100 Questions & Answers: Asam Urat

100 Questions & Answers: Asam Urat

Thursday

Batuk

Definisi
Batuk adalah salah satu keluhan yang sering diungkapkan pasien kepada dokter. Batuk sebenarnya adalah suatu cara yang penting bagi tubuh kita untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernafasan kita. Tetapi batuk yang berlebihan dapat berarti bahwa kita mempunyai suatu gangguan atau penyakit.

Batuk ada yang kering, ada pula yang produktif. Batuk produktif adalah batuk yang berdahak. Dahak disebut juga sputum atau reak.

Batuk dapat akut atau kronik.
Ø Batuk akut biasanya timbul mendadak. Seringkali disebabkan oleh masuk angin, influenza, atau infeksi sinus (sinusitis). Batuk akut biasanya hilang setelah 2 sampai 3 minggu.
Ø Batuk kronik biasanya berlangsung lebih dari 2 sampai 3 minggu.

Penyebab Umum
Disamping infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) seperti influenza, penyebab batuk yang paling sering adalah:
Ø Alergi dan asthma
Ø Infeksi paru-paru seperti pneumonia atau bronkitis akut.
Ø Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkitis kronik, ephysema
Ø Sinusitis yang menyebabkan postnasal drip.
Ø Penyakit paru seperti bronkiektasis, tumor paru.
Ø Gastroesophageal reflux disease (GERD) ini artinya cairan lambung balik ke tenggorokan, orangnya suka bertahak asam atau pahit.
Ø Merokok
Ø Terpapar asap rokok (perokok pasif)
Ø Terpapar polutan udara
Ø Obat darah tinggi golongan ACE Inhibitor.

Perawatan Rumah
Beberapa tips untuk mengurangi batuk:
Ø Permen obat batuk atau permen pedas dapat menolong pada batuk yang kering dan menggelitik. Tidak boleh diberikan pada anak-anak berusia dibawah 3 tahun karena dapat tersedak menyumbat jalan nafas.
Ø Menghirup uap hangat dapat menolong batuk kering dengan cara meningkatkan kelembaban di udara.
Ø Minum lebih banyak cairan dapat mengencerkan dahak di tenggorokan sehingga mudah dibatukkan keluar.


Beberapa obat batuk yang dapat dibeli tanpa resep dokter antara lain yang mengandung:
Ø Guaifenesin (Cohistan Expectorant, Probat, Bisolvon Extra, Actifed Expectorant, dll). Yang harus diingat adalah jika minum obat-obatan yang mengandung Guaifenesin adalah harus minum banyak air.
Ø Dekongestan seperti pseudoephedrine (Actifed, Actifed Expectorant, Disudrin, Clarinase, Rhinos SR, Triaminic, dll). Obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine ini dapat digunakan untuk menghentikan pilek encer (meler) dan postnasal drip. Tidak boleh digunakan jika ada penyakit darah tinggi atau untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun kecuali atas resep dokter anda.

Meskipun batuk dapat menjadi gejala yang mengganggu, tetapi batuk adalah cara tubuh kita untuk menyembuhkan dirinya. Beberapa pakar akhir-akhir ini menganjurkan tidak menggunakan penahan batuk pada beberapa situasi. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda sebelum mencoba penahan batuk yang dijual bebas yang mengandung dextromethorphan (Vicks 44, dll).

Jangan mengharapkan atau meminta dokter untuk meresepkan antibiotika untuk infeksi virus seperti influenza atau masuk angin. Antibiotik tidak bekerja terhadap virus. Antibiotik juga tidak mempercepat penyembuhan batuk yang disebabkan alergi.

Hubungi Dokter Anda Jika
Segera ke gawat darurat jika:
Ø Nafas pendek atau sulit bernafas
Ø Pembengkakan di muka dan kerongkongan disertai kesulitan menelan

Segera ke dokter anda jika:
Ø Batuk sangat hebat yang timbul mendadak.
Ø Batuk disertai bunyi nada tinggi pada saat menarik nafas.
Ø Batuk berdarah.
Ø Demam (yang dapat dapat mengindikasikan adanya suatu infeksi bakteri yang memerlukan antibiotika).
Ø Dahak yang kental, berbau busuk, bewarna kuning kehijauan (mengindikasikan adanya suatu infeksi bakteri).
Ø Terpapar dengan seorang penderita TBC.
Ø Penurunan berat badan yang tidak diharapkan atau keringat malam (mengindikasikan terkena TBC).
Ø Batuk lebih dari 10 – 14 hari.
Ø Batuk pada bayi berusia kurang dari 3 bulan.

Apa yang akan dilakukan dokter anda?
Pada keadaan darurat pasien akan diobati pertama-tama untuk menstabilkan kondisinya. Setelah kondisi stabil, maka dokter anda akan menanyakan hal-hal mengenai batuk anda. Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh dokter anda:
Ø Apakah batuk berdarah (berapa banyak, berapa sering, sudah berapa lama).
Ø Apakah batuk berdahak? Bagaimana dahaknya, apakah kental dan sulit dibatukkan?
Ø Apakah batuknya parah? Apakah batuknya kering?
Ø Apakah suara batuknya seperti gonggongan?
Ø Bagaimana pola batuk? Apakah timbulnya tiba-tiba? Apakah makin tambah parah akhir-akhir ini? Apakah batuk memburuk di malam hari? Apakah batuk mulai pada saat bangun pagi?
Ø Sudah berapa lama batuk?
Ø Apakah batuk memburuk jika berbaring pada satu sisi?
Ø Apakah batuk periodik disertai muntah?
Ø Gejala-gejala lain apa yang menyertai batuk? Adakah sesak nafas, demam?

Kemudian dokter anda akan melakukan pemeriksaan fisik termasuk memeriksa telinga, hidung, tenggorokan dan dada anda.

Mungkin dokter anda akan meminta pemeriksaan tambahan seperti:
Ø Foto rontgen dada.
Ø Analisa dahak (jika batuk berdahak).
Ø Test fungsi paru
Ø Scan paru
Ø Bronkoskopi.

Pencegahan
Ø Jangan merokok dan jangan berada dekat-dekat perokok.
Ø Jika anda memiliki alergi musiman usahakan tetap di dalam ruangan selama alergen udara sedang banyak-banyaknya. Jika memungkinkan, tutuplah jendela dan gunakan AC. Hindari kipas angin yang menarik udara dari luar ruangan. Mandilah dan gantilah baju sesudah berada di luar ruangan.
Ø Jika anda memiliki alergi sepanjang tahun, jangan gunakan bantal dan kasur kapuk, gunakan pembersih udara (air purifier) dan jangan piara hewan peliharaan, dan hindari pencetus lainnya.

849 comments:

«Oldest   ‹Older   401 – 600 of 849   Newer›   Newest»
hapid said...

salam kenal dokter saya hapid,mau tanya anak saya umur 6 thn batuknya pada malam hari dan bangun tidur batuknya kadang sampai muntah,sudah saya kasih obat batuk tidak kunjung sembuh juga,gmna menurut dokter? trmksh atas jawabannya.

Suryo Wibowo said...

Dear Ita Rosita,

Kita tunggu saja hasil rontgen dadanya ya.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Roni,

Alergi memang dapat menimbulkan gejala batuk-batuk. Tetapi ada baiknya dilakukan pemeriksaan darah dan pemeriksaan foto rontgen. Sebaiknya anda kembali ke dokter dan diskusikan permasalahan anda dengan dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Ayu,

Batuk disertai darah dapat disebabkan oleh karena tenggorokan lecet akibat batuk yang terlalu keras, akan tetapi dapat juga berarti adanya masalah yang serius di paru-paru. Sebaiknya anda segera ke dokter agar dapat diberikan pengobatan yang tepat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Ryan,

Berapa usia anda? Apa pekerjaan anda? Apakah dalam melakukan pekerjaan anda diharuskan memakai masker atau alat pelindung diri yang lain? Ada beberapa gambaran rontgen penyakit paru akibat kerja yang mirip dengan TBC sehingga sering terjadi salah diagnosa. Untuk itu diperlukan pemeriksaan rontgen ILO radiograph dan dibaca oleh dokter yang telah mengikuti pelatihan cara pembacaan rontgen ILO. Oh ya ILO itu singkatan dari International Labour Organization (organisasi buruh sedunia, suatu badan di bawah PBB).

Karena kasus yang anda alami sangat parah saya tidak dapat menjawab tanpa melihat semua hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan, dan terlebih lagi tanpa memeriksa anda. Bila anda berada di Jakarta, maka anda dapat menjumpai saya di RS yang tercantum dalam blog saya.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Hapid,

Batuk pada anak-anak memang seringkali disertai dengan muntah. Jika batuk tidak kunjung sembuh juga maka sudah saatnya membawa anak anda ke dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Anonymous said...

Misi dok mau nanya..kalo patogenesis batuk karena captopril itu bagaimana?
Terimakasih

Rendy said...

Pagi dok,

Salam kenal , dengan Rendy disini.

Saya mw berkonsultasi, saya menderita batuk sudah 2 minggu lebih, batuk saya awalnya kering hingga akhirnya batuk berdahak dan sy rasakan lecet dan terasa sakit krn makin sering intensitasnya , telan ludah pun awalnya terasa sakit (seperti normalnya yg sudah2 kalau batuk sy spt itu). Akhirnya sy cek ke dokter utk diberikan obat batuk serta antibiotik dan saya minta disuntik, sy pikir utk cepat sembuh. Saya rutin minum obat sampai beberapa hari kmrn obat batuk dan anti biotik sy sudah habis. Tetapi batuk saya pun tak kunjung sembuh jg, batuk saya malah tambah parah, terasa gatal hingga batuk menerus, siang bgt malam pun bgt. Dan hari ini pagi hari ketika bangun sy batuk disertai darah tetapi tidak terlalu byk, hanya ada bercak darah dan dahak saya berwarna kemerahan tidak terlalu pekat. Saya panic donk apa yg harus sy lakukan, apa hanya lecet biasa atau gejala TBC. Thanks dok.

Habis Gelap Terbitlah Islam said...

Salam kenal dok,.
Nama saya rizqi, umur saya 19 tahun dengan tinggi 170 dan berat 50kg,.
Setiap tahun saya menderita batuk yang lama, biasanya antara 1 - 2 bulan,.. selama batuk, saya kadang mengalami sakit dada setiap terlalu cape atau kedinginan. Rasa sakitnya kadang di kiri kadang di kanan, sakitnya menjalar sampai leher.
Saya sakit apa ya dok ? Saya belum memeriksakannya karna terlalu sibuk,..

yono said...

halo pak dokter , saya mau tanya batuk saya ...ditenggorokan saya rasanya serik dan tiap pagi dahaknya keluar ..apa jenis batuk saya dok ?

Anonymous said...

Permisi Dok nama saya Anton.saya mau nanya.Sudah seminggu ini ditenggorokan atas saya seperti ada lendir atau dahak encer.Tidak banyak tapi menetap disana.Tidak bisa dikeluarkan.Kalau saya coba keluarkan hanya seperti air ludah biasa saja (sedikit kental) tapi tetap saja datang lagi sesaat kemudian.Saya tidak batuk dan Ketika saya menghirup udara agak kuat dari hidung akan terasa seperti lendir itu turun dari rongga hidung ketenggorokan.Lendirnya cuma sedikit tapi cukup menganggu dok soalnya saya jadi sering meludah-ludah dan mendehem.Hidung saya memang sering tersumbat tapi kejadian ini terjadi saat saya tidak flu sama sekali.(maaf) ingus saya juga sering berwarna putih kental seperti lem kertas.Saya sudah pergi ke dokter THT dan tidak ditemui adanya radang ditenggorokan.Malah dokter menduga itu adalah asam lambung padahal saya sangat jarang sakit maag
dan lendir itu tidak terasa asam.Saya dikasih obat tapi tidak ada kemajuan.Saya memang mudah bersin tapi tidak pernah kena flu lama paling cuman sehari besoknya sembuh.Kira-kira lendir itu pertanda apa ya dok? hidung saya juga sering agak tersumbat tapi masih bisa menghirup udara.Umur saya 27 thn tinggi 178cm berat sekitar 60-65kg.Saya perokok dan suka minum kopi.Kata teman2 saya itu sinusitis apa benar dok? soalnya wajah dan sekitarnya tidak sakit.Mohon keterangannya dok soalnya lendir ini walau tdk bnyak tapi cukup menganggu aktifitas saya.

abdi said...

Dear Dr. Suryo.

Slmat pgi dok.

nama saya abdi, umur 24 thun, berat badan 50 kg, tinggi bdan 178 cm. pagi ini saya batuk berdahak disertai darah, warna dahak sdh tertupi semua oleh darah agak kehitaman. saya tidak merasakan sakit di dada ketika batuk, tetapi saya merasakan sakit di tenggorokkan ketika bersin. 2 hari sebelumnya, setiap pgi saya slalu batuk berdahak kental. 3 hari ini suhu badan naik, yang tertinggi pernah mencapai 38 drjat celcius. saya merupakan perokok dok. tapi, sudah 3 hari saya berhenti.

yang ingin saya tanyakan dok, sebaiknya ke dokter spesialis apa saya harus berobat? apakah saya terkena tbc, atau dampak dari kebiasaan buruk saya merokok??
terima kasih banyak dok.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
d said...

Dok, , mau tanya. Beberapa hari ini saya batuk2 parah kadang sampai muntah tiap kali tidur apalagi waktu diatas tengah malam. Akan tetapi bila saya bangun maka batuk2 saya berangsur2 hilang. Itu kenapa ya dok? Apakah ada masalah dg paru2 saya? Terima kasih.

dyah said...

Dok, , mau tanya. Beberapa hari ini saya batuk2 parah kadang sampai muntah tiap kali tidur apalagi waktu diatas tengah malam. Akan tetapi bila saya bangun maka batuk2 saya berangsur2 hilang. Itu kenapa ya dok? Apakah ada masalah dg paru2 saya? Terima kasih.

dyah said...

Dok, , mau tanya. Beberapa hari ini saya batuk2 parah kadang sampai muntah tiap kali tidur apalagi waktu diatas tengah malam. Akan tetapi bila saya bangun maka batuk2 saya berangsur2 hilang. Itu kenapa ya dok? Apakah ada masalah dg paru2 saya? Terima kasih.

ARIEF R.H said...
This comment has been removed by the author.
ARIEF R.H said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Salam Pak dokter,nama saya Arief,usia 45 thn. kira2 lebih 3 minggu lalu tiba2 saja tenggorokan terasa gatal spt ada dahak yg ingin keluar dan saya batuk,tapi yg keluar darah yg agak menggumpal-gumpal dan agak kehitaman. (Bbrp hari seblmnya bab juga berdarah kental tapi sy kira ambeien saya kambuh). saya ke UGD dan diopname saya diberi 3 mcm obat suntik melalui infus yg katanya anti biotik, obat pendarahan dan pelindung lambung+ obat maag dan obat ambeien. hasil rontgen saya katanya ada bercak di paru2 ,kadang2 memang ada agak nyeri didada tapi hilang sendiri stlh bbrp saat. Dilakukan test darah dan dahak (TBC) selama 4 hari. karena hasil testnya negatif dan tdk batuk lagi saya boleh pulang dan diberi sangu obat anti biotik,obat ambeien dan obat maag unt 1 minggu,tepat 1 minggu kemudian saya tiba2 batuk berdarah agak menggumpal lagi meski lebih sedikit. saya lanjutkan berobat dgn obat tradisional. Dan malam ini kira 2 minggu stlh batuk kedua saya batuk lagi dan ada darah kental lagi meski lebih sedikit dari sblmnya. kira2 saya sakit apa ya pak Dokter? mohon petunjuknya.
Saya dulu perokok sejak masih remaja tapi telah berhenti bbrp thn lalu.

Anonymous said...

Salam Pak Dokter, nama saya Arief,usia saya 45 thn...kira2 1 bln yg lalu bab saya berdarah kental ,saya pikir ambeien sy luka lagi, bbrp hari kemudian tiba2 saja saya batuk spt ada dahak yg mau keluar,tapi yg keluar darah kental spt jelly agak kehitaman segera saya ke RS dan di opname,hasil rontgen saya katanya ada bercak di paru2 ,dikira TB ,kadang2 memang ada nyeri didada tapi hilang sendiri stlh bbrp saat. Saya diberi 3 macam obat suntik(lewat infus)yg katanya anti biotik,obat pendarahan dan pelindung lambung. saya juga diberi obat ambeien dan obat maag. Dilakukan test darah dan Dahak(TBC) selama 4 hari tapi katanya hasilnya negatif. Dari hasil lab itu menunjukkan saya baik2 saja. karena tidak ada keluhan lagi saya boleh pulang dgn dibekali obat anti biotik,obat maag dan obat ambeien. seminggu sesudahnya saya tiba2 batuk dan berdarah kental lagi,hanya tdk sebanyak yg pertama. karena obat habis,saya teruskan dgn obat2 tradisional..kemudian malam tadi hampir 2 minggu kemudian, tenggorokan gatal saya terbatuk lagi dan masih keluar sedikit darah kental itu.
Kira2 saya sakit apa ya Dok...?
Terima kasih atas petunjuknya..

Teddy said...

Salam kenal dok..nama saya teddy umur 26 tahun 170/68 kg.
Baru 3 hari ini saya mengalami batuk berdahak,awalnya saya mengalami sakit tenggorokan selama 4 hari,disertai panas..sampai suara saya hilang.
setelah sakit tenggorokan saya agak mereda,timbul batuk berdahak..dahaknya warna kuning kental.dan batuk ini sepanjang hari saya alami,mungkin diatas 40x dalam sehari,badan saya jadi lemas dan kepala pusing.
untuk menyembuhkannya bagaimana dok?

amandha said...

salam kenal dok, dok saya batuk selama 6 minggu. Awalnya batuk berdahak biasa tapi susah keluar, terus makin kesini batuk berdahak dan dahak sudah bisa dikeluarkan walaupun sedikit-sedikit. Dada kanan saya juga sakit. Tadi pagi saya terapi air bangun tidur minum 1,5 liter air putih, hasilnya saya muntah air banyak sekali serta terdapat warna hijau seperti dahak tapi tidak seperti dahak yang biasa dikeluarkan, ini bentuknya lebih kasar, itu apa ya dok? Saya takut diperiksa takut divonis sakit yang mesti minum obat lama. apakah jika saya melakukan terapi air terus menerus saya akan sembuh dok? Terimakasih dok...

yozi said...

halo dokter suryo, semoga anda dalam keadaan sehat selalu ya..
saya yozi perempuan berusia 23 tahun, dan bekerja di dalam ruangan ber AC setiap hari. sudah lebih dua minggu ini saya mngalami batuk berdahak, minggu pertama dahak berwarna bening, beberapa hari kemudian disertai pilek. minggu kedua dahak berubah jadi warna kuning. saya mengkonsumsi obat batuk cair yg mengandung bromhexine HCl, guaiphenesin, dan ethanol. saya juga berusaha minum air hangat sebanyak mungkin.
yang ingin saya tanyakan, apakah saya perlu minum antibiotik? bagaimana mendeteksi apakan batuk disebabkan oleh virus atau bakteri, atau itu harus melalui pemeriksaan laboratorium? adakah makanan yg sebaiknya utk sementara saya hindari?
sebelumnya terima kasih atas jawabannya :)

yozi said...

halo dokter suryo, semoga anda dalam keadaan sehat selalu ya..
saya yozi perempuan berusia 23 tahun, dan bekerja di dalam ruangan ber AC setiap hari. sudah lebih dua minggu ini saya mngalami batuk berdahak, minggu pertama dahak berwarna bening, beberapa hari kemudian disertai pilek. minggu kedua dahak berubah jadi warna kuning. saya mengkonsumsi obat batuk cair yg mengandung bromhexine HCl, guaiphenesin, dan ethanol. saya juga berusaha minum air hangat sebanyak mungkin.
yang ingin saya tanyakan, apakah saya perlu minum antibiotik? bagaimana mendeteksi apakan batuk disebabkan oleh virus atau bakteri, atau itu harus melalui pemeriksaan laboratorium? adakah makanan yg sebaiknya utk sementara saya hindari?
sebelumnya terima kasih atas jawabannya :)

Anonymous said...

siang dokter,

anak saya 2thn saat ini sedang terkena batuk pilek dan impetigo. hari sabtu badan mulai deman dan batuk, disertai pilek karena rewel nangis trs. hari minggu saya bawa ke DSA, dan diberikan obat puyer batuk pilek yg isinya ada bisolvon dll. dan juga diberikan antibiotik ABBOTIC, yang saya tahu batuk tidak perlu AB, tp Dokternya menyarankan karena anak saya kena radang dan demam jd butuh AB. jika demamnya tdk turun akan dilakukan cek darah pada hari k5. yang ingin saya tanyakan bahayakan AB tersebut jk saya berikan ke anak saya? apa efek sampingnya? untuk batuknya apakah sudah tepat diberikan puyer atau menggunakan actifed saja? (karena sebelumnya sy menggunakan actifed)

terimakasih Dr atas responnya.

Salam,
Bunda Donadell

lia said...

Dear Dokter,
saya Lia, ibu dari 2 org anak,ingin menyakan tentang batuk. saya punya anak berusia 4,5 tahun, BB cuma 14 kg. kurus sekali.
kenapa ya dok, anak saya ini sering pilek dan batuk (terutama malam dan pagi hari). kalau sudah pilek sedikit, langsung asma nya kambuh. nafasnya sesak/tersengal-sengal. kalau batuk sering muntah dan mengeluarkan lendir bening. suhu badan pans/anget.
bagaimana menurut dokter, masak setiap anak saya batuk saya harus ke dokter terus, kadang baru seminggu sembuh, udah sakit lagi. saya sangat menghindari kalo anak saya diberi obat2an terus.
saya ingin tahu sebenarnya anak saya sakit apa? perlukah ssaya membawa anak saya ke dokter subspesialis paru anak, ataw kalo boleh tahu tmpt praktek dokter dmn?.
bagaimana supaya berat badan anak saya tambah?
terima kasih dok, saya sangat menantikan jawaban dari dokter.

brookhum said...
This comment has been removed by the author.
brookhum said...

salam kenal dok....saya aji,td saya bc artikel ini trus mo bertanya dok....
aq pernah batuk berdahak sampai berdarah trus kadang paru2 sampai nyeri ma tulang rusuk sering skt....
trus dahak saya jg berwarna kuning kehijauan dicampur bau yg nga enak....
terkdang jg sering berkeringat pada saat malam pdhl dingin....
tp nafsu makan saya tidak berkurang
kira2 saya skt ap ya dok?

brookhum said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

halo dok,salam kenal nama saya nana umur 18 berat 51.
hari ini sejak pagi tiba-tiba tenggorokan saya sakit tanpa batuk ataupun pilek.terus malamnya saya keluarkan dahaknya berwarna coklat kemerahan.udah kejadian beberapa kali tapi selang waktunya berbulan-bulan dok.karena paling cuma 3-4 hari terus udahan, jadi nggak pernah saya periksakan ke dokter.kira-kira kenapa ya dok? mohon pencerahannya

Harry said...

Pak Dokter,

Saya menderita batuk sekitar sebulan yang lalu. Awalnya dipita suara seperti ada lendir dan mau masuk ke paru-paru, tapi rasa lendirnya asin dok.
Trus saya minum atibiotik cefadroxil 500 ml. eh, jadinya malah batuk berdahak warna putih. Kadang waktu malam hari bisa terbangun karena batuk itu dok. Sekarang saya pilek trus pipi kakan disamping hidung rasanya nyeri. tapi kalau buang ingus, rasanya lega lagi, tapi tidak berlangsung lama, kembali nyeri lagi dok. Mohon bantuannya dok.
Salam,
Harry

Yoana said...

Salam kenal dokter...saya Yoana, usia 29 thn, tinggi 155cm/berat bdn 52 kg, saat ini sy sdg hamil 4 bln. 2 minggu yang lalu sy kena radang tenggorokan, kmd sy ke dokter kandungan sy diksh obat toplexil syrup dan FG troches. namun sampai 2 minggu batuk sy blum sembuh jg, bahkan skrg jd batuk berdahak klo pagi hari saja (wrn dahak kuning). siang dan mlm hanya batuk kering, tenggorokan terasa gatal. Apakah sy perlu dikasih obat lg ya dok, mgkn antibiotik atau apa? tp sebenernya sy menghindari obat khawatir thd pertumbuhan janin sy. Mohon arahan dan pendapat dokter. Terima kasih sebelumnya

Anonymous said...

dear doctor, im suhada

saya sudah batuk lebih kurang 2minggu. batuk menjadi lebih kerap ketika waktu malam semasa sedang tidur. batuk disertai dengan lendir yang cair. kadang- kadang batuk sampai tekak terasa perit. pada paginya saya akan bangun sepert biasa. hanya waktu malam sahaja saya batuk. saya tiada sebarang penyakit dan juga bukan seorang perokok.saya mahu bertanya, apakah penyakit saya, dan apakah ubatnya. mohon dijawab. terima kasih doktor.

andria said...

selamat malam dokter,
saya andria, saya sudah 4 hari flu disertai sakit tenggorokan. karena tenggorokan saya tidak terlalu sakit, saya hanya meminum obat flu saja dan hari ini flu saya sudah sembuh. tetapi barusan tadi saya batuk, kemudian mengeluarkan dahak berwarna kuning disertai darah. dahaknya kental. karena merasa kurang yakin, saya sengaja batuk lagi. darahnya selalu ada di dahak saya, kemudian benar2 berhenti.

yang mau saya tanyakan adalah, apakah ini hanya luka di tenggorokan atau ada indikasi enyakit lain? saya pernah mempunyai riwayat penyakit penyempitan saluran pernapasan, apa ada hubungannya dok?

terimakasih :)

Anonymous said...

Dokter, bolehkah bayi usia 8 bulan di beri sirup actifed ?

mahirah said...

Selamat malam dokter.
Saya ingin bertanya mengenai putra saya, umurnya 3,5 tahun. Sudah 3 hari ini ia batuk2. Pada pagi sampai mau tidur, tidak sedikitpun ia batuk. Tapi jika sudah tertidur, batuknya pun datang. Batuknya kering, kadang sebelah hidungnya tersumbat, dan sering sekali ia terbangun dan menangis. Lalu 5 menit dia akan tertidur lagi. Jika saya hitung batuknya bs mencapai lebih dari 3x sepanjang tidur.
Yang ingin ditanyakan adalah:
1. Apakah anak sy mempunyai penyakit tertentu?apa penyebabnya?dan bgmn cara mengatasinya.
2. Saya dan suami serta nenek kakeknya tidak mempunyai riwayat asma. Apakah asma bisa terjadi tanpa faktor keturunan?
3. Bagaimana membedakan penyakit batuk karena asma, alergi dan batuk biasa?
Terimakasih banyak atas jawabannya.

Yuina said...

salam kenal, Dok..
nama saya Yuli, tinggi 157cm dan berat 57kg.
sudah hampir seminggu ini saya mengalami nyeri di dada kiri.
Jika saya mengambil nafas rasanya seperti ditusuk-tusuk.
Malah kadang hanya dengan bergerak aja udah berasa sakit.
Sakitnya datang waktu saya bangun tidur dan ternyata saya tidur semalaman dengan posisi menghadap ke kiri dengan menekan bagian dada.
kira-kira ini bahaya gak ya Dok?
Dan ada hubungannya kah dengan posisi 'salah tidur' saya?
Atau ada hubungan dengan jantung?
karena Ayah saya ada penyakit jantung koroner..
terimakasih Dok atas jawabannya..

Anonymous said...

Dekat dokter...
Kl saya boleh tau, dokter praktik dimana?
Saya batuk2 sudah hampir sebulan... Tenggorokan gatal sekali... Tp batuk saya tidak terlalu berdahak.. Dahak kl ada hanya sedikit dan encer...
Saya sedang hamil.. Awal2 saya diberi amoxilin dan obat batuk nelco.. Stlh amoxilin habis, batuk saya tetap muncul.. Dulu saya pernah didiagnosis batuk alergi.. Apakah cek lab utk mengetahui penyebab alergi mahal dok? Kira2 brp?
Sy skrg blm berani ke dokter krn sy takut dikasi antibiotika...
Apa yg hrs sy lakukan skrg dok?
Terima kasih sebelumnya...

Joice

Anonymous said...

salam kenal dok....saya kaka, saya ingin bertanya saya batuk hanya tiap pagi hari saja dan ini sudah berlangsung sekitar 1 bulanan, saya sudah pergi ke dokter terdekat, saya memang di suruh untuk tes dahak, tapi setiap pagi saya batuk tidak ada dahaknya malah sekarang di tambah pilek setiap pagi...tapi setelah tiap pagi ya kira2 5 menit berjemur tiap pagi batuknya lumayan mereda, saya takutnya ini juga gejala TBC....tapi masalahnya kan gak bisa tes dahak,soalnya dahak aja gak keluar...ini kenapa ya dok???

Anonymous said...

dear dokter..

saya anto..
sudah hampir 1tahun ini saya batuk berdahak bening kental seperti kelenjar..
sedikit berbau.
dan tidak hancur sat dtekan pelan.
tidak sering.
hanya ketika ad perubahan cuaca.
dan tangan terus mengeluarkan keringat.
apa ada penyakit yg kronis?
apa terdetect saat rontgen??
apa yang harus saya lakukan?
saya perokok aktif.
umur 20 bb 61 tb 162.

terima kasih dok..

Anonymous said...

dear dokter..

saya anto..
sudah hampir 1tahun ini saya batuk berdahak bening kental seperti kelenjar..
sedikit berbau.
dan tidak hancur sat dtekan pelan.
tidak sering.
hanya ketika ad perubahan cuaca.
dan tangan terus mengeluarkan keringat.
apa ada penyakit yg kronis?
apa terdetect saat rontgen??
apa yang harus saya lakukan?
saya perokok aktif.
umur 20 bb 61 tb 162.

terima kasih dok..

Anonymous said...

salam kenal dok. lebih kurang sebulan yg lalu, saya sempat setiap kali mengeluarkan dahak bercampur darah segar tapi tanpa batuk,biasanya jumlahnya banyak saat bangun tidur. setelah diterapi antibiotik sembuh. saya pernah mengalami keluhan yang sama sekitar bulan desember 2010. wkt itu sempat foto thorax dan hasilnya normal, lab darah rutin dan LED dan sputum juga normal. yg sy rasakan sekarang dada saya kadang-kadang seperti tertindih beban berat dan klaau beraktivitas berlebh jantung dan napas saya spt mau brhenti. kebetulan saya seorg tenaga kesehatan dok. mohon bantuannya dok. trima kasih.

Anonymous said...

halo dok, saya ahmad. saya adalah dulu penderita tbc paru,. dan berobat hanya 9 bln.. setelah itu saya tidak berobat lgi dan diperiksa. apakah tbc saya sudah sembuh? trkadang dada saya sering sakit jika menarik nafas panjang dan seperti enyut2an. terima kasih.

Anonymous said...

Dear dokter suryo,..
Saya lina..
Ibu Saya juga memiliki permasalahan yang sama.
Ibu saya berumur 48tahun, berat badan 64-65kg. Dengan tinggi badan 160-165cm, bukan perokok..
Sudah 5bulan ini ibu saya selalu terganggu oleh dahak di tenggorokannya. Kadang dahak yang di keluarkan berwarna putih dan kadang ag ak kehijauan. Dan TIDAK di sertai dengan batuk, sakit tenggorokan ataupun nyeri dada. Dan beberapa hari ini dahak terasa lebih kental dan susah dikeluarkan.
Ibu saya memiliki kebiasaan tidur sambil membuka mulut..
Ini kenapa yah dok?
Terima kasih atas jawabannya.

Anonymous said...

Dear dokter suryo,..
Saya lina..
Ibu Saya juga memiliki permasalahan yang sama.
Ibu saya berumur 48tahun, berat badan 64-65kg. Dengan tinggi badan 160-165cm, bukan perokok..
Sudah 5bulan ini ibu saya selalu terganggu oleh dahak di tenggorokannya. Kadang dahak yang di keluarkan berwarna putih dan kadang agak kehijauan. Dan TIDAK di sertai oleh batuk,sakit tenggorokan ataupun nyeri dada. Dan beberapa hari ini dahak terasa lebih kental.
Ibu saya memiliki kebiasaan tidur sambil membuka mulut..
Ini kenapa yah dok? Dan cara untuk mengatasinya gimana yah dok?
Terima kasih atas jawabannya.

Anonymous said...

as salam...doktar,saya nak tanya...saya batuk sudah dekat 3minggu dan mengeluarkan kahak yang berwarna hijau...suara saya pn menjadi serak2 basah..apakah batuk saya ini kronik?bagaimana cara untuk sembuhkan nya kerana saya susah untuk tidur disebabkan bunyi yang kurang menenangkan..harap doktar boleh bantu saya.terimakasih

Anonymous said...

salam kenal dok. nama saya ririn, saya ingin bertanya...
1).sudah seminggu saya batuk2...awalnya diawali dengan sakit tengorokan, flu dan akhirnya batuk...dahak saya berwarna ijo, kalaupun batuk sperti merasakan ada menelan darah? kalopun batuk pagi hari sngat parah...apalagi malam hari, terkena angin atau ac batuk saya menggila...apakah obatnya dok?obt yg disebutkan diatas saya tidk cocok
2).saya pun bisa kena flu ketika mnghirup debu atau terkena angin dingin...sudah berlangsung lama.. dan saya dulu sering meminum ctm, tapi skrng tidak lagi...apakah saya hrus meminum ctm lagi ketika kambuh? terima kasih atas jwabannya dok...

zlzlzlzlzl said...

salam kenal pak dokter...saya yudi dok...saya mau nanya... kalau pagi hari saya itu batuk2 tapi tidak begitu batuknya,tidak nyeri dan sedikit gatal ditenggorokan sudah 1bulan saya alami,,,,. saya takut dok kenapa2...itu kenapa ya dok...oiya saya kalau malam sering pake kipas angin kalau tidur apakah pengaruh dari anginnya itu ya dok...

Anonymous said...

salam dok,,,
saya punya anak sekarang sudah berumur 5 thn, sejak dia umur 2thn lebih dia terkena semacam penyakit ntah penyakit apa, sudah pergi ke beberapa dokter spesialis keluhan nya dok bila dia tidur malam dan siang dia tebangun dengan mata melotot,hampa seperti tidak melihat, dan dia sperti mencari udara untuk bisa bernafas, dan menruut saya sperti ada dahak lendir yg menyumbat di leher pernafasan nya karena yg saya dengar ada kyk berdahak atau lendir yg menyumbat nya dan terjadi hampir 5x sehari, kalu semalam bisa smpai 10x jadi saya mintak tau penyakit apa ini dok yg di derita anak saya...

Anonymous said...

Selamat siang dokter, saya Agung ingin menanyakan tentang anak saya usia 5 tahun, susah tidur, air liur kental keluar banyak dari mulutnya, perut mual yang ingin saya tanyakan cairan tersebut berasal dari mana dok kalau malam tersiksa sekali kami jika tidurnya terlentang pasti sesak nafas jadi kami miringkan posisi tidurnya apakah perlu di rontgen dan penanganan selanjutnya menurut dokter apa?
terima kasih

Pepi said...

salam kenal dokter yg budiman..
sdh 2 hari ini saya demam dok di sertai batuk berdahak (tdk sering), 1 tahun yg lalu sy dh berhenti minum obat paru2 dr puskesmas selama 6 bulan , apakah paru paru saya kumat lagi dok ?

Anonymous said...

salam kenal dokter,saya hermin 35th,kurang lbh sudah 2 minggu ini tenggorokan sy brlendir agak kental,tetapi sy tidak batuk ataupun pilek,kira2 kenapa ya dok dan saya belum berobat sama sekali,sbg tmbahan sy bekerja di sbuah perusahaan rokok sebagai staf riset dimana mengharuskan saya untuk merokok,apakah mungkin ada hubungannya dg penyakit saya karena sebelum ini saya sudah pernah mengalami hal ini cuman beberapa hari saja udah sembuh,terima kasih sebelumnya atas saran dan masukan dari dokter,salam

Anonymous said...

salam kenal dokter,saya hermin 35th,kurang lbh sudah 2 minggu ini tenggorokan sy brlendir agak kental,tetapi sy tidak batuk ataupun pilek,kira2 kenapa ya dok dan saya belum berobat sama sekali,sbg tmbahan sy bekerja di sbuah perusahaan rokok sebagai staf riset dimana mengharuskan saya untuk merokok,apakah mungkin ada hubungannya dg penyakit saya karena sebelum ini saya sudah pernah mengalami hal ini cuman beberapa hari saja udah sembuh,terima kasih sebelumnya atas saran dan masukan dari dokter,salam

Angga G. Nugraha said...

Sore pa dokter.. ^^
Maaf saya mau ikut brtanya..

kmaren saya mndapatkan hasil rontgen dr dokter.. hasil rontgen dada ibu saya..
dokternya terlalu terpengaruh sinetron,, dia tidak mau mnceritakan lsg kpda ibu saya,, malah mnyuruh bapa saya untuk datang..
saya cuman takut terjadi hal buruk kpada ibu saya,, terlebih lg skg sering sakit-sakitan...

hasil rontgennya mnggambarkan klo di dada ibu saya ada noda hitam besar.. apa itu pnyebab ibu saya sering sesak nafas??
saya ingin tau,, ibu saya itu sakit apa dok??
karna bapa saya hanya mngatakan.. mamah harus byk istirahat...
mohon jawabannya dok..

terima kasih..

Unknown said...

mau tanyak dok, kenapa pada sebagian besar orang dengan pneumonia, yg terkena itu paru paru sebelah kiri..trims

Unknown said...

Selamat Pagi Dr. Suryo, Putra saya usia 12tahun sudah hampir 2bulan ini batuk berdahak tiap pagi. Awalnya saya pikir masuk angin dan kecapean krn aktifitasnya padat sekali menjelang UN kls 6 bulan lalu. Saya hanya beri tolak angin 1 sachet tiap pagi setelah sarapan, dan 2 minggu belakangan saya sertai obat batuk. Tapi hingga hari ini masih batuk tiap pagi. Saya khawatir karena ngga sembuh2 juga, mudah2an bukan TBC ya Dok.

Sedikit info suami saya perokok tetapi di rumah tidak pernah merokok dekat anak istri. Suami saya bilang kemungkinan krn debu semen karena dilantai atas saat ini sdg renov. Mohon penjelasan Dokter, dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

Best Rgds, Ibu Asep

Agit said...

Salam Kenal Dokter,... Saya Agit, Umur 37th, berat 50kg tinggi 162 cm.
Saya penderita TB Paru dalam proses pengobatan (sudah jalan 6 bln).
Hasil tes BTA terakhir dudah negatif, batuk sy sudah hilang dan berat badan sudah naik dari 43kg jadi 50kg.
Tapi pada saat-saat tertentu (kadang pagi hari / sore hari) terasa ada yang menggelitik disaluran pernafasan. Dan setelah dibatukkan ternyata ada bercak darah (tidak banyak). Ini sudah berlangsung 2 bln. Pernah konsul ke dokter, katanya gak apa-apa, mungkin alergi ada iritasi katanya.
Jika terik nafas panjang terkadang masih ada bunyi mengi pada tarikan pertama tapi setelah itu tidak.
- Apakah tanda bercak darah tsbt benar tidak berbahaya?
- Apakah TB sy benar2 sudah sembuh jika sudah negatip.
- Apakah paru2 yang bolong akibat TB bisa pulih?
Tolong pak dekter beri kiat agar sy cepat sembuh.
Terima kasih Pak.

Fisika C said...

Hai dokter...
Aku punya masalah nih dok,,,
setiap aku bangun dari tidur , terutama pada subuh hari,, hidung aku itu mampet sampai2 ngirup udaranya hanya lewat mulut karena hidung udah ga' bisa disebabkan oleh ingus yang mengalir terus dan bikin kepala sakit dok,,,, Tapi ketika pagi udah mulai terang,, sekitar jam 8,, flu aku itu sembuh dok,,, kira2 ini penyakit apa yah dok...
oh yah dok flu aku itu termasuk batuk juga,, sungguh tersiksa aku dok kalau setiap subuh seperti ini...
saya umur 19 tahun dok ..
mohon bantuannya dok,,, terimakasih sebelumnya :)

Anonymous said...

Salam Kenal Dokter,... Saya Agit, Umur 37th, berat 50kg tinggi 162 cm.
Saya penderita TB Paru dalam proses pengobatan (sudah jalan 6 bln).
Hasil tes BTA terakhir dudah negatif, batuk sy sudah hilang dan berat badan sudah naik dari 43kg jadi 50kg.
Tapi pada saat-saat tertentu (kadang pagi hari / sore hari) terasa ada yang menggelitik disaluran pernafasan. Dan setelah dibatukkan ternyata ada bercak darah (tidak banyak). Ini sudah berlangsung 2 bln. Pernah konsul ke dokter, katanya gak apa-apa, mungkin alergi ada iritasi katanya.
Jika terik nafas panjang terkadang masih ada bunyi mengi pada tarikan pertama tapi setelah itu tidak.
- Apakah tanda bercak darah tsbt benar tidak berbahaya?
- Apakah TB sy benar2 sudah sembuh jika sudah negatip.
- Apakah paru2 yang bolong akibat TB bisa pulih?
Tolong pak dekter beri kiat agar sy cepat sembuh.
Terima kasih Pak.

Hamzah Ichwal said...

Salam dokter...
Saya Hamzah, saya ingin bertanya. Saya sudah batuk hampir sebulan, batuk saya lebih kepada seringnya mengeluarkan dahak. Warna dahaknya putih kental, tapi kadang juga seperti air liur biasa. Biasanya saya batuk dari siang hingga malam. Tapi terkadang hanya siang atau malamnya saja. Kalau pagi malah jarang batuk.

Mohon penjelasannya ya dokter, kira2 saya sakit apa, dan kalau mau periksa baiknya dimana ?

Anonymous said...

Halo dok, saya mengalami batuk sudah hampir 2 bulan lebih. Batuk tersebut terasa gatal di sekitar leher dan perut saya juga mengalami sakit. terkadang batuk saya membuat saya muntah-muntah.

Kenapa bisa begitu ya dok?

terima kasih atas bantuannya.

Anonymous said...

salam kenal dokter.. dok, saya berumur 19 th dan sudah lbih dari 1 bulan ini saya batuk. akhir-akhir ini kadang tidak kambuh namun terkandang kambuh dan batuk keras, barusan saya mengeluarkan dahak dicampur darah. apakah saya mengidap TBC? saya takut sekali jika memberitahu orang tua saya. apakah dahak dicampur darah selalu itu gejala TBC? mohon penjelasannya dokter.. saya takut dan sedih sekali.
terimakasih atas jawabannya dok.

Andhika said...

Saya dika, umur 21thn.
saya punya penyakit asma, tapi jarang sekali kambuh..

sering sekali flu terus-menerus apalgi jika udara dingin,
stelah itu biasanya batuk, tp awalnya batuk sakit di tenggorokan seperti mau muntah, dahak sulit dikeluarkan, dan jika pagi dahak keluar warna hijau kental pekat.

namun jika siang hari berangsur sehat, dan pagi&malem sakit lagi,

obat apa ya dok utk batuknya? terkadang dibiarkan bisa kambuh asma. terimakasih.

Risma said...

Halo dok, nama sy Risma
sya mngalami batuk sjak 1bln yg lalu, sjak sya pilek, dan brlanjt btuk. Sya smpat shat, tapi cuma dlm wkt 2 hr saya kmbali batuk, namun batuk saya kambuh pada saat tertentu saja. Kadang malam hari, atau subuh.
Jika sy terkena debu, btuk saya jg kambuh. Batuk sya brdahak dgn dahak yg berbusa berwarna puth n kental.
Ini sgt mengganggu.
Sy minta sarannya dok,, trms

Anonymous said...

selamat pagi dok, saya thony 26 tahun TB 170cm BB 48 Kg ( BB saya dari dulu kala tidak pernah naik turun secara draktis hanya beamain di 46 - 48 kg),, sekitar 3 bulan yang lalu saya baru saja selsai menjalani pengobatan TBC selama 6 bulan secara rutin,
1 bulan terakhir ini saya batuk kembali biasanya pada saat cuaca dingin, dan selama 1 bulan terakhir ini sudah 3x dahak saya bercampur darah walupun hanya satu tetes, dan punggung saya seperti tertusuk-tusuk tepatnya dibagian yg kena inlfiltrat tsb.

kenapa sampai tembus kepunggung dan linu dok, apakah TBC saya berubah jadi TBC tulang??

saya sudah ke puskesmas dan dokter berkata itu karena )batuk yg terlalu keras sehingga luka paru2 yang blum sembuh total kembali terbuka dan blum tentu tbc kambuh, apakah itu benar dok????

apa kah pengobatan saya gagal, karena pada saat saya berobat 6 bulan saya tetap merokok seperti biasa?

mohon pencerahannya dok, terimakasih

Anonymous said...

saya thony, ada 1 lagi yang saya mau tanyakan , apakah Obat TBC kategori II (gratis) tidak tersedia di puskesmas??

Anonymous said...

salam kenal dok, nama saya nita, umur 23, tutor bhs inggris di LBA. sudah seminggu saya menderita batuk dan sulit mengeluarkan dahak. pas saya periksakan ke dokter ternyata paru2 saya penuh dengan cairan. saya di beri antibiotik, obat radang, dan obat unutuk pengencer dahak.
setelah minum obat kok rasanya dada sebelah kiri saya terasa berat ya dok..
apa saya terkena radang paru2?apa yang harus saya lakukan dok?
terimakasih

Anonymous said...

salam kenal dok, nama saya nita, umur 23, tutor bhs inggris di LBA. sudah seminggu saya menderita batuk dan sulit mengeluarkan dahak. pas saya periksakan ke dokter ternyata paru2 saya penuh dengan cairan. saya di beri antibiotik, obat radang, dan obat unutuk pengencer dahak.
setelah minum obat kok rasanya dada sebelah kiri saya terasa berat ya dok..
apa saya terkena radang paru2?apa yang harus saya lakukan dok?
terimakasih

Anonymous said...

salam kenal dok, nama saya nita, umur 23, tutor bhs inggris di LBA. sudah seminggu saya menderita batuk dan sulit mengeluarkan dahak. pas saya periksakan ke dokter ternyata paru2 saya penuh dengan cairan. saya di beri antibiotik, obat radang, dan obat unutuk pengencer dahak.
setelah minum obat kok rasanya dada sebelah kiri saya terasa berat ya dok..
apa saya terkena radang paru2?apa yang harus saya lakukan dok?
terimakasih

Suryo Wibowo said...

Dear Rendy, Abdi, Arief, Andria,

Untuk memastikan apakah batuk disertai keluarnya dahak dengan bercak darah itu TBC atau bukan maka dahak tersebut diperiksakan ke laboratorium klinik/kesehatan. Dan sebaiknya anda berkunjung kembali ke dokter dan menyampaikan bahwa obat yang diberikan sudah diminum tetapi tidak ada perbaikan malah tambah parah dan batuk berdarah, dengan demikian dokter anda dapat memikirkan langkah selanjutnya yang tepat untuk kasus anda.

Untuk berobat batuk, sebaiknya dimulai dengan berkunjung ke dokter umum/dokter keluarga/dokter perusahaan. Bila tidak kunjung sembuh atau malah tambah parah maka kunjungi lagi dokter tersebut dan apabila diperlukan konsultasi dengan dokter spesialis maka dokter tersebut tentu akan melakukannya.

Dan merokok memang dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan bahkan kanker paru.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Rizqi dan Yono

Wah kalau dilihat dari tinggi badan dan berat badan maka anda tergolong kurus ya. Kalau hanya dari riwayat saja maka banyak sekali kemungkinan penyebab keluhan anda tersebut, bisa karena bronkitis, bisa karena asap rokok (baik perokok aktif maupun perokok pasif), bisa karena alergi, bisa karena TBC, dan lain-lain penyebab. Sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Penyakit jangan dibiarkan lama tidak diobati, nanti akan bertambah parah lho.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Anton,

Dengan gejala hidung tersumbat serta ada lendir yang turun dari rongga hidung ke tenggorokan maka kemungkinan anda menderita rhinitis. Rhinitis yang lama tidak diobati bisa menjalar ke rongga sinus dan menjadi sinusitis. Asap rokok sangat berperan menjadi penyebab keluhan yang anda rasakan. Sebaiknya anda berhenti merokok dan jangan menghirup asap rokok dari lingkungan (perokok pasif). Selain itu sebaiknya anda minum air putih setiap jam ½ gelas. Coba lakukan hal ini selama 3 bulan. Perlahan-lahan keluhan anda akan teratasi. Sekali lagi: berhentilah menjadi perokok aktif maupun pasif.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Dyah, Teddy, Amandha, Yozi, Brookhum, Nanadoyle, Suhada, Ibu Asep, Hamzah Ichwal,

Keterangan yang anda semua berikan sedikit sekali, sehingga sukar bagi saya untuk menjawab. Dapat anda baca dan simak penjelasan-penjelasan saya pada tanya jawab terdahulu, karena banyak sekali pertanyaan yang mirip atau hampir sama.

Batuk dapat disebabkan oleh masalah pada saluran pernafasan atas dan bisa pula disebabkan oleh adanya masalah pada saluran pernafasan bawah termasuk paru-paru.

Untuk memastikannya sebaiknya anda berkunjung ke dokter terdekat.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Bunda Donadell,

Ada batuk yang tidak perlu antibiotika, dan ada pula batuk yang perlu antibiotika. Dokter yang telah memeriksa anak anda tentu telah mempunyai pendapat bahwa batuk yang diderita anak anda itu memerlukan antibiotika. Jika tidak diberikan maka tentu penyakitnya tidak lekas sembuh atau bahkan bertambah parah. Kalau anda tidak percaya dengan DSAnya maka anda bisa membawa anak anda ke DSA lain untuk second opinion.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Lia,

Gejala asma pada anak lebih sering berupa batuk. Sepanjang batuknya tidak disertai panas maka berikan saja obat asmanya. Sebaiknya minta obat asma yang dihirup dan ajarkan anak anda memakai obat asma yang dihirup. Mengapa? karena dosisnya lebih kecil dan relatif lebih aman.
Tempat praktek saya dapat dilihat di blog.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Harry,
Ada kemungkinan anda menderita rhinosinusitis. Untuk memastikannya sebaiknya anda ke dokter.
Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Yoana dan Joice,

Untuk wanita hamil sebaiknya kembali lagi ke dokter kandungan meskipun jadwal kunjungan berikutnya belum tiba jika mengalami hal-hal seperti batuk yang belum sembuh-sembuh.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Mahirah,

Kemungkinan putra anda menderita batuk alergi. Penyebabnya mungkin ada di ruang tidurnya. Untuk membedakan batuk karena asma, alergi dan batuk biasa sebaiknya dengan pemeriksaan dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Yuina/Yuli (?),

Sebaiknya anda segera ke dokter dan meminta pemeriksaan foto rontgen. Ada kemungkinan anda menderita radang paru.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Yuina/Yuli (?),

Sebaiknya anda segera ke dokter dan meminta pemeriksaan foto rontgen. Ada kemungkinan anda menderita radang paru.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Kaka,

Untuk mendiagnosis TBC bukan Cuma dengan pemeriksaan dahak saja. Memang pemeriksaan dahak apalagi jika positip merupakan diagnosis pasti TBC. Akan tetapi banyak lagi pemeriksaan lain, termasuk pemeriksaan fisik oleh dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear friend (tenaga kesehatan),

Berapa usia anda? Berapa tinggi dan berat badan anda? Apakah anda laki-laki atau wanita? Apakah anda perokok atau tidak? Sulit bagi saya untuk dapat menjawab permasalahan anda karena data-data yang anda berikan tidak lengkap. Sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Lina,

Sebaiknya Ibu anda dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Tidur sambil membuka mulut mungkin disebabkan ada masalah pada hidung atau tenggorokan.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Suryo Wibowo said...

Dear Angga G Nugraha,

Kemungkinan noda hitam besar itu adalah tumor/massa. Sebaiknya anda segera menemui dokter ibu anda dan menanyakan langsung kepada beliau.

Salam,
Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk

Okki Ernest said...

. Dear dokter,
. Saya ernest dok 19 th, udh hampir 4 hari sy batuk nggak kunjung sembuh, sy sudah, minum obat, msh blum juga
. Batuk saya berdahak, kekuningan dok
. Dan satu lagi dok, sy bekerja lumayan berat, saya suka mengangkat beban berat, ditambah mengelas, krn sy bkrja di pabrik motor
. Setiap saya batuk , kenapa perut saya nyeri ya dok, di bagian kedua pinggang
. Sy ngeri saya kena hernia
. Tp sy sudah membaca artikel tentang ciri2 hernia di internet, di situ sy tdk mmpunyai tntang ciri2 hernia
. Sakit'a tidak di daerah selangkangan

Tututhargiyuono said...

Dok,anak saya 3 th batuk pilek
Dia biasanya 1bln terus kumat lg?
saya obati beli diToko(tanpa resep dokter), apakah harus dgn Antibiotik?
trimakasih, Tutut di blitar

Tututhargiyuono said...

Dok,anak saya 3 th batuk pilek
Dia biasanya 1bln terus kumat lg?
saya obati beli diToko(tanpa resep dokter), apakah harus dgn Antibiotik?
trimakasih, Tutut di blitar

Chandra Sujana said...

dok, saya ini tidak batuk, tapi setiap saya buang dahak, dahaknya berwarna kuning (bercampur darah sedikit, badan saya lemas, kepala sempoyongan, itu kenapa dok? bisa dijelaskan? saya mengalami itu setelah saya begadang tidur jam 3 subuh, bangun jam 10 pagi. lari terasa semua itu, tolong penjelasannya dok.

Purnama said...

Hi Pak Dokter,
saya sedang menjalani pengobatan TB, saaya sudah 1 bulan ini memgkonsumsi rifastar 4FDC. Awalnya saya mengalami beberapa efek samping yang cukup mengganggu. Seperti demam, asam urat naik, dan batuk. Hingga saat ini yang masih mengganggu yaitu batuk dan demam. Saya dalam1 hari bisa batuk terus dari pagi sampai mau tidur, danbiasanya di malam hari saya batuk apa bila setelah makan malam biasanya makanan akan keluar kembali.
Yang menjadi pertanyaan, apakah saya akan seperti ini selama melakukan pengobatan ini?
Mohon arahannya.
Terimakasih.

theviromusic said...

salam kenal dok, nama saya Rody, usia 32th
saya mau bertanya, setiap hari langit-langit pd mulut saya tersa gatal seperti pada gejala flu, dan jika terkena debu, jg langsung pilek dan biasanya berlanjut flu, pernah saya beri obat Trifed dan sangat mengurangi, tp setelag obat habis, gatal itu muncul lagi. bagaimana solusinya dan apakah efek sampingnya jika mengkonsumsi obat anti alergi tersebut?
terimakasih atas jawabannya. Tuhan memberkati

Anonymous said...

Dear dokter

duaminggu ini anak saya (5 tahun) mengalami kondisi batuk di malam hari plus
keringat dingin Batuknya kering dan terus menerus tapi berhenti setelah beberapa saat..
saya sudah sempat ke dokter dan diperiksa tidak apa apa, hanya alergi dingin katanya, lalu
menambah selimut, mengoleskan
kayu putih, meminumkan air hangat, tapi kelihatannya tidak mengurangi batuk dan
keringat.

Saya coba browsing di internet, mencari tahu penyakit apa di balik gejala
semacam ini, tapi tidak ada. Semula saya mencurigai TB, tapi nafsu makan
anak saya tetap normal dan tidak ada penurunan berat badan drastis. Keringat
dingin dan batuk itu pun hanya terjadi saat tidur malam, tidak terjadi pada
tidur siang atau saat anak beraktivitas.

Mohon bantuan masukan dari dokter dan yang mungkin pernah mengalami
kondisi semacam ini.


Terima kasih

shinta

Hendra said...

salam kenal dok
saya Hendra umur 22 tahun,tinggi 165 berat 66kg,saya perokok,sudah 6 tahun z batuk,kadang pagi kadang malam,dimulai dari bersin2.batuk saya berdahak,n dahak saya keluat kadang encer bening,kadang kental putih,batuk saya sering disertai dengan sesak napas n mengik,z udah bolak balik ke dokter takutnya bakteri TB,tp hasilnya negatif,sudah periksa darah semua normal kecuali leukosit aku yg tinggi,kata dokter aku hanya alergi saluran pernapasan.
pertanyaan :
apakah batuk saya ng bisa sembuh yah dokter ???
klo bisa,langkah apa yg bisa saya lakukan supaya bisa sembuh

Anonymous said...

dokter, saya nissa..... saya batuk udah 2 minggu tapi udah diobati dan batuknya sudah tidak ada, tapi rasanya masih ada dahak di tenggorokan. kalau mau keluar susah sekali bernafas (menimbulkan suara) dan kemudian muntah...... kenapa ya dok... terima kasih

Suci Nuril said...

Dokter..
Suami saya sudah mengalami batuk 2 minggu ini, awalnya batuknya sering (15-30menit sekali) dan kadang kering dan kadang sedikit berdahak (sekedar ada yg mengganggu di kerongkongan saja), jadi di awal (H+4) sempat mengkonsumsi bisolvon (guaifenesin), setelah 3 hari kemudian batuknya jadi berdahak (putih,kental,sedikit) dan selalu dikeluarkan dengan sekuat tenaga, dan saran apoteker apotik jadi diganti dengan oroxin+amoxilin. Intensitas batuknya jadi berkurang, paling 1 jam sekali. Setelah 10 hari tak kunjung sembuh saya baru ke dokter THT dan diresepin codipront, decolsin dan antibiotik (saya lupa namanya, harga kisaran 15 per butir). Batuknya jauh lebih mendingan walaupun setiap batuk adalah batuk yg dengan sekuat tenaga, sehari sekitar 5 kali dan sebagian besar ketika bangun pagi. Selama 2 minggu itu sesekali pernah sampai mengeluarkan bercak darah sedikit, dan sesekali juga bisa sampai sulit bernafas setelah batuk hebatnya. Saya masih awan dengan batuk yang berkepanjangan begini. Pertanyaannya, seharusnya suami lebih tepat saya bawa berkonsultasi dengan dokter spesialis apa dan pengecekan laboratirum pendukung apa yang sebaiknya dilakukan untuk menegakkan diagnosa yang tepat?

Suami saya sangat jarang sakit, selain hanya sakit2 ringan dan tidak punya alergi terhadap sesuatu, bukan perokok aktif atau pasif. Usia 28 tahun, 160cm, 82kg. Batuk nya ini muncul tiba2 di subuh hari, mungkin karena beberapa hari terakhir kelelahan dengan pekerjaan dan istirahat yang tidak cukup(menurut saya).

Terima kasih sebelumnya, mohon bantuan dan masukannya dokter.

Salam,

Unknown said...

Pak Dokter, numpang konsul :)

Saya umur 28 tahun, sudah 2 mingguan ini batuk berdahak. dahak tidak begitu kuning, tapi juga tidak seputih ludah.. kental bahkan kadang seperti susu beku..

riwayat pernafasan saya, saya pernah kena sinusitis dan sudah melakukan operasi..dan akhir2 ini pipi kanan dan kening kepala suka agak sakit, meski sinusnya tidak begitu kambuh, hanya saya merasa saluran sinusnya memang mengalami "masalah" lagi.

adakah kaitan keduanya, atau memang batuk berdahak ini tidak terkait dgn sinusitisnya..

terimakasih

Unknown said...

Oh, iyah saya lupa.. apa yang saya perlu lakukan untuk mengatasi batuknya.. karena ketika batuk datang untuk mengeluarkan dahak terkadang sampai terasa mau muntah.. thx

Unknown said...

oh iyah, saya perokok sbg tambahannya

Felix said...

Dear Dr Suryo,

Sy Felix, umur 22, berat 70 tinggi 180 cm. beberapa hari ini saya merasa sulit menelan, tp pas menelan itu tidak sakit( tidak full menelan), terasa ada janggalan. terasa ada dahak diantara hidung dan tenggorokan, jika dikeluarkan dahaknya sedikit dan bewarna putih. kira2 ada masalah apa ya Dok? Terima Kasih

Regards,
Felix

antok said...

pagi dok
anak sy umur 4 thn pernah menjalani pengobatan 6 bulan karena flek paru,sekarang umur 8 thn,udah 2 bulan ini,seminggu batuk sembuh saja kemudian batuk lagi,udah dibawa ke dokter umum beberapa kali sampai terapi madu tetapi batuknya belum sembuh total,mhn jawaban secepatnya dok,terima kasih

nurul said...

dokter,
saya mengalami batuk2 sudah 1minggu. tadi saat batuk ada sedikit darah. untuk dahaknya putih-kuning kental tetapi sulit dikeluarkan. batuknya parah, hampir sepanjang hari terutama malam hari. sy tidak muntah dok, terkadang kalau berbaring miring lebih parah lg batuknya.

internet marketing said...

dok .. saya mau tanya .. kalau batuk kadang2 keluar dahak seperti darah beku .. itu kenapa ya ? ini semenjak minum propolis dan daun sambiloto ..

Unknown said...

Salam kenal Dokter. Saya Stephie dari Medan.

Yang mau saya tanyakan adalah, kadang saya merasa gatal pada tenggorokan yang menyebabkan saya batuk-batuk. Setelah itu, gejala yang muncul adalah saya merasa ingin muntah, tetapi tidak ada yang saya muntahkan.

Itu kenapa bisa begitu ya Dok?
Terima kasih..

Anonymous said...

Dok, saya Sofy, saya laki-laki dan dulunya saya adalah perokok berat. Paru-paru saya memang mengalami kerusakan karena merokok pada saat check up terakhir sekitar beberapa tahun lalu. Akhir-akhir ini kadang-kadang tenggorokan saya serasa penuh dahak dan ketika saya membuang dahak, sesekali mengeluarkan darah. Yang saya ingin tanyakan apakah ini berhubungan dengan paru-paru saya? Jika iya, apakah ada cara lain selain berobat ke rumah sakit sebab setahu saya biayanya cukup mahal dok.

terima kasih

Unknown said...

malam dok, saya silvia

saya mempunyai putri saat ini berusia 2 tahun 4 bulan. ( sejak usia 10 bulan, sebelumnya tidak dia suka tidur dgn suhu dingin dok, sekitar 20-22 c jika dinaikan maka tidurnya akan gusar, dan anak saya tidak pernah makan gorengan, snack,coklat, dan permen yang dapat memicu batuk) sejak usia 4 bulan dia mengalami batuk dimana dadanya penuh dahak, flu, serta mengi. setelah saya bawa ke dokter dan minum obat ( saya lupa obatnya apa) dan uap dgn NaCl, batuknya kurg lebih 1 minggu sembuh. dan 2 bulan kemudian kambuh lagi.
dalam 1 tahun (2010) kurang lebih 5kali anak saya mengalami batuk dengan permasalahan yang sama dan waktu penyebuhan yang hampir sama, tapi obat berbeda, karena konsultasi dgn dokter yang berbeda.

kemudian hampir 1 tahun tidak pernah kambuh sakit batuk, disertai sesak dan mengi kalau batuk biasa pernah. dan tidak saya kasih obat kecuali madu dan air hangat.

masalahnya sekarang batuknya kambuh lagi dok,sejak tgl 1 agustus kemarin dok, dgn gejala yang sama banyak dahak, serta mnegi, kadang ada suara Kroookk... di tenggorokannya,flu, sesak ( saat tidur terlihat bernafas dg perut bukan rongga dada ) juga demam 38 c, saya beri madu tapi tidak mempan, saya kasih Pim tra kol dan uap Nacl jg jg tidak ada efek, akhirnya saya konsul ke dokter, dan saya diberi mulcopect ambroxol HCL, alphamol,dextaco, dan antibiotik( tidak saya gunakan) namun keesokan harinya batuknya makin menjadi, saya putuskan konsul kembali dgn dokter yg sama, akhirnya mulcopect diganti dgn mucosolvan bromhexine HCL.
namun masalhnya tetap sama, anak saya batuknya makin menjadi. tidak hanya malam, apa itu cara kerja obat batuknya dok?
anak saya batuk seperti sedang berusaha mengeluarkan dahaknya, mukanya merah, sering, dan muntah 1kali, saya takkut hal ini akan berdampak tidak baik pada organ paru parunya.

yang mau saya tanyakan dok, apa saya harus pindah dokter? apa obat yang diberi kurang tepat? obat dan tindakan apa ynag harus dilakukan untuk kasus anak saya ini? dan karena ini terjadi secara berulang, kira2 apa pemicunya?
dokter yang saya kujungi adalah dokter umum.

terima kasih sebelumnya dok.

Ria said...

Dok, saya Ria,umur 24 tahun, tinggi 156 dan berat badan 56 kg. Awal Febuari 2012, dada sebelah kiri saya sangat sakit dan seperti ditusuk jarum. Setiap kali saya ambil nafas, selalu batuk. semenjak itu, saya merasa kekebalan tubuh saya menurun drastis. Setiap malam saya selalu batuk, kadang batuk berdahak, kadang batuk kering. Batuk ini berlangsung sampai bulan Mei, baru sebulan berhenti saya terkena batuk berdahak, sampai hari ini. terkadang saya merasa tenggorokan saya gatal sampai saya tidak bisa berhenti batuk. Sebelumnya saya merawat teman saya yang positive TBC. banyak yang menyarankan saya untuk ronsen tapi saya takut kalau harus minum obat seperti teman saya. Karena setiap minum pil { obat apa saja }, dada saya selalu sakit dan jantung berdebar kencang.

Fenny Fencel said...

dokter,

saya fenny, 20 tahun, berat 67kg.
dulu saya srg sekali terkena radang tenggorokan. saya juga ada alergi debu dan dingin sehingga saya srg sekali bersin, flu dan batuk. sudah 3 tahun blkg ini kalau flu srg skali jadi batuk dan sesak napas. suatu ketika batuk itu kambuh ketika saya sedang di singapore. dokter disana memberikan saya ventolin inhaler, disarankan dipakai sebanyak 2x semprot jika sewaktu2 saya batuk dan sesak napas.

pertanyaan saya, maksimal brp kali dalam sehari saya boleh gunakan ventolin tersebut? apakah ada efek samping yg timbul jika saya menggunakannya lebih dari dosis yg seharusnya? jika ada, apa efek sampingnya dok?

terima kasih :)

Unknown said...

Salam kenal dokter suryo, saya erick, laki2, sudah menikah, berat badan saya 94kg ( stabil dr umur 33th ) tinggi badan 170cm, usia 39th, saya tidur mendengkur keras, tidur dengan mulut tertutup dan terbuka.
saya mau menyampaikan sakit batuk yang saya alami selama bertahun tahun mungkin sudah 5th lebih...dulu saya olahraga aktif waktu usia dari pra remaja s/d umur 27th..tidak pernah saya ada batuk seperti ini...mulai sekitar umur 29th keatas saya jadi jarang olahraga, apalagi di usia 34th sudah tidak pernah olahraga. hobi yang masih saya lakukan jalan kaki dengan memakirkan kendaraan dari tempat agak jauh dengan tujuan dan naik tangga. begitu saya berumur 34th saya sering batuk batuk setelah makan, mau makan pagi, siang, malam pasti saya batuk...bila makannya sedikit saya tidak batuk. batuk ini sering terjadi disaat makan siang ataupun malam, orang merokok, jadi mengganggu saya bila rapat dengan acara menu makan. tapi seiringnya waktu, saya dapat batuk bila saya telat makan, asam lambung saya naik. slam saya kluar warna putih dan cair, saya akan batuk selama beberapa detik ( kira2 10 detik lebih ada tapi tidak sering tiap hari )selalu begitu..saya tidak bisa mengkontrol suara batuk saya, suaranya jadi sangat keras dan memekakkan telinga untuk orang disekitar saya, ini mengakibatkan tenggorokan saya suka sakit / terluka..suara saya jadi seperti menghilang. saya mau tanya dokter suryo, bagaimana menyembuhkan batuk sana ini yg sudah lama menahun dengan detil2 yang saya jelaskan ke dokter tadi ? apakah ada hubungannya saya sudah tidak pernah olahraga lagi dan saya suka konsumsi minuman airputih dingin ?
saya mengucapkan terimakasih bantuan dokter berikan kepada saya.

Sari said...

Met mlm dok. . . Saya sari,22 tahun. Sya ad keluhan dok.Bbrp mnggu in tenggorokan sya sedang skit,mpe neguk saliva ajah sakit. Trz udh 2 hr in batuk menyerang,tp klau mlam tiba,flu tiba2 dtg,mpe pilek na cair n bersin2 trz,wlwpun flu,tp bdan keringatan bnget,mpe baju jd basah,n parah nya lagi batuk nya ini mpe susah nafas,nafas nya jd berbunyi,menarik nfas jd hrus dalem2,ap lgi klo dbwa tdr telentang tmbah ga bsa nafas,spt gejala asma dok.
Dulu2 sya g prnh btuk spt ini,tp gejala spt ini udh 2 kali trjdi.n saat ini sya ga bsa tdur krn susah skli brnfas.kira2
ap pnykit sya in dok. . .ap betul asma,klo iya,ap yg msti sya lakukan spya gjala spt ini ga akan dtg lagi.

ria said...

dok saya ria.
saya batuk dah 1 minggu ini. hari pertama batuk tu tenggorokan sakit dan pusing juga. lalu saya minum OBH Combi plus. setelah tiga hari sakit tenggorokan n pusingx hilang tapi batuknya masih ada. di tenggorrokan tu rasanya gatal dok.
terima kasih,,

Anonymous said...

Dok, saya vita 19 thn.. Saya batuk sudah 7 hri, hri ke 3 batuk mengluarkan dahak brwrna kehijauan dan ada sedikit darah. Besoknya tidak ada lagi dahakny, tp setiap batuk bagian trakea dan perut bawah sakit dok. Kira2 sy knp dok? Dan harus bgaimana? Apa gejala TB?

Belajar Bersama said...

salam kenal dok..., saya anna umur 20 tahun, tingggi badan 160 cm, berat badan 47 kg. saya sering merasakan sakit ditenggorokan karena ada dahak. apalagi kalau pagi hari,rasany tenggrkan gatal. seperti yang telah di utarakan oleh saudara HERI. tp jika gatal ditenggorokan muncul kadang batuk disertai dahak dan darah. dan ini sudah berlangsung cukup lama. saya pernah konsultasi dengan seorang dokter di universitas saya, tetapi jawaban yang saya dapat. tenggorokan saya tidak bermasalah. dan penyebab itu semua karena lambung saya. saya hanya diberi resep untuk sakit maag.
yang saya tanyakan, sebenarnya apakah penyebab penyakit saya dan bagaimanakah solusinya?
terimakasih atas jawabannya

Anonymous said...

Dear dok..
Sya mw tanya ne,
sya btuk berdahak mulai bulan 6 swktu main kpantai bulan 7 btuk hlang dan btuk lg mulai akhr bulan 7 sampai ckrang,
gimana tu dok?
Berbahaya gk batuk saya ni?
Dahaknya berwarna hijau kental,
TB sya 60kg 153cm..
Thanks

Anonymous said...

selamat malam dok,
saya risa, sudah hampir seminggu ini saya batuk berdahak dan mulai pagi tadi didalam dahakx ada sedikit campuran darah,tp jumlah darahnya betul sedikit dok.kira2 kenapa ya dok?
terima kasih sebelumnya

Anonymous said...

Selamat pagi dok ,, salam kenal ,,

Nama saya Chika Tinngi saya 150 berat badan 43 Kg Usia saya 24 Tahun ,, Akhir2 ini saya sering banget batuk dok ,, Batuk saya tidak berdarah ,, Dahaknya kental kalo di batukkan cuman sedikit keluarnya ,, Akhir2 ini saja saya batuknya parah ,, bentuk batuknya seperti gonggongan tapi terkadang juga tidak ,, Pola batuknya Timbul tiba2 kalo tenggorokan terasa gatal saja langsung batuk ,, setiap pagi pasti saya terbangun karna batuk jika malam hari batuknya sedikit berkurang ,, batuk ini sudah saya alami seminggu tidak ada gejala lain karena sudah keseringan batuk perut dan dada saya suka sakit ,, itu dok yang saya alami ,,
saya harus menggunakan obat apa yua dok supaya cepat sembuh :)
Terimakasih sebelumnya ^^

rony atmadsuraatmadja said...

salam dok ,saya Rony,umur 21,170,58kg ,saya punya keluhan dok,baru kali ini saya alalmin batuk sperti ini,5 bulan yg lalu saya terserang flu sperti biasa yg saya alami tapi mulai timbul batuk hari k hari,makin parah,d tambah sesak nafas ,dan keluar dahak banyak sekali b'warna kuning kehijauan,dan anehnya terasa berbau saat mau mebuang dahaknya,dan 3 minggu baru sembuh,dan saat flu menyerang lagi, batuk itu kembali lagi,tapi tidak terlalu parah sperti yg pertama,trus sembuh lagi ,intinya,saat saya terserang flu,selalu begitu dok,menurut dokter gejala apakah yg saya alami sekarang? Mohon jawabanya dok please!!

andini said...

salam kenal dokter..
saya dini, teman saya mengalami batuk berdarah dan dia juga pernah dioperasi.
gejala itu penyakit apa ya dok?
cara penyembuhannya bagaimana?
terimakasih :)

andini said...

salam kenal dokter..
saya dini, teman saya mengalami batuk berdarah dan dia juga pernah dioperasi.
gejala itu penyakit apa ya dok?
cara penyembuhannya bagaimana?
terimakasih :)

Anonymous said...

hallo dok, salam kenal sy punya 2 anak yg pertama umur 3,5 tahun, dan yg kedua 6 bulan, keduanya setiap bangun pagi batuk, tapi batuk kering kami tidur memakai ac, ac dicuci setiap 3 bulan, oiya batuknya juga disertai pilek, kira@ apa penyebabnya dan bagaimana cara pengobatannya ? terimakasih dok atas perhatian dan jawabannya...

fitriasari93.blogspot.com said...

malam dok..
dok saya batuk sudah 3minggu, batuknya batuk kering dan gatal di tenggorokan, udah 2x ganti obat dan dokter tapi batuknya tidak hilang dok..
obatnya apa ya dok untuk menghilangkan batuk yang saya alami??

fitriasari93.blogspot.com said...

tambahan dok.. obat yang dikasih sama dokter ekspektoran kata dokternya untuk mengeluarkan dahak tapi setelah antibiotik dan obatnya habis batuk saya tidak sembuh juga dok dan setiap batuk tidak ada dahak sama sekali.. mohon jawaban secepatnya dok karena batuk sangat menggangu sayaa dalam kuliah..

bojeng said...

salam kenall dokter..nama saya bojeng..umur 30 thun..bb/tb : 173/55.sudah hamper setahun saya batuk,,awalnya cman batuk biasa..minum obat sembuh,,,tapi kemudian kena lagi sampe sekarang,saya batukya batuk kering kadang2 ada dahak juga warna kuning hijo.kalo rebahan di tempat tidur trus balik kiri ato kanan tenggorokan lansung gatal..begitu juga kalo habis bangun tidur pasti batuk..trus kalo narik nafas dalam nyeri bagian perut sebelah kanan dibawah rusuk tembus kebelakang,terus kalo cuaca dingin pasti batuk...trus leher dan punggung sebelah kanan juga nyeri...kalo dipijat leher agak enakkan..

tri said...

Salam kenal dok. Sebelumnya mhn maaf mau ikut konsultasi. Saya pria umur 35 tahun. Brt bdn 74 tinggi 168. Saya punya keluhan dahak yang ga sembuh2. Kadang baruk kadang enggak. Saya sdh konsul ke dua dok spe paru yg berbeda dan hslnya berbeda jg. Yg satu blg sy bronkitis tp yg satu blg inflamasi tenggorokan. Kadang2 keluar darah. Mohon pencerahan dok. Trims

Puspa said...

Hello dok,
Perkenalkan saya Puspa, mau tanya dok, anak angkat teman saya batuk sudah lebih dari 2 bulan dan usianya saat ini 3 bulan. Batuknya lumayan sering dok sebelum di uap, setelah di uap batuknya berkurang. Yang saya khawatirkan, selain batuk yang lebih dari 2 bulan itu, si bayi ini juga berkeringat banyak dok, baik itu malam hari, pagi hari, sore hari, atau siang hari. Dan saya bisa mendengar suara nafas yang berbunyi seperti "berisik" di dalam dada dan punggung si bayi. terkadang si bayi ini mengeluarkan liur bening yang tidak terlalu kental, saya tidak tahu apakah itu sputum atau hanya liur biasa saja.
Dan saat tidur, si bayi lebih terlihat nyaman dengan bantal orang dewasa yang pastinya lebih besar dan tinggi daripada bantal bayi.
Menurut dokter, apakah ada indikasi TB paru atau penyakit lain yang berbahaya dok?
Terima kasih sebelumnya dokter..

Sheetha said...

Dear Dr. Suryo,

Saya Sita, umur 27 tahun, sudah menikah. Dok, saya punya keluhan malam hari kira-kira jam 2-3 am, tiba-tiba batuk disertai suara "ngik" dan susah bernafas (nafasnya pendek). Di dada terasa ada dahak yang mengalir. Tubuh terasa dingin, karena udaranya dingin. Kadang memicu flu juga (bersin-bersin). Tapi kalo tubuh hangat, akan hilang, terutama siang hari. Dulu sebelum menikah belum pernah mengalami ini. Suami bukan perokok aktif, hanya terkadang saja. Di rumah juga ada peliharaan (kucing). Kamar menggunakan AC. Mohon dokter bisa memberi penjelasan tentang penyebab, pengobatan, dan pencegahannya seperti apa? Terima kasih. :)

Anonymous said...

salam kenal pak dokter, saya ayu, saya ingin bertanya mengenai batuk yang saya derita,
saya sudah hampir sebulan ini batuk, batuk itu semakin parah ketika menjelang malam hari,batuknya berdahak dan disertai sesak nafas,
saya sendiri takud terjadi apa2 pada diri saya, mengingat batuk ini sudah lumayan lama, saya ingin kedokter, tapi saya takud diberi antibiotik karena saya alergi terhadap antibiotik,
gmna dok solusinya ?
mohon bantuannya
thanks

Anonymous said...

salam kenal dokter, saya donny carlos.
saya ingin menanyakan keluhan saya dong dok.
tinggi saya kira2 163 kurang lebih. awal nya berat badan saya april 2012 yg lalu masih 75-76 KG dok. dan saya baru sadari tanpa berat badan saya terus menurun. awal nya saya di serang batuk selama 2 minggu karena saya cuek minum obar akhir nya saya kdokter dia blg gejala bronkhitis jdi dokter ksih suntikan vitamin dan obat. ga lama batuk saya reda tapi 2 bulan kemudian saya batuk lagi dan berobat kedokter yg sama. dia blg gejala yg sama. tetapi dsitu berat badan saya sudah turun hampir 7kg dari 76 jdi 69 kg. tetapi secara fisik saya sehat2 saja.
dan sekarang saya batuk sekali2, tnggorokan sakit susah menelan tetapi hanya 1 hari saja bsok nya tnggorokan sudah enak. yg saya pikirkan berat badan saya turun terus. apa faktor saya suka begadang INSOM gitu. dan pola makanan junk food udh saya kurangi. tolong dijawab ciri2 saya diats itu saya terkena virus apa? saya takut saya kena virus2 yg mematikan, hanya satu saya tidak terkena PUSING kepala.

Rahman said...

Salam kenal dok, saya rahman usia 31 tinggi bdn 173 berat 69kg, 1 bln yg lalu saya pernah mengalami batuk tiba2 dan mengeluarkan darah cukup banyak, dan berobat ke puskemas , setelah cek dahak dan darah hasil negatif tb, yg ingin saya tanyakan apa penyebab hal tersebut, hal itu terjadi sekali saja dan bru kemarin keluar dahak disertai darah sedik.Terima kasih.

Unknown said...

Frans

Salam kenal dokter, anak saya seringkali mengalami sesak nafas. Menurut dsa yg biasa menangani anak kami, sesak nafasnya disebabkan oleh radang tenggorokkan, sehingga hampir setiap pengobatan selalu menggunakan antibiotik. Apakah harus selalu demikian dok? apakah ada solusi lain sehingga dapat mengurangi penggunaan antibiotik. tks

Unknown said...

Saya senang dengan blog ini karena memberi banyak pencerahan. Terima kasih dokter Suryo Wibowo

Unknown said...

Salam kenal dokter.
Saya Frans. Saya mempunyai anak umur 6 tahun. Sejak umur 4 tahun dia sering mengalami sesak nafas yang menurut dsa disebabkan oleh radang tenggorokan. Karena itu setiasp terapi selalu disertakan antibiotik. Pertanyaan saya, apakah harus selalu demikian dok? sebab anak saya seringkali sakit seperti ini? apakah tidak ada penanganan dengan cara yang lain tanpa harus selalu menggunakan antibiotik. tks

@rossitaraa blog said...

salam kenal, dok. Saya siswi SMA bernama Rosita. Ayah saya seorang perokok pasif. Setiap kali berinteraksi dengan asap rokok, beliau selalu batuk hebat dan sulit mengeluarkan dahaknya. Beberapa obat batuk merek terkemuka hanya dapat membantunya tidur tenang. Beliau termasuk orang yang phobia dokter dan rumah sakit. Kira-kira bagaimana pengobatan yang cocok? Umurnya 43th tinggi sekitar 170cm berat 60kg.

Unknown said...

salam kenal dok, saya vivi umur 25 thn. saya batuk sudah 3-4 bulan, dahak berwarna putih dan disertai pilek. batuknya biasanya malam hari( waktu tidur) sekitar jam 2 malam kalau posisi duduk tidak batuk, klu siag hari kadang2 aja. atau bisa tidak batuk sama sekali. saya sudah banyak ke dokter umum dan internis semuanya diagnosis alergi. dan sayatelah rontgen paru2 hasilnya baik, dan rontgen sinus hasilny ada sedikit sinus di bagian pipi. obat yang diberikan semua dokter antibiotik dan obat batuk biasany obatny hanya berhasil di pertama kali minum sudah tidak batuk, sedangkan pada saat minum ke 2 atau ke 3 akan batuk lagi walaupun tidak sering batuk pada malam hari. kalau obatnya telah habis maka batuk akan kembali lagi.dan saya ada alergi debu dan dingin . mohon nasehat sebaiknya saya bagaimana?

Unknown said...

Salam kenal Dok, saya FIan, saya perempuan umur saya 22 tahun, tinggi badan 153cm dg berat 43kg. Sudah 2 tahunan saya selalu merasakan sesak pada dada terutama bagian kiri setiap kali bangun tidur. Rasanya dada saya seperti ditekan beban yg berat atau diikat kencang. Saat itu juga ada lendir kental berwarna putih yang keluar dan itu kenyal. Menurut dokter, saya kenapa ya Dok? Terima kasih banyak untuk jawabannya.

Unknown said...


sore dokter,saya siti 19 thn,saya pernah mengalami batuk sejak umur 17 thn,batuk di sebabkan tiba-tiba tenggorokan saya gatal kemudian batuk tiada henti,batuk berdahak warna putih,batuk tidak henti bisa sampai setengah jam,bisa menyebabkan muntah juga.sampai umur 19 thn ini saya tetap mengalaminya.saya tidak pernah minum obat dan periksa ke dokter.tapi batuk itu tidak setiap hari..
sebenarnya penyakit apa yang saya alami ,
terimakasih untuk jawabannya...

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
doddy said...

salam kenal dokter,, saya Doddy usia saya 35th,, saya mempunyai masalah dengan dahak saya,, klo saya mengeluarin dahak, pasti akan mengeluarkan darah,, kejadian ini saya alami baru 2 hari yg lalu,apakah penyakit saya terbilang ringan/ akut.. terimaksih atas jawaban dari dokter..

ardi said...

salm kenal dok...dok sya mau tanya anak saya umur 2,5 tahun terkena batuk pilek.batuknya berdahak kemudian pileknya bening tp kdang jg terlihat kental warna kuning.. slama ini hanya di beri laserin anak tp ko blm sembuh-sembuh. klo sya ganti obatnya pke baby cough syrup dgn kandungan Satu sendok teh (5 ml) mengandung : Paracetamol 120 mg, Glycerylguajacol 25 mg,
C.T.M I mg,
Oleum anisi 0.005 ml
bagaimana dok?atau ad saran yg lainnya... trima kasih dok

Aziz said...

Nanya dok,
Saya aziz umur 40 tahun,mulai sekitar dua minggu yang lalu saya batuk batuk dan tak kunjung reda,yang akhirnya saya pergi ke dokter dan di beri obat antara lain butalin,kfo herb,cefutil,dan artiz.Namun sampai obat dan syrup habis batuk belum reda juga.Malah sekarang batuknya mengeluarkan dahak bening dan kadang nafas bunyi ngik tapi kalu sudah dibatuk batukan suara menghilang.Cuma dada serasa berat dan panas jika sedang batuk.Dan mulai hari ini saya minum syrup ezipect berdasarkan saran dokter pada sebuah pharmacy.Sebenernya batuk apa yang saya derita dan apa saran dr.Suryo buat saya.
Trima kasih.

Anonymous said...

PAgi Dok.., sy siti 30th, anak sy fadhol 6,3 th, pagi tadi dia batuk berdahak terus ada darahnya merah segar. 3hr yll hbis diimunisasi di sekolah. dan sjk itu ada batuk tiap pagi,trus tiap pagi matanya ada beleknya bnyk skali,amandel jg besar/udh lama, kemarin gusinya jg ada pembengkakn,skrg hilang. apakah darah yg keluar adlh dr paru2,amandel, gusinya yg pecah,sy tdk tahu. sy takut kalo anak sy kena TB, gmana dok baiknya.

Anonymous said...

PAgi Dok.., sy siti 30th, anak sy fadhol 6,3 th, pagi tadi dia batuk berdahak terus ada darahnya merah segar. 3hr yll hbis diimunisasi di sekolah. dan sjk itu ada batuk tiap pagi,trus tiap pagi matanya ada beleknya bnyk skali,amandel jg besar/udh lama, kemarin gusinya jg ada pembengkakn,skrg hilang. apakah darah yg keluar adlh dr paru2,amandel, gusinya yg pecah,sy tdk tahu. sy takut kalo anak sy kena TB, .sy tanya sm si fadhol "apa dadanya sakit ato sesak?" jwbnya tidak. kmdian btuk2 lg, dan keluar dahak sdikit tetapi sdh tdk ada darahnya lagi,gmana dok baiknya, mohon sarannya.... terima kasih sebelumnya.. smoga makin sukses..

dekyd said...

malam dok. Saya ery dr banjarmasin. Saya sangat senang membaca blok anda. Saya ingin konsultasi dgn dokter. Dl sy sering batuk2 kt dokter alergi. Trus batuk jarang2, kadang2 aja ditenggorokan dan dada terasa seperti ada yg mengganggu klo dibatukkan keluar dahak bening tp berbentuk memanjang seperti cacing, klo dahak seperti itu sdh keluar maka akan terasa lega. Tp kira2 1 bln terakhir ini dahak tersebut tdk keluar lg dan sy menderita batuk yg berkepanjangan dgn disertai sesak nafas terutama menjelang tengah mlm ada bunyinya dan dahak berwarna putih kekuningan serta berbau tp bkn bau busuk klo menurut saya baunya seperti karat. Saya minum obat seperti neo napacin sesaknya berkurang dahak keluar seperti cacing tp tetap berwarna putih kekuningan dan berbau. Klo sdh batuk susah berhenti sampai bersin br batuk berkurang. Apakah skrng sy terkena asma? Sebelumnya sy tdk pernah kena asma hanya sj jika terkena debu yg banyak suka sakit dibagian hidung, bersin2, dan berair. Klo mau mengetahui apakah sy asma atau tdk gmn dok? Sy umur 35 bb 50 kg tb 158. Sy tunggu jawaban dokter. Terimakasìh banyak.

dekyd said...

malam dok. Sy ery dr banjarmasin. Sy sangat senang membaca blok anda. Sy ingin konsultasi dgn anda. Dl sy sering2 batuk2 kt dokter alergi. Kemudian batuknya berkurang dgn sendirinya, hanya sesekali saat ditenggorokan dan dada seperti ada yg mengganggu setelah dibatukkan akan keluar dahak berwarna bening dgn bentuk memanjang seperti cacing. Setelah dahak seperti itu keluar maka akan terasa lega. Tp kira2 1 bln terakhir ini dahak tersbt tdk pernah keluar lg dan sy menderita batuk berkepanjangan terutama pd menjelang tengah mlm. Disertai sesak nafas, berbunyi, dahak berwarna putih kekuningan dan berbau, tp bkn bau busuk, menurut sy baunya seperti karat. Klo sdh batuk susah untuk berhenti sampai bersin br berkurang tp hanya sebentar kemudian batuk lg. Kadang2 sesaknya hanya bagian kanan tenggorokan memanjang kedada bagian kanan tp tdk sakit. Sy minum obat neo napacin sesak nafasnya berkurang, batuknya jg, kemudian keluar dahak seperti cacing tp tetap berwarna dan berbau. Apakah sekarang sy terkena asma? Sebelumnya sy tdk pernah kena asma, hanya sj klo terkena debu yg banyak akan terasa sakit dibagian hidung, bersin2, tersumbat dan berair. Klo sy ingin mengetahui apakah sy terkena asma atau tdk gmn dok? Menurut dokter baiknya sy gmn? Sy umur 35, bb 50 kg, tb 158. Sy tunggu jawaban dokter. Sebelumnya sy ucapkan terimakasih banyak.

dekyd said...

malam dok. Sy ery dr banjarmasin. Sy sangat senang membaca blok anda. Sy ingin konsultasi dgn anda. Dl sy sering2 batuk2 kt dokter alergi. Kemudian batuknya berkurang dgn sendirinya, hanya sesekali saat ditenggorokan dan dada seperti ada yg mengganggu setelah dibatukkan akan keluar dahak berwarna bening dgn bentuk memanjang seperti cacing. Setelah dahak seperti itu keluar maka akan terasa lega. Tp kira2 1 bln terakhir ini dahak tersbt tdk pernah keluar lg dan sy menderita batuk berkepanjangan terutama pd menjelang tengah mlm. Disertai sesak nafas, berbunyi, dahak berwarna putih kekuningan dan berbau, tp bkn bau busuk, menurut sy baunya seperti karat. Klo sdh batuk susah untuk berhenti sampai bersin br berkurang tp hanya sebentar kemudian batuk lg. Kadang2 sesaknya hanya bagian kanan tenggorokan memanjang kedada bagian kanan tp tdk sakit. Sy minum obat neo napacin sesak nafasnya berkurang, batuknya jg, kemudian keluar dahak seperti cacing tp tetap berwarna dan berbau. Apakah sekarang sy terkena asma? Sebelumnya sy tdk pernah kena asma, hanya sj klo terkena debu yg banyak akan terasa sakit dibagian hidung, bersin2, tersumbat dan berair. Klo sy ingin mengetahui apakah sy terkena asma atau tdk gmn dok? Menurut dokter baiknya sy gmn? Sy umur 35, bb 50 kg, tb 158. Sy tunggu jawaban dokter. Sebelumnya sy ucapkan terimakasih banyak.

Unknown said...

Pagi dok. Saya Zaky dari jombang. saya mengalami batuk yg dahaknya bercampur dengan darah... apa yang harus saya lakukan dok???????? apa da pantangan yang harus saya lakukan?????
mohon bantuan dan saranya dok...
terima kasih.
wassalam
zaky

batuk di malam hari said...

salam kenal dok..
saya andy, mau tanya tempat praktek dokter dimana ya..? Jadwal prakteknya juga...
Terimakasih atas info-nya dok..

lia said...

dear Dok..

sy Lia, perempuan usia 22th, tinggi/berat 165/65.
sy habis terkena demam tinggi, hidung mampet dan pusing dok. itu berlangsung 3 hari. sy tidak ke dokter, melainkan minum obat yg sy beli di apotek yaitu paracetamol, amoxixilin dan demacolin (kebiasa kalau flu demam selalu minum macam obat ini). nah setelah 3 hari, demam dan flu sudah reda bahkan mau hilang. tapi sekarang malah batuk kering n gatal sekali. dan batuknya sampai jenggong2 terasa kering tenggorokan, disertai nyeri di dada. sampai2 rasanya capek untuk batuk. kira2 obat apa yang sesuai dok? apakah ada hubungannya dengan obat yg sy minum sebelumnya padahal sebelumnya sy tidak batuk sama sekali?
trimakasih atas jawaban Dokter..

Anonymous said...

Salam kenal dok,, saya winda usia 23th. saya punya riwayat astma turunan dok.. tiap kali terlalu banyak tertawa atau malam hari dingin saya pasti sesak napas dan batuk-batuk mengeluarkan dahak.. tapi daaknya berbeda, lebih lengket, berwarna putih, dan berbentuk seperti butir-butir,dan terasa menempel di tenggorokan.. apa itu normal dok? soalnya kakak saya yg juga punya astma tidak seperti itu..

Anonymous said...

halo dokter
saya tita, saya sering pilek dipagi hari. bagaimana cara untuk menghilangi alergi seperti itu?
trim's...

sisan said...

salam kenal dok,
saya ibu 30 th, saya dari kecil gampang sekali pilek, saat kelas 3 SMA saya penrnah polip, sampai saat ini pun saya sering sekali pilek, nggak ada batuknya kalaupun ada kadang2 aja untuk ngeluarke riak dan itupun menurut saya tidak mengganggu aktivitas dan istirahat malam saya, tapi tadi pagi tiba2 tenggorakan terasa gatal dan batuk nysmpek keluar darah segar, sy batuk beberapa kali dan keluar darah terus nyampe dada terasa sesak, saya minumi air putih baru terasa lega, setelah itu tidak batuk2 lagi tapi badan terasa lemas, bahaya nggak dok??? dan kira2 saya menderita apa padahal sebelumnya jg biasa saja?? terima kasih

Ats Tasyauri said...

Ass Wr Wb! pagi dokter!

saya mengalami keluhan batuk berdahak,. batuk ini terjadi pada saat menjelang subuh atau bangung pagi,. batu berdahak dengan lendir putih dan pada saat batuk berlangsung, saat bernafas terdengar bunyi,. tenggorokan saya gatal luar biasa,. tetapi setelah saya minum beberapa gelas air putih hangat,. batuk pun hilang! hal ini terjadi 2 minggu terakhir! mohon pencerahan pak dokter,... contak saya 085390292030 dan pin bbm 29B87F64 dan email mr.atse@yahoo.com

Ats Tasyauri said...

Ass Wr Wb! pagi dokter!

saya mengalami keluhan batuk berdahak,. batuk ini terjadi pada saat menjelang subuh atau bangung pagi,. batu berdahak dengan lendir putih dan pada saat batuk berlangsung, saat bernafas terdengar bunyi,. tenggorokan saya gatal luar biasa,. tetapi setelah saya minum beberapa gelas air putih hangat,. batuk pun hilang! hal ini terjadi 2 minggu terakhir! mohon pencerahan pak dokter,... contak saya 085390292030 dan pin bbm 29B87F64 dan email mr.atse@yahoo.com

Anonymous said...

Dok, saya mau tanya ibu saya sakit batuk beberapa waktu yang lalu ada sekitar 2 minggu. Beliau mengeluhkan dadanya serasa ada yang mengganjal tepat di bawah tenggorokan. Katanya rasanya seperti ada obat yang tidak tertelan. Baru sekarang ini, ia mulai merasakan sesak nafas karena ganjalan di dadanya tersebut. Apakah itu slem yang tertahan?, lantas bagaimana penanggulangannya

Anonymous said...

Salam kenal dok...saya rumby,umur 20 thn tinggi 150 dan berat badan saya 40,,saya terkena radang tgorokan dan saat ini sdg flu setiap saya keluarkan dahak yg ada di dlm hidung saya dahaknya pasti bercampur darah dok.itu terjadi setiap pgi habis bgun tdur.sebenarnya saya skt apa ya dok...

terimakasih

Anonymous said...

Salam kenal dok...saya rumby,umur 20 thn tinggi 150 dan berat badan saya 40,,saya terkena radang tgorokan dan saat ini sdg flu setiap saya keluarkan dahak yg ada di dlm hidung saya dahaknya pasti bercampur darah dok.itu terjadi setiap pgi habis bgun tdur.sebenarnya saya skt apa ya dok...

terimakasih

Anonymous said...

maaf dok saya, berusia 24 tahun berat 55 tinggi 165.
sudah batuk kira2 3 minggu dan tidak berdahak, tapi ditenggorokan terasa banyak dahak yang mengendap....
dan dada terasa sesak berhubung saya perokok pasif dimana temen2 bnyak yang merokok dan saya juga kerja malam,
saya takutnya kena paru - paru basah tapi kok tidak berdahak, dan tidak demam. atau apa saya kena TB dok ?

Unknown said...

Dear dok,
Dok sy mau Tanya... Sy sdh hampir 1 bulan batuk.... Batuk kering yg sangat mengganggu karena tenggorokan terasa gatal sekali Dan batuk tdk bisa di kendalikan. Sehingga kalau sdh batuk tidak bisa berhenti Dan muntah. Batuk terjadi kapan saja... Siang Dan Malam. Sy sdh minum obat penekan batuk bromhexin HCl tpi tetap tdk ada perubahan.
Pada awalnya sy batuk pilek.. Dan pilek sdh sembuh 1 bulan yg lalu sdg batuknya terus bertahan hingga skrg Dan ini cukup menjengkelkan :D

Mohon petunjuknya dok....

Trims...

Unknown said...

Dear Dok,
Sy sudah batuk kurng lbih 1 Bln....awal mulanya sy batuk pilek Dan pilek 3 hri kmudian sembuh sementara batuknya ttp bertahan. Batuknya batuk kering Dan sangat gatal shg kalu batuk menyerang tidak bisa dikendalikan hingga muntah. Batuk terjadi kapan saja ...siang Dan malam... Batuk bru berhenti stelah sy menahannya sbisa mungkin hingga sy terkadang merasa sesak di dada krn menahan batuk krn batuknya tdk mau berhenti terasa sangat gatal Dan menggelitik.
Sy sdh mengkonsumsi obat penekan batuk yaitu bromhexin HCL tpi ttp tdk ada perubahan. Sbgi imformasi Dokter, batuknya tdk menghasilkan dahak...
Mohon bantuannya Dok,

Trims

Unknown said...

Salam kenal dok, saya narso, umur 24 th sebelumnya saya sehat2 aj waktu usai kerja saya tiduran tiba2 d tenggorokan ada yg tdk enk saya pkr itu dahak trnya mlh darah segar yg keluar ckp bnyk sampai saya batuk batuk, dan berlangsng beberapa menit setelah itu udh ga keluar lgi dan gx batuk lagi, sudh beberapa kali & ggak stiap hari itu pun blm pasti, lalu saya meneriksakn diri ke R.S saya d suruh tes darah, BTA & foto rongxen, oleh dokter Sp Paru, & dr hsl tersebt tes darah normal, tp hsl rongxen paru ada mslh, tes BTA engga' jadi krna saya gx bisa ngeluarin dahak, dan dok lnsng mendiagnosis saya TBC, tp sprtinya saya tdk puas ya dok.., pdhl saya tdk mmpunyai gejala lain TB, berat bdn saya tetap, batuk lbh 2mnggu enggax & mau tdk mau saya harus terapi obt Tb, soalnya pkrjaan saya brhngn dng angkt2 beban, menurut dokter pa bnr saya TB, & jk bnr TB slma saya terapi obt bleh gx saya trs bkrj ?

Unknown said...

Salam kenal dok, saya narso, umur 24 th sebelumnya saya sehat2 aj waktu usai kerja saya tiduran tiba2 d tenggorokan ada yg tdk enk saya pkr itu dahak trnya mlh darah segar yg keluar ckp bnyk sampai saya batuk batuk, dan berlangsng beberapa menit setelah itu udh ga keluar lgi dan gx batuk lagi, sudh beberapa kali & ggak stiap hari itu pun blm pasti, lalu saya meneriksakn diri ke R.S saya d suruh tes darah, BTA & foto rongxen, oleh dokter Sp Paru, & dr hsl tersebt tes darah normal, tp hsl rongxen paru ada mslh, tes BTA engga' jadi krna saya gx bisa ngeluarin dahak, dan dok lnsng mendiagnosis saya TBC, tp sprtinya saya tdk puas ya dok.., pdhl saya tdk mmpunyai gejala lain TB, berat bdn saya tetap, batuk lbh 2mnggu enggax & mau tdk mau saya harus terapi obt Tb, soalnya pkrjaan saya brhngn dng angkt2 beban, menurut dokter pa bnr saya TB, & jk bnr TB slma saya terapi obt bleh gx saya bkrj ?

Unknown said...

Salam kenal dok, saya narso, umur 24 th sebelumnya saya sehat2 aj waktu usai kerja saya tiduran tiba2 d tenggorokan ada yg tdk enk saya pkr itu dahak trnya mlh darah segar yg keluar ckp bnyk sampai saya batuk batuk, dan berlangsng beberapa menit setelah itu udh ga keluar lgi dan gx batuk lagi, sudh beberapa kali & ggak stiap hari itu pun blm pasti, lalu saya meneriksakn diri ke R.S saya d suruh tes darah, BTA & foto rongxen, oleh dokter Sp Paru, & dr hsl tersebt tes darah normal, tp hsl rongxen paru ada mslh, tes BTA engga' jadi krna saya gx bisa ngeluarin dahak, dan dok lnsng mendiagnosis saya TBC, tp sprtinya saya tdk puas ya dok.., pdhl saya tdk mmpunyai gejala lain TB, berat bdn saya tetap, batuk lbh 2mnggu enggax & mau tdk mau saya harus terapi obt Tb, soalnya pkrjaan saya brhngn dng angkt2 beban, menurut dokter pa bnr saya TB, & jk bnr TB slma saya terapi obt bleh gx saya trs bkrj ?

Unknown said...

Salam Sehat Dok,

Saya lelaki perokok aktif yg mengalami batuk bertahun2 (batuk kecil) namun 1-2 bulan ini saya selalu terbatuk dimalam hari menjelang tidur dan batuk berlangsung sampai dini hari, dada serasa dipenuhi dahak namun susah untuk di keluarkan. Batuk benar-benar mereda jika saya muntah dan cairan yg saya muntahkan seperti busa dan terasa sangat pahit. *(tidak pernah batuk berdarah)

Gejala yg saya alami saat ini adalah radang tenggorokan, bibir pecah2, berat badan menurun, kurang nafsu makan, dan batuk2 hebat dimalam hari.

Saya sudah rontgen, dan dokter bilang negatif (tapi jelek)saya tidak tau maksudnya apa dan hanya diberikan resep obat batuk dan suplement saja. Saya disuruh membawa sampel dahak pagi hari tiga hari yg lalu namun belum saya lakukakan karna dahak tidak pernah keluar sampai keluhan ini saya buat.

Saya pernah membaca tentang GERD, yg gejalanya batuk2 dimalam hari ketika asam lambung naik.
Kira2 jenis batuk apa yg saya alami dok?

Terima kasih

Ranti said...

Salam kenal dok, saya Ranti.

Saya sedang mencari beberapa literatur mengenai TB. Saya sedang menjalani kepaniteraan klinik di dept. penyakit dalam. ada satu pasien di sana yg TB on treatment hampir 6 bulan, tapi keluhan hemoptisis-nya masih berlanjut bewarna hitam. krn tidak yakin, sy meminta si pasien untuk menampungnya, setelah sy lihat memang menggumpal bewarna merah kehitaman dg bercampur buih sehingga sy tetap berfikir itu tetap berasal dr bronkus, bukan dr gaster. setelah di diskusikan dg konsulen sy, beliau jg meminta untuk mencari kemungkinan memang berasal dr bronkus. apakah mungkin berasal dr bronkus? untuk letak lesinya?

terima kasih dok. :)

zallova said...

Dear dokter..
Dok saya mau tanya , suami saya batuk2 sudah ± 1,minggu dan batuk nya itu kering, sudah berbagai macam obat batuk kering di minum tapi batuk nya tidak kunjung sembuh juga, berat badan suami saya 70 kg tinggi badan 168, mohon info nya dok.. terima kasih banyak sebelum nya dokter

Anonymous said...

salam kenal dokter
saya beberapa minggu ini mengalami batuk yang gatal terlebih pada saat mau tidur, serasa ada dahak, tetapi susah buat dikeluarin

apa ya dok obat nya ??

Raissa said...

Salam kenal Dokter.
Maaf, saya mau tanya..
Saya wanita berumur 23 tahun, saya batuk sudah lebih dari 1 bulan, dan lendirnya berwarna putih bening dan kental. Seringnya dahak susah keluar, walaupun saya coba pakai obat pengencer dahak ataupun antibiotik dari dokter umum, minum air putih yang banyak ataupun mengkonsumsi jeruk nipis.
Yang saya tanyakan, apakah batuk saya berbahaya dok? karna terkadang dadanya terasa sakit, padahal saya tidak memiliki asma. Dan bagaimana bisa menyembuhkannya? Meskipun tidak disertai gejala demam, dan berat badan saya masih normal, tapi sangat mengganggu.
Terimakasih Dok atas jawabannya.

lia said...

salam kenal dokter... saya,ibu dari 2 anak. anak saya yg kedua umur 2tahun sudah hampir 2 bulan ini ini batuk, tapi batuknya hanya pada saat prtengahan tidur dan bangun tidur, baik itu malam maupun siang. anak saya jika tidur selalu bangun saat tengah malam untuk minum susu, setelah minum susu psti lngsung batuk berdahak,kadang sampai muntah.dan juga mengeluh hidungnya tersumbat. sudah prnah saya bawa ke dokter 2kali,ktanya alergi. memang setelah diobati batuknya sembuh beberapa hari, tapi terus kmbuh lagi. bagaimana menurut dokter,kira2 apa yg harus saya lakukan? terima kasih atas jawabannya

Anonymous said...

salam kenal dokter.... saya lia, ibu dari 2 orang anak. anak saya yg kedua umur 2thn, sudah hmpir 2bln ini batuk. tp batuknya hanya saat prtengahan tidur dan bangun tidur,baik malam maupun siang hari. pada saat tidur anak saya selalu bangun untuk minum susu,dan setelah minum susu psti lgsung mngeluh hidungnya trsumbat dan batuk brdahak,kadang sampai muntah. sudah saya bawa ke dokter 2kali, katanya alergi. setelah minum obat batuknya sembuh tapi cuma beberapa hari dan setelah itu kmbuh lagi. mohon jawaban dari dokter apa yg seharusnya saya lakukan. terima kasih

Anonymous said...

Somebody necessarily help to make severely articles I would state.
That is the very first time I frequented your website page and up to now?
I amazed with the research you made to make this particular submit extraordinary.
Magnificent activity!

Feel free to surf to my site: Mario Lemieux Jersey

Anonymous said...

Right now it appears like Movable Type is the best blogging
platform out there right now. (from what I've read) Is that what you're using on your
blog?

Feel free to visit my blog post: wealthwayonline.com

Unknown said...

Dear dokter
saya mau tanya.......
Umur saya 21 thn sya berkerja dtmpat bahan2 tas imitasi.... Sya sudah 5bln kerja selama 5 bln batuk saya sering sekali kambuh dan kadang sembuh stelah 3minggunya dan batuk tu terus berulang kali. Terakhir batuk saya dsertai sesak nafas tapi tidak berbunyi. Keluar dahak putih sangat kental kadang agak hitam . Lingkungan kerja saya banyak perokok juga. Sya sudah priksa kdokter terdekat katanya sya kena virus krna saat itu kulit sya timbul bintik2 merah kcil. Menurut dokter sya hrus bgaimana? Trims sblumnya

Blognya Suhendrawan said...

Halo dokter.. ternyata dokter punya blog dan forum :)
saya suhendrawan umur 27th, saya pasien dokter di klinik apotik sari suci.
oiyah, batuk yg saya derita sudah mendingan dok, tapi klo di malam hari batuknya malah muncul, seperti jika tidur nyenyak tiba2 terbangun gara2 batuk yg sdkit keras dan terus menerus, jika saya bangun dan minum air dan duduk skitar 5 menit maka batuknya akan reda sendiri, selalu seperti itu, jadi dalam semalam saya bisa bangun sampai 3x gara2 batuk yg tiba2. skitar jam 12 mlm, jam 3mlm dan jam 4.30malam. itu kenapa ya dok?

Anonymous said...

Excellent article. Keep posting such kind
of information on your site. Im really impressed
by it.
Hey there, You have performed an incredible job. I'll certainly digg it and for my part recommend to my friends. I'm confident they will be benefited from this website.


Also visit my website ... Jordan Femme

rastika said...

salam kenal dok..saya rastika, (pr 20th) bb 46kg, tb 160cm
sudah 2 minggu saya batuk berdahak dan pilek, namun tak kunjung sembuh dok. hanya saja sudah reda. Akhir2 ini saya batuk2 saat tidur,tenggorokan gatal lalu pagi harinya, dahak saya banyak berwarna kuning kental, kdg bercampur bercak darah dok. :(
Ingus berwarna kuning kental saat pagi. namun menjelang siang, dahak dan ingus saya berubah dok, ingus bening, dahak putih kental. Saat siang saya jarang batuk, hanya saja saya merasa ada banyak dahak di dada saya, dan sulit dikeluarkan, sehingga saat bernafas terasa berat. Kenapa ya dok? terima kasih

Ekspresi SENS said...

Selamat malam dokter Surya

Saya kalau malam selalu batuk terutama menjelang terlelap tidur, dan saya atasi dg permen batuk sampai saya tertidur. Kalau sy gak makan permen saya tidak bisa tidur. Padahal saya sudah sikat gigi.
Batuk saya itu disebabkan apa ya dok? Adakah cara lain unt mengatasi batuk saya selain makan permen batuk.
Tks

Ekspresi SENS said...

Selamat malam dokter Surya

Saya kalau malam selalu batuk terutama menjelang terlelap tidur, dan saya atasi dg permen batuk sampai saya tertidur. Kalau sy gak makan permen saya tidak bisa tidur. Padahal saya sudah sikat gigi.
Batuk saya itu disebabkan apa ya dok? Adakah cara lain unt mengatasi batuk saya selain makan permen batuk.
Tks

Salma said...

Dear dokter,

Saya tidak sedang sakit batuk cuma terkadang secara tiba2 terkena serangan batuk seperti tersedak dan gatal di tenggorokan.

serangan batuk biasa datang bila saya sedang dikendaraan umum dan tertidur.

mohon penjelasan dokter
terimakasih

Anonymous said...

Dok, nama saya vera usia 24 tahun tinggi sekitar 158cm berat bandan 50kg. Sudah beberapa bulan ini tenggorokan saya banyak dahaknya..awalnya saya flu berat dan sesudah itu saya mulai berdahak. Dahak nya kadang putih..kadang hijau..juga ada dahak yang keras dan susah dikeluarkan. Bagaimana cara menghilangkan dahak nya ya dok? Karena amat sangat menggangu pernafasan bila tidur.

Thx dok.

Anonymous said...

salam kenal dok,
tahun 2011 yg lalu saya rongten dan hasilnya brnkitis, kemudian hampir pada periode tertentu saya batuk2. beberapa hari terakir sya kembali batuk2 dan sudah sebulan belum juga hilang batunya. hasil rongten ulang paru bagus. dah konsultasi dokter dikasih obat tetep aja masih batuk. kalau pagi sekitar jam 11 pagi batuk ngekel. itu penyebabnya apa ya dok? Terimakasih.
salam,
Indri

Anonymous said...

dok, nama saya ade, tinggi 165 brat 65, sudah hampir 3 minggu, hidung saya mampet, seperti ada cairan yg mengalir ke mulut, disertai batuk, dada sesak, sulit bernafas, dan air liur tidak berhenti mengalir terus-menerus seharian sampe malam
kira2 saya kenapa ya dok

qtink said...

Dear Dr. Suryo

saya mau bertanya, istri saya sudah 1 minggu ini batuk tapi lama-lama batuknya semakin keras tapi tidak berdahak, dan tadi malam batuk istri saya batuk keras terus sehingga tidurnya terganggu.sebelumnya sudah kedokter & diberikan sirup obat batuk. tapi s/d sekarang blm sembuh juga, saran dokter apa yg harus saya lakukan?

qtink said...

Dear Dr. Suryo

saya mau bertanya, istri saya sudah 1 minggu ini batuk tapi lama-lama batuknya semakin keras tapi tidak berdahak, dan tadi malam batuk istri saya batuk keras terus sehingga tidurnya terganggu.sebelumnya sudah kedokter & diberikan sirup obat batuk. tapi s/d sekarang blm sembuh juga, saran dokter apa yg harus saya lakukan?

Unknown said...

Halo dok... Saya sri...
Saya sakit batuk sudah lebih dri 2 minggu. Awal x hanya batuk biasa trus jdi batuk berdahak. Skrg jadi batuk kerng+ pilek. Saya sudah mnum obt mcem2, trus sdah ke dokter skrg suka mnum air jeruk nipis v batuk nya tetep blum sembuh. Saya mohon bntuan nya dok. Obat apa yg sangat manjur untuk penyakit batuk saya. Trimakasih atas jwaban nya.

Anonymous said...

salam kenal dokter, saya amanda, saya ingin bertanya kalau batuk berdarah secara tiba-tiba apa bisa dibilang terkena TBC, sebelumnya tidak ada gejala apa-apa, batuknyapun baru terjadi sekali, terimaksih dokter

Anonymous said...

Dear dokter

Saya mengalami batuk kering sudah lama kurang lebih 6 tahun nan. Sy sudah coba untuk rontgen dan kata dokter tidak ada indikasi tbc atau lainnya. Sy disuruh untuk tes dahak tp sy blum mencobanya. Karena sy batuk kering jadi susah untuk dahaknya. sy selalu batuk apabila terkena udara dingin atau angin. Apakah ini alergi dok? Dan bisa di sembuhkan? Tolong balasannya dokter. Dan jg dokter praktek di jakarta rumah sakit apa? Salam..data jaya

Anonymous said...

Dear Dokter Suryo,
Nama saya Isyana. Sudah beberapa bulan ini saya sering mendadak batuk ketika sedang tidur. Biasanya tenggorokan mendadak kering dan terasa mual seperti ada cairan yang mendadak naik ke tenggorokan. Batuk-batuknya muncul kalau salah sejak musim dingin yang lalu. Biasanya batuk akan berhenti setelah saya minum air putih dan tidak akan muncul lagi sepanjang malam itu. Saat ini saya berdomisili di Italia dan ini tahun kedua saya disini. Kira-kira apa penyebabnya ya Dok? Oiya, saya tidak punya sejarah asma.

Terima kasih, Dok.

Isyana.

Shinta said...

Dear Dok Suryo,

Nama saya shinta, umur 23th, berat 44, tinggi 155. Sekitar seminggu yang lalu saya mengalami batuk darah. Saya memiliki asma dan saya juga perokok lumayan berat (sekarang sudah stop dan juga pendarahannya sudah berhenti setelah saya minum tab vit k, tan vit c dan kalnex capsule 500mg).

Saya juga tidak memiliki riwayat kel. TB dan tidak mempunyai gejala-gejala seperti demam, keringat malam hari, berat badan menurun dan cepat lelah, malahan batuk biasa saja tidak dok.

Sebagai tambahan informasi pada saat sebelum batuk darah, tenggorokan saya sakit seperti mau radang tenggorokan,kebetulan saat ini saya ada acara di luar dan baru tidur jam 5 pagi plus ada masalah yang membuat saya sedih sehingga saya menangis, pada saat saya menangis tiba2 saya batuk darah. (pada saat batuk darah saya merasa tenggorokan/kerongkongan saya perih)

Karena saya khawatir, saya lalu ke dokter spesialis paru untuk memeriksa lalu saya diminta foto thorax PA + Toplordotik, tes lab darah dan dahak selama 3 hari. (pada saat di tekan bagian dada tidak ada yang sakit)

Pada hasil lab: BTA I,II,III menunjukan negative, Hemoglobin 11g/dl (12-16), hematokrit 34% (36-48), Eosinofil 8% (1-4), LED 45mm/jam (0-20), Creatinin darah 0.5mg/dl (0.7-1.3). Keadaan hasil lab yang lainnya normal.

Pada hasil fotothorax: tampak fibro-infiltrat di lapang atas dan tengah paru kanan. Pada proyeksi top lordotik: tampak fibro-infiltrat di lapang atas paru.

Berdasar data-data diatas, apakah saya TB dok? atau pendarahan di batuk saya disebabkan oleh laring yang terluka, atau mungkin sebab yang lainnya?

Saya dianjurkan oleh dokter untuk mulai membeli obat TB selama 6-9 bulan (per bulan harganya sekitar 900rb-1jt), memakai masker, tidak tidur satu kamar dengan suami dan anak saya, test lab TB untuk anak saya dan suami saya juga.

Saya bingung dan masih tidak yakin kalau saya benar2 TB, hasil fibro-infiltrat mungkin saja disebabkan oleh asma saya atau kebiasaan merokok saya. Mohon saran dan diagnosanya dok.

Thanks before dok,
Shinta

Unknown said...

salam kenal dok, aya rossa dari semarang.
saya mau tanya dok ? sekitar 2 th yg lalu sya smpat terkena pneumonia akut. dan saya sempat mendapat perawatan intensif hampir selama 2 bln berturut-turut. dokter yg mnangani saya mgtakan bahwa pneumonia sya sdh smbuh tp kenapa y dok setiap kali saya batuk dr dlu smpai skrg saya tetap saja merasakan sesak nafas dan tidak bisa tdr krn klo dbwa tdr nfas trsa smkin berat.

mhon saran dan bantuannya iy dok...
trims

Unknown said...

salam kenal dok, aya rossa dari semarang.
saya mau tanya dok ? sekitar 2 th yg lalu sya smpat terkena pneumonia akut. dan saya sempat mendapat perawatan intensif hampir selama 2 bln berturut-turut. dokter yg mnangani saya mgtakan bahwa pneumonia sya sdh smbuh tp kenapa y dok setiap kali saya batuk dr dlu smpai skrg saya tetap saja merasakan sesak nafas dan tidak bisa tdr krn klo dbwa tdr nfas trsa smkin berat.

mhon saran dan bantuannya iy dok...
trims

Anonymous said...

Salam kenal dok ,saya naza umur 19 th ,ingin bertanya,saya sering meroko,dan saat ini saya merasakan sakit dada dan sesak,seperti batuk kering ada dahaknya tetapi sulit di keluarkan ,saya berobat dan katanya suruh mengurangi merokok saya, saya ingin tanya apakah obat nya agar sakitnya hilang ,tapi saya tidak terlalu menyukai obat pahit,makanya hanya 2 hari saya meminum obat itu,sisanya saya tinggalkan,kalo ada obat herbal ,atau obat yang tidak pahit, agar saya tetap bisa mengkonsumsinya sampai benar2 sembuh,? Tolong jwbannya dok terimakasi

Unknown said...

Dear, Dr.Suryo Wibowo,

Saya mike menderita asma keturunan namun sangat jarang kambuh, hanya jika saya tertawa berlebihan/salah makan. Saya berusia 19tahun, tinggi/berat badan 171 cm, 56 kg.
Keluhan saya, 2 minggu belakangan ini setiap saya bangun tidur terdapat seperti gumpalan lendir yang kental berwarna kuning kehijauan yg bersarang di tenggorokan saya. Jumblahnya tdk banyak, jika di batukan secara perlahan bisa hilang, namun jika saya membatukan nya dgn keras asma saya bisa kambuh.

Pertanyaan saya, gejala yg saya alami 2 minggu brlakangan ini apa dok? Apa membahayakan ?

Sekian pertanyaan saya, atas perhatian dan jawaban yg diberikan di ucapkan banyak terima kasih.

Unknown said...

Dear, Dr.Suryo Wibowo,

Saya mike menderita asma keturunan namun sangat jarang kambuh, hanya jika saya tertawa berlebihan/salah makan. Saya berusia 19tahun, tinggi/berat badan 171 cm, 56 kg.
Keluhan saya, 2 minggu belakangan ini setiap saya bangun tidur terdapat seperti gumpalan lendir yang kental berwarna kuning kehijauan yg bersarang di tenggorokan saya. Jumblahnya tdk banyak, jika di batukan secara perlahan bisa hilang, namun jika saya membatukan nya dgn keras asma saya bisa kambuh.

Pertanyaan saya, gejala yg saya alami 2 minggu brlakangan ini apa dok? Apa membahayakan ?

Sekian pertanyaan saya, atas perhatian dan jawaban yg diberikan di ucapkan banyak terima kasih.

Anonymous said...

Dear, Dr.Suryo Wibowo,

Saya mike menderita asma keturunan namun sangat jarang kambuh, hanya jika saya tertawa berlebihan/salah makan. Saya berusia 19tahun, tinggi/berat badan 171 cm, 56 kg.
Keluhan saya, 2 minggu belakangan ini setiap saya bangun tidur terdapat seperti gumpalan lendir yang kental berwarna kuning kehijauan yg bersarang di tenggorokan saya. Jumblahnya tdk banyak, jika di batukan secara perlahan bisa hilang, namun jika saya membatukan nya dgn keras asma saya bisa kambuh.

Pertanyaan saya, gejala yg saya alami 2 minggu brlakangan ini apa dok? Apa membahayakan ?

Sekian pertanyaan saya, atas perhatian dan jawaban yg diberikan di ucapkan banyak terima kasih.

Unknown said...

dok sakit saya dengan gejala batuk sudah 2 tahun kalau malam tidak bisa tidur karena batuk dan nyeri didada belakang dan perut. batuk berdahak tapi dahaknya tidak bisa keluar

vitoycievitoy said...

Dear dokter..
Dok saya mw tanya..
Sdh hampir 1 bulan ini saya batuk. Di minggu'minggu prtama batuknya tidak brdahak, tp skrg brdahak..
Batuknya sering muncul di pagi dan malam hari, klo malam nafas saya sering sesak dok dan batuk nya sangat hebat/berulang'ulang..
Lendirnya klo pagi brwarna kuning/hijau, siang/malam brwarna putih.
Bru 2 hari inii saya mulai pilek/flu.
Saya prnh minum obat Komix OBH, tp tidak rutin stiap hari.
Menurut dokter, apa penyakit yg saya derita ini ?
Terimakasih.

vitoycievitoy said...

Dear dokter..
Dok saya mw tanya..
Sdh hampir 1 bulan ini saya batuk. Di minggu'minggu prtama batuknya tidak brdahak, tp skrg brdahak..
Batuknya sering muncul di pagi dan malam hari, klo malam nafas saya sering sesak dok dan batuk nya sangat hebat/berulang'ulang..
Lendirnya klo pagi brwarna kuning/hijau, siang/malam brwarna putih.
Bru 2 hari inii saya mulai pilek/flu.
Saya prnh minum obat Komix OBH, tp tidak rutin stiap hari.
Menurut dokter, apa penyakit yg saya derita ini ?
Terimakasih.

vitoycievitoy said...

Dear dokter.
Aku sdh batuk lebih dari 1 bulan.
Batuknya brdahak, pagi dan malam hari.
Klo pagi dahaknya kental brwarna kuning bhkn hijau,
klo malam brwarna putih, dan nafas saya terasa sesak.
Aku prnh minum obat komix OBH tapi tidak rutin..
Sudah bbrapa hari ini aku mulai flu..
Smpai saat ini aku blm k-dokter.
Mnurut dokter, aku menderita penyakit apa ?

Anonymous said...

Pagi Dok,

Saya ingin konsultasi.Saya memang memiliki batu alergi, tapi saat ini saya sudah batuk selama 5 minggu. 2 minggu pertama saya konsumsi obat batuk dari dokter dan saya jarang keluar dahak. Karena tidak sembuh maka saya pindah dokter, dokter tersebut menyatakan saya terkena batuk pertussi dan memberikan saya obat Codipront (yang ada kodeinnya), saya konsumsi selama 1 minggu. Batuknya lmyn sembuh, tapi kemudian muncul kembali dan lebih parah dengan dahak berwarna kuning/hijau dan rasa gatal lbh sering di pagi hari. Saat ini saya berhenti mengkonsumsi obat,dok. Kemungkinan saya terkena batuk pertussi saja atau ada indikasi lain dok?4 tahun yang lalu saya pernah terkena flek. saat ini saya umur 23 thn, tinggi 168 CM, berat 50kg. Mohon diagnosa dan sarannya dok. Terimakasih.

Anonymous said...

Salam,
saat ini saya kerja di ruangan yang ber-AC, saya sudah batuk 2 minggu dahaknya berwarna hijau, lalu berobat mendapat obat cefditoren pivoxil. Setelah obat habis, saya merasa sudah sehat, tapi masih keluar dahak warna hijau. Apa saya harus membeli lagi obat yang sama dok?

«Oldest ‹Older   401 – 600 of 849   Newer› Newest»

About Me

My photo
Konsultan masalah kesehatan, keselamatan kerja, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat sekitar industri.