian:
- voltadex 50 , diclofenac sodium 50 mg
-allopurinol, 100 mg
-dexamethasone 0,5
dengan dosis 3x sehari, namun, berhubung puasa, ibu saya hanya meminum 2x sehari.
yang ingin saya tanyakan:
1) tidak ada perubahan pada keluhan ibu saya setelah mengkonsumsi obat tersebut, namun, karena ketidaktahuan tentang diet purin, pada 3 hari terakhir itu pula ibu saya memngkonsumsi kangkung, ayam, tahu, tempe, serta ikan. apakah hal itu berpengaruh dokter?
2) 1 bulan terakhir, ibu saya mengalami kesulitan tidur yang kemudian mengakibatkan hipertensi. apakah penyebabnya ibu saya mengalami kesulitan tidur? adakah rekomendasi merk obat dari dokter agar ibu saya dapat tidur? apakah ada relasinya dengan penyakit asam urat yang beliau derita?
3) makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi untuk menurunkan kadar purin, mengingat bahwa ibu saya sering mengkonsumsi teh hitam secara berlebih? apakah kentang dan pisang dapat membantu menurunkan kadar purin?
4) apakah obat yang dikonsumsi ibu saya saat ini telah tepat untuk menyembuhkan sakit asam urat yang beliau derita? bila tidak tepat, apakah ada obat lain yang lebih manjur? mohon petunjuk dokter..

demikian pertanyaan saya..mohon penjelasannya dokter :)
mohon maaf bila ada salah kata, terimakasih...
semoga dokter sekeluarga selalu mendapat kesehatan dan karuniaNya..
hormat saya,
eva

Beni-Surabaya said...

selamat malam dok..
saya pria-26 tahun-75kg-178/180cm-hasil lab terakir 1 hari lalu 6,38 uric acid

Pola makan saya normal, rokok 1 bungkus habis 2 hari, konsumsi makanan golongan A juga tidak sering (paling 1 minggu sekali, itupun hanya sate usus-rempela 1 batang di warung penyetan). Hanya saja, saya jarang olahraga (bisa dibilang tidak pernah).

Yang mau saya tanyakan, hari sabtu lalu tanggal 27 juli, saya "mengosongkan" kamar saya untuk saya bersihkan. Saya kerja sendirian. Mulai awal bersih" jam 5 sore keadaan saya fit hingga selesai jam 11 malam. Paginya, jam 4 atau 5, saya merasa telapak tangan saya sakit sekali. Yang membuat saya penasaran, seberat apapun saya kerja (angkat" barang di bagian perlengkapan training kader, ataupun push up 300x) yang sakit hanya bagian punggung di bawah ketiak, lengan dan leher. Tidak pernah di bagian telapak tangan.

Saya sudah coba untuk menggenggam es batu sgb pengganti kompres di telapak tgn, tp tetap nihil hasilnya.

Sakit yang saya rasakan di telapak tangan ini seperti definisi gejala asam urat yang dokter katakan di awal (inflammation, sakit saat bergerak, nyeri). Akirnya saya periksakan di lab, didapatkanlah level asam urat saya 6,38. Oleh dokter saya hanya di beri vitamin untuk syaraf di tangan dan painkiller. Sampai saat post ini ditulis, saya baru meminum 2x utk masing" resep dokter lab saya itu tadi.

Kira" saya kenapa ya dok? Seandainya karena asam urat, kok di telapak tangan, bukan di pangkal ibu jari kaki? Apa hanya kecapaian saja? tapi kok gejalanya "menyakitkan" sekali lho
Trims--

Anonymous said...

Dear dr suryo
Saya vivi, female 35thn 157/45kg
Bln juni 2013 gen cek up diambil darah puasa 10jam hasil asam urat 3.7 dgn urea n 10 dan kreatin 0.6
Bln juli 2013 ada tes asam urat gratis di acara kantor dengan metode tidak puasa dgn menampung urin dan dimasukkan seperti tes pack dlm bbrp detik sydah tahu hasil dan hasil saya 7.5
Pertanyaan saya:
1. Apakah dlm rentang wkt 1bln bisa sedemikian beda hasilnya?
2. Apakah metode cek asam urat dengan urin efektif?
3. Mengingat tdk ada riwayat asam urat, apakah konsumsi obat tertentu dpt menaikkan asam urat? Krn saat periksa asam urat mellalui urin sy sdg konsunsi cefixime100mg dan astin force selama 2minggu karenahasil tes astho 200 borderline
Perbedaan hasil dlm sebulan ini membuat saya bingung dok
Mohon saran dan penjelasannya ya. Thanks

Anonymous said...

Hallo dokter. Nama saya diah, wanita usia 27tahun, tinggi 157cm, bb 43kg. Saya terkena TB kelenjar getah bening, sudah 3bln lebih mengkonsumsi obat TB, namun mulai bulan ke 2 saya merasakan sakit di sendi lutut dan engkel, sakit tersebut selalu terasa ketika bangun dari duduk atau jongkok. Serta di jari tangan bila digerakan menggenggam membuka terasa sakit.. Hasil pemeriksaan lab kadar asam urat saya 6,8 dari nilai normal d lab tersebut 2,5-6,8 (waktu itu saya sedang puasa).. Kata dokter saya ini efek samping dr obat TB, nanti akan normal lg ketika pengobatan TB selesai.. Yang saya ingin tanyakan apakah tidak berbahaya didiamkan begitu saja? Sebenarnya saya jg khawatir akan kondisi ginjal saya. Kalau sakit memang sakit, namun saya tahan. Karena saya tidak mau menambah obat yg hrs saya minum lagi (karena obat TB sendiri sdh begitu banyak). Apakah ada obat oles yang dpt menyembuhkan? Mohon saran dokter.. Terima kasih..

Anonymous said...

Hallo dokter. Nama saya diah, wanita usia 27tahun, tinggi 157cm, bb 43kg. Saya terkena TB kelenjar getah bening, sudah 3bln lebih mengkonsumsi obat TB, namun mulai bulan ke 2 saya merasakan sakit di sendi lutut dan engkel, sakit tersebut selalu terasa ketika bangun dari duduk atau jongkok. Serta di jari tangan bila digerakan menggenggam membuka terasa sakit.. Hasil pemeriksaan lab kadar asam urat saya 6,8 dari nilai normal d lab tersebut 2,5-6,8 (waktu itu saya sedang puasa).. Kata dokter saya ini efek samping dr obat TB, nanti akan normal lg ketika pengobatan TB selesai.. Yang saya ingin tanyakan apakah tidak berbahaya didiamkan begitu saja? Sebenarnya saya jg khawatir akan kondisi ginjal saya. Kalau sakit memang sakit, namun saya tahan. Karena saya tidak mau menambah obat yg hrs saya minum lagi (karena obat TB sendiri sdh begitu banyak). Apakah ada obat oles yang dpt menyembuhkan? Mohon saran dokter.. Terima kasih..

Anonymous said...

permisi dok,saya perempuan usia 20thn,tinggi badan 150cm dan berat badan 67kg.2minggu yang lalu kadar asam urat saya 6,8mg/dl.mungkin disebabkan karena 3bln terakhir diet tinggi protein seperti mengganti sebagian nasi dg tempe/tahu kukus.saya tidak minum obat sama sekali hanya memperbanyak minum 3-3,6liter/hari dan diet makan nasi+sayur capjay.yang mau saya tanyakan sudah benarkah makanan saya?dan kira2 butuh waktu berapa lama untuk menurunkan kadar tiap 0,1mg/dl nya?terima kash

Tari1984 said...

"Endometriosis dan Adenomyosis"

Yth Dr Suryo Wibowo, MKK, SpOk

saya mau bertanya saya ada endometriosis kanan dan kiri yang sudah cukup besar yaitu 5cm dan 8cm diameternya, dan juga Adenomyosis 3cm, rencana nya setelah mens bulan ini akan menjalani laparaskopi. Yang ingin saya tanyakan, apakah berbahaya jika pada laparaskopi, selain 2 endometriosis saya diambil, dan adenomyosis nya, menurut dokter ginekolog nya, pd saat laparaskopi akan diambil semua nya,
mohon penjelasan dokter, karena saya akan segera menjalani operasi,

terima kasih banyak dokter

Rain said...

Dokter yg baik hatinya,
Saya pernah tinggal di daerah pantai selama 2 bulan.. mmg hampir setiap hari makan ikan laut, kerang, dan daging..
di akhir bulan saya mendapat serangan pertama seperti yg dokter jelaskan. serangan pertama membuat pinggang sampi ujung jari kaki saya sakitnya luar biasa.. tidak bisa berlama-lama duduk, berbaring juga terasa sakit,. tidak ada posisi yg enak pd saat itu.. jempol kaki kiri saya membengkak hingga sekarang, tetapi sakit seperti yg awal tidak terjadi lagi..
menurut dokter, dokter spesialis apa yg perlu saya konsultasi utk pemberian obat medis selanjutnya, dan menurut pengalaman dokter, ramuan apa yg pd umumnya manjur bagi pasien spt saya..
trmks.

Unknown said...

dok selamat malam minta waktunya sebentar. begini dok sy ad batu ginjal 1cm hsil ct scan. yg mau sy nanya masih bs dgn obat penghancur batu ginjal kalau msh bs obat apa yg manjur untk bt ginjal sy thx dok

Unknown said...

dok sy awi selamat malam minta waktunya sebentar. begini dok sy ad batu ginjal 1cm hsil ct scan. yg mau sy nanya masih bs dgn obat penghancur batu ginjal kalau msh bs obat apa yg manjur untk bt ginjal sy thx dok

Unknown said...

Dokter Suryo ysh,
Saya laki-laki berusia 28 tahun, saat ini saya sedang mengikuti tes untuk menjadi calon pegawai BUMN, saya sudah mencapai tahap tes kesehatan yang akan dilaksanakan pada 5 hari lg.saya mencoba untuk cek sendiri di lab dan hasil dari asam urat 7.8 dari nilai normal 7
yang ingin saya tanyakan
1. Apa tes hasil tersebut akan berpengaruh tes kesehatan saya nanti?
2. Apa yang harus saya lakukan untuk menurunkan kadar asam urat saya dalam waktu 5 hari ini?
3. Saya sudah berkonsultasi dengan saudara saya yang seorang dokter umum saya diberi obat zyloric, apakah bisa menurunkan asam urat dengan cepat?dan apa efeknya saat saya minum obat itu mendekati tes kesehatan ini dok?
Sekian pertanyaan dari saya, mohon bantuan solusi dari dokter...atas perhatian dan solusinya saya ucapkan banyak2 terima kasih.

Unknown said...

Dokter Suryo ysh,
Saya laki-laki berusia 28 tahun, saat ini saya sedang mengikuti tes untuk menjadi calon pegawai BUMN, saya sudah mencapai tahap tes kesehatan yang akan dilaksanakan pada 5 hari lg.saya mencoba untuk cek sendiri di lab dan hasil dari asam urat 7.8 dari nilai normal 7
yang ingin saya tanyakan
1. Apa tes hasil tersebut akan berpengaruh tes kesehatan saya nanti?
2. Apa yang harus saya lakukan untuk menurunkan kadar asam urat saya dalam waktu 5 hari ini?
3. Saya sudah berkonsultasi dengan saudara saya yang seorang dokter umum saya diberi obat zyloric, apakah bisa menurunkan asam urat dengan cepat?dan apa efeknya saat saya minum obat itu mendekati tes kesehatan ini dok?
Sekian pertanyaan dari saya, mohon bantuan solusi dari dokter...atas perhatian dan solusinya saya ucapkan banyak2 terima kasih.

Anonymous said...

Dear dokter...
Saya yogi usia 33 taun, pekerjaan sy salesman, saat ini sedang mengalami asam urat di pangkal ibu jari kaki kanan sy, bengkak dn memerah, sebelum nya sudah ada tofus...rasa nyeri sudah mendingan tp kadang msh nyut2an...sy minum piroxicam 20mg dn allopurinol 300mg, itu istri sy yg beli di apotik krna sy tidak bisa jalan...pertanyaan ny sudah 10 hari sy minum obat ny ttpi msh bengkak dn memerah, apakah cocok atau mesti ganti obatnya... Apa saran dokter untuk obat buat yg bengkak dan memerah...thanks dokter...

Unknown said...

sore dok ..dok mau bertanya kalo kadar asam urat nya 2mg dikasih makanan apa ya dok ?

Unknown said...

halo dok, Nama saya Dadan, skrg saya tinggal di Australia dan akan tinggal disini sampai kemungkinan 2 tahun ke depan. saya punya riwayat asam urat tinggi dan beberapa kali mengalami radang di daerah sendi tepak kaki dan jempol. tapi sekarangyg saya alami sangat berbeda, yg terkena adalag lutut kanan saya. Lutut saya mulai membengkak selama 4 hari dan telah saya coba berobat di sini. tetapi karena ini tidak bersifat emergency (berdasarkan x ray) maka antrian saya ke dokter spesialis orthopedy (rumah sakit negeri) sangat lama sekali dan kalau ke dokter swasta biayanya sangat besar. saya memvonis ini asam urat karena terjadi setelah sehari saya menyantap daging2an pada saat BBQ.
Oh ya, saya lupa menyebutkan, umur saya 35 dan saya seorang laki2 dengan 3 orang anak,, berat badan 95kg dan tinggi 178cm. selama di indonesia saya tidak pernah mengalami gangguan hipertensi dll kecuali kdar tinggi pada kolesterol total dan Asam urat.
yang saya mau tanyakan, apakah bengkak di daerah lutut tersebut bisa sembuh dengan sendirinya? kalo iya, berapa lama?
adakah cara2 mempercepat pengempesan tanpa obat?

terima ksih dok atas waktu dan kesempatannya..

Anonymous said...

Selamat siang dokter. Persendian telunjuk kanan saya serta jempol kiri & kanan sakit & bengkak merata dari pangkal sampai ujung jari. Setahun lalu saya disuntik flamicort & lidocain di jari2 tersebut untuk mennghilangkan gatal & kerak yg ada.Setelah 6 bulan (Juni 2013) jari2 saya tsb mulai bengkak & sakit kalau digerakkan sampai dengan sekarang ini. Oleh dokter saraf diberi obat osteoflam, arcoxia dan artrodar, sudah saya konsumsi 10 hari ini tapi keadaannya tetap saja tidak ada perubahan.
Hasil test lab u asam urat, kolestrol, rematik semuanya masih dalam batas normal. Hasil x ray juga normal semua tulangnya.
Kemungkinan besar kata dokter adalah osteoartritis.

Apa yg harus saya lakukan dok. Terima kasih. GBU.

Anonymous said...

Salam kenal Pak Dokter,perkenalkan Nama saya Heflin saya sekarang sebagai mahasiswa,sebelumnya saya sudah membaca blog dari bapak dokter dan saya tertarik untuk mencari tau tentang cara mengatasi penyakit saya ini.Begini Dok,beberapa bulan ini saya merasakan sakit yang luar biasa di bagian pinggang/punggung sebelah kiri,pantat,paha sampai bawah kaki.apabila duduk terlalu lama dan bangkit akan susuh berdiri serta apabila membungkuk terasa sakit,rasanya nyeri seperti ditusuk-tusuk.Saya bingung Dok apakah ini Asam urat atau Urat syaraf kejepit,padahal usia saya 19 tahun dan tidak melakukan pekerjaan yang berat. Beberapa artikel yang saya baca dan saya lihat kalau Asam urat biasanya terjadi pembengkakan dibagian jempol kaki,yang terjadi pada saya ini Dok tidak ada bengkak,Apakah ini Asam urat atau Urat syaraf kejepit.
Tolong pencerahannya dari Bapak Dokter,sekian dan terima kasih.

Anonymous said...

Salam kenal Pak Dokter,perkenalkan Nama saya Heflin saya sekarang sebagai mahasiswa,sebelumnya saya sudah membaca blog dari bapak dokter dan saya tertarik untuk mencari tau tentang cara mengatasi penyakit saya ini.Begini Dok,beberapa bulan ini saya merasakan sakit yang luar biasa di bagian pinggang/punggung sebelah kiri,pantat,paha sampai bawah kaki.apabila duduk terlalu lama dan bangkit akan susuh berdiri serta apabila membungkuk terasa sakit,rasanya nyeri seperti ditusuk-tusuk.Saya bingung Dok apakah ini Asam urat atau Urat syaraf kejepit,padahal usia saya 19 tahun dan tidak melakukan pekerjaan yang berat. Beberapa artikel yang saya baca dan saya lihat kalau Asam urat biasanya terjadi pembengkakan dibagian jempol kaki,yang terjadi pada saya ini Dok tidak ada bengkak,Apakah ini Asam urat atau Urat syaraf kejepit.
Tolong pencerahannya dari Bapak Dokter,sekian dan terima kasih.

Anonymous said...

Salam kenal Pak Dokter,perkenalkan Nama saya Heflin saya sekarang sebagai mahasiswa,sebelumnya saya sudah membaca blog dari bapak dokter dan saya tertarik untuk mencari tau tentang cara mengatasi penyakit saya ini.Begini Dok,beberapa bulan ini saya merasakan sakit yang luar biasa di bagian pinggang/punggung sebelah kiri,pantat,paha sampai bawah kaki.apabila duduk terlalu lama dan bangkit akan susuh berdiri serta apabila membungkuk terasa sakit,rasanya nyeri seperti ditusuk-tusuk.Saya bingung Dok apakah ini Asam urat atau Urat syaraf kejepit,padahal usia saya 19 tahun dan tidak melakukan pekerjaan yang berat. Beberapa artikel yang saya baca dan saya lihat kalau Asam urat biasanya terjadi pembengkakan dibagian jempol kaki,yang terjadi pada saya ini Dok tidak ada bengkak,Apakah ini Asam urat atau Urat syaraf kejepit.
Tolong pencerahannya dari Bapak Dokter,sekian dan terima kasih.

Anonymous said...

Salam kenal Pak Dokter,perkenalkan Nama saya Heflin saya sekarang sebagai mahasiswa,sebelumnya saya sudah membaca blog dari bapak dokter dan saya tertarik untuk mencari tau tentang cara mengatasi penyakit saya ini.Begini Dok,beberapa bulan ini saya merasakan sakit yang luar biasa di bagian pinggang/punggung sebelah kiri,pantat,paha sampai bawah kaki.apabila duduk terlalu lama dan bangkit akan susuh berdiri serta apabila membungkuk terasa sakit,rasanya nyeri seperti ditusuk-tusuk.Saya bingung Dok apakah ini Asam urat atau Urat syaraf kejepit,padahal usia saya 19 tahun dan tidak melakukan pekerjaan yang berat. Beberapa artikel yang saya baca dan saya lihat kalau Asam urat biasanya terjadi pembengkakan dibagian jempol kaki,yang terjadi pada saya ini Dok tidak ada bengkak,Apakah ini Asam urat atau Urat syaraf kejepit.
Tolong pencerahannya dari Bapak Dokter,sekian dan terima kasih.

Anonymous said...

Salam kenal dok..

Perkenalkan saya vina,
Mau tanya dok, ayah saya penderita asam urat, waktu check up awal kadar asam uratnya 9 mg, 2 bulan setelah cek up, ayah saya merasa nyeri di kaki kaau jalan. Waktu di bawa ke RS dan kondisi udah mulai membaik dan sudah bisa jalan, dokternya datang dan membawa hasil pemeriksaan ,katanya.. kadar asam urat ayah saya udah mencapai 20 mg/dl..padahal ayah saya udah bisa jalan dan siap pulang. Apakah orang yg kada asam uratnya 20 mg gak menunjukkan gejala apa2 dok?atau dokter dan hasil lab nya yang salah? Mohon bantuannya dok sebelum dan sesudahnya, terima kasih sekali dok..

Unknown said...

permisi dok, ^^ saya Ana 42 tahun BB 68 Tb 160... saya ingin bertanya dok....saya seorang paramedis, sy sdh mnum alopurinol asm urat sy bln lalu 9,7, sy sdh diet dlm wkt 1 bln inipola mkn sy sdh atur sdmikian mnurut anjuran tuk pengidap asam urat, skrg sy kontrl, knp asm uratku bertambah ya 13,6...ada apa ya dok..?
pola mkn sy skrg dgn ikan, tp ikan teri, kakap sy tdk mkn, apa smua ikan laut mengdung kdr purin tggi ya..? trs sy hrs mkn ikan dr kolam ya..?

Anonymous said...

Salam kenal dok..Perkenalkan saya vina,Mau tanya dok, ayah saya penderita asam urat, waktu check up awal kadar asam uratnya 9 mg, 2 bulan setelah cek up, ayah saya merasa nyeri di kaki kalau berjalan. Waktu di bawa ke RS dan kondisi udah mulai membaik dan sudah bisa jalan, dokternya datang dan membawa hasil pemeriksaan ,katanya.. kadar asam urat ayah saya udah mencapai 20 mg/dl..padahal ayah saya udah bisa jalan dan siap pulang. Apakah orang yg kadar asam uratnya 20* gak menunjukkan gejala apa-apa dok?atau dokter dan hasil lab nya yang salah?
Mohon bantuannya dok..terima kasih

Anonymous said...

Salam kenal dok..Perkenalkan saya vina,Mau tanya dok, ayah saya penderita asam urat, waktu check up awal kadar asam uratnya 9 mg, 2 bulan setelah cek up, ayah saya merasa nyeri di kaki kalau berjalan. Waktu di bawa ke RS dan kondisi udah mulai membaik dan sudah bisa jalan, dokternya datang dan membawa hasil pemeriksaan ,katanya.. kadar asam urat ayah saya udah mencapai 20 mg/dl..padahal ayah saya udah bisa jalan dan siap pulang. Apakah orang yg kadar asam uratnya 20* gak menunjukkan gejala apa-apa dok?atau dokter dan hasil lab nya yang salah?
Mohon bantuannya dok..terima kasih

occacaca said...

Dokte nama saya Rosa (25thn) saya mau bertanya kapan alupurinol bisa dihentikan.. Ibu saya konsumsi alupirinol 1x100mg dan asam uratnya sudah normal. Apakah dapat langsung dihentikan dosisnya? Tetapi ibu saya masih merasakan nyeri pada lututnya... Mohon advice dok...

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Salam Sejahtera Dok,
Saya Pria 45 Th, saya punya keluhan nyeri sendi dibelakang lutut saya. Apabila jongkok untuk berdiri saya merasakan nyeri di sendi dibelakang lutut pada kaki sebelah kiri saya sehinggga perlu bantuan tangan untuk bisa berdiri, itupun setelah berdiri posisi saya tidak bisa tegak, jadi butuh waktu sebentar agar bisa meluruskan kaki saya, berdiri tegak dan melangkahnkan kaki saya.
Nyeri ini sudah saya rasakan sekitar 1 th yang lalu.
Pertanyaan saya apakah penyakit saya ini Radang Nyeri Sendi dan pengapuran atau Asam Urat atau Rematik?
Apa obat atau herbal yang dapat saya konsumsi untuk pertama menghilangkan rasa nyeri tersebut? dan kedua obat/herbal apa untuk menyembuhkan penyakit tersebut?
Demikian Dok, terimakasih....

Unknown said...

Dokter Suryo, mau tanya kalau jempol tangan kiri saya ( usia 47 tahun, pria )susah ditekuk, kaku dan kalau ditekuk bunyi klik agak sakit apakah ini terkena asama urat atau radang sendi ya dok?
terima kasih.

Unknown said...

Dokter Suryo, mau tanya kalau jempol tangan kiri saya ( usia 47 tahun, pria )susah ditekuk, kaku dan kalau ditekuk bunyi klik agak sakit apakah ini terkena asama urat atau radang sendi ya dok?
terima kasih.

Unknown said...

Dokter Suryo, mau tanya kalau jempol tangan kiri saya ( usia 47 tahun, pria )susah ditekuk, kaku dan kalau ditekuk bunyi klik agak sakit apakah ini terkena asama urat atau radang sendi ya dok?
terima kasih.

Anonymous said...

salam kenal dokter, saya Naza usia 23 th, seorg mhsiswi dengan tinggi bdn 151 cm dan berat badan 47 kg. sendi d pergelangan kaki kiri saya sakit sejak 3 minggu yg lalu. saya k rumah sakit lalu dokter menganjurkan cek kadar asam urat,dan hasilnya 6,1 (sedikit tinggi dari normalnya ya dok) lalu dokter tsb meresepkan obat allopurinol. setelah saya konsumsi obt tsb, pergelangan saya masi nyeri dok, bahkan sampai skrg (2 minggu setelah k dokter). saya pun banyak cari informasi tentang asam urat sekedar untuk mendapatkan pencerahan, sy pun tertarik mencari tau sgl hal tentang asam urat, termasuk olahraga yg cocok bgi penderita asam urat, yg saya dapat olahraga jenis senam.yg jadi pertanyaan saya:
1. apakah senam cocok untuk penderita asam urat? kalo tdk atopun krg cocok tlg dokter beri pencerahan.
2. sy pernah baca di byk referensi di internet pntangan bg penderita slh satunya air kelapa, di refernsi lain sy jg membaca kalo penderita asam urat bgus mengkonsumsi mkanan yg mengandung potasium, sdgkan air kelapa mengandung potasium tinggi dan kndngan lain yg diperlukan tubuh, jd infrmasi yg sy dpt agak mmbuat saya bingung, mhon penjelasannya dok.
3. dilihat dr tinggi dan berat bdn sy idealnya berapa ya dok, dan bgaimana cara menghitung erat bdb ideal seseorg?
4. apakah asam urat bisa disembuhkan spt penyakit lainnya?
trims atas info di blognya dan jg atas jwbannya. maaf jg byk pertnyaan nya dokter :)

Unknown said...

Siang dr.Suryo,
Salam kenal dok nama saya eric, umur 31 thn tinggi 171 berat 62. Saya mempunyai pola makan yg tidak sehat: sering makan mie instan, telur, jarang makan buah, minum kopi+susu 2-3 gelas/ hari, kurang tidur, sering makan ayam goreng & padang, dan saya tidak pernah berolahraga. Pada tgl 24/05/2014 pergelangan tangan kanan saya sakit khususnya disisi terdekat dengan tulang ibu jari. beberapa minggu sebelumnya saya sering melakukan aktivitas yang cukup berat & meletihkan tangan saya. saya mengira sakit tangan saya tsb karena tangan saya kelelahan, tetapi setelah otot2 yg pegal sembuh/hilang tapi pergelangan tangan saya masih sakit, jika dibagian pergelangan tsb ditekan maka terasa nyeri, lebih2 kalau saya gerakan ibujari saya keatas sakitnya bukan main (sakit pergelangan ditempat yg sama) dan jari manis tangan kanan saya jg kaku jika jari tangan mengepal maka jari manis akan nyangkut (tdk dpt lurus) harus didorong dengan tangan kiri. Akhirnya pada tgl 12/06/2014 saya berobat ke dokter karena saya merasa ada yg tidak beres dgn tangan saya. Saat berobat dokter tsb menggunakan Quantum Resonance Magnetic Analyzer sebagai alat untuk mendeteksi kesehatan saya, hasilnya saya divonis pengentalan darah, reumatis yg menyebabkan pembuluh darah saya kaku. Dokter tsb memberikan saya obat herbal yaitu Santhian (ekstrak sari buah manggis, mengkudu, semangka), omega3, COQ10, Fat Metabolizer. Setelah skitar seminggu tangan saya masih sakit kemudian saya balik ke dokter tsb pd tgl. 18/06/2014 malam (hari kemarinnya saya test guladarah 141, kolesterol 249, asamurat 7.4 di apotik menggunakan easy test) dan menunjukan hasil test tsb. Dokter kemudian mengambil sampel darah saya u/ dianalisa di mikroskop yg bs lsg tampil dilayar monitor. Hasil analisa dokter adl terdapat radikal bebas, ada asam urat, ada kolesterol (namum gumpalan2 sudah pecah), ada danau diabetes, kekurangan kalsium & vitamin c, ada asam lambung yg berlebih. Namun saya meminta dokter tsb untuk memberikan saya obat biasa saja (Non-Herbal) tapi dokter tsb blg jika pake obat biasa bs merusak ginjal (efeksamping), akhirnya saya tetap diberi obat herbal lagi yaitu santhian, kalsium+, stem cell (u/ memperbaiki sel2 yg rusak), Fat Metabolizer. Yang saya ingin tanyakan adl 1) apakah cara diagnosa/analisa penyakit & alat2 diagnosa dokter tsb sudah benar (valid secara kedokteran/ diakui oleh kedokteran)? 2)apa yg harus saya lakukan apakah saya harus menunggu reaksi obat herbal tsb hingga 10hr atau saya harus berobat ke dokter yg lain? karena sakit tanggan saya ini sudah sangat menggangu. padahal selama berobat saya sudah makan sayuran & mulai olahraga (lari&jalan) setiap hari. 3) penyakit asam uratkah yg menyebabkan pergelangan tangan saya sakit & jari manis kaku? atau akibat pengentalan darah? 4) Mohon pencerahannya yg jelas. Sebelumnya mohon maaf tulisannya terlalu panjang, terima kasih.

Anonymous said...

asslamualaikum dok!!,
Salam knal dari saya iin dr jawa tenggah..

Saya mau tnya dok..nenek sya ithu di diagn0sa dokter.menderita asam urat dok saya coba laboratkan memang kadar asam uratnya tinggi sdah dibrobatkan kemana kemana tidak ada perubhn sama sekali .dibrobatkan ke alternatif atau orang pintar(ulama y bisa mengobati juga).karena saya kasihan melihat beliau dok selalu konsumsi obat setiap hari.sy khawatir karena saya pernah baca artikel keseringan mengkonsumsi obt akan berdampak pada ginjalnya.mohon infonya dok..?


Nb:beliau mendrta asam urat sudah 5 thn y lalu dok.

Terimakasih

Wassalamualaikum

Anonymous said...

dear dr.
dokter, februari 2013 ibu saya menjalani operasi hysterektomi,lalu Oktober 2013 menjalani lagi operasi kista,dan terjadi perlengketan pada usus. dan sudah di keluarkan cairannya. dan sekarang juli 2014 kista itu muncul kembali pada daerah usus, apa yg menyebabkan kista itu dapat timbul kembali? apa tidak berbahaya dokter?
serta bagaimana tindakan dan pengobatannya?

mohon percerahannya..
terima kasih
salam
Dinda

Anonymous said...

Dear dr Suryo,

ada teman saya ayahnya terkena asam urat terus sudah lama mengalami tremor ya dok ? yang tangannya bergetar gak bisa dikendalikan dan sekarang ayahnya itu terbaring tidak bisa bangun.
Apakah ini ada kaitannya dengan asam urat, sudah separah apa kondisinya ini ? Lalu apa yang masih bisa dilakukan untuk mengurango penderitaannya ini.
Terima kasih ya dok untuk jawabannya

Unknown said...

nama saya : antony

pak dokter Suryo ysh, saya mau bertanya mengenai jari saya. 1 minggu belakangan ini saya setiap bangun pagi, jari saya susah ditekuk. awalnya jari manis sebelah kanan saja, tetapi semakin hari sepertinya mulai merambah ke jari lainnya.
Pertanyaan saya :
1. apakah ini termasuk efek dari asam urat
2. pengobatan untuk kasus seperti ini apakah bisa dengan menggunakan fisioterapi

thanks

Unknown said...

Perkenalkan saya yusri dok saya ingin bertanya sakit pada ujung jari tangan dan kaki dan ada nyeri sendi juga dok pada lengan tangan itu penyakit asam urat juga ya dok, pada laki-laki umur 48 tahun dok?

Unknown said...

Dokter suami sy terkena asam urat dan tumbuh tofus hampir 60% d paha, kaki dan tangn.dok kalu operasi tofuf berapa dan dokter buka praktek d mana?. terimakasih

Anonymous said...

dok saya mau tanya
berapa lama batas minum piroxicam 20 mg ?

Anonymous said...

Nama saya Gianto umur 45 tahun
Saya mau tanya berapa lama batas pemakain piroxicam 20 mg secara terus menerus

Unknown said...

Ass dok. Maaf sebelumnya menganggu.saya mau nanya dok,papa saya kemarin ini abis jatuh dari motor,jd kakinya tertimpa motor bagian punggung kakinya dok.jd kakinya bengkak jadinya,saya kira itu cuma memar2 biasa,maka saya kompres sampe dan di kasih balsem,sambil di pijit2 sedikit,tp besoknya.bengkaknya malah +besar dok.maka di bawa ke tukang pijit,abis di pijit kempes bentar,abis itu malah tambah besar bengkaknya,bengkaknya gag berbatas dok.saya takut asam urat,kalo di urut malah + bengkak.waktu abis ngukur asam urat papa ternyata 10,7 dok. Yang aneh nya dok,kaki papa yang bengkak it gag berasa sakit,cuma berat doang,itu sebenarnya apa asam urat ato gimana dok?tindakan saya bagaimana dok.
tolong pencerahannya dok.

Anonymous said...

Yth Dr. Suryo wibowo,
Saya seorang wanita 30tahun TB 150cm,BB 68kg.saya melahirkan anak 7bulan yang lalu,saya memberikan asi eksklusif untuk anak saya sampai sekarang,dan saya belum mendapat haid sampai sekarang. 2minggu terakhir saya mengalami ngilu2 di tangan dan kaki,berpindah2 ngilunya serta hilang timbul.tapi masih tidak menggangu aktifitas saya. Saya melakukan cek di laboratorium,kadar asam urat saya 10.7.apakah itu tinggi dok?saya sempat ke dokter tetapi saya tidak di resepkan obat,hanya disarankan untuk jaga pola makan,hindari makanan tinggi purin. Perlukah saya minum obat dok?berhubung saya masih mau memberikan asi untuk bayi saya.adakah obat yang aman untuk ibu menyusui dok?apakah asam urat saya ada hubunganny dengan hormon saya dok?berhubung hormon saya kacau dan belum haid sampai sekarang. Sekian dulu pertanyaan dari saya,mohon pencerahan dari dokter.sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih dok. Tuhan memberkati ^A^

Unknown said...

Nama

Unknown said...

Hello dok!

imam al nawawi banteni said...

Nama Khairul imam,Umur 20,berat badan 166 Cm/75 kg ....
Brpa angka normalnya asa urat Dok .....??
knpa setiap saya lari ataupun joging,kaki saya terasa sakit di bagian bawah betis terkadang sakitnya di tulang keriiing .....??
Apa itu gejala asam urat Dok .....???
DAN TERIMA KASIH sudah membuat Blogger ini,sungguh sangaat berMANFAAT ....

Saya berharap atas jawabannya ...
SEKIAN dan Terima kasih ....

Anonymous said...

Salam kenal dokter,nama saya sari.. umur 27 tahun berasal dr kota padang,sumbar.. 1 mnggu y lalu saya melakukan medex.. dr hsil labor,asam urat saya 8.. dan saya dianjurkan minum allopurinol 300mg selama 2 hr dan dosis minum 1x perhari.. dan skg saya baru meminum 1 allopurinol..dan saya d mnta untk tes lg stlh 2 hr meminum allopurinol trsbt..yang ingin saya tnyakan,apakah akan trun asam urat saya hnya dgn 2 hr minum allopurinol? Dan apakah d hr k 2 mlm ny saya hrs puasa untk tes bsk pg ny? Dan hrs kah saya tidak makan gol A dan B selama 2 hr ini? Terima kasih utk jwaban ny dkter...

tia said...

Malam dok.
Perkenalkan nama saya ibu arie,saya mau tanya dok suami saya menderita sakit asam urat selama kurang lebih 10th, umur suami saya 34th,tinggi badan 164cm dan berat badan 60kg, hasil tes terakhir/hr ini kadar asam urat nya 11.suami saya sudah mengkonsumsi allupurinol dan berobat ke alternatif ttp kadar asam urat nya Blm jg turun bahkan sekarang muncul benjolan2 di ibu jari kaki dan jari tengah tangan.suami saya jg sdh melakukan diet makanan yg mengandung purin tp kadar asam urat nya Blm turun dan masih sering kambuh apalagi kalau cuaca dingin.Apa yg hrs kami lakukan dok agar kadar asam urat bs kembali normal dan tidak kambuh lg,dan apakah selain minum obat ada cara lain untuk penyembuhan misalnya dengan cara operasi atau yg lain nya.terima kasih dokter atas infonya

tia said...

Malam dok.
Perkenalkan nama saya ibu arie,saya mau tanya dok suami saya menderita sakit asam urat selama kurang lebih 10th, umur suami saya 34th,tinggi badan 164cm dan berat badan 60kg, hasil tes terakhir/hr ini kadar asam urat nya 11.suami saya sudah mengkonsumsi allupurinol dan berobat ke alternatif ttp kadar asam urat nya Blm jg turun bahkan sekarang muncul benjolan2 di ibu jari kaki dan jari tengah tangan.suami saya jg sdh melakukan diet makanan yg mengandung purin tp kadar asam urat nya Blm turun dan masih sering kambuh apalagi kalau cuaca dingin.Apa yg hrs kami lakukan dok agar kadar asam urat bs kembali normal dan tidak kambuh lg,dan apakah selain minum obat ada cara lain untuk penyembuhan misalnya dengan cara operasi atau yg lain nya.terima kasih dokter atas infonya

Anonymous said...

Dear dr. Suryo saya mau tanya bagaimana kalau Piroxicam dan allopirinol diminum bersamaan untuk mengobati nyeri sendi di pangkal ibu jari kaki?

dian said...

Selamat Pagi dokter,
Beberapa hari ini mata kaki kanan sy bengkak dan agak nyeri, tapi setelah tidur semalam, bengkaknya berkurang. Tapi setelah pulang kantor, mata kaki kanan bengkak lagi.

Saya perhatikan pada mata kaki kanan tsb kelihatan pembuluh darah halus bewarna merah (apa pembuluh darahnya pecah?)

Adapun untuk kaki kiri, mata kakinya hanya bengkak sedikit saja.

Apakah ini tanda-tanda kolestrol /asam urat tinggi karena tengkuk saya juga kadang sakit.

Terima kasih banyak atas penjelasannya.

Anonymous said...

Selamat sore dok
Salam kena saya putra
Umur saya 24 tahun

Kaki saya bengkak
Awal nya ketika cek lab asam urat saya 11,3
Lalu di beri obat dokter
Sebulan kemudian cek kembali 12,1
Saya kaget kenapa masih tinggi
Padahal minum air putih intense dan olahrga 2x shari dan minum obat 2x shari

Sampai skrg trakhir saya cek 12,1
Kenapa tidak ada penurunan?
Ataukah fungsi ginjal saya bermasalah?

Memang saya trkadang merasakan sakit pada perut seblah kiri
Tapi tidak terlalu sring
Dan kaki saya tidak bengkak, sakit jika berlari

Mohon pencerahan dan obat apakah yang di rekomendasi oleh Dr?
Karena saya sudah merasa putus asa di usia saya yg masih muda

Terima kasih
Putra
Mohon bantuan nya

Unknown said...

Selamat sore dok

Saya putra
Umur saya 24
Tinggi 170
Berat 70

Saya memiliki kadar asam urat tinggi (11,3)
Awalnya kaki saya sakkit
Ketika cek lab bner asam urat
Di kasih obat dan di sruh minum air putih dan olahraga

Sebln kemudian saya cek kembali
Kadar asam urat saya menjadi 12,1
Saya kaget
Pdhal obat asam urat di minum, olahrga 2x smnggu dan mnum air putih bnyak dan makanan di atur

Kenapa bisa sperti itu?
Aneh nya
Skrg kaki saya tidak bengkak tapi utk lari sakit, jln tidak
Dan perut sblah kiri kdang skit
Apakah ginjal saya bermaslah?

Apa yg saya hrus lakukan
Saya sudah putus asa dgn keadaan ini

Mohon bantuan dan pencerhaan nyaa
Terima kasih dok

Unknown said...

DH Dokter Suryo,

Sy Hendra Laki2 27 Tahun 165/70kg karyawan swasta (Behind Desk)
Hasil lab :
1. KOLESTEROL TOTAL 209 : HDL 43 , LDL 152 , TRIGLISERIDA 63
2. ASAM URAT 8.5
3. GLUKOSA PUASA 85 , HbA1C 5.4
4. Lp (a) 71.8 mg/dL
5. LED 20H
6. ERITROSIT 5.87H , HEMOGLOBIN 15.9
7. tekanan darah 120-140 / 80 (beberapa kali cek)

Obat yang diberikan :
Atorvastatin 10mg - Allopurinol 300mg - Lansoprazole 20mg - Norfloxacyn (sy hentikan saat pemakaian kedua krn efek sampinya hampir hilang kesadaran)

Informasi tambahan :
- pernah mengkonsumsi sibutramin 2 tahun yang lalu
- Saat ini menjalani diet ketat kolesterol & asam urat
- Sy selalu cukup minum air putih & tidak merokok serta tidak mengkonsumsi soda/makanan tinggi gula.
- Sy selalu bersepeda ke kantor (total 20km) setiap harinya yg sy hentikan sejak 4 bulan lalu krn sedang tidak fit.

keluhan :

- sejak mengkonsumsi obat yg saya rasakan nyeri pada punggung & lambung atas (perut atas), lemas, rasa cemas, dan kedutan tiba2 pada sendi.

Pertanyaan saya :

a. bagaimana menurunkan lp (a) karena ini yg menjadi fokus utama saya
b. apakah obat & dosis yg digunakan sejauh pengamatan umum dokter sudah tepat/over?
c. apakah sy harus menghentikan obat krn efek sampingnya membuat sy tidak nyaman
e. dimana informasi/kontak praktek dokter yg bisa sy kunjungi.

Terima kasih sebelumnya

rumahamalia said...

Dokter perkenalkan Nama saya Rika umur 38 th tinggi 160 cm bb 67, ibu rumah tangga. Sudah 6 bulan ini mengalami sakit di bagian tumit pada awalnya tumit sebelah kanan terkena benturan (meloncat ke batu) waktu itu langsung sakit sehari terus tidak terasa sakit sebulan kemudian terasa sakit di tumit tersebut (sebelah kanan) akhirnya 2 bln kemudian saya bawa ke dokter syarat dan di Rosen kata Dr. Syarat saya terkena pengapuran tapi saya kurang begitu yakin dan saya mendatangi dokter ortopedi kata Dr. Otopedi itu Tulang lunak dan saya difonis kena plantar fasciitis saya diresepkan silicon untuk alas kaki juga di beri obat dan di suruh fisioterapi, tetapi obat habis saya minum sakitnya datang kembali, fisioterapi sudah 9 Kali saya jalani tapi malah sakit, sakitnya seperti meradang (sakitnya rasanya ada pembengkakan di dalam dan terasa hangat kalo di pegang) akhirnya fisioterapi saya hentikan dan selama 4 bulan Sakitnya sekarang tumit sebelah kiri ikut sakit, Sakit yang saya rasakan bila sehabis duduk lama langsung berjalan dalam beberapa langkah dan juga setelah bangun tidur hususnya bangun tidur di pagi hari langkah pertama sampai sepuluh langkah terasa sakit dan jika klo berdiri terus menerus ( tetapi jika di buat duduk selonjoran tiduran tidak sakit)Dan alas kaki (yang silicon) klo di Pakai terus menerus juga terasa sakit. Akhirnya saya coba tes asam urat di salah satu apotik kadar asam urat saya 7.3 Dan saya diresepkan allopurinol juga moxam syukurlah bisa turun dan sakitnya berkurang tapi kadar asam urat saya naik turun antara 5.7-6.5 -7 (akhirnya saya minim obat untuk menurunkan kadar asam urat) padahal saya sangat menjaga pola makan Dan banyak minum air putih juga ke seharian saya menggunakan sandal yang tebal Dan empuk untuk mengurangi sakit di tumit diwaktu berjalan. yang mau saya tanyakan kepada dokter
1. Sakit apa sebenarnya yang saya alami karena sangat menggangu untuk aktifitas sehari2
2. Apakah saya tergolong penyakit asam urat dan apakah kadar asam urat yang naik turun itu berbahaya dan apakah jika kadar asam urat naik apa harus langsung minum obat untuk menurunkan kadar asam urat
3. Apakah sakitnya pada tumit saya termasuk salah satu penyakit asam
4. Jika Berkenan dokter meresepkan obat yang harus saya minum atau dokter mana yang bisa saya Kunjungi
Saya mengucapkan terima kasih jika dokter mau menanggapi Dan mohon maaf jika tulisan dan pertanyaan saya terlalu panjang



Unknown said...

dok saya mau bertanya, untuk penderita penyakit gout ini sebaiknya rutin tiap berapa bulan sekali untuk cek asam uratnya dok ??

Nana said...

Dok saya nana, perempuan usia 27 tahun tinggi 155cm dan saya overweight dengan berat 75kg, belakangan ini kaki di Pangkal paha dan pinggang ngilu dok, dan kepala sering pusing, baru2 ini saya terkena maag akut namun sudah sedikit membaik, iseng2 saya melakukan tes darah untuk gula dan asam urat, gula saya setelah makan 1 jam kemudian sekitar 122 dan yg mengagetkan asam urat 9.4, saya diberikan ayah saya yg asam urat 3 jenis obat yaitu allopurinol 100mg, Voltadex 50mg dan Piroxicam 10mg
Pertanyaan saya obat mana yg harus saya minum mengingat saya baru Pertama kali asam urat tinggi dan makanan yg saya makan sejam sebelumnya adalah seafood.
Terima kasih

Nana

Unknown said...

Informasi mengenai kesemutan yang sangat lengkap sekali. Bagi anda yang sedang menderita kesemutan akibat syaraf kejepit, asam urat, rematik dan lainya, kami rekomendasikan untuk konsumsi obat kesemutan

sugeng said...

saya

sugeng said...

dok, saya sugeng asalamualaikum waroh matullohiwabarokatuh. umur 63th 175cm 78kg. tidak ada keluhan selama ini or lari 5km nonstop 3km dua kali seminggu. minum glucosamin dan omega 3. sebulan yang lalu saya cedera pergelangan tangan karena memutar sekrup terlalu kuat. tapi tidak sembuh2 sakit dan nyeri kalo kesenggol. 3hari yang lalu saya cek instant di apotik asam urat saya 15.6. tapi tidak ada sakit di seluruh jari maupun pegal2.hanya pergelangan tangan yg sakit. tapi bengkak tidak kelihatan. setelah itu saya minum air banyak sekali dan minum allopurinol 300mg. sekarang sakit pergelangan jauh berkurang.(hari senen siang ke rabu siang) memang saya malem sebelumnya makan lidah 5 potong dan udang 5 potong. tapi hari2 saebelumnya saya makan udang sepiring (2ons) dan sering makan telor rata2 dua butir sehari atau lebih. pertanyaan saya apa saya sudah jadi penderita gout apa asam urat? trimakasih dok atas perhatian nya.

Sri080312 said...

Hallo dok,,
Nama saya Sri..
saya mau nanya dok, Pengaruh ngak minuman beralkohol terhadap peningkatan asam urat.. dan jika berpengaruh bgmnana prosesnya smpai kadar asam urat dalm darah mningkat ..
mohon pnjlasannya dok ..

Unknown said...

Yth, Dr.Suryo W
Kenalkan nama saya doddy umur 40 th, mau tanya alamat praktek dokter dmana, & jadwal prakteknya skalian Dok..
Trima kasih

KN said...

Maaf dok mau nanya referensi materinya ? Mau buat KTI, trmksh dok ,,

Anonymous said...

Malam Dok,

Salam kenal, saya Suryanto umur 35th tinggi 168cm berat 98kg. Asam urat sdh sy derita selama -/+ 10 thn. Dan sekarang sdh memasuki tahan ketiga (artitis gout kronis bertofus), juga sdh menjalar keseluruh sendi (termasuk jari tangan). Saya mengkonsumsi obat allpurinol, voltadex dan dexamethason. Asam urat saya pernah mencapai 15. Saluran kemih saya pernah tersumbat (dan sudah dikeluarkan), liver saya sdh mengalami pembengkakan tahan kedua. Yang ingin saya tanyakan adalah :
1.Apakah saya masih bisa sembuh total dok?
2.Apakah dengan mengganti ginjal dpt menyembuhkan penyakit ini?

Saya sdh menghindari makanan gol A, dan membatasi makan gol B dan C sejak lama. Sampai sekarang setiap hari sblm tidur sy minum obat asam urat, jk tdk besok paginya sy sulit berdiri dan berjalan.
Olah raga rutin adl jalan pagi (jk tdk sedang sakit). Mohon pencerahannya Dok, terimakasih sebelumnya.

Best regards,
Suryanto

Anonymous said...

Malam Dok,

Salam kenal, saya Suryanto umur 35th tinggi 168cm berat 98kg. Asam urat sdh sy derita selama -/+ 10 thn. Dan sekarang sdh memasuki tahan ketiga (artitis gout kronis bertofus), juga sdh menjalar keseluruh sendi (termasuk jari tangan). Saya mengkonsumsi obat allpurinol, voltadex dan dexamethason. Asam urat saya pernah mencapai 15. Saluran kemih saya pernah tersumbat (dan sudah dikeluarkan), liver saya sdh mengalami pembengkakan tahan kedua. Yang ingin saya tanyakan adalah :
1.Apakah saya masih bisa sembuh total dok?
2.Apakah dengan mengganti ginjal dpt menyembuhkan penyakit ini?

Saya sdh menghindari makanan gol A, dan membatasi makan gol B dan C sejak lama. Sampai sekarang setiap hari sblm tidur sy minum obat asam urat, jk tdk besok paginya sy sulit berdiri dan berjalan.
Olah raga rutin adl jalan pagi (jk tdk sedang sakit). Mohon pencerahannya Dok, terimakasih sebelumnya.

Best regards,
Suryanto

«Oldest ‹Older   401 – 600 of 667   Newer› Newest»

About Me

My photo
Konsultan masalah kesehatan, keselamatan kerja, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat sekitar industri.