100 Questions & Answers: Asam Urat

100 Questions & Answers: Asam Urat

Wednesday

Asam Urat

Pendahuluan

Di masyarakat kini beredar mitos bahwa ngilu sendi berarti asam urat. Pengertian ini perlu diluruskan karena tidak semua keluhan dari nyeri sendi disebabkan oleh asam urat. Pengertian yang salah ini diperparah oleh iklan jamu/obat tradisional.

Penyakit rematik banyak jenisnya. Tidak semua keluhan nyeri sendi atau sendi yang bengkak itu berarti asam urat. Untuk memastikannya perlu pemeriksaan laboratorium.

Sebenarnya yang dimaksud dengan asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein), yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) atau pun hewan (daging, jeroan, ikan sarden).

Jadi asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih. Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap metabolisme normal dihasilkan asam urat. Sedangkan pemicunya adalah makanan dan senyawa lain yang banyak mengandung purin. Sebetulnya, tubuh menyediakan 85 persen senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Ini berarti bahwa kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15 persen.

Sayangnya, fakta ini masih belum diketahui secara luas oleh masyarakat. Akibatnya banyak orang suka menyamaratakan semua makanan. Orang menyantap apa saja yang dia inginkan, tanpa mempertimbangkan kandungan di dalamnya. Makanan sumber dari produk hewani biasanya mengandung purin sangat tinggi.Produk makanan mengandung purin tinggi kurang baik bagi orang-orang tertentu, yang punya bakat mengalami gangguan asam urat. Jika mengonsumsi makanan ini tanpa perhitungan, jumlah purin dalam tubuhnya dapat melewati ambang batas normal.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat adalah alkohol, ikan hearing, telur, dan jeroan. Ikan hearing atau sejenisnya (sarden), dan jeroan merupakan sumber senyawa sangat potensial. Yang tergolong jeroan bukan saja usus melainkan semua bagian lain yang terdapat dalam perut hewan --seperti hati, jantung, babat, dan limfa.

KONSUMSI jeroan memperberat kerja enzim hipoksantin untuk mengolah purin. Akibatnya banyak sisa asam urat di dalam darahnya, yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi sehingga menimbulkan rasa sangat sakit. Jeroan memang merupakan salah satu hidangan menggiurkan, di antaranya soto babat, sambal hati, sate jantung, dan kerupuk limfa. Tetapi salah satu dampaknya, jika tubuh kelebihan senyawa purin maka si empunya diri mengalami sakit pada persendian.

Penyebab
Penyakit asam urat digolongkan menjadi penyakit gout primer dan penyakit gout sekunder.

Pada penyakit gout primer, 99 persen penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetic dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat atau bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh.

Penyakit gout sekunder disebabkan antara lain karena meningkatnya produksi asam urat karena nutrisi, yaitu mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa basa organic yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi akan menyebabkan asam urat juga ikut meninggi.

Setiap orang dapat terkena penyakit asam urat. Karena itu, kita perlu mewaspadai gejala-gejalanya.

Penyakit radang sendi akibat peningkatan kadar asam urat darah disebut dengan artritis gout atau artritis pirai. Artritis gout yang akut disebabkan oleh reaksi radang jaringan terhadap pembentukan kristal urat. Pada sebagian besar kasus gout riwayat penyakit dan gambaran klinis bersifat khusus, sehingga kadang-kadang diagnosis dapat langsung ditegakkan.
Seseorang dikatakan menderita asam urat (gout) jika kondisinya memenuhi beberapa syarat dan biasanya perjalanan penyakitnya klasik sekali, seperti mempunyai gejala yang khas penyakit gout, mempunyai perjalanan penyakit yang khas penyakit gout, ditemukan asam urat dalam kadar tinggi dalam darahnya, dan hasil pemeriksaan mikroskopik dari cairan sendi atau tofus (benjolan asam urat) ditemukan kristal asam urat yang berbentuk jarum.

Lebih banyak pria

Umumnya yang terserang asam urat adalah para pria, sedangkan pada perempuan persentasenya kecil dan baru muncul setelah menopause.

Kadar asam urat kaum pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Pada wanita, peningkatan itu dimulai sejak masa menopause.

Mengapa asam urat cenderung dialami pria? Ini karena perempuan mempunyai hormon estrogen yang ikut membantu pembuangan asam urat lewat urine. Sementara pada pria, asam uratnya cenderung lebih tinggi daripada perempuan karena tidak memiliki hormon estrogen tersbut.

Jadi selama seorang perempuan mempunyai hormon estrogen, maka pembuangan asam uratnya ikut terkontrol. Ketika sudah tidak mempunyai estrogen, seperti saat menopause, barulah perempuan terkena asam urat.

Kalau peningkatan asam urat ini melewati ambang batas yang bisa ditolerir, persoalan akan timbul pertama pada ginjal, sendi, dan saluran kemih

Kadar Normal

Pemeriksaan asam urat di laboratorium dilakukan dengan dua cara, Enzimatik dan Teknik Biasa. Kadar asam urat normal menurut tes Enzimatik maksimum 7 mg/dl. Sedangkan pada Teknik Biasa, nilai normalnya maksimum 8 mg/dl. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan kadar asam urat melampaui standar normal itu, penderita dimungkinkan mengalami hiperurisemia.

Kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat diatas normal disebut hiperurisemia.

Perjalanan penyakit yang klasik biasanya dimulai dengan suatu serangan atau seseorang memiliki riwayat pernah cek asam uratnya tinggi di atas 7 mg/dl, dan makin lama makin tinggi.

Jika demikian, kemungkinannya untuk menjadi penyakit gout itu makin besar. Biasanya 25% orang yang asam uratnya tinggi akan menjadi penyakit gout. Bila kadar asam urat tinggi tapi tidak ada gejala serangan sendi ini disebut stadium awal. Pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejalanya, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun.

Gambaran Klinis

Artritis gout muncul sebagai serangan keradangan sendi yang timbul berulang-ulang.

Gejala khas dari serangan artritis gout adalah serangan akut biasanya bersifat monoartikular (menyerang satu sendi saja) dengan gejala pembengkakan, kemerahan, nyeri hebat, panas dan gangguan gerak dari sendi yang terserang yang terjadi mendadak (akut) yang mencapai puncaknya kurang dari 24 jam. Lokasi yang paling sering pada serangan pertama adalah sendi pangkal ibu jari kaki. Hampir pada semua kasus, lokasi artritis terutama pada sendi perifer dan jarang pada sendi sentral.

Serangan yang terjadi mendadak maksudnya tiba-tiba. Karena itu bisa saja terjadi, siang hari sampai menjelang tidur tidak ada keluhan, tetapi pada tengah malam penderita mendadak terbangun karena rasa sakit yang amat sangat. Kalau serangan ini datang, penderita akan merasakan sangat kesakitan walau tubuhnya hanya terkena selimut atau bahkan hembusan angin.

Perjalanan penyakit gout sangat khas dan mempunyai 3 tahapan. Tahap pertama disebut tahap artritis gout akut. Pada tahap ini penderita akan mengalami serangan artritis yang khas dan serangan tersebut akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 5 – 7 hari. Karena cepat menghilang, maka sering penderita menduga kakinya keseleo atau kena infeksi sehingga tidak menduga terkena penyakit gout dan tidak melakukan pemeriksaan lanjutan.

Bahkan, dokter yang mengobati kadang-kadang tidak menduga penderita terserang penyakit gout. Karena serangan pertama kali ini singkat waktunya dan sembuh sendiri, sering penderita berobat ke tukang urut dan waktu sembuh menyangka hal itu disebabkan hasil urutan/pijatan. Padahal, tanpa diobati atau diurut pun serangan pertama kali ini akan hilang sendiri.

Setelah serangan pertama, penderita akan masuk pada gout interkritikal. Pada keadaan ini penderita dalam keadaan sehat selama jangka waktu tertentu. Jangka waktu antara seseorang dan orang lainnya berbeda. Ada yang hanya satu tahun, ada pula yang sampai 10 tahun, tetapi rata-rata berkisar 1 – 2 tahun. Panjangnya jangka waktu tahap ini menyebabkan seseorang lupa bahwa ia pernah menderita serangan artritis gout atau menyangka serangan pertama kali dahulu tak ada hubungannya dengan penyakit gout.

Tahap kedua disebut sebagai tahap artritis gout akut intermiten. Setelah melewati masa gout interkritikal selama bertahun-tahun tanpa gejala, penderita akan memasuki tahap ini, ditandai dengan serangan artritis yang khas. Selanjutnya penderita akan sering mendapat serangan (kambuh) yang jarak antara serangan yang satu dan serangan berikutnya makin lama makin rapat dan lama, serangan makin lama makin panjang, serta jumlah sendi yang terserang makin banyak.

Tahap ketiga disebut sebagai tahap artritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus. Tofus ini berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur yang merupakan deposit dari kristal monosodium urat. Tofus ini akan mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang di sekitarnya. Tofus pada kaki bila ukurannya besar dan banyak akan mengakibatkan penderita tidak dapat menggunakan sepatu lagi.

Faktor Risiko

Faktor risiko yang menyebabkan orang terserang penyakit asam urat adalah pola makan, kegemukan, dan suku bangsa.

Di dunia, suku bangsa yang paling tinggi prevalensinya pada orang Maori di Australia. Prevalensi orang Maori terserang penyakit asam urat tinggi sekali, sedangkan di Indonesia prevalensi tertinggi pada penduduk pantai dan yang paling tinggi di daerah Manado-Minahasa karena kebiasaan atau pola makan ikan dan mengonsumsi alkohol.

Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine itu ikut berkurang sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah. Konsumsi ikan laut yang tinggi juga mengakibatkan asam urat.

Asupan yang masuk ke tubuh juga memengaruhi kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin yang tinggi akan diubah menjadi asam urat. Purin yang tinggi terutama terdapat dalam jeroan, sea food: udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri.

KALAU menurut hasil pemeriksaan laboratorium kadar asam urat terlalu tinggi, kita perlu memperhatikan masalah makanan. Makanan dan minuman yang selalu dikonsumsi apakah merupakan pemicu asam urat. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit. Maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
Yang paling penting untuk diketahui adalah kalau asam urat tinggi dalam darah, tanpa kita sadari akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal, karena saringannya akan tersumbat. Tersumbatnya saringan ginjal akan berdampak munculnya batu ginjal, atau akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Asam urat pun merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner. Diduga kristal asam urat akan merusak endotel (lapisan bagian dalam pembuluh darah) koroner. Karena itu, siapapun yang kadar asam uratnya tinggi harus berupaya untuk menurunkannya agar kerusakan tidak merembet ke organ-organ tubuh yang lain.

Penatalaksanaan
Penatalaksanaan artritis gout:
  • Meredakan radang sendi (dengan obat-obatan dan istirahat sendi yang terkena).
  • Pengaturan asam urat tubuh (dengan pengaturan diet dan obat-obatan).

Tujuan utama pengobatan artritis gout adalah:

  • Mengobati serangan akut secara baik dan benar
  • Mencegah serangan ulangan artritis gout akut
  • Mencegah kelainan sendi yang berat akibat penimbunan kristal urat
  • Mencegah komplikasi yang dapat terjadi akibat peningkatan asam urat pada jantung, ginjal dan pembuluh darah.
  • Mencegah pembentukan batu pada saluran kemih.

Makin cepat seseorang mendapat pengobatan sejak serangan akut, makin cepat pula penyembuhannya.
Pengobatan dapat diberikan obat anti inflamasi nonsteroid (antirematik) dan obat penurun kadar asam urat (obat yang mempercepat/meningkatkan pengeluaran asam urat lewat kemih (probenecid) atau obat yang menurunkan produksi asam urat (allopurinol)).

Pengaturan diet
Selain jeroan, makanan kaya protein dan lemak merupakan sumber purin. Padahal walau tinggi kolesterol dan purin, makanan tersebut sangat berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak pada usia pertumbuhan. Kolesterol penting bagi prekusor vitamin D, bahan pembentuk otak, jaringan saraf, hormon steroid, garam-garaman empendu dan membran sel.Orang yang kesehatannya baik hendaknya tidak makan berlebihan. Sedangkan bagi yang telah menderita gangguan asam urat, sebaiknya membatasi diri terhadap hal-hal yang bisa memperburuk keadaan. Misalnya, membatasi makanan tinggi purin dan memilih yang rendah purin.

Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin:

  • Golongan A: Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, lain-lain jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.

  • Golongan B: Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.

  • Golongan C: Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.

Pengaturan diet sebaiknya segera dilakukan bila kadar asam urat melebihi 7 mg/dl dengan tidak mengonsumsi bahan makanan golongan A dan membatasi diri untuk mengonsmsi bahan makanan golongan B. Juga membatasi diri mengonsumsi lemak serta disarankan untuk banyak minum air putih. Apabila dengan pengaturan diet masih terdapat gejala-gejala peninggian asam urat darah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Hal yang juga perlu diperhatikan, jangan bekerja terlalu berat, cepat tanggap dan rutin memeriksakan diri ke dokter. Karena sekali menderita, biasanya gangguan asam urat akan terus berlanjut.

BAGI YANG AKAN BERTANYA MENGENAI ASAM URAT
Kalau bisa sertakan data-data:
  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Tinggi badan
  • Berat badan
  • Kadar asam urat dengan nilai rujukan/nilai normal dari laboratorium pemeriksa
  • Sudah berapa lama menderita gout atau hiperurisemia
  • Obat-obatan yang dikonsumsi baik untuk mengatasi gout/asam urat maupun untuk penyakit lain yang diderita dan juga dosis masing-masing obat serta berapa kali sehari obat tersebut diminum.
  • Kondisi kesehatan lainnya.
Forum ini bukan untuk menggantikan peranan dokter, kami hanya mencoba menjelaskan permasalahan yang ada, oleh karena itu tidak ada hubungan dokter pasien dengan adanya tanya jawab di forum ini. Anda tetap harus berkonsultasi/mengunjungi dokter keluarga anda.

Tidak semua pertanyaan dapat langsung dijawab pada hari yang sama.

Terima kasih atas perhatian semuanya.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

667 comments:

«Oldest   ‹Older   201 – 400 of 667   Newer›   Newest»
Unknown said...

Yth. dr. Suryo Wibowo
Begini dok, saya perempuan berusia 29 tahun, 1 bulan yang lalu saya cek asam urat hasilnya 6,3. Kemarin saya cek lagi hasilnya 7,5, tinggi kan dok? Padahal saya sudah pantang makan jerohan dan mengurangi makanan yang mengandung purin. Apakah ada faktor lain yang bisa menyebabkan tingginya kadar asam urat dok? Perlu diketahui saya tidak gemuk dan kadar gula dalam darah normal. O iya dok, 2X saya periksa kadar asam urat itu hanya menggunakan alat yang seperti hp itu, apakah valid dok hasilnya? Terimakasih.
Ratna

Unknown said...

Yth. dr. Suryo Wibowo
Begini dok, istri saya (usia 29 th) 1 bulan yang lalu cek asam urat hasilnya 6,3. Kemarin cek asam urat lagi hasilnya 7,5, tinggi kan dok? Padahal istri saya itu sudah pantang jerohan dan mengurangi makanan yang mengandung purin. Kira-kira faktor apa yang menyebabkan kadar asam urat istri saya itu tinggi? Mengingat istri saya tidak gemuk dan kadar gula dalam darah normal. O iya dok, 2X cek asam urat hanya menggunakan alat digital yang seperti hp itu lho, kira-kira hasilnya valid ga dok? Terimakasih.

Unknown said...

Maaf dok, pertanyaannya dobel.

Suryo Wibowo said...

Dear Yulianto,

Coba suruh istrimu cek ulang kadar asam uratnya di laboratorium klinik.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

sansan said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Hi Doc
Saya mau tanya, saya ini positive asam urat 8.2 (umur saya 24)
saya kok sering pening kepalanya(hampir setiap hari), apakah ini akibat dari asam urat tersebut?
trims

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Pening kepala bukan akibat dari asam urat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

ysh...Dr. suryo. salam kenal nama saya nunun umur saya 27 th dan telah menikah,akhir2 ini saya sering merasa sakit pada kaki saya dok apalagi bagian sebelah kiri dan kalau habis bangun tidur untuk bangun dan berjalan telapak kaki dan tumit saya terasa nyeri dok..., kata ibu saya mungkin asam urat tapi saya belum pernah cek ke dokter,kalau asam urat kata orang kan tidak boleh makan emping jadi saya mencoba makan emping dan ternyata pada malam hari setelah saya tidur memang dibagian ujung jemari kaki saya terasa berdenyut2 dan nyeri,kedua kaki saya juga sering merasa kebas dan kesemutan dok.. jadi yang ingin saya tanyakan apakah mungkin asam urat saya tinggi ? memang sich dalam hal makan karena saya tinggal didaerah kepulauan riau jadi makanan saya ya seafood itu dok.. dan untuk pencegahan sy mencoba air rebusan daun salam dan juga teh hitam..., saya harap dokter berkenan memberikan penjelasannya... thanks be4. wassalam.

Anonymous said...

Yth.dr Suryo,

Saya penderita asam urat berat sudah hampir puluha tahun dan saat ini telah tumbuh tofus/tofis dimana-mana utamanya di sekitar telapak kaki dan dengkulpun sudah sakit untuk sholat. Masalahnya tofus yang telah saya operasi di RS PELNI Petamburan tumbuh lagi sesuai keterangan dokter yang mengoperasi memang. pertanyaan saya bagaimana mengoperasi yang lebih tuntas terhadap tofus yang sangat menggangu jika saya memakai sepatu/sandal, bagaimana mengerem pertumbuhan tofus tersebut? Atas nasehat dokter dihaturkan terima kasih.Salam hormat Sunardi Kalibata Jakarta Selatan

Anonymous said...

Yth.dr.Suryo Wibowo,

Saya Sunardi umur 54 tahun, tinggi 168 cm, berat badan 78 kg, cek asam urat 3 bulan yang lalu 8,2, saya penderita asam urat berat dok, saya sudah diselimuti tofus/tofis disekeliling telapak kaki, dan saat ini sangat mengganggu bila mengenakan sepatu. Tofis yang membesar dikelingking kaki saya pernah saya operasi di RS PELNI kr lebih 5 tahun lalu tapi saat ini sudah membesar lagi sesuai keterangan dokter yang mengoperasi. Pertanyaan saya dokter: 1) Bagaimana mengerem pertumbuhan tofus tadi? 2. Dimana tempat operasi yang mungkin bisa lebih menuntaskan benjolan/tofis tadi atau ada cara untuk mengoperasi tofis tadi dok? Terima atas perhatian dan pertolongan/saran dokter. Salam hormat Sunardi, Kalibata, Jaksel.

Suryo Wibowo said...

Dear Pak Sunardi,

1. Untuk mengerem pertumbuhan tofus harus diusahakan agar kadar asam urat dalam darah rendah. 8,2 masih terlalu tinggi.
2. Operasi tidak dapat menuntaskan benjolan asam urat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

Dok... telapak kaki saya terasa nyeri/linu bila dipakai untuk berjalan. Serta di sela2 jari dan pergelangan tangan terasa nyeri. Apa ini termasuk gejala asam urat?

Anonymous said...

dr.suryo,
saya tinggal di Belanda dan bekerja sebagai perawat, sejak beberapa bulan yang lalu, jika udara dingin (winter), jari kaki dan tangan saya tidak merasakan apa-apa dan ujung jari tangan saya berwarna biru sampai ungu bahkan hitam, saya juga sering sakit nyeri di lutut, pergelangan kaki dan tangan dan di punggung dan sakit/nyeri itu semakin tambah dimalam hari sehingga pagi hari jika saya bangun tidur, tangan saya bengkak dan tidak merasak apa-apa dan seperti kesemutan. saya kira itu risiko pekerjaan saya sebagai perawat.. saya konsul ke dokter dan saya minta tes darah. hasilnya ada suatu hal di darah saya (bezinking, bhs belandanya)yang menyebabkan saya menderita nyeri dan sakit di tulang dan saya di rujuk ke reumatologie. minggu depan saya akan ke rumah sakit bagian reumatologie(reumatik) tapi saya bertanya-tanya ke teman-teman perawat dan teman-teman asal indonesia dan mereka bilang kalau saya mungkin terlalu banyak punya kolesterol (berat badan saya 52, tinggi 1.54) dan mereka juga bilang mungkin saya punya asam urat. saya langusng cari di google dan ketemu site pak Dokter ini. menurut dokter, berdasarkan hal yang saya sebutkan di atas, benarkan saya menderita asam urat (umur saya 31 tahun)? jika benar, saya akan berkonsul ke dokter saya disini dan apa yang harus saya jelaskan supaya mereka mengerti apa yg saya maksut dengan menngunakan bahasa medis?
sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Saya pikir, dari keterangan yang diberikan, anda tidak menderita asam urat, tetapi anda mengalami gangguan pada darah dan pembuluh darah anda.

Saya tidak tahu apa itu arti bezinking dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggrisnya. Akan tetapi kemungkinan anda mengalami pengentalan darah, sehingga peredaran darah anda tidak mencapai ujung-ujung tangan dan kaki, karena pembuluh darah pada ujung-ujung tangan dan kaki adalah pembuluh darah kapiler (pembuluh darah yang ukurannya kecil-kecil dan halus). Oleh karena tidak mendapat darah (kurang oksigenisasi) maka jadi berwarna biru, ungu, bahkan hitam. Selain itu otot-otot yang kurang oksigenisasinya akan melakukan pembakaran secara anaerob sehingga menghasilkan asam laktat yang menumpuk yang menyebabkan pegal linu pada sekujur tubuh.

Mengapa hanya pada saat udara dingin? Hal ini karena pada saat udara dingin, pembuluh darah mengerut (konstriksi), sehingga darah yang kental itu semakin sukar lewat.

Apa obatnya? Gampang sekali. Pakailah kaos kaki dan kaos tangan yang tebal pada saat tidur. Mungkin anda bisa mencoba minum aspirin dosis rendah (sekitar 50 mg sampai 200 mg) setiap hari, tapi konsultasikan dulu dengan dokter di sana. Aspirin dosis rendah ini berguna untuk mengencerkan darah, sehingga darah lebih mudah melewati pembuluh darah. Anda dapat mencoba saran saya ini selama 1 - 2 minggu dulu dan lihat apakah ada efeknya atau tidak. Jangan lupa, beri kabar lagi ke saya.

Oh ya, pemakaian aspirin harus berhati-hati, karena bila darah terlalu encer dapat terjadi pendarahan/bleeding.

Semoga dapat membantu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

salam dari belanda

dr suryo yg terhormat..
terima kasih atas jawaban dokter karena dokter mau menyediakan waktu untuk menjawab pertanyaan saya. jarang atau bahkan mungkin tidak ada dokter di Belanda sini yang melakukan hal seperti dokter ini.
saya lega mendapat jawaban dokter kalau gejala yang saya punya iani bukan asam urat. saya saat tidak terlalu punya keluhan selain di tangan kanan saya yang nyeri, nyut-nyutan dan hampir tidak bisa digunakan sama sekali. saya mendapat pain killer yang tidak banyak membantu atau tidak mengurangi rasa sakit. painkiller ini(sejenis aspirin, dosis tinggi) boleh saya gunakan sampai hasil tes bagian rematik dirumah sakit keluar (tanggal 29 juli 2009 saya harus ke rumahsakit).
saya akan kasi tau jika hasil tes keluar. saya juga akan minta hasil tes darah saya yang ada di dokter saya. saya belum tahu hasil persisnya.
saya akan liburan ke indonesia dari tanggal 8-29 agustus. jika sakit ditangan kanan saya tidak hilang, bahayakah jika saya pergi ke ahli urut di jakarta? atau jika saya tidak berhalangan dan ada waktu, saya ingin datang ke praktek dokter, jika memungkinkan untuk berkonsultasi lebih lanjut.

terima kasih. GBU
salam dari Belanda
tuti

Anonymous said...

dok sya mau tanya tugas dmn dan alamat prakteknya dmn?
karena sy rncana mau konsul asam urat kromis.

sy sdh ganti ganti dokter
thank

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Saya praktik di Jalan Letjend. Suprapto No. L 10, di dalam Apotek Sari Suci, Jakarta Pusat. Bila bapak/ibu datang dari arah kelapa gading menuju senen, tempat praktik itu terletak di sebelah kanan jalan, maka setelah tiba di jembatan layang galur, bapak/ibu putar balik di bawah kolong jembatan layang itu.


Demikan semoga jelas.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Unknown said...

salam sejahtera buat dokter dan semoga kebaikan dokter dg menjawab semua pertanyaan mendapat pahala dg sebaik baiknya.. saya berada di saudi arabia dg istri saya cuma status istri saya Umroh,dan menetap mengikuti saya yg kerja resmi..jadi istri saya tidak bebas bepergian apalagi ke dokter...pertanyaan saya sudah dua mingu ini istri saya mengeluh tangan kanan nya slalu kesemutan yg parah kadang sampai nangis karena sakit ini terjadi apa bila malam hari di waktu sedang tidur kadang gak bisa tidur..karena sakit kesemutan tadi... pertanyaanya ... apakah ini termasuk penyakit serius atau baru gejala.. karena saya khawtir sekali dok... terimaksih atas perhatiannya

Diana Pratiwi said...

Dr. Suryo ysh,perkenalkan saya Diana umur 35th punya gejala asam urat...tinggi saya 160cm dengan berat 79kg..Setelah proses lahir anak saya yg ke2 berat badan saya belum turun jg..dimana sebelumnya 60kg...saya belum periksa kadar asam urat saya,yang saya tanyakan saat ini saya sedang menyusui anak ke2 saya yg masih berumur 10bln...Makanan apa saja yg bisa perbanyak asi & terhindar dari asam urat. Dimana kacang2an,bayem,daun singkong,(makanan gol B) apakah masih bisa saya konsumsi?
Terima Kasih

Anonymous said...

Siang dokter,

Saya ndak tahu apa saya ini asam urat atau tidak. Tapi pinggul, belakang lutut, jari kaki terasa ngilu dan nyeri. Hampir tiap menit kaki kanan saya kesemutan. Kalau sholat berdiri 1 menit saja sudah nyeri atau ngilu. Trus jari telunjuk tangan kanan terasa ngilu kalau ditekuk atau dibengkokan.
Saya harus bgmn dok ?
Trasa sakit sekali dn hampir tiap menit kalau malam dn pagi.
Terima kasih

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Mohon maaf data-data yang anda sampaikan sangat minim sekali. Yang harus anda lakukan adalah segera memeriksakan diri ke dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

Yth Dr Suryo
saya mau tanya soal asam urat.nama saya lendy umur 24.
nilai asam urat saya 8.3 dan skarang saya rutin minum obat namanya Zyloprim 100mg.
ini saya dapat gangguan pada dada,lengan, bahu sebelah kiri seperti kesemutan dan nyeri, saya mau tanya apakah bisa berhubungan dengan jantung?berapa beras kemungkinan asam urat bisa menyerang jantung?saya sudah konsultasi dengan dokter umum di syd(curently saya student di syd), mereka cuma bilang bahwa saya kurang olahraga sehingga otot saya bermasalah(mucsle paid?..
tensi darah saya sekitar 134-138/82-88
setelah hasil tes darah keluar, hati,ginjal smua ok cuman asam urat saya tinggi 8.0 dan HDL saya juga tinggi buat ukuran umur saya.

tulang pipi, mata saya juga terasa nyeri dan saya mengalami pening hampir setiap hari.
1.apakah sakit yang saya alami lebih ke penyakit jantung?

2.bolekah saya minum obat perada mucsle pain or memakai gel pereda nyeri otot such as counter pain?

3.apakah vit omega3 minyak ikan dapat membantu mengurangi level asam urat?

Big Thanks and GBU Dr Suryo
lendy

Suryo Wibowo said...

Dear Lendy,

Gangguan pada dada, lengan, bahu sebelah kiri seperti kesemutan dan nyeri saya rasa tidak berhubungan dengan asam urat. Dan mengingat usia anda dan jenis kelamin anda wanita (?) maka kemungkinan serangan jantung juga kecil. Hanya saja memang tekanan darah anda termasuk kelompok prehypertension yang artinya bukan tekanan darah normal, tetapi juga belum darah tinggi, kira-kira lampu kuning gitu lah kalau diibaratkan traffic light. HDL itu kolesterol yang baik, oleh karena baik maka kadarnya sebaiknya tinggi, lebih tinggi lebih baik. Saya pikir, saya setuju dengan GP di sana yang menyatakan bahwa anda kurang olahraga dan kurang stretching. Mengenai dosis Zyloprimnya saya pikir kurang adekuat, karena hanya dapat menurunkan dari 8,3 menjadi 8,0, jadi dosisnya sebaiknya dinaikkan, tetapi konsultasikan dengan dokter anda di sana, ok? Jangan lupa sering minum air putih, 1/2 gelas setiap 1 jam, kecuali lagi tidur, hehehe.

Bila anda sudah rutin berolahraga dan masih ada masalah dengan muscle pain, maka konsultasi lagi dengan saya, ok?

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

Anonymous said...

Dr Suryo,
Lendy, saya pria dok..
Thanks buat quick reply dan sarannya buat saya dokter.
next time, jangan bosen2 dengerin keluhan saya ya pak dokter,heuheuheuheue
I really appreciated that.
lendy

Anonymous said...

dok,,
saya mw nanya,,
om saya (50 thn) 1 bln yang lalu mengalami sakit pinggang,,
trz dy cma makn obt dr warung,,
ya,,memang smbuh,,
tp cma tuk sesaat,
skrng rasa sakit nya tu malah pindah ke betis nya,,
dy blng dr betis mpe bawah sering terasa ngilu,,
penyakait apa tu dok,,??
dan bagaimana cara pengobatan nya,,??
trimakasih

Edi Dul said...

Dr. Suryo yth.

Perkenalkan saya seorg Bapak dgn 2 anak, bulan ini berumur 40 tahun, biasa dipanggil Eddie. Bintang saya dan dokter sama, Libra, cuma Shio saya Ayam jago beda dengan dokter yg shionya Kera. By the way, saya harus mengucapkan banyak terima kasih untuk postingan soal asam urat dan diskusinya. Dari artikel tersebut (Posted in 2006), saya banyak sekai mendapat pencerahan soal apa yg sudah sy derita sejak tahun 2001. Ceritanya persis yg dokter tulis. Pertama kena asam urat oktober 2001. Saat itu ketika bangun pagi muncul gejala keseleo di pergelangan kaki kiri. Setelah 2 hari tambah sakit dan bengkak, saya memutuskan utk dipijat. dalam seminggu mereda. Tetapi ada kecurigaan dari org tua saya (Bapak) yang asam uratnya pernah sampai 13 (beliau passed away tahun 2005) yg menyarankan periksa darah krn mungkin asam urat. Saking tingginya kadar uric acid beliau, sampai2 sudah muncul beberapa benjolan permanen di jempol (seperti pada posted picture) dan pada siku. Kembali ke kasus saya, setahun kemudian (2002) muncul kembali, dan kesempatan sedang kambuh saya periksa lab. Saat itu kadar uric acid 8 atau 9 (lupa karena sering periksa, ketika sakit ataupun tidak, sekedar cek. Bahkan pernah 11). Sepertinya sudah menjadi langganan, setahun sekali, karena sudah hapal, tempatnya selalu di pergelangan kaki kiri (agak membingungkan juga karena berbagai artikel yg saya baca tidak pernah menyebutkan pergelangan kaki sebagai tempat serangan asam urat). Sampai awal bulan ini (September 2009) ada gejala yg persis sama dgn pergelangan kaki, tetapi tempatnya pindah ke sekitar jempol kaki kanan (seperti banyak disebutkan pada artikel2 yg sy baca, bhw awal serangan biasa pada jempol kaki. Nah, kok sy baru mengalaminya sekarang??). Yang mulai membuat saya kuatir adalah jarak munculnya semakin dekat. Sekarang, saat sy menulis comment ini, sedang dalam kesakitan yg amat sangat dgn jempol kaki kanan saya. Artinya dalam 2 minggu muncul lagi. Obat andalan saya saat ini adalah Voltaren 50mg, 3 kali sehari, begitu sakitnya hilang dalam 2-3 hari, obatnya saya stop. Persediaan Allopurinol jg selalu ada, cuma sdh tidak pernah saya minum lagi (katanya itu obat seumur hidup sebagai penderita asam urat. Saya tidak mau meracuni ginjal dgn tiap hari harus mengkonsumsi 1 tablet). Maaf kalo cerita yg tidak begitu runut, karena sambil menahan rasa sakit. Pertanyaan saya (dlm keputusasaan tentu), apa yg harus saya lakukan dok?? Diet sdh berusaha sy patuhi (kadang2 bandel juga sih, krn kok mmsh muncul padahal sudah ndak makan udang, jerohan dll..). Oh ya, body weight sy 85kg dgn tinggi 170cm (overweight??). Sambil mengakhiri 'curhat' ini, dari bukunya John Murtagh, Patient Education, satu informasi yg belum pernah dokter singgung adalah 'don't take your worries to bed', rules of moderation yg satu ini malah ditempatkan pada urutan pertama utk hal2 yg jangan dilakukan. Bagaimana hal ini bisa mentriger munculnya asam urat dok? Karena kebetulan skrg sy sedang mengalami banyak masalah.
Terikasih sebelumnya dok untuk penjelasannya.

Suryo Wibowo said...

Dear Pak Eddie,

Menurut teman SMA saya yang ahli fengshui, shio kera dan shio ayam (kelahiran tahun 1968 dan 1969) itu unsurnya sama-sama logam, dan unsur logam itu berarti otak/kepala, dan berarti pintar, hehehe.

Sebaiknya anda mengusahakan agar kadar asam urat dalam darah anda normal (kurang dari 7). Mengapa demikian? Untuk mencegah terjadinya komplikasi dari asam urat. Salah satu komplikasi asam urat adalah terjadinya batu ginjal. Batu ginjal dapat mengakibatkan gangguan fungsi ginjal. Gangguan fungsi ginjal dapat menyebabkan asam urat tambah tinggi.

Selain itu asam urat juga dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan pembuluh darah). Pada penderita diabetes yang juga disertai asam urat yang tinggi lebih besar risikonya untuk terjadi stroke.

Asam urat yang tinggi dapat berperan pada terjadinya hipertensi, melalui mekanisme penyerapan kembali garam natrium oleh ginjal.

Mengenai obat apa yang harus diminum untuk menurunkan kadar asam urat, sebenarnya tergantung dari apakah tingginya kadar asam urat itu disebabkan oleh overproduction atau disebabkan oleh berkurangnya ekskresi (pembuangan melalui urin). Secara garis besar obatnya ada 2, yaitu:
1. Allopurinol. Obat ini berguna untuk menghambat produksi asam urat.
2. Urikosurik. Obat ini berguna untuk membantu pembuangan asam urat.

Mengenai apakah anda termasuk yang overproduction atau yang pembuangannya berkurang itu harus dikonsultasikan dengan dokter. Begitu pula mengenai obat apa yang harus diminum, dosisnya, dan berapa lama, harus juga dikonsultasikan langsung dengan dokter. Jangan minum obat sendiri, karena dapat berbahaya.

Saya setuju sekali dengan pernyataan "Don't take your worries to bed".

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Anonymous said...

Dear dr.Suryo
dr Suryo, perkenalkan saya win umur 36th.tinggi badan 158cm berat 61,saya merasakan nyeri di tumit setelah bangun tidur semenjak saya hamil 6 bulan, sekarang anak saya 3 bulan dan saya masih menyusui rencana asi Eksklusif sampai 6 bulan, kemarin saya tes laboratorium hasil kadar asam urat 7,7. dr tidak memberi obat karena masih menyusui hanya disuruh mengurangi makanan pemicu asam urat dan banyak minum air putih. saya jadi bingung dr , saya harus makan apa yang aman tetapi gizi anak saya bisa tercukupi.mohon saran dan tanggapan dr suryo.terimakasih

Suryo Wibowo said...

Dear Ibu Win,

Makanlah makanan bergizi seimbang disertai minum air putih dalam jumlah yang cukup (kurang lebih 2 liter perhari, atau setiap jam 1/2 sampai 1 gelas). Tidak ada yang perlu dipantang.

Ulang pemeriksaan laboratorium seminggu kemudian, dalam keadaan cukup minum.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo

aprilita said...

Dok, saya lita 20 tahun mahasiswa teknologi pangan... dok, saya mau tanya katanya buah kersen alias ceri alias talok bisa menyembuhkan asam urat ya dok? kok bisa ya dok? terimakasih dok atas jawabannya. TUHAN memberkati anda ^^

aprilita said...

permisi dok, ^^ saya lita 20 tahun... saya ingin bertanya dok....saya sangat tertarik pada kersen alias ceri alias talok karena di rumah ada pohonnya...katanya kersen alias ceri alias talok dapat menyembuhkan asam urat ya dok?... apa benar dok? kalau benar, efek apa yg ditimbulkan dari mengonsumsi buah tsb ya dok, kok bisa mengatasi asam urat? terimakasih banyak dok ^^

kang aips said...

banyak pengetahuan yang aku adapat di sini,,trimakasih dok,,,

Mas Yog said...

Saya koji 25 Thn.mau nanya dok, kemrn saya cek darah n urine dgn hasil sbb:

ureum 17,8 mg/dl
kreatinin 0,30 mg/dl
asam urat 7,8 mg/dl
sedimen urine dlm batas normal semua

yg saya khawatirkan adalah asam urat yg bgtu tinggi dr hasil itu.kebetulan 2 bln sblmnya ada batu d ureter dan sdh ditembak.sy sdh konsultasi ke internist katanya fungsi ginjal msh bgs n normal dilihat dr hasil tes.akan tetapi di bagian pinggang sebelah kiri kdng2 trs pegal dan menurut ahli pengobatan tradisional bkn ginjalx yg bermasalah tapi cm urat di pinggang.apakah bgtu dok?sy cm dikasih allopurinol 100mg utk 2 minggu.apakah itu cukup?apa blh konsumsi allopurinol + obat2 herbal?

sekian trims

Unknown said...

Salam hormat dok,
Perkenalkan saya Ajie. Kira2 pd bulan Juli 2009 saya mengikuti tes masuk Perusahaan Swasta (PS) di jakarta untuk posisi engineering. Alangkah kagetnya pd tes terakhir saya digagalkan oleh MedCek yang namanya Asam Urat dan Kolesterol. Jujur selama ini saya orangnya suka berwisata kuliner terlebih makanan berbahan daging (jeroan) dan kurang suka sama sayur. Hasil tes tersebut memperlihatkan kadar Asam Urat 9.8 dan Kolesterol Total 240, Trigeriseral 280, HDL dan LDL juga jelek......saya gak ngerti arti dari angka2 tersebut tetapi dokter di PS menjelaskan bahwa metabolisme dalam tubuh saya tidak sehat sama sekali untuk umur saya yang 25 tahun. Untuk informasi tinggi badan saya 180 cm dengan berat 105 Kg. 2 PS setelah itu menunjukkan hasil yang sama. Akibatnya saya sangat down dan frustasi sekali. Akhirnya saya mulai ke dokter dan browsing seputar asam urat di internet.
Untuk makanan Gol A dan B, alhamdulillah saya sudah mengikutinya + di tambah saya mengkonsumsi Obat Zyloric Allupurinol (100mg) dan Simvastatin . Pada tanggal 1 Oktober, saya memeriksakan darah saya, dan hasilnya lumayan baik :
Asam Urat : 7.6
Kol. total : 170
Trigrsrl : 167
LDL dan HDL : masih gak normal

Kemudian sya masih meneruskan pola hidup saya dengan mengkonsumsi makanan tanpa di goreng + Obat yang saya sebutkan sebelumnya. pada tanggal 15 Oktober 2009, saya kembali memeriksakan darah saya, hasilnya sebagai berikut :
Asam Urat : 7.9
Kol. total : 163
Trigrsrl : 100
LDL dan HDL : normal

Saya dibingungkan dengan angka Asam Urat saya, jujur saya kurang olahraga ( 1 minggu 1-2 kali (lari-lari pada siang hari)), trus sehari sebelum tes lab, saya mengkonsumsi sarden dalam jumlah banyak (saya kurang tau makanan ini dilarang sebelumnya).....

Saya ingin menanyakan, Pola Hidup Sehat yang tepat untuk saya bagaimana Dok.....

apalagi pada hari kamis yang lalu, saya mengalami pembengkakan dapa sendi kaki kiri saya (engkel) saat bermain sepak bola. Kaki saya sudah di urut + melakukan terapi2 tradisional untuk mempercepat penyembuhan tetapi sampai saat ini rasa nyeri gak hilang2, apakah ini ada kaitannya dengan asam urat juga??....

Terima Kasih Dok sebelumnya.

Suryo Wibowo said...

Dear Koji,

Coba diulang pemeriksaan kadar asam urat dalam darah setelah anda mengonsumsi allopurinol 100 mg selama 2 minggu ini. Bila kadar asam urat dalam darah anda turun menjadi normal berarti cukup.

Sepanjang obat-obatan herbalnya murni herbal, tidak masalah dikonsumsi dengan allopurinol.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Suryo Wibowo said...

Dear Ajie,

Saya ikut prihatin dengan kegagalan anda mengikuti tes masuk PS.

Selain masalah hyperuricemia (tingginya kadar asam urat dalam darah), anda juga mempunyai masalah kegemukan (obesitas). Dengan tinggi badan 180 cm dan berat badan 105 kg, maka indeks massa tubuh (IMT) anda adalah 32,4. Setelah anda diet dan berolahraga berapa berat badan anda sekarang?

Perlu anda ketahui bahwa hyperuricemia itu disebabkan oleh 3 faktor yakni pembentukan yang berlebihan, pengeluaran yang berkurang, dan kombinasi dari kedua hal yang disebutkan lebih dulu.

Mengenai pembentukan yang berlebihan bisa disebabkan oleh karena bahan bakunya berlimpah, sehingga produksi meningkat. Bahan baku berlimpah dapat bersumber dari luar tubuh (dalam hal ini makanan) dapat pula bersumber dari dalam tubuh Ajie sendiri (akibat proses regenerasi/turn over sel-sel di tubuh Ajie). Dengan indeks massa tubuh yang 32,4 (seharusnya jangan lebih dari 23,5) maka bahan baku yang bersumber dari dalam tubuh Ajie sendiri lebih dominan dibandingkan yang bersumber dari makanan.

Untuk mengetahui apakah pengeluaran asam urat dari tubuh anda berjalan normal atau tidak anda dapat meminta dokter anda melakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam urin. Bila hasilnya kurang dari nilai normal, berarti ada masalah dalam pengeluaran asam urat dari tubuh anda, sehingga akibatnya kadar asam urat dalam darah anda meningkat.

Pola hidup sehat yang tepat adalah makan makanan bergizi seimbang dalam jumlah yang cukup, cukup beristirahat, berolahraga teratur minimal 4 kali dalam seminggu, perbanyak makan sayur-mayur dan buah-buahan, kurangi konsumsi daging, hindari stress, hindari minum minuman beralkohol.

Mengenai pembengkakan sendi kaki kiri anda, dapat disebabkan oleh cedera karena olahraga tersebut, dapat pula disebabkan oleh hyperuricemia. Untuk memastikannya sebaiknya anda segera ke dokter.

Sekian dulu, semoga jelas. Bila masih ada yang belum dimengerti silahkan anda bertanya kembali.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Unknown said...

Yth. dr. Suryo Wibowo
Penjelasan dokter cukup jelas.
Saat ini berat badan saya 101 kg....mungkin sebulan kedepan, saya tidak dapat melaksanakan olahraga rutin dikarenakan pembengkakan pada sendi kaki saya.

Baiknya dengan tinggi badan saya tersebut, berat badan maksimal / ideal saya berapa Dok?

Klo untuk obat, apa cukup dengan Zyloric Allupurinol?
Apakah ada obat lainnya untuk membuang asam urat?
Obat Alami seperti daun salam, meniran di konsumsi dengan obat kimia (zyloric) ada efek negatifnya gak Dok?

Terima Kasih Dok..

Anonymous said...

Dok, Saya mau tanya....
lengan kanan saya terasa sakit dan ngilu sudah beberapa bulan tapi sampai sekarang belum sembuh.
saya sudah urut 3 kali tapi belum pernah ceck ke dokter.
aoakah ini termasuk asam urat atau pengapuran.
pengapuran itu apa ya Dok..?

pertama saya merasa sakit dan nyeri setelah saya main futsal.
saya sebagai keeper dan sering melempar bola. tapi pada waktu itu tidak sakit, justru rasa sakit muncul malamnya Dok.
o ya Dok, terakhir saya main futsal bulan juli 2008 tapi sampai sekarang belum sembuh.
apakah ini sudah termasuk akut atau gimana Dok dan cara penangananya...?
mohon bantuan dan jawabanya Dok
terima kasih

Anonymous said...

Dok, Saya mau tanya....
lengan kanan saya terasa sakit dan ngilu sudah beberapa bulan tapi sampai sekarang belum sembuh.
saya sudah urut 3 kali tapi belum pernah ceck ke dokter.
aoakah ini termasuk asam urat atau pengapuran.
pengapuran itu apa ya Dok..?

pertama saya merasa sakit dan nyeri setelah saya main futsal.
saya sebagai keeper dan sering melempar bola. tapi pada waktu itu tidak sakit, justru rasa sakit muncul malamnya Dok.
o ya Dok, terakhir saya main futsal bulan juli 2008 tapi sampai sekarang belum sembuh.
apakah ini sudah termasuk akut atau gimana Dok dan cara penangananya...?
mohon bantuan dan jawabanya Dok
terima kasih

Suryo Wibowo said...

Dear Gagah,

Anda sudah 3 kali urut, tapi belum ke dokter, ya jadinya anda masih belum sembuh, hehehe.

Kalau dari Juli 2008 sampai sekarang masih belum sembuh, yah berarti sudah kronik atau bahasa Indonesianya menahun (kan sudah 1 tahun lebih). Bukan lagi akut. Di kedokteran akut itu untuk sesuatu yang baru terjadi, kalau sudah lama atau bertahun-tahun namanya menahun atau kronik.

Penanganannya tergantung diagnosanya apa. Diagnosanya apa, ya harus diperiksa dulu oleh dokter. Oleh karena itu saran saya sederhana saja, segeralah berobat ke dokter.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Suryo Wibowo said...

Dear Bobby,

Untuk dapat mengatakan apakah yang anda alami itu wajar dan tidak berbahaya saya harus memeriksa langsung fisik anda.

Setelah dua minggu anda dapat melakukan pemeriksaan ulang kadar asam urat.

Diet anda tidak bermasalah.

Sekian dulu, kalau masih ada yang ingin ditanyakan silahkan menulis kembali.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Anonymous said...

Siang Dok, saya kebetulan habis melakukan general check up di prodia, dari hasil yang dianalisa hampir seluruhnya baik (test meliputi SGOT,SGPT, Gula Darah Puasa / tidak, kolesterol, test urine dsb). Namun kadar asam urat saya sedikit diatas normal, yaitu 7,2 (normal maks. 7). Apakah kadar asam urat saya tersebut perlu diwaspadai sebagai penyimpangan mengingat hasil test urine dan kadar kreatinin tidak ada penyimpangan (normal).
Terima Kasih.

tia_ys said...

Apakah mengkonsumsi allopurinol selama masa menyusui boleh?bayi saya sudah usia 6,5 bulan.sudah mendapat makanan pengganti ASI.tetapi saya masih menyusui.kemarin tgl 22 des 09 saya cek asam urat di kantor(lupa nama alatnya),hasilnya mengagetkan 11,3. sewaktu blm hamil normal sekitar 4.
Mohon penjelasan dari dokter.
Terima kasih

Suryo Wibowo said...

Dear Tia,

Sebaiknya anda konsultasi dulu ke dokter, dan lakukan pemeriksaan ulang kadar asam urat dalam darah anda itu di laboratorium klinik yang berstandar baik. Jangan minum obat sendiri.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Anonymous said...

dokter, sy mau tanya ttg hasil test lab pemeriksaan darah saya.saya ada periksa kekentalan darah dan disana ditulis prone to hypoaggregation
adp 1 um : 1.6
adp 2 um: 2.5
adp 5 um : 22.3
adp 10 um : 72.9
dan creatine serum sy hasilnya 0.5 mg (0.7-1.2) total cholesterol sy 212 mg. boleh tolong dijelaskan ngga dok ttg hasil pemeriksaan itu.terimakasih dok.

Suryo Wibowo said...

Dear Friend,

Prone to hypoaggregation itu maksudnya trombosit-trombosit di tubuh anda kurang dapat saling melekat satu sama lain.
Trombosit atau bahasa indonesianya adalah sel keping darah di tubuh kita itu gunanya adalah bila terjadi luka maka trombosit-trombosit itu akan saling melekat satu sama lain, membentuk gumpalan/sumbat sehingga perdarahan dari luka tersebut dapat berhenti.

Apakah anda minum obat pengencer darah?

Kreatinin adalah salah satu parameter fungsi ginjal. Dengan kadar kreatinin serum 0,5 mg, tampaknya fungsi ginjal anda masih dalam batas normal.

Total kolesterol 212 mg berarti kolesterol dalam tubuh anda agak tinggi sedikit. Kolesterol ada yang baik (kolesterol HDL) dan ada yang jahat (kolesterol LDL), bagaimana nilai kedua jenis kolesterol?

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK

Anonymous said...

Dok nama saya mangara, umur saya 29th, saya menderita asam urat diketahui sejak tahun 2006, tinggi saya 176cm berat saya 115kg, pd saat ini kaki saya bengkak dikarenakan pada saat tidur posisi kaki saya menggantung dan saya mengkonsumsi obat allopurinol dan deflamat cr 100cr saya berharap semoga kaki saya sembuh dari nyeri dan bengkak, yang saya tanyakan apakah benar penyebab kaki saya bengkak adalah asam urat? kl ya kok sudah dua minggu kaki saya tetap bengkak dok? mohon bantuan dan sarannya dok.
Terima kasih sebelumnya

Suryo Wibowo said...

Dear Mangara,

Wah anda gemuk sekali ya, kalau saya hitung-hitung, indeks massa tubuh anda adalah 37,1.

Mengenai kaki bengkak? Saya memerlukan penjelasan lebih rinci, apakah bengkaknya itu menyeluruh ataukah bengkaknya setempat (lokal). Bila bengkaknya menyeluruh, maka ada kemungkinan bukan asam urat, tetapi karena anda tidur dengan kaki menggantung. Tetapi bila bengkaknya lokal maka ada kemungkinan anda menderita asam urat.

Saran saya sebaiknya anda segera ke dokter agar lebih jelas. Jangan mengonsumsi obat tanpa petunjuk dari dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Anonymous from Paris asks:
Saya hanya ingin tau akapah asam urat itu sama dengan rheumatisme sporoasis?

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Saya tidak tahu apa itu rheumatisme sporoasis. Mungkin yang anda maksud adalah rheumatisme psoriatic? Bila ya, maka jawabannya adalah berbeda. Penyakit asam urat/gout tidak sama dengan rematik psoriasis.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Malam dok..

nama saya Joni usia 20 thn, tinggi 172 BB 64 kg..
saat ini saya melakukan kegiatan Fitness dengan mengkonsumsi susu tinggi protein..

Apakah asam urat saya bisa meningkat?
Apa ada tips2 diet tepat dari dokter untuk orang2 yg melakukan olahraga fitness ini?

Anonymous said...

Dok,bagaimana cara ampuh menghilangkan pentakit asam urat..???

Anonymous said...

Dear Dr. Suryo Wibowo
Dok , nama saya David umur 35 thn,saya ini penderita asam urat dimana kadar asam urat saya bisa mencapai 10, anyway skg saya terapi dengan obat zyloric alpurinol, dengan obat tersebut rutin tiap hari dimakan hingga 2-3 minggu kadar asam urat saya bisa kembali normal. Hanya bila tidak makan obat kadar asam urat saya bisa mencapai 10 kembali dan biasanya nyeri di kaki akan kembali muncul.Pertanyaan saya apakah efek jangka panjang bila saya terus mengkomsumsi obat zyloric. Apakah berbahaya .... , bagaimana terapi agar tidak terus2xan meng-komsumsi obat tersebut.

Anonymous said...

Dear Dr. Suryo Wibowo
Dok , nama saya David umur 35 thn,saya ini penderita asam urat dimana kadar asam urat saya bisa mencapai 10, anyway skg saya terapi dengan obat zyloric alpurinol, dengan obat tersebut rutin tiap hari dimakan hingga 2-3 minggu kadar asam urat saya bisa kembali normal. Hanya bila tidak makan obat kadar asam urat saya bisa mencapai 10 kembali dan biasanya nyeri di kaki akan kembali muncul.Pertanyaan saya apakah efek jangka panjang bila saya terus mengkomsumsi obat zyloric. Apakah berbahaya .... , bagaimana terapi agar tidak terus2xan meng-komsumsi obat tersebut.

Suryo Wibowo said...

Dear David,

Allopurinol mempunyai profil keamanan yang baik, tetapi itu hanya berlaku bila diresepkan kepada pasien-pasien dengan hiperurisemia yang bergejala. Dosis harus disesuaikan untuk mencapai kadar asam urat < 6 jika memungkinkan. Selain itu, pasien-pasien yang mengkonsumsi allopurinol dan pasien itu juga mempunyai gangguan fungsi ginjal atau sedang mengkonsumsi juga obat diuretik, maka akan mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk terjadinya efek samping.

Jadi kesimpulannya adalah minum allopurinol harus berdasarkan pemantauan oleh dokter/resep dokter (meskipun dapat dibeli bebas karena dijual bebas oleh beberapa toko obat dan apotek yang nakal). Mengapa demikian? Karena dokter akan memantau efek samping, dan memperhatikan interaksi obat yang mungkin terjadi yang mana dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

dok..
sendi2 saya sakit semua.. apalagi di pagi hari..
kadang sembuh.. kadang kumat..
sebelumnya saya terkena sakit demam berdarah..
selama 1 minggu saya obati sendiri dengan pengobatan sbb:
minum air/pocari sweeat 2 liter / hari
minum obat : parasetamol & ponstan di tambah amoxilin.
obat tradisional : minum jus jambu dan angkak (obat china).
lewat 2 minggu dari sakit kok timbul sakit di sendi2..??
saya takut harus minum obat penahan sakit terus ber efek samping..
apa ada korelasi/ hubungan dari sakit DBD ke asam urat/ nyeri sendi..?
apa pengobatan / obat yg sesuai dengan kondisi saya dok..?
usia saya 35 thn.. sebelumnya saya blum pernah sakit keras (sehat)
saya hidup sehat (tidak: merokok, kopi, teh, alkohol)
tolong infonya di email ke rahmat_fauzi2002@yahoo.com
tanks dok

Anonymous said...

dear dr.Suryo Wibowo

saya sanny, dari manado..
saya ingin bertanya tentang penyakit asam urat yang saya alami. saya seorang pria yang baru berusia 17 tahun, namun kadar asam urat saya sudah sangat tinggi, yaitu 10,6.. angka itu sudah melebihi ayah saya yang hanya berkisar 8..

dapatkah dokter menjelaskan kepada saya mengapa saya mengidap asam urat di usia yang baru 17 tahun ini??sedangkan setahu saya, dan juga pengalaman dari orang-orang terdekat, umumnya penyakit ini menyerang orang yang usia sudah 30 tahun ke atas..

dan juga dok, dapatkah dokter memberitahu kepada saya tentang makanan yang tidak dapat saya pantang??karena dokter tahu saya masih dalam masa pertumbuhan..

terima kasih atas sarannya dok,,

Anonymous said...

yth.dr Suryo, perkenalkan nama sy M,Noor umur 49th tb 172cm bb 69 kg, crtnya gini dok 6bl yl sy kolik d bag pert bwh kiri menjlr ke pinggang kiri, akhirnya sy d opname d rs slm 2minggu dg D/ batu ginjal berdsrkan hsl USG,kmd sy d rujuk ke rspad utk menjln operasi, menjelang operasi sy d USG ulang dg hsl tdk tampak batu baik d ginjal maupun d ureter, akhirnya di diagn dg asam urat, ini hsl pem lab tgl 27 agt 09,kreatinin 1,8 as urat 6,1 ureum 36 na 141 kl 95 k 5,1 pem renogram sept 09 gfr ren ki 32ml/mnt ka 43ml/mnt total 75ml/mnt, berdsrkan instr dokt rs 6bl kmd d lakukan pem ulang, tgl 30mart2010 sy kbl melkk renogram dg hsl gfr ren ki 23ml/mnt ka 32ml/mnt ttl 55ml/mnt, hsl lab kreat 1,7 as urt 10,0 ureum34, trs terg sy stress liat hslnya dok, pertyaan sy: bs kah fungsi ginjl sy norml kmbl? bgmn menurnkan kdr as urat padahal sy sdh diet ketat slm ini, ohya dok sy olhrg semgg 2x lari slm 45mnt,termsk beratkah or sy? tlg pencerahannya ya dok, sy bnr2 lg bingung.... trimakasih sblnya

Suryo Wibowo said...

Dear Noor,

Terima kasih atas comment-nya, meskipun saya rada bingung bacanya karena banyak singkatannya.

Nyeri kolik di perut bagian bawah kiri menjalar ke pinggang kiri? Apakah tidak terbalik? Sebab biasanya keluhan untuk batu ureter adalah nyeri di pinggang kiri menembus ke perut, menjalar ke bawah, dan terkadang nyeri dapat dirasakan di testis (buah zakar).


Bagaimana dengan pemeriksaan fisik? Apakah ada nyeri ketok pada punggung kiri?

Tanggal 27 Agustus 2009 kreatinin 1,8. Dan setengah tahun kemudian kreatinin 1,7 berarti ada penurunan yang berarti ada perbaikan.
Tetapi untuk asam urat dari 6,1 justru naik menjadi 10,0. Ini kenaikan yang cukup tinggi. Waktu 6,1 sih malah masih normal. Kok bisa jadi tinggi.

Selama 6 bulan ini obat apa saja yang diminum? Terus apa kata dokter anda?

Saya masih penasaran dengan masalah batu yang bisa tiba-tiba menghilang. Ada beberapa kemungkinan:
1. Dokter pertama yang salah, atau
2. Dokter kedua yang salah, atau
3. Batu tersebut sudah hancur pada saat anda diopname selama 2 minggu.

Sekian dulu, silahkan menulis lagi, sementara saya belum dapat menjawab dengan baik pertanyaan anda.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

trimakasih y dok ats jawaban nya..
selama di rumah sakit saya di beri obat untuk batu ginjal : urdahex,nephrolit,batugin,asam mefenamat..masing2 3x1..

kemudian untuk diagnosa asam urat,saya diberi obat : allopurinol,furosemid,bicnat,aminora ketoacid,amoxiclav 625mg..\

ini obat yg saya minum selama saya di rawat di RS..
sejak 6 bln yg lalu sampai saat ini,saya minum:ziloryc 300mg 1x1,bicnat 3x1,ketosteril 3x1,walaupun minum nya tidak rutin..

pada pemeriksaan fisik,memang tidak ada rasa nyeri ketok pada pinggang kiri,,

pada waktu saya dirawat 2 minggu pertama di RS saya tdk pernah merasakan ada yg keluar ketika buang air kecil..
urine keluar dgn lancar,,

dokter saya yg sekarang,bilang klo saya menderita asam urat tinggi,sehingga fungsi ginjal saya menurun..

apakah fungsi ginjal yang menurun bs normal kembali, kalau kadar asam urat saya normal?

terimakasih sebelum nya dok..
salam..
M.Noor

andre said...

Pagi Dok,

saya mau tanya, beda allopurinol dan recofal itu apa ya dok? dosis untuk minum recofal itu brp? dminum sampai tidak nyeri lg atau tidak boleh berhenti?
terima kasih..

Anonymous said...

Salam kenal dok, nama saya irma.
Dok, saya ingin menanyakan tentang radang sendi yang diderita oleh ayah saya. Ayah saya berumur 58 tahun, berat 80 kg. Sejak setengah tahun lalu radang sendi menyerang tumit kanan ayah saya. Setelah berobat ke dokter diberi obat: Ketesse 25 mg, Medixon 4 mg, Feldene Flash 20 mg. Baru minum obat 2 hari, lambung ayah saya sakit sekali. Setahu saya, itu adalah efek samping obat tetapi bagaimana cara mengatasinya dok?

Anonymous said...

Dokter Suryo yang baik,
nama saya ineke, perempuan, usia 32, tinggi 162 cm berat 40 kg. saya kena asam urat sejak 4 th yg lalu karena terlalu banyak makan makanan yang mengandung purin (dari dulu obsesi saya menggemukkan badan). pertanyaan saya:
1. apakah berenang baik untuk saya mengingat kaitan dengan asam urat?
2. saya ingin badan yang sedikit berisi dok, tapi bgmn caranya kalau banyak pantangannya?
terima kasih atas sarannya ya dok, Gbu.

Suryo Wibowo said...

Dear Noor,

Coba saja kamu usahakan minum obat yang teratur, dan kontrol ulang setiap bulan sekali, mudah-mudahan dengan turunnya asam urat kamu, fungsi ginjalmu membaik.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Andre,

Allopurinol itu untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, sedangkan Recolfar itu isinya adalah Colchicine untuk mengurangi nyeri pada artritis gout dan juga profilaksis jangka pendek selama awal terapi dengan alopurinol atau obat urikosurik lainnya.

Recolfar sebaiknya tidak diminum tanpa resep dokter, karena obat ini dapat menimbulkan efek samping yang cukup serius.

Sebaiknya anda kontrol ulang ke dokter anda.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Irma,

Sayang sekali anda tidak memberitahukan berat tinggi badan ayah anda, sehingga saya tidak dapat membayangkan apakah dengan berat badan 80 kg itu ayah anda kurus, sedang, atau justru kegemukan.

Obat ketesse untuk menghilangkan nyeri, medixon untuk peradangan dan nyeri, feldene untuk nyeri dan peradangan. Semua obat tersebut dapat menimbulkan efek samping pada saluran pencernaan/lambung.Jadi, memang benar lambung ayah anda sakit karena efek samping obat.

Cara mengatasinya? Hentikan pemakaian obat-obatan tersebut, minum obat maag.

Sebaiknya anda membawa kembali ayah anda ke dokter itu untuk memberitahu dokter bahwa ayah anda mengalami nyeri lambung agar dokter dapat memberikan obat nyeri golongan lain yang tidak/kurang menimbulkan efek samping pada lambung.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Ineke,

Berapa kadar asam urat anda?

Berenang baik untuk anda. Untuk menaikkan berat badan anda dapat berkonsultasi dengan dokter ahli gizi.

Pada prinsipnya untuk asam urat, anda dapat makan makanan yang berasal dari nabati dengan bebas, sedangkan yang berasal dari hewani agak dikurangi.


Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

jeanne..
23 tahun.setelah periksa asam urat kadarnya 6,4. apakah normal? lalu apa yg harus dilakukan untuk menurunkan nya mjd normal...

Anonymous said...

jeanne...
perempuan, usia 23, tinggi 155 cm, berat badan 48 kg, setelah periksa kadar 6,4 apakah masih normal? bagaimana cara menurunkannya?

Suryo Wibowo said...

Dear Jeanne,

Minum air putih yang banyak, setiap 1 jam 1/2 gelas air putih. Lakukan selama 1 bulan, lalu ulangi pemeriksaan tersebut.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Haryadi said...

Salam Kenal Dok, nama saya Haryadi,laki2, 48 thn, tinggi 170 berat 65Kg 3 bulan yang lalu tiba2 kaki kiri saya terasa sakit terutama di sekitar paha, sampai2 kaki kiri susah diangkat dan jalanpun sangat susah, kira sy keseleo dan diurut. namun ternyata tidak menyembuhkan. sampai sekarang rasa sakitnya sudah berkurang tetapi kalau duduk bersila tetap masih sakit. Sy coba cek asam urat yang pakai alat di outlet century (herbal) dalam dua bulan ini sudah 2 kali yang pertama 9.4 dan minum herbal (ekstrak seledri) setelah kurang lebih satu minggu dan saya cek tgl 13 mei 2010 ternyata jadi naik 10,4.

informasi tambahan, perut saya sudah lama sering kembung sehingga tetapi dalam 2 bulan terakhir ini mengkomsumsi susu kedelai organik setiap pagi dan malam dan sudah jarang kembung lagi.

Apakah susu kedelai organik tersebut menjadi pemicu asam urat?

Mohon pencerahan dok, terimakasih

Suryo Wibowo said...

Dear Haryadi,

Kadar asam urat dalam darah anda memang tinggi sekali, akan tetapi saya meragukan bahwa itu yang menjadi penyebab nyeri pada paha anda. Biasanya radang sendi yang disebaban oleh asam urat (gout) dimulai dari sendi-sendi kecil di bagian ujung-ujung tubuh.

Mengenai apakah susu kedelai menjadi penyebab tingginya kadar asam urat dalam darah anda gampang saja untuk mengetahuinya. Coba saja anda hentikan mengkonsumsinya selama 2 - 4 minggu, kemudian cek lagi kadar asam urat anda. Jika turun menjadi normal, maka terbukti sudah bahwa biang keladinya adalah susu kedelai yang anda konsumsi. Akan tetapi, jika ternyata tidak turun maka terbukti bahwa biang keladinya bukan si susu kedelai itu.

Saran saya adalah agar anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab nyeri pada paha anda sehingga anda sulit untuk duduk bersila. Apakah nyeri itu disebabkan oleh otot, sendi, atau ada saraf yang terlibat.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Salam Kenal Dokter,

Suami saya (usia 33 th, BB +/- 73, TB +/- 170) minggu lalu berinisiatif cek darah untuk tes gula darah, kolesterol dan asam urat. Hasilnya sangat mengejutkan. Asam urat 14, gula darah 200 dan kolesterol saya lupa tapi masih di ambang normal. Kondisi tes saat itu setelah makan siang.

Tetapi yang saya heran, suami saya tidak pernah mengeluh apa2 sehubngan dengan gejala asam urat. Paling2 hanya pegal2 biasa. Berbeda dengan teman saya yang memang sudah sering terkena serangan asam urat ini sampai bengkak dan sulit berjalan, bahkan sampai dirawat di RS beberapa kali. Teman saya ini, ketika kumat asam uratnya paling tinggi 11 -12 saja.

Bagaimana ini bisa terjadi (suami tidak merasakan gejala asam urat) padahal kadar asam uratnya lebih tinggi dibanding teman saya yang sering mengalami serangan?

Apakah perlu cek ulang ataukah kadar asam urat di setiap orang berbeda reaksinya?

Terimakasih banyak

Suryo Wibowo said...

Dear Friend,

Sebaiknya dilakukan pemeriksaan ulang dengan puasa sebelumnya tetapi tetap minum air putih tawar, dan dilakukan di laboratorium klinik yang sudah terstandarisasi (misalnya prodia, biomedika, paramita, dll).

Bisa saja asam urat tinggi tetapi belum ada gejala, tetapi dengan kadar asam urat setinggi itu, hampir bisa dipastikan suatu waktu akan timbul gejala.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Selamat sore Dokter Suryo Wibowo. saya parlin tobing usia 23 tahun tinggi = 178cm, berat badan = 80kg, gol darah = O.. sebelumnya saya tidak pernah cek asam urat. namun karena ada pada pengecekan darah gratis (asam urat, kolesterol dan gula darah) bagi pendonor darah, makanya saya ikut. setelah dilakukan pengecekan darah menggunakan alat oleh mahasiswa fakultas kedokteran UI (Universitas Indonesia) hasilnya adalah asam urat saya : 10*. pengecekan darah dilakukan dalam kondisi saya tidak puasa.
selama ini saya mengkonsumsi air putih cukup banyak dan berolahraga rutin setiap minggu.
Jujur, karena latar belakang pendidikan saya bukan dibidang kesehatan, saya cukup terkejut dan panik begitu mengetahui hasil pengukuran asam urat saya berada diluar toleransi asam urat untuk pria (3-7).


yang mau saya tanyakan :
1. apakah nilai yang diperoleh dari alat pengukur sebesar stopwatch tersebut valid?
2. semisalnya nilai tersebut valid, apa yang harus saya lakukan sedini mungkin untuk menurunkan asam urat? (mis. makanan, olahraga, dll). sebab selama ini saya tidak pernah mengelami pegal yang sangat hebat ataupun sejenisnya. namun beberapa bulan kemarin saya pernah mengalami pegal pada bahu kanan atas (pundak)selama hampir 2 minggu dan beberapa hari lalu saya mengalami pegal di pinggang kanan belakang saya.
3. Faktor apa saja yang menyebabkan sehingga nilai asam urat saya mencapai 10*?

Terimakasih

ebot said...

Salam kenal Dok nama saya Ebot saya mau tanya apakah penyakit asam urat juga membuat kita terasa sakit kalau sedang buang air seni??? terima kasih sebelumnya

Coet said...

Malam dokter, saya cut.
Saya mau tanya tentang sakit yang saya derita. apakah termasuk asam urat atau penyakit apa?

Jadi awalnya begini dr.
Saya tidak begitu ingat kapan pertama kali timbul rasa sakit ini. tapi saya ingat mulai sering kambuh pada saat SMA.

Kaki saya sering merasa ngilu..sakit sekali samoai terkadang tidak bisa tidur, tapi kalau sudah dibawa tidur biasanya besok paginya hilang rasa sakitnya.

Rasa sakit itu biasanya timbul kalau saya terlalu banyak berdiri atau berjalan, kalau berpergian menggunakan celana pendek, kena angin malam.
Kalau masalah makan saya memang tidak pernah menjaga makanan yang saya makan.

Rasa sakitnya selalu timbul malam hari dok. Kalu agak parah biasanya dari sore sudah mulai terasa.

Nah belakang ini lagi sering sekali kambuh dok. padahal beberapa tahun ini jarang sekali walaupun masih suka kambuh.

kalau lagi kambuh kaki digerakan saja sudah tidak bisa kaena menambah rasa sakit.
Apalagi kalau terkena udara dingin dok, jadi tambah sakit lagi.

biasanya saya tidak pernah minum obat, tapi belakangan saya minum aspilet.


saya perempuan dan berumur 20 tahun
tinggi kurang lebih 150cm
berat badan 50kg
saya juga punya darah rendah dok, seingat saya selalu rendah kalau tensi dan waktu saya dirawat karena DBD dokternya juga blg saya ini darah rendah.

oh ya dok ada satu lagi.
adi perempuan saya yang sekarang kelas 6 SD juga punya penyakit yg sama dok. cuma dia jauh lebih parah.
kalau lagi kambuh nenar2 ga bisa bergerak, dia juga sering keram mendadak.
apakah inni turunan dok?

terima kasih dr.Suryo

Suryo Wibowo said...

Dear Ebot,

Salah satu penyulit (komplikasi) dari hyperuricemia (kadar asam urat dalam darah yang tinggi) adalah batu ginjal. Kadar asam urat dalam darah yang tinggi akan menyebabkan terbentuknya kristal-kristal asam urat. Kristal-kristal yang bersatu akan membesar menjadi batu. Kristal-kristal tersebut saat lewat di saluran air kemih dapat membuat nyeri pada saat sedang berkemih.


Sebaiknya anda segera ke dokter untuk mengobati hyperuricemia anda, dan perbanyaklah minum air putih, setiap 1 jam 1/2 sampai 1 gelas air putih.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Coet,

Kalau dari cerita anda, tampaknya bukan radang sendi asam urat (gout), mungkin ada masalah dengan pembuluh darah atau darah anda. Sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Minum aspilet? Mengapa anda minum aspilet? Aspilet dapat menyebabkan darah sukar membeku, jadi bila anda minum aspilet, maka pada waktu mau operasi atau mencabut gigi misalnya, maka sebaiknya aspiletnya dihentikan dulu selama 10 hari sebelumnya, karena kalau tidak darah akan sukar membeku.

Mengenai adik anda suka kram mungkin disebabkan oleh kekurangan kalsium, akan tetapi sebaiknya dicek dulu ke dokter.

Sekian dulu, semoga membantu. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan silakan.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

dokter suryo ysh. salam kenal dok saya budi. saya ingin menanyakan tentang kakek saya.
umur beliau 82 tahun, jenis kelamin pria, tinggi badan 170, golongan darah A, berat badan 74 kg, kadar asam urat terakhir (diukur 3 minggu yang lalu) adalah 7.7, menurut nya dia menderita asam urat sudah lama, obat yang dikonsumsi adalah legiron diminum tiap hari sebanyak 2 kali. Beliau masih suka berolahraga sepeda dan jalan kaki.

belakangan ini lutut nya sebelah kiri sering sakit, kadang bengkak. menurut dokter bagaimana cara mengatasi nya dengan keadaan yang demikian. bagaimana dengan makanan yang harus dimakan, makanan apa saja yang harus dihindari, saya dengar itu tergantung golongan darah? itu saja dok. terima kasih telah membuat forum tanya jawab ini. sangat bermanfaat.

Anonymous said...

Dr.suryo wibowo yang saya hormati,
saya seorang pria berusia 58th. tanggal 3 juni 2010 saya memeriksakan diri ke dokter untuk tes lab (setelah semalam berpuasa). dari hasil lab didapat:
SGOT 22,3
SGPT 22,9
UREUM 41
CREATINE 1,78
CHOLESTEROL 228
TRIGLYCERIDE 221
URICACID 8,99
GLUKOSA_N 103
HDL 53
LDL 131
yang akan saya tanyakan adalah, asam urat saya tergolong tinggi, tapi selama ini saya tidak pernah merasakan gejala2 yang biasa dirasakan oleh orang2 dengan asam urat tinggi (diatas 7). mohon dijelaskan mengapa bisa demikian...
saya mendapat obat dari dokter Alopurinol untuk dikonsumsi 2x1, dan simpastatin 1x1 sebelum tidur.
terima kasih..

Suryo Wibowo said...

Dear Friend (tanpa nama sih),

Dari hasil laboratorium yang anda sampaikan, tampak bahwa anda menderita gangguan fungsi ginjal. Untuk menilai fungsi ginjal ada 3 parameter yang harus diperhatikan yakni kadar ureum, kadar kreatinin, dan kadar asam urat. Dari ketiga parameter tersebut, 2 parameter tampaknya sudah melewati rentang nilai normal (sayang anda tidak menyertakan nilai normal dari laboratorium tempat anda memeriksakan diri).

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah penyebab gangguan fungsi ginjal anda itu? Apakah anda menderita darah tinggi? Apakah anda menderita diabetes mellitus? Apakah pernah menderita infeksi pada saluran kemih? Dan masih banyak lagi penyebab yang harus ditelusuri dan diselidiki.

Menjawab pertanyaan anda mengapa anda tidak memiliki gejala-gejala? Mungkin dikarenakan belum saatnya (waktunya belum tiba), dan memang banyak orang yang suka salah kaprah. Ada gejala pegal-pegal langsung dibilang asam urat, padahal kadar asam uratnya belum dicek tinggi atau tidak. Seandainya tinggi pun belum tentu keluhan pegal-pegalnya disebabkan oleh asam urat.

Anjuran saya adalah agar anda kembali ke dokter anda lagi untuk menanyakan kepada beliau mengapa fungsi ginjal anda mengalami gangguan, sehingga dapat dicari penyebabnya dan diatasi sedini mungkin penyebabnya, agar fungsi ginjal tidak bertambah rusak.

Sekian dulu, bila ada pertanyaan silahkan email kembali.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

kustanto said...

Yth. dr. Suryo Wibowo
saya Kustanto (58 th) yang sebelumnya bertanya pada comment 281. terima kasih atas jawaban dokter. berikut adalah hasil lab beserta nilai normal dari laboratorium tempat saya memeriksakan diri:
SGOT 22,3 (0-37)
SGPT 22,9 (0-42)
UREUM 41 (10-50)
CREATINE 1,78 (0,6-1,2)
CHOLESTEROL 228 (100-220)
TRIGLYCERIDE 221 (70-150)
URICACID 8,99 (3,4-7)
GLUKOSA_N 103 (70-110)
HDL 53
LDL 131
saya bukan penderita tekanan darah tinggi maupun diabetes melitus.
pada pemeriksaan tgl 3 juni 2010 tensi saya 100/70, dan tensi saya tidak pernah lebih dr 110/80.
memang saya pernah terkena infeksi saluran kemih dan setiap tahun pasti keluar kristal2 pada saat buang air kecil.
kenapa waktu saya memeriksakan diri, saya tidak diberi obat untuk ginjal? sementara dr hasil laboratorium diketahui bahwa ginjal says bermasalah. dan saya dianjurkan untuk kontrol setiap bulan & 3bulan sekali tes laborat.
mohon penjelasan lebih lanjut. terima kasih..

Suryo Wibowo said...

Dear Pak Kustanto,

Senang berkenalan dengan anda.

Menarik sekali bahwa setiap tahun pasti keluar kristal-kristal pada saat buang air kecil. Saya duga kristal tersebut adalah kristal asam urat mengingat kadar asam urat dalam darah anda tinggi.

Sebelumnya bapak menanyakan kenapa pada diri bapak tidak ada gejala-gejala. Nah terjawab sudah, bahwa sebenarnya keluarnya kristal-kristal asam urat (?) merupakan salah satu tanda/gejala. Penyulit/komplikasi dari kadar asam urat dalam darah yang tinggi adalah radang sendi asam urat (gout), batu ginjal, dan tophus. Nah dari ketiganya, yang paling populer adalah radang sendi asam urat (gout). Tetapi rupanya komplikasi yang menghampiri bapak adalah batu ginjal, dalam hal ini keluar berupa kristal-kristal pada saat buang air kecil.

Sudah berapa lamakah bapak menderita kadar asam urat dalam darah tinggi (hyperuricemia)?

Mengenai mengapa pada waktu bapak memeriksakan diri bapak tidak diberi obat untuk ginjal, saya tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut, sebab pertanyaan tersebut lebih tepat bapak ajukan pada dokter bapak.

Sekian dulu, mudah-mudahan jelas. Bila masih ada yang ingin ditanyakan silahkan.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

kustanto said...

Terima kasih atas jawaban dokter.saya sangat puas atas penjelasan yang dokter berikan,sedikit tambahan dari saya, sebelumnya saya belum pernah tes asam urat.Sekali lagi terima kasih.

kustanto said...

Terima kasih atas jawaban dokter.saya sangat puas atas penjelasan yang dokter berikan,sedikit tambahan dari saya, sebelumnya saya belum pernah tes asam urat.Sekali lagi terima kasih.

kustanto said...

Terima kasih atas jawaban dokter.saya sangat puas atas penjelasan yang dokter berikan,sedikit tambahan dari saya, sebelumnya saya belum pernah tes asam urat.Sekali lagi terima kasih.

kustanto said...

Terima kasih atas jawaban dokter.saya sangat puas atas penjelasan yang dokter berikan,sedikit tambahan dari saya, sebelumnya saya belum pernah tes asam urat.Sekali lagi terima kasih.

Suryo Wibowo said...

Dear Pak Kustanto,

Terima kasih kembali kasih. Saya sangat senang kalau Bapak sangat puas dengan penjelasan saya.

Selamat menikmati sisa hari Minggu ini.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Dr.suryo wibowo ysh
Saya pria umur 33 th, berat 75kg, tinggi 170cm. Karena gejala nyeri pinggang, Hr ini pertama kali tes lab fungsi ginjal spesimen darah dg hasil ureum 20 (acuan 10-50), creatinin 1,28 (acuan <1,4), asam urat 9,5 (acuan 3,6-7,7). Yg ingin saya tanyakan:
1. Apakah sy terkena asam urat, mengingat tdk pernah merasakan nyeri ibu jari kaki?
2. Bagaimana fungsi ginjala sy?
3. Apakah kadar asam urat sy bs kembali normal?
Best Regard,

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Anda mengalami hyperuricemia. Apa itu? Kadar asam urat dalam darah meningkat. Ini dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, tetapi secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu: 1. produksi asam urat yang berlebihan; 2. pengeluaran asam urat yang kurang; dan 3. kombinasi kedua hal tersebut.


Hyperuricemia jika dibiarkan, lama kelamaan akan menimbulkan komplikasi/penyulit:
1. gout (nyeri sendi karena asam urat).
2. batu ginjal/batu di saluran kemih.
3. tophus.

Saran saya, coba anda minum air putih tiap 1 jam 1/2 sampai 1 gelas. Setelah itu cek ulang kadar asam urat anda.

Sekian dulu, jangan lupa memberi kabar bila anda sudah cek ulang.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Terima kasih penjelasannya Dok...
Tambahan info Dok, sy dikasih allopurinol 100gr 1 tablet/hr selama 10 hari. Dan 10 hari lagi sy akan cek ulang.
B/R

Anonymous said...

Dear Dr.Suryo,

Saya Laila,wanita 33 th,157 cm,57 kg,beberapa waktu yang lalu saya cek lab, hasilnya asam urat saya 5,9 mg/dL (setelah puasa), Glukosa puasa 85 mg/dL,Kolesterol Total 251 mg/dL,Trigliserida 143 mg/dL.Pertanyaan saya dok :
1.Apakah saya asam urat dok? mengingat nilai rujukan yang ada di hasil lab saya adalah 2,4 - 5,7.
2.Apakah aman jika saya minum simvastatin 10 mg,satu hari sekali untuk menurunkan kadar kolesterol saya?
Saya awam sekali akan hal ini,mohon penjelasannya Dok.terimakasih...

Anonymous said...

Dr.suryo wibowo ysh
Saya pria umur 33 th, berat 75kg, tinggi 170cm. Karena gejala nyeri pinggang, Hr ini pertama kali tes lab fungsi ginjal spesimen darah dg hasil ureum 20 (acuan 10-50), creatinin 1,28 (acuan <1,4), asam urat 9,5 (acuan 3,6-7,7)
Sesuai saran Dokter, setelah minum allopurinol 100mg/hari selama 10 hr & minum air putih yg banyak. Setelah 10 hr Saya tes ulang dg puasa 10 jam lebih lgkp dg hasil :
GINJAL ==> ureum 20 (acuan <50), creatinin 1,2 (acuan <1,5), asam urat 6,8 (acuan 3,4-7,0)
KIMIA DARAH ==> Glkosa 2jam pp 128 (70-140); glukosa puasa 104 (70-110)
LEMAK ==> total cholesterol 222 (<200); HDL 37 (>35); LDL 147 (<160); Trigliserida 183 (<200).
Yang ingin sy tanyakan Dok (maaf Dok, agak banyakan dikit....) :
1. Apakah asam urat sy sudah normal ataukah hanya krn efek sementara dari obat?
2. Bagaimana gula darah saya, mengingat sy punya faktor keturunan?
3. Apakah kolesterol sy masih dlm kondisi normal?
4. Apa beda LDL & total kolesterol, serta mana yg perlu diwaspadai?

Best Regard

Suryo Wibowo said...

Dear Laila,

Kadar asam urat dalam darah anda memang lebih tinggi dari nilai rujukan lab. Coba minum air putih setiap 1 jam 1/2 sampai 1 gelas, setelah itu diulang pemeriksaan kadar asam uratnya.

Sepanjang simvastatin itu anda dapatkan berdasarkan resep dokter, tentunya dokter anda sudah mempertimbangkan bahwa obat itu aman untuk anda. Tetapi saya anjurkan untuk juga dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol LDL dan HDL.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...
This comment has been removed by the author.
Suryo Wibowo said...

Dear friend,

1. Untuk menjawab pertanyaan anda ini maka anda dapat melakukan percobaan sederhana. Stop minum obatnya, dan setelah 2 minggu atau 1 bulan kemudian cek ulang asam uratnya. Bila hasilnya kembali tinggi, berarti hanya karena efek sementara dari obat. Bila hasilnya tetap normal, berarti anda sudah normal.

2. Gula darah anda masih dalam batas normal. Bila anda takut mendapatkan warisan penyakit kencing manis, maka sebaiknya mulai dari sekarang anda mengamalkan gaya hidup sehat, yakni rutin berolah raga setiap hari, atur agar asupan kalori sesuai dengan kebutuhan.

3. Kolesterol total anda berlebih sedikit, dan saya rasa cukup diatasi dengan pengaturan diet rendah kolesterol dan berolahraga teratur setiap hari.

4. Kolesterol LDL adalah kolesterol yang jahat. Total kolesterol adalah gabungan dari kolesterol HDL, LDL, dan trigliserida. Semuanya perlu diwaspadai.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Ayu said...

Baru sempat mampir nih!
Liat-liat dulu....
Situsnya bagus nih!
apalagi apalagi artikelnya sangat bermanfaat!
hehehehehhehehe
terima kasih ya Pak Dokter...

masYudo said...

dr. Suryo,

Saya Yudo, 31 tahun, 165 cm, 68 kg. Baru saja saya mendapatkan hasil test asam urat yg mencapai angka 9,6. Hasil test ureum dan kreatinin masih di ambang normal. Saya melakukan puasa sebelum test, bahkan mungkin terlalu lama (makan terakhir jam 11 malam, baru bisa test jam 1 siang keesokan harinya). Apakah ini mempengaruhi nilai tersebut? Apakah memang tubuh saya menganggap nilai itu adalah normal bagi saya karena selama ini saya tidak merasakan gejala2 asam urat sperti pegel2 sendi, dll?
Seberapa besar pengaruh tubuh pada hasil test apabila saya mengulang test tanpa puasa?

Trimakasih tanggapannya Dok.l2a

Anonymous said...

DOKTER SURYO YSH....saya ingin bertanya..nama saya alief usia 35th. seminggu ini saya mengalami rasa nyeri di tulang punggung,bengkak pada sendi tangan kanan dan kiri sampai jari tangan juga pada sendi lutut kanan kiri ..saya ndak pernah check kesehatan..kira-kira saya menderita penyakit apa ya dok...sekian terima kasih..

Unknown said...

hallo dok,
saya yani, usia 42 th. tinggi badan 153 berat badan 60. jarang olahraga, kemarin2 saya mengalami nyeri di lutut dan tumit, sampai jalan agak sulit dan pincang. cek darah, hasilnya sbb :
1. glukosa puasa 112
2. choles. total 144
3. chol hdl 29
4. trigliserida 121
5. chol ldl 90
6. asam urat 9.4
saya ada benjolan tiroid yang tumbuh ke dalam, lalu diminta cek hasilnya
Ft3 = 0.87
tshs = 3.841
saya diberikan zyloric, tapi minumnya selang sehari. setelah minu ternyata malahan tambah sakit. baru ngerti perlu obat anti radang dulu setelah baca blog ini. pdhl dokternya tau bahwa saya lagi bengkak.
yang saya mau tanyakan pada saat diambil darah di lab. setelah pengambilan darah, tangan saya sakit sekali malahan kayak memar, sampai sulit diangkat. gimana dan kenapa ya dok? tekanan darah 110/80
keton dan protein di urine negatif.
thanks ya dok. tuhan berkati terus

Unknown said...

waduh dok, sibuk ya. koq nggak ada kabarnya?

Suryo Wibowo said...

Dear Yudo,

Mohon maaf kalau jawabannya sangat terlambat.

Jelas tampak bahwa anda pusa terlampau lama, dan ini tentu saja mempengaruhi nilai pemeriksaan laboratorium anda. Sebaiknya anda ulang lagi, dengan cukup minum air putih, setiap 1 jam 1 gelas air putir (kecuali sedang tidur, tentu saja, hehehe). Perlu diingat bahwa jika disuruh berpuasa pada saat melakukan test laboratorium maka sebenarnya yang dimaksud adalah puasa makan, sedangkan minum air putih masih diperbolehkan. Ingat lho air putih, jadi teh manis, cocacola, dan sebangsanya tidak boleh.

Anjuran saya, cek laboratoriumnya diulang dan bila hasilnya masih tinggi maka kemungkinan memang anda mengalami hiperurisemia (kadar asam urat dalam darah meninggi), dan ini bisa tanpa gejala. Meskipun tanpa gejala, tetapi hiperurisemia ini bila dibiarkan akan menimbulkan penyulit di kemudian hari. Penyulit yang dapat timbul adalah gout (radang sendi asam urat), batu ginjal, dan tophus.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Alief,

Mohon maaf saya tidak dapat menjawab, karena keterangan yang anda sampaikan sangat minim sekali. Apakah anda juga mengalami demam?
Saya rasa penyakit yang anda derita sangat serius, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, untuk diketahui apakah anda menderita penyakit rematik atau tidak.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Yani,

Iya nih, saya sedang sibuk banget minggu-minggu ini. Maaf ya kalau tidak segera dijawab.

Berat badan anda berlebih. Kadar asam urat anda tinggi sekali. Sebaiknya dicek juga ureum dan kreatininnya. (Atau sudah dicek? Berapa hasilnya?)

Mengenai pertanyaan anda, mengapa tangan jadi sakit dan malahan kayak memar ini mungkin karena ada pembuluh darah yang pecah saat pengambilan darah, atau setelah pengambilan darah, tidak ditekan dengan cukup kuat dan agak lama, sehingga darah merembes keluar dari pembuluh darah ke jaringan di sekitarnya, sehingga menyebabkan memar. Tetapi biasanya dalam beberapa hari akan pulih dengan sendirinya. Jika nyerinya tidak tertahankan dan mengganggu, maka ada baiknya anda konsultasi ke dokter agar diberikan obat penghilang rasa nyeri. Untuk memarnya dapat dioleskan salep thrombophob gel bila tidak ada kontraindikasi.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Unknown said...

thanks ya dok, meskipun sibuk masih menyempatkan menjawab. di hasil periksa urine sbb
bj = <1.005
ph = 5.0
prot, red, keton, bil, nit. eritrosit, bakteri, kristal, lain2 semuanya negatif
epit cell 2-4
leukosit 6 -10
gitu dok, apa disitu udah terkandung hasil eureum dan kreatinnya? kalau belum pemeriksaan ereum dan kreatine itu untuk menentukan apa ya dok?
thanks banget. sekarang saya minum piroksikam untuk mengurangi radangnya dulu. lumayan nggak nyelekit bgt.
makasih ya, selamat bekerja kembali
tuhan berkati

Anonymous said...

dok, saya bambang. udah beberapa bulan kaki saya sering bengkak kemerahan, lalu nyeri tak kunjung sembuh, bahkan menjadi biru dan dalamnya berair. setelah pecah maka akan menjadi luka yang sulit sembuh. Di kaki kanan saya sudah muncul nyeri yg sama pada 4 lokasi berbeda dan selalu berair dan menjadi luka. apakah ini gejala asam urat atau kencing manis?

Terima kasih sebelumnya.

Anonymous said...

Saya Aziz ....

Saya mau bertanya waktu saya jongkok .. kira2x misal 10 menit.. kemudian saya berdiri kaki kanan saya agak nyeri di bagian lutul saat meluruskan yaaa.... apakah itu juga termasuk asam uraat... tapi kalo sudah lurus atau berdiri di buat lari / loncat2x kondisi OKhe..
Umur saya 19
tinggi badan 171
berat badan 57

Mohon Pencerahanyaaa

Anonymous said...

selamat pagi Dr. Suryo...nama saya alvien usia 35th. tinggi 160 berat badan 65...saya ingin bertanya sebulan terakhir saya mengalami nyeri sendi pada tubuh saya kanan dan kiri tempatnya sama mulai dari kaki,lutut,jari tangan bengkak,pergelangan tangan,siku tangan sampai punggung..kira2 menurut dokter saya menderita penyakit apa ya dok..saya gak pernah melakukan cek kesehatan sama sekali dan ndak pernah olah raga punya riwayat penyakit jantung,sekian terima kasih dok..

Anonymous said...

dok nama saya maulana, umur saya 22thn, tinggi 172cm berat 75kg saya mengalami bengkak2 pada kaki dan ada bentol2 merah pada betis seperti darah yang membeku, itu membuat saya gk bisa jalan jauh-jauh kalo maksain jalan jauh kaki jadi kerasa panas dan jadi bengkak, apa itu penyakit asam urat dok??
langkah apa dlu yang harus saya lakukan untuk pengobatan nya dok?? berbahaya gak kalo saya mengkonsumsi obat-obatan dari china gitu??

Anonymous said...

Dok, saya ria di pontianak. saya mau tanya klo terkena asam urat biasanya pembengkakan dimana saya dok selain di kaki? Apakah di kelamin juga bisa? terima kasih dok jawabannya mudah2an kebaikan dokter diterima Allah SWT..

Suryo Wibowo said...

Dear Yani,

Pemeriksaan ureum dan kreatinin bersama-sama dengan asam urat adalah parameter untuk menilai fungsi ginjal. Apakah kadar asam urat yang tinggi itu juga disertai dengan peninggian ureum dan kreatinin atau tidak. Jika juga disertai peninggian ureum dan kreatinin maka kemungkinan ginjal anda bermasalah.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Bambang,

Tampaknya itu bukan asam urat, tetapi kemungkinan kencing manis. Selain kencing manis, maka gangguan peredaran darah juga mungkin menimbulkan gejala yang sama.

Apakah anda penderita kencing manis? Jika belum pernah dicek, sebaiknya anda segera ke dokter untuk mengeceknya.

Apakah anda perokok? Jika ya, maka segera berhenti total, agar penyakit anda dapat cepat sembuh.

Sekian dulu, apabila masih ada yang ingin ditanyakan silahkan menulis lagi.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Aziz,

Rasa nyeri yang timbul di bagian lutut setelah lama berjongkok bukan gejala gout (nyeri sendi asam urat). Mungkin sebaiknya anda tidak jongkok berlama-lama, gunakan saja bangku kecil apabila pekerjaan anda mengharuskan anda dalam posisi kerja tertentu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Alvien,

Karena anda punya riwayat penyakit jantung maka mungkin bengkak disebabkan gangguan fungsi jantung sebagai pompa di tubuh kita.

Sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter dan dicek laboratorium yang lengkap (darah, fungsi ginjal, fungsi hati, kolesterol, diabetes).

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Maulana,

Tampaknya anda menderita varises, bukan asam urat.

Varises ialah kelainan pada pembuluh darah balik (vena) sehingga aliran darah balik ke jantung terganggu, akibatnya darah (cairan) menumpuk di bawah sehingga timbul bengkak-bengkak pada kaki. Tetapi untuk kepastiannya harus diperiksa dulu oleh dokter.

Langkah penanganannya dapat dengan mengkonsumsi obat dari dokter dan memakai kaus kaki elastic (kaus kaki khusus untuk penderita varises). Penanganan yang definitif yaitu dengan operasi. Selain itu dapat juga dengan penyuntikan.

Mengenai obat-obatan dari Cina saya kurang paham.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Ria,

Pembengkakan sendi oleh asam urat terjadi pada sendi-sendi kecil lebih dulu, seperti di ibu jari kaki, jari-jari kaki yang lain, jari-jari tangan, baru kemudian sendi-sendi besar seperti lutut, siku.

Pembengkakan di kelamin bukan asam urat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Dokter suryo ysh;
mama saya usianya 52 tahun, pemeriksaan hasil asam uratnya 10.5 , kgd nya 159. yg saya mau tanyakan apakah dari hasil asam uratnya itu tinggi dan berbahaya dok, disamping itu mama saya punya keluhan nyeri sendi di jari-jarinya keseluruhan di tangan kanan dan sedikit bengkak dan agak susah di gerakan. makanan apa saja yg baik untuk orang yg terkena asam urat serta obat untuk asam uratnya dok. terima kasih

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Hasil asam urat 10,5 itu tinggi sekali. Jika dibiarkan maka dapat mengakibatkan komplikasi/penyulit berupa gout (radang sendi asam urat), batu pada saluran kemih, dan tophus (benjolan-benjolan pada kulit yang berisi kristal asam urat).

Saya kurang jelas apa yang dimaksud dengan kgd?

Saran saya segera berobat ke dokter, untuk dicari apakah ada diabetes mellitus, hipertensi, gangguan fungsi ginjal, dan lain-lain yang mungkin menjadi penyebab tingginya asam urat ibu anda.

Mengenai makanan yang harus dihindari adalah yang tinggi kadar purinnya dan yang berasal dari hewani, tetapi yang lebih penting adalah segera diperiksakan ke dokter.

Sekian dulu, apabila masih ada yang ingin ditanyakan silahkan.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Unknown said...

Dokter, saya mau tanya kenapa sendi-sendi jari kaki dan tangan, lutut sering terasa sakit.

Sekitar 6 bulan yang lalu saya mulai main badminton, dan sendi lengan saya terasa sakit, tadinya saya pikir karena baru mulai bermain lagi. Tetapi setelah 6 bulan ini sakit tersebut belum hilang juga, padahal saya sudah menghentikan kegiatan tersebut 3 bulan yang lalu.

Sekitar 2 tahun yang lalu saya periksa asam urat, hasilnya normal, sekitar 4. Tinggi badan saya 167 cm, berat 68 kg dan usia 45 tahun.

Apakah mungkin rasa nyeri itu gejala asam urat

Anonymous said...

Saya ingin bertanya ttg diet asam urat, selain asam urat saya juga di diagnosis fatty liver, data kesehatan terbaru saya :

Usia : 29 thn
TB/BB : 175 cm / 87 kg
SGOT/SGPT : 44 / 56 (sblmnya > 2x batas normal)
Kolesterol total : 235 (sblumnya 250)
uric acid : 9.9 (bulan puasa) (2 bulan lalu 10.2 lalu turun 8 sekarang naik lg 9.9)

yg saya ingin tanyakan bagaimana cara menurunkan asam urat sampai ke batas normal (saya taunya sdh 3 thn asam urat saya tinggi)sekaligus menurunkan kolesterol?

apakah ada obat/suplemen yg bs anda sarankan untuk membantu ,menurunkan asam urat & kolesterol?

alip mulyono said...

dokter, mau nanya ni... adakah obat herbal yang dianjurkan dokter untuk penderita asam urat?

Anonymous said...

salam kenal dok, nama saya silvi.Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan:
1. Mungkinkah terjadi serangan asam urat dengan kadar serum asam urat dalam batas normal?
2. Perempuan berusia sekitar 60 tahun. BMI 20 koma sekian.mengalami bengkak, kemerahan, dan nyeri pada pergelangan kaki kirinya. Nyeri bertambah berat jika dipakai beraktifitas. Hal ini telah dirasakan kurang lebih mulai 1 minggu sebelumnya. Bengkak, Nyeri dan kemerahan telah berkurang. Penderita juga merasa persendiannya sering terasa kaku saat malam hari. Penderita bekerja sebagai kuli angkut batako. jumlah batako yang diangkut 4 buah sekali angkut, dengan jarak angkut 10 m dan bolak-balik dalam sehari bisa hingga 10 kali. rasa sakit seperti ini telah seringkali dialaminya dalam satu tahun terakhir, biasanya mereda dengan obat suntik yang diberikan mantri. riwayat trauma pada pergelangan kaki tidak ada Terdapat deformitas pada jari ke-2,3,4 dan 5 kaki kiri. Apakah mungkin itu serangan asam urat? penderita sendiri belum pernah memeriksakan kadar asam uratnya. Jika bukan, kemungkinannya apa?
Mungkinkah OA dan gout terjadi bersamaan?
3. Penderita di atas juga mengalami pembesaran kelenjar tiroid, mungkinkah ini ada kaitannya dengan gangguan sendi yang dialaminya?

Anonymous said...

Salam kenal dok.
nama saya eko, umur 45th, tinggi 170 dan berat 77kg. barusan saya check rutin kondisi tubuh saya dan hasilnya adalah (angka dalam kurung adalah hasil pemeriksaan 6 bulan yl): cholesterol total 229(229), trigliserida 354(212), HDL 32(29), LDL 137(150), rasio LDL/HDL 4,3(5,2), asam urat 8,6(7), glukosa puasa 115(114), glukosa 2 jam 93(108)

secara umum semua memburuk ya dok, yang saya ingin tanyakan adalah:
1. apa yang harus saya lakukan? kalau harus diet makanan, apa yang saya pantang, karena kalo saya lihat, apa yang pantang untuk menurunkan kolesterol, justru yang boleh untuk asam urat
2. olah raga apa yang saya bisa lakukan dan dengan frekuensi seperti apa?
3. saya tidak begitu suka minum obat kimia, apakah dokter ada saran obat herbal? saya pernah dengar daun salam direbus baik untuk mengurangi kolesterol dan asam urat. apakah betul

terima kasih

Anonymous said...

salam kenal.
saya fuadi di aceh timur. usia 29 tahun tinggi 163 cm, berat badan 67 kg.
belakangan dibulan puasa tahun ini saya merasa sakit pada telapak kaki sebelah kiri tepatnya bagian dalam telapak kaki tengah atau searah jempol kebawah , dan sangat terasa ketika mulai melangkah setelah bangun dari tidur setelah ras sakit mulai berkurang. telapak kaki bila saya tekan dengan jari terasa sakit nya pada daerah yang saya sebutkan diatas. yang ingin saya tanyakan gejala dari penyakit apa yang saya alami? bagaimana cara mengatasinya dan mohon saran dari dokter. oya saya sampai saat ini belum melakukan pemeriksaan ke dokter.
sekian dok, terima kasih sebelumnya


best regards
fuadi

Anonymous said...

salam kenal.
saya fuadi di aceh timur. usia 29 tahun tinggi 163 cm, berat badan 67 kg.
belakangan dibulan puasa tahun ini saya merasa sakit pada telapak kaki sebelah kiri tepatnya bagian dalam telapak kaki tengah atau searah jempol kebawah , dan sangat terasa ketika mulai melangkah setelah bangun dari tidur setelah ras sakit mulai berkurang. telapak kaki bila saya tekan dengan jari terasa sakit nya pada daerah yang saya sebutkan diatas. yang ingin saya tanyakan gejala dari penyakit apa yang saya alami? bagaimana cara mengatasinya dan mohon saran dari dokter. oya saya sampai saat ini belum melakukan pemeriksaan ke dokter.
sekian dok, terima kasih sebelumnya


best regards
fuadi

Aaron said...

Salam sejahtera dokter, nama saya Aaron umur 24 tahun tinggi 172 berat 60 dari semua tanya jawab dan penjelasan pada pendahuluan saya menjadi yakin kalo sy menderita asam urat..sy ckup mengerti dengan advice n prohibition yg dokter berikan tp ada satu hal yg masih mengganggu fikiran sy yakni apakah sy masih boleh bermain bola (sy hobi berat main bola/futsal)dengan kondisi sprti itu..sendi sy blm sampai bengkak tp pernah pegal smp g bs jalan dok.

Anonymous said...

dear dr. suryo
dok nama saya doni, hasil lab asam urat saya 9.4 setelah seminggu mengkonsumsi zyrolic 10mg sehari sekali, hasil lab asam urat saya turun menjadi 8.0
dan setelah sebulan saya check lagi sudah menjadi 5.8
pertanyaanya apakah saya masih harus mengkonsumsi obat zyrolic tsb, dan sampai berpa lama sy harus mengkonsumsinya?
terima kasih utk penjelasannya

Anonymous said...

Dear Dr Suryo
Saya novi,30thn,tg 164cm dan BB 58kg,pekerjaan saya 4bulan terakhir menjadi IRT.Semenjak puasa lalu saya merasa sakit kaki sebelah kanan sekitr lutut dan ujung paha bag belakng jika akan jongkok,akan berdiri dan naik tangga.Hal ini terasa semakin sakit jk sehabis memasak(berdiri sekitar 2 jam).Pada saat lebaran anehnya sakitnya hilang krn saya tidak memasak.seminggu terakhir ini mulai terasa kembali krn saya sdh mulai berdiri lama kembali.saya sudah cek asam urat hasilnya 6.1 dan utk kolestrol 84.Apkh yg saya rasakan itu adalah efek dari asam urat atau penyakit lain dok? saya ingin memastikan sebelum saya datang ke dokter bagian apa yg tepat untuk penyakit saya.

Suryo Wibowo said...

Dear Agus,

Rasanya nyeri yang anda rasakan tidak disebabkan oleh asam urat. Bermain badminton dapat menyebabkan cedera pada otot dan tendon. Rasa nyeri akibat cedera tersebut dapat masih terus dirasakan karena belum pulih. Coba anda berkunjung ke dokter dan meminta dokter untuk memeriksanya dan bila perlu di rontgen serta pemeriksaan darah.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk
(Spesialis Kedokteran Okupasi)

Suryo Wibowo said...

Dear Alip Mulyono,

Mengenai obat herbal saya tidak mendalaminya, tetapi katanya buah sirsak dapat membantu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Dari data yang anda sampaikan ada beberapa permasalahan kesehatan pada tubuh anda:
1. Obesitas
2. Hiperkolesterolemia
3. Perlemakan pada hati (fatty liver) disertai gangguan fungsi hati.
4. Hiperurisemia

Keempat permasalahan di atas tampaknya saling berkaitan. Untuk mengatasinya maka anda harus mengatur agar energi yang keluar lebih banyak dari energi yang masuk.
Untuk memperbesar energi yang keluar maka anda harus banyak melakukan aktivitas fisik, berolahraga teratur setiap hari. Sedangkan untuk menurunkan energi yang masuk maka anda harus mengatur diet anda. Hindari makan makanan yang berlemak/berkadar kolesterol tinggi.

Anjuran saya sebaiknya anda segera ke dokter, dan juga cek lebih lengkap profil lipid (kadar kolesterol HDL, LDL, dan trigliserida). Lalu cek juga fungsi ginjal yang lain selain asam urat (yaitu ureum dan kreatinin).

Sekian dulu, apabila masih ada yang ingin ditanyakan silahkan menulis kembali.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Silvi,

Tampaknya anda adalah mahasiswi fakultas kedokteran ya?

Untuk pertanyaan pertama, maka penjelasan yang paling sering untuk kasus normouricemic gout yakni tampilan gout dengan kadar asam uran yang normal adalah bahwa (1) gout bukanlah diagnosis yang tepat atau (2) pasien tersebut sesungguhnya penderita hiperurisemia kronik tetapi kadar asam urat serumnya normal pada waktu diperiksa.

Pada kenyataannya, kira-kira 1/3 dari pasien yang datang dengan gout akut mempunyai kadar asam urat serum dibawah 7.0 mg/dL pada saat episode serangan nyeri yang hebat. Keadaan ini mungkin disebabkan efek urikosurik dari pelepasan ACTH dan perangsangan adrenal yang disebabkan oleh stress dari proses nyeri hebat. Normalnya kadar asam urat serum selama serangan gout akut lebih sering dijumpai pada peminum alkohol dibandingkan bukan peminum alkohol. Disamping itu perlu diselidiki pula adakah pasien mengkonsumsi obat-obatan yang juga dapat menurunkan kadar asam urat seperti misalnya salisilat dosis tinggi, obat darah tinggi golongan angiotensin II reseptor blocker, fenofibrate, glukokortikoid, warfarin, glycerol guaiacholate (obat batuk murah di puskesmas) yang dapat menurunkan nilai kadar asam urat serum pada pasien dengan gout dan menyebabkan kesan salah mengenai normouricemic gout.

Beberapa kondisi sendi dapat sangat menyerupai gout (pseudogout).

Bilamana dijumpai keraguan maka harus dikonfirmasi dengan analisis kristal dari cairan sinovial. Tanpa konfirmasi ini maka diagnosis tetap tanda tanya.

Sekarang untuk kasus yang diajukan, tidak jelas deformitas apa yang dimaksud, apakah berupa tophus atau deformitas seperti pada rheumatoid arthritis.

Bagaimana dengan status tiroidnya apakah hipertiroid atau eutiroid? Sejauh yang saya baca tidak ada hubungan dengan gout. Berat badan turun malah menurunkan risiko hiperurisemia.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Eko,

Yang harus anda lakukan untuk diet adalah menurunkan asupan kolesterol dalam menu anda. Apa saja? Jeroan, kuning telur, udang, cumi, minyak jenuh, mentega. Untuk asam urat tidak ada pantangan, anda boleh makan sayur-sayuran yang justru juga bagus untuk menurunkan kolesterol.

Olahraga yang dapat anda lakukan adalah olahraga aerobic low impact, misalnya bersepeda, jalan cepat, berenang. Kalau bisa setiap hari selama 1/2 sampai 1 jam.

Mengenai obat herbal, dapat anda coba, saya tidak mendalami hal tersebut.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Fuadi,

Kemungkinan anda menderita plantar fasciitis, tetapi untuk memastikannya sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Untuk mengatasinya anda gunakan selalu alas kaki yang tebal dan empuk, kalau bisa yang ada tonjolan di tengahnya.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Aaron,

Sepanjang kadar asam urat anda normal dan sendi anda tidak ada masalah maka bermain futsal bersama teman untuk santai/rekreasi tidak ada halangan, tetapi jgn bermain untuk kompetisi karena lebih berat.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Doni,

Anda boleh coba menghentikan zyloric selama sebulan, dan setelah itu cek ulang, apabila tetap normal, maka cek ulang tiap 3 bulan. Apabila sebaliknya yang terjadi, yakni menjadi naik lagi, maka tampaknya anda harus mengkonsumsi obat tersebut dalam jangka lama, mungkin seumur hidup.

Sekian dulu, apabila masih ada yang ingin ditanyakan silahkan.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Ibu Novi,

Tampaknya bukan karena asam urat, tetapi karena ada masalah lain.

Anda dapat berkunjung dulu ke dokter umum, dan apabila tidak teratasi maka dokter tersebut akan merujuk anda.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

terimakasih banyak atas jawaban dokter.

saya pasien dengan keluhan asam urat+fatty liver+kolesterol

minggu kemarin saya kena serangan gout untuk pertama kalinya, sendi jempol kaki kanan saya bengkak & mengeras rasanya sangat2 nyeri (belum pernah saya mengalami rasa sakit seperti itu)ditambah demam, rasa sakit & bengkak hingga 5 hari, dan terus berkurang tp tidak hilang 100% (sekarang sdh 10 hari)

pemicunya bs saya katakan cidera sendi jempol akibat sepatu safety yg ujungnya berat, kemudian saya tetap paksakan bekerja sehingga timbul serangan tersebut.

saya sekarang mengkonsusmsi Pro uric + diet ketat purin, saya tidak kedokter karena tidak mau makan obat kimia karena bbrp obat asam urat yg saya tau memang bs cepat membantu tp efek sampingnya frekuensi serangan gout bs menjadi lebih sering.

yg ingin saya tanyakan apakah sendi yg sdh terserang akan terus terserang gout? dan apakah akan juga menyerang sendi yg lain juga?

terimakasih atas jawabannya

agus sur said...

dok saya agus suryono umur 47 tinggi 171 berat 90..sudah 10 thn kena asam urat..biasanya kalau kambuh sy obati dengan voltaren 75mg atau sejenisnya tapi tidak mengkonsumsi alupurinol/zyloric utk menurunkan asam uratnya..makanya sll naik dari 7,75, 9,6 dan terakhir 11,1.. Sekarang saya bener2 sangat khawatir efek sampingannya.. Bagaimana dengan diet badan? bagaimana sebaiknya? lebih baik mana alupurinol dibanding zyloric?

agus sur said...

Oh ya dok..keluhan saya nyerinya dulu di jari kaki atau tangan bengkak..tapi sekarang di tungkak juga dan pangkal kaki sehingga benar2 menggannggu..maksud saya tadi bagaimana tehnis pengobatan yang benarnya...terimakasih atas pencerahannya..

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Pelit sekali anda memberitahu nama anda, hehehe, saya jadi susah menyebut anda, masa saya harus memanggil anda pasien dengan keluhan asam urat + fatty liver + kolesterol?

Menjawab pertanyaan anda, maka ya, sendi yang sudah terserang akan dapat terserang kembali jika kadar asam urat dalam darah anda tidak diturunkan dengan segera.

Dan untuk pertanyaan kedua, maka jawabannya adalah ya, sendi lain dapat juga terserang, bahkan sendi-sendi di tangan juga dapat ikut terserang, jika kadar asam urat dalam darah anda tidak diturunkan dengan segera.

Ngomong-ngomong, berapa sih kadar asam urat anda?

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Agus Suryono,

Kadar asam urat yang tinggi tidak dapat diatasi hanya dengan diet. Berat badan anda yang berlebih juga harus diturunkan. Penurunan berat badan akan membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah anda.

Penyulit asam urat bukan hanya pada sendi (artritis gout) saja, tetapi juga batu pada saluran kemih dan tophus. Mengingat anda sudah bertahun-tahun mengalami hiperurisemia (kadar asam urat dalam darah yang tinggi) maka ada baiknya dilakukan USG untuk mengetahui apakah sudah ada batu atau belum di ginjal anda.

Zyloric itu isinya ya allopurinol. Secara prinsip sih sama saja, tetapi kalau harganya tentu beda. Ada yang bilang ada harga ada rupa.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Agus,

Teknis pengobatan yang benar sulit dijelaskan dalam forum yang terbatas ini, banyak sekali aspek teknis medis yang rumit yang tidak dapat dijelaskan dalam beberapa kalimat saja. Penting juga untuk diketahui bahwa ilmu kedokteran itu adalah ilmu dan seni (medicine is science and art).

Sebaiknya anda segera ke dokter, dan aktif berkonsultasi/berdiskusi dengan dokter tersebut.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Dokter,

Saya laki2, usia 59th dengan tinggi 165 cm dan berat 61 kg. kadar asam urat saya terakhir 11,5.
terserang pertama kali 1th lalu jarang kambuh, terakhir 2x dalam 2 bulan hilang lagi.
yang ingin saya tanyakan apakah dengan kadar asam urat tinggi, karena fungsi ginjal saya adalah kurang dok. ada gejala air seni tidak bening atau encer seperti biasa, apa ada obat yang efektif dan apakah berakibat yang lebih parah lagi seperti cuci darah bila terlambat menangani hal tsb?.
saya pakai obat Allupurinal 100mg, Declofenae sodium 50mg, Dexamethasone 0,5mg.
saya juga ada hypertensi rutin pakai Tensivask 10mg 2x sehari
Trim's Dok

Suryo Wibowo said...

Dear Friend,

Berapa tekanan darah yang anda capai dengan rutin mengonsumsi obat darah tinggi Tensivask 2 x 10 mg setiap hari? Apakah sudah mencapai target tekanan darah anda? Oh ya, target tekanan darah untuk penderita darah tinggi yang mempunyai kelainan fungsi ginjal adalah diharapkan dibawah 130/80 mmHg. Apakah tekanan darah anda sudah di bawah 130/80 mmHg? Bila belum maka harus ada upaya lain untuk menurunkan tekanan darah anda itu, karena dosis obat yang anda pakai sudah terlampau tinggi. Perlu anda ketahui bahwa Tensivask (isinya amlodipine) masa kerjanya 24 jam, jadi tidak perlu diminum 2 kali sehari, cukup 1 hari sekali.

Sodium diklofenak dan dexamethason dapat menyebabkan tekanan darah anda semakin meninggi. Sebaiknya jgn digunakan dalam waktu lama.

Fungsi ginjal dinilai dari GFR (glomerular filtration rate), berapa nilai GFR anda? Bila belum tahu/belum pernah diperiksa, maka anda dapat meminta/melakukan pemeriksaan ini di laboratorium klinik terdekat (misalnya, prodia).

Gangguan fungsi ginjal yang parah mengakibatkan ginjal tidak dapat membuang sampah/sisa metabolisme/racun dari tubuh. Maka untuk membuang sampah/sisa metabolisme/racun dari tubuh pasien harus melakukan cuci darah.

Saya pikir anda harus bertemu dengan dokter, tidak bisa hanya dengan melalui konsultasi tertulis di internet ini, karena permasalahan kesehatan yang anda alami cukup kompleks.

Sekian dulu, apabila ada hal-hal yang masih kurang dimengerti dapat menulis kembali.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

yth. Dr. Suryo W
Nama saya Lia, usia 34th, tinggi badan 155cm, berat badan 60kg, sudah 3th ini saya sering mengalami nyeri di telapak kaki, sehingga susah untuk berjalan jika tanpa mengenakan sandal ( khususnya di lantai keramik ), kemudian saya cek darah di prodia dan hasilnya sam urat melebihi nilai rujukan yaitu 7.4, selama 3th itu saya teodak pernah berobat, artinya saya tidak mempedulikan rasa nyeri di kaki, kemudian kemarin ini saya coba test darah lagi, dan ternyata sekarang asam urat saya sudah naik lagi menjadi 8.4, itu sungguh mengejutkan bagi saya, dan ternyata terdeteksi juga kolesterol tinggi yaitu 288, dan yang paling tinggi adalah trigliserida saya mencapai angka 250. Akhirnya tanpa berkonsultasi ke dokter, saya memutuskan untuk meminum Zyloric 100mg, sehari 1x di siang hari dan dimalam hari menjelang mau tidur saya minum suplemen fish omega 3 dari wellness, yang ingin saya tanyakan ke dokter adalah, apakah tepat saya mengkonsumsi zyloric untuk asam urat saya, dan omega 3 untuk kolesterol, kalau kurang tepat, mohon petunjuk dari dokter, dan yang perlu diketahui saya tidak pernah mengkonsumsi jeroan, tapi sering sekali mengkonsumsi udang. Terima kasih atas perhatian dokter dan mohon petunjuknya.

Anonymous said...

slamat siang dok,

perkenalkan saya umi, 29th, saya ingin tanya dok, untuk suami saya yang penderita asam urat kronis dengan tonjolan tofi yang sudah tak terhitung banyaknya. suami saya usianya 38th dan asam uratnya mulai tercetus sejak usia 20th. saking lamanya dan saking seringnya kambuh, suami saya tsb sudah hafal obat2 yang harus dikonsumsi.sering saya ajak kontrol ke dokter siapa tau dosis obatnya sudah bisa diturunkan,tapi dia gak mau. saat ini suami saya mengkonsumsi ziloric 300gr 1x shari dan recolfar. kadar asam urat tertinggi yang saya tau sejak saya menikah dengannya adalah 13. saat itu suami saya sudah tidak mampu untuk berjalan karena peradangan hampir di semua bagian tubuh. klo kira2 udah mau kumat (meradang), masuk angin aja udah bisa bikin meradang tofus yang ada, dia akan konsumsi divoltar. yang ingin saya tanyakan dok, apakah efek samping dari konsumsi obat2an tersebut, karena saya juga tau, tidak bisa bila tidak minum obat. suami saya cukup tau diri dengan kondisinya, sehingga dia tidak pernah makan makanan yang tinggi purin (saya sendiri sampai bingung mau masak apalagi yang bisa suami saya makan) dan minum air putih minimal 3 liter setiap hari.tapi saya masih selalu khawatir ada efek samping dari obat2an yang suami saya konsumsi tersebut,dok. mohon pencerahannya dok,terima kasih banyak sebelumnya

Bambang S said...

Siang Dok, mau tanya dok, saya pria 28thn..saya memang setiap kali makan paling suka jeroan...Mau tanya dok, selain dengan mengkonsumsi air putih dan diet makanan..

Apa ada cara lain untuk mengurandi kadar asam urat dalam darah ? Terima kasih dok.

Suryo Wibowo said...

Dear Lia,

Anda mengalami beberapa masalah kesehatan: 1. kegemukan; 2. kadar asam urat yang tinggi; 3. kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi; 4. nyeri pada telapak kaki. Nyeri pada telapak kaki anda tidak berhubungan langsung dengan tingginya kadar asam urat anda.

Mengenai apakah obat yang anda konsumsi sudah tepat atau belum, untuk mengatasi kadar asam urat, memang biasanya dokter meresepkan zyloric, tetapi apakah dosisnya sudah tepat atau belum, itu harus ditentukan oleh dokter. Mengkonsumsi obat sebaiknya dengan pengawasan dokter agar mencegah efek samping dari obat yang dikonsumsi.

Untuk mengatasi trigliserida yang tinggi dapat dibantu dengan fish oil, akan tetapi biasanya tidak dapat menurunkan kadar kolesterol. Sebaiknya anda melakukan lagi pemeriksaan kolesterol yang lebih lengkap, yakni kolesterol HDL dan LDL.

Saran saya, sebaiknya anda segera mengunjungi dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Umi,

Berapa kadar asam uratnya dengan mengkonsumsi zyloric 300 mg 1 kali sehari? Apakah sudah mencapai target pengobatan, yakni sekitar 4 mg/dl? Jika belum maka sebaiknya suami anda segera mengunjungi dokter. Peninggian kadar asam urat yang sudah disertai dengan penyulit gout dan tofi, maka harus dicari tahu, apakah penyulit yang lain juga sudah timbul, yakni apakah sudah ada batu di saluran kemih. Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG. Mengingat bahwa tingginya kadar asam urat sudah dimulai sejak usia 20 tahun, maka kemungkinan besar ada kelainan genetika atau ginjal, sebaiknya obat-obatan penurun kadar asam urat diminum setiap hari meskipun kadar asam uratnya sudah mencapai target.

Hafal obat belum tentu memahami mengenai efek samping, dosis, cara minum, dan sebagainya. Sebaiknya ajak suami anda mengunjungi dokter yang memahami mengenai asam urat ini sesegera mungkin.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Bambang,

Apakah kadar asam urat anda tinggi? Peninggian kadar asam urat disebabkan oleh 3 faktor utama, yakni: 1. peningkatan produksi; 2. berkurangnya proses pembuangan asam urat dari darah melalui ginjal; 3. kombinasi dari kedua faktor yang saya sebutkan di awal.

Banyak hal yang dilakukan untuk mencegah peningkatan kadar asam urat dalam darah. Olahraga teratur, jangan diforsir, cukup istirahat, jaga berat badan agar dalam batas normal, dll.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Bambang S said...

Malam Dok,

sebelumnya terima kasih atas jawabannya bahwa ada 3 faktor yang dapat meningkatkan produksi asam urat, yang ingin saya tanyakan, apakah Olahraga dan terlalu capek, dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam darah Dok ? Terima kasih dok.

Suryo Wibowo said...

Dear Bambang,

Produksi asam urat akan meningkat bila bahan bakunya banyak/berlimpah. Bahan baku ini ada yang berasal dari luar tubuh, yakni dari makanan, tetapi ada pula yang berasal dari dalam tubuh sendiri.

Yang berasal dari dalam tubuh sendiri maksudnya adalah bahwa dalam tubuh setiap harinya ada banyak sel-sel yang mati dan digantikan oleh sel-sel yang baru. Nah sel-sel yang mati ini (yang memiliki inti sel) akan mengeluarkan purin, bahan baku asam urat.

Bila anda berolahraga terlalu berat maka sel-sel tubuh yang rusak akan lebih banyak dari pada biasanya, dan ini berarti bahan baku untuk produksi asam urat akan lebih banyak, yang berarti akan ada peningkatan produksi asam urat.

Demikian.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Dear Dr Suryo
Terima kasih atas tanggapan dari dokter.
Kebetulan saya juga sudah test darah , hasilnya chol total 288, ldl 121, hdl 54, trigl 250
yang ingin saya tanyakan adalah, 1. bagaimana cara menurunkan kadar chol selain menjaga makanan yg berlemak, dengan hasil tsb perlukah mengkonsumsi obat2an?
2. bila nyeri ditelapak kaki ( daerah tumit ) tdk berhubungan dengan asam urat, itu disebabkan apa?
3. apakah saya hrs terus mengkonsumsi zyrolic? karena seperti yg saya dengar penyakit asam urat hrs terus mengkonsumsi obat, karna kalau berhenti maka penyakitnya akan kambuh lagi.
mohon pencerahan dari dokter, terimakasih

Anonymous said...

dear dr. suryo,
saya deddy mau bertanya ttg kemungkinan asam urat ibu saya.
2 hari yang lalu sendi jari kaki rasanya kesemutan, panas, kemudian lanjut betis juga panas, kmeudian kemarin hingga hari ini tulang kering bagian kiri juga rasanya seperti kesemutan sakit. apakah ini juga gejala asam urat? ibu saya belum cek kadar asam urat.
terim kasih

dwi said...

dr. Suryo
saya dwi, sejak hari minggu kmrn tangan saya mengalami seperti keseleo, dan tadi malam saya cek darah untuk mengetahui kadar asam urat, dan hasilnya 8,6.
saya perembuan, tinggi badan saya 150 cm, berat badan 48 kg, golongan darah O.

Sekiranya apa yang dapat saya lakukan untuk menurunkan kadar asam urat saya?

terima kasih sebelumnya.

Anonymous said...

Selamat pagi dok,
perkenalkan nama saya Fitri (sebenarnya dokter adalah dokter langganan saya dan keluarga, hehehe)
Dok, saya mau bertanya diluar pembahasan "Asam Urat"..Dok, saya dapat informasi dari teman2 dan baca2 artikel bahwa Vitamin E dapat mencegah kanker dan sebagai antioksidant, nah, kemaren saya beli supplemen Vitamin E 400 I.U tanpa terlebih konsultasi dulu ke dokter, saya tertarik beli suplemen itu karena tergiur khasiat yang ada dalam supplemen tsb, megingat saya pernah mengidap "kista payudara" :(..trus tadi pagi saya baca artikel lagi bahwa suplemen Vitamin E tidak ada hubungan apa2 dg pencegah kanker dan anti oksidant itu..:( saya jadi down dok, dan merasa menyesal udah beli suplemen itu mengingat harga nya cukup mahal dan ternyata tdk ada khasiat apa2..bagaimana menurut dokter???
trims dok..mohon pencerahannya..

Salam
Fitri

Anonymous said...

Selamat pagi dokter...

Dokter ysh...trima kasih sebelumnya dok..

Dokter, perkenal kan nama saya Novan, umur 31thn, tinggi badan saya 173cm, dan berat 50kg (sangat kurus dok), saya sering mengalami sakit pada tungkai tangan saya dok..apakah itu salah satu gejala asam urat??trus apakah dokter ada saran utk menaikkan berat badan saya mengingat Berat dan tinggi saya tidak seimbang..trima kasih dok

mohon pencerahannya dok, trima kasih saya ucapkan..



salam,
Novan

Eddy Rustono said...

Selamat malam Dokter,
saya mau nanya kenapa ya pangkal paha,pas dilipatan paha belakang agak kebawah suka nyeri,terutama kalau dipakai duduk bersila dilantai?
Mohon informasinya.
Terimakasih,
Eddy

Suryo Wibowo said...

Dear Deddy,

Maaf pertanyaan anda baru dapat saya jawab sekarang. Rasa kesemutan dan panas pada umumnya disebabkan ada masalah pada persarafan, bukan disebabkan oleh asam urat. Apakah Ibu anda menderita kencing manis? Jika ya maka kencing manisnya bisa jadi merupakan penyebab keluhannya. Sebaiknya selain mengecek kadar asam urat, periksakan juga kadar gula darah puasa dan kadar gula darah 2 jam sesudah makan.

Sekian dulu.

Salam,

Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Dwi,

Kadar asam urat anda memang tinggi. Tapi ada kemungkinan tidak berhubngan dengan keluhan yang anda rasakan. Untuk menurunkan kadar asam urat anda sebaiknya konsultasi ke dokter agar mendapatkan resep obat untuk menurunkan kadar asam urat. Selain itu perbanyak minum air putih.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Fitri,

Wah kok sampai down sih? Kayak diputus pacar aja, hehehe.

Kebutuhan vitamin E untuk orang dewasa baik pria maupun wanita hanya 22,5 IU saja. Dan anda mengkonsumsi yang 400 IU??? Itu berarti hampir 18 kali lipat dari yang direkomendasikan. Vitamin E itu termasuk vitamin yang larut dalam lemak. Jadi kalau kita mengkonsumsinya berlebihan maka kelebihannya itu akan ditimbun dalam tubuh. Jadi bisa mengalami yang namanya penyakit kelebihan vitamin (hypervitaminosis).

Sekian dulu.

Salam,

Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Smooth Crue said...

Malam pa, saya Bambang Ir. Umur 29 Th Tinggi badan 176 Cm Berat Badan 55 Kg...sudah menikah 5th anak hampir 2 tentang asam urat.. kebingungan mau mulai dimana yang pasti saya ahkir2 ini mempunyai keluahan dan semoga bapak bisa memberikan solusi dan jawabannya :
1. Nyeri leher (kambuh nya kadang2) sekalinya kambuh gak ketulungan nyerinya, (susah untuk tidur) sudah 6 bulan saya rasakan...(gejala awal saat bawa mobil jakarta-ciamis 2x PP)...
2. Ada nyeri pada punggung
3. Ada nyeri pada bagian bawah perut (kadang kalo ngeluarin napas agak lega)
4. ada nyri di tulang belikat
5. kadang2 untuk memposisikan tidur serba salah...

yang saya ingin tanya apakah saya terkena asam urat...

Smooth Crue said...

Salam kenal dok, saya mewakili om saya nama H. Piyat tinggal di tangerang umur 39 th tinggi badan 170 cm berat badan 74 kg... keluhan nya:
1. Nyeri pada pangkal ujung (sacrum ) istilah dokternya ( sebelah kiri )
2. Lutut sampai ujung kaki sebelah kiri
3. betis sampai ibu jari kaki kiri, terasa kebal...

pemeriksaan dokter asam urat 7,3.... gula darah 114 .... menurut dokter asam urat kronis dan gula darah normal

mohon saran dan tanggapan dari bapak
sebelumnya saya ucapkan terima kasih....

Anonymous said...

dok,saya mau tanya orang terkena asam urat pada usia berapa? kalo di hubungkan dengan IMT bagaimana penjelasannya dok? terimakasih banyak dokter

Anonymous said...

Dr Suryo Wibowo Yth,
saya Tuti, wanita, 59th.
e-mail address : tuti.delok3no7@yahoo.co.id

Saya ingin tahu.
Sudah 45 tahun sy menderita psoriasis. dan kira2 10 tahun terakhir mulai psoriasis arthirtis.
Semakin lama progressnya semakin cepat. saat ini seluruh sendi tangan sudah bengkok kearah kelingking, pergelangan tangan lemah - sehingga susah untuk di gunakan mengangkat barang yang berat.Untungnya saat ini saya telah pensiun.
Pertanyaannya, adakah obat2 an herbal, yang bisa mengurangi rasa nyeri dan kaku ?
Saat ini tengkuk saya sakit sekali. Sudah tidak kuasa untuk tenggadah.
Apakah arthistis psoriasis ini bisa menyerang jantung, atau 'jeroan' lainnya sehingga tidak ber fungsi ?
Mohon di jelaskan, dan saya tidak akan merasa patah semangat, bila jawabannya kurang menyenangkan.
terimakasih atas perhatian dokter.

Anonymous said...

pak Dokter yang bijaksana
saya paparkan disini hasil test lab saya seminggu yang lalu
Hematologi-Umum :
Hemoglobin 11.7 g/dl
Leukosit 6,600 ribu/mm3
Hematokrit 35 %
Thrombosit 371 ribu/mm3
Urianalisa-Rutin-B01 :
Warna : kuning
Kejernihan : keruh
pH : 6.0
Berat Jenis : 1010
Protein : (-)
Reduksi : (-)
Benda Keton : (-)
Bilirubin : (-)
Urobilinogen (+)
Nitrit : (-)
Leukosit Esterase : (-)
Darah : (+)
Leukosit : 6-9 lpb
Eritrosit : 1-3 lpb
Ephitel : (+)
Kristal : (-)
Bakteri : (+)
Jamur : (-)
Trichomonas : (-)
S. Hyalin : (-)
S. Granula : (-)
Kimia - Analisa Lemak :
Cholesterol Total : 176 mg/dl
HDL Cholesterol : 38 mg/dl
LDL Cholesterol : 136 mg/dl
Triglyceride : 114 mg/dl
Faal Ginjal :
Ureum : 33 mg/dl
Creatinin : 1.5 mg/dl
Asam Urat : 7.6 mg/dl
Faal Hati :
SGPT : 18 U/L
SGOT : 12 U/L
Karbohidrat/Diabetes :
Gula Darah Nuchter : 110 mg/dl
Reduksi : (-)
Saya mohon advis pak Dokter Suryo dari hasil tersebut diatas saya menderita penyakit apa seberapa kadarnya ringan, sedang apa berat, saya harus diet apa, harus berobat ke dokter umum apa spesialis apa dan apa yang harus saya lakukan.
Sebagai tambahan informasi sejak saya mahasiswa usia sekitar 24th (sekarang usia saya sekitar 55th) sudah divonis oleh dokter bahwa saya mengidap tekanan darah tinggi essential yg umumnya dari keturunan waktu itu tensi (200/110) tapi saya tidak pusing, tidak merasakan apa2, untuk itu saya harus minum obat seumur hidup, saat ini saya minum Amlodipine 5mm dan Tenazide masing2 1 tiap pagi hari dan tensi saya berkisar saat ini 135/90.
Terima kasih
Agus

Anonymous said...

Malam Dok,
Nama sy Merlina, umur 40 thn. Kira2 4 bulan yg lalu sy pernah cek asam urat sy, hasilnya 6,1. Sy sengaja cek asam urat karena sy sering sekali merasa sakit di jari2 kaki sy, di dengkul, dipinggang dan jari2 tangan.
Masalah lain adalah sy saat ini sedang menyusui bayi saya, sehingga mau periksa ke dokter takut, takutnya obat2an yg diberikan berdampak buruk pd proses menyusui sy.

Perlu diketahui jg dok, sakit2 ini mulai muncul sejak sy hamil sampai sekarang. Sblm hamil sy selalu mengkonsumsi teh hijau pelangsing yg sy pikir mungkin bisa meluruhkan lemak2 sy, sehingga sy sblm hamil tdk pernah mengalami asam urat tinggi ini.
Kira2 apa yg hrs sy lakukan ya dok, dan obat2an apa yg bisa sy konsumsi tanpa mengganggu proses menyusui sy.

Anonymous said...

saya mau bertanya apakah ada hubungan susu formula untuk diet menyebabnya saya terkena asam urat?

Anonymous said...

saya mau bertanya apakah ada hubungan susu formula untuk diet menyebabnya saya terkena asam urat?

Anonymous said...

selamat malam pak dokter...

saya wanita umur 55 Tahun, saya punya keluhan ditangan kanan saya sering kram dan nyeri, lebih sering kambuh kalau malam hari.
hasil pemeriksaan dokter asam urat saya 7,2. saya sudah mnum obat dari dokter tp tdk ada perubahan smpai obatnya habis.
saya udh menjalani banyak saran dari orang-orang yg peduli dengan saya.
saya ingin bertanya apakah ada obat penghilang rasa sakit yang sering saya rasakan pada malam hari dok?

Andi M said...

Yth Pak Suryo

Nama Saya Andi (33 th) Tinggi/berat 173cm /65 kg

Sudah dua bulan saya merasakan pegal pegal dan ngilu pada bahu kiri sampai ke lengan dan tulang belikat terutama pada kondisi dingin.

Berdasarkan Pemeriksaan Laboratorium tanpa puasa menunjukkan kadar Asam urat saya mencapai 8 mg. Oleh sebab itu dokter memberikan saya obat Puricemia selama 10 hari.

Setelah obat habis, saya mulai mencoba menjalankan terapi air putih dengan minum air putih sebanyak 6-8 gelas di pagi hari dan minimal 2 gelas setiap selesai makan. Alhamdulillah saya mulai merasakan kondisi saya lebih baik. Akan tetapi ketika saya kembali memeriksakan darah dan ternyata Kadar asam urat saya naik menjadi 11.4. Hasil lab lain menunjukkan kadar colesterol, HDL, LDL, Gula Puasa dan Trigliserida saya normal.

Apakah pegal-pegal yang saya rasakan itu merupakan akibat kadar asam urat yang tinggi?

Sebelum pemeriksaan darah yang pertama saya sempat meminum satu gelas susu kedelai, dan beberapa hari sebelum pemeriksaan darah kedua saya tidak sengaja memakan satu buah udang kecil dan makan sedikit kangkung dan daun singkong. Apakah ini dapat langsung mendongkrak kadar asam urat saya?

Terimakasih

Albert Daniel said...

Halo Dr. Suryo, Saya Albert, pria umur 32 tahun 8 bulan. Selama ini saya measa sehat - sehat saja sampai saya melakukan medical checkup dan mendapat informasi bahwa kolestrol LDL saya 160, HDL 52, Total Colestrol : 270 asam urat 7,4. beberap hari ini saya merasa kaki saya sering pegal dan sakit.. apakah saya mengalami serangan gout?? obat apa yg cocok buat saya buat untuk menurunkan kolestrol dan asam urat saya???

Suryo Wibowo said...

Dear Bambang Ir,

Mohon maaf bila jawaban saya amat sangat terlambat.

Untuk masalah Bapak tampaknya berhubungan dengan masalah pada otot-otot. Coba lakukan senam peregangan pada otot-otot daerah leher dan daerah punggung. Tidak berkaitan dengan asam urat.

Sedangkan untuk masalah om Bapak, tampaknya berkaitan dengan persarafan, kemungkinan ada saraf yang terjepit atau mengalami iritasi sehingga timbul nyeri yang menjalar dari sacrum ke lutut dan sampai ke ibu jari kaki kiri. Tidak berhubungan dengan asam urat. Ada baiknya dilakukan foto rontgen daerah punggung bawah.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Peningkatan kadar asam urat dalam darah dapat dialami pada umur berapa saja, bukan monopoli mereka yang berusia lanjut, pada anak muda juga dapat ditemukan. Hubungannya dengan IMT sudah pernah dibahas, coba dilihat pada arsip tanya jawab sebelum ini.

Salam,

Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Ibu Tuti,

Mengenai obat-obatan herbal yang dapat mengurangi rasa nyeri dan kaku saya kurang tahu.

Dalam dunia kedokteran barat, sampai saat ini tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan psoriasis arthritis. Obat-obatan yang ada saat ini hanya untuk mengendalikan proses peradangan pada sendi-sendi yang terkena untuk mencegah nyeri sendi. Obat-obatan yang digunakan antara lain golongan nonstreoidal anti inflammatory drugs (NSAIDs), disease modifying antirheumatic drugs (DMARDs), immunosuppressant medications, dan TNF-alpha inhibitors. Mengenai obat-obatan yang saya sebutkan barusan, saya tidak ada pengalaman mengenai pemakaiannya, sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter ahli rheumatologi di RS.

Adapun untuk perawatan di rumah, ibu harus menjaga agar sendi-sendi tidak mengalami cedera, jangan mengangkat benda-benda yang berat. Jaga agar berat badan seimbang. Cara terbaik adalah dengan membatasi kalori, perbanyak makan makanan nabati – buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian. Melakukan senam secara teratur. Pilih olahraga yang tidak membuat stress pada persendian, misalnya bersepeda, berenang, dan berjalan. Gunakan kompres dingin untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Kompres dingin dapat digunakan selama 20 atau 30 menit setiap kalinya. Kompres panas dapat digunakan untuk melemaskan otot-otot dan mengurangi nyeri.

Sekian dulu, semoga dapat bermanfaat bagi ibu Tuti.

Salam,

Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Jawaban ini buat teman yang menyapa saya dokter yang bijaksana. Mohon maaf bila jawaban ini terlambat.

Darah tinggi yang tidak diobati dapat mengganggu fungsi ginjal. Dilihat dari hasil laboratorium yang Bapak sampaikan tampaknya Bapak sudah mulai mengalami gangguan fungsi ginjal, terlihat dari hasil pemeriksaan kreatinin 1,5 mg/dl dan asam urat 7,6 mg/dl. Tetapi untuk kepastiannya sebaiknya dilakukan pemeriksaan eGFR dan cystatin C.

Sekian dulu.

Salam,

Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Merlina,

Kemungkinan keluhan yang anda alami tidak berhubungan dengan peninggian asam urat. Anda dapat mencoba mengkonsumsi vitamin neurotropik (vitamin B1, B6, dan B12) yang banyak dijual di apotek.
Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear friend,

Kram di tangan kanan anda kemungkinan disebabkan oleh kekurangan kalsium. Coba anda konsumsi kalsium dulu selama sebulan, dan amati apakah kramnya berkurang atau tidak. Jangan lupa minum air putih dalam jumlah cukup bila mengkonsumsi kalsium.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Andi,

Pegal-pegal yang anda rasakan kemungkinan besar disebabkan oleh masalah pada otot. Coba lakukan senam/peregangan. Memakan satu buah udang tidak akan menyebabkan peningkatan kadar asam urat yang begitu tinggi dari 8 menjadi 11,4. Berapa dosis puricemia yang anda minum? Apakah sudah dilakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam urin 24 jam?

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Albert Daniel,

Kaki pegal dan sakit bukan serangan gout. Untuk menurunkan kolesterol anda dapat membatasi asupan kolesterol dalam makanan. Hindari makanan yang tinggi kadar kolesterolnya seperti jeroan, kuning telur, udang, cumi, dll. Setelah sebulan, cek ulang kadar kolesterol anda. Bila masih tetap tinggi, maka anda perlu mendapatkan obat untuk menurunkan kadar kolesterol anda.

Sekian dulu.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Andi said...

Yth. Dr Suryo

Setelah Pemerikasaan pertama saya diberikan Puricemia dengan dosisi 1 kali sehari, setelah pemeriksaan kedua (saat ini) saya diberikan Allopurinol dengan dosis 3 kali sehari.

Dari berbagai artikel yang saya baca dan informasi teman2 yang pernah menderita asam urat bahwa asam urat menyebabkan radang dan bengkak pada persendian, padahal teman-teman tersebut kada asam uratnya tidak mencapai 11. sementara sampai dengan saat ini sata tidak menemukan adanya peradangan dan pembvengkakan dipersendian, yang ada hanya rasa ngilu pada bahu terutama dalam kondisi dingin. Apakah mungkin peradangan itu terjadai pada persendian di bahu?

Unknown said...

Dear
dr.Suryo Wibowo

Nama saya Fahrul (pria),umur 31 thn. saya menetap di Makassar..ijinkan saya untuk bertanya tentang asam urat..sudah seminggu saya mengalami sakit pada bagian kaki, terutama pada tumit.tiap pagi dan setelah beraktifitas kaki saya terasa sakit. yang saya mau tanyakan Apakah sakit yang saya alami ini tergolong asam urat atau apa? sekarang saya konsumsi Jintan Hitam dan clorophyl cair, apakah betul jintan hitam dan clorophyl cair bisa mencegah/menyembuhkan sakit yang saya alami? mohon penjelasannya.

thanks...

Regards
Fahrul

Albert Daniel said...

Dear Dr Suryo,
Salam kenal, Saya diberkati dan mendapat pencerahan melalui blog ini. - Saya Albert,32 tahun
- tinggi 165, berat 61.5 kg,
- Fungsi Ginjal Ureum 19, creatinine 1.3, Asam Urat 7.4, LDL 178, HDL 51, triglyser 154, Cholesterol total : 260

Pertanyaan saya :
1. Apakah kadar asam urat saya bisa berkurang hanya dengan diet dan konsumsi air putih yang banyak?
2.saya sedang konsumsi obat alupurinol 100 mg/ hari dan akan ditingkatkan, sampai berapa lama saya harus konsumsi obat ini dan adakah berapa lama asam urat saya akan normal lagi?
3. Unutuk menurunkan kolesterol saya saya tidak bisa berolah raga lari dan bersepeda karena faktor lingkungan yang tidak mendukung, apakah dengan pergi ke gym sudah cukup? dan olah raga seperti angkat barbel berbahayakah?? Apakah saya perlu untuk mengkonsumsi obat selain diet dan olahrara dan obat apa yang cocok.

Terima Kasih Dr. Suryo, GBU

jiaz said...

Dok, suami saya 30 th bb 81kg, tinggi 165cm, kmarin tes asam urat 6,7. sudah seminggu lebih telapak kaki bagian belakang sakit seperti di tusuk2, dan sudah 2 hari ini dengkulnya agak bengkak dan sakit sekali tidak bisa di tekuk dan untuk berjalan sakit sekali kira2 sakit apa yah dok

Unknown said...

Salam kenal Pak Dokter,Gusti Astrawan, usia 40tahun berat badan 80 kg tinggi badan 170 cm saya tertarik untuk mencari tau tentang cara mengatasi asam urat ini. Begini dok, hari rabu, 20-4-2011 pagi, bangun tidur tiba-tiba kaki kanan dari pergelangan mata kaki sampai telapak kaki bengkak keras dan terasa sangat sakit. Terasa mulai tengah malam dan terasa sakit sekali. Apalagi terkena angin. Kemudian pagi itu juga saya langsung pergi ke RS. Atas saran dokter di sarankan untuk cek LAB. Dan hasilnya positif kena asam urat Hasil LAB menunjukkan kadar asam urat saya 9.8. Dan tensi 170/100. Obat yang diberikan ada 2 macam yaitu Allopurinol 100 mg dan Nafiden ( 50 mg (penghilang rasa sakit).
Mohon saran Pak Dokter :
1. Langkah apa yang harus saya lakukan untuk mencegah munculnya asam urat ini?

2. Pola diet seperti apa yang harus saya jalani dan pantangannya mengingat saya juga punya tensi tinggi.

3. Olah raga apa yang baik yang bisa saya jalani.

4. Obat yang disarankan jika kambuh lagi.

Terimakasih banyak sebelumnya atas Saran dan Nasehatnya dok.

Salam,
Gusti Astrawan

Anonymous said...

halo dok,nama saya nisa
umur 28. tb/bb:150/55
saya punya keluhan jari2 tangan sendi nya sering ngilu, kemerahan, sakit dan terasa bengkak, saya udah ke dokter dan dikatakan rematik.. sakit ini sudah lama dirasakan hanya sifatnya timbul tenggelam.. yang mau saya tanyakan sudah tepatkah diagnosa dokter, sementara saya tidak di suruh test darah dan rongten.. ?? saya di beri obat piroxicam dan lansoprazole.. tapi sampai saat ini masih terasa sakit di sendi2 jari.. apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan rasa sakit ini dan apa kah perlu melakukan cek darah dan rongten.. terima kasih jawaban nya..

Unknown said...

Dok.. kalau Sayur Sawi/Chae sin , daun kemangi dan dau seledri bisa tidak di konsumsi untuk penderita asam urat ...

debisu said...

thanks

umi said...

ok bgt

psuryowibowo said...

Salam kenal dr.Suryo Wibowo nama saya Priambodo Suryowibowo usia 36th tinggi 160 cm berat badan 65 kg.saya baru saja periksa ke lab dan hasilnya :
1.Ureum 14
2.Kreatinin 1.1
3.Asam Urat 7
5.cholesterol total 171
6.kolesterol HDL 51
7.kolesterol LDL 116
8.Trigliserida 79

Dari hasil lab tsb diatas Asam Urat saya yang diambang batas tapi kenapa kaki kiri saya ada pembengkakan sakitnya dok....sampai saya tidak bisa berjalan. untuk menurunkan asam urat merk obat apa yang bagus dan kedokter apa saya mesti periksa apakah kedokter syaraf,dokter penyakit dalam atau dokter apa? please help advice

Anonymous said...

dr. Suryo yth.

saya seorang wanita berumur 35 tahun, BB 57 kg, tinggi 155 cm. Dua bulan yang lalu saya melakukan tes darah. hasilnya normal kecuali nilai LDL 110 (normal <100). dan asam urat agak tinggi 5.3 (batas normal 5.7).

barusan tadi saya iseng, cek pake alat digital di mall, dan hasilnya tinggi 6,8 (batas normal 5.7). gula darah sewaktu 76, trigliserida 90, HDL 52 dan LDL 100. tetapi sebelum melakukan tes saya memang kurang minum, hanya sekitar 3 gelas.

apakah dengan kondisi seperti ini, saya sudah harus mengkonsumsi obat asam urat?

oh ya, sekarang saya di diagnosa mengalami kecemasan dan mengkonsumsi frisium dengan dosis 1/4 1/4 0. dan selama beberapa waktu mengkonsumsi neurobion 1x1 tablet.

terima kasih
deasy

Anonymous said...

oh ya, dok, ini saya deasy. sekedar tambahan tes pertama saya lakukan di prodia

Anonymous said...

DR suryo Yth,
Saya ber umur 30 th (pria), sudah sebulan pergelangan tangan kiri saya terasa nyeri dan sakit sehingga jempol tangan saya jika di gerakan terasa sakit dan nyeri seperti urat nya ketarik, kadang jika di gerakan suka bunyi krekk...krek..terlebih saat bangun tidur terasa nyeri dan keram.saya tidak pernah merasa jatuh/kesleo.
saya sudah rongsen hasilnya tulang saya normal, priksa darah asam urat nya 6,9. sudah fisioterapi 2 minggu masih sama, info dari dokter ada radang pada otot dan otot terjepit jadi harus di lakukan bedah sedang untuk ototnya atau di suntik radangnya.
yang ingin saya tanyakan:
1. apakah kadar asam urat 6,9 itu yang mengakibatkan saya sakit seperti ini, dan memurut dokter apakah saya terkena asam urat?
2. jika memang terkena asam urat apakah yang harus saya lakukan?
3. apakah minum obat herbal asam urat, minum air putih yang banyak,puasa dan menjauhi makanan pemicu sudah cukup?
4. apakah proses penyembuhannya lama?
5. apakah ati, ampela dan usus ayam, termasuk makanan pemicu asam urat.
Terimakasih

Anonymous said...

DR suryo Yth,

nama saya ADE ber umur 30 th (pria), sudah sebulan pergelangan tangan kiri saya terasa nyeri dan sakit sehingga jempol tangan saya jika di gerakan terasa sakit dan nyeri seperti urat nya ketarik, kadang jika di gerakan suka bunyi krekk...krek..terlebih saat bangun tidur terasa nyeri dan keram.saya tidak pernah merasa jatuh/kesleo.
saya sudah rongsen hasilnya tulang saya normal, priksa darah asam urat nya 6,9. sudah fisioterapi 2 minggu masih sama, info dari dokter ada radang pada otot dan otot terjepit jadi harus di lakukan bedah sedang untuk ototnya atau di suntik radangnya.
yang ingin saya tanyakan:
1. apakah kadar asam urat 6,9 itu yang mengakibatkan saya sakit seperti ini, dan memurut dokter apakah saya terkena asam urat?
2. jika memang terkena asam urat apakah yang harus saya lakukan?
3. apakah minum obat herbal asam urat, minum air putih yang banyak,puasa dan menjauhi makanan pemicu sudah cukup?
4. apakah proses penyembuhannya lama?
5. apakah ati, ampela dan usus ayam, termasuk makanan pemicu asam urat.
Terimakasih

APRESIASIKU said...

dear dokter
salam kenal dok, saya mo nanya nih, saya sudah cukup lama terkena penyakit radang sendi dan telah masuk pada tahap dokartritis gout kronik bertofus dan sudah hampir mengenai seluruh persendian, sy berumur 41th,laki-laki,berat 85kg,tinggi 169cm,kerja sbg IT,obat yg diminum skrg adalah licovel dan licodexon sudah lama sekitar 2-3 th minumnya, pernah diperiksa asam urat sy tinggi tp sudah lama, skrg sy gak sanggup untuk berobat lebih jauh karena kurangnya dana, sy mohon dokter menolong sy untuk memberikan solusi bagi sakit sy yg sudah akut ini, trimakasih atas perhatiannya.
salam hangat,
josian

dechi said...

selamat siang dok.
saya mau tanya2 soal asam urat juga nih.
ibu saya (46th) menderita asam urat dan kadarnya 10,3. kemaren sempat berobat ke dokter dan diberi 4 macam obat,
1. xanturic
2. renadinac
3. neuromec
4. piroksicam

yang ingin saya tanyakan adalah apakah keempat obat itu memang sudah sesuai?

apakah dapat membantu mengurangi kadar asam urat mama saya?

adakah cara lain yang dokter sarankan untuk dilakukan mama saya agar asam uratnya kembali ke kadar yang normal?

ohh iya dok, mama saya paling sering merasakan sakit di bagian lutut dan nyerinya sampe ke tulang katanya. biasanya kalo udah duduk, mau di lantai atau di kursi, akan sangat susah untuk kembali berdiri.

itu saja info yang bisa saya berikan. mohon bantuan dokter. terima kasih banyak sebelumnya...

NB : kalau mau bertanya via email bisa gak dok? email saya dechy_alor@yahoo.com

Anonymous said...

salam kenal dokter..
saya agustina,
yang menjadi pertanyaan saya adalah jika diet rendah purin tidak berlaku bagi penderita asam urat tetapi mengapa serangan asam urat sering terjadi jika pasien mengkonsumsi diet tinggi purin, apakah itu suatu kebetulan? sebelumnya terimakasih atas bantuannya

Anonymous said...

Dokter yg baik, salam kenal ...

Nama Saya Harry usia 32 Tahun Tinggi badan 172 Berat badan 70 Kg.

3 Bulan lalu saya sempat mengalami obesitas sampai dengan 100 kg. saya lakukan diet ketat radikal sampai dengan hari jumat kemarin.. alhasil berat saya bisa turun 30 kg.. tanpa kesulitan dalam pola makan ...

kendala baru muncul mendadak saya terkena batu ginjal.. usut punya usut hasil test lap..
asam urat saya tinggi sekali.. sampai dengan 9,5 mg/dl

awalnya saya tidak sadar, dan tetap menyalahkan Pola kerja (12 jam duduk) dan konsumsi air yang kurang sehingga menyebabkan batu ginjal. tetapi setelah membaca ulasan dokter saya jadi lebih terbuka dan muncul suspect lain. yaitu asam urat itu sendiri sebagai penyebab batu ginjal / tersubat nya salurah kemih saya.

menurut dokter apa pantangan yg harus saya makan dan obat apa yang bisa saya beli (Generik) untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah saya..

Salam Dokter.

«Oldest ‹Older   201 – 400 of 667   Newer› Newest»

About Me

My photo
Konsultan masalah kesehatan, keselamatan kerja, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat sekitar industri.