100 Questions & Answers: Asam Urat

100 Questions & Answers: Asam Urat

Thursday

Endometriosis

Endometriosis adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang gejala utamanya adalah nyeri. Endometriosis terjadi jika jaringan yang seharusnya melapisi bagian dalam rahim (jaringan ini disebut endometrium) ternyata ditemukan juga di luar rahim – biasanya ditemukan di rongga perut, di indung telur, di saluran telur, dan pengikat-pengikat rahim, di daerah antara vagina dan rectum, di permukaan luar rahim, dan bahkan dapat melapisi seluruh rongga pelvis. Tempat-tempat lain yang bisa ditumbuhi jaringan endometrium ini termasuk kandung kemih, usus besar, vagina, leher rahim, bahkan di luka bekas operasi usus buntu misalnya. Agak jarang ditemukan di paru-paru dan di tempat-tempat lainnya.

Jaringan endometrium setiap awal siklus menstruasi, di bawah pengaruh hormone akan berkembang, untuk mempersiapkan diri jika ada hasil pembuahan yang akan ditanam di dalam rahim. Pada akhir siklus menstruasi jika tidak ada pembuahan, maka jaringan endometrium yang sudah berkembang ini akan luruh sebagai darah menstruasi yang keluar melalui vagina.

Jaringan yang salah tempat ini ternyata juga berkembang dan menjadi pendarahan sesuai dengan siklus menstruasi, persis sama seperti yang terdapat di lapisan dalam dinding rahim. Tetapi celakanya jaringan yang salah tempat ini pada saat meluruh tidak mempunyai jalan keluar. Ini mengakibatkan pendarahan di dalam rongga perut, menyebabkan pembuluh darah di tempat-tempat yang ditempelinya mengalami luka, juga menyebabkan jaringan di tempat-tempat yang ditempelinya mengalami luka serta peradangan – yang mana hal ini dapat menyebabkan nyeri, kemandulan, pembentukan jaringan parut bekas luka, perlengketan organ-organ di dalam rongga perut, dan mengakibatkan masalah-masalah pada usus.

Apa saja gejala-gejala endometriosis?
Wanita yang menderita endometriosis bisa mengalami salah satu atau beberapa gejala berikut ini:

Nyeri sebelum dan sesudah menstruasi.
Nyeri pada saat berhubungan intim.
Kemandulan.
Lelah.
Nyeri pada saat berkemih (buang air kecil) selama periode menstruasi.
Mulas atau nyeri perut selama periode menstruasi.
Gejala-gejala saluran pencernaan lainnya seperti diare, sembelit (susah buang air besar), mual, tidak nafsu makan.

Disamping itu banyak wanita dengan endometriosis juga menderita:
Alergi
Sensitif terhadap bahan-bahan kimia.
Seringkali mengalami infeksi jamur (berupa keputihan misalnya)

Diagnosis pasti hanya melalui laparoskopi, suatu tindakan operasi kecil dengan pembiusan. Hasil laparoskopi biasanya memperlihatkan lokasi di mana terdapat jaringan endometriosis itu, ukurannya seberapa besar, dan perluasan pertumbuhan jaringan endometriosis itu sampai ke mana saja. Ini akan membantu bagi dokter dan pasien untuk memilih pengobatan apa yang paling tepat bagi pasien tersebut.


Apa yang menyebabkan endometriosis?
Penyebab dari endometriosis tidak diketahui. Beberapa teori tentang penyebab endometriosis antara lain:

  1. Teori aliran balik melalui saluran telur. Teori ini menduga bahwa selama periode menstruasi ada bebrapa jaringan menstruasi yang berjalan balik melalui saluran telur kemudian tertanam di dalam rongga perut dan tumbuh menjadi endometriosis. Tetapi beberapa pakar percaya bahwa semua wanita mengalami hal ini, tetapi mengapa ada yang berkembang menjadi endometriosis dan ada yang tidak, ini mungkin disebabkan oleh masalah sistem kekebalan tubuh atau masalah-masalah hormonal.
  2. Jaringan endometrium menuju ke tempat-tempat lain di tubuh melalui sistem pembuluh limfe atau sistem pembuluh darah. Teori gentik menduga bahwa hal ini disebabkan oleh adanya gen yang berperan dalam keluarga.
  3. Terpapar dengan dioksin suatu zat kimia beracun yang terdapat pada pestisida, kertas yang diputihkan dengan pemutih, dan pada asap hasil pembakaran plastik.

Pilihan Penatalaksanaan
Sejauh ini belum ada yang dapat menyembuhkan endometriosis, meskipun demikian terdapat beberapa pilihan penatalaksanaan. Tujuan yang ingin dicapai adalah: menghilangkan/mengurangi gejala nyeri, menyusutkan atau memperlambat pertumbuhan endometriosis, menjaga atau memulihkan kesuburan, dan mencegah atau memperlambat kambuhnya penyakit ini.

Obat-obat penghilang nyeri: Obat-obatan penghilang nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol dan aspirin, bisa juga ibuprofen dan lain-lain. Atau obat-obatan penghilang nyeri yang perlu memakai resep dokter.

Terapi hormon: Terapi hormonal bertujuan untuk menghentikan ovulasi (proses pematangan sel telur) selama mungkin. Terapi hormonal ini bisa berupa: pil KB, hormon progesteron, derivate hormone testosterone, dan golongan lainnya. Efek samping terapi hormonal ini bisa menjadi masalah bagi beberapa pasien.

Pembedahan:
1. Pembedahan konservatif bertujuan mencari dan mengangkat atau menghancurkan endometriosis, mengurangi/menghilangkan nyeri, dan pada beberapa kasus memungkinkan terjadinya kehamilan. Pembedahan konservatif dapat berupa laparoskopi (suatu pembedahan ringan, dimana ahli bedah akan melihat rongga dalam perut melalui suatu selang kecil yang dimasukkan melalui sayatan kecil pada dinding perut). Bisa juga pembedahan secara laparotomi (suatu prosedur pembedahan yang lebih ekstensif, perut disayat cukup panjang, periode penyembuhan yang lebih lama dibandingkan laparoskopi). Biasanya pada pasien yang menjalani pembedahan konservatif ini juga disertai dengan terapi hormonal.
2. Pembedahan radikal, yang mungkin diperlukan pada kasus yang parah, termasuk histerektomi (pengangkatan rahim), pengangkatan semua jaringan endometriosis dan juga pengangkatan indung telur. Ini biasanya merupakan pilihan terakhir. Dan tidak menjamin bahwa pasien akan sembuh dan tidak kambuh lagi.

Terapi alternatif: Pilihan terapi komplemen mungkin berupa obat-obatan tradisional Cina, pendekatan nutrisi, homeopati, dan lain-lain.

Jadi diskusikan dengan dokter anda, apa yang terbaik bagi anda. Yang perlu diingat adalah bahwa endometriosis ini bukan tumor ganas, ia adalah tumor jinak.

162 comments:

Anonymous said...

dear dok,
sy lhia berusia 25 th dan sudah menikah selama 3 tahun dan belum punya anak. th. 2007 saya kena kista endometriosis dan sering nyeri di bagian perut sebelah kanan, dan kadang2 sangat sakit. th. 2008 ini sudah mulai berkurang nyerinya karna setelah USG kistanya gak kelihatan,tapi justru haid tidak normal sampai 2 bulan gak haid. sy pikir hamil dan ternyata tidak. apa yang menyebabkan hal itu dan sebenarnya apakah terapi homeopati sangat dianjurkan bagi wanita seperti saya yang ingin punya anak?
thanks atas jawabannya dok.

Suryo Wibowo said...

Dear Lhia,

Infertilitas bukan hanya masalah pada wanita saja, bisa juga disebabkan adanya masalah pada pasangan pria anda. Saran saya sebaiknya anda berdua konsultasi dengan dokter spesialis kandungan yang khusus menangani masalah infertilitas.

Mengenai terapi homeopati saya tidak tahu dan tidak dapat berkomentar.

Salam
Dr. Suryo Wibowo

novi resnowati said...

dear dok,
sy novi berusia 28 th, 3 th yg lalu saat sy hamil didiagnosa terkena endometriosis lebih dari satu tmp.Mengingat yg berukuran bsr hanya di 1 tmp dan di tmp lainnya msh sangat kecil, maka yg diangkat berbarengan dgn sesar kelahiran anak saya hanya yg berukuran besar saja.Setelah proses operasi, dokter menyarankan agar saya menggunakan KB suntik 3 bln sekali untuk menghambat perkembangan endometriosis tsb. Yg ingin sy tanyakan apakah dengan KB tsb endometriosis sy bs hilang atau minimal tdk berkembang, dan smp kpn sy hrs menggunakan KB tsb.
Thanks, jawaban dokter sangat sy tunggu.

Suryo Wibowo said...

Dear Novi,

Saya meragukan pernyataan anda "3 th yg lalu saat sy hamil didiagnosa terkena endometriosis ..."

Biasanya keluhan endometriosis justru menghilang pada saat hamil.

Mengenai penggunaan KB suntik, ini sama seperti yang terjadi pada kehamilan, yaitu terhentinya ovulasi (proses pematangan sel telur).

Mengenai sampai kapan menggunakan KB suntik itu, jawabannya ya sampai anda memutuskan untuk mempunyai anak lagi.

Selain itu bisa anda coba stop penggunaan KB suntik (dengan risiko hamil, bila tidak menggunakan metode KB lain). Kemudian amati, apakah dengan tidak disuntik KB lagi, gejala-gejala endometriosisnya datang lagi atau tidak. Bila tidak datang lagi berarti mungkin anda sudah sembuh, tetapi bila datang lagi berarti mungkin anda belum sembuh, dan harus disuntik KB lagi.

Semoga bermanfaat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

nenden said...

dear dok..
saya nenden 24th.nyeri waktu haid hari pertama sering saya alami td tdk terlalu sakit dan tidak ganggu aktifitas.tp tb2 bln ini saya saya merasakan nyeri yang sangat justru hari ke 5 haid sampe badan saya meriang.saya cek ke dkter kndungan,saya kena gejala endometriosis.dan baru minum obat pada saat haid bln berikutnya.yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa sembuh total dan apakah saya bisa cepat punya anak karena sebentar lagi saya mau menikah.mksh ya dok ats jwbannya..

Emilia said...

Selamat Malam, Doc

Saya sering kali mengalami neyri haid saat 2-3 hari kemudian hilang tetapi, beberapa minggu kemudian neyri kembali dan belum 28 hari haid kembali didahului nyeri sakit di bagian bawah perut. Sudah 2 kali di USG akan tetapi masih belum diketahui apakah penyebab dari rasa sakit ini, diduga adenimyosis. Apakah pendapat Dokter mengenai hal ini?

Terima kasih.

Suryo Wibowo said...

Dear Emilia,

Ada kemungkinan anda mengalami endometriosis. Coba konsultasikan dengan DSOG anda.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Ikke said...

Yth, Dr. Suryo,
saya Ikke usia 36 th, saya pernah menikah 6 tahun dan tidak punya anak, sejak awal menikah 1999 saya sudah menderita Endometriosis, oleh Dokter saya, berulang kali saya di terapi obat hormonal AZOL 200mg, dampaknya saya jadi gemuk & hanya sebentar Endometriosis mereda & kembali sakit, saya merasa capek konsul ke dokter & minum Azol terus, saya mohon suggest dari dokter, solusi apakah yang terbaik? agar endometriosis saya dapat dikikis kembali dengan cepat, tidak seperti Azol 3-6 bulan, dan saya dapat memiliki keturunan saat menikah lagi nantinya.. Tq Dokter - Ikke

irfan hakim said...

Dear dokter Suryo...
Anak saya sekarang berumur 25 th,sering mengalami gangguan siklus mensturasi kadang sampai 3 bulan tidak mengalami mensturasi.beberapa hari yang lalu anak saya merasa sangat kesakitan pada bagian perutnya sehingga harus dilarikan ke UGD.setelah dikonsultasikan dengan dokter kandungan ternyata menurut dokter tersebut anak saya didiagnosa ENDOMETRIOSIS dan diberikan obat penghilang rasa sakit dan obat KB.menurut dokter tersebut obat kb ini harus diminum selama 3 bulan.setelah saya baca tulisan dokter Suryo mengenai Endometriosis bahwa pemakaian obat kb bisa menyebabkan gangguan lain saya jadi khawatir,pertanyaan saya apakah obat kb nya saya stop lalu diganti dengan tindakan laparoskopi?atau mungkin dokter punya saran lain.terima kasih atas perhatiannya

Suryo Wibowo said...

Dear Pak Hakim,

Tindakan laparoskopi bisa sebagai alat diagnosis dan juga sebagai terapi bila memungkinkan.

Mengenai efek samping pemberian obat KB, sejauh manfaatnya lebih besar dari pada risikonya, biasanya tidak apa-apa, yang penting kontrol teratur ke dokter, sehingga apabila muncul efek samping, dokter dapat mendeteksinya sedini mungkin. Jadi teruskan saja obat yang diberikan oleh dokter, dan jangan lupa kontrol teratur.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

dee said...

Dear dr. Suryo,
Saya kemarin melakukan USG dan divonis dokter mengidap endometriosis. Ada beberapa pertanyaan Dokter :
1. Apakah solusi pengobatan dengan minum pil KB betul? Saya pernah mendengar ttg pemakaian pil KB akan membuat kering rahim. Apakah betul?
2. Apakah endometriosis bisa di"non-aktif"kan dengan pijat refleksi?
3. Apakah ada obat tradisional yang bisa saya konsumsi?

Tku & Kind Regards,

Suryo Wibowo said...

Dear Dee,

Salah satu solusi memang dengan minum pil KB. Tidak betul pil KB akan membuat kering rahim. Orang yang minum pil KB saja bisa kebobolan (maksudnya hamil).
Mengenai pijat refleksi untuk menonaktifkan endometriosis saya kurang tahu, begitu pula mengenai obat tradisional.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

adhie said...

salam sejahtera dok,,,
saya adhie, pacar saya saat ini berusia 27 tahun, dan sempat beberapa kali mens dia mengalami sakit perut yg sangat.
Awalnya dokter mengira terkena usus buntu, tp stlh diUSG, dokter kandungan mendiagnosis ENDOMETRIOSIS stadium 2.
Yg mau saya tanyakan, apakah harus melalui cara pembedahan untuk menyebuhkannya??
tidak adakah cara lain supaya gumpalan darah itu bisa hilang dari rahimnya??
terima kasih atas waktu Pak Suryo berikan, dan saya amat mengharapkan jawaban dari Dokter.
Makasih,,, ^_^

Suryo Wibowo said...

Dear Adhie,

Sempat beberapa kali mens mengalami sakit perut yang sangat??? Berarti tidak tiap kali mens mengalami sakit perut yang sangat? Bila jawabannya ya, maka berarti kemungkinan pacar anda menderita endometriosis agak kecil. Untuk diagnosis pasti endometriosis adalah dengan laparoskopi, dilihat langsung, bukan dengan pencitraan USG.

Coba diskusikan lagi dengan dokter kandungan pacar anda.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

adhie said...

Salam sejahtera Dok,,,
saya Adhie, yg kmrn sempat tanya tentang kondisi endometriosis pacar saya.
Pacar saya merasa nyeri kurang lebih dari 5x mens, 3 diantaranya dia ngerasa nyeri.
apakah itu sudah termasuk parah Dok??
Misalnya dengan terapi hormon saja bisa sembuh apa tidak??
Terima kasih atas perhatiannya Dok...

adhie said...

dok,,,
saya adhie.
ada info tambahan dok, endometriosis pacar saya sebesar 8cm.
Saya mau tanya juga dok, apakah endometriosis itu sama dengan kista??
makasih Dok, saya tetap mengharapkan jawaban dari Dokter... ^_^

maulana said...

malam Dok,

Sy Maulana, kenetulan 2 minggu lalu saya menemani istri saya (26thn - kmi belum punya anak) ke Dokter kandungan..dan Istri saya di diagnosis terkena Endometrosis..dia di beri Norethisterone 5mg Tab dan pil kontrasepsi.
masalahnya sekarang dia mengalami pendarahan yg amat banyak..padahal baru 1 minggu kemarin dia berhenti menstrusasi.
dia juga darah rendah..jadi sekarang sering lemas, dan terlihat pucat..

pertanyaan saya..
1. bisakah endometriosis itu di sembuhkan?
2. apakah ada efek samping dari pengobatan menggunakan Norethistherone ini..dgn keadaan istri sy yg begitu..apa saran anda?
3. apa dampaknya Endometiosis trhdp kesehatan istri sy?
4. apa benar kemungkinan besar bs mandul

terima kasih y dok

salam

Suryo Wibowo said...

Dear Adhie,

Saya tidak dapat berkomentar mengenai apakah bisa sembuh dengan terapi hormon atau tidak, karena saya tidak melihat langsung kondisi pacar anda.

Sebaiknya anda diskusikan dengan dokter yang merawat pacar anda. Jangan ragu-ragu untuk bertanya kepada beliau.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Maulana,

Endometriosis bisa disembuhkan, tetapi tergantung lokasi, ukuran, dan sebagainya, biasanya prosesnya lama dan rumit, jadi perlu kesabaran.

Untuk pertanyaan nomor dua, maka saya sarankan agar anda membawa kembali istri anda ke dokter kandungannya.


Mengenai mandul atau tidak banyak sekali faktor yang harus diperhitungkan. Untuk itu ada baiknya anda diskusikan juga dengan dokter kandungan yang merawat istri anda.

Semoga bermanfaat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

hey dok,
saya ama usia 23th, udah smnjak 3bln terakhir ni saya di nyatakan trkena ENDOMETRIOSIS tp kt dokter sya alhmdullilah blm smpe kista....tp udah 1 bln ni jg sya blm juga haid, yg sya mau tany ke dokter....
"apakh pengaruh obt yg saya minum itu ada hubungannya dengan tidak datangnya haid???" dan apkh pnykit ini bisa di sembuhkan dng cara yg alami???? wktu awl periksa saya di ksh obt naturol dan norelut, tp saat ini saya hny di ksh obt norelutnya saja,menurut dokter gmn??????trs apakh ad makanan pantangan jg dok?????mksh ya dok sblmnya, sya harapkan jwb dan penjelasan dokter......

Suryo Wibowo said...

Dear Ama,

Jelas anda tidak mendapatkan haid karena minum obat norelut. Dengan norelut, hormon anda ditekan, sehingga diharapkan endometriosisnya akan mengecil. Tidakkah dokter anda memberitahukan hal tersebut?

Semoga jelas.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Mariani said...

Dokter, apakah ada spesialis kandungan atau bedah yg secara spesicifik menangani endometriosis by laser laproscopy di Indonesia? Atau dinegara tetangga terdekat.. Malaysia, Singapore atau Australia?
Bisakah saya minta nama dan alamatnya?

ifaa said...

dok mw tanya nie...
saya ifaa 19 thn...punya masalah pada haid yang tidak lancar...sejak pertama kali haid pada usia 15 thn...
abiez priksa ke spesialis kandungan cz udah 3 bln en99a9 haid n d ksh obat nurelut kalo 9a9 salah setelah minum itu 1 min99u kemudian bisa haid kemudian suruh priksa la9i...priksa yang kedua aq dkasih pil kb jmlhnya 21 ama vitamin...yan9 saya tanyakan pil kb itu diminum setelah masa haid apa setelah priksa itu ( dalam masa haid hr ke-6 )n apa semua pil kb itu hasiatnya sama?????mohon jawabanya dok...

Yeshi said...

Dear Dok..,
saya yeshi usia 25 tahun sudah 5 bulan ini diketahui bahwa saya menderita endometriosis..saat pertama kali usg terlihat ada kista dirahim saya.,namun 1 bulan setelah terapi obat endometril kista tersebut hilang..meski begitu perut tetap terasa nyeri meskipun diluar siklus menstruasi..awalnya yang sakit hanya perut sebelah kanan dok tapi lama kelamaan perut yang sebelah kiri juga terasa nyeri saat haid..hasil pemeriksaan terakhir dokter mengatakan bahwa rahim saya mengalami perlengketan disebelah kiri.,hal inilah yng menyebabkan rasa nyeri luar biasa klo lagi haid...sampai2 saya demam dan tidak masuk kerja setiap 3 hari pertama haid..yang ingin saya tanyakan kira2 klo hanya dengan terapi hormon butuh waktu berapa lama untuk penyembuhan endometriosis Dok??

Anonymous said...

Dear Dok Suryo,

Saya Elis, usia 33 tahun dan belum menikah. Tahun 2005 didiagnosa terkena kista endometriosis bilateral dan telah dioperasi kistectomy. Tahun 2006 setiap kali haid terasa sakit. Kemudian dapatkan terapi lanjutan profera selama 3 bulan. Pada tahun 2010, bulan februari-Mei mengalami perdarahan haid setiap hari. Oleh dokter saya diberikan terapi obat Calmex, Vitamin K, Norelut, Ferofort. Sementara kadar Hb naik turun antara 8-10. Setiap kali konsumsi obat-obat tsb perdarahan berhenti dan tersisa sedikit flek.

Namun pada awal Agustus ini, semua obat habis dan saya kembali mendapat haid dengan kesakitan hebat. diberikan injeksi analgetik 1 hari 3 kali. Setelah di-USG ternyata ditemukan hiperplasi endometrium dan masa adenomyosis.

Oleh dokter, disarankan untuk dioperasi histrectomy total.
Tetapi karena masih dipertimbangkan resikonya operasi ini, disarankan untuk diberikan injeksi Tapros 3.75 selama 6 bulan (saat ini injeksi belum dimulai)

Maka, mohon tanggapan dan saran dokter Suryo terhadap masalah saya yang demikian.
Terima kasih atas tanggapan dan saran dokter.

Suryo Wibowo said...

Dear Yeshi,

Therapi hormon untuk menekan hormon yang dikeluarkan oleh tubuh anda yang mana hormon tersebut mempengaruhi jaringan endometrium. Begitu mulai dengan therapi hormon, maka anda tidak akan mengalami menstruasi, sehingga dengan demikian nyerinya tidak terjadi lagi.

Lama-kelamaan jaringan endometriosis karena tidak mendapat hormon akan mengecil dan diharapkan menghilang. Berapa lama? Sukar untuk dikatakan, tergantung berapa luas jaringan endometriosis yang ada di tubuh anda. Biasanya therapi dilakukan selama 6 bulan, kemudian dinilai lagi.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Elis,

Histerectomy total berarti rahim anda diangkat seluruhnya, berarti seandainya anda menikah, anda tidak akan dapat mempunyai anak.

Saya rasa sebaiknya anda mengikuti dulu anjuran dokter anda untuk injeksi tapros.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

na said...

dear dokter,awal september lalu saya operasi pengangkatan kista endometriosis yg didiagnosis berukuran 7cm. sekarang oleh dokter kandungan saya diberi terapi suntik depo progestin yang semula sebulan sekali menjadi 2 minggu sekali karena saya sempat merasakan nyeri kembali di perut dan masih sering keluar darah meskipun tidak banyak. yang saya tahu, suntikan depo ini kan untuk 3 bulanan, apakah ada efek samping apabila jadwal suntiknya menjadi 2 mingguan? Apakah ada alternatif pengobatan lain selain menggunakan depo progestin? terima kasih

Unknown said...

Yth. dr. Suryo,
Saya Maria, 27thn, PNS di NTT, 155 cm dengan berat 45 kg. Saya belum menikah.

Saya menderita nyeri perut di bagian bawah sebelah kiri sejak SD. Jika nyeri datang, posisi badan saya membungkuk dan tidak bisa ditegakkan karena sakit. Ketika itu (tahun 1995), dr.S.PD akan melakukan endoskopi, namun tidak jadi dan diberikan obat buskopan.

Tahun 2005 saya mulai intens berobat pada dokter SPOG dan dilakukan USG, ada dokter yang mengatakan kista namun dokter yang mengatakan tidak ada apa2.Ada dokter yang mengatakan kram penggantung rahim dan diberikan obat myonal, namun saya alergi, sehingga tidak minum obat apa2 lagi. Ada pula dokter yang menyatakan saya perekatan rahim. Saya juga pernah disarankan ke S.PD. dan dilakukan OVP. Namun semua opini tidak menemukan kelainan dan belum memberikan penyembuhan.

Pda tahun 2008 tiba2 saya merasakan nyeri hebat dan tidak bisa berdiri. pada saat itu saya mengeluarkan cairan putih dan sehari kemudian sekitar 2 tetes darah merah (saya menyebutnya bleeding). Sejak saat itu hampir setiap bulan saya mengalami nyeri hingga membungkuk dan bleeding.

Diagnosa dokter SPOG terakhir menyatakan saya mengalami kista sekitar 2,2 cm, endometriosis, dan pembengkakan rahim. Namun belum ada dokter yang bisa menjelaskan penyebab saya bleeding.

Pola yang saya tandai, pada tanggal 28 September 2010 saya haid, kemudian nyeri hebat dan bleeding pada tanggal 11 Oktober 2010. Pada tgl 27 Oktober saya haid. Pada tanggal 8 November 2010 saya nyeri kembali.

Ada dokter yang menyarankan laparoskopi, namun dokter lain mencegah. Ada dokter yang mengatakan tidak perlu dilakukan apa2. Saya bingung.

Mohon penjelasan, Dok. Dan apa yang harus saya lakukan untuk penyembuhan, karena makin lama makin sering sakit dan rasa nyeri makin sakit. terimakasih.

Suryo Wibowo said...

Dear Na,

Suntikan depo progestin per tiga bulan sekali itu untuk tujuan keluarga berencana. Sedangkan untuk kasus anda, dosisnya mungkin kurang, sehingga anda masih mengalami perdarahan, oleh karena itu dosisnya ditambah lagi.

Mengenai efek samping, pada yang tidak cocok dapat timbul hipertensi, penambahan berat badan, dll.

Terdapat banyak obat-obatan untuk menghentikan siklus menstruasi. Coba anda diskusikan dengan dokter anda.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

dok, saya diah 25thn.saya obesitas dok. menikah 2 bulan. saya pernah haid tidak teratur sewktu masih gadis, saya konsul ke dr. Sp.Og di kasih regumen 2x1 sebanyak 30 tab,waktu itu keluhan saya mens tidak mau berhenti setelah 3 minggu lebih darah masih ada.
kemudian sewaktu saya mau menikah 2 bulan yg lalu,sy mendapat regumen lagi 2x1 untuk 5 hari krn saya haid sehari sebelum menikah (18-22nov 2010)
saya mendapat haid 24 november 2010. setelah itu,sampai sekarang saya belum haid lagi.
kemudian saya konsul lg ke dokter kandungan dan mendapat norethisterone (norelut) lagi.
yang ingin saya tanyakan,
1. berbahayakah penggunaan norethisterone seperti itu,krn saya sudah 3x menggunakan obat tsb.
2. kemudian,kenapa kalau saya tidak haid dan darah haid saya tidak berhenti obat nya sama?
terima kasih byk dok...

Anonymous said...

saya tuti,,berusia 31 tahun mnikah hampir 2 th, tgl 15 april mnjalani terapi LD+kromotubasi,menurut hasil LD ada mioma ureni dan endometriosis,dan tgl 5 mei kmren sya mnjalani suntik tapros,,yg mau saya tanyakan apakah miuma ureni dan endometriosisnya bisa disembuhkan dengan tapros,apakah saya kelak bisa hamil dok...thx atas jawabanya dok

putri said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

dear dokter suryo..
saya vila berusia 20 tahun. saya baru menikah 5 bulan lalu..
sebelum menikah saya menyadari bahwa siklus haid saya itu lebih dr 30hari tiap bulannya,tp setiap bulan ttp menstruasi,tp tidak pernah saya catat setiap saya haid.
namun baru2 ini setelah saya menikah baru saya catat tiap siklus haid saya,yg ternyata tiap bulan mundur 1hari. awal mencatat siklus haid saya 36hari, lalu 37hari,kemudian 38hari..
bulan agustus ini saya haid dari tanggal 23-28agustus, namun saat tanggal 26agustus darah haid tidak keluar sama sekali selama sehari penuh, lalu saat malam hari saya berhubungan badan dgn suami saya, namun setelah selesai ternyata darah haid saya keluar lagi dan akhirnya haid saya berhenti tanggal 28.
sejak haid saya berhenti, saya merasakan sedikit rasa agak nyeri di perut bagian bawah dan panggul saya. saat tanggal 30 agustus,sempat keluar lendir bening disertai sedikit bercak warna merah muda.. lalu saat ini tanggal 1 september keluar sedikit darah yg agak pekat dr kewanitaan saya, tp rasa nyeri perut agak berkurang..
yang ingin saya tanyakan, disebabkan oleh apakah pendarahan kecil yg keluar dr kewanitaan saya?
apakah ini berbahaya?
saya sangat mengharapkan jwbn dr dokter. terimakasih..

I said...

Dokter Suryo,
Umur saya 19thn (blm menikah), pas saya 16thn kata dokter ahli kandungan saya terkena pembengkakan rahim kemudian saya di berikan pengobatan selama 2minggu dengan obat2an. Setelah itu saya check up dan hasilnya sudah membaik tp kalo saya kecapean rahim akan membengkak lagi. Saya juga sering mengalami keputihan dan saat haid sering merasa nyeri seperti di sayat pisau sampe nyeri ke pangggul.
Sudah 1thn lebih sampai sekarang keputihan saya makin mencurigakan. Sering berwarna kuning, berbau busuk yg menyengat bahkan setiap hari. Beberapa hari yg lalu keluar darah darah dr daerah V, saya tidak lg haid. Dan hanya hari itu saja.
Apakah ini gejala yg berbahaya dok ?
Mohon jawabannya dok. Thnks :)

indah said...

Dokter Suryo,
Umur saya 19thn (blm menikah), pas saya 16thn kata dokter ahli kandungan saya terkena pembengkakan rahim kemudian saya di berikan pengobatan selama 2minggu dengan obat2an. Setelah itu saya check up dan hasilnya sudah membaik tp kalo saya kecapean rahim akan membengkak lagi. Saya juga sering mengalami keputihan dan saat haid sering merasa nyeri seperti di sayat pisau sampe nyeri ke pangggul.
Sudah 1thn lebih sampai sekarang keputihan saya makin mencurigakan. Sering berwarna kuning, berbau busuk yg menyengat bahkan setiap hari. Beberapa hari yg lalu keluar darah darah dr daerah V, saya tidak lg haid. Dan hanya hari itu saja.
Apakah ini gejala yg berbahaya dok ?
Mohon jawabannya dok. Thnks :)

Anonymous said...

Dok..

saya usia 21 tahun dan didiagnosa endometriosis kemudian diberikan obat azol 200 untuk menghentikan haid.

Apakah obat tersebut memiliki pengaruh besar untuk pengobatan saya?

Yuni said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Dear Dok,

sy Yanthie usia 30th, akan segera menikah dengan duda (mati), menurut informasi, mantan istrinya terkena Endometriosis. pertanyaan saya, apakah penyakit tersebut bisa menular melalui kelamin calon suami? menurut info, penyakit ini menular, tapi juga ada yg menyatakan tidak menular, mohon penjelasannya.
thanks dok.

panca said...

salam dok.
saya panca, istri saya di diagnosa endometriosis, dan sdh melakukan operasi larascopi bahkan dah operasi yg kedua, ternyata baru saja kontrol kedokter dan stlh di usg muncul lagi, besarnya 7x3 cm, ada obat herbal gak dok, trims

mitra_fahrezi said...

dear dok,
Ibu saya penderita diabetes umurnya 63 thn...baru 3 minggu operasi pengangkatan rahim,dgn kesimpulan patologinya LOW GRADE MALIGNANCY..tiba2 ada bercak darah keluar dari vaginanya ..pasca operasi ....apakah bercak darah itu karna pengaruh operasi yg belum sembuh akibat penyakit diabetesnya ataukah,,,dari sel tumor nya masih ada ....makasih sebelumnya dok

Mira Siti Khodijah said...

dear dok,
Saya mira,berusia 24thn belum menikah 2thn yang lalu saya pernah mengalami haid yang lama dan di periksa ke dr.kandungan dan dr. bilang pembengkakan rahim,kemudian saya teratur berobat dan sembuh,tetapi pas haid jadi merasakan sakit dan keram perut,setelah itu baru kemarin-kemarin saya periksa lagi kata dr. kena Endometriosis..saya cuman di kasih obat penyubur(Vitamin),dan antibiotik saja,apakah yang harus saya lakukan lagi sekarang karena saya sering mersakan sakit di bawah perut?

Fatma said...

dear dok,
saya fatma saya 27 tahun saya sudah hampir 7 bulan tidak haid ini terakir haid cuman sekedar bercak bercak aja , dulu saya sudah ke dokter dan sudah di usg tidak ada apa2 , terus doketer ngasih obat norelut dan fundamin E , sewtelah itu saya haid selama 2 bulan saja , kemudian saya tidak haid lagi , sekarang beberapa hari keluarnya bercak 2 aja,apakah saya mandul , karena saya punya rencana menikah 6 bulan lagi. terimakasih

Anonymous said...

Dok, sya Maulida 15 th, sya sering merasakan sakit yg luar biasa di bawah perut ( diluar masa haid ) dan sya sring haid lbih dari 2 minggu. Stelah di USG, kta dokter dkat rahim sya ada kista, dan sya di kasih obat. Alhamdulillah stelah 5 blan kta dokter kistanya sudah hilang dan sya di kasih obat NORELUT ( norethisterone ) untuk menghentikan pendarahan yg sudah 2 minggu, stelah 2 hari minum obat, haid sya brenti dan sya brhenti mengkonsumsi obatnya karena sya takut ada efek smping, ternyata stelah 1 hari tidak knsumsi obat saya haid lagi. Dan bgitulah seterusnya dok, sya tergantung dg obat. Apakah ini darah penyakit / darah haid ? Dan Bgaimana cara mengatasinya dok ?. Mhon balasannya.

Anonymous said...

dr.Suryo

Anonymous said...

dear dok suryo..
saya Reni Oktora, didiagnosa endometriosis sbsr 8cm dan 6,7cm sdh dilaparoskopi bln 10 thn 2011 dan mmg psitif endometriosis dan ternyata ada 3 buah endo. saya melakukan terapi tapros 2x sebelum laparoskopi dan 4x sesudah laparoskopi..
tapros berakhir bln 2 thn 2012...cek up terakhir bln 3 thn 2012 krn kdg2 sy mrsakn nyeri di bag bwh perut sblh kanan dan ternyata msh ada endo sebesar 5,5cm....jika sy membandingkan hsl usg seblm laparoskopi dan hsl cek up terakhir ada bbrp endo yg mmg sdh tdk kelihatan lg tp endo yg berukuran 5,5cm itu berada ditmpt yg sama dgn hsl usg sblm laparoskopi....yg jadi pertanyaan sy:
1. Apakah ada kemungkinan endo yg 5,5cm tsbt tdk diangkat oleh dok yg melakukan laparoskpi sy ( sy blm prnh cek up ke dok tsbt sampai saat ini) krn sepengetahuan sy ktk seseorg melakukan terapi tapros maka endo yg baru tdk akan tumbuh kmbl?

2. Bulan ini sy haid yg pertama kalinya stlh laparoskopi dan terapi tapros,,obat penghilang rasa sakit apakah yg ampuh menghilangkan rasa sakit tsbt ( trkdg obat minum sdh tdk mempan lagi dok) dan apakah penggunaan pronalges melalui anus aman bg penderita endo?

3. Jika benar suntik KB 3 bln bisa membantu sy mematisurikan endo sy,,kpn wkt yg tepat melakukan hal tsbt?

4. berapa besar kemungkinan bagi penderita endo untuk bisa memiliki keturunan?( sy alhamdulilah sdh memiliki seorg putra berusia 9 thn)

maaf terlalu byk pertanyaan yg sy ajukan hal ini sy lakukan demi mendapatkan second opinion krn bbrp dok yg sy temui tdk memberikan jwbn yg memuaskan bahkan trkdg tdk melihat wajah sy ktk dia menjelaskan penyakit sya
tq dok

Unknown said...

Pak Dokter Suryo,
Terima kasih atas Blog-nya, dari membaca ini istri saya yang terkena endrometriosis sudah mulai berkurang sakitnya, setelah mencoba usulkan suntik KB 3 bulanan ke dokter langganan dan disetujui, sekarang istri saya tidak lagi mengeluh sakit lagi. tapi sekarang menstruasi lama hampir 14hari, apakah ini normal? atau efek samping suntik KB ?

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

dear dr suryo,
saya shella berusia 20thn...
saya ingin tanya dok, setiap kali saya haid itu rasanya sangat nyeri skali seperti si iris2 selama mens berlangsung tapi rasa nyeri yang luar biasa itu sering terjadi setelah menstruasi berakhir...
rasa sakitnya bisa sampai ke tulang panggul dan samapi ke tulang belakang..
sakitnya di bag perut kanan bawah...
dan biasanya saya meredakanya dengan obat penghilang nyeri..
apakah saya menderita endometrosis dok dan apakah nanti sulit mempunyai anak??

Anonymous said...

dear dok..
saya nana, wanita 20 tahun, saya punya penyakit maag.. suatu malam saya minu air cola dan pagi harinya perut bagian kiri dan tengah bawah saya nyeri sekali, sudah 3hari tak kunjung hilang, jika terkena goncangan perut saya semakin sakit.. saat buang air pun anus saya terasa sakit, kira2 saya sakit apa ya dok? terimakasih

Anonymous said...

dear dok,
saya riska saya umur 18 tahun pada masa haid saya hanya haid sedikit saja hanya berupa spotting tetapi pegal rasa,a . tetapi setelah itu belum keluar lagi apa yang saya derita ini dok?

Anonymous said...

dear dr suryo.saya dwi usia 32 th sdh punya 1 anak,pd bln des sya periksa kedokter kndungn krn sdh 3 bln tdk menstruasi,awalny sy minta obt spy mens tp dokter mnyarankn sy utk di USG,stlah di usg sy dinyatakan ada kista sbsar 5cm.sy dibrikn obt KB 1bln brupa pil,stlah hbs sy mens jrk 1 mggu stlh obt hbs,kmudian bln brikutny sy kmbli kedktr utk mengecek kista sy,tp malah dikasih obt utk mens nya lancar,stlah minum obt slm 2mggu sy mens,tp 3 bln brikutny sy tdk kdoktr,tp 1bln prtm sy hnya keluar flek slm 2 hari,dan 2 bln kedepan sy totl tdk mens,sy kmbali periksa kdokter dgn di USG VAGINA,stlah itu dokter bilang sy ada polip dan endometriosis,dia blg sy hrs dikiret,ktny dokter bkn kista,lalu sy diberi obt AZOL 200,baru 9 hr sy minum,sy sering nyeri pdhl wktu sblm minum nyeri jrg,tp wktu sy mens rs nyeri itu hiang. yg mau sy tnya:apakah setelah sy konsumsi azol sya bs mens?dan apa yg terbaik buat sy apakah hrs dikiret?dan knp nyeri itu smakin sering ketika sy konsumsi AZOL 200?

intan said...

Dear Dokter Suryo,

Tahun 2010 saya menjalani operasi mioma, kista endometriosis dan adenomiosis. Semenjak itu siklus haid saya menjadi terganggu dan volume darah haid sangat sedikit (flek) tetapi waktunya panjang (min.12 hari). Sudah 4 bulan ini saya kembali mengalami rasa nyeri yang hebat seperti dulu tetapi saat haid menjelang selesai. DSOG saya menyatakan kista tidak ada (sudah bersih), hanya perlengketannya yang menimbulkan rasa sakit. Sehingga saya hanya diberi analgesik supp. Yang saya tanyakan, apakah perlengketan itu dapat dihilangkan? atau memang perlengketan itu selalu ada walaupun telah menjalani tindakan operatif? Terima kasih banyak dokter...

roseelly93@yahoo.com said...

halo dok...bertanya dok apakah steril yg sya lakukn 8 taon lalu bisa dibuka kembli?saat sya dioprasi dokter mengatakn untk sementra rahim diikat dlu dikrnakn usia sya saat itu bru 31taon.sya blum mengerti mksud nya.trimaksih ats jawabnnya

Anonymous said...

Dear dokter
sy oktovin,,,sdh 4 thn menikah sy blm pnya anak, klu haid sllu nyeri di bagian bawa perut,sampai di pinggang, 2 hari sblm haid biasanya keluar cairan yg berwarna coklat tua dan berbau, stlh itu hari berikutnya baru darah haid, tp darahnya menggumpal. Siklus haid sy tidak teratur, tidak perna sampai 30 hari, haid sy turun lg,,,kemudian sy menderita keputihan sdh bbrapa tahun ini. Apakah sy menderita endometriosis??? Dan bagaimana sebenarnya menghitung siklus haid dan masa subur,,,mohon penjelasannya, sejauh ini sy priksa ke dokter kandungan, katanya rahim sy kotor, apakah ada obat untuk rahim yg kotor??? Sekali lg mohon penjelasanya! Tq

agus said...

dear dokter
saya mau tanya istri saya didiagnosis kena endometriosis, apakah penderita endometriosis dilarang berhubungan seksual? sebab setiap selesai berhubungan slalu keluar darahnya.
Terima kasih

azkia said...

dokter saya sudah haud bulan ini selama 7hari...tapi setelah12hari saya pendarahan lagi sampai sekarang sudah10 hari masih keluar darah ..penyakit saya apa ya dok...

Johan Setiawan said...

Selamat malam dok, saya 3mg yg lalu mengalami bengkak pada punggung kaki kiri sampai tdk bisa berjalan (hy bisa berjalan dengan satu kaki). Saya mengalami hal tsb setelah bangun tidur pd pagi hari dan rasanya tdk ada riwayat trauma pd punggung kaki tsb. Bengkak disertai dengan nyeri dan makin bengkak jika saya berdiri lama. Saya memang bekerja sebagai pengawas di suatu pabrik yg mengharuskan aku berdiri lama dan berjalan keliling. Kt org saya mungkin kena penyakit ginjal, tp swkt di tekan/pencet bekasnya tdk menetap (tdk nampak spt penderita peny ginjal). Sy juga sdh chek KGD, asam urat dan kolestrol total. Hasilnya semuanya bagus, cuma kolestrol total 220 saja.
Apa kira2 penyebab penyakit saya dokter? Saya jg sdh pernah berobat ke dokter dan diberi piroxicam 20mg 2x1, dexamethasone 2x1, aspilet 3x1 lalu dianjurkan istirahat 1 mg. Hasilnya memang bengkaknya kempes tinggal sedikit, tp swkt msk kerja lagi bengkak muncul lagi dan skrg bengkaknya tdk terlalu sakit. Bagaimana cara penyembuhan kaki saya dokter? Saya tetap ingin kerja di pabrik tsb dokter, adakah obat yg lbh efektif?

Unknown said...

Salam,dok saya baru 3 bulan menikah,bulan pertama semuanya masih baik2 saja,bulan kedua saya pergi k dokter untuk cek semuanYa,Dan hasilnya baik2 saja,dan sya turuti untuk minum obat proxidan dan folaplua,semenjak slama 30 hari minum obat itu,bulan ini saya sudah mulai mau mengikuti program kehamilan,yg saya mau tanyakan,ketika haid saya berhenti dan saya berhubungan dengan suami sehabis itu keluar darah sperti haid,tidak banyak tetapi sudah 2 kali terjadi hanya 2 sampai 3 hari,kira2 kenapa ya dok,terimakasih sebelumnya dok,,,

Unknown said...

Salam,dok saya baru 3 bulan menikah,bulan pertama semuanya masih baik2 saja,bulan kedua saya pergi k dokter untuk cek semuanYa,Dan hasilnya baik2 saja,dan sya turuti untuk minum obat proxidan dan folaplua,semenjak slama 30 hari minum obat itu,bulan ini saya sudah mulai mau mengikuti program kehamilan,yg saya mau tanyakan,ketika haid saya berhenti dan saya berhubungan dengan suami sehabis itu keluar darah sperti haid,tidak banyak tetapi sudah 2 kali terjadi hanya 2 sampai 3 hari,kira2 kenapa ya dok,terimakasih sebelumnya dok,,,

idolatri said...
This comment has been removed by the author.
Anisa said...

Dear dr.Suryo

saya Anisa,usia 36th, anak sy 3 orang.
1.Bulan Juli dan Agustus ini saya tidak mens dan hasil testpack negatif. akhirnya saya ke dr.spog dan dilakukan usg 3D dan transvaginal utk lebih memastikan. karena terlihat benjolan sebesar 3x2cm di sebelah "kanan dan kiri", kata dokternya itu kista.
Apakah itu berarti kista terletak di dalam rahim atau di kedua indung telur saya dok?
2.Dokter tsb memberi sy resep obat Provera dgn catatan diminum 10hr setelah sy periksa pd saat itu dan dipastikan terlebih dahulu tidak hamil. Seminggu lalu sdh sy minum 4hari berturut2 dan saya sdh mens...tp pada hari ke-5 mens sy itu banyak sekali sampai2 ada gumpalan selebar 30cm dan mulas pd saat itu...sekarang sdh hari ke-8 dan msh bnyk walau tidak mulas lg. Apakah itu proses normal dok? seperti org yg keguguran ya?
Sedangkan utk kista, dokternya menyarann\kan sy utk minum obat herbal.

terima kasih sebelumnya.

Unknown said...

dear dokter Suryo...
sy mary usia 36 thn,putri 1,6 thn..akhir2 ini mens diawalidgn flek warna coklat.waktu darah lg banyak2nya 1 harian perut bawah sakit..lbh parah waktu BAB bersamaan dng mens..nyeri sekali..dicek tak ada kista di rahim...menurut dokter ada apa saya ini? makasih sebelumnya..


Anonymous said...

Dokter,saya nona 23 taun menderita kista endometrium.sudah di laparotomi dan sebagian ovarium kiri dibuang.utk terapi saya hrs suntik hormonal6bulan agar tdk mens.
Ap benar efeknya gemuk??lalu adakah cara utk mencegah efek samping tersebut??

Anonymous said...

Tambahan dok..sampe saat ini saya sudah post op7hari..
Kira2 sampe kapan ya saya diperbolehkan aktivitas seperti biasa??

Anonymous said...

salam... dok saya wanita umur 29 tahun,baru menikah sekitar 3 bulan. semenjak menikah haid saya jadi maju terus. waktu masih gadis sampai sekarang saya kalo haid merasakan nyeri yang lumayan sakit. Dan kalo berhubungan dengan suami itu sakit dan pernah ada darah. Saya sudah cek ke dokter, kata dokter dinding rahim saya tebal, jadi saya dikasi norelut untuk peluruh dan mengikis ketebalan dinding rahim saya. yang ingin saya tanyakan apa sudah benar dokter memberikan norelut sedangkan haid saya lancar setiap bulan. dan kalo memang dinding rahim saya tebal,bagaimana supaya bisa cepat hamil. Tolong petunjuknya dok, terima kasih..

septia said...

salam dok,

saya septia 26 tahun. saya sudah mengalami nyeri haid semenjak pertama kali, umur 12 tahun dan 2010 saya cek ke dokter, saya divonis terkena endometriosis.

akan tetapi semakin kesini, nyeri haid saya semakin tidak tertahankan dan saya selalu merasa nyeri di bagian panggul perut persis seperti saat menstruasi setelah berhubungan. Apakah itu efek endometriosis juga ya dok?

apakah nyeri haid akan semakin terasa dikarenakan besaran gumpalan semakin besar?

terima kasih sebelumnya dok.

Anonymous said...

dear dokter,
sy (32th) mengalami endometriosis episiotomi dan sudah menjalani operasi pengangkatan jaringan yang benjol dan terasa sakit. hasil analisis lab menyatakan bahwa jaringan tersebut betul endometriosis. yang ingin saya tanyakan, sudah lewat satu bulan dari tindakan operasi mengapa masih terasa sakit di daerah perineum dan area sekitar vagina. mohon bantuan dan masukan dari dokter. mengingat kasus yang sy alami tidak banyak, sy sangat membutuhkan informsi dalam proses pengobatan ini. makasih, dok

Anonymous said...

dear dokter,
sy (32th) mengalami endometriosis episiotomi dan sudah menjalani operasi pengangkatan jaringan yang benjol dan terasa sakit. hasil analisis lab menyatakan bahwa jaringan tersebut betul endometriosis. yang ingin saya tanyakan, sudah lewat satu bulan dari tindakan operasi mengapa masih terasa sakit di daerah perineum dan area sekitar vagina. mohon bantuan dan masukan dari dokter. mengingat kasus yang sy alami tidak banyak, sy sangat membutuhkan informsi dalam proses pengobatan ini. makasih dok

Unknown said...

dear dok,
sya ninin 20 thn dan baru menikah 3 bln yang lalu..mau tanya, apakah hubungan intim sehari sebelum menstruasi dapat terjadi kehamilan ??

Anonymous said...

Dear dok,

terimakasih atas artikel diatasa itu sangat bermanfaat buat saya,,
sebelumnya sya perknalkan dri saya anisa umur 18 tahun saya sudah menstruasi 3 tahun yang lalu,tahun pertama saya mendapat menstruasi,haid saya lancar saja,namaun 2 tahun terakhir ini menstruasi saya tidak lancar,kadang 4 bulan skali bahkan sampai 8 bulan saya tidak mendapat haid,saya binggung mengapa begitu..apa penyebab haid saya tidak lancar,bagai mana solusi nya..,
terimakasih saa menunggu balasan daeri anda secpatnya

Unknown said...

dear dok..

saya henny umur 30th dan baru menikah 5 bulan....
dok saya kan sdh periksa n usg ternyata ada kista,saya dikasih obat plasminex,habbatusauda,volafit,provera..tapi setelah obat provera sm plasminex habis,haid saya datang lagi skrg sdh 2 minggu lebih,karena haid perut bagian bawah sy sakit dok...saya sdh minum obat herbal dari daun sirsak n kulit manggis..tapi haid sy blm berhenti...apa obatnya y dok...
maksih

Unknown said...

dear dok..

saya henny umur 30th dan baru menikah 5 bulan....
dok saya kan sdh periksa n usg ternyata ada kista,saya dikasih obat plasminex,habbatusauda,volafit,provera..tapi setelah obat provera sm plasminex habis,haid saya datang lagi skrg sdh 2 minggu lebih,karena haid perut bagian bawah sy sakit dok...saya sdh minum obat herbal dari daun sirsak n kulit manggis..tapi haid sy blm berhenti...apa obatnya y dok...
maksih

Dewie Anggraenii said...

dear dok..saya dewi
dok saya sering merasakan nyeri kalo haid bahkan nyeri begitu hebat sempat pingsan di sekolah,,saya kira itu hal wajar tapi sampai sekarang saya sudah berumur 20th saya masih meraskan hal yg sama kalo lagi dteng bulan,,apa itu bisa di bilang endrometriosis????

Anonymous said...

Dear dokter, saya dini 28 tahun punya 1 orang puteri usia 18 bulan..
Saya didiagnosa endometriosis karena nyeri yang saya rasakan sebelum haid beberapa bulan yang lalu. Kemudian saya diterapi exluton, tetapi terjadi pendarahan dan diganti dengan mercilon... kira2 berapa bulan saya bisa merasakan hasilnya ya dok? Karena saat nyerinya datang rasanya sudah patah semangat untuk bisa sembuh. Yang ingin saya tanyakan apakah dengan saya hamil bisa sembuh? Apakah sama kista dan endometriosis?

rista said...

Dear dr, sy rista 34th mnikah 3 th blm pya anak. Th 2010 nyeri haid n plek2 ke spog kna kista 14 cm di bag kiri telur ma endometritis berat spanjang ki-ka akhirnya di laparatomi dgn hasil PA kista coklat. Stlah itu rutin mnum aneka hormon mulai regumen,norestril,norelut dll di samping jg penyubur klomifen ternyata alergi progesteron , n pernah jg pke azol 200 6 bln. Kontrol terakhir kok jd adenomiosis , trus sy harus gmana ? Klo progesteron alergi bentol2 gatel . ({})Ʈƕǎƞƙƴǒǘ ({})

Learning everything said...

dear dok.
sya berumur 23 tahun, saya sudah 6 bulan menikah. tetpi saya belum hamil karena sya bulan november lalu d suntik kb, kt dokter hormon sya blm stabil. 3 bln kmrn sya tdk dpt haid, ttp setiap 3 bln tu ada masa seperti saya haid. tp tidak keluar hanya keluar apabila saya melakukan sex.
bulan ini saya haid tetpi hanya 3 hari saja. hr ke 4 saya sudah tidak keluar lagi darahnya, sya pun hr k 5 melakukan hubungan dengan suami saya, setelah itu darah haid keluar kembali.
pertanyaan saya, apa saya ini punya penyakit endometriosis? atau penyakit lainnya?
Trmksh dok atas jawabannya.

Anonymous said...

Dok, ibu saya berumur 46 tahun dan sudah pernah operasi steril karena sbelum nya mengalami hamil diluar rahim, dan rahim nya telah diikat. 2 bulan yg lalu ibu saya sudah tidak mengalami menstruasi,stelah bulan ke3 ibu sya menstruasi kmbali dalam jumlah drah yg sangat bnyak dan mengalami pusing serta perut nyeri. Yg ingin saya tanyakan, apa penyakit ibu saya dan kira2 apa langkah yg harus dilakukan buat ibu saya dok?

Unknown said...

dear dok, saya riske usia 30 th, belum menikah. saya mengalami masalah dengan haid saya, 2 minggu saya haid perut bawah dan pinggang belakang baru terasa sangat nyeri dan darah yang keluar sangat banyak, juga ada rasa sakit saat kencing. setelah usg saya didiagnosa endometriosis tapi sangat sedikit, setelah 5 hari minum obat haid berhenti, tapi 1 minggu kemudian saya haid lagi, apa yang menyebabkan saya haid lagi, dan adakah pengaruh makanan dan obat-obatan yang mempengaruhi pendeknya siklus haid saya, mengingat bulan bulan sebelumnya saya banyak mengkonsumsi antibiotik dan anti radang.. terima kasih atas jawabannya Dok...

firda said...

Dear Dok.

Saya perempuan berusia 29 Tahun dan saya telah menjalani operasi ceasar untuk melepas Kista diIndung telur kiri dan edomestrisiosis, dan saya disuntik Tapros untuk tidak haid selama 6 bulan, apakah saya masih bisa hamil, mengingat saya setelah operasi langsung menikah, dan sampai sekarang saya belum juga haid, apakah harus menunggu beberapa bulan lagi dok
dan berapa persen tingkat agar saya bisa hamil.

Thanks

Firda

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Dok saya wahida umur 20th dr umur 17an gitu siklus menstruasi saya tdk tratur kadang 3bln bahkan sempat sampai 7bln baru mens dan itupun krn minum obat hormon sperti norelut. Saya takut ada apa2 untuk kdepannya, jd bagaimana mnurut dokter ? Mohon infonya terimakasih

Anonymous said...

Dear dr Suryo,

Sy pernah mengalamin infertil selama 7 tahun, namun akhirnya saya berhasil hamil ditahun ke-7. Penyebab inferil sy adalah endometriosis, dam pada saat melahirkan dgn SC, terlihat kondisi end sy sudah pada tahap stadium 4.
Dokter kandungan sy selalu bilang agar saya jgn khawatir, dan ini bukan merupakan keganasan.
Beliau menawarkan alternatifnya, menstruasi sy distop dengan spiral KB. Sedangkan alternatif lain, namun tdk disarankan, adalah pengangkatan seluruh jaringan yang terkena.
Mohon saran dari dokter mengenai hal ini. Terima kasih ya dok

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

ibu saya berumur 37 th dan sudah mmpunyai anak 2. kata dokter ibu saya terkena endometriosis tapi blum ada benjolannya, dan apabila haid keluarnya seperti biasa dan waktunya hanya 4 hari saja. dokter menyarankan untuk suntik tapros setiap bulan selama 6 kali. apakah suntik tersebut tidak menimbulkan efek samping?
dan apa betul suntikan KB 3 bulan dapat menyembuhkan endometriosis??
trimkasih jwabannya dok.

Unknown said...

Dok saya mita umur 19 tahun. Setiap haid saya merasakan nyeri hebat yg luar biasa sakit. Kemarin saya ke dokter kandungan dans syaa dinyatakan mengalami endometriosis, saya disuruh suntik pemgobatan selama 6 bulan, yg ingin saya tanyakan apakah suntik itu dapat menghilangkan penyakit endometriosis ini?

Unknown said...

Coba kak periksa ke dokter kandungan aja. Biar tau jelas apa penyakitnya takutnya endometriosis

Unknown said...

dear dok,
saya annisa berusia 18 tahun. saya punya masalah dengan siklus haid saya .awalnya saya haid normal setiap bulan tapi semenjak setahun belakangan ini haid saya mulai tidak teratur terkadang 2 bulan - 4 bulan baru haid .saya sudah konsultasi ke dokter kandungan katanya masalahnya adalah hormonal,setelah itu saya di kasi obat norestil tetapi sudah seminggu belum haid,kira" kenapa ya dok ?terus apakan saya bisa haid normal kembali setiap bulan tanpa harus dipancing dengan obat hormon ?terimakasih dok atas jawabannya

Anonymous said...

dear dok,

saya ima, usia saya 26 tahun. saya mengidap endometriosis, tetapi menstruasi saya lebih cepat dari wanita pada umumnya. biasanya 14 hari setelah saya berhenti menstruasi, saya akan menstruasi kembali.
dan saya selalu muntah2 setiap kali menstruasi.

apakah tingkat endometriosis saya termasuk parah dok ?

TERIMA KASIH

Unknown said...

Dear dokte

saya wandha.29th.sdh menikah 1,5thn tp blm pnh hamil.sy pny kista endometriosis sblh kanan 6cm dan 4cm (menempel satu sama lain). Tiap kali haid sangat tersiksa dok. Sekarang saya sedang menjalani terapi tapros pertama dg dokter kandungan sy. Tp koq sy masih tetep bleeding ya dok? Apa itu normal? Biasanya butuh berapa kali suntik tapros dok?

Regards

Unknown said...

Dear dr suryo,
Saya usia 28th satu bulan ini baru saya ketahui kalo saya menderita penyakit endrometriosis. Setelah konsultasi ke dr spog saya diberikan resep minum obat endrometril 1tablet 1 hari selama 3 bulan. Saya minta penjelasan lebih lanjut dok, bagaimana analisa nya tentang penyakit saya, karna saya sudah 1,5 th menikah belum hamil dan belum pernah terlambat. Apakah saya bs hamil dok? Karna rasa takut selalu menghantui saya, walaupun dokter saya menyatakan kalo saya bs hamil.

Anonymous said...

Niastri
Salam knl dok...sy sdh mnkh 6th.ank 1 umur 5th.sy kb pil slma 2 th dan sdh 2 th ini sy promil.tp sy srg keluar lendir warna coklat di tengah siklus mens.stlh bbrpa kali berobt k dktr sp.OG dan d beri obat kalnex sm norelut tdk ada prubhan smp akhrny suatu ketika tb2 sy mengalami nyeri hebat di perut bag knan bwh.dan akhrnya sy di kuret dan hsl PA nya hormonal inbalance dg endometritis supurativa.post kuret jarak 2 bln sy mens dr tgl 18-26 stlh itu klr lendir coklat lg tp tdk byk.sy kntrol lg k dktr sp.OG dan d usg lg hslny normal tdk ada kelainan di rahim.trus sy dikasih obt norelut 2x.stlh 2x minum sdh tdk klr lendir coklat lg.yg sy tnyakn kl di hitung sy skrg kn masa subur tp knsumsi norelut.apakah ada kemungkinan untuk hamil dok?terimakash

Unknown said...

Dear dok.

Apakah setelah operasi kista harus selalu melakukan suntik tapros? Apa dampaknya jika tidak suntik? Krn sy berencana tuk operasi kista jk bln ini belum hamil. Tetapi sy tdk mau suntik tapros dok, krn sy ingin lgsg promil.. Tlg beri penjelasan dok. Fyi, kista sy uk 3.2 cm

mel said...

Pagi dok. Saya dah punya anak 1 umur 2taun. Pengen nambah anggota lg.. biasanya siklus haid teratur dan sy dari dulu tidak kb.. belakangan ini haid sy kacau.. tgl 05juli dtg mens, tgl 12agus dtg mens, tgl 24sept br dtg mens pikirnya hamil trnyata tidak. Tgl 19okt ini tb2 muncul flek coklat.. koq bs gt yah dok

Unknown said...

dear dokter, salam kenal.
saya berumur 21tahun belum menikah, sejak SMA saya sudah sangat sering merasakan menstruasi dengan sakit yang begitu hebat. baru setahun lalu saya periksa di dokter kandungan bahwa saya mempunyai endometriosis, dan hanya diberikan obat penghilang rasa nyeri. kemudia karena sakit tak tertahankan sampai susah untuk bangun 3 bulan lalu saya periksa lagi. Dokter tersebut hanya menyarankan saya untuk mengubah ke pola hidup sehat dan harus cepat menikah. dan sekali lagi saya harus meminum obat penghilang rasa nyeri setiap bulannya. dear dokter, adakah cara lain untuk mengatasi rasa sakit dan endometriosis ini agar hilang? karena sangat membuat saya stress apalagi penyakit ini sering di kaitkan dengan kamandulan. terimakasih dokter.

Unknown said...

Dear dr. Suryo
Saya amilah dok, 22 th
Begini dok, saya sudah di operasi sekitar 1 tahun yg lalu, karna tulang hidung saya bengkok dan ada benjolan besar yg hatus di angkat. Setelah sdh operasi saya tidak susah bernafas lagi tapi kok lama kelamaan benjolannya tumbuh lagi dan malah tambah membesar.
Saya takut dok, saya harus bagaimana ini dok? Saya takut di operasi lagi.
Mohon solusi dan apa yg harus sya lakukan? ini benar benar membuat saya stress.
Makasih dok

Unknown said...

dear dr. Suryo

dok, calon istri saya di diagnosa endometriosis. sampai saat ini masih menjalani terapi sunik hormon. hasil usg menunjukkan kalau panjang nya masih 5 cm.
jadi apa yang harus saya lakukan dok?
apa upaya yang harus kami lakukan, tetap bisa mempunyai keturunan?
terima kasih dok.

Unknown said...

dear dr. Suryo

dok, calon istri saya di diagnosa endometriosis. sampai saat ini masih menjalani terapi sunik hormon. hasil usg menunjukkan kalau panjang nya masih 5 cm.
jadi apa yang harus saya lakukan dok?
apa upaya yang harus kami lakukan, tetap bisa mempunyai keturunan?
terima kasih dok.

Unknown said...

Dear dok
nama saya Era, saya didiagnosa endometriosis, 10 hari konsumsi norelut, hari ke 8 malah tetep pendarahan sampai hari ke 14 trus konsul dokter lain.., dikasi Azol ni hari ke 21 kok keluar lgi dok? katanya norelut sama azol buat me nekan ovulasi dok? kok saya jadi malah pendarahan terus?

Unknown said...

dear dok,
saya rita berusia 32 tahun dan sudah mempunyai seorang anak berumur 8 tahun.dulu sebelum menikah setiap kali datang bulan saya mengalami nyeri diperut bagian bawah.diperiksa tapi tidak apa.kemudian saya menikah dan melahirkan.setelah melahirkan setiap kali datang bulan udah tidak merasakan nyeri lagi.tapi sudah 2 tahun belakangan ini perut bagian bawah nyeri tiap datang bulan dihari pertama haid.kemaren saya periksakan ke dokter kandungan katanya cuma karna gangguan hormon.setelah itu saya dikasih obat norelut.diminum hari 1-5 selama datang bulan.biasanya saya datang bulan 1 minggu.tapi kenapa di hari ke 8 saya haid lagi...seperti haid hari ke 2 karena mengeluarkan darah haid cukup banyak.apakah itu pengaruh obat norelut dok??apakah itu akan mempengaruhi kesuburan saya dok??karna saya menginginkan untuk mempunyai anak lagi.terima kasih atas jawabannya.

Anonymous said...

dok kalu kista hormonal dg ukuran 28mm apakah berbahya dan bisakah disembuhkan dg cepat,tapi rahim hasil usg sehat dan baik2 saja

Unknown said...

dok, saya divonis kena endometriosis di kanan dan kiri. 2 tahun lalu saya menjalani operasi pengangkatan kista endometriosis. indung telu kiri saya diiangkat karena sudah terlalu rusak karena adanya kista tersebut. yang sebelah kanan hanya dibersihkan saja mengingat saya belum punya anak. tapi setahun ini jadwal siklus mens saya kacau, kadang cuman flek, kadang lamah ga mens. pernah mens ga berhenti2 selama 1 bulan priksa ke dokter baik2 saja dan dikasih regumen. sklus kembali normal tp beberapa bulan kemudian begitu lagi. sebulan ini saya kembali mens ga berhenti2 dan darah yang keluar ada gumpalan2nya. apa yang harus saya lakukan mengingat usia sudah 35thn dan sudah 4 tahun menikah belum punya anak. trims

Unknown said...

dok, saya divonis kena endometriosis di kanan dan kiri. 2 tahun lalu saya menjalani operasi pengangkatan kista endometriosis. indung telu kiri saya diiangkat karena sudah terlalu rusak karena adanya kista tersebut. yang sebelah kanan hanya dibersihkan saja mengingat saya belum punya anak. tapi setahun ini jadwal siklus mens saya kacau, kadang cuman flek, kadang lamah ga mens. pernah mens ga berhenti2 selama 1 bulan priksa ke dokter baik2 saja dan dikasih regumen. sklus kembali normal tp beberapa bulan kemudian begitu lagi. sebulan ini saya kembali mens ga berhenti2 dan darah yang keluar ada gumpalan2nya. apa yang harus saya lakukan mengingat usia sudah 35thn dan sudah 4 tahun menikah belum punya anak. trims

Unknown said...

Dear Dok,
Saya Resmi, pegawai swasta Umur 29 tahun,tempat tinggal di batam.
Sejak umur 15 thun saya mengalami haid normal, dan tidak merasakan sakit ketika dating bulan,

masuk usia 16 tahun sepanjang tahun saya haid dan jika di kalkulasikan hanya 1 bulan berhenti dalam kurun waktu 1 thun itu.
hingga tahun 2011, masih sering kambuh,dan pada tahun 2011 saya mulai berobat ke dokter Spog, kata dokter terjena Endometrium, bebrapa terapi suntik hormone, dan pil juga di kasih.
Tahun 2013sudah mulai normal,
pada tahun 2013 akhir saya menikah sampai sekarang sy belum hami, yang ingin saya tanyakan, apakah penyakit yang selama ini saya alami, boleh mempengaruhi saya belum hamil hingga sekarang?

Terimakasih,
salam

PA said...

Dear Dok,
Saya mengalami sakit di perut bagian bawah kanan sampai ke pinggang belakang. Sudah ke SPOG namun hanya dinyatakan ketidak seimbangan hormon.
Tetapi sejak haid terakhir kali sampai sekarang, rasa sakitnya tidak hilang, dan menyebabkan sembelit, karena tidak mampu mengejan sangking sakitnya. Apakah ini gejala endometriosis?

Unknown said...

malam dok,
saya isma usia 25thn,sudah menikah 5bln blm hamil dok..
dok akhir2 ini perut sebelah kiri bawah saya sering mengalami sakit,apalagi stelah saya mengkonsumsi kopi/kafein.
skrng saya sudah brhenti mengkonsumsi kopi,tpi kadang msih nyeri dok,kalau nyeri hebat suka keluar darah sedikit atau lendir brcmpur darah.
tolong penjelasanya dok penyakit apa yg saya alami ini,dan bgaiman cara agar saya cept hamil..
terimakasih dok :-)

Unknown said...

dear dokter.
saya Sri, saya mau bertanya mengenai kista ovarium. kata dokter ketika saya di USG, saya kemungkinan memiliki kista ovarium namun ukurannya masih kecil (mm), dan saya diberikan obat kontrasepsi.. kira2 dok, berapa lama proses penyembuhannya menggunakan obat kontrasepsi tersebut? dan apakah kista ovarium itu berbahaya atau tidak??
terima kasih dokter

Unknown said...

dear dok,
. saya muafiyah berusia 20 th, saya sering telat menstruasi udah 7 bulan gak dateng mens dok. dari awal pertam dateng mens sering telat, kadang satu thn cuma 2x mens, itu bahaya gak sih dok..

sebelum nya terima kasih

Unknown said...

Dear dok,,, saya umi , saya uda 3 tahun menikah belum jg dikaruniai momongan, saya divonis terkena kista endometriosis, saya uda coba moment teragen , tp saat mengkonsusmsi obat itu saya menstruasi 2x dlm satu bulan tpi darah haidnya gak seperti biasanya lebih banyak 2x lipat , apakah ini pertanda jika kista endometriosis saya telah sembuh?

Unknown said...

dear dok,,,
saya umi berusia 23 th, saya uda 3 th menikah tp blom jg dikaruniai momongan, saya divonis dokter mengalami kista endometriosis, saya uda meminum obat dari dokter karena saya capek dg obat itu saya menggantinya dg moment teragen yg lg booming skrg, tp saya malah haid 2x dlm sebulan, itupun darah haidnya gak sperti biasanya, lebih bnyak disertai pusing dan nyeri tp hanya hari pertama dan kedua saja saya merasakan hal itu, apakah itu poertanda jika kista endometriosis saya telah sembuh? karena saya pernah dger kista endometriosis bs kluar bersamaan dg menstruasi. trimakasih

mercy said...

Mercy
Seseorang
Dok saya berusia 17 tahun , haid pertama kedua ketiga berjalan.lancar dan normal.
Tpi setahun ini belum turun haid dok , perut sering sakit. Kenapa ya dok.? Trims

Unknown said...

dear dokter suryo

saya wardha umur 22 tahun. saya mau sher dok. 2 bulan lalu tepat tanggal 25 april 2015 saya melakukan tindakan aborsi. setalh tu 2 bulan kemudian tepat tanggal 2 juni saya mens dengan siklus dri bulan mei yang tidak beraturan dtangx. saat ini sya mengalami kesakitan yang luar biasa terhadap fase mensx dibagian pinggul hingga bagian bwah organ intim. bagaimna menurut dokter? apa ini bisa dikatakan normal atau perlu ada tindakan khusus lainx yg perlu sya ambil? bisa anda kirimkan komentar d email sya dokter... jika tidak keberatan. (wardhaanik78@gmail.com)
terima kasih




hormat saya


wardha

siska said...

pagi dok, saya mau tanya.. saya sudah ke dr kandungan, menurut oemeriksaan ada kista ukuran dibawah 5 cm. diberi obat, tapi selama saya minum obat mens saya tidak lancar padahal sbelumnya mens saya lancar. sekarang saya mens tidak teratur dan nge flek2 saja, apa masalahnya bisa terjadi seperti itu dok? apakah berbahaya? trimakasih dok.

Riebka Febriana said...

Malam dok saya mau nanya mama saya dulu punya penyakit mio terus rahimnya di angkat 6 tahun kemudian mama saya mengalami keputihan dan bau

Riebka Febriana said...

Malam dok saya mau nanya mama saya dulu punya penyakit mio terus rahimnya di angkat 6 tahun kemudian mama saya mengalami keputihan dan bau

Anonymous said...

Dear dokter... Saya Liyana berusia 39 tahun...pada tgl 10 nov 2012 saya melakukan pengangkatan rahim karena riwayat PID berulang, hiperplasis endometrium berulang, chronic pelvic pain..dengan hasil PA hiperplasia kelenjar endometrium simpleks non atipikal , servistis kronik dan kista retensi..

Akan tetapi..saya masih sering merasa sakit dibagian perut kanan bagian kanan hingga ke pinggang dan paha kanan..padahal pd saat remaja sy juga sudah melakukan operasi usus buntu..

Mohon penjelasannya dok..mengapa terasa sakit? Terima kasih

Unknown said...

Siang dok..saya mau tanya..haid saya normal setiap bulannya.sakit pun hanya pegal2 pada umumnya..tetapi di setiap siklus sekitar hari ke 9-10 saya selalu mengalami nyeri perut kanan bawah..sakit berlangsung 1-2 hari,ini sdh berlangsung lama.saya ada masalah dgn perlengketan tuba.sudah laparaskopi tdk ada hidrosalping hanya perlengketan,yg sebelah kanan menurut dktr sdh sangat lengket,setelah operasi nyeri tersebut tetap saja dtg setiap hari ke 9 10.saya tanya beberapa dktr ada yg blg kalau itu telur yg membesar dan mengenai rongga perut karena perlengketan itu..mohon jawabannya dok apa terapi yg hrs saya lalukan..terimakasih dok..

Unknown said...

Sore dok saya punya endeometrina sebelas cm dan di suruh operasi dulu delapan th yg lalu saya operasi caesaer dan stiril kista juga di angkat apa kala ui tdk operasi bahaya kalau minum obat biar kecil apa minta jwbnya

Unknown said...

Siang dok , saya amel 19tahun . pada tahun 2008 skitar 7th yg lalu saya di vonis ada kista . dan kemarin hari selasa saya baru cek lagi kista itu masih ada apa tidak ternyata masih . dan saya cek itu setelah beberapa setelah haid . katanya dokternya terdapat infeksi dan dinding rahim saya setelah haid masih saja tebal . apa itu bahaya dok ? Infeksi itu terjd karna apa ya dok ? Terimakasih .

Anonymous said...

Halo Dok saya Yrs usia 42 thn,saya mempunyai anak usia 24 tahun ,saya baru dari dokter kandungan untuk periksa karna darah mens saya 2 hari mengendap di dalam V dan setelah 2 hari keluar cairan coklat tdk terlalu banyak dan bisa di bilang tidak sedikit di sertai nyeri perut bagian bawah dan pinggang serta nyeri yg menjalar ke paha bila di pegang seperti terasa lebam,setelah cairan coklat keluar kembali mengendap dan mens lagi darah yg cair setelah itu mengendap lagi,dokter melakukan USG dan dia bilang bersih dari kista ,saya di kasih obat untuk 10 hari setelah obat habis saya akan mens banyak sekali dan mens saat ini akan stop ketika saya tanya rahim saya dokternya bilang rahim saya kering,apa dok maksud dari rahim kering ? terimakasih Dok.

Unknown said...

dok saya nurhadijah 20 tahun.. saya mau bertanya, saya sering ketika bangun tidur saya mandi air dingin sehabis mandi langsung bersin" dan pilek mengeluarkan lendir putih, bening.. sekrang saya merasakan batuk,demam, pusing, lemes, pilek, bersin- bersin, hidung gatal, tenggorokan gatal, mata terkadang gatal dan hidung tersumbat..kira" saya rhinitis tidak ya dok.. obat apa yang kira" harus saya minum dok ?
terima kasih dok.

Unknown said...

Malam dok.istri saya(33) d diagnosa kista endometriosis yg sdh 14cm.dsbelah kiri.riwayat operasi usus buntu.apakah harus operasi laparoskopi atau ada pengobatan lain.kami ingin punya anak lagi.mohon pencerahannya dok.trimksih

Unknown said...

Malam dok.istri saya(33) d diagnosa kista endometriosis yg sdh 14cm.dsbelah kiri.riwayat operasi usus buntu.apakah harus operasi laparoskopi atau ada pengobatan lain.kami ingin punya anak lagi.mohon pencerahannya dok.trimksih

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Dear Dok,

Setelah memiliki 2 anak saya masih terserang endrometroesis kemudian pendarahan selama 2th berturut turut yg ternyata terkena Myoma dlm rahim and diangkat salah satu indung telur Saya. Setelah 3th pengangkatan myoma yg terpaksa dokter harus memotong indung telur saya kemudian Di diagnosed CIN 3 cervix. Pertanyaan nya apa saya masih dpt hamil lagi ? Saat ini haid teratur tiap bulan tapi masih saja kesakitan dan membuat saya pingsan. Dan saya sungguh ingin bisa hamil lagi. Trims.

Unknown said...

Hopefully I've got answer from Doctor Suryo. Trims.

Unknown said...

Malam dokter..
Saya yanti..saya mau tanya kira2 tgl 14 juni saya berhubungan intim. Tp saya lupa kalau tgl 16 juni ada jadwal suntik. Akhirnya saya suntik tgl 17 juni. Dan saya bulan ini belum menstruasi. Setelah saya suntik kb, menstruasi saya keluar cuma segaris noda warna coklat saja selama 2 hari. Yang saya tanyakan..apakah terjadi kehamilan atau tidak? Karena sampe sekarang saya blum jg menstruasi. Mohon penjelasannya..terima kasih

Anonymous said...

Malam dokter, saya mike. Istri saya oleh dokter spog terdapat miom endometriosis diameter sekitar 3centi dan nanti ketika haid rencana akan dikuret. Untuk 3centi mens lancar 28 hari. Apakah aman dok jika dilakukan kiret? Apakah bisa membahayakan jika dikiret. Trims

Anonymous said...

selamat malam dok,
saya Evi, tanggal 26 November 2015 saya operasi laparotomi endometriosis. Ada kista coklat 8cm di sebelah kanan dan 5cm di sebelah kiri rahim, dan yang dikanan ini terjadi pelengketan. oya, saya sudah nikah selama 8th dan belum punya momongan.Setelah operasi, dokter saya tidak memberikan suntikan tapros, dengan alasan agar cepat hamil (udah deadline, 34th hehehe...)sudah 2 bulan ini, kalo mens sakit lagi sama seperti sebelum dioperasi dulu. Tiap kontrol hanya dikasih profertil saja dan suami kasih Seloxy dan Oligocare. Waktu kontrol bulan kemarin, ke dokter bilangnya itu wajar krn yg menempel tadi tidak dibakar semua takut kena organ yg lain. sehingga ada kemungkinan tumbuh lagi.haid bulan ini sy pindah dokter, ditanya sehabis operasi di suntik ngga? Saya bilang ngga, ya krn emang ngga disuntik.
Yang mau saya tanyakan apakah harus di suntik tapros setelah operasi dan apakah masih bisa suntik tapros setelah 9 bln dioperasi?
Terima kasih dok.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Siang dokter suryo...
Saya Intan, 21th. Saya divonis terkena kista oleh dokter saya setelah usg dan disarankan untuk operasi tetapi saya tidak ingin dioperasi, semenjak itu saya melakukan pengobatan herbal selama 1bulan. Dulu sebelum menjalankan pengobatan herbal, ketika haid datang perut saya nyeri luar biasa. Tapi setelah 1bulan pengobatan herbal nyerinya sudah tidak ada lagi. Apakah itu tanda bahwa kista saya sudah keluar dok?
Terimakasih banyak

Unknown said...

Siang dokter suryo...
Saya Intan, 21th. Saya divonis terkena kista oleh dokter saya setelah usg dan disarankan untuk operasi tetapi saya tidak ingin dioperasi, semenjak itu saya melakukan pengobatan herbal selama 1bulan. Dulu sebelum menjalankan pengobatan herbal, ketika haid datang perut saya nyeri luar biasa. Tapi setelah 1bulan pengobatan herbal nyerinya sudah tidak ada lagi. Apakah itu tanda bahwa kista saya sudah keluar dok?
Terimakasih banyak

Unknown said...

Dear Dr. Suryo

Sy putri dr surabaya 22th dan belum menikah. Sy waktu itu ada tes kesehatan dr kantor, waktu d usg trnyta d diagnosis terkena kista, dan dokter menyarankan agar melakukan usg kembali.
Setelah sy melakukan usg kedua kali ternyta benar sy terdiagnosis kista coklat sebesar 14cm dan dokter menyarankan untuk operasi.
Yang mau sy tanyakan :
- Apakah kista coklat sebesar 14cm bs hilang tanpa operasi / melalui alternatif?
- Apabila d operasi apa nantinya akan muncul kembali?

Unknown said...

halo dokter
saya usia 29th. 5thn pernikahan blm punya anak. saya cek dan sudah kuret ternyata hyperplasia atipik complex. skrg d terapi hormon dengan obat primolut slama 20hr minum 2pil lalu 5hari berhenti dan lanjut 20hr lg selama 3bulan.
saya tgl 16oct kuret, tgl 18oct saya mulai minum primolut sampai tgl 2nov skrg masih konsumsi. tetapi saya masih kluar darah. 1 pembalut tidak full.
pertanyaan saya
1. setau saya primolut itu memberhentikan pendarahan. tetapi kenapa saya masi keluar darah ya dok? apa brarti primolutnya tidak ngefek ke saya?
2. apakah ini sisa2 darah setelah kuret?
3. slama saya selesai kuret, saya makan ayam tim obat hitam tradisi cina yg terkenal mengembalikan stamina tubuh, karena saya lemas. anemia ( HB saya 8)
4. apa ada pantangan makanan? mengingat hyperplasia atipik komplek adalah cikal bakal kanker kedepannya. kata dokter saya usia 40th ke atas harus d angkat kandungannya.
5. tolong di balas ya dok. info dari dokter saya tunggu sekali
terima kasih dokter

Hamba sahaya said...

Hallo dokter
Saya sri umur saya 35th udah menikah slm 10th boim punya anak.saya didiagnosa dokter ada kista ovarium ( kista coklat ) disebelah kanan dan thn 2012 dilakukan operasi skrg kista ovarium itu numbuh lg disebelah kiri besarnya 9cm memang setiap datang mentruasi saya merasakan nyeri dan saya hrs minum obat independen dr dokter.memang dokter menyarankan saya operasi lagi tapi saya blom siap lg utk operasi skrg saya coba herbal dgn rebusan daun sirsak sudah berjalan 3 minggu.mohon sarannya apakah dgn rebusan daun sirsak bisa menyembuhkan kista ovarium coklat saya dan apakah saya hrs lanjut mengonsumsi rebusan daun sirsak atau ada saran yg lain .terima kasih

Anonymous said...

Halo Dok,
Utk penderita adenomyosis, apakah boleh suntik kb 3 blnan supaya tdk mens lg?
Saya udah pernah coba suntik tapros 4 bln berturut2, tetapi gagal. Pd saat terapi selesai, mens tetap sakit jg.
Mohon advisenya. Terima kasih

Anda said...
This comment has been removed by the author.
Anda said...

Malam dok saya mau tanya anak saya kena kista ukuran 5.5 dan 4.5 sama dokter diberi azol selama 1 Bulan tapi setelah obat hbs di usg kok kistanya blm berkurang terus sama dokter sekarang diberi endometril apakah endometril bisa mengobati kista tdk mksh dok

Unknown said...

siang dok,sy mau tanya.Sya baru melahirkan anak sy,dan sy mengunakan kb suntik 3 bulan,sya dua bulan tidak haid,dan skrg sya haid sudah mau 20 hari,darah nya banyak,apakah bahaya dok ??makasih

Unknown said...

siang dok,sy mau tanya.Sya baru melahirkan anak sy,dan sy mengunakan kb suntik 3 bulan,sya dua bulan tidak haid,dan skrg sya haid sudah mau 20 hari,darah nya banyak,apakah bahaya dok ??makasih

Unknown said...

Selamat pagi dok. Sy eny usia 26 thn blm menikah. Setiap sy mens perut bagian bawah terasa sakit dan kram. Sy sudah usg. Tp dirahim tidak terdeteksi apa2. Kata dokter'y kemungkinan sy terkena endometriosis. Sy diminta utk konsumsi obat visanne pd hari ke 16 mens. 1x1 selama 10 hari, terapi selama 6 bln. Apakah tidak ada masalah jika sy hanya konsumsi selama 10 hari sj setiap bulan'y? Krn sy baca2 diinternet banyak yg konsumsi visanne selama 1 bln penuh seperti minum pil kb krn obat ada 28 butir. Mohon solusi'y dok, terimakasih

Unknown said...

Selamat pagi dok. Sy eny usia 26 thn blm menikah. Setiap sy mens perut bagian bawah terasa sakit dan kram. Sy sudah usg. Tp dirahim tidak terdeteksi apa2. Kata dokter'y kemungkinan sy terkena endometriosis. Sy diminta utk konsumsi obat visanne pd hari ke 16 mens. 1x1 selama 10 hari, terapi selama 6 bln. Apakah tidak ada masalah jika sy hanya konsumsi selama 10 hari sj setiap bulan'y? Krn sy baca2 diinternet banyak yg konsumsi visanne selama 1 bln penuh seperti minum pil kb krn obat ada 28 butir. Mohon solusi'y dok, terimakasih

Unknown said...

Saya neci..uda 3 tahun Merid blm punya momongan..Saya teridap Sakit Mioma utery kata dok.yg mnangani saya..setelah itu saya menjalani suntik tapros tnpa operasi slama 6 bulan..trakhir Suntik Pda Tanggal 29 bulan 11.2016 smpai saat ini uda tgl 5 bulan 3 thn 2017..uda 4 bulan sya blum dpat haid dok.Mngingat dok.yg mnangani sya sudah pindah kota lain dok.sya suda gak bisa konsult. Mohon dok mnjawab kerisauan kami..dok.spog di kota saya smntara blom ada dok.Trims dok.gbu

Anonymous said...

Salam dok, nama saya Rani, saya haid terakhir 12 februari, setelah sekitar 2 minggu miss v sy mngeluarkan bercak kecoklatan kurang lbih 3 hari, stelah itu sy mual tiap harinya saat malam tp tdak sampai muntah, sy testpec tgl 9 tp hasilnya negatif, esoknya sy usg dan dinyatakan positif, dokternya memberikan suntikan vitamin katanya, smpai d rumah stelah 2 jam dan sy berhubungan dgn suami, stelah berhubungan sy tiba2 merasakan sakit sekali di perut bawah lalu mual sampai muntah.
Sy mau tanya dok
1. Apakah ini efeksamping dari suntikan vitamin itu atau karena berhubungan dngan suami,? sy belum pernah merasakan sakit sperti ini setelah berhubungan, jd sy beranggapan ini karna suntikan itu
2. Dokternya tdk mmberikan informasi umur janin, saat usg dokternya bilang msih bntuk gumpalan darah, apakah hasil usg itu sdh pasti benar?
3 kenpa tespec sy hasilnya negatif.

Sekian dok, termakasih sebelumnya.

Anonymous said...

Ass malam dok saya Agni belum menikah usia saya 23 then. mauu bertanya saya Sudah hampir setahun sakit saat haid. Darihari pertama sampai terakhir sakit. Selalu sembelit kadang bab berdarah. Kencingpun seperti tersendat. Saya Sudah berobat ke Dr kandungan Dan hasil usg saya. Menyatakan saya menghdap sis endometriosis. Dan beliau memberikan saya obat vissane ddienogest. Dok apakah boleh pemakaian obat tersebut diminum sebelum haid. Biasanya haid saya akhir bulan tapi skrg belum. Apakah penyakit ini dapat sembuh dengan terapi. Takut mempengaruhi kesuburan. Sekian dok terimakasih sebelumnya

Unknown said...

dokter please help me..saya 26 taun belum menikah.dah saya asa miom.sudah berobat berbagai dokter.sudah suntik tapros 4x . dan setelah 5 bulan suntik tapros .miom besar lagi..dan dikasi obat regumen .bagaimana menurut dkter??

Unknown said...

Selamat mlm dok..
1thn yg lalu ketika sy blm menikah, sy melakukan operasi kista coklat. Tapi stlh operasi, haid sy msh trasa sakit. Skrg sy sdh menikah. Bulan september sy mengalami 2x haid, tapi sampai skrg sy blm haid lagi. Sdh 2 bln. Tpi d TP 2x hasilnya NEGATIF. Sy jg sedang mengkonsumsi Danazol. Sdh 2 bulan. Akhir2 ini sy sering buang air kecil, dok. Sdh diUSG tpi yg terlihat hanya kista. Apa yg harus sy lakukan, dok?
Terima kasih

Anonymous said...

Selamat Pagi Dok...

saya Annie,
Tahun 2010 saya di diagnosa menderita kista coklat berbarengan dengan kehamilan putri saya, dokter menyarankan untuk operasi pengangkatan kista berbarengan dengan CS, maka saya menyetujuinya.
kemudian untuk menunda kehamilan selanjutnya saya KB suntik 3 Bulan selama 6 Tahun.
untuk saat ini saya sudah lepas KB selama 1 Th karena ingin kembali memiliki momongan, tetapi hingga sekarang belum juga hamil, saya juga sudah cek rahim pada dokter hasilnya rahim saya bagus.
pertanyaan dapatkah saya hamil kembali?
apakah yg harus saya lakukan, dok?
terima kasih

Annie said...

Selamat Pagi Dok...

saya Annie,
Tahun 2010 saya di diagnosa menderita kista coklat berbarengan dengan kehamilan putri saya, dokter menyarankan untuk operasi pengangkatan kista berbarengan dengan CS, maka saya menyetujuinya.
kemudian untuk menunda kehamilan selanjutnya saya KB suntik 3 Bulan selama 6 Tahun.
untuk saat ini saya sudah lepas KB selama 1 Th karena ingin kembali memiliki momongan, tetapi hingga sekarang belum juga hamil, saya juga sudah cek rahim pada dokter hasilnya rahim saya bagus.
pertanyaan dapatkah saya hamil kembali?
apakah yg harus saya lakukan, dok?
terima kasih

Unknown said...

Dear dok..

Istri saya di diagnosa kista coklat dan dijadwalkan laparoskopi bulan depan. Perutnya sangat sakit dan keluar cairan coklat di luar periode haid. Itu kenapa ya dok?

Debora said...

Selamat pagi dokter,

Saya debora usia 34tahun, saya telah menikah selama 1 tahun 3 bulan dan belum memiliki anak. SAya memiliki kista coklat sejak gadis dan saat ini berukuran 7cm. Pada saat kedokter saya dikasih resep vissane Dienogest 2mg. Hari pertama haid terakhir tanggal tanggal 07 Desember 2017 dan sampai dengan saat ini tgl 19 Januari saya belum haid.
Pertanyaan saya:
1. Apakah obat ini mengganggu siklus haid?
2. Apakah ada kemungkinan saya hamil dok? Namun saya tidak mengalami mual-mual. Hanya sering demam terutama pagi hari. Dan bebrapa kali keluar bercak darah berwarna coklat.
Mohon penjelasannya dok. Terima kasih

catur febriana said...

Selamat siang dok,
Dok, saya sdh menikag selama 1 th 2 blan. usia saya 27 th. ketika 1 th menikah belum dikarunua momongan, maka saya periksa ke dokter. d USG dan hasilnya rahim saya bersih, disampingnya2 tdk trdapat kista/tumor. siklus haid 27/28 hr. kmudian saya diresepkan profertil bulan 1, tp hsilnya blum brhasil. kmdian blan ke 2n diresepkan profertil dan coxavit. blan berikutnya haid sya tdk sprti biasa. dan stlah d USG lg, trnyta jadi timbul kista . Yg mau saya tnyakan, apakah 3 kista berukuran 4 cm, ini efek obat atau gimana dok? mengingat sebelumnya sya d USG dinytakan bersih.Dan kalau krn obat, sktr brpa lma kira2 sya bsa smbuh dok? mohon penjelasannya Dok. terimkasih.

Unknown said...

Selamat pagi dok, saya ira 24th, saya sering merasakan sakit dibawah perut bagian kanan, saya sudah periksa ke dokter kandungan katanya itu endrometriosis, saya disarankan untuk mengkonsumsi obat azol selama 3 bulan dan tdk bleh terlewat diiringi dengan terapi hormon selama 10x, setelah pengobatan dan terapi memang tidak terasa lg, tapi skrg sakit nya mulai timbul hilang lg..itu gmn ya dok? Trmksh

April singal said...

Slmt pagi Dokter, saya april 22th belum menikah. Beberapa Minggu lalu saya didiagnosa ada kista endometriosis uk. 11cm dan dilakukan op laparatomi.. Katanya kista saya udh menempel ke organ" lain dok, terus saya harus lakukan terapi hormon DMPA selama 3 bulan. Apa bedanya sama terapi Endrolin dok? Lebih baik menggunakan terapi apa dok?

Trmakasih sblmnya.

April singal said...

Slmt pagi Dokter, saya april 22th belum menikah. Beberapa Minggu lalu saya didiagnosa ada kista endometriosis uk. 11cm dan dilakukan op laparatomi.. Katanya kista saya udh menempel ke organ" lain dok, terus saya harus lakukan terapi hormon DMPA selama 3 bulan. Apa bedanya sama terapi Endrolin dok? Lebih baik menggunakan terapi apa dok?

Trmakasih sblmnya.

Anonymous said...

Assalamu'alaikum Dokter, saya (27th) pasca LO januari 2018. Feb saya suntik adrolin pertama, kemudian maret suntik androlin ke 2, april hendak suntik tetapi obat kosong saya nunggu hingga mei dan belum sempat suntik bulan mei saya sudah haid. Apakah saya tetap melanjutkan suntik tapros 6kali atau langsung promil ya dok? Apakah dokter Suryo menyediakan konsultasi promil online?

Unknown said...

Dear dok.

Saya punya calon istri saya mau tanyanyeri sepanjang haid, pendarahan di antara bukan waktu haid gitu, mual, nyeri pinggang sampe kaki, keputihan, tanggal haid ga teratur kenapa ya dok minta solusinya makasih

Unknown said...

nyeri sepanjang haid, pendarahan di antara bukan waktu haid gitu, mual, nyeri pinggang sampe kaki, keputihan, tanggal haid ga teratur minta solusinya dok

Unknown said...

Dear dokter suryo,
Sekitar setahun sy mengalami mens dengan sakit yg sangat dan harus minum obat pereda nyeri dan merintih kesakitan sekitar 4-5jam sampai keringat dingin barulah reda nyerinya dan berulang sakitnya sy harus seperti itu sampai subuh sampai lelah dan tertidur sendiri dok.
Mulai sebelum dan selama periode menstruasi sy merasakan nyeri itu dan yg paling hebat di hari 1-2.
Akhirnya sy cek ke rs, di usg dan hasilnya sy terkena endometriosis kiri dan kanan, sampai ke tulang ekor. Sy berusia 24 thn dan belum menikah. Dokter menyarankan mencoba terapi hormon. Sy ingin menanyakan apa saja efek samping yg mungkin terjadi dari terapi hormon tersebut dok? Agar sy punya bbrp wawasan dari para dokter sehingga orang tua sy tidak khawatir apabila sy memutuskan terapi hormon.
Terimakasih dok.

Unknown said...

Dear dok saya zadyta usia 30 tahun sudab menikah 3 tahun dan belum memiliki anak. Begini dok saya memiliki endomeyriosis yg saya tahu itu radang panggul .. selama setahun lebih saya merasakan sakit dibagian perut dan ngilu dipinggul . Setelah minum antibotik dan penghilang rasa sakit selama ini , namun tidak kunjung sembuh . Dan saya juga ingkn program namun dokter menyarankan untuk suntik tapros. Yang saya tanyakan apakah sunyi tapros bisa mengakibatkan menopous ? Terimakasih dok

Unknown said...

Selamat siang dokter suryo
Saya Fia umur 35thn, saya sdh 5thn menikah. saya mau nanya dok, saya br 3bln pasca operasi Laparascopy didiagnosa Endometrosis dan Miom, setelah 3bln operasi saya ga minum obat apapun dan alhamdulilh sakit yg saya derita ga sakit lg, nah saya mau program kehamilan, tuk membantu kesuburan saya apa yg harus saya minum dok .Terimakasih dok

About Me

My photo
Konsultan masalah kesehatan, keselamatan kerja, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat sekitar industri.