100 Questions & Answers: Asam Urat

100 Questions & Answers: Asam Urat

Wednesday

Demam


Demam adalah suatu bagian penting dari mekanisme pertahanan tubuh melawan infeksi. Kebanyakan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada manusia hidup subur pada suhu 37 derajat C. Meningkatnya suhu tubuh beberapa derajat dapat membantu tubuh melawan infeksi. Demam akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk membuat lebih banyak sel darah putih, membuat lebih banyak antibodi dan membuat lebih banyak zat-zat lain untuk melawan infeksi.

Suhu tubuh normal bervariasi tergantung masing-masing orang, usia dan aktivitas. Rata-rata suhu tubuh normal adalah 37 derajat C.
Suhu tubuh kita biasanya paling tinggi pada sore hari. Suhu tubuh dapat meningkat disebabkan oleh aktivitas fisik, emosi yang kuat, makan, berpakaian tebal, obat-obatan, suhu kamar yang panas, dan kelembaban yang tinggi. Ini terutama pada anak-anak.
Suhu tubuh orang dewasa kurang bervariasi. Tetapi pada seorang wanita siklus menstruasi dapat meningkatkan suhu tubuh satu derajat atau lebih.

Apa yang terjadi pada tubuh kita pada saat demam?

Yang mengatur suhu tubuh kita adalah hipotalamus yang terletak di otak. Hipotalamus ini berperan sebagai thermostat. Thermostat adalah alat untuk menyetel suhu seperti yang terdapat pada AC. Hipotalamus kita mengetahui berapa suhu tubuh kita yang seharusnya dan akan mengirim pesan ke tubuh kita untuk menjaga suhu tersebut tetap stabil.

Pada saat kuman masuk ke tubuh dan membuat kita sakit, mereka seringkali menyebabkan beberapa zat kimiawi tertentu beredar dalam darah kita dan mencapai hipotalamus. Pada saat hipotalamus tahu bahwa ada kuman, maka secara otomatis akan mengeset thermostat tubuh kita lebih tinggi. Misalnya suhu tubuh kita harusnya 37 derajat C, thermostat akan berkata bahwa karena ada kuman maka suhu tubuh kita harusnya 38,9 derajat C.

Kenapa hipotalamus memberitahu tubuh kita untuk mengubah ke suhu tubuh yang lebih tinggi? Ternyata dengan suhu tubuh yang lebih tinggi adalah cara tubuh kita berperang melawan kuman dan membuat tubuh kita menjadi tempat yang tidak nyaman bagi kuman.
Setelah hipotalamus mengeset suhu baru untuk tubuh kita, maka tubuh kita akan bereaksi dan mulai melakukan pemanasan. Jadi setelah hipotalamus mengeset pada suhu 38,9 derajat C misalnya, maka suhu tubuh kita yang tadinya 37 derajat C, oleh tubuh kita akan dinaikkan menjadi 38,9 derajat C. Pada saat tubuh menuju ke suhu baru kita akan merasa menggigil. Kita dapat pula merasa sangat dingin meskipun ruangan tidak dingin dan bahkan meskipun kita sudah memakai baju tebal dan selimut. Jika tubuh sudah mencapai suhu barunya, katakanlah 38,9 derajat C maka kita tidak akan merasa dingin lagi.

Setelah penyebab yang menimbulkan demam lenyap, maka hipotalamus akan mengeset semuanya kembali seperti sediakala. Pada saat obat untuk radang tenggorokan kita sudah mulai bekerja misalnya, maka suhu tubuh kita akan mulai turun dan kembali ke normal. Kita akan merasa hangat dan perlu melepaskan panas yang berlebihan yang masih ada di tubuh. Kita akan berkeringat dan ingin memakai pakairan yang lebih tipis.

Demam bukan suatu penyakit. Jauh dari sebagai musuh, demam adalah suatu bagian penting dari pertahanan tubuh kita melawan infeksi. Banyak bayi dan anak-anak menjadi demam tinggi oleh penyakit-penyakit virus ringan. Jadi demam memberitahukan kepada kita bahwa suatu peperangan mungkin sedang terjadi di dalam tubuh kita, demam berperang untuk kita, bukan untuk melawan kita.

Banyak bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada manusia hidup subur pada suhu 37 derajat C. Meningkatkan suhu tubuh beberapa derajat dapat membantu tubuh memenangkan pertempuran melawan bakteri dan virus tadi. Selain itu demam akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk membuat lebih banyak sel darah putih, antibodi dan zat-zat lain untuk melawan infeksi.

Fever Phobia
Banyak orangtua takut bahwa demam akan menyebabkan kerusakan otak. Kerusakan otak dari demam umumnya tidak akan terjadi kecuali demam melebihi 42 derajat C. Kebanyakan orangtua juga takut bahwa demam yang tidak diobati akan semakin tinggi dan semakin tinggi. Demam yang tidak diobati yang disebabkan oleh infeksi jarang yang melebihi 40,6 derajat C kecuali anak tersebut diberikan pakaian yang berlebihan atau terjebak dalam suatu tempat yang panas. Thermostat di otak akan menghentikan demam agar tidak melebihi 41,1 derajat C.

Beberapa orangtua takut bahwa demam akan menyebabkan kejang. Bagi kebanyakan anak-anak, demam tidak menyebabkan kejang. Tetapi kejang demam memang dapat terjadi pada beberapa anak. Sekali seorang anak diketahui pernah menderita kejang demam sederhana maka kita harus mencegah agar anak tersebut jangan sampai demam tinggi. Pada umumnya kejang demam sederhana hanya berlangsung singkat tanpa efek jangka panjang.

Meskipun infeksi adalah penyebab umum dari demam, akan tetapi demam mempunyai daftar penyebab lain yang cukup panjang, termasuk racun, kanker, dan penyakit-penyakit autoimun.

Heatstroke atau hyperthermia tidak sama dengan demam, oleh karena peningkatan suhu tubuh yang terjadi bukan disebabkan hipotalamus menaikkan set pointnya. Ini dapat terjadi akibat berolahraga terlalu lelah tanpa minum yang cukup atau terpapar dengan lingkungan yang panas, dan bisa juga disebabkan oleh beberapa obat-obatan tertentu. Hyperthermia dapat membahayakan jiwa.

Demam yang tidak dapat dijelaskan yang berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu disebut dokter sebagai FUO (fever of undetermined origin). Kebanyakan disebabkan oleh suatu infeksi yang tersembunyi.


Penyebab Umum

  • Infeksi virus dan bakteri;
  • Flu dan masuk angin;
  • Radang tenggorokan;
  • Infeksi telinga
  • Diare disebabkan bakterial atau diare disebabkan virus.
  • Bronkitis akut, Infeksi saluran kencing
  • Infeksi saluran pernafasan atas (seperti amandel, radang faring atau radang laring)
  • Obat-obatan tertentu
  • Kadang-kadang disebabkan oleh masalah-masalah yang lebih serius seperti pneumonia, radang usus buntu, TBC, dan radang selaput otak.
  • Demam dapat terjadi pada bayi yang diberi baju berlebihan pada musim panas atau pada lingkungan yang panas.
  • Penyebab-penyebab lain: penyakit rheumatoid, penyakit otoimun, Juvenile rheumatoid arthritis, Lupus erythematosus, Periarteritis nodosa, infeksi HIV dan AIDS, Inflammatory bowel disease, Regional enteritis, Ulcerative colitis, Kanker, Leukemia, Neuroblastoma, penyakit Hodgkin, Non-Hodgkin's lymphoma

Perawatan Rumah
Jika demam ringan dan tidak ada masalah-masalah lain yang timbul, tidak diperlukan obat-obatan. Minum cairan yang banyak dan istirahat. Jika seorang anak masih dapat bermain dan nyaman, minum cairan yang banyak dan dapat tidur maka obat-obatan tidak diperlukan.

Ambil langkah-langkah untuk menurunkan demam jika kita atau anak kita merasa tidak nyaman, muntah, dehidrasi, atau sulit tidur. Tujuannya adalah menurunkan, bukan menghilangkan demam.

Waktu mencoba mengurangi demam:

  • Jangan membungkus orang yang menderita demam.
    Singkirkan baju atau selimut yang berlebihan. Lingkungan sebaiknya sejuk nyaman. Contoh, satu lapis baju tipis dan satu selimut tipis untuk tidur. Jika ruangan panas, nyalakan AC atau kipas angin.
  • Mandi atau menyeka tubuh dengan air hangat kuku dapat membantu mendinginkan seseorang dengan demam. Ini efektif terutama setelah diberikan obat penurun panas kalau tidak suhu tubuh akan kembali naik.
  • Jangan mandi dengan air dingin atau kompres dengan alkohol. Ini akan mendinginkan kulit tetapi seringkali membuat situasi menjadi lebih buruk karena menyebabkan menggigil yang mana dapat meningkatkan suhu dalam tubuh.
  • Minum cairan lebih banyak. Minum cairan dingin kalau bisa.

Beberapa petunjuk untuk minum obat:

  • Acetaminophen (paracetamol) dan ibuprofen dapat mengurangi demam pada anak dan dewasa. Beberapa merek dagang acetaminophen: Panadol, Tempra, Sanmol, Praxion, dll. Beberapa merek dagang ibuprofen: Proris, Rhelafen, Bufect, dll.
    Minum acetaminophen setiap 4 – 6 jam. Obat ini bekerja cepat dengan cara menurunkan thermostat otak. Minum ibuprofen setiap 6 – 8 jam. Seperti aspirin, ibuprofen membantu melawan peradangan pada sumber demam. Kadang-kadang dokter menganjurkan anda untuk menggunakan kedua macam obat ini bergantian. Sebenarnya hal ini belum didukung data mengenai keamanan dan keefektifannya. Ibuprofen tidak boleh dipakai untuk bayi denga usia kurang dari 6 bulan.
  • Aspirin sangat efektif untuk mengobati demam pada orang dewasa. JANGAN memberikan aspirin pada anak-anak.
  • Obat-obatan penurun panas tersedia dalam konsentrasi yang berbeda-beda, jadi selalu perhatikan instruksi pada kemasan.
  • Jangan berikan obat-obatan apapun untuk menurunkan demam pada bayi berusia 3 bulan ke bawah tanpa petunjuk dokter.

Jika seseorang terkena panas karena kelelahan atau heat stroke, keluarkan orang tersebut dari sumber panas, Seka dengan dengan air hangat kuku. Tempatkan kantong es di ketiak, dibelakang leher dan di lipat paha. Berikan cairan jika orang itu sadar. Cari pertolongan medis.

Hubungi segera dokter anda jika:

  • Bayi berusia kurang dari 90 hari dengan suhu rektal lebih dari 37.9°C. Pada bayi usia muda ini mereka akan mudah menjadi sakit parah dalam waktu sangat cepat.
  • Bayi berusia 3 – 6 bulan dengan demam lebih dari 38.3°C.
  • Bayi berusia 6 – 12 bulan dengan demam lebih dari 39.4°C.
  • Anak berusia kurang dari 2 tahun dengan demam lebih dari 24 – 48 jam.
  • Demam yang berlangsung lebih dari 48 – 72 jam pada anak yang lebih tua dan pada orang dewasa.
  • Demam tinggi (lebih dari 40.5°C) pada usia berapapun juga.
  • Terdapat gejala-gejala lain yang mengkhawatirkan. Contoh: gelisah, kesadaran menurun, tampak sakit berat, kesulitan bernafas, kaku kuduk, tidak dapat menggerakan lengan atau tungkai, kejang pertama kali, timbul bintik-bintik atau bercak ungu kemerahan-merahan (perdarahan bawah kulit), demam disertai muntah terus-menerus, diare, sulit/nyeri pada saat menelan ludah atau minum, sangat rewel (misalnya menangis terus-menerus bila disentuh atau dipindahkan), terdapat tanda-tanda dehidrasi (mulut sangat kering, tidak buang air kecil lebih dari 6 jam, dll).
  • Mempunyai penyakit kronik yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh.

Apa yang mungkin akan dilakukan oleh dokter anda?

  • Dokter anda akan melakukan pemeriksaan fisik, meliputi pemeriksaan kulit, mata, telinga, hidung, tenggorokan, leher, dada dan perut untuk mencari penyebab demam.
  • Dokter anda mungkin akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti:
    Kapan mulai timbul demam? Sudah berapa lama demam berlangsung? Apakah demam timbulnya mendadak? Obat-obatan apa saja yang sudah diberikan untuk menurunkan demam?
    Apakah demam diselingi menggigil? Apakah demam naik turun?
    Apakah demam terjadi dalam waktu 4 sampai 6 jam setelah terpapar dengan sesuatu yang membuat anda alergi?
    Apakah ada gejala-gejala lain yang menyertai demam? Adakah batuk pilek? Adakah nyeri pada waktu menelan? Adalah muntah? Adakah diare? Adakah nyeri pada waktu buang air kecil? Bagaimana nafsu makan anak? Apakah tidur terganggu? Apakah mendengkur lebih dari biasanya?

Pengobatan tergantung pada berapa lama demam berlangsung dan penyebab dari demam serta gejala-gejala lain yang menyertai demam.

Pemeriksaan laboratorium yang mungkin diminta dokter anda:

  • Pemeriksaan darah rutin dan hitung jenis
  • Pemeriksaan urin
  • Foto rontgen

274 comments:

«Oldest   ‹Older   201 – 274 of 274
Unknown said...

Dok..anak sya umur 7thn,sakit demam,batuk dr hri minggu...dperiksa ke dokter berat bdn y 32,6kg dan dberi obat muntah karena muntah2,obat penurun panas,obat batuk selama dua hari sampai selasa mlm panas y ga turun2,selasa pgi bru mulai turun tp batuk y trs2an,akhir y hri rabu sya periksa lg dan berat bdn y turun jd 31,5kg..dokter pun menyuruh tes darah soal y kondisi anak sya lemas,,hasil y dokter bilang normal msh aman..apa tidak apa2 dlm 3hri berat y turun 1,1kg?mohon informasi y,terima kasih banyak.

Unknown said...

Dok, saya mau tanya. ini saya sudah pakai pamol tapi kenap setelah pemakaian pamol (parasetamol) tenggang 8 jam kemudian tubuh saya kembali panas lagi? kenapa ya Dok, saya jadi takut. terimakasih Dokter

Unknown said...

Siang Dok,


Saya mempunyai anak berumur 3 bulan berjenis kelamin perempuan, saya ingin bertanya perihal kondisi kesehatan anak saya yang suhu badannya sering panas . Jika saya kasih obat penurun panas yang diberikan oleh dokter klinik dekat rumah, panasnya akan turun . Tapi jika pemberian obat penurun panas saya stop 1 atau 2 hari, panasnya akan kambuh lagi. Kondisi ini berawal dari anak saya terkenal flu dan batuk, lalu berlanjut panas dan muntah serta mencret .Untuk muntah dan mencretnya sudah berhenti setelah saya berikan obat yang saya beli dari apotek,akan tetapi panasnya kenapa masih naik turun ya dok..?? apakah hal ini bisa berpengaruh dari susunya atau dari udara rumah ya dok dan kebetulan anak saya hanya asumsi asi +2 minggu saja dan dilanjut susu formula SGM dok, mohon jawabannya ya dok .

Terima kasih .

Regards,

Rusmanto .

Anonymous said...

Sore dok,
Begini yg ingin saya konsultasikan,
Hari pertama saya buang2 air sd 10x sehari dgn kotoran lembek dan berbau busuk. Malamnya saya demam. Saya sudah minum diatab.

Hari kedua pagi demam turun, bab 3x di pagi hari (masih lembek dan busuk). Setelah itu saya tidak bab lagi. Menjelang siang badan saya panas, ngilu sekujur tubuh, lemas. Siang hari saya periksakan ke dokter. Diagnosisnya maag atau salah makan. Diresepkan paracetamol, omeprazol, diatab. Saya ada riwayat maag (mual, muntah bkn maag yg perut perih)
Siang menjelang sore saya sakit kepala hebat, badan masih panas tinggi.
Malam hari setelah minum paracetamol demam turun namun selang 2-3jam demam hingga menggigil serta nyeri sekujur tubuh lagi dok. Saya tidak minum diatab lg krn diare sudah berhenti.

Hari ketiga, sakit kepala saya makin hebat, sulit untuk mengangkat kepala, sekujur tubuh nyeri, menghilang ketika saya minum paracetamol. Setelahnya timbul kembali.

Saya mulai tidak kuat dok, bagaimana penanganan selanjutnya?
Terima kasih

kikiku said...

pagi dok

dok anak saya berusia 7 bulan berat badan 7 kg, ini kali pertama anak saya demam, saat tidur mengorok keras, dan suara menjadi serak dan susah bernafas. Pertolongan pertama saya beri obat primtakol dengan ukuran pemberian 1.5 ml. kira-kira anak saya ini menderita flu biasa atau apa dok. Bagaimana cara menanganinya? apa penyebab penyakit yang dideritanya? Mohon penjelasan, terima kasih dok.

Unknown said...

Selamat mlm dok,ibu saya punya riwayat penyakit darah tinggi dan kolesterol..selama seminggu lebih ini tekanan darahnya masih tinggi dan tidak turun2 padahal beliau terus mengkonsumsi obat2 dr dokter..dan selama tiga hari ini ditambah lagi ibu saya mengalami demam dan kepala pusing... Dan batuk kering...mohon pencerahannya dok. ibu saya berumur 45 tahun.trimakasih

Unknown said...

Selamat mlm dok,ibu saya punya riwayat penyakit darah tinggi dan kolesterol..selama seminggu lebih ini tekanan darahnya masih tinggi dan tidak turun2 padahal beliau terus mengkonsumsi obat2 dr dokter..dan selama tiga hari ini ditambah lagi ibu saya mengalami demam dan kepala pusing... Dan batuk kering...mohon pencerahannya dok. ibu saya berumur 45 tahun.trimakasih

Angga Syatia Pratama said...

Selamat mlm dok,ibu saya punya riwayat penyakit darah tinggi dan kolesterol..selama seminggu lebih ini tekanan darahnya masih tinggi dan tidak turun2 padahal beliau terus mengkonsumsi obat2 dr dokter..dan selama tiga hari ini ditambah lagi ibu saya mengalami demam dan kepala pusing... Dan batuk kering...mohon pencerahannya dok. ibu saya berumur 45 tahun.trimakasih

Angga Syatia Pratama said...

Selamat mlm dok,ibu saya punya riwayat penyakit darah tinggi dan kolesterol..selama seminggu lebih ini tekanan darahnya masih tinggi dan tidak turun2 padahal beliau terus mengkonsumsi obat2 dr dokter..dan selama tiga hari ini ditambah lagi ibu saya mengalami demam dan kepala pusing... Dan batuk kering...mohon pencerahannya dok. ibu saya berumur 45 tahun.trimakasih

Anonymous said...

Malam dok. Anak saya 5th 8bln bb 17,5kg. Hri minggu anak saya panas smp 39. Saya kasih obat penurun panas smp 5 kali di hri minggu itu krna panasnya ga turun2. Hri senin pagi saya ksh lagi obt penurun panas lgi dan panasnya turun. Lalu saya bawa ke dsa, ktnya anak saya radang tenggorokan, dan ada pilek tp tidak parah. Saya lalu di beri obat ispranol syrup 250ml, sporetik syrup 30ml dan obt racikan utk batuk pilek. Tapi saya ragu2 untuk memberi ab, krn saya tidak tahu perbedaan radang tenggorokan krn virus atau bakteri. Karena itu anak saya panasnya msh naik turun, krn saya hnya ksh obt penurun panas. Mohon nasihatnya ya dok, saya ksh atau tidak ab nya. Trima kasih.

Unknown said...

Siang dok,
Bayi sy usia 2bulan dg riwayat alergi susu sapi dan alergi dingin jd stelah alergi susu sapi teratasi tgl pileknya aja, selang 2mgu kemudian anak sy demam ringan suhu paling tinggi 38 c sdh di cek lab dan d diagnosa infeksi virus dan HB rendah 8,8mg/dl dan DSA bilang akan sembuh sndiri dlm waktu 3-7hri.
Hari ini sdh hari ketujuh tetapi bdn masih terasa hangat2 dok, sbenarnya anak sy sakit apa ya dok?? Sy sangat kwatir, mhn pencerahan nya.
Terimakasih

Unknown said...

@thya agustina

Anak saya ketika umur 2 bulan juga pernah demam ringan dengan HB 8,8 mg .

Saya coba dengan bawang putih satu siung dengan diparut dan saya balurkan ketika habis mandi pagi dan sore, alhamdulillah 2 hari saya lakukan sembuh. Sampai saat ini pun jika demam ringan dan pilek saya hanya balur bawang putih saja. Tp ingat sebelum membalurkan bawang putih keseleruh permukaan kulit anak, ada baiknya di oleskan sedikit dikulit anak untuk mendeteksi ada alargi atau tidak, dan jangan banyak-banyak cukup satu siung saja. Soalnya bawang putih itu aga panas .

Semoga bermanfaat, terima kasih .

Unknown said...

Malam Dokter... anak saya usia 10 tahun, laki-laki dg BB 19kg, sudah lebih dari 7 hari demam terutama di malam hari, hari ke 3 saya bawa ke dokter anak, dan diberikan antibiotix cefadroxil dan pereda demam. hari ke-6 saya bawa lagi ke dokter yang sama, dilakukan cek darah, lekosit dan trombosit normal. sampai malam ini masih demam. kenapa anak saya ya dok? terima kasih.

Unknown said...

Malam Dokter... anak saya usia 10 tahun, laki-laki dg BB 19kg, sudah lebih dari 7 hari demam terutama di malam hari, hari ke 3 saya bawa ke dokter anak, dan diberikan antibiotix cefadroxil dan pereda demam. hari ke-6 saya bawa lagi ke dokter yang sama, dilakukan cek darah, lekosit dan trombosit normal. sampai malam ini masih demam. kenapa anak saya ya dok? terima kasih.

Anonymous said...

Sore Dok badan saya demam,pusing dibagian blakang seperti ditekan, radang tenggorokn juga, badan terasa meriang panas dingin lemas,maaf sebelumnya sudah muntah 2x setelah saya periksakn deman dan pusingnya jd berkurang tp kenapa malah jd flu Ya Dok..tolong kasih saran untuk penanganan berikutnya, terimakasih

Anonymous said...

Sore Dok badan saya demam,pusing dibagian blakang seperti ditekan, radang tenggorokn juga, badan terasa meriang panas dingin lemas,maaf sebelumnya sudah muntah 2x setelah saya periksakn deman dan pusingnya jd berkurang tp kenapa malah jd flu Ya Dok..tolong kasih saran untuk penanganan berikutnya, terimakasih

Unknown said...

Dear dokter...
Anak sy (3,5 thn) tgl 11 jan 2016 ham 9 pagi tiba2 muntah2 disertai panas..trus sy bw k dokter dicek panas ny 39 c lbh..
kt dokter klw lbh dr 3 hr panas ny tdk turun2 dsuruh cek laboratorium krn takut ny DB...
jam 5.30 panasny turun 38,5 tp jam 7 mlm panas ny naik lg 38,7...
Yang ingin sy tanyakn...
1. Sakit anak sy tu serius ga..?
2. Apkah perlu cek Lab...?
3. Suhu badan normal untuk anak usia 3,5 thn btp...?
Terimakasih atas jwb ny dokter...

dwinne said...

Dear dokter,
Anak saya berusia 20 bulan,sudah 9 hari demam, suhunya naik turun antara 37.8-39,3. Padahal sudah 2x berobat tp tdk ada perubahan,panasnya masih naik turun. Kira2 ada gejala penyakit apa ya dok?apakah perlu dilakukan tes darah?

Unknown said...

Sore Dok...

Anak saya umur 2,2 thn. Demam 38.6 derajat c setiap malam dari jam 6 sd jam 9 malam, setiap makan muntah. Kemarin didiagnosa terkena penyakit amandel tetapi sudah 3 hari kondisi masih tetap sama tidak ada perubahan ketika diperiksa lagi amandel sudah baik tetapi anak saya masih tetap demam pada malam hari, sudah diperiksa darahnya dan negatif malaria dan demam berdarah. Menurut dokter kira2 gejala penyakit anak saya apa ya...(besok periksa darah lengkap).

anies.mutiari said...

Salam kenal dok. Saat ini anak saya sedang demam. Mulai demam pagi, lalu saya kasi sanmol tiap 6 jam sekali. Postingan dokter sangat membantu sekali. Terimakasih dokter.

Unknown said...

Siang dok, saya punya masalah anak saya. 5bulan sakit demam, tidak flu,batuk,atau apapun. Saya dah cek rawat inap di rs slama hampir 1 bulan untuk mendeteksi infeksi apa, karna leokosit sampai dengan 27000. Slma 1 bulan satu persatu dokter menyerah( ganti dokter smpe 3 kli) mereka blm menemukan sakit panas itu karena apa. Soalnya dah ct scan kepala. Hasil normal,kultur darah normal,sampai lumbal fungsi,normal sampai rontgen. Juga.namun hasil rontgen ada sdikit flek di paru-paru. Cma dokter rs. Mnjelaskan sakit itu tidak sampai bikin panas sampai berlarut-larut lama. Dr disana sendiri masih mencari-cari inpeksi apa smapai panas.pdhl gak tps,gak dbd, dll.kira- kira inpeksi apa ya dok anak saya?

Unknown said...

siang dok...anak saya umur 2,5th...hari minggu dy diare 4x dng konsistensi cair dan badan hangat 37,4 kemudian hari senin dy diare 2x dng konsistensi cair dan mngeluh kdang perutnya skit kemudian hari selasa diare 2x dng konsistensi cair dan sdkit2 mngeluh perutnya sakit hingga nangis tp dy slalu tetap mw makan...kemudian saya bawa ke DSA dan dberi obat trimoxul syrup 3×2.5cc, lacto b 3×1, zinc 1x2.5cc....nah yg saya tanyakan apakah prlu trimoxul syrup mngingat fungsi antibiotik membunuh bakteri knp dbrikan brsamaan dng lacto b yg fungsinya utk menumbuhkan bakteri baik...mhon solusinya dok...trima kasih

Fajriyatun Nufus said...

Dok mau tanya..
Saya khn habis terinveksi DBD dan skrg sudah masa penyembuhan trombosit saya sudah 130.. YG sya mau tanyakan dok... Khn trombosit sya blom smpek 150 dan bru saja terinveksi... Apakah bz terinveksi lg dok apabila saat ini saya tergigit oleh nyamuk aedes aegeypti... Dimana trombosit sya msh 130...

nenz said...

Siang dok anak saya usia 2,5 tahun deman dan batuk pilek sudah diperiksa dokter anak lalu diberi obat isprinol dan racikan mucopect, dll. apakah kalau deman sudah tidak ada, obat isprinolnya bisa dihentikan?

Unknown said...

Selamat siang dok
Saya sudah menderita demam di hari senin sore, demam saya nail turun dan sampai sekarang demam saya masih ada walaupun tidak tinggi, yang jadi pertanyaan saya dok walaupun saya sudah tidak merasakan sakit sejak 3 hari yg lalu mengapa badan saya tetap saja sangat lemah dok, seperti tidak ada tenaga, saya sudah berobat di dokter berlokasi di bandar lampung, namun saya bingung mengapa badan saya tetap saja terasa sangat lemas. Mohon penjelasannya dok ������

Axo syamboga said...

Yg terhormat dr.suryo di tempat
Nama saya axo syamboga usia 18 tahun. Mulai dari kemarin saya demam dan menggigil dan disertai nyeri sendi.saat cek ke dokter
Tensi: 100
Suhu badan: 39.2
Hal ini bermula saat saya menjalani hari pertama unas kmrn dan di ruangan banyak AC dan kebetulan saat itu perut saya kosong. Saat pulang terjadilah demam trsbt. Tadi pagi sdh enakan bahkan saya tidak merasa kedinginan saat di ruangan ujian. Namun saat pulang setelah saya bangun tidur untuk sholat dan ambil wudhu. Badan saya menggigil dan panas kembali di sertai perut kembung. Padahal saya sudah makan secara teratur. Mohon bantuannya dok. Terimakasih

Unknown said...

Siang dok .
Saya ari 19 tahun... saya demam udah 6 hari saya sudah ke dokter sudah cek darah juga ..tapi trombosit saya udah bagus tapi kenapa ngga sembuh sembuh ya dok ... sembuhnya kalo abis minum obat setelah beberapa jam kambuh lagi .. terus begitu selama 3 hari ... kenapa ya dok

Unknown said...

Dok...bolehkan minum obat cacing ketika masa penyembuhan tampek..untuk umur 2 thn brp dosis yg dianjurkan..terima kasih

Unknown said...

Dok...bolehkan minum obat cacing ketika masa penyembuhan tampek..untuk umur 2 thn brp dosis yg dianjurkan..terima kasih

Anonymous said...

Terimakasih atas postingannya yabg sangat bermanfaat dok. Saya ayu; satu tahun lalu anak saya flu panas tinggi kejang. Saat itu usianya 2 tahunan. Sempat dirawat d rs 6 hari. Sejak saat itu saya selalu ketakutan tiap anak saya panas langsung saya beri parasetamol dan saya kompres biarpun panasny baru 38. Saya juga selalu membawany k dokter yg kebetulan sudah akrab dan paham riwayat kejang anak saya. Anak saya selalu diberi obat dan atibiotik biarpun hanya flu batuk gt. Apa yg seharusnya saya lakukan saat anak saya demam, saya sering bingung dan panik dok apalagi saya sendiri merawatny karena suamu kerjany jauh. Apakah antibiotim bisa menurunkn kekebalan tubuh? Apa obat2 itu jangka pnjangnya berdampak buruk pd anak saya memngingat anak saya jg sering sakit tp cm flu batuk biasanya tertular dr teman ato keluarga. Terimakasih dok.

Unknown said...

selamat pagi dok.. postingan dokter ini sangat bermanfaat sekali.. putri saya kemarin bangun tidur pagi badan demam tinggi, padahal malam sebelumnya berkeringat dan baik-baik saja.. setelah saya beri paracetamol belum ada perubahan demam tetap 38,2-38,5, tapi anak masih mau makan dan minum.. mau saya bawa ke dokter tetapi hari ini libur semua. apakah perlu saya bawa ke UGD ya dok..?

Yeni Apriyeni said...

Siang Dok, nama saya yeni,
Dok saya punya bayi umur 23hari,anak saya demam sudah 3 hari ini,saya tidak mengukur dengan termometer,hr pertama demam saya langsung bawa anak saya ke dokter dan diberikan obat demam nya, karena saya mempunyai trauma dok anak pertama saya meninggal umur dibawah 40hr. Mknya sekarang saya langsung bawa anak ke dua saya ke dokter pas saya tau bdan dia panas.
Yg ingin saya tanyakan resep dokter obat demam itu dmnum 4 jam sekali (jika panas). Nah hari kedua saya g mnumkan dy 4 jam sekali tapi setelah lebih dr 4 jam tidak saya berikan obatnya tp anak saya kembali panas dok 38°C. Saya mnumkan kembali obat demam nya.
Trus bagaimana ya dok jika seperti itu??
Jika saya berikan obat demam itu suhu nya lgsung normal.
Apa yg harus saya lakukan ya dok??
Terimakasih sebelumnya.

Yeni Apriyeni said...

Siang Dok, nama saya yeni,
Dok saya punya bayi umur 23hari,anak saya demam sudah 3 hari ini,saya tidak mengukur dengan termometer,hr pertama demam saya langsung bawa anak saya ke dokter dan diberikan obat demam nya, karena saya mempunyai trauma dok anak pertama saya meninggal umur dibawah 40hr. Mknya sekarang saya langsung bawa anak ke dua saya ke dokter pas saya tau bdan dia panas.
Yg ingin saya tanyakan resep dokter obat demam itu dmnum 4 jam sekali (jika panas). Nah hari kedua saya g mnumkan dy 4 jam sekali tapi setelah lebih dr 4 jam tidak saya berikan obatnya tp anak saya kembali panas dok 38°C. Saya mnumkan kembali obat demam nya.
Trus bagaimana ya dok jika seperti itu??
Jika saya berikan obat demam itu suhu nya lgsung normal.
Apa yg harus saya lakukan ya dok??
Terimakasih sebelumnya.

Unknown said...

Salam dr Suryo.
Ada yang ingin saya tanyakan karna saya merasa kebingungan harus bagaimana dok.
Anak saya berumur 6 tahun demam sudah hari ke-4. Demamnya slalu tinggi sepanjang pagi dan malam berkisar 38-39. Setiap diberi penurun panas, masih tetap saja kembali panas dok. Hasil tes darah menunjukkan trombositnya normal 8.9 namun leukositnya yg tinggi dok 18.74(neurtofil 76, limfosit 15).
Apa yg harus saya lakukan y dok? Mengingat anak saya terlihat lemas, tidak nafsu makan & mengeluhkan sakit di perutnya, namun tidak mencret.
Smoga dokter dapat memberikan petunjuk, trima kasih

Unknown said...

Siang dok,

saya yulia ibu dari seorang bayi usia 6 bulan
Pada hari senin malam anak saya demam tinggi sampai 39,7 setiap dikasih tempra demam turun, tapi efek obatnya habis panas lagi, demam berlangsung sampai selasa sore, selasa malam sampai rabu malam tidak demam lagi tetapi kamis pagi sampai dengan kamis malam demam datang lagi,
jum'at ini dia sudah tidak demam lagi dok,
selasa sudah dibawa ke dsa katanya ISPA, memang anak saya batuk,
yang ingin saya tanyakan kenapa demam nya sehari demam sehari tidak, apakah ada kemungkinan infeksi lain?
terimakasih

cheiya pelealu said...

siang dok .
saya punya anak berusia 3 tahun 8bln.
anak saya terkena panas dy juga mengeluh sakit perut . dan obat biasa dy minum sanmol dok . boleh tidak mengkonsumsi obat tsb sebelum makan . trims

Unknown said...

Malem dok...

Saya sudah 2 bulan batuk batuk terus.
Pertamanya batuk di sertai pilek dlm jangka 1 minggu dan sudak baikan.
Batuk sudah tidak setiap menit lagi tapi setiap hari masih sering batuk.
Akhir akhir ini...
Batuk begitu sering bahkan setiap menit di sertai dada sesak dan perut bawah sebelah kanan sakit kalo batuk apa lagi kalo batuknya di tahan...
Bener bener sakit .
Komik sudah di coba
Larutan
Adem sari
Kamsek obat cacing
Sudah saya coba dok. Tapi masih sering batuk.
Yang lebih seering itu ketika menjelang senja dan ketika posisi tidur.

Kira kira batuk apa yang saya derita dok...
Terimakasih..

Mohon pencerahanya...

Unknown said...

Artikelnya sangat bermanfaat. Makasih dok. Tapi, ada yang ingin saya konsultasikan. Adik saya, badannya panas sudah sekitar 8 hari dan ini disertai batuk dan pilek.lalu,kami memberikan obat sanmol. Waktu hari ke 3, kami sudah membawa dia ke puskesmas dan mendapat beberapa jenis obat. Namun, sampai saat ini, panas adik saya belum turun. Padahal kami memberikannya sesuai aturan. Apakah yang harus dilakukan? Memeriksanya kembali? Atau habiskan dulu obatnya lalu kemudian melihat hasilnya. Makasih sebelumnya dok

Unknown said...

Malam dok, saya ratih mau tanya nih dok, anak saya 11 bulan tgl 10 juli kemarin anak saya terjatuh terlentang dari posisi berdiri. Reaksinya menangis kencang, tidak ada benjolan, tidak ada ketidak simetrisan pada wajah, reflek anggota tubuh baik, masih bisa tertawa dan bercanda masih aktif juga dok. Tapi hari ke 3 pasca jatuh anak saya muntah-muntah pagi hari pupnya masih bagus tapi setelah muntah siang hari pupnya agak cair berampas. Saya bawa ke rs setelah muntah yang ke 5x perjalanan ke rs anak saya muntah 3x jadi total muntah hari itu 8x.

Di rs langsung dibawa k IGD dok dan diberikan infus. Anak saya juga sempat menjalani test darah dan urin. Hasil darah terindikasi virus dan urin hasilnya baik. Setelah diinfus anak saya tidak muntah lagi dok dan sempat di rawat di rs 3 hari dok karena hari kedua anak saya muntah lagi 2x akhirnya dirawat 1 hari lagi.

Nafsu makannya berkurang dok maunya menyusu anak saya masih ASI dok.

Setelah pulang malamnya anak saya demam dok 38,3 dok tidurnya gelisah setelah saya kompres dan saya berikan tempra anak saya tidur lelap.

Keesokan siangnya anak saya demam lagi dok pupnya masih cair berampas dok. Saya bingung dan khawatir dok harus apa lagi. Demamnya masih naik turun dok.

Unknown said...

Malam dok, saya ratih mau tanya nih dok, anak saya 11 bulan tgl 10 juli kemarin anak saya terjatuh terlentang dari posisi berdiri. Reaksinya menangis kencang, tidak ada benjolan, tidak ada ketidak simetrisan pada wajah, reflek anggota tubuh baik, masih bisa tertawa dan bercanda masih aktif juga dok. Tapi hari ke 3 pasca jatuh anak saya muntah-muntah pagi hari pupnya masih bagus tapi setelah muntah siang hari pupnya agak cair berampas. Saya bawa ke rs setelah muntah yang ke 5x perjalanan ke rs anak saya muntah 3x jadi total muntah hari itu 8x.

Di rs langsung dibawa k IGD dok dan diberikan infus. Anak saya juga sempat menjalani test darah dan urin. Hasil darah terindikasi virus dan urin hasilnya baik. Setelah diinfus anak saya tidak muntah lagi dok dan sempat di rawat di rs 3 hari dok karena hari kedua anak saya muntah lagi 2x akhirnya dirawat 1 hari lagi.

Nafsu makannya berkurang dok maunya menyusu anak saya masih ASI dok.

Setelah pulang malamnya anak saya demam dok 38,3 dok tidurnya gelisah setelah saya kompres dan saya berikan tempra anak saya tidur lelap.

Keesokan siangnya anak saya demam lagi dok pupnya masih cair berampas dok. Saya bingung dan khawatir dok harus apa lagi. Demamnya masih naik turun dok.

Unknown said...

selamat malam dok... anak saya sempat demam dan sangat rewel... dari ciri2nya sepertinya mau tumbuh gigi pertamanya.. panasnya hanya 1hari saja.. namun rewelnya masih berlanjut.. bolehkah sanmol diberikan lagi untuk menghilangkan rasa nyeri gusinya?

kang na'im said...

Salam kenal. Sya perawat seorang perawat dokter. Ijinkan saya bertanya. Ibu saya tahun 2014 lalu mngalami batuk darah dx dri dokter adalah haemoptu. Satu tahun kemudian akhir tahun 2015 ibu saya kembali lagi batuk darah dan dx nya TB minimalis sudah di foto dan di lab kan juga. YG saya bingungkan sudah dibkasih obat perangsang untuk batuk agar dahaknya bisa keluar dan bisa di cek sputumnya untuk memastikan positif tidaknya terkena bakteri TB.tapi masalhnya sekrng itu ibu saya klau kecapeka an n kena hawa dingin batuk- batuk dan pusing. Bagaimana kalau di kasih antibiotik untuk mngurangi batuknya itu atau bgaimna dok. Mohon sulinya.trimakasih

jay said...

Malam dok...anak saya umur 13 bulan demanya naik turun kalau malam sampai 39 derajat C lebih..kalau pagi sampai sore 37-38 disertai muntah2 tidak mau makan...itu penyebab tanda apa ya dok sudah 3 hari ni anak saya seperti itu..sudah berobat tapi muntah2nya makin sering...

Unknown said...

Siang dok,

Saya mau tanya dok,

Seminggu yg lalu anaknya masuk RS karena kejang demam yg ketiga kalinya (pertama 1 th yg lalu, kedua bln Mei 2016, dan ketiga 27 Juli 2016).

Kalo saya pikir2 kejadian ini berulang bukannya karena kami yg lalai atau teledor, kadang kami sbgai orangtua bingung sendiri dok, ke dokter sudah, dikasih obat penurun panas sudah, dikompres sudah, diberi minum sudah, tapi panasnya tidak turun2 jg , sekalinya turun, dlm wktu 3 jam panas lg...

Kemarin itu saya sudah dikasih obat demam+pilek dari dokter jam 1 siang , masa jam 15.30 anak saya sudah kejang? (dalam 2,5 jam saja)

saya mau tanya dok ? pemeriksaan apa yg harus dilakukan kpd anak saya untuk mengetahui penyakit anak saya yg sebenarnya? Mengingat umurnya baru 22 bulan tapi sudah masuk RS 6 kali. Dirumah pun dia selalu sakit2an, yg pilek lah , batuklah, masuk angin. Tubuhnya rentan sekali thdp penyakit.

mohon bantuannya ya dok.
terimakasih.

Azzur said...

Pagi dokter..saya Ayu..
Hari selasa lalu saya melakukan tes darah lengkap dan tes widal oleh karena dianjurkan oleh dokter dikarenakan saya sudah 2 minggu demam terutama mulai sore hingga malam hari semakin tinggi mencapai 39,8(saya punya termometer manual dirumah),dan perut merasakan tidak seperti biasanya sya tdk punya sakit maag tetapi perut saya sebelah kiri sakit dan biasanya BAB lncar stiap hari lunak bbrapa hari sblum sya tes darah slit BAB tp perut tidak enak kadang tiba2 mual,sakit kepala,otot tangan kiri dan kaki tiba2 seperti kejang otot slma 2 hari..
Hasil lab hr selasa 30 agustus 2016:
Limfosit 43 /normal 20-40%
Tes Widal > Typhy O POS 1/320
Typhy H POS 1/320
Para typhy A POS 1/80
Para typhy B POS 1/80
Itu hasil yg dibawah dan diatas nilai normal dok,lainny normal atau hampir mepet dengan nilai normal..
Dan karena itu saya di diagnosa typhoid abdominalis dan diberikan antibiotik chloramphenicol 4x500gr slma 5 hari dan bedrest dirumah,,mulai kemaren obat sudah habis.. Apakah saya harus tes lab lagi sekarang dok? yg saya rasakan sekarang badan lemes tapi tdk selemes bbrpa hr lalu,demam sepertinya tidak tinggi lagi hanya tb2 kdg pagi atau sore hari bdan trasa agak hangat kadang dsertai pusing sedikit saja..perut seperti bergejolak tapi itu terkadang,mual sdh tdk,BAB 2hr kmren sdh sprti biasa..
Terima kasih.

Azzur said...

Pagi dokter..saya Ayu..
Hari selasa lalu saya melakukan tes darah lengkap dan tes widal oleh karena dianjurkan oleh dokter dikarenakan saya sudah 2 minggu demam terutama mulai sore hingga malam hari semakin tinggi mencapai 39,8(saya punya termometer manual dirumah),dan perut merasakan tidak seperti biasanya sya tdk punya sakit maag tetapi perut saya sebelah kiri sakit dan biasanya BAB lncar stiap hari lunak bbrapa hari sblum sya tes darah slit BAB tp perut tidak enak kadang tiba2 mual,sakit kepala,otot tangan kiri dan kaki tiba2 seperti kejang otot slma 2 hari..
Hasil lab hr selasa 30 agustus 2016:
Limfosit 43 /normal 20-40%
Tes Widal > Typhy O POS 1/320
Typhy H POS 1/320
Para typhy A POS 1/80
Para typhy B POS 1/80
Itu hasil yg dibawah dan diatas nilai normal dok,lainny normal atau hampir mepet dengan nilai normal..
Dan karena itu saya di diagnosa typhoid abdominalis dan diberikan antibiotik chloramphenicol 4x500gr slma 5 hari dan bedrest dirumah,,mulai kemaren obat sudah habis.. Apakah saya harus tes lab lagi sekarang dok? yg saya rasakan sekarang badan lemes tapi tdk selemes bbrpa hr lalu,demam sepertinya tidak tinggi lagi hanya tb2 kdg pagi atau sore hari bdan trasa agak hangat kadang dsertai pusing sedikit saja..perut seperti bergejolak tapi itu terkadang,mual sdh tdk,BAB 2hr kmren sdh sprti biasa..
Terima kasih.

Unknown said...

Dok, kalau tempra kasih kelebihan dosis masalah gak? Anak saya 1tahun 6 bln dokter bilang kasih 1,2ml ke kasih 2,5ml..

Cee said...

Terimakasih atas artikelnya dokter.
Saya Ada pertanyaan. Adik saya (12tahun) sudah panas 14 hari. Dari hari ketiga panas sudah langsung dibawa kerumah sakit untuk cek darah dan periksa dokter. Namun hasil cek darah aman semua. Dengue, malaria, typhoid everything is negative. Sudah 2 kali cek darah semuanya normal dan ini hari ke 14 akan di cek lagi. Panas berkisar dari 38-39 namun pernah sampai 40.
Pemeriksaan lanjut seperti apa yang harus dilakukan untuk mengetahui penyakitnya bila tidak bisa diketahui dengan cek darah?
Tidak ada gejala lain selain lemas pada saat panas.
Terimakasih.

Unknown said...

malam dok. sya mau tanya. tiga hri yg lalu anak sya usia 3thn bdn nya panas. semakin malam smakin tinggi. lalu sya periksakan k dokter dpt obat bapil demam n antibiotik. sya minumkan tp panas nya tdk turun. sya kompres jg. bdn nya menggigil. tiba2 dia kejang smpe mulut nya biru. stlh kejang sya bwa k ugd. tp kta dokter ugd koq itu bkn kejang y dok tp menggigil. krn sya pengalaman anak sya yg prtama bayi prnh kejang jd y mnurut sya anak sya yg kdua td jg kejang. tp dokter nya msh ngotot kl itu bkn kejang. ank sya dberi obat kejang yg dmasukkan k dubur n bufect ibupforen. mnurut dokter apa anak sya td kejang atau hanya mnggigil? knp pemberian obat bapil demam panasnya tdk turun juga? trima kasih

Unknown said...

malam dok. sya mau tanya. tiga hri yg lalu anak sya usia 3thn bdn nya panas. semakin malam smakin tinggi. lalu sya periksakan k dokter dpt obat bapil demam n antibiotik. sya minumkan tp panas nya tdk turun. sya kompres jg. bdn nya menggigil. tiba2 dia kejang smpe mulut nya biru. stlh kejang sya bwa k ugd. tp kta dokter ugd koq itu bkn kejang y dok tp menggigil. krn sya pengalaman anak sya yg prtama bayi prnh kejang jd y mnurut sya anak sya yg kdua td jg kejang. tp dokter nya msh ngotot kl itu bkn kejang. ank sya dberi obat kejang yg dmasukkan k dubur n bufect ibupforen. mnurut dokter apa anak sya td kejang atau hanya mnggigil? knp pemberian obat bapil demam panasnya tdk turun juga? trima kasih

Anonymous said...

Malam dok,
anak saya sudah 3 hari batuk dan panas, saya sudah periksakan ke bidan namun saat obatnya tinggal 1 kali minum panas dan batuk blm sembuh. Mohon solusinya, terimakasih

Anonymous said...

Dok, istri saya sedang hamil 5bulan. Skg istri saya sedang demam tinggi 39 derajat, flu, batuk dan pusing. Demamnya naik turun dan terkadang sampai menggigil. Saya sdh cek darah dan hasilnya tipes n DBD negatif. Kira2 istri saya kenapa ya dok dan apakah membahayakan bagi bayi saya dan istri saya. Terima kasih dok

TONY WALUYO LIFE JOURNEY said...

Pagi dok,
Salam kenal saya risfa
Anak saya mengalami kejang (wajah membiru, bola matake atas, tangan kaki kaki mengepal suaranya seperti ada cekukan juga) pertama ketika usia 7 bulan tidak diketahui suhu berapa mulai kejang (diraba tidak terlalu panas) namun setelah kejang baru muncul panas 38 ke atas dalam waktu 24 JAM 2 kali kejang selang waktu 2 jam, kemudian dalam kurun waktu 4 bulan kedepan setelah kejang pertama Ada 9 kali kejang..
2x diantaranya kejang tangannya saja disertai demam >37,5 .. 1x tanpa demam Di suhu 36,3 , sisanya memang karena dg berbagai macam infeksi menurut diagnosis dokter ad radang trakhir infeksi pernafasan dan diare, yang terakhir dalam 24 jam 4x kejang suhu di atas 39-40 berlangsung selama 3 hari...
Sampai dirujuk ke dokter saraf anak menurut hasil ct scan normal dan eeg jg tidak menunjukan epilepsi, diagnosis sementara kejang demam komplek
Sekarang anak saya memasuki usia setahun dilihat dari perkembangannya tidak ada yang terganggu sesuai usianya
Yang saya ingin tanyakan dok kenapa anak saya kejang dulu baru demam jadi susah untuk mendeteksinya, bagaimana saya mengantisipasi agar anak saya tidak kejang?
Saya takut anak saya berkembang ke arah epilepsi
Mohon pencerahannya dok,
Terima kasih .....

anton_gs23 said...

siang Dokter, mau tanya anak saya perempuan umur 7 thn dgn berat, jumat 4 hari lalu demam disertai batuk pilek sedikit, lalu saya berikan proris ibu profen tapi hingga hari minggu ms timbul demam, lalu saya bawa ke klinik 24 jam dekat rumah, didiagnosa katanya ada batuk pilek dan mau radang tenggorokan, lalu dikasi antibiotik & obat batuk pilek demam, sdh 2 hari minum ok baik2 saja, tp selasa siang mendadak demam lg padahal dari minggu sampai senin tdk demam lg setelah diminumin obat yg dr klinik tsb.
kira2 knapa ya dokter?

kondisi anak ms mau makan, minum, dan aktif, namun ketika timbul demam saja jd lesu ga mau main dan kepala agak pusing katanya, tp biasa stlh demam turun dia aktif kembali.

atas bantuan & perhatian Dokter saya haturkan bnyk terima kasih

anton_gs23 said...

siang Dokter, mau tanya anak saya perempuan umur 7 thn dgn berat, jumat 4 hari lalu demam disertai batuk pilek sedikit, lalu saya berikan proris ibu profen tapi hingga hari minggu ms timbul demam, lalu saya bawa ke klinik 24 jam dekat rumah, didiagnosa katanya ada batuk pilek dan mau radang tenggorokan, lalu dikasi antibiotik & obat batuk pilek demam, sdh 2 hari minum ok baik2 saja, tp selasa siang mendadak demam lg padahal dari minggu sampai senin tdk demam lg setelah diminumin obat yg dr klinik tsb.
kira2 knapa ya dokter?

kondisi anak ms mau makan, minum, dan aktif, namun ketika timbul demam saja jd lesu ga mau main dan kepala agak pusing katanya, tp biasa stlh demam turun dia aktif kembali.

atas bantuan & perhatian Dokter saya haturkan bnyk terima kasih

Anonymous said...

Dear doc,
bayi saya 5 bulan, bb 6.1 kg.
sudah masuk hari ke 4 demam, pernah 39.3. disertai muntah, feses yg lebih encer dan lebih sering, pilek dan batuk, terdengar riak didada kalau lagi nafas. Ada kemungkinan kt dokter diare.
sudah cek darah, smua norml:
Hb 11.6 Nilai rujukan: 10.1-12.9
Hematokrit 33.4% : 32-44
Leukosit 15.8 : 6-17.5
Trombosit 478 : 229-553

bayinya terlihat rewel, susah tidur, mau ny digendong, hidungny tersumbat, bangun pagi rewel. aktivitas diluar jam tidur: agak lemes, kurang ceria, kadang nangis ad yg sakit, sesekali ada snyumny, tpi blum ada teriakannya. minum asi eksklusif, masih mau minum. tpi suka marah sendiri krn selagi nyusu, hidungnya tersumbat.

sudah dikasi obat tempra 0.7ml dikasi klo demam, cetirizine 2HCl 10mg/ml dikasi malem aja, Zinc sulfate 27.5mg/ml 1xsehari dan probiotik L-Bio serbuk 2xsehari.

yg mau saya tnyakan bayi saya infeksi virus atau bakteri..? jdi saya tunggu aja dulu sampai kpn atw harus kedokter lagi,? katany kalo infeksi virus cuma 2 hari, lebih dari itu bakteri, apakah benar?
apa yg saya harus lakukan? karena kasian melihat bayi saya belum ceria seperti biasanya.?

mohon bantuannya dok. terimakasih

Anonymous said...

Dear doc,
bayi saya 5 bulan, bb 6.1 kg.
sudah masuk hari ke 4 demam, pernah 39.3. disertai muntah, feses yg lebih encer dan lebih sering, pilek dan batuk, terdengar riak didada kalau lagi nafas. Ada kemungkinan kt dokter diare.
sudah cek darah, smua norml:
Hb 11.6 Nilai rujukan: 10.1-12.9
Hematokrit 33.4% : 32-44
Leukosit 15.8 : 6-17.5
Trombosit 478 : 229-553

bayinya terlihat rewel, susah tidur, mau ny digendong, hidungny tersumbat, bangun pagi rewel. aktivitas diluar jam tidur: agak lemes, kurang ceria, kadang nangis ad yg sakit, sesekali ada snyumny, tpi blum ada teriakannya. minum asi eksklusif, masih mau minum. tpi suka marah sendiri krn selagi nyusu, hidungnya tersumbat.

sudah dikasi obat tempra 0.7ml dikasi klo demam, cetirizine 2HCl 10mg/ml dikasi malem aja, Zinc sulfate 27.5mg/ml 1xsehari dan probiotik L-Bio serbuk 2xsehari.

yg mau saya tnyakan bayi saya infeksi virus atau bakteri..? jdi saya tunggu aja dulu sampai kpn atw harus kedokter lagi,? katany kalo infeksi virus cuma 2 hari, lebih dari itu bakteri, apakah benar?
apa yg saya harus lakukan? karena kasian melihat bayi saya belum ceria seperti biasanya.?

mohon bantuannya dok. terimakasih

Unknown said...

malam dok. saya mau nanya ini dok, 4 hari yang lalu sekitar jam 22.00 saya tiba menggigil sampe jam 03.00 dan setelah itu tiba-tiba badan saya terasa panas serta kepala nyeri luar biasa di sertai batuk-pilek muntah" dan perut nyeri. keesokan harinya saya ke RS untuk periksa dan di katakan dokter hanya kelelahan saja, lalu di kasih obat sanmol.selama mengkonsumsi obat sanmol saya bawaan nya hanya ingin berbaring karna badan dan sendi sangat lemas, apa itu merupakan efek samping dari obat tersebut atauada kemungkinan lain dok?? terima kasih

Unknown said...

Malam dokter saya melda, mau tanya, hari rabu sore saya mendadak tidak enak badan lambung jg perih, selepas berbuka puasa badan saya makin tidak enak badan, subuh nya saya menggigil berlanjut sampai siang (kamis) badan saya jg panas ternyata pas di cek 38,3 suhu nya, sampai sore ternyata makin meningkat sampe 39,4 akhirnya minum paracetamol, reda panas nya dan badan saya berkeringat, tapi jam stgh 2 dini hari (jumat) saya menggigil lagi, saya minum obat lagi kemudian turun lagi, terus aja seperti itu, setelah minum obat turun panas nya jd 37, tapi bbrp jam kemudian naik lagi, jadinya naik turun,, kira2 saya sakit apa ya dok ? Dan langkah apa yg harus saya ambil sebelum pd akhirnya saya menyerah untuk pergi kedokter, terimakasih dok.

Unknown said...

Dok...saya dri bangka belitung..saya lagi mumet berat nih dok...jdi tlg dibantu hehe...kalo bisa bsk lsg diakes dok..habis saya udah byk hbis uang ama ganti dokter 5x kagak sembuh2 anak saya

Gini dok...tgl 29mei anak saya demam tinggi...bsknya saya liat ada sariawan..gondongan...dahak lengket di tenggorokan..tidur ngorok karna ada dahak..otomatis gak bisa tidur bolak balik gak bisa napas.kyknya panas luar biasa..semalemnya ada acara kanpei dok di kawinan anak kuku saya..anak saya yg 4thun ini ada minum wine nya 1/2gelas...bisa jdi dri wine nya yaa dok jdi anak saya panas ??

Bsk saya bawa ke dokter...dikasih sanmol..AB..pengencer dahak...gak sembuh2 gantib3x dok...tgl 1juni bawa ke jkrta rs siloam..dikasih 8mcm obat..AB malah 2mcm..panas 2mcm pakol ama iprox..wamtu ke sana sore panas tinggi ampe 40..lsg dicolok pantat kasih obat panasnya. Mgkin udah terlalu tinggi tkut step...

Cuma 1hri di jkrta..bsk plg bangka..udah agak mendingan tpi tt bgak bisa tidur karna dahak masih menyiksa..bsknya saya beli bioglass ama kalung pendant ehh membaik dok....jdi obat dri dkter jkrta tadi belum habis semuanya ...masih sisa semua...saya pikir kan udah baikan dok...

Nahhh....jadi artinya dri tgl 29 ampe tgl 4juni panas kan naik turun ...habis itu udah normal....skrg pas saya post anak saya demam tinggi lagi dri tgl 12juni anep 15juni...tiap tgh malem panas bgt...siang juga...kasih pamol turun..nanti naik lagi...pusing sayaa...kmrin tgl 14 udah test dbd malaria tipea negatif semua

Saya mau nanya..ini masih ada hub sama gondongan nya ya dok ???
Saya stress masa mesti kasih obat mulu
Anak saya sih skrg mau makan..susu..gondongan udah kempes.
Atau saya mesti test darah lagi ke jkrta..tpi test apa lagi ya dok
Kmrin saya tkutnya kawasaki..tpi kata dokter bukan...

Tlg yaa dok penjelasannya...
Soalnya saya stress berat kalo panas gak trun2...

Nb..saya rgkat ke jkrta tgl 16..kalo memang perlu ditest darah lagi..kira2 test apa ya dok ??

Thx bgt dok sebelumnyaa....

Anonymous said...

Selamat siang, dok.
Postingnya bermanfaat sekali. Tapi masih ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan

Saya berumur 15 thn,sudah sekitar 3 hari demam. Saya sudah minum obat penurun demam. Habis minum itu, paginya saya tidak demam lg. Tapi demam saya malah naik turun. Kalau lagi kayak batuk gitu, kepala saya jadi berat. Sudah dikompres juga pakai air hangat. Saya masih bisa makan tapi saya merasa nafsu makan saya berkurang. Rasanya pengen rebahan terus, soalnya kalau berdiri jadi ga enak badan

Itu kenapa ya dokter ? Demamnya masih ringan atau gimana? Apa saya harus lebih sering minum obat? Jujur saya takut dok, saya ga pernah demam se lama ini hehe. Tolong dibalas ya dok :(

Krisna Swasti Rini said...

Malam dokter Suryo
Saya mau nanya dok anak saya demam hr 1 dan 2 demamnya 37,9°c, hari ketiga 38,5°c hari keempat demam turun dok, ini hari kelima pas malem ini panas lagi badannya, o ya dok sudah ke dokter dokter pertama bilang radang tenggorokan, dokter lain bilang infeksi saluran pernapasan, demam anak saya disertai batuk dan pilek, apa mungkin bronkitis anak saya kambuh ya dok mengingat anak saya pernah opname karena bronkitis, untuk sekarang perlukah saya cek darah ya dok?makasih dokter buat jawabannya

wanda said...

Selamat siang dok

saya berumur 24 th. akhir akhir ini saya sering panas dingin setiap pagi dan disertai batuk,terkadang badan saya terasa seperti digebukin (pada sakit kalau dipegang)
minggu kemarin saya priksa batuk saya ke klinik katanya radang sudah dikasih obat
sempat sembuh tapi batuk masih ada dan malah panas dingin.

saya punya riwayat muntah darah (akhir 2016) tapi tidak disertai batuk
yang hasilnya radang tenggorakan dikasih obat sudah sembuh


yang saya ingin tanyakan apakah demam (panas dingin ) saya ini karena batuk
jika saya ingin priksa ke dokter . ke dokter spesialis tht atau penyakit dalam

mohon bantuanya

terimakasih

wanda said...

Selamat siang dok

saya berumur 24 th. akhir akhir ini saya sering panas dingin setiap pagi dan disertai batuk,terkadang badan saya terasa seperti digebukin (pada sakit kalau dipegang)
minggu kemarin saya priksa batuk saya ke klinik katanya radang sudah dikasih obat
sempat sembuh tapi batuk masih ada dan malah panas dingin.

saya punya riwayat muntah darah (akhir 2016) tapi tidak disertai batuk
yang hasilnya radang tenggorakan dikasih obat sudah sembuh


yang saya ingin tanyakan apakah demam (panas dingin ) saya ini karena batuk
jika saya ingin priksa ke dokter . ke dokter spesialis tht atau penyakit dalam

mohon bantuanya

terimakasih

Unknown said...

Dok saya mau tanya . Anak saya panas tinggi pagi malemnya panas tinggi udah di kasih paracetamol udah kompres udah asi banyak malah nambah panasnya jadi 38.9°c . Dan sehari sebelum panas anak saya diare berak2 trus udah di bawa ke dokter di kasih antibiotik zinc sama lactobe . Besoknya habis dari dokter minum obat mulai panas dan masih berak2 dan muntah dok . Bagaimana padahal antibiotik zinc udah saya kasih. Dan malemnya saya kasih paracetamol dan muka anak saya merah dok. Mohon bantuannya

Unknown said...

Siang dok..saya mau tanya...saya mempunyai anak laki laki berusia 3tahun 2bulan...saat ini dia lagi batuk...batuk nya udh 2minggu...sudah saya bawa ke dokter yapi belum sembuh juga..apa yang harus saya lakukan????
Sekarang saya sedang memberinya obat batuk tapi yang ada demam dan flunya...bolehkah obat itu saya berikan kepada ank saya sedang kan dia hanya batum saja tidak demam????


Semoga dokter cepat membalasnya.....terima kasih dokter

Unknown said...

siang dokter.. saya mau bertanya. anam saya demam sdh 3 hari kl sore hari demam turun jika malam hari naik. hari ini sy bw ke dsa dokter meresepkan antibiotik dan sirup isprinol. saya browsing kegunaan sirup untuk mbunuh virus campak herpes dsb. tp anal saya tidak ad bintik merah dikulit. kd sirup itu saya minumkan atau tidak larena saya ragu?

Rumah Kesehatan Indonesia said...

Malam dok,

Saya ibu nur,
Anak saya umur 1 thun+1 bln tgl 27-10-2017 dari hasil lab DSA didiagnosis Demam tifoid atau tipes. Dikasih obat 2 syrup racikan botol 1 tertera Batuk+panas dan botol 2 tertera vitamin.
Selang 2 hari dari komsumsi syrup itu demam nya sudah mulai turun akhirnya saya hentikan komsumsi obatx akan tetapi masih lemes, rewel dan sulit makan. Maunya cenderung ASI dan air putih.
Malam ini 31-10-2017 panasnya kembali naik dan saya kasih syrup yg untuk panas + batuk lagi. Apakah kondisi anak saya perlu dirawat d RS, diperiksa ulang di DSA atau cukup menunggu tipes nya sembuh dengan sendirinya??? Saya khawatir banget soalnya

Terima kasih

Unknown said...

tes widal buat persyaratan kerja. Hasilnya
O : 1/80
H : -
A : -
B : -
sehat kah dok?

Unknown said...

Selamat sore dok,, saya Ali 21th. Saya baru
tes widal buat persyaratan kerja. Hasilnya
O : 1/80
H : -
A : -
B : -
sehat kah dok?
Normalnya brp biasanya dok?

Unknown said...

Selamat malam dok, saya kenny
Saya mau bertnya dok adik saya kemarin itu kan sakit dan sempat di rwat di RS 3hri lalu plang kermah, setlah plang kermah dia masih suka deman dok dan di kasih obat penurun panas deman nya turun tapi bdan nya menjadi keluar keringat yg sangat berlebihan smpai hrus ganti baju berkali" dan itu berlangsung 6jam bru stop keringat nya atau dia jadi menggigil sangat" menggigil smpe geter" kencang sekli kaki bibir semua nya pucat itu knpa ya dok? Tlong di blz dok pertnyaan saya,1 minggu seblum dia sakit dia sempat di suntik dfetri dok dlam keadaan fisik nya krang sehat ap ngaruh dok krna abz suntik dfetri dia jdi sakit seperti ini...? Tq

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Ratih said...

Postingan yg sangat bermanfaat sekali dokter. Terimakash,. Namun sy pun punya pertanyaan yg ingin sekali di jawab oleh dokter. Jika anak sy demam, sy selalu ukur pakai termometer digital yg bs diletakan di dahi dn di kuping (tp hasil nya selali berbeda, lbh besar hasil yg dr kuping, kdng perbedannya sd 1 derajat. Manakah yg harus menjadi acuan saya?). Anak sy sedang demam, tp dy mash sangat aktif dn nafsu makan tdk berkurang, apakah ttp sy harus memberi nya paracetamol (ay ukur di telinga nya demam sd 38.8) trmkash atas jawabnnya dokter.

«Oldest ‹Older   201 – 274 of 274   Newer› Newest»

About Me

My photo
Konsultan masalah kesehatan, keselamatan kerja, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat sekitar industri.